PDA

View Full Version : TRUCUK AN YANG BAGUS



PUTRANTO HARIYONO
9 September 2006, 01:56 PM
Salam KM
Mohon penjelasan , saya mau beli burung trucuk an yang bagus Gimana yaa ciri -cirinya ?

Kusdiarto
12 September 2006, 10:40 AM
om Har cari aja dengan kriteria sbb :
- burungnya besar
- leher panjang
- body panjang
- warna bulu di bagian bawah ekor kuning tua
- paruhnya tipis panjang (biasanya burung dengan paruh tipis lebih cerewet drpd yg tebal)
- kalo bisa cari jangan yg liar om (harga memang murah sekitar Rp. 15.000,- tapi capek peliharanya)

mohon koreksi dari rekan sekalian

byan
12 September 2006, 11:25 AM
txs__om KUS__cara peliharanya bagaimana???(poer merk apa + EF nya)

Kusdiarto
12 September 2006, 11:48 AM
karena burung jenis ini bukan merupakan burung kontes dan hanya mengisi ocehan burung lain, jadi saya merawatnya biasa saja tidak sekhusus burung kontes :

- pagi di mandikan,sekalian membersihkan kandangnya karena burung ini paling suka makan dan buang hajat
- hari pertama di beri buah-buahan
- hari kedua di beri jangkrik 4 ekor + kroto 1 sd teh
begitu seterusnya
- poer, saya tidak pernah membedakan dengan perliharaan saya yg lain
karena saya pakai TS/F (takut jadi iklan terselubung) jadi trucukan saya juga saya beri pur tsb
- jika om percaya bisa setiap sebulan sekali di beri cabe merah (bukan cabe rawit) di hancurkan di campur dengan nasi (jika tidak mau makan jangan di paksa)

demikian, mohon koreksinya

Roels
12 September 2006, 12:02 PM
om Har cari aja dengan kriteria sbb :
- burungnya besar
- leher panjang
- body panjang
- warna bulu di bagian bawah ekor kuning tua
- paruhnya tipis panjang (biasanya burung dengan paruh tipis lebih cerewet drpd yg tebal)
- kalo bisa cari jangan yg liar om (harga memang murah sekitar Rp. 15.000,- tapi capek peliharanya)

mohon koreksi dari rekan sekalian

Setuju dengan Oom Kus..
Sedikit menambahkan, berdasarkan pengalaman saya bbrp kali piara trucuk..
- paruh tipis panjang memang lebih cerewet, tapi paruh tebal panjang, suaranya juga lebih tebal walaupun masih kalah cerewet dari yg tipis panjang.
- kalo masalah bulu bagian bawah ekor (anus/vent) biasanya kalo udah lama dipiara, warnanya akan berubah menjadi putih kekuningan. Semakin lama dipiara, maka semakin putih juga warna bulu vent-nya. Saya rasa ini karena pengaruh voor sebagai makanannya. Jadi burung tangkapan liar pasti warna bulu vent-nya kuning banget. Dan yg udah piaraan pasti agak pudar kuningnya (tergantung berapa lamanya dipiara), kecuali kalo ga dikasi makan voor, cuma pisang doank, hehe..

Silakan diralat dan ditambah kalo ada yg salah dan kurang...

sh
30 March 2007, 09:40 PM
mo tanya juga,
untuk trucuk bagusnya pake tangkringan satu apa dua yah ?

Ya ampuuuun.....kasihan sampeyan Om wawan.......sudah setengah tahun belum ada yang jawab.....:angry6:
Ayoooo ddoooonnnggggg....kan ada yang ahli trucukan, kasih jawaban doooong aahhhhhhh:missing :missing :missing

paklu_yy
1 April 2007, 01:15 PM
Kalo biasanya sih tangringan trucukan satu aja om, karena kalo ngoceh cenderung diam dan kalo sayapnya garuda bisa bebas gak terganggu tangkringan satunya.

yahya
1 April 2007, 07:06 PM
kalo aku sih sukanya beli trucukan yang udah jadi, walaupun harganya relatif lebih mahal(100k s/d 250k) tapi kita harus dengar dulu suaranya, tergantung kita penginnya yang engkel atau yang ropel, tapi kalo aku paling suka trucukan yang usianya udah tua (kaki udah kaya make spatu boot), soalnya kalo masih muda biasanya adaptasi tempatnya akan makan waktu lama, berbeda kalo udah tua, walaupun pindah tempat biasanya langsung bunyi, dan jangan lupa milih trucukan yang berani tarung.

hari_pondok
2 April 2007, 01:35 PM
pak putranto.. kalo pengalaman saya sih trucukan yang bagus yang badanya panjang dan bulat/padat,, saya pelihara dari kecil mulai di loloh sampe sekarang dah mulai ngerol untuk makanan saya cuma kasih poer (yang kuning) plus pisang kepok jangrik cuma saya kasih satu aja,, saking jinaknya kandang nggk saya tutup juga nggk keluar... mungkin ada koreksi deh sama temen2 yang lebih pengalaman:dragonfly: :dragonfly: :dragonfly: :dragonfly:

Indraf
2 April 2007, 03:07 PM
trucukan bagus ya.. kok kalau saya senang banget sama trucukan mas NA yang dari seorang petinggi KM he he he.. body trucukan besar dan panjang... suara asli keras.. rovel pula... giras... tapi suaranya patentttttt....

ahmadauzi
2 April 2007, 10:34 PM
kalo perawatan trucukan ngak susah biarin aja diteras siang malam nggak usah dipindah2 kecuali pagi di semprot lalu dijemur sebentar n pisangnya kasih madu 1mingu 2 kali n sekali2 kasih jangkrik gitu aja trucukanku dah ngropel bunyinya tapi efeknya burungnya semi/nggak bisa jinak tapi suaranya broooo kenceng sekali sampai2 MB ku kemasukan suara trucukan jadinya bunyi terakir berakiran miso(jowone) cuk cuk cuk,dah kalo mau ambil aja 30 rb n uangnya buat kas km maaf oot apa nggak ya aku iki hehehhe...:angkat-jempol: :angkat-jempol:

niceguy
2 April 2007, 10:35 PM
trucukan bagus ya.. kok kalau saya senang banget sama trucukan mas NA yang dari seorang petinggi KM he he he.. body trucukan besar dan panjang... suara asli keras.. rovel pula... giras... tapi suaranya patentttttt....

wah jadi kangen sama trukcukan neh,,, gawat nih...:jelek ah:
ayoo,,,, om NA mau gak ya tuh trukcukan dibarter lagi ????:missing

ndoro agung
3 April 2007, 07:53 AM
wah jadi kangen sama trukcukan neh,,, gawat nih...:jelek ah:
ayoo,,,, om NA mau gak ya tuh trukcukan dibarter lagi ????:missing

Wis To????...sabar Om...lagi uasiek..usiek..nya tu...klo pagi2..klak..klik..kluk..enak..tenannnnnnn.....:to pbanget: :topbanget: :topbanget:
Ben cuma trucukan tapi menu makan N perawatan sekelas bintang...la wong vor nya aja klo ga yg Cri#py ga doyan je??....jangkrik klo ga yg masih londo ga mau,,,cek,,cek,,,,memang klo bekas perawatan Juragan momongan jadi rada kolokan..tapiiiiiiiiii...ra po..po...pentinge ketebus dng ocehannya ..clak..clik...kluk..cok..cok..clak..clik...wehhh. ..mantep...
Ada yg sdh bosen lagi ga OMMMMMMMMMMM??????...siap memboyong heheheheheehehhe:)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :p :p :p :p

Indraf
3 April 2007, 09:57 AM
hua ha ha... maaf sudah membuka kenangan lama... ha ha ha.. entar dulu... ane pinjem barang 1 bulan aja... ngedengerin suara cucakrawa mini... hi hi hi...
back to topick
kalau mau lihat trucukan bagus... kayaknya harus minta foto trucukan yang satu ini deh... hua ha ha (monggo om NA di Sharing)

M. Reza Syahputra
5 April 2007, 09:02 PM
Bapak2 sekalian ada gak yag bisa membedakan trucukan jantan dan betina

niceguy
8 April 2007, 08:41 PM
Bapak2 sekalian ada gak yag bisa membedakan trucukan jantan dan betina

mohon senior yg lebih paham membantu,,, ada yg bilang kalo disemprot sampe basah,, kepala yg jantan akan berjambul, tp yg betina tidak....
kedua duanya ngeroll,, tp suara yg jantan lebih kencang.

monggo yg lain tambahin.

Btw,, makin gue baca thread ini makin mpet aja neh......:angry3: :angry3:
ada yg berusaha mancing2 nih hahahaha,,,,

I want my trukcukan BACK !!!!:angry1: :angry1:

:haha: :haha: :haha:

Indraf
9 April 2007, 11:05 AM
ciri trucukan yang bagus. hmmmm
memiliki tubuh yang besar dan memanjang... sedikit giras...bulu yang cerah, biasanya ciri ini menandakan burung tersebut mempunyai volume suara yang keras dan rovel... dan mas NA memiliki burung dengan ciri-ciri tersebut...
info hangat
didaerah yogyakarta
saat ini sedang wabah trucukan,, kebetulan teman kantor pulang kampung didaerah sleman... anak muda, orang tua semua kranjingan trucukan... kemana-2 ditenteng-2 trucukan... (ini beneran nih.... kagak manas-manasin.. hua ha ha)... dan saat ini harganya sedang merangkak naik.... (ampun deh gue... )

niceguy
9 April 2007, 01:44 PM
tak sobek-2 mas Idraf...........

mantap,, ayo,, kolektur trukcukan,,,, berlomba lomba,, ngetrek dirumahku,,, yg juara aku transfer deh, hehehehe

Indraf
9 April 2007, 02:04 PM
Trucukan, burung dari jenis merbah, masih satu famili dengan Cucak rawa... suara yang indah dan perawatan yang gampang... sehingga tidak salah kalau saat ini di daerah sleman banyak pecinta burung mulai melirik burung ini untuk dijadikan salah satu klangenan andalan menggeser beberapa jenis burung yang mulai sulit untuk didapat di alam... selain suaranya yang merdu bagaikan suara air terjun yang mengalun dan mengingatkan kita akan kebesaran dan keindahan alam di hutan, trucukan juga dapat menjadi penjaga waktu... karena tanpa ragu dia akan perdengarkan suara indahnya di kala fajar yang malu-malu mulai menampakan sinarnya....
EF untuk burung ini juga tidak terlalu sulit... yang sulit adalah mendapatkan burung trucukan yang berkualitas.....ingat... burung yang istimewa itu jarang (kayaknya kalau diadakan lomba.. udah bisa ketebak nih jawaranya... he he he)

katanya ya... kalau memang terpaksa ditukar sama yang di avatar juga gpp... my brother (weittttttt.... langsung pake helm... biar nggak di sobek-sobek... hua ha ha... ampunnnnn.... )

ADE NIRZA
9 April 2007, 03:48 PM
ciri trucukan yang bagus. hmmmm
memiliki tubuh yang besar dan memanjang... sedikit giras...bulu yang cerah, biasanya ciri ini menandakan burung tersebut mempunyai volume suara yang keras dan rovel... dan mas NA memiliki burung dengan ciri-ciri tersebut...
info hangat
didaerah yogyakarta
saat ini sedang wabah trucukan,, kebetulan teman kantor pulang kampung didaerah sleman... anak muda, orang tua semua kranjingan trucukan... kemana-2 ditenteng-2 trucukan... (ini beneran nih.... kagak manas-manasin.. hua ha ha)... dan saat ini harganya sedang merangkak naik.... (ampun deh gue... )Wah lagi rame ngobrolin trucukan nih, hari jum'at ane ke PB Pramuka emang lg banjir trucukan Jatim tuh disana, iseng2 liat di kios Wanto(yg dagang kucing/samping kios sangkar) ada trucukan , udah dipisah per kandang 1 ekor tp masih giras, burung sedang/ramping, bodi panjang, njambul, kalo lg diri tegak kaya pentet/MB (kmrn masih ada 1 ekor dirinya ky Pentet/MB), kadang bunyi, nah tinggal pilah pilih aja tuh cari yg rovel, harga jd 20rb/ekor, ane udah ambil 2 ekor & td pagi udah ngerol tp pendek, suaranya lumayan gede... mudah-mudahan suaranya bisa ropel,....he..he...:haha:

Thanks,

simbah
9 April 2007, 10:17 PM
weh weh...trucukan lagi ya...udah mulai pada deman nih blok barat wehehehehe...emang om trucukan memang paten...dan jangan mau dibilang penggemar burung kicauan jika belom melihara burung jenis ini...saya gak manas2i lho om hehehehe....
tapi memang bener om,lha wong biasanya di jogja trucukan jarang dilirik kok sekarang mulai merangkak naik...weh weh jan...semoga suatu saat kita bisa bertemu di latberan trucukan ya om...
pareengggg

Roels
10 April 2007, 04:15 PM
Haha... iya betul! Jogja emang lagi demam trucukan, apalagi yg rovel..
Dan harga juga udah mulai merangkak naik.. betul itu!

Buktinya??? Bbrp minggu yg lalu Trucukan rovel + nggarudo momongan saya dibeli temen dengan harga yg..... hmm.. lumayan deh pokonya.. trus duitnya ta buat mahar transfer jalak putih jadi+cerewet, cuma nambah dikit, hehehe...

Indraf
10 April 2007, 04:28 PM
tuh kan bener... yogya demam trucukan.. sebenarnya memang trucukan itu uenaaakkk suaranya... tapi karena paradigma kita bahwa itu burung murah dan mudah didapat jadi kurang peminatnya... mungkin beberapa tahun lagi sudah akan seperti branjangan dan pentet nasibnya... laris manissss.... Goyang manggggg... he he he

niceguy
11 April 2007, 04:17 PM
bablassss,,,, di blok barat trukcukan bakalan sepi pi piiiiii....
kagak laku,, kecuali yg bener-2 bagus,,,,,
yg ada paling dibarter voor 10 bgks......

buktinya ane pernah nyimpen 3 thn, kagak kunjung tiba latber trukcukan,, udah berkarat dan jamuran,, akhirnya bablas juga di embat seseorang yg mau merawat dgn baik,,, tp ingat, kalo bosen,, ada yg terima aftersales service

lani1
11 April 2007, 04:22 PM
ayo om Wil kita bikin latber kecil di tempat ente....ane mau nyoba trucukan ane neh...

fian
6 August 2007, 08:24 AM
he...he... maaf membuka lagi diskusi ttg trucukan. barangkali buat om yang punya trucukan bagus bisa merekam suara momongannya, buat dibikinn master bagi para yunior.
Om.... kemarin saya liat ada beberapa bakalan trucukan, murah cuman 15 rb, masih giras, salah satunya jambulnya sudah keliatan (jambulnya sudah tegak), bodi masih kecil, paruh standar, tapi sudah hitam, kalo yang lain masih agak merah, kira-kira calon bagus ga ya ?

thanks yo...


Fian
Cikarang Bekasi

agil paseban
30 September 2007, 07:03 PM
menurut saya crucukan yang dari anakan biasanya cuma ngriwik doang,karna terlalu manja.cari bahan crucuk yang setengah liar,dijamin puas.

rangga2104
2 October 2007, 12:33 PM
maju terus...trucukan...\:D/

hidup..hidup...ye.....<:-P
:angkat-jempol:
:angkat-jempol::angkat-jempol:

kangrips
2 October 2007, 01:34 PM
maju terus...trucukan...\:D/

hidup..hidup...ye.....<:-P
:angkat-jempol:
:angkat-jempol::angkat-jempol:

ikuuuuuuuuuuuuuuuuuttttttttttttttttttttttt.
trucukan "intan dalam debu"
halah!!!!!!!~O) ~O) ~O) ~O) ~O)

yayankcuko
2 October 2007, 04:44 PM
wah demam trucuk an nih,sama aq juga baru ambil kemarin dengan harga 15 badan bagus sama seperti yg om INDRAF omongin cuman sayang masih trondol untuk ef sekarang lagi aq kasih mangga yg katanya biar cepet garudanan .....

agil paseban
2 October 2007, 07:05 PM
wah..anakan apa bapaan nih....!
gak masalah biar trondol yang pnting punya kwalitas bagus.

agil paseban
2 October 2007, 07:14 PM
mo nanya nih....!
bisa gak ya..trucukan diternak..gimana caranya.soalnya slama ini saya dapat dari pasar terus.

paklu_yy
2 October 2007, 11:29 PM
ternak terucukan masih langka mas....soalnya tangkapan alam masih berlimpah dan murah....ato mas kabul mau jadi pioner...silahkan dicoba dan sharing disini hasilnya mas...

yayankcuko
5 October 2007, 10:35 AM
trucuk an nya bukan anak an sih tp burung itu emang bagus om belum ada seminggu bisa cucak rowo nan keras lagi dan ropel.apa efek dr buah mangga itu soalnya aq dpt resep dr rekan km juga seh monggo yg lain kalo mau nyoba

42d3e78f26a4b20d412==