PDA

View Full Version : Beda Jantan & Betina Beo & Perawatan Harian dan Suara Ayam



ramad
13 December 2010, 03:38 PM
Salam Kicau Mania!

Om2, mau tanya dong. Baru beberapa hari ini saya punya momongan baru yaitu burung beo. Kondisi sudah mau bunyi dan gelambirnya masih pendek, informasi dari pembelinya sih masih muda. Yang jadi pertanyaan adalah:

1. Saya tidak tau cara membedakan beo jantan dan betina. Mohon pencerahannya om2 para pakar, bagaimana cara membedakan jenis kelamin beo?
2. Perawatan hariannya gimana om. Apakah harus dikerodong, EF-nya, Mandinya?
3. Apakah benar bila beo sudah menirukan suara ayam, maka akan mengakibatkan beo tersebut tidak bisa ngomong suara manusia?
4. Apakah suara beo bisa menyebabkan burung kicau disekitarnya jadi mandeg? masalahnya saya ada AK trotol, AM trotol dan KC.

Mohon pencerahannya Om.

Pandu Prawira
13 December 2010, 04:47 PM
Salam Kicau Mania!

Om2, mau tanya dong. Baru beberapa hari ini saya punya momongan baru yaitu burung beo. Kondisi sudah mau bunyi dan gelambirnya masih pendek, informasi dari pembelinya sih masih muda. Yang jadi pertanyaan adalah:

1. Saya tidak tau cara membedakan beo jantan dan betina. Mohon pencerahannya om2 para pakar, bagaimana cara membedakan jenis kelamin beo?
2. Perawatan hariannya gimana om. Apakah harus dikerodong, EF-nya, Mandinya?
3. Apakah benar bila beo sudah menirukan suara ayam, maka akan mengakibatkan beo tersebut tidak bisa ngomong suara manusia?
4. Apakah suara beo bisa menyebabkan burung kicau disekitarnya jadi mandeg? masalahnya saya ada AK trotol, AM trotol dan KC.

Mohon pencerahannya Om.

Perbedaan jantan dengan betina adalah pada waktu di ngoceh,kalau cerewet dan suara tidak terlalu keras "Tiong" suara khas beo itu berarti betina.jengger menandakan usia saja.harian tergantung kebiasaan saja,kalau saya cukup dengar voer beo saja tanpa ef dan tanpa krodong,mandi semprot saja dari selang atau penuhkan saja wadah pakan ayam yang diisi air biar mandi sendiri.Beo dengan suara ayam tidak berpengaruh,kuncinya biasakan melakukan kegiatan terhadap burung sambil mengajarinya: misal apabila mau memberi pakan atau membuka pintu kandang anda ucapkan "selamat pagi",DST.
Pengaruh terhadap ocehan lain tidak ada karena saya dirumah juga piara burung ocehan dan juga beo.

kindef_united
13 December 2010, 05:24 PM
1. wah gak ada ciri laen ya om Pandu..??
beo ku klo ngucapin assalamualaikum pelan...tapi klo teriak2 kata2 yg laen keras banget. Klo dari supit udang bisa gak ya??
2. sekedar share perawatan harian wat beo dirumah: menu wajib pisang kepok/pepaya ma voer...pakai voer apa aja doyan...EF kadang jangkrik atau kroto juga doyan, nasi urap ma cabe merah (klo masih muda mending jgn dulu, coz ada pengalaman buruk dari rekan KM'ers yg beo nya mati)
4. kata temen sih gak baek om, tapi selama kicauan dah mapan ya gak masalah. Paling ngefek klo adopsi kicauan baru yg masih labil, penyesuaian butuh waktu lebih.

Pandu Prawira
13 December 2010, 07:57 PM
1. wah gak ada ciri laen ya om Pandu..??
beo ku klo ngucapin assalamualaikum pelan...tapi klo teriak2 kata2 yg laen keras banget. Klo dari supit udang bisa gak ya??
2. sekedar share perawatan harian wat beo dirumah: menu wajib pisang kepok/pepaya ma voer...pakai voer apa aja doyan...EF kadang jangkrik atau kroto juga doyan, nasi urap ma cabe merah (klo masih muda mending jgn dulu, coz ada pengalaman buruk dari rekan KM'ers yg beo nya mati)
4. kata temen sih gak baek om, tapi selama kicauan dah mapan ya gak masalah. Paling ngefek klo adopsi kicauan baru yg masih labil, penyesuaian butuh waktu lebih.

iyo mas iso diliat dari supit urang juga seperti burung lainnya kok.
Punyaku juga awalnya assalamualaikum gak seberapa jelas dan pelan,setiap hari selalu tak latih satu kata dulu eh ternyata kuncinya di kata assalamualaikum,kalau bisa lancar dan agak keras nantinya akan mudah merekam suara yang lain.
example my bird:
ambil dari Taman Hutan Raya /Bukit soeharto di Balikpapan umur 1 minggu,nyampe surabaya setelah 2 bulan komplit bulu dan bisa makan sendiri mulailah tahap pembelajaran bicara dengan kata awal assalamualaikum.
sekarang udah usia 7 bulan bisa bicara 5 macem:
ASSALAMUALAIKUM
ROTI KEJU
PAK ROTI
TEK TEK TEK(suara orang ketek pager rumah)
RAMA BANGU*-:)....UN(nirukan suara ibu waktu bangunin adek)

ramad
14 December 2010, 10:02 AM
Perbedaan jantan dengan betina adalah pada waktu di ngoceh,kalau cerewet dan suara tidak terlalu keras "Tiong" suara khas beo itu berarti betina.jengger menandakan usia saja.harian tergantung kebiasaan saja,kalau saya cukup dengar voer beo saja tanpa ef dan tanpa krodong,mandi semprot saja dari selang atau penuhkan saja wadah pakan ayam yang diisi air biar mandi sendiri.Beo dengan suara ayam tidak berpengaruh,kuncinya biasakan melakukan kegiatan terhadap burung sambil mengajarinya: misal apabila mau memberi pakan atau membuka pintu kandang anda ucapkan "selamat pagi",DST.
Pengaruh terhadap ocehan lain tidak ada karena saya dirumah juga piara burung ocehan dan juga beo.

Om Pandu terima kasih banyak atas pencerahannya. Kemarin beo saya bunyi suara tiong keras, mudah2an jantan ya Om.

Yang saya kasih warna biru dan bold, berarti beo betina juga mempunyai jengger yang panjang ya om? jengger beo saya masih pendek, warnanya kuning muda.

Yang saya kasih warna orange dan bold. Berarti kicauan lain om Pandu masih tetep bunyi ya walaupun ada beo. Sip lah om atas pencerahannya.

O ya, apakah beo muda hutan yang giras bisa jinak Om? Saya takutnya seperti AK muda hutan yang tidak bisa jinak?

Terima kasih


1. wah gak ada ciri laen ya om Pandu..??
beo ku klo ngucapin assalamualaikum pelan...tapi klo teriak2 kata2 yg laen keras banget. Klo dari supit udang bisa gak ya??
2. sekedar share perawatan harian wat beo dirumah: menu wajib pisang kepok/pepaya ma voer...pakai voer apa aja doyan...EF kadang jangkrik atau kroto juga doyan, nasi urap ma cabe merah (klo masih muda mending jgn dulu, coz ada pengalaman buruk dari rekan KM'ers yg beo nya mati)
4. kata temen sih gak baek om, tapi selama kicauan dah mapan ya gak masalah. Paling ngefek klo adopsi kicauan baru yg masih labil, penyesuaian butuh waktu lebih.

Om Kindef, kalo kicauan lain saya masih trotol berarti belum mapan ya Om? Apakah harus saya ungsikan dulu beo-nya?

Pandu Prawira
14 December 2010, 11:00 AM
[QUOTE=ramad;730113]Om Pandu terima kasih banyak atas pencerahannya. Kemarin beo saya bunyi suara tiong keras, mudah2an jantan ya Om.

Yang saya kasih warna biru dan bold, berarti beo betina juga mempunyai jengger yang panjang ya om? jengger beo saya masih pendek, warnanya kuning muda.

Yang saya kasih warna orange dan bold. Berarti kicauan lain om Pandu masih tetep bunyi ya walaupun ada beo. Sip lah om atas pencerahannya.

O ya, apakah beo muda hutan yang giras bisa jinak Om? Saya takutnya seperti AK muda hutan yang tidak bisa jinak?

Terima kasih

Kembali kasih boss, sekedar bagi pengalaman waktu saya pertama kali piara beo memang muda hutan dan sudah saya rawat sekitar 1 tahun masih belum bisa ngomong juga gak lama kemudian akhirnya KOIT.Rasa penasaran tidak terungkap untuk melatih beo ini,gak lama kemudian akhirnya dapet piyik beo yang masi lolohan boss,dengan ciri kaki warna kuning muda atau kuning lemon,perkembangannya dahsyat(fisik dan kemampuan bicara) untuk jenis yang satu ini.Rata-rata sih emang beo yang pintar ciri-cirinya warna kaki kuning muda/lemon.

42d3e78f26a4b20d412==