PDA

View Full Version : Efek mandi malam untuk cucak ijo ?



bashir
17 November 2011, 03:25 AM
Permisi Om mau nanya nich ?
Gimana efeknya mandi malam untuk cucak ijo, bagus apa ndak ya ?
Mohon pencerahannya para pakar CI semua !!!

pambakau
17 November 2011, 06:43 AM
Kalau CI nya mau mandi ( bukan dimandikan ) menurut saya tidak masalah. Tapi dari pengalaman sebagai pemula, jangankan mandi asal sudah sore / gelap sedikit CI langsung tidur.

dw eugene
17 November 2011, 08:11 AM
kalau sy sih jarang memandikan burung diwaktu malam.. soalnya kasian pasti mengganggu waktu istirahat si burung tsb :D:D

littlebird
24 November 2011, 09:50 AM
Permisi Om mau nanya nich ?
Gimana efeknya mandi malam untuk cucak ijo, bagus apa ndak ya ?
Mohon pencerahannya para pakar CI semua !!!

share dikit pengalaman yaa Om..

menurut ane..selama burungnya sehat (tidak dalam kondisi sakit), tidak masalah Om...apalagi misalnya Om sedang treat CI-nya biar gak terlalu galabakan.

pengalaman ane yg harus disiapkan sebelum mandikan momongan malam :

1. Pastikan kondisi momongan SEHAT.
2. Kl ada, utk mandi malam, pindahkan dulu momongan ke kurung yg akan kita gunakan buat mandi, agar kurung asalnya
tidak basah akibat semprotan yg kita lakukan, kalau gak ada..setelah disemprot kurung harus di lap hingga kering.
3. Pastikan cuaca sedang tidak di musim hujan/cuaca dingin.
4. Pastikan momongan tidak dalam keadaan lapar, agar tidak masuk angin saat dimandikan.
5. Untuk suply 'perutnya' biasanya ane kasih 1-2 EF (jangkrik) utk CI.
6. Mandikan dengan metode Spray, jangan disemprot langsung ke badannya, terutam bagian hidugnya.
7. Setelah cukup (menurut perkiraan masing2, kl saya utk treat anti glabakan biasanya sampe kuyup), biarkan
momongan rapihkan bulunya/didis. posisi ini biasanya ane gantang di jarak 2 meter dari lampu biar lekas kering+hangat.
8. Setelah badannya cukup kering...berikan momongan kita EF lagi (kl ane cukup kasih 1-2 jangkrik) agar badannya hangat.
9. Kl yang biasa di krodong...yaaa monggo langsung krodong, pastikan kurung TIDAK dalam keadaan BASAH agar tidak
menjadi empat buat jamur. simpan dimana Om biasa gantang CI-nya.

kalo ada tambahan dari CImania monggo...kalo postingan bikin runyem dunia permanukan monggo di delete b-(

rifqie
24 November 2011, 11:10 AM
saya numpang nyimak aja ya.

lanjuttt.

jibriel
24 November 2011, 11:38 AM
ulasan yg mantep tuh ...

andri_ambisi
24 November 2011, 12:06 PM
Kalau CI nya mau mandi ( bukan dimandikan ) menurut saya tidak masalah. Tapi dari pengalaman sebagai pemula, jangankan mandi asal sudah sore / gelap sedikit CI langsung tidur.

Setuju dengan om pambakau:D:D:D
CI ane jangankan mandi malam.....sore az klo mendung cuaca gelap dia udah tidur om.....nah klo udah tidur gitu terlalu berisiko klo terganggu atau kaget
Jadi menurut ane klo masalah om mau mandikan CI malam untuk menurunkan OBnya or menstabilkan birahi knp ga dicoba selama memang bisa dilakukan.....tp klo ada hal yg sama dengan uraian ane diatas yg mempunyai resiko besar masih banyak cara kok buat menstabilkan birahi CI mungkin dengan pakai kandang umbaran.....

Cuma sekedar share az ya om......maaf klo jawaban ane malah ga nyambung:D^:)^

cepo
24 November 2011, 12:46 PM
Sejauh pengalaman saya main CI, mandi malam buat CI g bagus om, resikonya udah pasti birahi CI g karuan, pa lagi kalo burung lomba bisa drop mental dan fisik. Dulu pernah mandiin malam lantaran nguli ampe bis magrib baru pulang. Tapi lama-lama CI saya malah sayapnya turun, blu kusam kadang menggelembung banyak diam, bawa latber g pernah mau kerja, padahal dari pemilik sebelumnya sering juara.
Solusinya kalo g sempat mandiin siang sediakan saja dalam sangkar harian CI tempat mandi, kalo saya pakai tempat pakan ayam yg agak besar. Jadi biar burungnya sendiri yg ngatur mau mandinya kapan. Ok om itu saja dari saya, salam CI mania..

amy2182
4 December 2011, 07:33 PM
ikut nyimak aja om...salam CI mania

andrealmeyda
15 August 2012, 09:53 PM
sedang mencoba threat mandi malam agar CI tdk gelabakan...mudah2an bisa berkurang agresif-nya...

marmoz
11 September 2012, 12:08 AM
ikut nyimak sapa tehu tar dpt momongan CI

42d3e78f26a4b20d412==