PDA

View Full Version : latihan MB muda hutan saya!



rikardo78
24 September 2007, 02:48 PM
Berikut adalah kegiatan yang saya lakukan selama ini untuk MB saya. Mohon petunjuk dari senior apakah kegiatan ini memang bermanfaat ato malah tidak sama sekali.

1. Sekitar jam 8 pagi MB dianginkan dulu.
2. satu jam Kemudian saya jemur. berhubung Mb nya masih muda, dia ngak tahan dijemur lebih dari 10 menit. (terutama saat cuaca agak panas). untuk menyiasatinya saya pake trik berikut :
- saat Mb-nya mulai mangap, saya percikan air 3-4 kali percikan. biasanya si Mb ngak mangap lagi. teruskan penjemuran. kalo dia mangap lagi, percik lagi. demikian seterusnya sampai berlangsung selama 1 jam.
3. Setelah agak tenang baru dimasukin kandang mandi.
4. selesai mandi saya kasih EF
5. setelah kering baru saya angkat ketempat teduh.
6. selanjutnya workout:
berhubung saya ngak punya kandang umbaran, maka trik yang saya lakukan adalah :
saya masukin salah satu tangan kedalam kandang. seolah-olah ingin menangkap tu MB. otomatis si Mb akan menghindar. ikuti aja kemana si Mb bergerak. lakukan sampai si MB ngos-ngosan. trus istirahat sebentar. kalo nafasnya udh mulai teratur, ulangi lagi, tapi kali ini dengan waktu yang lebih lama dibanding sebelumnya.
7. selesai workout saya kasih EF lagi.
8. Beri multimitamin
9. selanjutnya kerodong ampe sore.

ron
24 September 2007, 03:31 PM
salam kenal om rikardo...

kl blh tau brapa lama tuh MB udah om rawat ??
kl baru 1 bulan kurang, mnrt saya rawatan om rikardo terlalu ekstrem n menyeramkan hehe....

Mnrt saya :
1. Lbh baik pagi setelah dianginkan, langsung dimandikan n dilanjtkan dengan dijemur. (kl saya yg ga sempat mandiin tiap hari diakalin dgn naruh cepuk di kandangnya, jadi dijemur ampe jam 11 pun kl dia kepanasan bisa mandi sendiri)
2. Ga perlu dimasukkan tangan buat ngobok2 MB nya om....
Bukannya sehat tuh MB tp malah stress hehehe....
Udah biarin aja kl ga punya kandang umbaran, jemur kuat aja....

niceguy
24 September 2007, 04:41 PM
- mandi jemur ikutin di alam, mandi dulu baru jemur,, atau sbaliknya jg gpp terserah,,,
- jemur sekuatnya,, 10 mnt jg gpp, toh itu batas ketahanan burung,, kelebihan jemur berakibat, bulu kering/pecah-2,, yg parah pita suara rusak.
- EF,, dikit aja tp teratur.
- latihan di sangkar ? itu mah bikin stress,, MB akan trauma lihat manusia nanti, jadi di stop aja latihan model itu.


semoga berguna

lani1
24 September 2007, 05:36 PM
om Wil bukannya makin lama dijemur makin okeh tuh? ;)

niceguy
24 September 2007, 06:47 PM
om Wil bukannya makin lama dijemur makin okeh tuh? ;)

tp sesuai dengan daya tahan burung dong,,,dilatih naik bertahap sampe kuat 3-4 jam...

btw,, burung muda gak usah lah di paksa jemur lama-2,, tar aja kalo uda dewasa

L.eko.prabowo
24 September 2007, 06:51 PM
Salam kenal Bung Willy dan rekan-rekan...

Iyak sih, saya juga melakukan penjemuran untuk burung burung di rumah bertahap.....tapi....
Kira kira burung dewasa itu ancer ancernya kalo udah 1 tahun gitu ya.....


Salam,
Lukas Eko Prabowo

niceguy
24 September 2007, 07:17 PM
kalo sudah rajin berkicau

setelah mabung sekali

simien99
24 September 2007, 07:37 PM
Lain orang, lain juga perawatannya betul gak om, hehehe..
Yah semoga aja MBnya gak stress om....
salam kenal om dari saya tq

niceguy
24 September 2007, 11:27 PM
Salam kenal Bung Willy dan rekan-rekan...

Iyak sih, saya juga melakukan penjemuran untuk burung burung di rumah bertahap.....tapi....
Kira kira burung dewasa itu ancer ancernya kalo udah 1 tahun gitu ya.....


Salam,
Lukas Eko Prabowo

met kenal juga om,, aneh ya,, om L kerumaah ane tp ane gak ada dirumah hahahaha,,, semoga gak kapok om.

kalo mau jemur burung,, didepan rumah saya om,, pasti puas,, sampe sore kena matahari jg

Blank-24
25 September 2007, 12:06 AM
Om Ricardo78... MBnya jangan diobok2 Om... ntar mlempem lho....

L.eko.prabowo
26 September 2007, 08:53 AM
Dear Om Willy ;)
He...he....
Iya nih.....Saya kagum sekali ama burung burung om Willy......

Mantep mantep.....
Sabtu ini moga moga saya bisa kesana ama Om Refddy.....

Btw, anjingnya keren juga om....
Saya juga ada 1 di rumah, he......he.....

Penasaran ama MB Om willy....
Kemarin kedengeran suaranya......PATEN KALI ;)

Salam,
Lukas Eko Prabowo

niceguy
26 September 2007, 02:37 PM
Dear Om Willy ;)
He...he....
Iya nih.....Saya kagum sekali ama burung burung om Willy......

Mantep mantep.....
Sabtu ini moga moga saya bisa kesana ama Om Refddy.....

Btw, anjingnya keren juga om....
Saya juga ada 1 di rumah, he......he.....

Penasaran ama MB Om willy....
Kemarin kedengeran suaranya......PATEN KALI ;)

Salam,
Lukas Eko Prabowo

kagum karena banyaknya aja ya ? hehehe kualitas mah kalah deh sama burung om LEP...
tp kalo mau trek MB muda,, boleh lah sabtu dibawa,,, max usia 2 thn ya,, karena dirumah saya MB nya gak ada yg diatas 2 thn.... hehehehe jangan bawa MB tua,,, bisa keok MB saya,,, hehehehe,,,

rikardo78
26 September 2007, 03:32 PM
sama saya tuh burung udh 5 bln. perkiraan umur sih 1 tahunan gitulah. emang awalnya saya juga ragu ngobok-ngboknya hehhe.. tp tuh MB trmasuk bandel juga. malahan dia brani matuk tangan saya (mgnkn krn emosi ato udh kecapeaan kali ya :)).

tpi saya akan perhatikan masukan om-om semua. akan saya kurangin deh ngobok-ngoboknya :).

reinhart.rajagukguk
27 September 2007, 12:45 PM
Dear Om Rikardo,

Aku jadi inget MB nya Om Romelan, udh diobok obok berani matuk tangan eghhh bunyi lageeeee.

Maaf kalau OOT...Pa Kabar Om Wawan...

MB Hood
Reinheart M Rajagukguk

rikardo78
28 September 2007, 01:51 PM
Dear Om Rikardo,

Aku jadi inget MB nya Om Romelan, udh diobok obok berani matuk tangan eghhh bunyi lageeeee.

Maaf kalau OOT...Pa Kabar Om Wawan...

MB Hood
Reinheart M Rajagukguk

Dear om reinheart
Kalo MB saya sih, cuma brani matok aja, bunyi sih nggak. hari2nya jg memang blm terlalu byk bunyi. Mudah-mudahan MB nya memang punya mental bagus.

Dari pengamatan saya setelah train satu bln ini, suara MB saya udh makin panjang dan keras.

Sekedar info juga : kemaren MB-nya saya jemur di pohon depan rumah, ngak taunya ada kucing. trus si kucing nerkam sangkar MB sampe jatuh ke lantai. Beruntung saya sigap. kalo ngak tuh MB udah jadi santapan kucing. Dan yang buat saya senag. Tuh MB ngak nunjukin perubahan apa-apa. seolah kejadiannya ngak pernah terjadi. Maaf kalo OOT:)

johanespek
29 September 2007, 09:53 AM
model rawatan pakai di obok2 untuk MB menurut saya sah2 aja .
asal emang MB yang kita rawat mentalnya ok. trik ini jg saya pakai untuk merawat MB saya si "JOBE" malah kadang untuk mengobok oboknya saya sampai kira2 setengah jam hehehe hasilnya lumayan lahhh waktu umur masih 1,5 th sempat moncer di latber balaikambang solo di peringkat 2.
untuk penjemuran yang pakai di percikin air ini yg saya agak ragu..... takutnya malah berpengaruh terhadap kesehatan burung.
mending burung di jemur di tempat yang sebagian ada tempat berteduhnya sehingga MB tersebut bisa berteduh kalau kepanasan.....lama2 pasti akan tahan terhadap panas matahari......
selamat menikmati kicauan MB om.....