PDA

View Full Version : Mohon saran treatment MB di daerah dingin



r_1jal
19 September 2007, 08:24 AM
Om mohon petunjuknya negh...8->
Gimana pemeliharaan untuk MB di daerah dingin, apalagi ditambah musim hujan. Saya tinggal di Liwa Lampung Barat yang memang daerahnya dingin dan dikelilingi gunung didekat Danau Ranau.

Tengkyu atas saran yang diberikan.:)>-

niceguy
19 September 2007, 08:58 AM
daerah dingin,, yg ditakuti angin dingin yg berhembus..

kalo saya sih :

- MB di krodong selalu,, kecuali ditaro di Indoor.
- mandi cuma kalo ada matahari, sehingga bisa langsung jemur
- jemur selama ada matahari.. minimal 1 jam sehari.
- EF diberikan teratur,, kroto dan jangkrik,,

overall,, MB gak terlalu repot kok ngurusnya.
asal jangan kena angin malam yg dingin aja,
saya malah yakin di daerah itu MB jadi bagus,, kan alami.
coba deh piara AM, pasti tokcer juga.

salam

aquciliq
19 September 2007, 10:55 AM
Om Jal, saya yakin didaerah Om di Ranau yang memang terkenal beriklim dingin masih banyak Mb di alamnya?
saya kira kalo MB yang di Om Jal memang berasal dari daerah yang sama ga masalah Om, jangan terlalu ekstrem selalu mengkrodong MB ( kecuali bila musim angin kencang, & malam jika MB ditaruh luar )
Kalo masalah mandinya MB, bisa dilihat kemauan MBnya sendiri, krn rata-rata MB daerah dingin emang lebih suka main air.., tapi jangan dipaksa, kalo mau masuk keramba & mandi...ya biarkan aja,walopun musim hujan.
Yang perlu diperhatikan adalah pemberian EFnya, saran saya lebih baik om melakukan seperti kebiasaan orang2 yang memelihara MB didaerah Om Jal..., karena tiap daerah saya yakin memiliki kebiasaan yang berbeda, terutama soal pemberian EFnya...
Di alamnya, MB cenderung mencari makanan yang dia rasa mampu menghangatkan tubuhnya saat musim dingin, mungkin dengan serangga atau ulat...jadi saran saya, kalo masih gampang menemukan belalang sebaiknya porsinya ditambah dibanding bila tidak musim hujan, atau dengan ulat kandang atau UH (kalo ada)...
Saran terakhir nich Om, konsultasikan dengan rekan-rekan yang "pengalaman" peliara MB didaerah Om Ijal ( Ranau & sekitarnya yg beriklim dingin)....saya rasa itu tetap yang terbaik, kecuali kalo MB untuk lomba!!
Monggo rekan-rekan dilanjut...mohon maaf bila kurang berkenan..

r_1jal
19 September 2007, 07:52 PM
Waduh thanks banget saran dari Om niceguy dan Om ramoelan, berguna sekali untuk saya dan teman-teman yang lain khususnya penyuka MB di daerah beriklim dingin. Kalo ada saran atau pengalaman dari Om-Om lain ditunggu selalu ya kabarnya ....

herryaceh
19 September 2007, 11:07 PM
Di NAD ada juga habitat MB yang berhawa dingin, tepatnya di daerah Takengon Aceh Tengah.

Selama itu MB dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan setempat, saya yakin nggak ada masalah, karena pegunungan tinggi yang behawa dingin juga tempat yang pas untuk habitat MB.

L-4444-LY
20 September 2007, 12:15 PM
mungkin perlu EF agak banyak supaya bs menghangatkan tubuh

42d3e78f26a4b20d412==