PDA

View Full Version : Kacer bunyi ngak..ngik..



goenggo
27 September 2012, 03:29 PM
Salam Kicau, salam sejahtera untuk semuannya
Mohon ijin untuk sharing mengenai kacer peliharaan saya.
Sudah dua hari ini kacer saya hanya bunyi ngak..ngik saja seperti ayam sedang sakit, sesekali berusaha untuk ngeplong tapi suaranya ketahan dan hanya keluar suara ciet-ciet saja tapi tidak keras. Sebelumnya kacer saya hariannya gacor suka nyamber2 kalau ada burung lain bunyi.
Secara fisik tidak ada masalah, makan voer, jangkrik, dan kroto masih rakus, cuma kalau lagi nelan jangkrik lehernya sambil bengkok2, sepertinya agak kesusahan menelan jangkrik.
Barangkali mas dan om pernah mengalami kejadian seperti burung saya diatas, kira-kira apa ya yang terjadi dengan kacer saya?

Terimakasih atas saran dan masukannya.

salam,

slammy
27 September 2012, 04:28 PM
kaki jangkriknya dibuang ga?kynya sariawan kl om

goenggo
27 September 2012, 04:57 PM
Setiap kasih jangkrik kakinya yang belakang selalu dibuang om, tapi kepalanya sih enggak..
Kalau sariawan gitu ada obat khusus nggak ya? atau mungkin bisa sembuh sendiri..

cj
27 September 2012, 05:08 PM
Ada kemungkinan KC nya terinfkesi om, coba kasih Tetra Chlor buat ayam atau Trymecin ... kasih selama 4 hari berturut - turut ... tolong updatenya gimana. Bila belum sembuh akan sy aksih petunjuk selanjutnya.

salam

goenggo
27 September 2012, 06:49 PM
Terimakasih om CJ, nanti saya coba kasih tetra chlor dulu, mudah-mudahan ada pengaruh baik untuk kacer saya. Untuk EF jangkriknya apa sementara di stop dulu atau tetap diberikan? soalnya saya kasihan lihat dia saat nelan jangkrik, kelihatannya lehernya kesakitan banget.

cj
27 September 2012, 06:57 PM
Kasih juga larutan kaki tiga ya selama seminggu ini, kasih pagi, sore ganti AIR AQUA

SALAM

goenggo
3 October 2012, 11:37 AM
Update kacer ngak..ngik :
Setelah melakukan saran yang dianjurkan om CJ beberapa hari yang lalu untuk memberikan tetra chlor, larutan penyegar, dan aqua selama 4 hari berturut-turut terhadap burung kacer saya, alhamdulilah tadi pagi sebelum berangkat kerja kacer saya sudah terdengar nembak-nembak lagi dengan suara yang cukup keras, tapi lagu dengan suara khas mendayunya masih serak-serak. Mudah-mudahan minggu ini semakin membaik.
Terimakasih om CJ atas respon dan saran baiknya, semoga berguna juga untuk Kicau mania'ers yang lain jika mengalami keluhan yang sama seperti burung saya.

Terimakasih,
salam kicau

agung bakumpai
9 October 2012, 09:03 AM
kalau boleh tau ni om... thetra clor diberikan ke airnya atau diberikan ke krotonya...
maklum om masih pemula...

Aris-Cropper
11 October 2012, 04:51 PM
ilmu yang bermanfaat nih.. dicatat dulu ah penangannya, meskipun moga2 KCku ga mengalami kayak gini, tapi pasti bermanfaat.

42d3e78f26a4b20d412==