PDA

View Full Version : pilih MB muda hutan atau trotolan??



Nocona
29 June 2007, 11:10 PM
hallo para KM mania...
mo tanya nih, lebih baik beli MB muda hutan atau trotolan? dengan asumsi semuanya belum makan voor..

terima kasih....

Kurniawan
29 June 2007, 11:15 PM
trotolan om nocona..lbh gampang nyetelnya..kalo voer kan lbh mudah ngajarin yg trotolan drpd yg muda hutan...coz pengalaman sendiri beli muda hutan blm makan voer...bukan susah ngajarinnya seh..resiko matinya lbh tinggi muda hutan drpd trotolan..

Nocona
29 June 2007, 11:47 PM
hmmm...tapi kalo trotolan masih perlu di loloh gk yaa??
terus apa masih bisa di pasangin ring??
satu lagi, kalo trotolan berarti dia belum terlalu dengar bunyi2 dari hutan yaa??
beda ma yang muda hutan, karena sampe dewasa udah ada di hutan...gimana om?

Kurniawan
29 June 2007, 11:59 PM
wah setahu saya kok kalo uda trotol bisa makan sendiri kok om..toh kalopun msh ngeloloh,ga lama jg kok ngajarinnya..AK saya dulu ambil malah msh piyik..seminggu uda bisa makan sendiri..ehm kalo mo dipasangin ring..bisa aja seh,cuman kasihan aja ngeliatnya..kalopun bisa paling dipatokin trus tuh ring..soale ga biasa trotolannya pake ring dr kecil..trus kalo mo isian yah lbh awal lbh bagus..trus di master aja tiap hari...menurut saya lho om

Nocona
30 June 2007, 12:35 AM
hmmm trotol harganya sekitar 650k, itu pun nangkep dari alam, takutnya kenapa2. terus tambah dikit udah dapet burung yang setengah jadi....hihihi jadi binun nih mas....dan trotolan alam itu juga ngk jelas silsilahnya...

Kurniawan
30 June 2007, 04:49 AM
kalo pgn silsilah yg jelas..yaa ambil di farm aja he..he..he.. :D

herryaceh
30 June 2007, 09:14 AM
hallo para KM mania...
mo tanya nih, lebih baik beli MB muda hutan atau trotolan? dengan asumsi semuanya belum makan voor..

terima kasih....

Saya mau coba jawab nich :
1. Trotolan.
Kelebihan : Cepat mau makan Voer.
Cepat mau berbunyi.
Cepat jinak dan mudah untuk dimaster.
Pasca rontok pasti jadi.
Kekurangan : Harga relatif mahal.
Suara alamnya masih kurang.
Salah dalam perawatan bisa menyebabkan lumpuh.
Kalau terlalu jinak juga kurang bagus untuk lomba.
Membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk siap lomba.
2. Muda Hutan.
Kelebihan : Suara isian hutan sudah ada.
Fisik lebih kuat, sehingga resiko lumpuh menjadi kecil.
Gaya dan suara treknya sudah bisa dilihat dan didengar.
Harga relatif lebih murah dibandingkan trotolan.
Kekurangan : Lebih sedikit liar, sehingga butuh waktu untuk menjinakannya
Juga perlu waktu beberapa hari supaya mau makan voer.
Pasca mabung belum tentu langsung jadi.

Maaf ini hanya analisa untuk perbandingan saja, dan ini juga berdasarkan pengalaman saya, yang suka membeli MB bakalan tangkapan hutan, baik yang trotolan maupun muda hutan.

Silahkan dikoreksi kalau ada kesalahan atau kekurangan.

sh
30 June 2007, 09:15 AM
Menurut saya keunggulan trotolan :
1.Mudah dilatih
2.Relatif mudah hidup
Kelemahannya :
1.Salah latih bisa jadi jinak/ngebatman.
2.Bisa salah ngisi atau terdengar suara 'kota':
kucing,ayam, dll karena trotolan cepat sekali merekam.
3. Ngadu dilomba masih lama,paling cepat 2 tahun,jadi musti sabar.
4.Harga lebih mahal drpd MH bakal.
Namun trotolan dibagi 2:
1.Trotol Hutan
Trotol ini relatif lebih kuat tubuhnya karena sejak netas makanannya alami, isian hutan.
2.Trotolan Kota alias hasil tangkaran, relatif mudah dilatih krn pada umumnya nggak takut orang, isian tergantung burung2 yg ada di farm dan lingkungan kota (kucing,*(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)*,ayam,klakson,tokek dll).
MH bakal keunggulannya :
1.Membawa suara asli dari hutan, variasi suara tergantung dari hutan dimana dia netas.
2.Rata2 bertubuh kuat,krn sejak netas dibesarkan makanan alami. Dan MH yg bisa survive tentu burung yg sehat.
3.Harga lebih murah drpd trotol.
Kelemahan MH:
1.Mudah stres.
2.Agak lebih lama melatihnya, bisa bisa MB lama sekali baru bunyi.
.Meskipun MH dan trotol hutan sehat pd awal ditangkap,tapi krn stres diperjalanan maka bisa menjadi tidak sehat.

Kalau saya sih pilih yg MH tapi sudah bunyi,dgn demikian saya bisa mengetahui seberapa besar volume suara dan type panjang / pendek suara MB.?Konsekuensinya harga lebih tinggi.

herryaceh
30 June 2007, 09:23 AM
Lho Koq bisa hampir sama pemikiran kita Om SH...?

sh
30 June 2007, 09:40 AM
Lha memang kondisi riil nya begitu kok Om Herry, mau dikarang dan dilebih2kan malah nggak klop kan Om?

johanespek
30 June 2007, 10:13 AM
saya setuju banget dengan pemikiran dua pakar kita om herry dan om sh dan saya lebih memilih MH yang sudah bunyi jd bisa tau dasar suaranya .....syukur2 sdh bisa ditrek...... lebih tau gaya fightnya ........ kalau cita2 sih beli yang udah juara...... lebih tau kwalitasnya..... tul gak om pakar....
hehehe sory om JK..

Joe
30 June 2007, 10:44 AM
yang mau saya jawab, semuanya udah diborong sama om SH dan om Herry he he he he..... jadi mau menambahkan aja, kalau kita pelihara dari trotol atau MB dan sebut saja 2 thn kemudian bisa prestasi, wah PUAS luar biasa...!!!

Dengan bangga, kita bisa bilang begini ke orang2 : itu burung yang juara, saya lolohin dari kecil, rawat, sampai sekarang bisa jadi juara, hebat ga gua??
he he he.....

sh
30 June 2007, 11:35 AM
Koreksi Om Johanespek: saya bukan pakar MB, saya cuma tahu sedikit, tapi nulisnya banyak.......biar rame forum MB....hwa ha ha ha ha ......
Pilih yg mana? MH bakal atau trotol hutan atau trotol kota?
Semua terserah selera masing masing.
Om Joe, ya jelas dong kalau bisa begitu pastilah puas....tapi tidak semua hobiist bisa melakukannya karena keterbatasan waktu, butuh ketelatenan, kesabaran,burung isian, dll.

arief
30 June 2007, 11:39 AM
Sip saya setuju dengan Om SH, memang sekarang jagoannya om tapi awas ya om jgn kebablasan ya om ntar repot bawanya hehehehe, apa pesen Om Sh ? hehehehe
Thanks

sh
30 June 2007, 12:42 PM
Om Arief,kalau Sampeyan pasti pilih yg sudah jadi, tinggal goyang saja, si Raja Hutan kan?

zalthie
2 July 2007, 01:40 PM
Saya pilih Muda Hutan, dengan pertimbangan alasan dari om Hery dan om SH tadi.

Peace

YP Linge
2 July 2007, 02:11 PM
Boss,
Aku boleh ikut nimbrung kan.... mohon maaf klo salah ya.. aku cuma mau coba2 nambahin aja dari yang sudah di jabarkan oleh om Herry dan SH di atas tadi... poin2nya aku setuju..
Tapi Ehm begini bro.. kalo aku pribadi, aku akan lebih memilih yang trotol..disini aku menganggap krn orientasinya utk kontes. Dr trotol kita bs mengeset lagu yg kita inginkan. kita bisa set MB ntnya hanya mengeluarkan lagu2 master saja (tembakan, besetan, lengkingan, kerikan). jadi tidak ada suara sejatinya (alam), atau istilahnya orang2 sering bilang suara mbulat. utk membuat seperti ini memang tdk mudah, tapi jg tidak sulit. asalkan waktu dan tempatnya memenuhi syarat. Jadi Utk mencetak MB seperti ini hanya bs saat masih dari trotol... kebayang gak klo MB kita nantinya setiap buka mulut, yg kluar hanya suara tajam2, tembakan, besetan, kerikan, alunan. tanpa ada diselingi suara mbulat (alami) MB itu sendiri??? dasyat kan...!!!
Pernah ada diskusi dgn bbrapa Juri Nasional yang salah satu perkataan mereka yg saya kutip adalah sbb " Murai Master kalo msih sering mengeluarkan suara alamnya, percuma donk kita memasternya berkali2 saat mabung..... Tujuan memaster kan utk memasukan lagu2 unggulan dan meminimalkan atau klo mgkn menghilangkan sama sekali lagu alamnya (suara bulat)".
Nah bedanya dengan MB Muda Hutan, Rata2 sudah memiliki suara alaminya...
Pengalaman... suara alami ini gak akan bisa kita hilangkan walaupun sudah melewati proses mabung dan di master berkali...

herryaceh
2 July 2007, 02:28 PM
Betul Om.
Makanya, hal ini tergantung dari pribadi masing-masing orang.
Mau pilih trotol monggo, mau MH juga nggak masalah.
Ada orang yang ingin MBnya punya suara alam atau hutan.
Ada juga orang yang ingin MBnya terisi dengan suara masteran.
Memang selera orang bisa berbeda-beda.

ade_yudhitama
2 July 2007, 03:04 PM
Om2..apa benar kabar katanya mulai thn 2008 Lomba untuk kelas Murai dan AK harus yang pakai ring??

zalthie
2 July 2007, 03:11 PM
Bravo MB ring dan save the MB from their habitat.

herryaceh
2 July 2007, 03:12 PM
Saya sebaiknya tidak menjawab pertanyaan Om Ade Yudhitama.
Alasannya:
1. OOT (Out Of Topic)
2. Nanti bisa ditegur sama Moderator.
3. Saya tidak tahu persis tentang informasi ini.
Jadi Om Ade, coba ajukan pertanyaan yang sesuai dgn topik.
Maaf Om Ade, saya hanya berusaha meluruskan.
Bravo Jatim.

42d3e78f26a4b20d412==