PDA

View Full Version : (HELP) TL knp bulunya Mengembang ya ??



herdiyon
13 January 2011, 02:08 AM
para pakar TL .. tolongin TL sy donk .. knp bulunya jd ngembang gt ya ? tp mkn abis banyak kayak nya sehat dan sering bunyi .. pdhl TL sy jangkriknya doyan bgt bisa 5 di kasih pake tangan lagsung di mkn .. di kasih kroto jg abis terus .. yang bikin heran knp dia ngembang terus ya bulunya jd kliatan bulet .. jd kurang sip di liatnya .. apa karena krotonya ap sebab yg lain ya ? sy kasih krotonya nya setiap hari dikit doank padahal .. oia, burungnya jinak klo di dktin siul2 gt .. kadang kalo di main2 in ruji kandang .. tuh burung diem aj di pangkringan smbil siul2 kcil ky ngriwik .. tapi burung kayanya sehat kalo di deketin terus di goda ruji kandangnya cuma naik turun pangkringan dan bulunya jadi normal .. nah klo di diemin beberapa saat kemudian ngembang lagi jd bulet .. padahal saya sudah kasih vitamin sama obat cacing .. tp belum ada perubahan masih gtu terus .. apa karena birahi apa sebab yang lain ya ?? oia stelan harian biasa nya : pagi buka kerodong terus di diemin dl .. abis itu di semprot embun sedikit .. cepuk di penuhin air dan dia mandi sendiri .. setelah bulu kering baru di jemur kira2 1 jam jemur soalnya klo udh gak ada cahaya matahari lagi tuh burung jd Bulet lagi .. terus di gantang di teras terus di kasih jangkrik 5 sm kroto dikit doank .. terus temennya cm kenari doank .. padahal gak ada burung yg lain nya .. misalnya burung yg bertipe fighter jg .. CI, LB, sama CJ Di taruh di belakang .. dan suara yg di dgr di dpn buat tledekan sm kenari gak bgtu keras .. cuma ya bgtu knp TL bulunya ngembang ya .. mungkin ada penyebab lain .. tolongin donk para pakar soalnya knp TL saya begitu .. mslh nya kliatan body nya jd gak bgus soalnya jd bulet dan kurang lincah gerakannya ..

Karto Manuk
13 January 2011, 11:11 AM
saya bantu sundul ajah ya om, soalnya kasusnya saya alami juga n belum dapet solusinya..
monggo om, yg dah pengalaman silahkan dibagi..

kindef_united
13 January 2011, 11:24 AM
ini yang bikin TL ku kapan hari koit....
gara2 kurang panas, kurang nutrisi ato infeksi ya..??

ijin menunggu dan menyimak om....~O)

Karto Manuk
13 January 2011, 11:37 AM
ini yang bikin TL ku kapan hari koit....
gara2 kurang panas, kurang nutrisi ato infeksi ya..??

ijin menunggu dan menyimak om....~O)

widiwwwww, ngeri..
moga2 punya kita gak gitu om..
ayo dong om kasih solusi

nana123
13 January 2011, 11:57 AM
Mungkin krn faktor cuaca yg emang lg ekstrim om, nunggu pakar yg laen aja om sekalian saya ijin nyimak soalnya ini mungkin gk terjadi hny pd TL aja mungkin pd momongan yg laen jg:)>-

Karto Manuk
13 January 2011, 12:45 PM
belum ada pakar bicara
sundul lagi ya....

suparta
13 January 2011, 01:29 PM
sekedar share aja nih.. ya..
TL saya juga pernah seperti itu..saya kasi vitamin ke airnya setiap hari..kira2 3-5 hari sudah normal seperti biasa dan jangan lupa rajin jemurnya...

maaf kalau salah cuman sekedar sharing aja..

wassalam

ndoro agung
13 January 2011, 01:33 PM
Coba Ikutan Nimbrung kali aje cocok.
TL ngembung ada beberapa sebab
1.Gejala Cacingan
2.Kutuan
3.Mau rontok
4.Kalah Mental
5.Masuk angin
TAPI KLO SELAMA INI TL dlm kondisi sip markosip tau2 mengkrok/ngembung hal entu jg di pengaruhi cuaca yg lage kurang sippppp
Klo di lihat dari pola rawatan seh dah mantafffffff..cuma sedikit di robah aje mengingat saat ini HUJAN lagi buanyak tentunye zemur zadi kurang
1.Tambahken porsi EF mau krotonye,UH,jangkriknye terserah EF HARUS selalu dalam KEADAAN segar TERUTAMA Kroto saat penyajian dari kulkas jng langsung di beriken anginken minim 1 jam baru di beriken.
2.Kurangi Porsi mandinye klo ga STOP sementara biarken die mandi semaunye di cepuk .
3.Vor Kudu selalu segar minim 2hr 1x di ganti yg baru jng main nambah di cepuk baeknye seh di takar setiap hari pas habis jng sering2 mencampur vor lama dng yg baru max 2 hari di cepuk segera ganti baru.
4.Tambahken di air minum VIT jg air minum TIAP HARI GANTI DNG YG BARU,baeknye penempatan air minum pake KERAMIK.
5.Zauhken sementara dari burung2 BANGOR spt MB,Pentet dll
6.saat Istirohat kerodong yg rapat
7.Kebersihan kandang pagi sore alas selalu kering
8.Klo dng perobahan pola rawatan msh terlihat LESU beriken obat CACING.
Perhatiken bulu2 ada yg mulai rontok tidak klo ketahuan mulai rontok perlakuken spt burung mabung
Wes entu aje numpang gobleg moga bener ...ma'af klo banyak ngawurnye

kindef_united
13 January 2011, 02:20 PM
manteebb mbah ilmunya.....:good:.

tak kirim'i gedang ijo....

herdiyon
13 January 2011, 09:30 PM
wah ..maksih buat saran2 dari rekan semua ..
untuk mbah NA makasih jg maaf coba saya cek dl ya mbah mungkin ada yg klewat sm rawatan saya ..
1.cacingan : sudah pernah saya kasih obat cacing mbah yg buat unggas bentuk kapsul saya buka kaya serbuk kristal putih dan saya campur ke air selama 3 hari ..
2.kutuan : tl saya kliatan jarang mengusik dan menyisir bulu mbah ..
3.mau rontok : klo saya liat belum ada bulu halus yang rontok.. tetapi ada 1 helai bulu ekor yg jatuh ..
4.kalah mental : waktu itu saya pernah punya tl 1 lagi ..sy pikir2 gak bagus punya 2 tl terus saya jual burungnya yg 1 lg ..pernah di track sebentar .. tp harian saya taruh di samping rumah gak pernah tatap muka cuma burungnya sm2 ngoceh terus .. maka itu yg 1 lagi saya jual ..
masuk angin : mlm selalu di krodong dobel mbah tp mungkin jg cuacanya mlm dingin tp pagi mendung .. jd burung gak kondisi ..
oke mbah untuk perubahan rawatan saat cuaca hujan sperti ini yg mbah kasih saran saya coba laksanakan ..
untuk minum nya td baru saya kasih larutan penyegar .. tp sudah lumayan diminum hampir habis 1 cepuk kecil dan kynya badannya sudah berkurang menggembangnya dan seharian di krodong terus ..
kalo penjemuran saya gak bisa lebih dari jam 10 soalnya berangkat k kampus ..
mungkin dari jam 8 sampai jam 9 saja penjemuran alias 1 jam gak masalah kan mbah ?
ya untuk rekan2 semua saya ucapkan makasih atas sharingnya ..

42d3e78f26a4b20d412==