PDA

View Full Version : Biji - Bijian untuk Kenari



cece
18 February 2011, 12:57 PM
Sesuai permintaan rekan-rekan KM mengenai biji-bijian untuk pakan Kenari (especially for my bro Om Gestan :)>- ).. saya coba kutip tulisan mengenai hal tersebut :

KENARI SEED (Kanarium Memmum) : atau biji kenari, besarnya kurang lebih sebesar beras, bentuknya gepeng dan ujung-ujungnya agak runcing. Kulitnya licin dan keras tetapi mudah sekali terlepas. Yang berkualitas baik yaitu yang tua, kering bersih dan tidak berbau dan berwarna kuning muda mengkilat, yang lunak dan berwarna putih adalah biji yang masih muda dan tidak baik untuk burung. Rasanya enak dan gurih karena itu burung kenari sangat menggemarinya. Kandungannya adalah : 14,4% protein, 6,4% lemak dan 55,3% hidrat arang. Selain rasanya enak khasiatnya juga besar, kulitnya mudah dikupas dan mudah dicerna, dapat menyegarkan tubuh, menambah spirit burung yg lemah dan memperbaiki suara (terutama untuk burung yg bersuara serak dan malas). Terlalu banyak memakan Kenari Seed dapat menyebabkan dapat menyebabkan kegemukan. http://www.imagedum.com/images/430_kanariezaad.gif

MILLET (Gierst / Panicum Miliaceum) : Warnanya ada yang putih dan coklat. Kandungannya adalah protein 11,3% lemak 4,2% dan hidrat arang 60,5%. Baik untuk menggemukan burung yang kurus dan kurang sehat.
http://www.imagedum.com/images/965_millet.gif

JEWAWUT (Panikum Viride) : atau kunyit atau Otek. Khasiatnya tidak diragukan lagi karena zat yang terkandung didalamnya hampir sama dengan beras dan jagung. Bahkan dapat pula dikatakan sebagai "Havernya Indonesia" Kandungannya adalah 9,8% protein, 75% hidrat arang dan cukup banyak mengandung zat kapur yang sangat dibutuhkan burung terutama pada saat bertelur. Sangat baik untuk memperkuat tubuh. Kulitnya sangat keras, maka kenari muda akan kesulitan untuk memakannya (bisa diberikan dengan cara ditumbuk untuk melepas kulitnya) tetapi untuk kenari dewasa, kulit keras diperlukan untuk menumpulkan ujung-ujung paruhnya yang terlalu runcing.
http://www.imagedum.com/images/883_jawawut.jpg

BIJI SELADA (Lactuca Satipa) : biji ini adalah biji dari pohon selada. Warnanya hitam, bentuknya kecil gepeng agak memanjang. Biji ini dapat memmengaruhi warna bulu menjadi kehijauan, karena itu baik untuk kenari yang berbulu hijau. http://www.imagedum.com/images/679_biji_selada.jpg BIJI SAWI (Brassica Rugosa) : yaitu biji dari pohon sawi. Warnanya hitam, bentuknya bundar sebesar biji jewawut, kulitnya tipis dan agak sulit dikupas. rasanya agak pahit. khasiatnya baik untuk Kenari karena banyak mengandung Vit A
http://www.imagedum.com/images/929_biji_sawi.jpg

BIJI LOBAK (Raphanus Satipas) : yaitu biji dari pohon lobak, warnanya merah coklat, kulitnya tipis dan mudah dikupas. Rasanya pahit pedas dan mengandung banyak minyak. Burung kenari sangat menggemarinya. Baik sekali untuk kenari yagn sedang meloloh anak dan sebagai makanan kenari muda, karena mudah dicerna.
http://www.imagedum.com/images/858_biji_lobak.jpg

LINSEED / lijnsaad (Linim Usitatissimum) : kandungannya adalah 21,9% protein, 34,6% lemak dan 24,6% hidrat arang. Suka diberikan sewaktu-waktu saja terutama dimusim hujan atau dimana udara sangat dingin
http://www.imagedum.com/images/965_linseed.jpg

FUMAYIN / biji hennep (Cannabis Sativa) : termasuk dalam keluarga ganja karena mengandung candu. Bentuknya seperti merica hanya kulitnya keras dan licin berwarna putih gading. Karena kerasnya kenari tidak mampu memecahkan kulitnya dengan demikian perlu kita pecahkan terlebih dahulu sebelum diberikan untuk kenari (pada kenari besar seperti YS, dapat memecahkannya sendiri). Rasanya enak dan gurih serta mengandung banyak lemak makanya kenari cepat gemuk apabila terlalu banyak mengkonsumsinya. Baik diberikan untuk membangkitkan birahi kenari (untuk ternak maupun untuk lomba) karena mengandung zat perangsang/candu/doping.
http://www.imagedum.com/images/914_hempseed.gif

HAVER (Avena Sativa) : yaitu tumbuhan semacam jewawut. Kareana kulitnya keras baik untuk menumpulkan ujung paruh yang terlalu runcing, apabil ditumbuk akan mudah dicerna oleh kenari dan merupakan obat sakit perut / baik untuk pencernaan. Kandungannya adalah 11,3% proyein, 5,6% lemak dan 56,9% hidrat arang
http://www.imagedum.com/images/878_haver.jpg

dikutip dari :buku MENGENAL DAN BETENAK BURUNG KENARI oleh E. KOMAR SOPANDI.

silakan rekan2 KM untuk menambahkan.


salam

mondo
18 February 2011, 06:04 PM
wauw mantab om cece! :D
jadi info bagus nih!

lupa 1 biji ya: BIJI NIGER

klo boleh saya menambahkan:
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcShIQPFfm_VVe9CI38j3J6U56NdSOvnA zq5oS_oL4YWyjyhB0Tg
Biji niger berwarna hitam, rapuh dan mudah patah.
Punya khasiat menghangatkan badan karena itu cocok diberikan saat musim hujan, selain itu disukai anakan karena mudah diloloh.
Biji niger mengandung banyak lemak yang diperlukan untuk memelihara kesehatan kenari sekaligus membuatnya lebih kuat.

sumber: dari buku "Kenari & Permasalahannya" oleh Sridadi

mondo
18 February 2011, 06:17 PM
mohon maap pengen nambah lagi :)

BIJI KENARI
karbohidrat 51,6%
protein 13,5%
lemak 4,9%
mineral 2,1%
air 13,6%

BIJI LOBAK
karbohidrat 10,2%
protein 19,4%
lemak 40,5%
mineral 3,9%
air 11,5%

BIJI NIGER
karbohidrat 15,3%
protein 17,5%
lemak 32,7%
mineral 7,0%
air 8,4%

sumber: Kiat Sukses Memelihara Kenari terbitan Redaksi Agromedia

monggo ditambah n dikoreksi
semoga membantu

padhe.hilal
18 February 2011, 11:10 PM
top markotop jos markojos
nice share om ... matur nuwun sanget
he2...dulu hanya beli saja tanpa ngerti funsinya...tapi berkat thread ini jadi makin paham akan pakan KN

Radick
19 February 2011, 12:56 AM
nice share om-om semuanya..menambah ilmu newbie

AnAn_SoLo
19 February 2011, 02:52 AM
Info yang bermanfaat Om Cece, Thank's..

lie_ambar
19 February 2011, 09:42 AM
Muantabbbbb........

Bravo deh buat Oom Oom semua.... Sukses KM'r

ijin Copy yach.....buat catatan.....:D

DS
20 February 2011, 01:13 AM
Thanks infonya, kalo yang share pakarnya emang beda

Noted : gambarnya koq ga mau nongol di comp ku ya ?

wageboy
20 February 2011, 01:39 AM
Tambah lagi ilmuku ........ Thx.=D>

andhi_kapau
20 February 2011, 04:46 AM
nice sahre om..

terus sekarang berapa presentase pemberian biji2 tersebut untuk KN kita ?..

mondo
20 February 2011, 09:21 AM
nice sahre om..

terus sekarang berapa presentase pemberian biji2 tersebut untuk KN kita ?..

paling sering digunakan biji kenari dan biji sawi dng perbandingan 1:1.
biji2 sisanya ditambahkan sendiri sesuka hati ato sesuai kebutuhan...

pke feeling aja gitu om hehe

cece
21 February 2011, 12:18 PM
Thx, buat Om Mondo yang dah nambahin.. jadi makin lengkap nich..


salam

achmad depok
22 February 2011, 11:25 AM
ths om

co_ganteng13
23 February 2011, 10:22 PM
asyik tambah info tambah ngelmu... :)

cece
29 March 2011, 11:45 AM
sekedar bagi cerita aja..

dulu waktu saya pemula juga bingung beli makanan kenari selalu yg sudah dicampur saja biar gampang..
tp skr setelah melihat kegunaan masing2 biji2an..
ada fotonya juga. mungkin reka2 KM bisa mencoba meracik sendiri makanan campurannya tergantung dari kondisi burung yg kita punya..

selamat mencoba..
ehh.. kl jadi bagus ceria jg yah komposisinya.. hehe..

yudhistira69
29 March 2011, 12:14 PM
om2..untuk kenari yg sedang di ternak atau sedang mengeram sampai akan meloloh racikannya bagaimana baiknya om?

bljrburung
16 April 2011, 12:51 PM
nice info om...
mantap jaya...

Ronie
16 April 2011, 04:59 PM
mantaf om cece

Kuswono
16 April 2011, 05:44 PM
terima kasih inponya suhu.. =D>
berguna bgt bagi saya yg masih pemula

yan's
16 April 2011, 08:23 PM
Thx for sharing om..

brendy
29 July 2011, 02:34 PM
nice share om... mantabs inponya! =D>

blitz301
12 August 2011, 04:15 PM
Nice Inpo OM cece,,,mo langsung di praktekin neh ilmu nya

weinaer
21 August 2011, 11:17 PM
om, kalo biar KN kita birahi tinggi biar cpet dapet mpmpngan dikasihnya biji yang mana ya?

cece
22 August 2011, 05:34 PM
trimakasih buat temen2 yg udah ngasih comment ..

kl biar cepet dapet momongan sih mending dikasih yg komposisi buat ternak aja pakannya om..
sama perlu juga tambahan vitamin kali yah.. kl ga ga cukup dari cuma pakan aja..

setiyawan
4 October 2011, 04:18 PM
Terima kasih infonya Om, ijin copy .....

pantailosari
8 October 2011, 04:14 PM
kereennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn thanks infonya

Jajan_pasar
12 October 2011, 08:17 PM
:)>-trims pencerahannye om=D>

ujungpensil
14 October 2011, 05:19 PM
Muanteb infonya.....

alan2
15 October 2011, 12:01 AM
Makasih infonya para senior KM.....:)>-

Sandyku
2 November 2011, 06:22 PM
om mohon petunjuknya, coz masih awam dengan burung pemakan biji-bijian ini.

saya pernah bertanya kepada penjual burung kenari katanya "kalo kenari import harus dikasih pakan yang import juga seperti Vitakraft om"
apa demikian ya? emang dengan pakan yang lokal apa bedanya om? trus yang import kok ada kaya potongan-potongan selain biji2an om?

Terima kasih om-om sebelumnya...

uchuk
2 November 2011, 06:45 PM
[QUOTE=Sandyku;860459]om mohon petunjuknya, coz masih awam dengan burung pemakan biji-bijian ini.

saya pernah bertanya kepada penjual burung kenari katanya "kalo kenari import harus dikasih pakan yang import juga seperti Vitakraft om"
apa demikian ya? emang dengan pakan yang lokal apa bedanya om? trus yang import kok ada kaya potongan-potongan selain biji2an om?

nah itu sdh tau bedanya, kl menut ane yg impor lebih lengkap unsurnya om, karena kn import biasa dikasih makan seperti itu ya kita harus meneruskannya, kl mau dirubah ya hrs pelan2

chandramurai
2 November 2011, 07:02 PM
[QUOTE=Sandyku;860459]om mohon petunjuknya, coz masih awam dengan burung pemakan biji-bijian ini.

saya pernah bertanya kepada penjual burung kenari katanya "kalo kenari import harus dikasih pakan yang import juga seperti Vitakraft om"
apa demikian ya? emang dengan pakan yang lokal apa bedanya om? trus yang import kok ada kaya potongan-potongan selain biji2an om?

nah itu sdh tau bedanya, kl menut ane yg impor lebih lengkap unsurnya om, karena kn import biasa dikasih makan seperti itu ya kita harus meneruskannya, kl mau dirubah ya hrs pelan2
trs saya mau tanya makanan untuk kenari yg diproduksi di indonesia tp dah bisa dikatakan standar internasional/buat burung import apakah merknya dan saat menyebutkan merk sebutkannya dengan jelas ya karna saya hanya tanya bukan berbau ingin iklan ..terimakasih

Mo Punx
2 November 2011, 08:22 PM
om saya mau nanya neh setealh saya liat ternyata rata2 tiap biji mepunyai kandungan yang sama cman tingkat persenan aja yang beda nah..pertanyaanya kalo kenari hanya di kasih 1 jenis biji saja contohnya "canary seed" selama terus menerus apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan burung kenari tersebut..........ket:"EF yang lain seperti sayuran dan buah jalan terus cman biji saja yang satu jenis"
thanx om

cece
3 November 2011, 09:50 AM
trs saya mau tanya makanan untuk kenari yg diproduksi di indonesia tp dah bisa dikatakan standar internasional/buat burung import apakah merknya dan saat menyebutkan merk sebutkannya dengan jelas ya karna saya hanya tanya bukan berbau ingin iklan ..terimakasih

mengenai hal ini sy kurang tau dgn pasti.. tp yg pasti masing2 merk pasti punya kelebihan & kekurangan masing2..

tp intinya begini Om Chandramurai, sebisa mungkin untuk burung apa pun pakan dan rawatannya diusahakan mendekati dgn pakan & rawatan dari yg ngerawat sebelumnya.. dan bila ingin merubahnya sebaiknya dilakukan secara bertahap alias pelan2.. jgn terlalu extreeeeemmm.. ntar burungnya kageeettt... :-*


om saya mau nanya neh setealh saya liat ternyata rata2 tiap biji mepunyai kandungan yang sama cman tingkat persenan aja yang beda nah..pertanyaanya kalo kenari hanya di kasih 1 jenis biji saja contohnya "canary seed" selama terus menerus apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan burung kenari tersebut..........ket:"EF yang lain seperti sayuran dan buah jalan terus cman biji saja yang satu jenis"
thanx om

selain kandungan gizi yg telah disebutkan sebelumnya... tiap bijian pasti mengandung gizi or vitamin yg lainnya yg tdk disebutkan dlm literatur.. dan sifatnya saling melengkapi ditambah lagi rasa bijiannya pasti berbeda..
jadi supaya lengkap, lebih baik bijiannya dicampur saja.. supaya vit & gizinya lengkap + burungnya ngga bosaaaannn..

bila diberikan hanya satu macam biji, ada kemungkinan burungnya bosaaaann (itu cuma perkiraan asal aja.. alias sy blm pernah coba.. :D:D )

burst
31 December 2011, 09:37 PM
om mw tanya nih kalo kenari ane ngeriwik melulu gimana nih apa perlu kasi biji fumayin, kalo kebanyakan fumayin kata org2 berbahaya nih om...

Angin
1 January 2012, 02:20 AM
nice sharing om. jadi nambah ilmu nih

deroef
9 April 2012, 03:58 PM
sangat bermanfaat infonya..
kalo untuk kenari lomba gimana ya setelannya???

rony setiawan
29 April 2012, 03:51 AM
Siiip..thank's Boss!:)>-

vio88
14 January 2013, 12:52 PM
Nce info... pengetahuan dasar tapi harus diketahui sama newbe seperti ane nih
makasih om

Salvo
19 February 2013, 01:12 AM
wah mantab infonya, oiya mau tanya klo fumayin itu emang asli biji ganja ya ?
emang bener bisa buat kenari pelong suaranya dan napasnya panjang ?

mohon masukannya ya para suhu
terim kasih

HENRY LOMPO
19 February 2013, 05:13 AM
lama gak muncul
baca dr awal....
mantap
nambah ilmu deh..

@A
22 October 2013, 03:40 PM
itu merck apa aja om yg mencakup semua pakan biji

Ari SN
22 October 2013, 05:56 PM
itu merck apa aja om yg mencakup semua pakan biji

pertanyaan yang sama nech...
adakah pakan kenari yang teruji recomended ?

42d3e78f26a4b20d412==