PDA

View Full Version : mb macet setelah bulu ekornya sy cabut



imamshafira
20 September 2012, 01:18 PM
tolong para pakar mb mohon pencerahannya karena sy cari d tread lama gak ketemu.:please:.
mb ku macet bunyi setelah bulu ekornya sy cabuti karena patah..

gini ceritanya br 3 minggu minang mb yg nggacor dan volume tebel + isian banyak

baru sadar setelah sy amati ternyata bulu ekor yg putih sebelah kiri 3 helai sudah patah dr yg empunya sebelumnya dan sisa tinggal 2 cm dr pangkal
besoknya sy lihat bulu ekor putih yg tinggal sehelai patah juga.:kaget:.


melihat pemandangan yg gak enak bgt dilihat sy tiba tiba punya pemikiran *-:) untuk mencabut semua bulu ekor putih yg patah baik yg sisa 2 cm maupun yg barusan patah
setelah mb sy mandikan dan sy semprot sampai basah kuyup dan menggigil tu mb sy pegang dan secara perlahan bulu ekor putih yg patah sy cabutin..
skrng bulu ekor putihnya tinggal sebelah kanan aja yg utuh
pertanyaannya:
- kenapa setelah bulu ekor yg putih sy cabutin tu si mb 4 hari ini jadi macet bunyinya?
- bulu ekor yg uda kecabut sy pastikan tidak ada darah yg keluar dan gak ada yg menyumbat pori pori apa bisa tumbuh dg normal lagi??
- mengingat gaya ngeplay-nya yg atraktif dan volume serta isiannya yg mantab, bagaimana caranya agar si mb bisa nggacor lagi??
-skrng tu si mb klo liat saya jd kayak gmn gitu .:takut:.... jadi nyesel deh klo tau kayak gini mending sy biarkan aja tu ekor si mb :((
makasih sebelumnya para pakar bila berkenan memberikan pencerahannya

Tri Top
20 September 2012, 01:25 PM
emang betul kata pepatah...penyesalan ada di akhirnya...
sungguh disayangkan ya om...
ane cuma bisa doa,semoga MB om bisa cepet pulihnya karena nahan rasa sakit ekor dicabut..

bedjoe
20 September 2012, 01:37 PM
MB nya stress berat Om......diumbar dulu aja OM dan selalu dikrodong jangan lupa kasih kroto....dan jangan dimandikan dulu....mungkin bisa mengembalikan performanya....monggo Pakar yg lain menambahkan

wingrawing
20 September 2012, 07:14 PM
yah sayang banget ya om ekor dicabut dan stres berat kyknya mb ente, klo mb mh mungkin ga terlalu menyesal tp mb gacor kyk gini sayang seribu sayang. ya itulah konsekuensi om, mudah-mudahan aja ga lama om stresnya. klo boleh tanya om sekarang giras ga mb-nya?

marmoz
21 September 2012, 01:51 AM
ane pernah ngalami hal serupa bozzz.......macet mpe 2mgg,cb gelontor full EF...voer cabut dulu,pagi kasih kroto,siang jangkrik 8 n sore kasih kroto lagi,kondisikan full krodong ga usah mandi n jemur.......dlm 1 mg mgkn akan mulai bernyanyi meski baru satu dua......lanjutkan sampai bener2 kembali spt perform sebelumnya.pengalaman ane bth waktu hampir 3 mgg,boros jg tp setidaknya bs mengobati rasa penyesalan n sekalian buat menebus kesalahan pd MB kita

imamshafira
21 September 2012, 03:54 PM
bener om marmoz... .:tq:.
saya uda nyoba 3 hr ini dg full krodong tanpa mandi jemur
cm sebelum shalat subuh si mb sy embunkan sampai matahari kliatan kemerahan langsung sy kerodong lg.
mb sy sendirikan d taruh dalam kamar dan
full ef
- kroto secepuk p/s
- jk 6 p/s yg di olesi madu + bird mineral produknya om duto "omkicau" :angkat-jempol:
- uh 3 pagi aja
dan gak lupa sy puterin natural terapy produknya om irvan sadewa "smart mastering" :muahh: dr pagi sampai sore
alhamdulillah td pagi sebelum brkt nguli si mb udah mulai ngeriwik dan ngeplong beberapa kali
dg hati riang gembira pitaloka .:yahoo:.sy semangat berangkat nguli :tkp: karena denger si mb uda mulai mau ngeriwik .:senang:.

dw eugene
21 September 2012, 04:22 PM
selamat ya om.. jangan pernah dicabutin lg ya.. MB punya sifat Pendendam loh.. (pengalaman ane pribadi) hehehe....semoga kelak menjadi kebanggaan tuannya amin....

imamshafira
21 September 2012, 04:45 PM
selamat ya om.. jangan pernah dicabutin lg ya.. MB punya sifat Pendendam loh.. (pengalaman ane pribadi) hehehe....semoga kelak menjadi kebanggaan tuannya amin....


siap om dw eugene .:good:.
sy janji gak akan nyabuti bulu burung lagi dan akan memperlakukannya lebih bijaksana tanpa ada unsur menyakiti

tp yg mengganjal di hati tu bulu ekor yg putih yg utuh cm sebelah kanan dan yg kiri abis.. kira kira bisa tumbuh normal lagi gak ya??

kenyot
21 September 2012, 04:55 PM
tp yg mengganjal di hati tu bulu ekor yg putih yg utuh cm sebelah kanan dan yg kiri abis.. kira kira bisa tumbuh normal lagi gak ya??
Biasanya klo nyabutnya bener ,ngga tersumbat tetap tumbuh om, cuman agak lama ,pengalaman saya ,sampe kelar mabung baru mau numbuh lagi om,,

imamshafira
24 September 2012, 02:07 PM
waaaaahhh lama juga yaa ternyata ...
padahal kata yg empunya sebelumnya baru kelar mabung 5 bulan yg lalu

dw eugene
24 September 2012, 03:06 PM
di Full om makanan yg lebih banyak mengandung protein biasanya mempercepat proses tumbuhnya bulu.. sekedar pengalaman dulu ada MB sy yg di cabutin bulu ekornya sm perawat setelah sy marah2i sy ambil MB itu (rawat sendiri) tiap hr tidak sy jemur, mandi semaunya + Full makanan mengandung banyak protein 3 minggu tumbuh 4-5cm

imamshafira
24 September 2012, 03:35 PM
ef full yg mengandung protein itu apa aja om??
dan cara ngasihnya gmn p/s ?

dw eugene
24 September 2012, 04:22 PM
1. jangkrik yg makan sayur ijo/buah
2. kroto bersih
3. kuning telur burung puyuh matang (jika MBnya suka)
EF seperti biasa saja.. hanya ditambah porsinya, dan u/ pemberian kroto & kuning telur di seling saja dikhawatirkan OB MBnya malah..

imamshafira
24 September 2012, 04:46 PM
ok om dw eugene nanti sy coba deh treadnya..
mudah mudahan cepet tumbuh tu bulu ekornya yg putih[-O<

ADHE
25 September 2012, 09:51 AM
tolong para pakar mb mohon pencerahannya karena sy cari d tread lama gak ketemu.:please:.
mb ku macet bunyi setelah bulu ekornya sy cabuti karena patah..

gini ceritanya br 3 minggu minang mb yg nggacor dan volume tebel + isian banyak

baru sadar setelah sy amati ternyata bulu ekor yg putih sebelah kiri 3 helai sudah patah dr yg empunya sebelumnya dan sisa tinggal 2 cm dr pangkal
besoknya sy lihat bulu ekor putih yg tinggal sehelai patah juga.:kaget:.


melihat pemandangan yg gak enak bgt dilihat sy tiba tiba punya pemikiran *-:) untuk mencabut semua bulu ekor putih yg patah baik yg sisa 2 cm maupun yg barusan patah
setelah mb sy mandikan dan sy semprot sampai basah kuyup dan menggigil tu mb sy pegang dan secara perlahan bulu ekor putih yg patah sy cabutin..
skrng bulu ekor putihnya tinggal sebelah kanan aja yg utuh
pertanyaannya:
- kenapa setelah bulu ekor yg putih sy cabutin tu si mb 4 hari ini jadi macet bunyinya?
- bulu ekor yg uda kecabut sy pastikan tidak ada darah yg keluar dan gak ada yg menyumbat pori pori apa bisa tumbuh dg normal lagi??
- mengingat gaya ngeplay-nya yg atraktif dan volume serta isiannya yg mantab, bagaimana caranya agar si mb bisa nggacor lagi??
-skrng tu si mb klo liat saya jd kayak gmn gitu .:takut:.... jadi nyesel deh klo tau kayak gini mending sy biarkan aja tu ekor si mb :((
makasih sebelumnya para pakar bila berkenan memberikan pencerahannya


Lagi2 KESABARAN adalah kunci merawat burung. Entah buat rumahan maupun kontes. Kalo sy pribadi biarin aja tuh bulu rontok sendiri om biar lebih aman, krn pengalaman MB tmen sy yg ekornya dicabut, begitu tumbuh ekornya selalu melintir dan arah ekor bukan lurus kebelakang melainkan mengembang kaya ekor kacer yg sdg di trek, ampe saat ini ekornya selalu bermasalah meski udah tuntas mabung. ini buat share pengalaman aja. Moga ekor MB om tidak spt yg sy ceritakan. Dirawat yg baik dgn EF yg cukup, dan kondisikan MB nya setenang mungkin agar stress nya cepet ilang. Dimanjain dulu om, biar tu MB gak sentimen lagi ama tuannya yg abis cabutin ekornya..maaf kalo ada salah kata, salam..

imamshafira
25 September 2012, 11:45 AM
iya om adhe si mb ampe beberapa hari setelah sy cabut bulu ekornya sentimen bgt ama sy... tp setelah sy lakukan tread dan memanjakan si mb dg cara ef kroto yg melimpah.. mandi d cepuk khusus dan sy taruh d dalam kamar sambil sy perdengarkan natural terapy alhamdulillah skrng tu mb mau temenan lg ama tuannya

Arul Asnie
26 September 2012, 01:11 PM
wahhh,,,nice info nih para suhu,,
izin copas yah,,,,
hampir sama dengan kasus momongan saya, gr2 nyabutin ekor yang patah,,,
cm bedanya saya ngangkat dr muda hutan,,,hehehehe,, dh hampir 2 bln tp ga bunyi2,,ngeriwik juga gak,,giras pula,,,mgkin karna itu pula dia gak mw kerjasama,,,,
mudah2an dan sy yakin advice dr para suhu skalian pasti bisa memberikan perubahan,,,amiiinn

mohon sp tau ada tambahan bisa di tegur saya nya atas perawatan sbelumnya..
jemur tiap pagi,,,mandi 2 hari sekali
kroto 2 hari sekali
jangkrik 5/5

mohon masukannya para suhu,,maklum,masih newbie,,
salam hangat dr Samarinda,

imamshafira
29 September 2012, 01:11 PM
setelah melakukan tread pada momonganku dg sabar, ikhlas dan penuh kasih sayang akhirnya kmrn pagi sy lihat bulu ekor putihnya uda numbuh sekitar 2cm..
dan yg lebih bahagianya lg skrng tu mb uda gak macet lg alias udah nggacor + cerewet lg
gini ceritanya...
bermula hr minggu yg lalu ketemu temen lama d gantangan dan ngobrol" ampe ke season curhat tentang si mb momonganku yg macet
akhirnya mas nanang pabean pemain burung kacer jawara pemilik "mandala, kabul dan darah muda"
( bisa dilihat di majalah agro burung untuk prestasi kacernya) memberi resep jitu...

- jam 05.00 mb buka krodong dan di embunkan sampai matahari kliatan memerah d ufuk timur

- mandikan mb
berhubung mb sy gak mau mandi keramba terpaksa sy kasih cepuk yg di isi air d dalam sangkarnya

- klo udah puas mandi.. sangkar d lap dan alas karpetnya d ganti / d bersihkan
( ingat kebersihan sangkar mempunyai peranan penting bagi kinerja burung )

- beri jk sesuai stelan harian + beri m*t*b*l*sm* dg cara d suntikkan ke tubuh jk takarannya ... tetes / jk

- pastikan jk yg d suntik m*t*b*l*sm* habis d makan si mb
>>>> m*t*b*l*sm* hanya di berikan bila mb mau mandi!! <<<<

-kemudian jemur ( antara 07.00 - 10.00 )
selama penjemuran si mb harus terkena panas matahari langsung dan pastikan sampai si mb sparing / menggeliat ato bahasa jawanya mulet
karena dg begitu brarti m*t*b*l*sm* bekerja dg sempurna d tubuh mb

- klo penjemuran uda d rasa cukup dan si mb mulutnya uda terbuka lebar / mangap orang jawa bilang,
segera pindahkan mb ke tempat teduh yg sirkulasi udaranya bagus selama 30 menit
dan d beri kroto segar 1 sendok mkn,,,

- setelah itu mb d kerodong dan taruh d tempat yg tenang

- sore hari d beri jk sesuai stelan harian

-keesokan harinya d trek dg beberapa mb
walhasil mb sy mainnya mau ngotot dan mbongkar semua isiannya, sesampainya d rumahpun si mb makin cerewet
#" tread ini bukan untuk burung bahan"#
bila ada yg kurang ato ada yg salah mohon di koreksi karena saya pemula yg haus asupan asupan pengetahuan tentang perburungan

42d3e78f26a4b20d412==