PDA

View Full Version : Ciblek kok gampang mati????



Dwi Dian Susanto
26 January 2008, 10:11 AM
Salam kicau mania
Om sy mau tanya aku beli ciblek bahan,dan sekarang dah makan pur.
Tp nggk lama(2 minggu)kok malah di panggil yg maha kuasa!!kenapa bisa begitu ya om?padahal makanannya nggk pernah telat.mohon infonya soalnya sy kepingin punya ciblek yg gacooor.mks#-o

paklu_yy
26 January 2008, 10:51 AM
salam om dwi, untuk kondisi cuaca seperti sekarang ini meskipun ciblek udah makan voer usahakan EF kroto dan UH tetep rutin, tetep semangat om, coba beli yang udah makan voer aja atau kalo beli bakalan besok pas udah lewat musim ujan biar kondisi cuaca lebih stabil.

Dwi Dian Susanto
29 January 2008, 03:02 PM
thanks ya om

paklu_yy
29 January 2008, 04:35 PM
sama-sama....mas...jangan putus asa

ndoro agung
29 January 2008, 05:07 PM
Bagi pengalaman neh kalo saya looo...klo Ciblek sdh makan vor jarang banget mati mendadak,kecuali Prenjak emang susah...
La untuk rawatan Ciblek klo sy selain vor yg bagus (sy pake fancy sedikit di tumbuk) nah dng cara itu 1mg ga pake ef masih hidup..looo....
Tu contohnya Ciblek TRENYUHKU sampai saat ini sehat wal afiat ..terus air minum ganti terus tiap hari jangan di mandiin biar dia mandi sendiri.
Karena klo ciblek dimandiin disemprot apalagi blm jinak tambah stres iya ,sediakan cepuk kecil aje biasanye dia rajin mandi sendiri...
Wes geto aje ah bagi pengalamannyeeeee...

achmad
29 January 2008, 10:55 PM
Bagi pengalaman neh kalo saya looo...klo Ciblek sdh makan vor jarang banget mati mendadak,kecuali Prenjak emang susah...
La untuk rawatan Ciblek klo sy selain vor yg bagus (sy pake fancy sedikit di tumbuk) nah dng cara itu 1mg ga pake ef masih hidup..looo....
Tu contohnya Ciblek TRENYUHKU sampai saat ini sehat wal afiat ..terus air minum ganti terus tiap hari jangan di mandiin biar dia mandi sendiri.
Karena klo ciblek dimandiin disemprot apalagi blm jinak tambah stres iya ,sediakan cepuk kecil aje biasanye dia rajin mandi sendiri...
Wes geto aje ah bagi pengalamannyeeeee...

bener kata bos'e ciblek diatas... :D

kalo ciblek tu lebih tahan daripada prenjak... kalo saya selama piara ciblek berkali-kali tidak pernah mati bos... beda dengan prenjak, telat kroto sehari aja udah koit. mungkin bos dwi lagi apes aja..mungkin cibleknya stress berat karena baru ditangkap dari alam.

coba aja beli yang sudah pernah dipiara manusia minim sudah pernah dipiara 1bln-an. menurut pendapat saya ciblek itu tidak ada istilah bahan .. karena ciblek yang ditangkap dengan metode pikat secara logika adalah burung yang udah berbunyi. karena dia berani mendekat ato tarung sama ciblek yang dipake tukang pikat, dan pada akhirnya tertangkap.

kita tinggal memulihkan kondisi nya dari stress waktu tertangkap... kalo stressnya ilang & udah terbiasa di sangkar saya jamin dia mulai bunyi. monggo silahkan dikoreksi pendapat saya ini ...trutama dari bos'e ciblek..BOS NA :))

jangan menyerah bos dwi...coba beli lagi. ciblek itu gampang kok... dan kalo bunyi suaranya itu bikin kangen pulang ke rumah :D :D

sorry OOT dikit...gak pa apa kan Bos MOD??

sekarang ciblek mahal banget :( ...gara2 lombanya di sekitaran solo mulai rame. kemarin hari minggu coba nawar ciblek bunyi, penjualnya buka harga 400rb ...edan tenan. tapi memang cibleknya istimewa banget, suaranya macam2 gak cuma standar.

saya bilang ke penjualnya : mahal banget pak gak mungkin laku tuh... trus dia jawab dengan santainya...gak papa mas kalau gak laku besok tanggal 7 feb tak lombakan aja di balaikambang, solo. saya jamin 10 besar ajaa nyantol.. besok kalo mas mampir lagi pasti saya buka harganya dah laen... EDAN TENAN

Indraf
27 February 2008, 11:32 AM
beberapa hari ini kan cuaca sedang kurang bersahabat... Assoy ciblek saya terliat kurang bergairah... iseng-iseng menu makannya saya tambahkan bubur susu untuk bayi.. ehhh dia mau dan tambah ceria... tadinya saya takut dia !!!....he he he... jangan ahhh.. sayang...

prabukicau
27 February 2008, 11:52 AM
omm kalau saya menu makanan sehari-hari dg perbandingan 25% voor + 75% roti mari dicampur susu bubuk jangan yg berwarna diblender biar halus. cukup 1 bulan sekali bikinnya biar tidak repot. tapi ingat tempatkan di tempat yg tertutup rapat.

coba resep ini dech tidak repot...

Indraf
27 February 2008, 12:06 PM
saya menambahkan khusus 1 cepuk untuk wadah bubur susu bayi tersebut om... dengan takaran 2 sendok makan, dan tiap dua hari biasanya habis. kalau tidak habis saya ganti... he he he.. saya pakai rasa kacang hijau.. biar sehat.. hua ha ha

BTW resepnya OK banget tuh.. Insya Allah saya coba

ndoro agung
27 February 2008, 12:12 PM
Ehhh...nambahin neh Kalo Ciblek SEmarang wekkkk....sangat tahan loooo...ga cuma hidup malah bikin hidup jeeee..eh eh eh ehhh..kabur ahhhhhhhhhhh
Umurnya puanjangggggggggggggggggg

birdgiant
28 February 2008, 11:19 AM
Ehhh...nambahin neh Kalo Ciblek SEmarang wekkkk....sangat tahan loooo...ga cuma hidup malah bikin hidup jeeee..eh eh eh ehhh..kabur ahhhhhhhhhhh
Umurnya puanjangggggggggggggggggg


=D> pengalaman pribadi tentang ciblek semarang ya mbah......atau jgn2x ente GM ya......:-t :-t

prabukicau
28 February 2008, 11:27 AM
om dwi udah dapet ciblek belumm
kalau belum ke tempat ku aje buanyak atu cuma Rp 2.500

atau ambil aja punyaku gratis om
mau prenjak, atau ciblek

iyan
28 February 2008, 01:16 PM
Om2 sekalian, bagaimana menjinakan ciblek giras??

kucica_denis
28 February 2008, 03:28 PM
ikut sharing nih...
ini pengalaman ku juga tip dari pedagang burung kalo salah tolong dikoreksi
untuk ciblek dan prnjak aku dapat liar n giras pertama aku kasih kroto 100% serta ulat dan diletakan diatas koran didasar sangkar, dikrodong dan jgn disemprot. tiap hari kroto n ulat diganti dan dicampur poer (dulu saya pakai K3) sedikit demi sedikit. kredong jgn cepat dilepas supaya jgn stress yg utama adlah burung mo makan dulu tahap kedua baru penjinakan dgn cara pembukaan krodong yang bertahap .ciblek dpat makan poer kuat tampa kroto tapi kalau prenjak tidak bisa lepas 100% dari kroto dan saya sering meletakan sangkar diluar dekat pohon agar burung liar sejenis datang dan memancing keluar suaranya....yg penting sabar n telaten.

paklu_yy
28 February 2008, 04:05 PM
masukan yang bagus om kucica_denis

Heri Bta
28 February 2008, 04:47 PM
om dwi udah dapet ciblek belumm
kalau belum ke tempat ku aje buanyak atu cuma Rp 2.500

atau ambil aja punyaku gratis om
mau prenjak, atau ciblek

klo disana memang murah yah om, sama kyk tempatku di baturaja ciblek ga ada harganya. tp di jogja harganya jd 15k tuh.
mau dong om kirim ke jogja tuh ciblek :)
kebetulan lg cari ciblek nih, tungguin hari libur lama amat perasaan :((

Indraf
28 February 2008, 05:37 PM
Om kucica denis...

dari tahap 1 ke tahap dua.. estimasi waktunya kira-kira berapa lama ?

STD
28 February 2008, 07:15 PM
Ah Om Indraf tuch gimana sih.
Cuman 1 tahap Om... gak bakalan lama..
Huaa.... haaa.. lariii deh

iyan
29 February 2008, 08:50 AM
Makanya saya bingung, saya klik ciblek kok yang tampil malah Jalak. Sampe saya klik "back" trs saya klik lagi ternyata isinya sama. Trs saya baca dr atas ternyata emang si om yang salah kamar...8-}

pitagoras
29 February 2008, 09:13 AM
Makanya saya bingung, saya klik ciblek kok yang tampil malah Jalak. Sampe saya klik "back" trs saya klik lagi ternyata isinya sama. Trs saya baca dr atas ternyata emang si om yang salah kamar...8-}

kikikikikikikik... maksutnya mau ngamar sama janda sutra eh salah jalak sutra malah nyasar ke kamarnya ciblek. ciblek memang moi...

hero
29 February 2008, 12:30 PM
ciblek emang gampang mati disebabkan:
1.kurang makan
2.stress
3.minum kurang
4.penyakit
5.kurang beradaptasi dg lingkungan sekitar
6.mental drop dll
monggo nambahin bg fans km

kucica_denis
3 March 2008, 05:46 PM
Om kucica denis...

dari tahap 1 ke tahap dua.. estimasi waktunya kira-kira berapa lama ?


kira2 seminggu sampai 10 hari tapi masa krisisnya itu 1-3 hari kalau tangkapan itu lebih pendek lagi bisa per jam-an. pokokek full kroto+krodong tujuan utama mengurangi streessnya dan mau makan dulu.;) ;) ;)

Indraf
3 March 2008, 06:39 PM
thanks bro... GEF buat ente yaaa...

Indraf
4 March 2008, 01:43 PM
tadi malam saya kerumah teman saya, yang kebetulan dia memang ahli memikat burung... dirumahnya ada prenjak sepasang hasil memikat... sudah 3 hari ini.. mudah-mudahan panjang umur...

dia kasih prenjak itu campuran telur yang direbus di campur kroto...

ada semacan saran dari dia, kalau ciblek tangkapan baiknya dipelihara berpasangan/lebih dari satu.. diharapkan prenjak menjadi tenang karena ada temannya.

dan dia percaya kalau prenjak itu seperti punya penyakit jantung katanya... he he he.. tidak boleh terkejut.. atau stress yang berlebihan...

maaf kalau salah

paklu_yy
4 March 2008, 02:12 PM
Masukan bagus bos ..GEF meluncur...

Heri Bta
4 March 2008, 04:08 PM
sabtu siang, abis pulang kerja mampir ke PB beli ciblek. sampe rumah diberi makan voer campur kroto. sampe malem masih mau makan, dah dikerodong juga.
pagi ngecek, tuh ciblek masih seger. siangnya ditinggal pergi sampe sore, ngecek
lg dah mati cibleknya. knapa yah ? :-/ :-/

paklu_yy
4 March 2008, 05:17 PM
yah... anda belum beruntung bos... coba resep om indraf (telur rebus + kroto),
ato beli yang dah makan voer , kalo dipekalongan yang udah makan voer harga 20ribuan, kalo tangkapan 8000-10.000 an

Heri Bta
19 March 2008, 03:16 PM
perawatan dan pakan harian yg bagus buat ciblek gimana nih, om ? rawatan harian biasanya, pakan voer f***y 1 sendok makan + kroto 1 sendok makan. minumnya air matang + suplemen g***r.

paklu_yy
19 March 2008, 03:27 PM
perawatan dan pakan harian yg bagus buat ciblek gimana nih, om ? rawatan harian biasanya, pakan voer f***y 1 sendok makan + kroto 1 sendok makan. minumnya air matang + suplemen g***r.

Perawatan udah bagus mas, paling kalo mau ditambah UH 1-2 ekor, 2 hari sekali cukup. tambah mandi jemur rutin biar tambah fit.

estubagas
19 March 2008, 05:28 PM
perawatan dan pakan harian yg bagus buat ciblek gimana nih, om ? rawatan harian biasanya, pakan voer f***y 1 sendok makan + kroto 1 sendok makan. minumnya air matang + suplemen g***r.

Sedikit urun saran...
Untuk perawatan yang belum makan voer, saya beri makan ulat kandang dulu selama 1 minggu.. kalo nggak ada bisa diganti kroto...(jadi nggak langsung dikasih campuran kroto sama voer).
Setelah 1 minggu... baru saya kasih campuran kroto dengan voer yang dihaluskan...voernya dikit aja... (merk terserah, F***y juga boleh) + Jangkrik kecil satu/dua...lakukan juga pada sore hari ..selama 3 hari.
Setelah 3 hari...campuran kroto + Voer coba diimbangi (50 : 50) + Jangkrik kecil 2...lakukan juga pada sore hari...selama 3 hari...
Setelah 3 hari kita lihat kotorannya ada nggak yang sewarna dengan voer...klo ada berarti kita sukses membuat ciblek makan voer....maka kita perbandingan campurkan kroto + voer (25 : 75) + Jangkrik Kecil 3 lakukan juga pada sore hari....selama 3 hari...
setelah 3 hari kita coba, campurkan voer halus dengan voer kasar (perbandingan 25:75 ; 50:50 & 75:25), + jangkrik 3 pagi-sore.
biasanya ciblek udah mau makan voer kasar dengan EF jangkrik.
untuk minum jangan sampai telat/kehabisan.
Yang Pasti harus telaten...

Mohon Maaf klo ada yang salah ^:)^ ^:)^

lugu
31 March 2008, 05:57 AM
ane punya ciblek bener-bener nangkap dari alam liar/nusakambangan alhamdullilah masih sehat wal afiat ampe sekarang (dah 6 bln),pengalaman ane ; ciblek yang baru nangkep ditaruh dikandang yang agak besar dulu (60X60)ampe dia tenang (mau makan foor) setelah itu baru pindah kandang kecil...>:D<

paklu_yy
31 March 2008, 09:29 AM
makasih infonya mas..., bisa di share perawatan dari awal sampe bisa makan voer, biar nambah wawasan kita.

lugu
1 April 2008, 06:36 AM
makasih infonya mas..., bisa di share perawatan dari awal sampe bisa makan voer, biar nambah wawasan kita.

kalo awalnya sih tiap pagi ane mandiin (semprot),setelah kita jemur diangin-anginkan diteras trus EF-nya kroto dicampur foor lembut (khusus ciblek) gitu aja om sampai satu bulan,setelah itu kita kurangi campuran krotonya sambil kita ganti foor yang lebih besar (ane pake top song rumput laut),kalo kotoran cibleknya udah berwarna hijau seperti warna foor-nya kita baru coba tidak pake kroto lagi...jangan lupa ukuran kandang harus yang besar...

paklu_yy
1 April 2008, 11:35 AM
makasih sharenya mas lugu.

piyek2007
2 April 2008, 09:08 PM
coba ganti ciblek pari om asik lho....bodi besar dikit panjang di banding ciblek biasa, suara lumayan yg aku suka tembakannya bisa panjang,ada 1 di rumah bisa menirukan BR

pitagoras
2 April 2008, 10:29 PM
coba ganti ciblek pari om asik lho....bodi besar dikit panjang di banding ciblek biasa, suara lumayan yg aku suka tembakannya bisa panjang,ada 1 di rumah bisa menirukan BR

ciblek pari itu sama nggak ciblek sawah? pictnya ada nggak om?

piyek2007
3 April 2008, 02:46 AM
ya om ciblek pari itu ciblek sawah....sama saja

42d3e78f26a4b20d412==