PDA

View Full Version : Jenis MB mana ??



ARDea
27 August 2007, 05:33 AM
Salam rekan2 KM,...

Mohon pencerahan dari rekan2 semua, 1 bln yang lalu saya membeli trotolan MB di salah satu penangkar, info yg saya dapat dari penangkarnya indukannya semua MB medan. Pada awalnya bulu ekornya yg warna putih, semua ngeblok putih, tetapi saat ini bulu ekor yg warna putih bagian pangkalnya berubah jadi hitam. Warna hitamnya sudah menyebar hampir 70 % dari bulu yg berwarna putih, apa kemungkinan MB saya termasuk MB Aceh ??

Thank's.

Ronny
27 August 2007, 05:46 AM
Mungkin...
Semua itu mungkin, apa di dunia ini yg ga mungkin ? he..he..he..
Rawat aja yg baik om, apalagi dr trotol...
Tapi mana potonya ?

ARDea
27 August 2007, 05:53 AM
Fotonya yg aku pake avatar itu om.

sh
27 August 2007, 06:17 AM
Semua orang akan bilang MB 'Medan', krn memang itu istilah yg dipakai sejak lama.
Tapi meskipun kalau memang MB Om Ardea adalah MB Aceh, jangan kecil hati Om, MB Aceh tidak kalah mutunya dgn MB 'Medan'.
Typical fisiknya hampir sama kok, dan masih satu kawasan area Pegunungan Leuser.
Secara umum MB 'Medan' = MB Aceh.
MB saya bukan Medan Om, tapi Edan!!!!

ARDea
27 August 2007, 06:22 AM
Ini foto waktu msh umur 1 bln, ekor yg warna putih masih polos.
http://www.kicaumania.org/forums/gallery/data/500/medium/Pegassus_01.JPG

http://www.kicaumania.org/forums/gallery/data/500/medium/Pegassus_ku.JPG

Selanjutnya untuk foto yg bulu ekornya sudah mulai berubah berwarna hitam akan saya update.

sh
27 August 2007, 06:31 AM
he he he he he .......itu jelas jelas MB 'Medan' Om, sama dgn MB MB saya yang aseli Aceh alias NAD.
Saya lebih suka MB Edan drpd MB Medan.

Mustika Areffa
27 August 2007, 08:28 AM
setuju dgn pendapat om SH, semoga MB nya bisa jadi MB preman tuh.
klo saya pribadi gak peduli MB asli mana yg penting moncer.

sh
27 August 2007, 08:30 AM
Dear Om Areffa, itu baru benar!

sh
27 August 2007, 08:32 AM
Sebab begini Om:
Di daerah yg konon MB nya kurang bagus, pasti ada yg isimewa.
Di daerah yg konon MB nya bagus2, pasti banyak pula yg mbegog!

Mustika Areffa
27 August 2007, 08:40 AM
Sebab begini Om:
Di daerah yg konon MB nya kurang bagus, pasti ada yg isimewa.
Di daerah yg konon MB nya bagus2, pasti banyak pula yg mbegog!
ini juga benar om ;)

sh
27 August 2007, 08:43 AM
MB Aceh sudah mulai merajai kelas2 lomba Om.
Cuman biar nggak banyak pertanyaan, orang sebut saja MB 'Medan'.
Saran saya cuma satu :
CARILAH MB EDAN!

ANGGA NAS-GOR
27 August 2007, 03:24 PM
weeeaakkhhh...............MB edan........??????

MB apa tuh................???? mau om kalo ada
om SH MB nya edan semua ya.....................bukan medan ya........?

(oOT) dikit boz......

sh
27 August 2007, 04:06 PM
ya bos Edan dan setengah edan, nggak ada yg waras Om Batang X Cute.
Jadi saya sekarang cari jenis MBEDAN saja.

herryaceh
27 August 2007, 06:11 PM
Salam rekan2 KM,...

Mohon pencerahan dari rekan2 semua, 1 bln yang lalu saya membeli trotolan MB di salah satu penangkar, info yg saya dapat dari penangkarnya indukannya semua MB medan. Pada awalnya bulu ekornya yg warna putih, semua ngeblok putih, tetapi saat ini bulu ekor yg warna putih bagian pangkalnya berubah jadi hitam. Warna hitamnya sudah menyebar hampir 70 % dari bulu yg berwarna putih, apa kemungkinan MB saya termasuk MB Aceh ??

Thank's.

Sekedar memberikan info buat Om Ardea, sebagian besar MB yang masuk ke Malang adalah MB dari NAD.
MB-MB ini dipasok oleh kawan saya yang bernama AAN dan IRWAN, mereka adalah anggota TNI yang bertugas di NAD.

Khusus untuk ekor putih, perlu Om Ardea ketahui, ragamnya banyak sekali, ada yang dari pangkal sampai ujung putih semua, ada yang setengah putihnya dan ada yang putihnya pendek dan ada yang ekor putihnya panjang.
Itu tidak jadi masalah, asal MBnya mau main dan berkicau dengan variasi dan suara keras, pasti MBnya akan jadi rebutan.

simien99
27 August 2007, 06:18 PM
MB Aceh sudah mulai merajai kelas2 lomba Om.
Cuman biar nggak banyak pertanyaan, orang sebut saja MB 'Medan'.
Saran saya cuma satu :
CARILAH MB EDAN!

MB EDAN = memang TOP....
asal jangan orangnya, ikut - ikutan edan :)) :))
MB EDAN kalau gak edan gak kebagian...
Ampyun.... om, bercanda...
kaburrrrrr........

sh
27 August 2007, 07:47 PM
Mau yg ring kek, yg non ring kek yang penting MB EDAN pasti mantap Om Simien99.

Blank-24
28 August 2007, 12:54 AM
MB yg bagus Om Ardea, kaki hitam... banyak dicari dan susah didapat.
Dengan perawatan yg baik akan menghasilkan kicauan yg hebat om...

Andhi Istyawan
28 August 2007, 08:18 AM
Semua orang akan bilang MB 'Medan', krn memang itu istilah yg dipakai sejak lama.
Tapi meskipun kalau memang MB Om Ardea adalah MB Aceh, jangan kecil hati Om, MB Aceh tidak kalah mutunya dgn MB 'Medan'.
Typical fisiknya hampir sama kok, dan masih satu kawasan area Pegunungan Leuser.
Secara umum MB 'Medan' = MB Aceh.
MB saya bukan Medan Om, tapi Edan!!!!

Betul Bang SH...
Saya kira dikotomi Murai Medan atau Murai Aceh cukup menyesatkan he he...
Seakan hanya perang dagang saja. Kalau itu kajian silsilah sih tidak apa-apa tapi kalau ada diskriminasi strata ya gak adil.
Memang yang penting itu Murai Harus Edan, baru bisa juara...^:)^

ARYA
28 August 2007, 12:03 PM
Betul Bang SH...
Saya kira dikotomi Murai Medan atau Murai Aceh cukup menyesatkan he he...
Seakan hanya perang dagang saja. Kalau itu kajian silsilah sih tidak apa-apa tapi kalau ada diskriminasi strata ya gak adil.
Memang yang penting itu Murai Harus Edan, baru bisa juara...^:)^

setuuuujjuuuu,....lagian siapa yang tau pasti ciri fisik medan, aceh ato lampung. kalo cuman besar/kecil, panjang/pendek ekor kayaknya masing2 daerah itu ada. kalo dari daerah tangkapan, burung khan punya sayap bisa terbang kemana2.
yang penting edan, jalan di gantang, dan isian, volume ueeedan...:)) :)) :))

ARDea
30 August 2007, 02:48 PM
Ok, kl gitu akan saya rawat MB ini dengan benar2 biar kelak bisa jadi "MB Preman"/"MB Bromocorah" sekalian.

ANGGA NAS-GOR
30 August 2007, 03:13 PM
betul om....ardea..saya doakan....semoga kelak moncerrrrr.......

dan kadang saya merasa risih atau gimana gitu.......setiaap MB yg berekor panjang mesti dikatakan MB medan.....padahal dari sekian ....banyak kemers disini saya tanya apakah pernah melihat bentuk fisik dari MB medan yang asli???asli medan lho...........

TANGEH NGGO LAMOEN...iso ndelok MB medan.....wong MBnya pada hijrah....nggak tau kemana??????? ngikutin jejak ROSUl...

sh
30 August 2007, 03:13 PM
Yang jadi masalah : Edan adalah sifat, tidak bisa dibentuk Om.
Kalau dasarnya Edan ya tetap Edan, tapi kalau nggak Edan, ya paling2 cuma nagen doang sambil bunyi2 dgn posisi standar atau manthuk2/macul2 doang.
Mudah2an MB Om Ardea adalah MB Edan!