PDA

View Full Version : Numbuhin bulu ekor MB



Nocona
27 June 2007, 11:24 AM
om2 sekalian...kira2 ada yang tahu ngk, kalo murai batu yang buntutnya bondol (no buntut ) karna sengaja atau ngk, kira2 berapa lama numbuhnya lagi...dan ada kemungkinan numbuhnya cacat ngk??
mohon sharing2 pengalamannya yaa....

ma kasih..

queen
27 June 2007, 12:04 PM
Om Nocona, bulu ekor MB akan tumbuh sendirinya jika masa ganti bulu datang.. tapi kalau pengen cepat tumbuhnya coba liat di bagian tempat tumbuhnya bulu ekor apa masih ada gak sisa bulu ekor (bentuknya putih seperti plastik yang membungkus bulu tersebut), kalau masih ada kita bisa bantu pakai pinset untuk mencabutnya.... setelah itu mandikan MB dan jemur... agar tidak stres...Oke....

Ghozze
27 June 2007, 12:06 PM
Mas Nocona

Share pengalaman aja nih yah... 1-2 minggu setelah tercabut biasanya buntut MB yang panjang sudah tumbuh, saat rontok bulu normal. Namun kalau pun tercabut, sama saja asalkan tercabut tidak patah pangkal bulunya.
Kemungkinan cacat (tergantung jenis cacatnya), yang pernah MB ku alami, kedua bulu ekor tumbuh tidak sama panjangnya (mabung-1 tahun lalu), setelah mabung ke-2 sebulan lalu selesai, sekarang tumbuh sama panjang meskipun saat jatuhnya (rontoknya)tidak sama. Biasanya penyebabnya dalah gizi dan penjemuran saat bulu masih "in-progress". Saran saya, saat bulu masih tumbuh dan berkembang jangan dijemur langsung matahari (cukup cahaya bias atau angin-anginkan istilah perburungan.

Salam
Ghozze

Ronny
27 June 2007, 01:16 PM
Bisa tumbuh lagi om, jangan khawatir..tunggu dalam waktu 2 bulan pasti sudah panjang lagi.
Asal di rawat dengan benar. dan jangan di jemur dulu. berikan ef seperti biasa dan vitamin cukup 1 atau 2 minggu sekali saja.
Saran om queen bisa juga di terapkan, jika memang bulu ekornya engga tumbuh2.

Nocona
27 June 2007, 01:20 PM
sip...terima kasih atas masukannya...

salam KM

sh
27 June 2007, 01:43 PM
Om Nocona, benar apa yg sudah disampaikan oleh rekan2 diatas, cuma agak hati hatilah membeli MB non ekor, karena biasanya disengaja oleh penjual/pemikat MB, ekor hitam kan relatif lebih murah, jadi dicabutlah ekornya, kemudian di" cap" sebagai ekor biasa.

bambang-is
27 June 2007, 04:24 PM
Salam muraimania!
Aku juga pernah beberapa kali ngalami masalah bulu pd buntut murai. Mungkin ini bisa sbg bahan pengalaman juga.
Pertama dulu terjadi pd murai hasil tangkaranku, saat bulu buntut piyikan mulai panjang, tau2 pas kaget salah satu bulu primer pertama buntutnya (bulu hitam yg paling panjang) patah, padahal waktu itu numbuhnya belum full (masih bulu muda yg masih bakal terus tumbuh), tp gak berapa lama sebelum terjadinya ngurak pertama, ternyata bulu itu tumbuh lagi, tp jadinya panjangnya gak sama, lebih pendek dr bulu yg satunya lagi. Setelah ngurak tumbuhnya ternyata juga relatif agak beda panjangnya. Sekarang setelah ngurak yg kedua kalinya ternyata juga masih relatif agak beda panjangnya.
Ada lagi, waktu itu aku beli murai yg bulu buntutnya lagi dlm proses pertumbuhan panjangnya, tp belum full panjangnya, pas mau dipindah kurungan ternyata susah pindahnya, akhirnya mau dipindah dg cara ditangkap (tp bukan aku yg nangkap), akhirnya terjadi kecelakaan, semua bulu buntutnya yg hitam tercabut. Akhirnya dg susah payah treatment pembersihan bekas sisa batang bulu di pangkal tumbuhnya bulu dilakukan setiap hari, dimandikan, disemprot. Akhirnya tumbuh juga, tp jadi lebih pendek, yg tadinya 20 cm jadi 17 cm. Kalo sekarang lagi ngurak lagi, gak tau nanti seberapa panjangnya.
Trus kalo untuk murai yg nguraknya susah, aku pernah ngalami 3 kali, yg udah dikerodong full, dikroto full, jangkrik dikurangi & diasingkan tp masih juga belum mau ngurak atau ngurak tp gak sekaligus & terkesan lama, maka tak kasih ulat daun pisang, kayaknya lebih bagus lagi kalo yg udah dlm bentuk kepompong (orang di daerahku bilang "anthung atau enthung"), cukup 2 ekor pagi & 2 ekor sore, langsung ambrol. Tumbuhnya bulu juga bagus, malah buntutnya bisa lebih panjang dr bulu lamanya, kayak indukan jantanku yg tadinya pas aku dapat dr pemilik lama buntutnya rata2 20 cm, tp setelah itu menjadi 22 cm & 23 cm. Bentuk bulu yg baru juga lebih bagus, relatif lurus, tertata/tersusun rapi, gak mekar ke samping, gak pecah.
Bener kayak yg dibilang para pakar murai di atas, selama masa ngurak jangan pernah dijemur, cukup diangin2kan aja. Kalo dijemur, menurut pengalaman temen2ku, umumnya buntutnya jadi mekar kayak gunting atau melengkung, bukan ke bawah tp ke atas, atau kadang yg lebih parah bisa keriting, jika gizi pakannya kurang, atau malah bisa jadi lebih pendek dr sebelumnya. Mandi secukupnya aja, 3-4 hari sekali cukup.
Mungkin itu dulu tambahan pengalaman dariku. Makasih...

Salam,

herryaceh
27 June 2007, 04:25 PM
Om SH sudah pengalaman rupanya dengan MB bondol.
Back to Topic, jadi lebih baik itu MB non ekor jangan terlalu banyak diganggu.
Ekor akan tumbuh sendiri secara alami, umumnya pada saat mabung dan dengan sendirinya tumbuh bersama bulu-bulu yang lain.

zalthie
28 June 2007, 04:13 PM
Pengalaman saya, tidak semua MB akan memainkan ekornya pada saat bersuara, teman saya punya MB jenis air terjun yang bunyinye cukup kencang dan nyaring dan tuh MB santai aja ditongkrongannya. Saya sampai bengong sendiri lihatnya.

Ada yang lain ???

Hasan TNT BF
6 June 2008, 10:46 PM
hehe.........
ternyata mureyku buntutnya udh numbuh lg.........
setelah sekian lama br tmbh ni.....
ternyata asal dia nyaman dan perawatannya dienakin dia mau tenang........
pasti dia jg ngasih yg bgs jg buat kita.........

cj
7 June 2008, 08:51 AM
Ada kalanya Tumbuhnya ekor MB tidak seragam, ekor yg tua kadang mengganggu, sehingga si MB matokin ekor yg tua, dan efeknya kena yg muda sehingga yg muda kecabut ......

Solusinya: pegang si MB dg dimasukin ke kandang mandi dulu, jangan lupa semprot .... terus pegang hati2 dan cabut is bulu tua yg bandel tsb, jagan lupa semprot lagi bagian ekor yg dicabut bulunya .... nah setelah ini si MB tenang dan 1 mg sdh kelihatan tuh ekor MB.

Dengan demikian si MB tenang, karena kalau TIDAK dicabit bulu ekornya tua, menjadi kebiasaa seakan-akan MB tsb birahi krn matok ekor dan akan menjadi kebiasaan.

42d3e78f26a4b20d412==