PDA

View Full Version : Masa kritis MB liar



Kusdiarto
4 October 2006, 11:27 AM
Mohon bantuan dari para pakar MB nih
11 hari yang lalu saya membeli MB sama bakul 95 ribu karena tanpa ekor, masih liar & belum makan voer. 2 hari belakangan ini sudah mulai bunyi tapi masih malu2x, mandi juga sudah mau di keramba.
Apakah ini pertanda masa kritis / 90% matinya sudah lewat ? Walaupun sampai sekarang belum makan voer.
Pola makan kroto di campur voer 511 ( 2 sd makan ), jangkrik sekenyangnya, UH secukupnya
Apakah benar pola makan tsb diatas ? (Karena kalo makan saya taker takut mati) jadi untuk sementara masih jor2x an

Maturnuwun sanget

Pemula yg baru belajar burung ocehan

toni_y
4 October 2006, 01:32 PM
salam KM

wah OM Kusdiarto dapat MB murah nih, sekadar berbagi pengalaman nih saya pernah beli juga MB bakalan (liar tangkapan utan) biasanya setelah melewati usia perawatan 1 minggu dirumah burung bakalan berhasil melewati masa kritis tetapi harus hati-hati burung mau bunyi pun belum tentu pertanda bahwa masa kritis lewat karena ada juga burung bunyi tanda mau mati (maaf OM bukan nakutin) trus pola makan pun harus diatur campurannya sampai burung benar-benar makan poor biasakan ditempatkan ditempat rendah yang langsung berinteraksi dengan manusia agar burung terbiasa dan tidak terlalu liar.

Demikian sekedar pengalaman silahkan OM-OM yang lain para pakar menambahkan.

salam

Yanirasta
4 October 2006, 04:43 PM
salam kenal dari bali...
selamat bung !!!
anda 75 % sudah masuk kategori beruntung!!!

25% lagi....
mending (menurut saya loh...cocok mboten cocok silahkan...) :
- urusan mandi nomer belakangan, mksudnya jgn diprioritaskan om..
- yg penting sekarang nafsu makan terus meningkat ampe 14 harianlah...
- sekali lagi menurut saya loh....mending dikrodong ampe dia bunyi2 (berkicau) terus malah kalau bisa sampe ekor tumbuh tuntas...., baru bertahap dikenalin lingkungan sekitar...kenalin ama saya ya om...

alasannya :
- cari jinak, berani ama orang, rajin bunyi aatau gacor, adalah urusan yang bisa dibilang lebih mudah KETIMBANG urusan cari hidupnya burung tangkapan liar yang kita belum tahu tangkapan pake jaring atau pancing....

sekali lagi, uraian diatas 'hanyalah' versi saya, kalau ada yang lebih pakar silahkan menambahkan....

suksma,

::yhani::

Kusdiarto
4 October 2006, 05:42 PM
Thanks alot Om Tony And Mr President Bali

Mulai besok ane akan terapin krodong terus sampe ekor numbuh, jarang mandi (paling seminggu sekali, biar burungnya nggak bau& kutuan) berarti makan tetep di jor ya om ? biar ngga mati karena burungnya masih lincah & doyan makan. Ntar kalo ekornya udah numbuh ane kirim gambarnya deh karena ane sindiri juga nggak tau itu MB dari mana asalnya.

Salam cuit...cuiiiiiiiit
Pemula yg baru belajar burung ocehan

Amiex'z
15 January 2009, 05:48 PM
sebenarnya sama dengan dulu yang saya alami, Mb gampang banget mati, apalagi jika beli yang masih giras dan tangkapan alam

rama26_gery
15 January 2009, 06:11 PM
ngemeng2 kbr updatean terbaru MB na gmn nih ??. makin mantab kah ??. ini kan thread thn 2006..

irawanmh
15 January 2009, 10:49 PM
Iya nih thread lama yg diangkat keatas...gmn perkembangan MBnya Om Kusdiarto ???

bogel
17 January 2009, 12:46 AM
Sekalian juga mau sharing nih sama para senior KM'er.
aku punya mb mh beli lebih dari 2 bln yg lalu.
sekarang sudah nyeriwik rajin tiap hari, tapi ngeplongnya baru di subuh-subuh aja. subuh banget sekitar jam 2 / 3 subuh.(belum berani di siang hari).
sudah mau makan kroto campuran voor dari 1 bln yg lalu tapi aku belum berani lepasin krotonya, alias hanya voor saja krn takut stamina drop & selera makan menurun (maklum 2 bln terakhir ini saya coba pelihara mb bahan 3 ekor tapi paling lama 1 minggu pada mati semua--kapok jadinya).
Tapi yang ngak ketolongan girasnya itu om. setiap lihat orang reaksinya seakan-akan merasa seperti mau ditangkap. giras banget. loncat sana-sini diiringi kretekan yg cukup kuat/mantap.
Apakah mungkin mb saya itu betina? jadi lebih giras? tapi pada saat saya beli, di pramuka, yg jual bilang itu jantan.
mohon pencerahan dari para senior.
terima kasih.........

ASLIH
17 January 2009, 09:10 AM
Mohon bantuan dari para pakar MB nih
11 hari yang lalu saya membeli MB sama bakul 95 ribu karena tanpa ekor, masih liar & belum makan voer. 2 hari belakangan ini sudah mulai bunyi tapi masih malu2x, mandi juga sudah mau di keramba.
Apakah ini pertanda masa kritis / 90% matinya sudah lewat ? Walaupun sampai sekarang belum makan voer.
Pola makan kroto di campur voer 511 ( 2 sd makan ), jangkrik sekenyangnya, UH secukupnya
Apakah benar pola makan tsb diatas ? (Karena kalo makan saya taker takut mati) jadi untuk sementara masih jor2x an

Maturnuwun sanget

Pemula yg baru belajar burung ocehan

Sepertinya masa kritisnya sudah lewat Om. Ini terlihat sudah mau mandi di dalam keramba. Masa kritis MB bakalan liar biasanya 1 - 2 minggu, makanya bila beli MB bakalan liar jangan dimandikan dulu selama 1-2 minggu (sampai terlihat MBnya mau mandi di cepuk) dan kasih makan sekenyangnya.

Bila sudah mau mandi di keramba pertanda MBnya sudah sehat 100%. Untuk mengkondisikan makan voer, sebaiknya jangkriknya dikurangi saja Om P/S 3/2. Kalau jangkring sekenyangnya, jadi malas makan voernya karena sudah kenyang jangkrik. Porsi kroto sudah oke dan UH sebaiknya P/S 3/2.

Salam MB, Arek Pacitan

sibudhi
17 January 2009, 11:00 AM
wah, ini persis bgt sama MB sy...sy beli 85rb, bondol.., alhamdullilah skrg udah full voer, jadi EF nya cuma jangkrik 4/4 + kroto 2x seminggu..

tp kok bunyinya cuma ngeplong doang yah? gak pernah sy denger ngeriwik?

mohon para pakar?

irawanmh
17 January 2009, 04:30 PM
Thread ini saya closed saja, mengingat waktu tayangnya sudah lebih 2 tahun.