PDA

View Full Version : Mohon masukan... MB pasca mabung suaranya gak plong



reo
1 November 2012, 12:59 AM
Mohon tips dan masukan dari para suhu. MB saya setelah mabung volume suaranya kok kecil ya ga seperti wkt sebelum mabung? (bukan ngeriwik).

cj
1 November 2012, 02:05 AM
Om, biasanya setelah mabung begitu, masih ada lendir ... coba belikan obat NAFA-1 saja ... dan kaish larutan penyegar.

salam

N03L
2 November 2012, 07:19 AM
boleh jg ditambah multivitamin untuk membantu mempercepat pemulihan kondisi........

ario.hidayat
2 November 2012, 09:52 AM
kasus nya sama nih om sama MB dirumah, dirumah hanya ngriwik kasar terus tapi belum mau ngeplong2 nya...gimana ya om supaya ngerangsang dia mau ngeplongnya,,?


Om, biasanya setelah mabung begitu, masih ada lendir ... coba belikan obat NAFA-1 saja ... dan kaish larutan penyegar.

salam

obat NAFA-1 itu apa om?

davi 0423
2 November 2012, 11:46 AM
ijin nyimak om....

rifqie
2 November 2012, 11:35 PM
betul kata om CJ, kasus ini banyak terjadi pd mb kelar mabung, biasanya volume masih kecil dan sering juga terdengar agak serak akibat lendir berlebihan di saluran pernafasan.

bisa dicoba saran om CJ dan om Noel tuh, rawat aja secara telaten dan mulai jemur bertahap ... jgn gatal buat nge-trek MB, karena bisa memperlambat proses pemulihan.

btw, pd mabung yg baru lewat saya mencoba memberi Extra Fit Kicau Plus, sekitar 1 bulan sudah pulih sperti sedia kala.


obat NAFA-1 itu apa om?

maksudnya "NAFAS-1" om, obat utk mengatasi permasalahan di sistem respirasi burung kicauan.

salam.

reo
18 November 2012, 08:24 AM
"NAFAS-1" itu merek obatnya ya Om...?

rifqie
18 November 2012, 11:44 PM
"NAFAS-1" itu merek obatnya ya Om...?

betul om ... itu salah satu obat utk gangguan sistem pernafasan burung kicauan.

salam.

Tri Top
21 November 2012, 03:08 PM
Baru tadi beli obat NAFAS 1 untuk perkutut, kenari dan ocehan produksi dr edi boedi santoso MP...kira2 betul kah itu dia obatnya?
Kegunaan : mengatasi gangguan pernafasan berupa pilek, cekreh-cekreh, batuk, asma, volume mengecil/hilang, suara serak dan lagu pendek2.
cara pemakaian : teteskan obat di KULIT bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung sekali saja pada malam hari. kenari/ocehan 2 tetes, perkutut 4tetes
yang saya mau tanyakan : untuk murai batu berapa tetes nya om? trus diteteskan dikulit bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung, maksudnya itu dileher bagian atasnya ya om?atau bagaimana?mohon saran dan petunjuknya.

---------- Post added at 02:08 PM ---------- Previous post was at 02:05 PM ----------

oh iya satu lagi om... ane kan kadang2 suka ga tega kalo nangkep burung...boleh ga kalo ditetesin di air minum atau dipakannya? terima kasih atas sarannya

leo_andrie
27 November 2012, 10:55 AM
Baru tadi beli obat NAFAS 1 untuk perkutut, kenari dan ocehan produksi dr edi boedi santoso MP...kira2 betul kah itu dia obatnya?
Kegunaan : mengatasi gangguan pernafasan berupa pilek, cekreh-cekreh, batuk, asma, volume mengecil/hilang, suara serak dan lagu pendek2.
cara pemakaian : teteskan obat di KULIT bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung sekali saja pada malam hari. kenari/ocehan 2 tetes, perkutut 4tetes
yang saya mau tanyakan : untuk murai batu berapa tetes nya om? trus diteteskan dikulit bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung, maksudnya itu dileher bagian atasnya ya om?atau bagaimana?mohon saran dan petunjuknya.

---------- Post added at 02:08 PM ---------- Previous post was at 02:05 PM ----------

oh iya satu lagi om... ane kan kadang2 suka ga tega kalo nangkep burung...boleh ga kalo ditetesin di air minum atau dipakannya? terima kasih atas sarannya

gak masalah !!! bisa lewat air minum atau jangkrik dioles atau jangkrik disuntik dsb bisa menggunakan media EF yang lain UH misalnya ... yang penting obat terminum oleh burung....

rifqie
27 November 2012, 10:14 PM
Baru tadi beli obat NAFAS 1 untuk perkutut, kenari dan ocehan produksi dr edi boedi santoso MP...kira2 betul kah itu dia obatnya?
Kegunaan : mengatasi gangguan pernafasan berupa pilek, cekreh-cekreh, batuk, asma, volume mengecil/hilang, suara serak dan lagu pendek2.
cara pemakaian : teteskan obat di KULIT bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung sekali saja pada malam hari. kenari/ocehan 2 tetes, perkutut 4tetes
yang saya mau tanyakan : untuk murai batu berapa tetes nya om? trus diteteskan dikulit bagian tengkuk perbatasan antara leher dan punggung, maksudnya itu dileher bagian atasnya ya om?atau bagaimana?mohon saran dan petunjuknya.

---------- Post added at 02:08 PM ---------- Previous post was at 02:05 PM ----------

oh iya satu lagi om... ane kan kadang2 suka ga tega kalo nangkep burung...boleh ga kalo ditetesin di air minum atau dipakannya? terima kasih atas sarannya

maaf saya koreksi ya om Leo

obat NAFAS 1 dari dr Edy jgn sampai ter-makan oleh MB dan memang harus dioleskan ditengkuk sesuai dg anjuran ... fungsinya utk mengatasi gangguan pd syrinx dan kantong udara.

utk yg oral bisa gunakan NAFAS 2 juga dari dr Edy.

salam.

Tri Top
28 November 2012, 02:28 PM
Iya OM Rifqie,belum dipakai koq obatnya masih disegel...
dan tengkuk burung tuh dimananya sih?susah ngebedain tengkuk burung,berdekatan sama leher..

rifqie
28 November 2012, 02:58 PM
batas antara leher dg badan/punggung, di situ posisi syrinx.

sebaiknya aplikasikan pd malam hari, setelah dioles/diteteskan langsung dikrodong.

salam.

marmoz
15 December 2012, 11:06 AM
gak masalah !!! bisa lewat air minum atau jangkrik dioles atau jangkrik disuntik dsb bisa menggunakan media EF yang lain UH misalnya ... yang penting obat terminum oleh burung....

cocok om leo andrie.......baik pakai jangkrik glonggongan (disuntik) jelas pasti masuknya,klo pakai air minum ga begitu efektif coz manuk mb jarang sekali dia minum,atau klo mau pakai media minum sebaiknya mb saat pagi dijemur mpe jam 10an ga usah dikasih minum alias puasa.......begitu dikasih minum tar dia langsung nyosroooop........

cj
15 December 2012, 12:05 PM
Kalau belum berhasil,ada cara extrim, nanti sy aksih masukan. berbahaya soalnya.

salam

Tri Top
16 December 2012, 03:44 PM
trus kira2 yang bener yang mana nih? pendapatnya om leo apa om rifqi?
duh jadi cenat cenut....
kemaren udah tak tetesi....kayanya ga ngaruh tuh...
butuh tips lagi nih dari suhu

Hendy Yap
22 December 2012, 03:02 PM
Wah...sama neh..MB sy jg ada yg bgini neh skrng....Mluncurrr ke kios burung dulu ah.......:scooter:.

Cak Soel
26 December 2012, 09:22 AM
Beres mabung dah brapa lama om?...

Hendy Yap
26 December 2012, 06:32 PM
MB sy berangsur-angsur pulih dr serak nya,stlh sy ajari jemur lg secara bertahap....Pada saat penjemuran tdk pake air minum,slth mB mangap langsung angkat dr panas matahari dn anginkan...stlh selang waktu stengah jam br sy kasih air minum...
hehehheee....lg hoky nya sy kaleee neh...

callid17
5 January 2013, 10:27 PM
Punya ane malah selain ndak plong jga disertai serak plus batuk uda dikaci lasegar tp blm menunjukkan hasilnya gmn nih Om?

42d3e78f26a4b20d412==