PDA

View Full Version : Bulu Rontok Terus



hawks
26 September 2007, 07:28 AM
MBku dirumah udah 3 bulan ini mabung.... aku liat skrg dah mulai ngedorong tapi tadi pagi aku liat masih ada juga 1 helai bulunya yg rontok.... #-o

MBku ini emang udah tua (7 tahunan), ada temen yg bilang klu MB tua itu emang suka begitu (mabung terus2an....) :-S

Mohon advice om-om pakar MB...

Tks b'4

Hawks

Ronny
26 September 2007, 08:36 AM
Kalau menurut saya, mungkin memang masih ada bulu yang belum turun om.
Di rumah saya juga begitu, sdh 3 bln mabung tapi masih ada bulu yang ambrol (Bulu sayap dan bulu2 kecil di badan). Jadi coba aja pantau dulu sampai 4-5 bulan. Jika masih ada bulu yan turun sampai 5 bulan, berarti kelainan tuh om...
Dulu juga pernah MBnya om Niceguy seperti itu, malah MBnya om Willy usianya masih muda tetapi ambrol terus..
Coba deh om Hawk sms om Willy.

hawks
26 September 2007, 10:30 AM
makacih ya om ronny....

sh
26 September 2007, 11:33 AM
Bro Eddy Hawks, sharing dong perawatan sekarang, terutama pemberian makanannya, biar bisa kasih masukan nih.

hawks
26 September 2007, 11:53 AM
perawatannya biasa ajah om...

Krn skrg gi ngedorong (krg lebih 1 bulan).... jadi 2 hari sekali masuk kerambah... jangkrik pagi 3 sore 3 plus voor itu ajah...

masuk kerambahnya sore hari trus langsung kerodong...

itu ajah OM SH... tapi masih ajah ada bulu halus yg jatuh (gak banyak sich..) cuma tadi pagi ada bulu besar (kayanya bulu sayap) yang jatuh... :(

Gitu om... trus enak'e diapakno yo.....??

herryaceh
26 September 2007, 11:56 AM
Selang 3 bulan pasca mabung dari awal, memang ada kemungkinan MB masih merontokkan bulu-bulunya yang belum rontok pada saat mabung.
Biasanya bulu yang terakhir rontok adalah bulu sayap.

Tapi jika yang rontok adalah bulu yang baru tumbuh dan jumlahnya juga relatif banyak, jelas ada kesalahan dalam perawatan sehingga menyebabkan hal tsb bisa terjadi.

Contoh pola rawatan yang salah yang bisa menyebabkan hal ini bisa terjadi :
1. Selama mabung MB tidak dikrodong dan tidak mendapatkan asupan makanan yang baik dan benar.

2. Terlalu sering diganggu dan dijemur pada saat mabung.

3. Mengganti jenis makanan (voer) setelah mengalami mabung.

hawks
26 September 2007, 12:05 PM
Tks Om Herry.. peuhaba om... lama kali gak kedengeran suaranya..hehehehe...

Selama masa mabung, aku full kerodong... hanya dikelilingi kenari n LB, setelah mabung kira2 1 bulan ini ditambah cililin.... asupan makanannya hanya voor n jangkrik...(voor gak pernah aku ganti..) gitu om...

salah apa benar om...???

herryaceh
26 September 2007, 12:34 PM
Sudah benar Om.

Bisa saja bulu yang rontok dari MB tsb adalah memang bulu yang belum jatuh pada saat mabung.
Jadi sabar aja Om, dan untuk masteran coba dech Om Eddy pakai CD Smart Mastering. Dahsyat tuch isiannya, dan cocok buat MB.

sh
26 September 2007, 12:53 PM
Kalau dilihat penanganannya sudah betul tuh.
Btw selama nggak ada masalah dengan performanya, no problemo Jose!
Masih beruntung MB tua mau mabung. Ada loh MB tua susah sekali mabungnya.

Blank-24
26 September 2007, 12:57 PM
Om eddy kayaknya untuk mandinya agak dikurangi Om.... jangan tiap hari...

MB sy juga ud 3 bulan berjalan mabung masih ada 1 or 2 bulu yang jatuh, selama ini sy anggap hal itu biasa aja Om....

Bener apa yg dikatakan Om Ronny ada MB yg mabung 4-5 bulan, dg kerontokan bervariasi.

Mohon koreksi bila salah.....

aquciliq
26 September 2007, 01:57 PM
Maaf Tengku, yang jatuh bulu tua atau muda/baru?
Kalo emang bulu lama yang belum jatuh, berarti emang di awal-awal dulu mabungnya yang ga sempurna Om, ga wajar kalo dari pertama jatuh bulu, sampai 3 bulan kemudian masih ada bulu yang rontok..., karena seharusnya di bulan ke tiga sudah mulai ndorong bulu, atau bahkan sudah maksimal....
Ada kemungkinan di awal-awal mabung dulu, MB Om Edy sempet ketemu/ngetrek dengan MB-MB lain, MB njenengan keseringan mandi di saat mulai jatuh bulu, atau perubahan pemberian EF yang malah lebih banyak dari saat sebelum MB mulai mabung.......,
sebenarnya yang tau pasti rawatannya dulu ya om Edy, saya hanya anak kecil yang baru belajar & menganalisa MB.
kalopun sekarang MB tersebut tetap mau bunyi saya yakin BELUM akan sampai maksimal seperti saat sebelum mabung,& untuk sekarang bulu2 yang lain gimana om, ekor misalnya sudah tumbuh sempurna?
Tapi sing penting tetap sabar Om, sesabar MB yang sampai 7 tahun masih tetap menemani Om Edy, mudah-mudahan segera tuntas rontok & tumbuh bulu-bulu muda secara sempurna, hingga MB njenengan dapat mencapai top perform yang lebih baik dari sebelum mabung............
( iki po sing tak delok waktu aq ke Lhokseumawe ndisek?? suwe buangettt???)

hawks
27 September 2007, 09:13 AM
betul Om... itu yang pernah Om liat.....:( malah tadi pagi waktu aku mo kasih jangkrik tak liat ada lagi 2 helai bulu yg jatuh...:(( :((

kayanya bukan bulu tua Om... sampai skrg aku masih full kerodong... selama gi dorong bulu 1 minggu sekali aku mandiin di kerambah...

selama mabung ini lom pernah aku trek...klu ekornya skrg udah 1/2 yg keluar...

trus aku harus gimana ya Om... capek dechhh....

Joe
27 September 2007, 09:41 AM
om Eddy, tetap full kerodong aja, EF kroto n jangkrik jalan terus,,,,

perlakukan aja seperti biasa, kalo bisa ditaruh ditempat yang tenang sampai ga ada bulu yang jatuh lagi, masih stress kali om...

hawks
27 September 2007, 11:42 AM
tks Om joe....

johanespek
29 September 2007, 10:43 AM
betul Om... itu yang pernah Om liat.....:( malah tadi pagi waktu aku mo kasih jangkrik tak liat ada lagi 2 helai bulu yg jatuh...:(( :((

kayanya bukan bulu tua Om... sampai skrg aku masih full kerodong... selama gi dorong bulu 1 minggu sekali aku mandiin di kerambah...

selama mabung ini lom pernah aku trek...klu ekornya skrg udah 1/2 yg keluar...

trus aku harus gimana ya Om... capek dechhh....

wahhh untuk gampangnya boleh dipindah ke samarinda aja om hehehehhee.... sori om bercanda.......
sudah pernah dicoba kasih cacing om?????
kalau pemikiran saya burung bulunya rontok itu kalau kurang vitamin/ asupan makanan(gizi) atau kepanasan...
dalam hal ini cacing gizinya terbilang cukup tinggi dan sifatnya cukup dingin..... ini sekedar saran aja ommm kalau setuju boleh di coba tuh om
cacing setiap pagi 1 ekor aja .........mudah mudahan cocok....:>