PDA

View Full Version : Stafford Canary



Kian Sing
1 January 2008, 06:37 PM
STAFFORD CANARY
oleh: Kian Sing


http://www.picturehosting.com/images/merapi2/ationalwinner2002copy.jpg

1. ASAL MULA KENARI STAFFORD

Pada akhir tahun 1970an di Inggris, tepatnya di daerah Staffordshire, sekelompok pecinta kenari berkumpul dan membincangkan kemungkinan mencetak jenis kenari baru hasil persilangan, yang dinamakan crested red/rose bird. Pada waktu itu ditetapkan untuk mencetak jenis burung kenari yang baru red/rose dengan panjang 5 inch dengan jambul yang sempurna seperti jambul pada burung kenari asli Inggris lainnya. Mereka sadar bahwa jenis ini telah ada di daratan Eropa (Deutsche Koife). Secara sederhana, Stafford Canary adalah kenari berwarna merah dengan adanya corak Crest. Pakem kenari ini telah dibuat untuk membantu dan mengarahkan pecinta dan peternak kenari sebagai standar yang perlu diciptakan di jenis baru ini. Pecinta maupun peternak jenis ini termasuk peternak terkenal yakni Peter Finn, Jack Askins dan lain-lain.

Pada tahun 1987 Zoe Finn (kemenakan Peter Finn) mengkonteskan di Perry Hill di kota Birmingham, Inggris. Waktu berlalu dan sesudah itu kenari ini dikenal sebagai Stafford Canary. Kenari ini diternakkan berdasarkan artikel yang dimuat di majalah Cage and Aviary Birds.

Tahun 1990, Stafford Canary Club (SCC) mendaftar untuk menjadi anggota Canary Council of Great Britain dan kenari Stafford dimasukkan dalam kelas jenis baru. Kenari ini adalah kenari yang diterima menjadi kenari jenis baru setelah jenis Fife Fancy pada tahun 1950an.

Awal tahun 1990an adalah era yang berpengaruh besar pada para peternak di dunia, termasuk peternak Amerika yang ingin membantu perkembangan jenis kenari Stafford. Adalah George Gay yang selalu berkoresponden dengan SCC dan George Gay akhirnya mendirikan Stafford Canary Club of America dan menjadi ketuanya.

Juga di awal tahun 1990an, gambar asli tentang standar kenari Stafford dibuat oleh Dr. Achmed El Soussi. Dia membuat 6 gambar tangan tentang hal ini, tiga di antaranya kemudian dipresentasikan dan diangap sebagai standar SCC, yang otomatis juga dipakai oleh SCCA.

Rasa ingin mengembangkan kenari Stafford bertambah seiring dengan waktu dan kenari Stafford terlihat di kontes utama di Inggris dan Amerika, hal ini ditandai dengan semakin bersatunya para peternak dengan menjadi anggota SCC. Pada tahun 1991 National Cage Bird in America, kontes burung tingkat nasional di Amerika, mengadakan sebuah rapat penting bagi para pecinta dan peternak kenari Stafford. Hasil menggembirakan diraih ketika di tahun berikutnya, standar baku kenari Stafford telah ditetapkan untuk Amerika, yang tentunya mengadaptasi standar SCC.

Sepanjang tahun 1990an, standar selalu mengalami perubahan untuk kemajuan, termasuk standar baru untuk betina kenari Stafford warna mosaic. Akhir tahun 1990an, disetujui untuk memperbolehkan kenari Stafford yang tidak mempunyai jambul (plain head) di arena kontes, sebelum itu hanya kenari Staffor berjambul yang diperbolehkan mengikuti lomba. Penny Berrill-lah yang menggambar standar kenari Staffor plein head. Di Inggris, kenari Stafford plain head boleh mengikuti lomba untuk meraih penghargaan di kelas jenis plain head, tetapi tidak dapat meraih Best Stafford Award, penghargaan ini hanya akan dimenangkan oleh jenis crest.


2. STANDAR STAFFORD CANARY

2.1. APA ITU STAFFORD CANARY

Beberapa tahun seperti yang telah ditulis di atas, standar Stafford Canary selalu diperbarui untuk kesempurnaan. Hal ini tentunya akan membingungkan dan dapat mengakibatkan kesalah-pahaman bagi peternak yang belum berpengalaman.

Proses standarisasi adalah sesuatu yang akan berguna, membantu untuk mengurangi kebingungan dan kesalah-pahaman. Stafford Canary Club mendeskripsikan standar yang dapat berguna secara tertulis atau verbal untuk mendeskripsikan apa itu Stafford Canary.

Secara sederhana untuk mendeskripsikan Stafford Canary, dapat menggunakan kalimat di bawah ini:

a. Lihat bentuk kepala: Apakah crested (berjambul) atau non-crested/pleinhead (tidak berjambul). Jika berjambul: apakah jambulnya sama dengan warna badan (clear), apakah jambul mempunyai dua warna seperti ubanan (grizzled) atau berwarna gelap tetapi badan berwarna terang (dark)?
b. Apakah warnanya frosted (ada warna putih di ujung bulu) atau non-frosted (tidak ada warna putih di ujung bulu)? Jika non-frosted, idealnya tidak ada warna putih di ujung bulu. Jika frosted, berapa kadarnya: ringan, sedang atau pucat sekali?
c. Apakah burungnya clear (berwarna cerah tanpa ada warna melanin pada bulunya), ticked (ada flex) ataukah variegated (di sini disebut bont yang banyak warna cerah)?
d. Warna dasarnya red atau rose?
e. Jika berwarna melanin (biasa berwarna gelap – di bulu ada warna hitamnya, missal: bulu hijau, di tengah bulu ada warna hitamnya), apakah self (satu warna), foul (burung warna gelap yang mempunyai maksimal 3 helai warna cerah di sayap atau ekornya) atau 3/4 dark (di sini disebut bont yang banyak warna gelapnya). Yang termasuk warna melanin adalah: Brown, Bronze, Agate, Isabel, Pastel, Ino, Opal, Satinette.
f. Apakah berwarna mosaic?

2.2. KELAS YANG DIKONTESKAN

Di arena kontes burung kenari jenis Stafford Canary membuka beberapa kelas, yaitu:
- Clear Crested
- Grizzle Crested Clear Bodied
- Dark Crested Clear Bodied
- Variegated Bodied
- Self Bodied
(petunjuk bisa dilihat pada gambar di bawah)

Selain hal di atas, kontes juga dibedakan dengan warna bulu Stafford Canary:
- Non-frosted
- Frosted
- Dimorphic (mosaic)

Juga dibagi lagi dengan kelas flighted (pernah mabung bulu besarnya, biasa berumur lebih dari 1 tahun) dan unflighted (belum pernah mabung bulu besarnya, biasa berumur kurang dari 1 tahun)

http://www.picturehosting.com/images/merapi2/staffordsection.jpg

Sehingga kelas yang dikonteskan menjadi banyak karena terdapat 5 kelas tipe kepala (jambul dan tidak) dengan 3 kelas tipe warna bulu. Melihat beberapa kelas yang dikonteskan yang disyaratkan maka ada petunjuk cara berternak untuk mencetak Stafford Canary yang ideal, dengan menganjurkan untuk berkonsentrasi berternak warna non-frosted dan frosted bagi peternak tingkat pemula dan menyerahkan warna dimorphic (mosaic) kepada peternak yang berpengalaman karena hal ini lebih sulit.

Pasangan yang bagus dalam hal ini adalah mencoba berternak dengan menggunakan:
1. Jantan plainhead non-frosted x Betina crested frosted
2. Jantan crested non-frosted x Betina plainheads frosted
3. Jantan plainhead frosted x Betina crested frosted
4. Jantan crested frosted x Betina plainhead frosted
5. Dimorphic x Dimorphic

Dengan berternak nomor 3 dan 4 akan menghasilkan anakan double frost, hal ini harus diingat agar anakan diternakkan kembali dengan kenari non-frosted karena bila tidak akan menghasilkan warna frosted yang terlalu pucat. Warna terlalu pucat ini tidak akan mempunyai warna cerah, baik di tipe frosted ataupun non-frosted. Jangan sekali-kali menjodohkan kenari berjambul dengan kenari berjambul karena 25% anakan akan mati. Kemungkinan lain, beberapa anakan akan mempunyai jambul yang tidak sempurna.


3. STANDAR KONTES

http://www.picturehosting.com/images/merapi2/showstandar.jpg

Sedangkan sangkar standar untuk kontes adalah sebagai berikut:
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/showcage.jpg

Beberapa foto Stafford Canary:
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/stafford03.jpg http://www.picturehosting.com/images/merapi2/stafford04.jpg

sugihartos
1 January 2008, 06:53 PM
makasih infonya om.

kapan diindonesia mengadakan kontes burung seperti ini ya. wah pasti asik dan tidak berisik dan enak ditonton.

om mbok di prakasai unutk lomba seperti itu.

makasih

Kian Sing
1 January 2008, 07:19 PM
itu kan ada yang sudah merintis: di yogya ada papburi tapi khusus kenari penyanyi; di malang juga ada kalau tidak salah di unibraw yg ngadain mcc (malang canary club), malah kalau yg ini ada kontes kenari postur segala. semuanya tanpa teriak...

kalau soal mau ngadain jenis kenari yg baru ala indonesia, perlu sekelompok peternak karena bila hanya satu bisa kewalahan dan kurang semangat. sebetulnya ide mencetak stafford canary sangat sederhana, yaitu ingin membuat kenari jenis baru yg berjambul (crest) tetapi berwarna merah, jadi di kontes selain kontes postur juga kontes warna. akhirnya dipilih sebagai indukan: gloster canary dan colourbred canary - red & mutations.

Kurniawan
1 January 2008, 09:13 PM
utang GEF dulu ya om KS...asli ilmu ane bertambah lagee neh...kpn yah Kenari made in Indonesia? :D :D

Kian Sing
1 January 2008, 10:24 PM
utang GEF dulu ya om KS...asli ilmu ane bertambah lagee neh...kpn yah Kenari made in Indonesia? :D :D

kalo srimulat mengatakan hil yang mustahal :)) tapi ya pelan2 nanti siapa tahu ada, semoga ajaaa. [-O< [-O< [-O<

budiger
1 January 2008, 11:29 PM
Memang luar biasa oom kita ini,Selamat tahun baru untuk semuanya di forum ini untuk kontak perdana di tahun 2008 ini.Perbendaharaan pak KS ini memang luar biasa,wah... memang dewa kenari.
Ini kalau dalam jangka pendek di gerojok dengan info kenari yang macam2,ini jadi cepat paham apa malah jadi bingung ya...?,but any how salut untuk pak KS

Kian Sing
2 January 2008, 10:36 AM
akhirnya saya sendiri sekarang gundul pak! hehehe tapi bener nih...

saya sendiri juga baru tahap mempelajari kok, membaca buku - mencari informasi via internet - tanya teman dalam & luar negeri - saling sharing di forum ini ... kita jadi tambah pintar di belakang rasa kebingungan kita!

saat ini, speaking honestly, baru nyusun kenari spanish timbrado. wah ini tambah mumet, pak budiger. semoga bulan ini bisa dirilis penerbit gramedia, eh kicaumania.org hehehe.

patulaholic
2 January 2008, 10:41 AM
utang GEF dulu ya om KS...asli ilmu ane bertambah lagee neh...kpn yah Kenari made in Indonesia? :D :D

tanya ama om KS aj. Pasti om KS dah bikin proyek rahasia yang bakal bikin gempar dunia kenari Indonesia....
hehehehehe.......

Reza
2 January 2008, 10:50 AM
Om Kian Sing, Apa Stafford canary ini sama dengan kenari postur Crested Canary(crested/plainhead)?.Gimana ya om cara paling gampang ngebedain stafford sama gloster atau norwich , terutama kalo ke-3 jenis kenari ini berjambul . Artikel Timbradonya ditunggu om, kebetulan dirumah ada 1 ekor hehehe

Makasih ,

Reza

Kian Sing
2 January 2008, 01:33 PM
Om Kian Sing, Apa Stafford canary ini sama dengan kenari postur Crested Canary(crested/plainhead)?.Gimana ya om cara paling gampang ngebedain stafford sama gloster atau norwich , terutama kalo ke-3 jenis kenari ini berjambul . Artikel Timbradonya ditunggu om, kebetulan dirumah ada 1 ekor hehehe

Makasih ,

Reza

- yg pasti, stafford canary masih sedikit yg masuk ke indonesia, bila kita menemukan di antara colourbred canary red yg masuk ke indonesia dan ada kenari merah yang berjambul ... bisa dicurigai sebagai stafford, walau bodinya masih seperti kenari colourbred tetapi ini adalah salah satu ciri proses membuat stafford canary. stafford canary adalah hasil persilangan gloster dengan clolorbred canary (red & mutations), hasilnya seperti gloster tetapi berwarna red & variannya. panjang 5 inch atau sekitar 12,7cm.

- gloster adalah jenis kenari kuno berukuran 12cm

- crested canary diyakini sebagai hasil persilangan lancashire dengan norwich canary. berukuran 17cm

jadi dari ukuran sudah terlihat beda, stafford canary dengan norwich/crested terlihat sekali perbedaannya. bila dibandingkan dengan gloster agak tidak jauh berbeda karena ukurannya 12,7cm dan 12cm, perbedaannya adalah di warna merah pada stafford canary.

ini baru baca2 terus soal timbrado, banyak artikelnya banyak pusingnya :-O

ben
3 January 2008, 12:05 PM
Mau kasih GEF mesti muter dulu.. Utang dulu ya om KS.
Ntar sekalian ama bunganya dehh....

Misterius-BumenBC
3 January 2008, 12:35 PM
plok plok plok...salut GEF

sugihartos
3 January 2008, 01:00 PM
om kian sing, sampean buat jenis apa saja yang mungkin dapat menghasilkan jenis kenari baru, ya kalau cari indukannya gampang akan saya coba.

kalau buat jenis baru minimal berapa turunan dan sistem silangannya gimana om, saya jadi penasaran ingin buat jenis baru. ( maaf hi hi hi hanya mimpi kali)

makasih ya om, tak tunggu

Kian Sing
3 January 2008, 03:17 PM
terus terang saya belum membuat jenis baru, masih buat F1 yorkshire dengan betina lokal biasa (baru sampai tahap ini aja).

saya dapat info jakarta akan masuk lagi waterslager, lizard dan colorbred canary red. karena saya tidak dapat impor sendiri musim ini, mungkin saya akan coba beli beberapa betina lizard (kalau ada sebab jenis ini hanya pesanan) dan betina waterslager untuk dicoba kawin silang dengan yorkshire jantan di rumah. sayang, kabarnya gloster tidak masuk. kita lihat saja nanti...

untuk membuat jenis baru memerlukan minim 5-6 kali keturunan, jadi kalau diasumsikan di indonesia kenari umur 8 bulan sudah dapat dijodohkan, bila 6 keturunan berarti memerlukan 4th. apa sabar??? pdhal di luar negeri membutuhkan 6 th lho.

feri
3 January 2008, 06:09 PM
trims Om KS atas artikel2nya ttg jenis2 kenari [russian, waterslager, german hartz roller, persian, stafford, dan spanish timbrado yg sd dlm proses penulisan], jadi mbikin saya lebih enak mbacanya timbang kalau browsing di internet dan mbaca artikel2nya yg dlm bhs inggris. btw, saya kok penasaran ya dg kenari jenis holland saxis, sdh lama sy browsing di internet tp sama sekali tidak menemukan informasi ttg jenis kenari tsb. mungkin nanti setelah selesai nulis ttg spanish timbrado Om KS bisa membuat sedikit artikel ttg jenis kenari tsb, atau setidaknya kalau ada situsnya tolong dong sy dikasih link-nya, trims.

Samid
7 March 2009, 11:50 PM
terus terang saya belum membuat jenis baru, masih buat F1 yorkshire dengan betina lokal biasa (baru sampai tahap ini aja).

saya dapat info jakarta akan masuk lagi waterslager, lizard dan colorbred canary red. karena saya tidak dapat impor sendiri musim ini, mungkin saya akan coba beli beberapa betina lizard (kalau ada sebab jenis ini hanya pesanan) dan betina waterslager untuk dicoba kawin silang dengan yorkshire jantan di rumah. sayang, kabarnya gloster tidak masuk. kita lihat saja nanti...

untuk membuat jenis baru memerlukan minim 5-6 kali keturunan, jadi kalau diasumsikan di indonesia kenari umur 8 bulan sudah dapat dijodohkan, bila 6 keturunan berarti memerlukan 4th. apa sabar??? pdhal di luar negeri membutuhkan 6 th lho.

Smoga para breeder Indonesia, senatiasa Sabar dan tetap kreatif...........
Om sesepuh, kyk'e erlu di reset ulang neh minded para breeder indo, kasih extra wacana lg dunk Om hehe........MERDEKA!

ecko86
30 September 2010, 11:21 PM
punya burungnya ngk om sepasang di jual brapa? jadi tertarik ni. mana tau kl terus disilangkan akan menghasilkan kenari gen baru.

Amadeo Elgen
1 October 2010, 10:17 AM
mau ikutan nanya dengan master kenari nih om, dari asalnya kenari kenapa para breeder atau saat lomba , sangkarnya hanya kecil ?
termasuk kenari besar YS yang di dalam kandang yang kecil, om?
apa mungkin ada pengaruh dari stamina atau kondisi kenari , supaya tidak banyak bergerak ( terbang2 )
Thanks om

diyamanta
22 October 2010, 05:39 PM
bagus om kenarinya

42d3e78f26a4b20d412==