PDA

View Full Version : kenari mengangkat kaki kenapa ya?



mondo
5 February 2011, 03:55 PM
hari ini saya melihat kenari saya mengangkat salah satu kakinya...
warna kakinya jadi merah, tapi saya tidak melihat adanya benjolan (hanya saya duga mungkin cuma sisiknya)
setelah lama mengangkat kaki kiri, ganti kaki kanan diangkat, abis itu ganti lagi kiri.

nafsu makan masih sama, sayur pun masih diembat lahap
setiap malam saya kerodong

sudah tanya orang2, ada yang bilang tangkringan kotor, ada yang bilang digigit nyamuk (moga2 aja nggak)
ada yang tahu ini karena apa? dan bagaimana pengobatan terbaik?

n.b. saya sudah coba buka thread ttg penyakit kenari, tp tdk lengkap, tidak ada gejala yang seperti ini...

makasih

uwodeyen
5 February 2011, 04:20 PM
baru hari ini ya? :-?
coba liat kukunya om, biasanya kenari yg kukunya keliwat panjang
suka nyangkut di jeruji, hal ini bisa menyebabkan kuku terlepas lho
saran saya, coba pake tangkringan yg lebih besar dari biasanya
lebih bagus lagi yang ada ampelasnya

saya do'akan kenari nya tidak apa2 om

salam kompak

najiv22
5 February 2011, 04:43 PM
pya sy juga dulunya begitu om... setelah ganti tangkringan yg agak besar jd sembuh sendiri..

Istono Yuwono Rheistmara
5 February 2011, 05:07 PM
tangkringannya saja yg diganti dengan diameter yg lebih sesuai...
atau tangkringannya terlalu halus (bukan ranting asam/amplas)
trus kalau tangkringannya tunggal.. tambah jumlahnya.. jaraknya tangkringan 1 dengan yg lainnya jangan terlalu jauh pula supaya saat dia anjlok ke tangkringan bawah tidak begitu anjlok sekali yg membuat telapaknya menjadi bekerja tellalu berat untuk menopang berat badannya... kalau kandangnya masih mentahan.. ganti ya om.. yg sudah ber cat/vernis... semoga membantu

mondo
5 February 2011, 06:59 PM
tangkringan? wah sejak pertama beli saya beli tangkringan yang diameternya besar...
klo ga salah dari pohon asam atao apa gitu
rada mulus tapi masih ada tekstur kasarnya...

mumpung baru sakit hari ini makanya sy cptan tanya... O_O
di pergelangan kakinya itu lho, merah warnanya...

terimakasih yang uda ngedoain biar cpt sembuh~

mondo
5 February 2011, 07:01 PM
oh ya btw, umurnya masih 1 bln lebih sedikit, kukunya masih belon panjang2 amat...
tangkringannya berdiameter besar!

aripin
5 February 2011, 07:37 PM
tangkringan? wah sejak pertama beli saya beli tangkringan yang diameternya besar...
klo ga salah dari pohon asam atao apa gitu
rada mulus tapi masih ada tekstur kasarnya...

mumpung baru sakit hari ini makanya sy cptan tanya... O_O
di pergelangan kakinya itu lho, merah warnanya...

terimakasih yang uda ngedoain biar cpt sembuh~

kalau ada merahnya dan agak bengkak biasanya terus samar2 ada lendir kuning yg kering om. Saya rasa bukan masalah tangkringan.

Nunggu om Anan atau om Cece saja.

KN saya juga pernah mengalami belum lama ini. Tapi ngga sampai angkat kaki dan saya biarin sembuh sendiri.

mondo
5 February 2011, 08:24 PM
emmm lendir kuning kagak ada sih...

kakinya cuman merah aja n keliatan pembuluh darahnya. di pergelangan kakinya itu merahnya paling parah tapi bengkak ato nggak saya nggak tau (masih baru pertama piara KN nih) yang jelas kaki satu itu yang selalu diangkat...

uda saya olesi minyak tawon... semogaaaa cepet sembuh...
dan semoga KN nggak trauma uda saya genggam

jodi
6 February 2011, 09:48 AM
Ijin nyimak dulu ya om ....

mondo
6 February 2011, 02:37 PM
waw! kemaren saya olesi minyak tawon, trus saya kerodong.
dan hari ini dia baik2 saja!
horeee sembuuuh!!!

makasih all, semoga pengalaman ini bisa jadi pelajaran

cece
7 February 2011, 10:45 AM
baru baca hari ini om..

kl sudah sembuh bagus deh om..
emang minyak tawon bagus buat kaki kenari .. aman pula om..

kl tangkringan pakai asem udah bagus om.. cuma kayu asem kan banyak juga ukurannya.. biasanya kl beli tangkringan bilang aja buat kenari.. yg jualnya pasti udah tau koq om..

nanti kl kenari om kakinya udah ga merah lagi.. tp masih suka angkat2 kaki.. yah itu sih wajar om.. maklum kenari om kan masih anak-anak.. biasa suka iseng2.. hehehe...

nana123
7 February 2011, 10:48 AM
Saya ikut senang om...=D>:D:)>-

mondo
7 February 2011, 10:53 AM
nanti kl kenari om kakinya udah ga merah lagi.. tp masih suka angkat2 kaki.. yah itu sih wajar om.. maklum kenari om kan masih anak-anak.. biasa suka iseng2.. hehehe...

iseng? ya ampun!? benarkaah????? O___O

soalnya pagi ini saya liat kakinya uda kembali ke warna normal, tapi kakinya diangkat...
saya sampe khawatir dan cepet2 ngolesi minyak tawon lagi...

kasihan juga masa harus saya kejar2 di dlm sangkar trus saya genggam...
kenari trauma ga sih klo digenggam? T_T takut ga bisa jinak

uwodeyen
7 February 2011, 11:08 AM
syukurlah sudah sembu, ikutan senang juga om

mondo
7 February 2011, 11:23 AM
makasih...
semoga aja om cece bener, si kenari cuma usil2 angkat kaki... hehehe

RZ AZIZ
10 February 2011, 02:50 AM
saya punya 2 kenari om, semuanya biasa angkat kaki, kalau menurut saya biasalah om burung angkat kaki, karena AM, AK, Kacer, semuanya suka angkat kaki, kayak kita kalau duduk. hahaha

cece
10 February 2011, 10:53 AM
saya punya 2 kenari om, semuanya biasa angkat kaki, kalau menurut saya biasalah om burung angkat kaki, karena AM, AK, Kacer, semuanya suka angkat kaki, kayak kita kalau duduk. hahaha

=))=))=)) setujuuu...
saya juga kl duduk suka angkat kaki.. tp ga dikasih minyak tawon.. haha..

tp bener koq om Mondo.. kl diperhatiin terus kenari tuh jadi seperti banyak masalah.. padahal brg nya sih nyantai2 aja..
kl cuma ngangkat kaki.. tp ga ada merah.. atau bengkak .. yah sudah lah ..anggap aja kebiasaan...

42d3e78f26a4b20d412==