PDA

View Full Version : Melatih mental MB



adi_p_k
30 September 2006, 12:32 PM
Salam Kicau Mania..
Saya punya MB bakalan tapi sudah tidak trotol lagi.
Sudah mau makan voor dan ngeriwik kalo pas tidak ada orang lewat..
Tetapi begitu didekati orang MB langsung diam dan selalu loncat2(ngeruji) terkesan liar..
Yang ingin saya tnyakan bagaimana cara agar MB saya bisa kuat mentalnya dan tidak ngeruji..
Terima kasih..

niceguy
30 September 2006, 08:21 PM
banyak caranya bos,,,, salah satunya digantung ditempat rendah dan ditempat yg sering dilewati orang,,, trus kasih jangkriknya pake tangan aja,, sampe dia mau makan,,,, latihnya dengan lidi aja dulu yg makin lama makin pendek,,,, pasti dia bakalan jinak deh,.
tp ane pribadi gak mau punya MB kelewat jinak,,,, gak tau kenapa,,, gak sreg aja,, lagian nanti mental tempurnya berkurang,,, (takutnya)

roby
1 October 2006, 11:04 PM
Om coba di kasih daging kambing, 1 minggu 1 kali aja pasti MB nya tdk jinak & klu masih jinak coba terus, bisanya daging tersebut utk MB Lomba


Wassalam
roby-tangerang

niceguy
2 October 2006, 12:57 AM
dengan mengumbar dan dibiarkan dikandang umbaran akan banyak membantu. kalo soal daging kambing ane no comment deh,,, hehehe

Nocona
2 October 2006, 12:07 PM
sebenarnya ada apa dibalik daging kambing??
funsinya buat apa? terus apa daging kambingnya ditumbuk biar empuk

salam KM

roby
2 October 2006, 01:16 PM
Om saya mempunyai 2 ekor MB, tapi bukan MB kelas Lomba hanya MB rumahaan, kebetulan saya tdk punya kandang umbaran dan MB saya terlalu jinak dan apabila ada MB lain kurang ngotot/ngelawan :D :D :D sehingga saya kurang suka, saya coba menggunakan daging kambing ternyata dia suka, dan saya coba juga dgn menggunakan anak ikan mas hidup dan dimakan juga setiap 1 minggu sekali saya kasih, utk hasil lumayan MB saya skr tdk terlalu jinak dan apabila ada burung lain pun dia ngotot.

Cara pemberian daging kambing & Anak ikan mas :
1. Daging kambing dipotong kecil2 seukuran jangkrik klu bisa lebih kecil ( 5 potong ) pemberiannya setiap hari minggu.

2. Anak ikan mas 1 ekor ( seukuran pakan ikan lawouhan ) ditaruh ditempat minum dan ikan tersebut dlm keadaan hidup ( diberikan setiap hari rabu )

Pada saat MB tersebut dijemur tdk saya kasih makanan hanya saya berikan minum setelah 2-3 jam dijemur baru daging dan ikan tersebut saya berikan.


mudah2 bermanfaat buat para rekan2 ( apabila ragu jangan diberikan krn setiap perawatan beda tangan beda hasil :D :D :D :D kayak masak aja)

Wassalam
roby-tangerang

kunam
2 October 2006, 02:04 PM
Bung Roby,
Dapat wangsit dari mana tuh..... :) hebat juga hasilnya

salam
kunam

soponyono
4 October 2006, 01:44 PM
Om saya mempunyai 2 ekor MB, tapi bukan MB kelas Lomba hanya MB rumahaan, kebetulan saya tdk punya kandang umbaran dan MB saya terlalu jinak dan apabila ada MB lain kurang ngotot/ngelawan :D :D :D sehingga saya kurang suka, saya coba menggunakan daging kambing ternyata dia suka, dan saya coba juga dgn menggunakan anak ikan mas hidup dan dimakan juga setiap 1 minggu sekali saya kasih, utk hasil lumayan MB saya skr tdk terlalu jinak dan apabila ada burung lain pun dia ngotot.

Cara pemberian daging kambing & Anak ikan mas :
1. Daging kambing dipotong kecil2 seukuran jangkrik klu bisa lebih kecil ( 5 potong ) pemberiannya setiap hari minggu.

2. Anak ikan mas 1 ekor ( seukuran pakan ikan lawouhan ) ditaruh ditempat minum dan ikan tersebut dlm keadaan hidup ( diberikan setiap hari rabu )

Pada saat MB tersebut dijemur tdk saya kasih makanan hanya saya berikan minum setelah 2-3 jam dijemur baru daging dan ikan tersebut saya berikan.


mudah2 bermanfaat buat para rekan2 ( apabila ragu jangan diberikan krn setiap perawatan beda tangan beda hasil :D :D :D :D kayak masak aja)

Wassalam
roby-tangerang

wuihh..boleh di coba tuh..:D

Carboneticz
18 October 2006, 08:59 PM
Kalo makan daging kambing pake jangkrik juga bung wiily??

Kalo d truh umbaran biasanya berapa lama??

mau nanya juga neh....kalo misal sy punya umbaran terus perawatan sbg berikut :

-abis buka kerodong kasi jangkrik 5 ekor

-langsung masukin kandang umbaran sambil d jemur tapi dalam kandang umbaran tersebut sy sediakan bak mandi supaya dia bisa mandi sesukanya sewaktu.saya umbar sampe jam 4-5 sore.......kadang bisa mandi 2x tuh mb

nah maksud saya d umbar selama itu apa gpp?? apa harus d umabr ampe jam 11 aja.?? efektif mana kalo mandi d keramba ato sy sediakan bak mandi d kandang umbaran??

mohon pencerahannya para pakar ya

terimakasih sebelumnya..............

sh
18 October 2006, 09:14 PM
Pemberian ikan mas kecil sudah banyak dilakukan penggemar MB di Sumatera Barat, bahkan juga udang segar dikupas dan dipotong ukuran kecil 1 - 2 cm. Demikian juga cacing tanah yg masih hidup.
Pemberian EF ini jgn terlalu sering, akan menggemukkan MB. Kalau sudah gemuk nanti malas bunyi deh.

Kalau daging kambing sih buat saya saja, disate.

Salam Crazy Lion

niceguy
19 October 2006, 06:06 PM
kalo saya sih mendingan buka kerodong kasih jangkrik 3 atau 5 sesuai stelan aja,, trus mandi keramba baru dijemurnya di umbaran,, sambil digebah kalo sudah mulai kering,,, jangan dipaksa sampai siang/sore deh,, kasihan bulunya akan cepat kering,,,, mending cukup 3-4 jam saja sambil digebah/dipastikan burung tersebut terbang bolak balik,,, pelan-2 aja sampai bisa 100-200 kali bolak balik kan lumayan buat fisiknya,,trus siang dimasukan lagi ke kandangnya utk istirahat kerodong,,, kasihan jg kalo kepanasan seharian hehehe

dan betul soal daging kambing, di tong seng aja,,, mantafff

Carboneticz
19 October 2006, 07:48 PM
HHmmm....kandang umbaran saya letakan begini boss....:

setelah jam 11 siang setengah dari kandang umbaran saya terkena bayangan bagunan tetangga gw.jadi ada 2 sisi d dalam kandang umbaran dingin dan panas.....jadi 1 tangkjringan dingin 1 lagi kena panas....gimana kalo gitu om willy??

niceguy
21 October 2006, 11:02 PM
bagus juga,, biar MB bs milih yg panas atau adem hehehe,,, kalo boleh saran,, tangkringan yg lebih tinggi taro di tempat yg adem aja bos,, jadi kalo dia butuh berjemur dia pasti turun,,, tangkringan yg lebih rendah dan bak mandi ditempat yg kejemur,,,

insting burung selalu cari tangkringan tertinggi buat menclok hehehe
cmiiw

MK21
22 October 2006, 09:41 PM
Om Willy sekalian nanya biasanya berapa besar kandang umbaran untuk murai batu. Kalau MB yang masih liar lebih baik kandang kecil / kotak atau bulat besar. Mohon pencerahannya. Thank.

Arjuna
22 October 2006, 11:04 PM
Menurut ane kalo MB yg masih liar lebih baik pake kandang bulat kecil ukuran standart MB aja Om MK21.. kalo pake kandang kotak kecil mah kasihan MB nya nanti ekornya pada rusak... juga kalo MB nya masih liar mah blom perlu kandang umbaran kale ye.... mohon koreksi dari rekan2 lainnya kalo salah...

btw, baru dapet momongan baru MB nih ye Om.... mudah2an cepet moncer MB nya....

niceguy
23 October 2006, 10:21 PM
tul.. om arjuna betul tuh,,, kalo MB liar kasih kandang kecil/standar aja dulu biar jinak,,, FYI aja nih,, kalo MB atau burung apapun kalo kelamaan di umbaran bisa kembali jadi liar dan lincah hehehehe,,,,,
btw, ukuran sih tergantung kesediaan lahan,, ane punya 2 mtr,,,ada yg 3 meter bahkan lebih,,,,

nih ane ada pendapat pribadi nih,,, mengenai kandang standar MB,,,,
ane sendiri lebih prefer sama kandang kotak tipe kandang CR.... drpada bulat.
soalnya kalo malem MB tuh tidurnya mepet ke pinggir tangkringan dan kalo kandang bulat, ekor malah nyangkut dan bisa cepat rusak, sedangkan dikandang kotak besar, ekor mulus-2 saja gak kena jeruji tapi masalahnya dari segi enak atau nggak aja dilihatnya hehehehe........

N03L
7 November 2009, 08:30 AM
karena dirasa TS sudah mendapat masukan yang cukup dan untuk menghindari OOT, maka Thread ini sy close, jika TS masih berkeinginan mendiskusikan hal ini dan merasa Thread harus dibuka kembali, silakan PM saya atau moderator MB yang lain, thx

GBU