PDA

View Full Version : apakah kepodang bisa dimaster/untuk master???



awo_BR
18 March 2011, 06:50 PM
Mohon pencerahanya kepada rekan2 dan senior KM...saya tertarik piara burung kepodang nih....
Apakah burung kepodang,bincharung,pitu wolu bisa di master oleh burung lain???kira2 cocok buat masteran apa ya...terus harga pasaranya berapa ya???
terima kasih^:)^^:)^^:)^

mahdinesia
18 March 2011, 07:09 PM
bisa om.. Tapi harus dari piyik. Dulu ane pernah punya, suaranya macem2.

krupuk
18 March 2011, 08:00 PM
bisa om.. Tapi harus dari piyik. Dulu ane pernah punya, suaranya macem2.

baru tau om kalo kepodang juga bisa dimaster....

mahdinesia
18 March 2011, 08:12 PM
baru tau om kalo kepodang juga bisa dimaster....

harus dari piyik.

OzHanz
18 March 2011, 08:30 PM
Burung Kepodang (Oriolus chinensis)

merupakan burung berkicau yang mempunyai bulu yang indah. Burung Kepodang cukup dikenal dalam budaya Jawa, khususnya Jawa Tengah, selain hanya karena Burung Kepodang merupakan fauna identitas provinsi Jawa Tengah, Burung Kepodang juga sering dipergunakan dalam tradisi ‘mitoni’ (tradisi tujuh bulan kehamilan). Konon, ibu hamil yang memakan daging burung Kepodang akan mendapatkan anak yang ganteng atau cantik jelita.
Burung Kepodang yang merupakan fauna identitas provinsi Jawa Tengah ini dikenal juga dengan sebutan manuk pitu wolu karena bunyinya yang nyaring mirip dengan ucapan pitu-wolu (tujuh delapan). Selain itu, burung ini juga terkenal sebagai burung pesolek yang selalu tampil cantik, rapi, dan bersih termasuk dalam membuat sarang.
Masyarakat Sunda biasa menyebut burung Kepodang ini dengan sebutan Bincarung. Sedangkan beberapa daerah di Sumatera menyebutnya sebagai Gantialuh dan masyarakat di Sulawesi menyebutnya Gulalahe. Burung Kepodang ini dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Black Naped Oriole. Di Malaysia disebut burung Kunyit Besar. Sedangkan dalam bahasa ilmiah (latin), Burung Kepodang disebut Oriolus chinensis.

Ciri-ciri dan Kebiasaan.

Burung Kepodang (Oriolus chinensis) berukuran relatif sedang, panjang mulai ujung ekor hingga paruh berkisar 25 cm. Bulunya indah berwarna kuning keemasan sedang bagian kepala,sayap dan ekor ada sebagian bulu yang berwarna hitam. Ciri khas burung Kepodang adalah terdapatnya garis hitam melewati mata dan tengkuk.
Iris mata burung Kepodang berwarna merah sedangkan paruhnya berwarna merah jambu dan kedua kakinya berwarna hitam. Burung Kepodang yang ditetapkan sebagai maskot (fauna identitas) provinsi Jawa Tengah ini mempunyai siulan seperti bunyi alunan seruling dengan bunyi “liiuw, klii-lii-tii-liiuw” atau “u-dli-u”. Selain mempunyai ocehan yang sangat keras dan nyaring, Kepodang juga pandai menirukan suara burung Ciblek, Prenjak, Penthet bahkan suara burung Raja Udang.



semoga membantu referensinya ya om......:D:D:D:D:)>-:)>-:)>-

budiwahyu
18 March 2011, 10:33 PM
Izin nyimak om

latif_ade
24 March 2011, 04:37 PM
kata orang kalau peliara kepodang nambah lebih berwibawa om..tapi sekarang nyarinya susah..kalau ada,saya juga mau beli om...

kindef_united
24 March 2011, 04:55 PM
baru tau kepodang bisa niru suara macem2....
wat mitoni juga....sakno'e rek....:(

rob329
21 July 2011, 05:07 PM
ane baru dapet,,,trotol, habis selesei lolohan udah makan sendiri, cuma tukar tambah ma CJ,,,
yang jadi pertanyaan,,,kapan kepodang bisa mulai gacor???
di PB karimata ada beberapa MH kepodang dg mahar 250-300rb,,,

om jin
8 August 2011, 04:03 PM
ikut nimbrung... ak br punya podang..udah gacor dan jinak ...cuma mo upload videonya blum tau caranya, krn aku pengin tanya kepodangku masih muda atau tua...

42d3e78f26a4b20d412==