PDA

View Full Version : ciri murai cacingan...?



anca pagar alam
5 September 2011, 08:19 PM
permisi om ,,,,mau tanya apakah ciri2 murai batu CACINGAN,,,?,,,,Mb sy kalau buka kerodong pagi2 gerabakan,,,trus mangap2 (kayak kelelahan),,, apa MUDAH MANGAP2 itu ciri Mb cacingan ya om,,,,,
mohon pencerahanya tululung,,,,,,,,^:)^^:)^^:)^

trim banyak

rifqie
7 September 2011, 09:03 AM
mudah mangap itu belum tentu cacingan om ... yg pasti kondisi fisik mb tdk fit, bisa kurang jemur, sakit, dll.

btw, saya juga kurang tau ciri2 mb cacingan om ... tapi utk antisipasi, selain berusaha menjaga kebersihan sangkar, pakan & tempatnya, saya biasa memberikan obat cacing 3 s.d. 4 bulan sekali pd semua momongan saya ... kan tdk berbahaya om.

salam.

petik
7 September 2011, 09:48 AM
Kalo cacingan biasanya selain kotorannya agak encer, kurang aktif, bulu agak berdiri kalo sdh rada parah.
Mencegah lebih baik dari mengobati.

root
12 September 2011, 11:42 AM
Ciri cacingan kalau parah:
1. Burung suka ngantuk, kaki diangkat satu, kurang gairah
2. Kurang nafsu makan, memilih2 makanan tertentu saja
3. Bulu makin kusam

Disamping itu, ada gangguan cacingan yg ga terlalu parah sehingga efek diatas tidak terlalu terlihat. Pernah MB kawan yg terlihat sehat tiba2 keluarin cacing dari duburnya ... berwarna merah sepanjang 5Cm, habis keluar langsung di sikat(dimakan) lagi ama burungnya :D pemandangan keren hehe

chandramurai
12 September 2011, 03:11 PM
ijin nyimak walau blm pernah ngalamin tp thanks infonya

Sandy TS
12 September 2011, 03:31 PM
Setahu saya,kalo MB Cacingan,cara yg mudah adalah diliat dari feses yg encer,mata berair,dan kurang bergairah/mengkorok,tp kalo mangap saja tidak di sertai gejala yg saya sebutkan tadi,belum tentu MB om cacingan,:D


Maaf kalo salah,maklum pemula..^:)^


Mohon di tambahi oleh pakar yg lebih paham,dan pengalaman..;)

Elin
12 September 2011, 04:24 PM
ijiiiinn nyimak masih cupu, mungkin sebagai pencegahan bisa di kasih Vitamin B Komplek drop buat Bayi, dengan dosis sesuai dengan kondisi burung, dengan cara vitamin di campur dengan pakan kroto atau ulat atau sesuai dengan kesukaan MBnya.
Maap jika salah

KALAU RAGU MEMAKAI CARA INI JGN SEKALI-KALI DI LAKUKAN

Salam MB Mania

elkampreto
12 September 2011, 05:08 PM
burung yang cacingan gampang terlihat om seperti:
- bulu kusam, kesannya kumal walaupun burung tidak berkutu
- sorot mata tidak tajam
- tubuh kelihatan kurus, tapi bukan kurus siap tempur karena burung cacingan cenderung lemes dalam setiap gerakannya.

kalau burung dibuka kerodong terus mangap bisajadi cuma kurang jemur/umbar doang om, disamping itu makanan dan nutrisi alaminya diperhatikan.

salam,

anca pagar alam
12 September 2011, 08:13 PM
maksih om atas pencerahanya,,,,Mb sy masih liar banget,,,sehingga loncat2 terus,,terus kalau di jemur mudah mangap2,,,terus kalau di dekati loncat2 dan mangap2 lg,,,apa itu kemungkinan kurang jemur,,,? sya takut kalau jemur nya kelamaan bisa mati,,,15 menit aja dah mangap2,,,gimana itu om?....bantu ya yg punya pengalaman

Satria
14 September 2011, 12:30 AM
mungkin masih giras om..klabakan otomatis kecapean jadi ya wajar. kalo cacingan biasanya kotoranya cair om..sama badanya kurus bulu juga jusam om..

42d3e78f26a4b20d412==