PDA

View Full Version : Gimana Cara Mengembalikan Suara MB yang dari stress berat



r_1jal
25 September 2007, 08:10 PM
Mohon bantuan om-om KM'er, gimana cara untuk merawat MB yang baru sembuh dari stress berat. Saya baru dapat MB katanya sih stress berat karena mungkin salah perawatan. Tuch MB bagus banget kalo melihat body nya, tapi suara bener-bener sudah habis.8-}

herryaceh
25 September 2007, 08:34 PM
Salam kenal Om Rijal,

Menurut saya, sebaiknya tuch MB diisolasi dulu, artinya diasingkan dulu dari suara-suara burung lain.
Kalau bisa rawat dengan pola yang benar, yaitu mandi jemur teratur dan EF juga teratur.

Setelah itu coba dekatkan dengan MB betina, untuk memancing MB tsb mau berbunyi.
Jangan dulu ditrack sampai anda yakin MB tsb sudah dalam keadaan normal dan juga kondisinya on fire.

mahdi dzaqi
25 September 2007, 08:41 PM
Salam Kenal Om R1jal..
Stres berat krn salah perawatan..!? maksudnya gimana nih om..

Tapi kalo gak salah MB yg Stres udah pernah ditanya dan dibahas om, tp saya lupa thread yg mana.. mungkin rekan KM'ers ada yg tau linknya.
Sabar ya om R1jal, ntar lagi rekan KM'ers juga pasti bantu.. om ga bakal nyesel deh gabung KM.. hehehe..

mahdi dzaqi
25 September 2007, 08:44 PM
tuh kan om.. sy lg ketak ketik udah keduluan post nya Om HA masuk..
lanjut pir..

herryaceh
25 September 2007, 09:03 PM
Btw, bagaimana dengan kondisi MBnya Om Mahdi...?
Mungkin Om Mahdi juga bisa berbagi pengalaman dengan Om Rijal yang ada di Lampung.

Kan forum ini selain untuk menjalin persahabatan, juga untuk berbagi pengetahuan, informasi dan pengalaman.

mahdi dzaqi
25 September 2007, 09:30 PM
Btw, bagaimana dengan kondisi MBnya Om Mahdi...?
Mungkin Om Mahdi juga bisa berbagi pengalaman dengan Om Rijal yang ada di Lampung.

Kan forum ini selain untuk menjalin persahabatan, juga untuk berbagi pengetahuan, informasi dan pengalaman.

MB trotol bulu dadanya udah oren om HA.. udah rajin ngeriwik jg dan sekali2 ngeplong kalo subuh. totol dikit lagi tinggal yg melingkar di sayap sama di bagian kepalanya.. cuman ekornya rusak parah pecah2 gak keruan.!?
Perawatan standar aja om mandi, jemur, EF kroto tiap hari 1sdk mkn + jangkrik (5pagi 5sore), kerodong kalo malam, sambil puterin CD SM.. mudah2an bs jd MB bagoes lah...
btw.. trims om attent nya, MB trotol sy jd gak salah rawatan..

herryaceh
25 September 2007, 09:45 PM
Om Mahdi, menurut saya EFnya berlebihan tuch untuk seekor trotolan.
Coba ganti polanya, di mana jangkrik cukup pagi 3 sore 3, dan kroto sebaiknya seminggu cukup 2 kali sebanyak 1 sendok.

MB yang terlalu sering mengkonsumsi kroto akan mudah birahi dan cenderung bulunya cepat kusam dan sukar sekali rontok pas pada waktunya.
Selain itu, EF yang berlebihan akan menyebakan MB menjadi gemuk dan lamban, serta jarang atau bahkan enggan mengkonsumsi voer.

Pada saat akan dilombakan barulah settingan EFnya ditingkatkan secara bertahap, dan setelah itu kembalikan ke kondisi normal.

mahdi dzaqi
25 September 2007, 10:08 PM
Om r1zal saya bantu dikit aja yach.. dikit krn ilmu sy soal MB msh NOL om dan sy mau jg baru belajar di forum ini.

MB nya dikerodong double aja om biar benar2 tenang, dan jauhkan dulu dari suara burung2 yg memancing keluarnya sifat fighter si MB.
Kerodong dibuka bila kasih makan+minum dan bersihkan sangkar saja, dan bukanya sedikit saja supaya tdk kaget+keganggu.
Usahakan jg terlalu sering pegang kandangnya, pabila sudah mau ngeriwik lagi dan MB terlihat sehat dan segar.. pancing deh om dgn MB betina seperti yg OM HA bilang supaya mau berbunyi. Selama proses tetap kasih EF teratur om..

mahdi dzaqi
25 September 2007, 10:12 PM
Om Mahdi, menurut saya EFnya berlebihan tuch untuk seekor trotolan.
Coba ganti polanya, di mana jangkrik cukup pagi 3 sore 3, dan kroto sebaiknya seminggu cukup 2 kali sebanyak 1 sendok.

MB yang terlalu sering mengkonsumsi kroto akan mudah birahi dan cenderung bulunya cepat kusam dan sukar sekali rontok pas pada waktunya.
Selain itu, EF yang berlebihan akan menyebakan MB menjadi gemuk dan lamban, serta jarang atau bahkan enggan mengkonsumsi voer.

Pada saat akan dilombakan barulah settingan EFnya ditingkatkan secara bertahap, dan setelah itu kembalikan ke kondisi normal.

Pantasan Om HA bulunya terlihat kusam sekali dan ekor ujungnya pecah2..
makasih om..

mahdi dzaqi
25 September 2007, 10:35 PM
O iya Om R1zal proses pengembalian MB (burung pd umumnya) yg stres apalagi stres berat seperti MB nya Om R1zal biasanya bisa makan waktu yg cukup lama, kuncinya ya harus SABAR Om..

Blank-24
26 September 2007, 01:08 AM
Sabar... sabaaaaar.... sabaaaaaaarrrrrr...
Org sabar disayang Tuhan dan diberikan MB hilang stresnya...

L.eko.prabowo
26 September 2007, 10:57 AM
He.....he.....

Emang orang sabar itu pahalanya gedhe ya om....Salah satunya bisa buat MB Stress pasti jadi moncer lagi, hua....ha....PASTINYA !!!!

Btw om Herry, saya baru tahu lho soal masalah kalo kelebihan EF untuk MB...apalagi soal pemberian kroto tiap hari itu.... Dapat buat bulu kusam....
Karena selama ini burung piaraan saya (Non MB) kroto itu pakan wajib tiap ari pak......... N bulunya sih baik baik aja....Tapi MB beda tho pak....
Terima kasih buat wangsitnya pak herry...
Serta saya doakan semoga MB Om Rijal.....cepat JOS ;)

Salam hormat,
Lukas Eko Prabowo

johanespek
28 September 2007, 06:23 PM
Mohon bantuan om-om KM'er, gimana cara untuk merawat MB yang baru sembuh dari stress berat. Saya baru dapat MB katanya sih stress berat karena mungkin salah perawatan. Tuch MB bagus banget kalo melihat body nya, tapi suara bener-bener sudah habis.8-}

om r_1jal MBnya suaranya habis itu gak mau bunyi atau mau bunyi tp tdk keluar suaranya?????
kalau gak mau bunyi sih gampang om... sendirikan dulu jangan dekatkan burung lain. sebisa mungkin dengarkan suara gemericik air...
ef diberikan seperti biasa dan pagi hari kalau bisa di embunkan samil dikasih jangkrik 2 ekor.....setelah MB kejemur +- stgh jam dimandikan dan kembali dijemur lagi sambil kasih jangkrik 3 ekor dan kroto 1 sdm. biarkan MB kejemur kira2 1 jam aja. setelah di teduhkan sekitar stgh jam MB kembali dikerodong dan taruh di dekat sura gemericik air lagi...... sore di buka kerodong sambil diberi jangkrik lagi 2 ekor. dengan treatment seperti itu banyak MB stress yg bs sembuh omm.....
tapi kalau MB tersebut mau bunyi tapi tdk keluar suaranya..... coba MB tersebut di masukkan kandang umbaran untuk minumnya diberikan larutan penyegar..... dan ef diganti cacing aja ....... tanpa voer diberikan kroto segar yg sudah dibersihkan dari semut. tapi biasanya penyembuhannya memakan waktu yang lama sekali. dan perlu katelatenan yang luar biasa....

nah itu sekedar sharing dari saya yg pemula ini.... mohon para pakar kalau sharing saya ada yg salah di koreksi....:P :P