Nutrisi Herbal Hayati
  • Gelatik, Warnanya Indah, Mudah Dipelihara dan Ditangkarkan

    Gelatik jawa atau Padda oryzivora adalah sejenis burung pengicau berukuran kecil, dengan panjang lebih kurang 15 cm, dari suku Estrildidae. Burung gelatik Jawa memiliki kepala hitam, pipi putih dan paruh merah yang berukuran besar. Burung dewasa mempunyai bulu berwarna abu-abu, perut berwarna coklat kemerahan, kaki merah muda dan lingkaran merah di sekitar matanya. Burung jantan dan betina serupa. Burung muda berwarna coklat.



    Burung ini endemik dari Indonesia dan di alam ditemukan di hutan padang rumput, sawah dan lahan budidaya di Pulau Jawa dan Pulau Bali. Sekarang, spesies ini dikenali di banyak negara di seluruh dunia sebagai burung hias.

    Perilakunya senang berkelompok dan cepat berpindah-pindah. Pakan utama burung ini adalah bulir padi atau beras, juga biji-bijian lain, buah, dan serangga. Burung betina menetaskan antara empat sampai enam telur berwarna putih, yang dierami oleh kedua tetuanya.

    Spesies ini merupakan salah satu burung yang paling diminati oleh para pemelihara burung. Penangkapan liar, hilangnya habitat hutan, serta terbatasnya ruang hidup burung ini menyebabkan populasi gelatik Jawa menyusut pesat dan terancam punah di habitat aslinya dalam waktu singkat. Sekarang telah sulit untuk menemukan gelatik di persawahan atau ladang.

    Gelatik jawa dievaluasi rentan pada IUCN Red List serta didaftarkan dalam CITES Appendiks II.


    Hampir Punah
    Gelatik di Indoensia sekarang sudah jarang, dulu memang kebanyakan di Jawa dan Bali terutama, gelatik di Pramuka kebanyakan malah dari luar Pulau Jawa, seperti Sumatra (Lampung) atau Kalimantan serta pulau lainnya.

    Gelatik ini malah kebanyakan dipelihara di luar negeri seperti Inggirs, Belanda, USA dan negara-negara lainnya, mereka menyukai gelatik jawa ini sebagai burung hias.


    Breeding Alami
    Pengalaman waktu kecil di Jawa, kami telah membuat breeding alami, dengan menempatkan GLODOKAN (istilah jawa), yaitu sebuah KUKUSAN , tempat masak nasi yg terbuat dr anyaman bambu, yang dibungkus dengan pohon pisang yang kering, terus dikasih ranting dan lubang buat masuk. Biasanya kami tempatkan di pohon yang tinggi, terutama jati, saat musim mau panen kami tempatkan, bila panen tiba adalah musim gelatik kawin, gelatik tersebut masuk ke gelodok tersebut dan beranak pinak, kalau gelatik yg jenis besar (Brenggolo, besar), maka anakan maksimal 4-6 saja, tapi yg gelatik kerikil (kecil) akan mencapai anak samai 12 an ekor. Kami mengambil setelah berumur 2 mingguan, dan selanjutnya kami loloh dengan beras sampai besar.
    Gelatik di alam banyak bersarang di pohon-pohon yang besar, serta bekas-bekas lubang burung pelatuk, diperlukan 12-14 hari untuk mengeram sampai menetas. Indukannya ini akan menambil padi ke sawah yang lagi panenSelama memberi pakan anaknya, maka gelatik akan gantian menunggu anaknya.


    Dekat Dengan Manusia
    Pengalaman kami sejak dari kecil, gelatik ini sangat deket dengan manusia kalau dipelihara dari kecil atau istilah jawanya lulut dan bisa dekat dengan manusia, bahkan ada yang kami lepas saat itu dan selalu ikut dengan saya kemana pergi dan tidak terbang ke mana-mana. Pengalaman penulis gelatik juga bisa membersihkan gigi kita, kalau kita dekatkan sangkar, maka si gelatik akan membersihkan gigi atau sisa kotoran makanan di gigi kita.


    Berkicau
    Gelatik ini termasuk burung pengicau, dia juga bisa bersiul bunyi , namun tidak seperti jenis pengicau lainnya seperti kacer, murai batu dan anis merah.


    Gelatik Silver & Putih
    Gelatik silver dan putih termasuk salah satu gelatik yang muncul karena adanya mutasi warna yang terjadi dalam penangkaran gelatik jawa di luar negeri. Sama halnya dengan jenis gelatik lainnya, daya tarik gelatik silver juga terletak pada warna bulunya yang indah.


    Mudah diternak dan Perawatan Yang Mudah
    Gelatik mudah diternak, cukup kita siapkan kandang ternak, dan tempat bertelur dengan menempatkan beberapa pasang, maka kalau sadah siap akan membuat sangkar sendiri, tempat bertelur seperti lovebird tidak masalah, atau pipa pralon yang di atur sedemikina rupa, jangan lupa serabut kelapa atau rumput yang kering untuk bersarang.
    Disamping mudah diternak, pakan gelatik sangat mudah didapatkan, dia pemakan biji-bijian seperti: gabah, milet, canary seed, juwawut, jagung dan sayur-ayuran, adalah kesukaan gelatik. Seperti burung lainnnya, dia suka mandi juga, siapkan tempat air yang selalu bersih sehngga aman dari penyakit.

    Gelatik di negara-negara maju, bukan hanya disukai oleh kaum lelaki, banyak perempuan yang suka burung ini, di waktu kecil saat kami masih sekolah dasar, kakak kelas perempuan juga membawa burung gelatik ini.


    Sumber:
    - Wikipedia.org
    - Pengalaman pribadi memelihara gelatik tahun 1970-1980
    i