Nutrisi Herbal Hayati
LOMBA DAN PAMERAN BURUNG BERKICAU TINGKAT NASIONAL
  • Lagi, Pengenalan dan Dasar-Dasar Perawatan serta Penangkaran Kenari

    Solo (KM) - Selama bertahun-tahun, sepanjang sejarah penangkaran kenari, sejumlah besar buku telah ditulis. Buku-buku tersebut berisi kekayaan pengetahuan tentang kenari yang terkumpul selama ratusan tahun.



    Berdasar berbagai macam buku itu, Mattia Felice, seperti dia tulis di situs www.petngarden.com, mengatakan dirinya telah menemukan kerangka umum dari buku-buku tentang kenari tersebut.

    Nah, kini giliran saya, membagikan apa yang ditulis Mattia Felice itu untuk Anda.

    Karena bagi kebanyakan orang kenari hanyalah burung kuning kecil yang lucu dengan lagu yang merdu, maka kebanyakan ruang lingkup buku yang ditulis hanyalah memperkenalkan orang tentang dunia kenari dan tidak mencoba mengajarkan mereka mengenai aspek-aspek dasar perawatan kenari.

    Sejarah
    Nenek moyang dari semua kenari yang ada sekarang (serinus canaria) merupakan generasi anak cucu kenari liar (serinus serinus) yang dapat ditemukan berkembang biak dengan bebas di Kepulauan Canary dan di daratan bagian timur laut Afrika. Kenari bukanlah burung aseli Kepulauan Canary, tetapi sengaja diperkenalkan sebagai burung kepulauan tersebut.

    Awalnya, ada sebuah kapal dengan sejumlah kandang sarat kenari karam di dekat pulau dan seorang pelaut melepaskan burung-burung itu dengan maksud agar tidak mati tenggelam. Banyak di antara burung tersebut mendarat ke pulau terdekat dan di sana mereka menemukan banyak makanan dan iklim yang cocok untuk berkembang biak.

    Ketika bangsa Spanyol tahu mengenai burung kenari, mereka mulai menangkapi burung kenari dan menangarkannya.

    Kenari menjadi burung peliharaan yang bernilai dan segera menjadi populer, terutama ketika varietas kanari kuning, cokelat dan merah diciptakan.

    Kandang
    Mattia Felice menyarankan agar kita tidak meletakkan tempat kenari dalam sangkar bulat (karena akan akan memberikan masalah fisiologis). Kandang yang ideal untuk burung kenari setidaknya sepanjang empat puluh inci (sekitar 100 cm) dan tinggi lima belas hingga dua puluh inci (38 50 cm) untuk tingginya, sedang jarak antar tenggeran/tangkringan sekitar empat puluh sentimeter untuk ruang gerak/terbang burung kenari (catatan saya, Duto: ini adalah ukuran ideal menurut Mattia Felice) . Kandang logam dianjurkan karena lebih mudah untuk membersihkan dan menyucihamakan dan serta tidak rentan terhadap kutu.

    Makanan dan Air Minum
    Biji-bijian harus sesegar mungkin. Campuran pakan kenari yang baik harus terdiri terutama dari biji kenari (skalora), dan selanjutnya terdiri dari canola, rami, biji niger, millet dan beberapa bumbu dapur seperti adas manis baik untuk digunakan (produk pakan luar negeri biasanya berisi campuran bit berwarna, yang baik untuk burung kenari, karena mengandung vitamin dan agen pemuncul/pencerah warna.) Air segar harus tersedia setiap waktu, jika burung kenari dibiarkan tanpa air selama lebih dari enam belas jam ia mungkin tidak bertahan hidup. Adalah penting diperhatikan bahwa tempat pakan dan minuman harus bersih setiap saat.

    Kesehatan dan Kebersihan
    Kandang harus selalu dijaga kebersihannya setiap saat. Kandang yang kotor dan lusuh akan menarik minat tungau /kutu lain bertahan dan akan membuat burung sakit. Di luar negrui sana, pembersihan kandang dimulai setiap minggu sekali pada musim dingin dan dua kali seminggu pada musim panas karena kotoran cenderung bau (bisa dianalogikan juga untuk musim penghujan dan kemarau di Indonesia).

    Tenggeran/tangkringan perlu disucihamakan secara teratur dan jika untuk penangkaran, sarang sering dibersihkan dan setelah beberapa kali penggunaan harus dibuang.

    Hal yang perlu diketahui adalah merupakan hal biasa bahwa dalam bulan-bulan musim panas burung meranggas/ molting/ mabung, dan mereka menjatuhkan bulu tua kemudian bertumbuhan bulu baru. Selama periode ini burung kenari akan berhenti bernyanyi dan inilah waktunya untuk memberikan pakan yang bisa memberikan warna tertentu pada burung kenari selepas masa mabung (warna merah misalnya, dll). Sangat penting untuk menjaga burung tetap di sangkarnya, tidak banyak digeser-geser kandangnya, agar bulu burung bisa tumbuh bagus dan normal.

    Penangkaran
    Musim kawin burung kenari dimulai pada bulan Januari (perlu diingat, bahwa tulisan ini aselinya dibuat oleh dan untuk pembaca di Eropa/Negara subtropis di belahan bumi sebelah utara. Selama musim kawin makanan yang berbeda harus ditambahkan ke makanan burung, misalnya, Anda harus menambahkan grit ke pakan karena mengandung kalsium yang akan menghasilkan kulit telur yang kuat. Penambahan telur pada pola makan harisn juga penting karena dengan telur itu indukan kenari akan memberi pakan anak-anak mereka.

    Jika Anda telah memilih pasangan (yang tidak boleh terkait darah secara langsung) dan menempatkan mereka dalam kandang penangkaran (kandang kenari normal namun memiliki penyekat di tengah), Anda harus memberi mereka waktu untuk saling menyesuaikan, dan setelah itu mengangkat penyekat. Setelah beberapa hari, bahan pembuat sarang harus disediakan untuk si betina, seperti robekan-robekan kertas, dedaunan atau ranting (cemara, rami dsb).

    Dua pekan setelah sarang selesai, si betina akan berbaring dan menghasilkan telor dua hingga enam butir. Setelah mengeram selama dua pecan, telur akan menetas, memperlihatkan anak kenari merah muda kecil, tanpa bulu dan belum bisa melihat.

    Ketika semua telur menetas, kenari akan mulai memberi makan anak-anak mereka (pastikan bahwa semangkuk telur kuning yang sudah dihancurkan tersedia sepanjang waktu).

    Cara penangkaran yang berbeda untuk setiap jenis kenari

    BODER CANARY:
    Kenari Border adalah kenari yang paling populer dari semua jenis kenari. Jenari ini biasanya berwarna kuning tetapi dapat pula berwarna lain, seperti cokelat dan putih. Kenari Border merupakan kenari yang lencir kecil, sangat tangguh bertahan hidup dan memiliki suara merdu. Kenari border merupakan kenari yang bisa ditangkarkan dengan cara-cara normal sebagaimana penangkaran kenari pada umumnya.

    GLOSTER CONSORT:

    Penangkaran kenari Gloster Consort hamper sama dengan penangkaran Border. It looks very much like the Corona variety but the Consort lacks the crest on the head. Terlihat Gloster Consort mirip dengan Gloster Corona, hanya bedanya dia tidak memiliki mahkota di kepala. Gloster Consort bisa ditemukan dalam berbagai warna: kuning, cokelat, dan beberapa warna lain.

    GLOSTER CORONA:
    The Corona is a small compact bird with a very round head and it also has a `corona` on its head it is also found in the same colours mentioned for the Consort. Gloster Corona berkepala bulat dan sesuai namanya, dia memiliki mahkota di kepala. Warna-warna Gloster Corona seperti halnya Gloster Consort, sangat variatif. Varietas ini sangat populer di acara kontes keindahan burung (yang di Indonesia belum popular).

    YORKSHIRE:

    Penangkaran Yorkshire sangat popular di berbagai belahan dunua dan bisa disandingkan dengan popularitas penangkaran Border Canary. The head pound and firmly set on the body, with the eyes are well rounded, the tail and the wings are kept in tight with the body. Kepala Yorkshire menempel ketat pada tubuh, dengan mata bulat, ekor dan sayap tersimpan ketat ke dalam tubuh. The legs are longer and more `stilt-like` than the ones of the birds mentioned above. Kaki lebih panjang dan lebih `bergaya` disbanding burung kenari jenis lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Yorkshire juga bisa ditemukan
    Dalam berbagai warna seperti kuning, oranye, putih, kayu manis, merah dan `hijau`.

    LIZARD:
    Penangkaran kenari Lizard termasuk penangkaran yang sudah lama dan nyaris punah, tetapi beruntung kemudian ada penangkar-penangkar yang berminat melestarikannya dan kini berkembang biak dan sangat populer. Kanari Lizard adalah kenari yang relatif kecil dengan warna kecoklatan dan bintik-bintik di punggung sehingga burung ini mendapat nama sebagai lizard (kadal) karena ada tanda-tanda di punggung mereka yang terlihat seperti pola yang ada pada kulit kadal. There are different kinds of Lizard canary, these are the; Gold, Silver and clearcaps. Ada berbagai jenis kenari Lizard, yakni; Emas, Perak dan tanpa warna/topi (clearcaps).

    NORWICH:
    Awalnya dikembangkan di Inggris, Norwich disukai karena penampilannya yang terlihat kuat. Jenis ini sangat mirip dengan Border, tetapi menangkar Norwich memerlukan persyaratan penanganan khusus untuk memunculkan warna-warna khusus. Ada banyak warna untuk dipilih; kuning, merah, orange atau warna lainnya. Menangkar Norwich memerlukan penyediaan pakan khusus untuk mendapatkan warna-warna tertentu.

    RED FACTOR CANARY:
    Selama bertahun-tahun dari ratusan penangkaranan kenari, banyak warna yang diperoleh. Tetapi peternak tidak pernah berhasil memperoleh anakan dengan bulu berwarna merah. Pada tahun 1920, Dr Hans Duncker menemukan burung Siskin (spinus cuculatus), salah satu keluarga burung finch, dan memasangkannya dengan kenari betina, dan dari persilangan inilah menghasilan apa yang disebut Red Factor Canary. Selama masa mabung, Anda harus menyediakan pakan tertentu untuk memberi/menjaga warna merah pada kenari ini.

    MULES:
    Untuk banyak orang, burung kenari dengan warna dominan gelap disebut sebagai mule (keledai/bagal). Kenari ini merupakan hasil perkawinan silang keluarga finch Eropa (biasanya yang jantan) seperti Greenfinch, Goldfinch, Linnet atau Serin (Wild Canary) dengan kenari betina.

    Their young will have a beautiful coloration and the cock mules will have a particularly sweet song, combing the melody of the canary and of the finch.

    Anak-anak hasil silangan itu akan memiliki bulu indah warna-warni, dan kenari jantan jenis ini memiliki suara merdu, yang merupakan gabungan lagu indah kenari dan jenis finch indukannya.

    (Duto Sri Cahyono, diterjemahkan dan disunting secara bebas dari tulisan Mattia Felice di www.petngarden.com)
    Comments 3 Comments
    1. Hendra888's Avatar
      Hendra888 -
      mantap Om..
    1. diksan's Avatar
      diksan -
      gambar jenis kenarinya mbok ditampilkan biar lebih manstab he..he..he..
    1. kenari kicau's Avatar
      kenari kicau -
      Quote Originally Posted by Duto Sri Cahyono View Post
      Om Momod, link tolong diperbaiki....