PDA

View Full Version : Kamus Istilah Tahapan Perform Pleci (disertai video)



Tiger Wong
16 August 2012, 02:56 AM
Istilah tahapan berkicau pada burung Pleci
(data ini di ambil & di sunting dari beberapa sumber yang tujuannya untuk bersama-sama belajar tanpa mengesampingkan nilai persaudaraan mencari solusi terbaik untuk kemajuan pencinta pleci Indonesia)

Smoga dapat menjadi acuan mendasar persamaan persepsi mengenai istilah2 untuk membuat standar penilaian lomba pleci.

Berikut istilah tahapan pada kicauan pleci :

1. Nada Panggil (Call) ,
pada tahap ini, burung Pleci mengeluarkan suara yang bertujuan untuk memanggil pasangan atau koloni nya. Nada panggil ini biasa kita dengar seperti Ciew..... Ciew.... atau..cuit....cuit... dan lainnya sesuai jenis dan dan endemik burung Pleci tersebut, yang dilantunkan dengan paruh terbuka lebar.
* Satu lagi adalah bunyi dasar pleci yaitu “ nada call “, cuit – cuit, pilih bahan yg mengeluarkan “ nada call “ yg doble, tripel, dst...“ nada call “ setiap jenis pleci berbeda, jadi kalau jenis dada kuning “ nada call “ nya harus sama dengan dada kuning lain, tidak bisa sama dengan yang dada putih, jenis montanus, dll...
contoh nada alert tone (kicauan dan bunyi untuk memperingatkan burung sejenis dan burung pasangannya apabila ada bahaya yang mengancam).di susul nada call pleci :
http://www.youtube.com/watch?v=VKEx0ONKSIY

2. Ngeriwik / Midtone/Middletone/nama tengahan,
Pada tahap ini, burung Pleci mulai me-replay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Paruh cenderung tertutup, suara masih di tahan pada bagian tenggorokan, sesekali terlihat paruh sedikit terbuka. Lagu yang di replay burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Dalam tahap ini, masih belum terlalu jelas jenis suara burung apa yang sedang dinyanyikan. Umumnya pada fase ngeriwik ini, gaya burung Pleci terlihat menggeleng-gelengkan kepala yang oleh sebagian besar orang disebut dengan sebutan teler. Sedangkan persepsi gaya teler yang dimaskudkan pada burung Pleci TIDAK SAMA dengan gaya teler pada burung Anis Merah.
*. Ngriwik adalah: Mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan. Lagu yang di replay burung umumnya berasal pemasteran alami/buatan yang terekam di Auditory Memori (otak) burung tersebut. Fase ini biasanya digunakan burung sebagai kesempatan untuk belajar meng-aransemen lagu dengan baik dan harmonis.
Berikut contoh video pleci ngriwik :
http://www.youtube.com/watch?v=pQY6INCKM3Y&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=lrTKBSQVlvc

3. Ngeriwik Kasar-nglagu-teler,
merupakan tahapan berikutnya dimana burung Pleci mulai mereplay lagu dan isian dengan volume suara yang keluar lebih jelas dengan paruh mulai membuka. Artinya, Pleci tidak lagi menahan kicauanya di tenggorokan melainkan sudah dikeluarkan dengan posisi paruh lebih sering buka tutup. Tak jarang, burung Pleci mengeluarkan riwikannya sambil menggelengkan kepala atau teler ke kiri-kanan mirip seperti burung Anis Merah/Bata. Pleci yang mulai mapan dan birahi biasanya menjadi berani mengeluarkan riwikan kasarnya bila di dekatkan dengan pleci lain. Dalam tahap ini, isian sudah terdengar cukup jelas seperti misalya suara burung ciblek, prenjak, kenari, gelatik wingko, kolibri, kutilang, dll. Suara yang dikeluarkan masih dapat terdengar dari jarak 5-10 meter. Umumnya pada fase ngeriwik ini, gaya burung Pleci terlihat menggeleng-gelengkan kepala yang oleh sebagian besar orang disebut dengan sebutan teler. Sedangkan persepsi gaya teler yang dimaskudkan pada burung Pleci TIDAK SAMA dengan gaya teler pada burung Anis Merah.
berikut contoh video pleci ngriwik/Midtone kasar disertai teler
http://www.youtube.com/watch?v=G8rPy9oZqo0&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=G5-wKGLO4RY&feature=related

4. Ngeplong/Buka Paruh/Ngalas,
pada tahap ini burung Pleci berkicau variatif lantang dengan volume suara yang keras (loud). Pada burung Pleci, fase ini disebut juga dengan BUKA PARUH. Banyak kategori dalam hal ngeplong (buka paruh) ini, yang pertama adalah Ngalas yang artinya melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya (alas=hutan). Yang kedua adalah burung Pleci yang ngeplong dengan berbagai isian yang bukan suara asli burung Pleci. Pada saat ngeplong ini, suara kicauan burung Pleci tersebut dapat terdengar dari jarak puluhan meter.
*. Ngalas adalah istilah untuk kemampuan burung Pleci melagukan suara kicauan asli burung Pleci seperti di habitatnya
Ngalas adalah suara ngerol asli PC terdiri dari suara ciw yg rapat disambung2 dalam tempo yang cepat, nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang/ropel/roll

Untuk memperjelas seperti apa suara pleci yg ngalas, berikut dilampirkan link video suara pleci ngalas
http://www.youtube.com/watch?v=RydQ-MdUY2w&feature=related

*. Ngeplong adalah istilah untuk burung yang berkicau dengan lantang dan dengan volume suara yang relatif keras.
Burung PC yang sudah ngeplong ngalas.......kadangkala dia mau "ngriwik" jika kondisinya enjoy....ngriwik inilah akan keliatan nyanyian isian-isian yang dia bisa merespon saat dari muda, kadang" jika sudah interest banget ngriwiknya sambil teler-teler...........Nah, kalau selama mudanya tidak pernah merespon suara-suara burung lain.....ngriwiknya ya ngalas nya sama dengan dia bunyi ngalasnya saat ngeplong.....Jadi semuannya tergantung dari kepandaian PC itu sendiri.
Contoh video pleci ngalas standar ngeplong buka paruh :
http://www.youtube.com/watch?v=qwlSUZOIrPQ
http://www.youtube.com/watch?v=M6rsyQX3xdM

Contoh Pleci ngeplong full buka paruh dengan power, speed & volume keras..
http://www.youtube.com/watch?v=yWG2MU28XE8

5. Ngerol –Buka Paruh ngalas & disertai lagu isian/master ,
merupakan tahapan perform berkicau fase tertinggi pada burung Pleci. Suara Ngeplong (baik standar suara Pleci, semi isian ataupun full isian) dibawakan sambung menyambung secara variatif, diulang-ulang dan kadang dibarengi dengan berbagai suara isian dengan volume suara naik turun yang lantang dengan paruh terbuka lebar (buka paruh). Suara yang dikeluarkan dapat terdengar dari jarak puluhan meter.
*. Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 5-4-3-2-6-1.
Jadi, ngerol (berasal dari kata roll) yang artinya suara yang menggulung panjang atau sambung menyambung menjadi rangkaian lagu harmonis yang lebih panjang.
berikut contoh video pleci pada fase tersebut.
pleci ngeroll :
http://www.youtube.com/watch?v=E5-_RuS-Xog

Pleci isian teler ngeplong :
http://www.youtube.com/watch?v=pHilQwiq_g8

Pleci full isian :
http://www.youtube.com/watch?v=PjLnNxQK9Uc

Pleci ngalas di akhiri isian tonjolan tembakan :
http://www.youtube.com/watch?v=xyUCwb1PT4o

catatan:
Bedakan maksud dan persepsi dari Ngeriwik ngerol dan ngeplong ngerol. Ngeriwik ngerol artinya ngeriwik yang panjang sambung menyambung. Ngeplong ngerol adalah suara berkicau lantang yang sambung menyambung variatif sehingga terdengar lagu yang sangat panjang.Ngalas merupakan istilah tidak baku pada dunia burung berkicau, karena istilah ini hanya digunakan untuk burung Pleci yang hanya melagukan suara asli (original) dari burung Pleci seperti burung Pleci di habitatnya. Ngalas berasal dari kata baku alas yang artinya hutan. Untuk pemahaman yang lebih sederhana, karakter lagu dan tahapan pada burung Pleci adalah sama seperti burung Anis Kembang.

Untuk lebih jelasnya disertai dengan video yang lain pernah saya posting di thread http://www.kicaumania.or.id/forums/showthread.php?51330-Type-Ngeroll-amp-Ngeplong-PC/page3

Contoh video di ambil dari youtube dan tidak ada unsur kepentingan apapun kesemuanya hanya untuk bersama-sama memahami dan menyamakan persepsi tentang istilah tahapan berkicau pada pleci..
smoga bermanfaat dan berkenan. mohon maaf bilamana ada yang tidak berkenan atas posting ini...

Salam plecilover
TW

6run93
16 August 2012, 09:54 AM
Makasih, Om ....
Jadi makin jelas n paham dengan istilah dalam dunia pleci

Jacky
16 August 2012, 11:24 AM
Terima kasih Om Tiger Wong, semakin jelas tahapan perform PC dan pembakuannya.
Jadi bekal untuk memulai momong PC-DAKUN !

Mustika Areffa
16 August 2012, 11:38 AM
Terima kasih Om Tiger Wong, semakin jelas tahapan perform PC dan pembakuannya.
Jadi bekal untuk memulai momong PC-DAKUN !

harus sungkem sama om didik lho kang hehehe.....

SanJuan
16 August 2012, 12:38 PM
Permisi om Kira2 :
Butuh waktu berapa lama dr tahapan2 bunyi awal td hingga tahapan bunyi plg akhir (ngerol/ngalas buka paruh)

Makasih atas informasi dan penjelasannya. Salam

Iduy MBCI
16 August 2012, 12:42 PM
Ulasan yang sangat berguna sekali Om.... matur Nuwon Sanget....:angkat-jempol::topbanget:

Jacky
16 August 2012, 02:39 PM
harus sungkem sama om didik lho kang hehehe.....

Maaf Om FirmaN HaZ, siapa itu Om Didik .. maaf yaa belum ngeh siapa beliau ? [OOT]

6run93
16 August 2012, 03:15 PM
Permisi om Kira2 :
Butuh waktu berapa lama dr tahapan2 bunyi awal td hingga tahapan bunyi plg akhir (ngerol/ngalas buka paruh)

Makasih atas informasi dan penjelasannya. Salam

Keknya tergantung perawatan dan mental burung, Om :)
Maaf, pemula nyoba merespon sambil nunggu sang pakar

Ane denger PC ngriwik ngerol aja udah seneng, Om :D
Padahal udah 6 bulan lebih ane ngrawatnya

Sandy TS
16 August 2012, 03:25 PM
Ulasan menarik...dan Mantaaap....:good:.

thx om TW....:-*

dragonmoon
16 August 2012, 05:39 PM
terima kasih om atas ulasannya................

jauhar
16 August 2012, 06:18 PM
mantap habis nih ulasannya membuat sy makin ingin memelihara PC sambil mencoba mem-breednya.

6run93
19 August 2012, 07:50 PM
mantap habis nih ulasannya membuat sy makin ingin memelihara PC sambil mencoba mem-breednya.

Hehehehe ... jangan lama2, Om ... :)
Biar segera dijadikan referensi :D

tombas
19 August 2012, 08:09 PM
lha yang begini ni lebih gamblang penjelasannya,, matur nuwu om dik... matappp wesss

mikas07
21 August 2012, 12:36 AM
kok kayaknya pernah tau pc yg di video Pleci isian teler ngeplong om xixixixixi :D:D:D

jack harsono
23 August 2012, 10:15 AM
Terimakasih om Tiger atas bimbingannya, jadi tau ane sekarang...

42d3e78f26a4b20d412==