PDA

View Full Version : murai gw birahi



pemulapemalu
19 August 2006, 08:55 PM
shallom semua........
perkenalkan nama gw steve
gw penggemar murai batu
bulan lalu gw baru beli murai medan
mantap......burung mulus, suara keras, besetan tajem n keluar terus
suara jenggot, love bird and suara lain yang gw gak tau suara apa pokoknya suara cerecetan keluar terus.
tp gw bingung seminggu sejak gw beli, kalo gw buka kerodongnya, dia malah ngembung.
ada yang bisa bantu gw gak?kenapa tuh murai jadi gitu.
beberapa hari kemudian gw bawa ke pramuka buat dites...
pertama dia ngembung, tapi setelah 5 menit balik kenceng lagi
kata orang di pramuka murai gw birahi
emang bener???
cara ngobatinnya gimana tuh??
abis gw adu, cuma tahan 2 minggu doang, abis itu ngmbung lagi
walah............bingung gw
tolong para senior, kasih tipsnya ke gw
thx.............

cj
20 August 2006, 12:27 AM
Mr. Steve,

Well come to our "Kicau Mania Community"

Wah mantap tuh MB nya .... apalagi dengan suara-suara cereretannya yang sering keluar dengan kas Jenggot, LB, dsb .....

Sebelum menjawab pertanyaan Om Steve, boleh dong kami mengajukan beberapa pertanyaan:
1. Apakah Om Steve sudah menyakan perawatan hariaannya?
2. Apakah Om Steve melanjutkan perawatan harian tersebut?
3. Apakah si MB sewaktu di Pemilik lama sering di trck (diadu), atau cuma MB rumahan saja?

Nah dengan mengenal karakter si MB baik cara perawatan atau setelah om Steve pegang baru kita dapat menarik garis lurus bahwa si MB tersebut birahi atau emang mentalnya begitu dan perlu dilatih step by step jadi gak langsung digeber.

Ingat setiap burung dalam hal ini specifik MB mempunyai karakter yang amat berbeda, cara perawatan atau cara penanganannya, biarpun secara general bahwa MB itu cuma makan voer, jangkrik, kroto, mandi, jemur, dan cara mengadu di lapangannya.

Bila si MB itu birahi, coba evaluasi cara pemberian EF (Extra foodingnya) dan cara mandi jemurnya:
1. Seberapa banyak EF yang diberikan selama ini? apakah jangkrik dan kroto kebanyakan atau ada tambahan UH (Ulat hongkong).
2. Caba tengok berapa kali si MB tersebut mandi apakah tadinya 2 kali, dan sekarang jadi cuma sekali?

MB mengembung ada beberapa faktor:
1. Dasar karakter pembawaan MB tersebut, contoh MB Kalimantan (tapi tidak semuanya).
2. Mentalnya kalah, sehingga dia mengembung karena takut dengan lawannya, coba lihat si MB tsb sudah cukup umur atau belum, secara umum MB mentalnya sdh oke (siap tarung) bila berumur diatas 1.5 tahun atau setidaknya sdh 2 kali mabung. Jangan dipaksakan bila mental/nyalinya kalah, segera angkat karena bila mntalnya sdh jatuh, perlu waktu lama untuk mengembalikannya.
3. Birahi?
Ngotot atau agak ketakutan waktu mengembung? Kalau agak ketakutan bukan birahi tapi mentalnya yang agak ketakutan. Kalau emang birahi coba pelan-pelan tambahi mandinya, yang tadinya mandi sekali misal pagi saja, sekarang tambahi sore harinya, dengan catatan porsi pemberian EF dan penjemurannya masih sama dengan sebelumnya. Amati sampai ada perubahan, bila sdh berubah berarti mandinya kurang. Dan apabila selama 1-2 minggu kok belum ada perubahan, coba sekarang evaluasi ke EF nya. jangkrik coba kurangi misal dari porsi 5 pagi 5 sore jadi 5 pagi 3 sore, dan porsi pemberian kroto tetep sama dengan sebelumnya. Begitu seterusnya sampai ada perubahan.

Kadang MB birahi macam2, ada yang gak kerja sewaktu dilapangan, nabrak sangkar, matokin bulu dsb. Kalau kita gak jeli .... emang susah setingannya, dan diperlukan kesabaran untuk membuat OPTIMALNYA.

Salam

pemulapemalu
20 August 2006, 08:02 PM
wah,,,,,berharga banget tuh informasinya
selama ini MB itu saya jemur dari jam 7 sampai jam 10 setiap hari
mandi cuma 1 kali, saya mandikan sekitar jam 3 sore setiap harinya
pagi saya kasih jangkrik 5 + kroto
sore gak saya kasih apa2 lagi.........
sewaktu masih di pemilik lama, burung itu gak pernah birahi........
katanya sih...(saya juga gak tahu)
menurut pandapat pribadi saya, MB itu gak takut sama sekali.
mentalnya luar biasa.......!
denger suara kasar dikit aja langsung TERIAK dia
apalagi ada murai lain di deketnya
kalo saya pukul kandangnya pake krodong, langsung bergaya n berbunyi sama seperti diadu......
sebenarnya saya kurang mengerti apakah itu karakter yang baik dari MB..
tapi dari pandangan saya pribadi, itu merupakan sesuatu yang baik
mungkin bisa dikoreksi kalo ada yang tidak sependapat.

burung MB saya (yang diberi nama SLASH, gitaris Gun n Roses oleh adek saya, karna suaranya yang kasar sepeti musik rock) sebenarnya burung yang masih tergolong cukup muda. akan tetapi dari fisiknya dan karakter mentalnya saya yakin burung itu sudah siap diadu. oleh pemiliknya yang dulu burung itu sering diadu meskipun belum pernah turun kontes.

sebenarnya saya memiliki beberapa pertanyaan...
1. apa yang lebih dominan menyebabkan MB birahi? kroto yang berebihan atau jangkrik yang berlebihan?
2. berapa banyak jangkrik n kroto yang harus diberikan ke MB setiap harinya?
3.bagaimana pembagian porsinya?apakah pagi saja?atao pagi n malam?n berapa banyak untuk masing-masing waktu pemberian makan?
4.berikut ini saya sertakan photo murai saya, yang saya mau tanyakan apakah burung ini terlalu kecil?ataukah terlalu kurus?namun satu hal yang pasti suaranya gak sekecil badannya....(sory gambarnya kurang bagus karna saya pake PDA, maklum gak ada digicam.

http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/d2bcscd.jpg?phQNW6EBijTX_rI2
http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/81cescd.jpg?ph4cW6EB9.U.FI6e
http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/7c35scd.jpg?ph4cW6EB0jpQyY9q

cj
21 August 2006, 03:49 AM
Pak Steve,

Wah boleh juga tuh ... bagus berarti tuh MB... kalo deket bisa di temuin MB ku ....

Sebenarnya saya memiliki beberapa pertanyaan...
1. apa yang lebih dominan menyebabkan MB birahi? kroto yang berebihan atau jangkrik yang berlebihan?

Kroto dapat membuat burung rajin berkicau, suaranya merdu, kondisi tubuh sehat dan bulu terlihat indah. Pemberian dalam jumlah banyak akan mempengaruhi proses rontok bulu. sebagian para ahli bila burung mabung pemberian kroto 2 kali lipat pemberian standardnya.

Kroto merupakan sumber protein hewani yang sangat baik. Protein hewani ini berguna dalam pembentukan sel tubuh dan sumber tenaga. Bila kekurangan protein, burung akan malas berkicau, pertumbuhan terhambat, dan bulu tumbuh tidak sempurna. Jadi pemberian kroto dalam jumlah banyak membuat over tenaga si burung yang mengakibatkan birahi. Sebaiknya pemberian kroto diatur sambil diamati bagaimana kondisi burung. Pemberian yang pas sesuai kebutuhan si burung akan mengakibatkan kerja burung yang optimal. Ingat setiap burung mempunyai karakter sendiri-sendiri, ada yang cukup 1 sendok kroto sehari, ada yang 2 sendok, dan malah ada 2 hari sekali. yang mengerti kondisi burung terutama mb om Steve ya Om teve sendiri.

Jangkrik, juga mempunyai kadar protein yang tinggi, sekitar 58-60 % (Baca Kiat Sukses Beternak Jangkrik, Aneka Ilmu Semarang). Karena jangkrik mempunyai kadar protein yang tinggi, bila diberikan kepada si burung berlebihan tentu mengakibatkan birahi juga. Pemberian jangkrik sebaiknya dibatasi, misal komposisi 5-4 artinya 5 pagi 4 sore, 4-3 artinya 4 pagi 3 sore. Pemberian jangkrik sebagian besar kicau mania diberikan saat mau lomba, misal lomba hari minggu porsi mulai hari kamis ditambah secara gradual. Atau malah ada yang membrikan jangkrik pada hari sabtu sampai sekenyangnya. Biasanya pemberian jangkrik dalam porsi banyak misal sehari 25 jangkrik, diimbangi dengan kandang umbaran. Dengan kandang umbaran, lemak dan energi yang begitu besar dapat tersalurkan di kandang umbaran tsb.


2. Berapa banyak jangkrik n kroto yang harus diberikan ke MB setiap harinya?

Sebenarnya jangkrik + kroto adalah jenis makanan tambahan atau istilahnya EXTRA FOODING (EF). Kalau burung di alam, si burung bisa mengatur sendiri kebutuhannya, bila dia over birahi si burung bisa menurunkannya sendiri dengan menyalurkan lewat pasangannya atau lari ke sana kemari sambil bunyi terus menerus. Nah kalo si burung kita pelihara, kita lah yang mengatur seberapa banyak EF harus kita berikan. Soal berapa banyak om Steve harus bereksplorasi dan berexperiment. Misal dengan porsi 5 jangkrik+kroto kok sdh birahi, coba mandinya ditambahi 2 kali sehari, mandi adalah salah satu meredam birahi. Bila mandi 2 kali sehari kok masih birahi, coba kurangi porsi krotonya dulu, dsb .........

3.Bagaimana pembagian porsinya?apakah pagi saja?atao pagi n malam?n berapa banyak untuk masing-masing waktu pemberian makan?

Sebaiknya pagi dan sore misal total sehari 5 jangkrik, jadi 3 pagi 2 sore + kroto 1 sendok teh misalnya.

4.Berikut ini saya sertakan photo murai saya, yang saya mau tanyakan apakah burung ini terlalu kecil?ataukah terlalu kurus?namun satu hal yang pasti suaranya gak sekecil badannya....(sory gambarnya kurang bagus karna saya pake PDA, maklum gak ada digicam.

Fotonya gak bisa diload om

pemulapemalu
21 August 2006, 03:18 PM
wah.terima kasih banyak pak....
berharga banget informasinya
mungin saya rasa murai ini harus rutin diadu, supaya bisa menghilangkan birahinya...
terus terang saya sulit mencari lawan sparing
apalagi mobil saya kebetulan sedan.jadi agak repot kalo harus bawa kandang murai.
coba saja alamat bapak dekat.....
fotonya gak bisa diload????
wah...ok coba lagi pak. ini alamatnya.semoga kali ini berhasil

http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/d2bcscd.jpg?phQNW6EBijTX_rI2
http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/81cescd.jpg?ph4cW6EB9.U.FI6e
http://f3.yahoofs.com/users/4310867ez341e68ba/fb71scd/__sr_/7c35scd.jpg?ph4cW6EB0jpQyY9q

cj
21 August 2006, 03:25 PM
WAH MANTAP SKALI OK STEVE ! TUH MURAI

KALAU BOSAN JAPRI YA .... !

Body langsing, ekornya juga sesuai kriteria lomba--> Dari Pangkal -> "Sedang - Besar - Besar" (Ref. Koh Abun) dimana Ekor yang kaya gini ini tidak akan cepat capai bila dia bertarung .....

Pokoke kalo bosan saya yang duluan ya .... he he he ...

pemulapemalu
21 August 2006, 09:46 PM
WAH MANTAP SKALI OK STEVE ! TUH MURAI

KALAU BOSAN JAPRI YA .... !

Body langsing, ekornya juga sesuai kriteria lomba--> Dari Pangkal -> "Sedang - Besar - Besar" (Ref. Koh Abun) dimana Ekor yang kaya gini ini tidak akan cepat capai bila dia bertarung .....

Pokoke kalo bosan saya yang duluan ya .... he he he ...



wah...makasih banyak atas pujiannya pak
oke deh nanti kalo saya bosan bapak duluan yang saya kontak
sekedar informasi saja pak, setelah beberapa hari ini saya mandiin 2 X sehari dan kurangi jatah krotonya, burung itu udah gak ngembung lagi tuh...
mungkin selama ini krotonya agak kebanyakan.

niceguy
23 August 2006, 09:56 PM
wah.. MB yg GAGAH PERKOSA eh,, GAGAH PERKASA maksudnya,, kecuali lagi birahi tentunya hehehe... awas om copral gak bisa liat MB jidat licin hehehe...
disamber ntar hahaha....

cj
24 August 2006, 03:10 AM
Wah ya tuh ....... BOLEH JUGA SIH .... untuk persiapan proyek masa depan bangun Farm Khusus Pasukan Elit MB setelah pensiun di desa sana. Saya bayangin bangun kopi masih pake sarung, terus menikmati kopi sambil mendengarkan alunan suara beberapa MB ku.

soponyono
24 August 2006, 03:54 PM
kok saya ga bs liat gambarnya yahh...???om bs kirim satriowening@yahoo.com
mksh om steve..

cj
24 August 2006, 08:48 PM
Lihat Thread: "MB-ku Sayang, Engkau Sudah Tidak Birahi Lagi"

Gambarnya di situ .... gak pernah lihat ya

pemulapemalu
25 August 2006, 09:08 PM
kok saya ga bs liat gambarnya yahh...???om bs kirim satriowening@yahoo.com
mksh om steve..

ok bos,,,,saya kirim deh...

kalo gak,
lihat di thread yang satu lagi om....
"muraiku sayang, engkau sudah tidak birahi lagi"