PDA

View Full Version : Menjemur Murai Batu



myhanafi
10 December 2010, 09:48 AM
Yth Mas-mas atau Mbak-mbak yang punya Burung ^:)^,
Saya punya Murai Batu yang masih Muda usia sekitar 8 Bulan,
Jam 05.30 (Matahari masih kriyip-kriyip) saya mulai menjemur Murai sampai jam 08.00 maklum harus kerja angkat-angkat jam 08.00, namun kadang kalo dirasa penjemuranya kurang kadang sampe saya pentokan jam 12.00 (pulang istirahat baru saya masukan ke rumah).Nah pertanyaan saya apakah baik atau jelek jika penjemuran terlalu lama?Maklum saya baru baru dalam masalah permanukan.nuwun Jika ada yang ikhlas menularkan ilmunya ke saya ^:)^
(kawulo alit hanafi)

arya gokil
10 December 2010, 10:22 AM
waduh om, jangankan manuk, ane aja kalo jemur jam 12 bisa2 semaput.. He.he.. Lagian utk jemur perlu jadwal rutin biar burung ndak kaget yg butuh penambahan waktu jemur yg bertahap..
Maaf kalo ada yg salah...

sigitbsn
10 December 2010, 10:35 AM
Menurut saya Om untuk MB muda jangan terlalu lama jemurnya, cukup 1,5 - 2 jam sdh cukup. Nanti kalo mau nambah porsi jemur tinggal bertahap aja jangan langsung. Yang baik itu habis mandi jam 7.30 terus jemur sampe jam 9 gitu.

Rezki
10 December 2010, 10:41 AM
buset,,,,,

saran saya jangan terlalu lama menjemur MB om, lah ane aja paling kenceng 1 jam, takut pita suara rusak, jika terlampau panas

Yoes
10 December 2010, 10:52 AM
MB Muda jangan di jemur terlalu lama, cukup 30 menit - 1 jam saja, bila terlalu lama bulunya bisa kusam.. Bertahap saja dlm proses penjemuran seiring usianya bertambah.


Salam.

dlomor
10 December 2010, 11:12 AM
saran saya jangan terlalu lama penjemuran nya apa lagi ampek ngos2san buka mulut segala, tar bisa2 MB jadi stress....
maaf kalo ada yang salah mohon koreksinya~O)~O)~O)~O)

myhanafi
10 December 2010, 12:28 PM
waduh om, jangankan manuk, ane aja kalo jemur jam 12 bisa2 semaput.. He.he.. Lagian utk jemur perlu jadwal rutin biar burung ndak kaget yg butuh penambahan waktu jemur yg bertahap..
Maaf kalo ada yg salah...

Iya ya Om,trim saranya ....:), sebenernya fungsi jemur sendiri untuk apa ya Om?

Bump:
saran saya jangan terlalu lama penjemuran nya apa lagi ampek ngos2san buka mulut segala, tar bisa2 MB jadi stress....
maaf kalo ada yang salah mohon koreksinya~O)~O)~O)~O)


Baik Om sip masukanya...

Bump:
MB Muda jangan di jemur terlalu lama, cukup 30 menit - 1 jam saja, bila terlalu lama bulunya bisa kusam.. Bertahap saja dlm proses penjemuran seiring usianya bertambah.


Salam.


Sipp Om...nuwu infonya

Bump:
buset,,,,,

saran saya jangan terlalu lama menjemur MB om, lah ane aja paling kenceng 1 jam, takut pita suara rusak, jika terlampau panas

waduh gitu ya Om,ilmu baru nih,kalo jam 05.30-08.00 cukup gak om?mengingat jam 07.00 di daerahku masih anget-anget tapi belum panas betul

Bump:
Menurut saya Om untuk MB muda jangan terlalu lama jemurnya, cukup 1,5 - 2 jam sdh cukup. Nanti kalo mau nambah porsi jemur tinggal bertahap aja jangan langsung. Yang baik itu habis mandi jam 7.30 terus jemur sampe jam 9 gitu.

iya ya Om,sayangnya jam 08.00 harus sudah cabut utk angkat-angkat om,kalo sampe jam 08.00 cukup belum ya om?di daerahku jam 07.00 lumyan anget udaranya,jadi efektif kena anget matahari cuman 1 jam aja..btw nuwun infonya

root
10 December 2010, 02:14 PM
kejamnya dikau =((=((=((.:puyeng:..:puyeng:..:puyeng:.

rifqie
10 December 2010, 03:24 PM
betul kata rekan2 ... mb-nya masih muda jadi ga usah jemur berlebihan. penjemuran yg berlebihan dpt menyebabkan proses pating (terengah2) pd mb yg menjadi salah satu gejala mb terserang 'Heat Stress'.

suwarno71
10 December 2010, 06:39 PM
Ada satu pepatah leluhur yang berbunyi begini:

"Jemurlah Burung Pada Waktu-nya" dan Waktu Terbaik Jika Cuaca Baik Adalah Sekitar Jam 7:00 - 10:00 Wib Pagi dan Jam 15:00 - 18:00 Wib sore.

Tentang Berapa Lama Waktu Penjemurannya Tergantung Usia Burung Tersebut.

myhanafi
10 December 2010, 09:50 PM
kejamnya dikau =((=((=((.:puyeng:..:puyeng:..:puyeng:.

Hahahahaha....namanya newbie Om,kirain semakin dipanaskan semakin rajin bunyi dan bertampang garang,seperti pemain bola yang pemanasan dulu sebelum main ....[-O<

Bump:
betul kata rekan2 ... mb-nya masih muda jadi ga usah jemur berlebihan. penjemuran yg berlebihan dpt menyebabkan proses pating (terengah2) pd mb yg menjadi salah satu gejala mb terserang 'Heat Stress'.

Kalo boleh tau tujuan dijemur apa ya Gan?aku sebenernya belum tau tujuan jemur dan asal ngikut2 aja,...^:)^

Bump:
Ada satu pepatah leluhur yang berbunyi begini:

"Jemurlah Burung Pada Waktu-nya" dan Waktu Terbaik Jika Cuaca Baik Adalah Sekitar Jam 7:00 - 10:00 Wib Pagi dan Jam 15:00 - 18:00 Wib sore.

Tentang Berapa Lama Waktu Penjemurannya Tergantung Usia Burung Tersebut.

Waduh....bener2 Imposible choice...,gimana ngakalinya ya,berangkat jam 08.00,pulang angkat-angkat jam 16.00...btw nuwun atas infonya,walau terpaksa dengan waktu yg ada..jemur jam 06.00-08.00 ya Om hehehe ^:)^

ping62
10 December 2010, 10:28 PM
yg ada nanti MBnya bukan kuat di adu om tp cuma kuat di jemur he he
sampai jam 8 00 aja dah bagus tuh om..salam

kimighazali
10 December 2010, 11:00 PM
penjemuran MB ckp 1 jam saja om... salah satu MB gw malah hanya dijemur 1/2 jam saja selebihnya hanya diangin2 saja...
penjemuran yg over bisa menyebabkan bulu yg kusam krn lapisan lilin pada bulu yg berkurang, suara menjadi serak krn rusaknya pita suara dan bisa memicu terjadinya katarak pada mata Mb...

salam MB mania...

arly
10 December 2010, 11:09 PM
MB buat saya tidak wajib jemur/terkena matahari langsung setiap hari.
Kalau Kita ada waktu bisa kita temani saat penjemuran, tapi kalau tidak sempat tidak harus dijemur.
Itu menurut saya.

myhanafi
10 December 2010, 11:26 PM
yg ada nanti MBnya bukan kuat di adu om tp cuma kuat di jemur he he
sampai jam 8 00 aja dah bagus tuh om..salam

waduh om om...bikin gakak dot com hahahaha

Bump:
penjemuran MB ckp 1 jam saja om... salah satu MB gw malah hanya dijemur 1/2 jam saja selebihnya hanya diangin2 saja...
penjemuran yg over bisa menyebabkan bulu yg kusam krn lapisan lilin pada bulu yg berkurang, suara menjadi serak krn rusaknya pita suara dan bisa memicu terjadinya katarak pada mata Mb...

salam MB mania...

trim ilmunya Om..sangat berguna om..gak ngira efeknya separah itu ya Om...

Bump:
MB buat saya tidak wajib jemur/terkena matahari langsung setiap hari.
Kalau Kita ada waktu bisa kita temani saat penjemuran, tapi kalau tidak sempat tidak harus dijemur.
Itu menurut saya.

Ide yang bagus Om...wah wah bener bener nikmat ya Om disambi ngrokok ngeteh dan ngemil ya...trim idenya

Black Venomixion
13 December 2010, 12:14 AM
ampe jam 8 kayaknya dah cukup om

Donni gultom
13 December 2010, 08:23 PM
Fungsi jemur :
umumnya adalah untuk memperbaiki sistem peredaran
darah dan memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh.
yang terbaik waktu jemur : dari jam 6.00 pagi sampai jam 9.00 pagi
masalah lama waktu jemurnya tergantung pada kemampuan burung
masing-masing. jadi lebih baiknya dibuat saja teratur misal dari jam 6.00 sampai jam 8.00 pagi. yang terpenting pahami kondisi burungnya.
untuk burung muda penjemuran tidaklah mutlak. asupan gizi dan vitaminlah
yg sangat dibutuhkan.

rsubowo
13 December 2010, 08:44 PM
Ada satu pepatah leluhur yang berbunyi begini:

"Jemurlah Burung Pada Waktu-nya" dan Waktu Terbaik Jika Cuaca Baik Adalah Sekitar Jam 7:00 - 10:00 Wib Pagi dan Jam 15:00 - 18:00 Wib sore.

Tentang Berapa Lama Waktu Penjemurannya Tergantung Usia Burung Tersebut.



sori nih om TS, ikutan nimbrung nanya yg terkait..

kalo musim lagi spt sekarang ini yg kadang mendung kadang panas, kalo matahari nongolnya cuman antara jam 11-2, apakah sebaiknya MB tetap di jemur atau tidak?

Iyop
13 December 2010, 08:53 PM
Ngga Di Jemur..?

Ari SN
13 December 2010, 09:12 PM
sori nih om TS, ikutan nimbrung nanya yg terkait..

kalo musim lagi spt sekarang ini yg kadang mendung kadang panas, kalo matahari nongolnya cuman antara jam 11-2, apakah sebaiknya MB tetap di jemur atau tidak?

Berarti kalo memang harus jemur harus liat-liat sikon ya.. karena kalo jemur diatas jam 11 siang saya rasa sudah tidak baik untuk MB nya....

jakahade
15 December 2010, 10:00 PM
burung saya juga kelamaan di jemur jadi mangap mulutnya....

myhanafi
12 March 2011, 08:24 PM
ampe jam 8 kayaknya dah cukup om

Sip Om,saran yg pass dgn jam kerja saya hehehe....,jam 06.30 dah kena sinar matahari, lumayan dapat 1,5 jam dan gak panas banget

myhanafi
12 March 2011, 08:28 PM
burung saya juga kelamaan di jemur jadi mangap mulutnya....

Kelamaan kali OM?

myhanafi
12 March 2011, 08:40 PM
Berarti kalo memang harus jemur harus liat-liat sikon ya.. karena kalo jemur diatas jam 11 siang saya rasa sudah tidak baik untuk MB nya....

kayak cuaca sekarang berarti gak usah dijemur ya Om,soale dari pagi sudah mendung dan kadang gerimis,tp tidak wajib kan ya utk menjemur itu?effeknya apa ya?

myhanafi
12 March 2011, 08:41 PM
Ngga Di Jemur..?

Kasihan Om hehehe,

myhanafi
12 March 2011, 08:44 PM
Fungsi jemur :
umumnya adalah untuk memperbaiki sistem peredaran
darah dan memperbaiki sistem metabolisme di dalam tubuh.
yang terbaik waktu jemur : dari jam 6.00 pagi sampai jam 9.00 pagi
masalah lama waktu jemurnya tergantung pada kemampuan burung
masing-masing. jadi lebih baiknya dibuat saja teratur misal dari jam 6.00 sampai jam 8.00 pagi. yang terpenting pahami kondisi burungnya.
untuk burung muda penjemuran tidaklah mutlak. asupan gizi dan vitaminlah
yg sangat dibutuhkan.

Umur 1 tahun gimana OM?masuk masih muda atau sedang?

sigitbsn
12 March 2011, 10:10 PM
Umur 1 tahun gimana OM?masuk masih muda atau sedang?

ulasan om donni sdh komplit,jd lht kondisi dl burungnya.Jika dia kuat jemur sampe jam 12 jg gpp krn MBku rata2 jemur sampe jam segitu biar bs muntahin buletan/lendirnya sekalian jd akan berpengaruh pd tingkat volumenya jd enak.Kalo MB umur 1 th jemur sampe jam 8-9 ckp yg pntg asupan gizinya pastikan terpenuhi.

Yanres
12 March 2011, 10:13 PM
bgsnya jam 8 pagi sampe jam 11 siang mas, tp sebelum dijemur jam 7 di angin2kan diteras jam stgh 8 mandiin trus dijemur

myhanafi
12 March 2011, 10:31 PM
ulasan om donni sdh komplit,jd lht kondisi dl burungnya.Jika dia kuat jemur sampe jam 12 jg gpp krn MBku rata2 jemur sampe jam segitu biar bs muntahin buletan/lendirnya sekalian jd akan berpengaruh pd tingkat volumenya jd enak.Kalo MB umur 1 th jemur sampe jam 8-9 ckp yg pntg asupan gizinya pastikan terpenuhi.

Nah itu dia, jadi mau tanya..MB ku sering ada kayak kotoran semacam tembakau gitu sebesar telur cecak, apakah itu yg dimaksud buletan ya Om?cuman saya lihat sampe jam 9 sudah mangap2 kayak kepanasan gitu,kalo soal gisi jangkrik 5/5, kroto 2 sendok perhari cukup kah?trim saranya Om..

myhanafi
12 March 2011, 10:34 PM
bgsnya jam 8 pagi sampe jam 11 siang mas, tp sebelum dijemur jam 7 di angin2kan diteras jam stgh 8 mandiin trus dijemur

saya mulai jam 6 Om,kalo sinar matahari sedapatnya sih biasanya jam 06.30-08.00 soalnya lanjut nguli panggul,cuman kalo mandi jam segitu gak mau,jam 12 san biasanya dia baru mau mandi,jadi cuman saya kasih tempat mandi di kandangnya,semaunya dia mau mandi kapan...trim sumbang saranya...:)

sigitbsn
12 March 2011, 11:00 PM
Nah itu dia, jadi mau tanya..MB ku sering ada kayak kotoran semacam tembakau gitu sebesar telur cecak, apakah itu yg dimaksud buletan ya Om?cuman saya lihat sampe jam 9 sudah mangap2 kayak kepanasan gitu,kalo soal gisi jangkrik 5/5, kroto 2 sendok perhari cukup kah?trim saranya Om..

betul itu adlh buletan kotoran yg dikeluarkan oleh MB.Tp kalo MB om umur stahun ya gelontor aja EFnya jgn pelit2 ksh sampe dia maunya brp 10 p/s jg gpp.soal mangap asal g loncat2 gpp,jika mangap dan mulai loncat2 sgr angkat.

myhanafi
13 March 2011, 07:46 AM
betul itu adlh buletan kotoran yg dikeluarkan oleh MB.Tp kalo MB om umur stahun ya gelontor aja EFnya jgn pelit2 ksh sampe dia maunya brp 10 p/s jg gpp.soal mangap asal g loncat2 gpp,jika mangap dan mulai loncat2 sgr angkat.

Sip Om, disamping jangkrik saya kasih kroto juga tiap hari,walaupun boros juga hehehe utk 3 hari habis 1 ons ~X(..,tapi sebanding juga dengan rajin bunyinya Om dan kelihatan galak...thanx berat ya Om Sigit atas ilmunya :)

arif_91
13 March 2011, 04:47 PM
hehe.. mas hanafi tega sm MBnya.. pakaian aja di jemur lm bs berubah warnanya mas, aplgi di jogja skrng nek panas, pansa bnget jan..

MB sya hbs subuh jam 5an dah sya siapkan air buat mandi, kira2 stngah 6an dia mulah mandi2 smpe bsah mas,.
baru klo dah rapi..jam 6 sya jemur plus gelontor EF sak okehe :)), majikannya skrng yang mandi :)), jemur mpe jam 7 sja.. hbs itu dah sya tinggal mencari Ilmu.. :D :D
smga dia suka dengan perawatan koyo mengkono... hehehe..

myhanafi
13 March 2011, 04:58 PM
hehe.. mas hanafi tega sm MBnya.. pakaian aja di jemur lm bs berubah warnanya mas, aplgi di jogja skrng nek panas, pansa bnget jan..

MB sya hbs subuh jam 5an dah sya siapkan air buat mandi, kira2 stngah 6an dia mulah mandi2 smpe bsah mas,.
baru klo dah rapi..jam 6 sya jemur plus gelontor EF sak okehe :)), majikannya skrng yang mandi :)), jemur mpe jam 7 sja.. hbs itu dah sya tinggal mencari Ilmu.. :D :D
smga dia suka dengan perawatan koyo mengkono... hehehe..

Lha kirain tambah hot kalo sering di jemur hehehe,ternyata jadi horor,hampir sama mas Arief,saya sebelum jam 6 dah saya gantung diluar rumah,sambil kasih EF jam 7 an,kalo masalah mandi itu yg sulit,harus di atas jam 11 san baru mau mandi dia,...btw kalo dah siap latihan kasih kabar ya...:),..,sukses deh mas Arif dgn Mb juniornya :)

arif_91
13 March 2011, 05:11 PM
Lha kirain tambah hot kalo sering di jemur hehehe,ternyata jadi horor,hampir sama mas Arief,saya sebelum jam 6 dah saya gantung diluar rumah,sambil kasih EF jam 7 an,kalo masalah mandi itu yg sulit,harus di atas jam 11 san baru mau mandi dia,...btw kalo dah siap latihan kasih kabar ya...:),..,sukses deh mas Arif dgn Mb juniornya :)

hehe,, susahnya klo jam sgtu mlah hjan ya mas.. kdng2 gak kena jemur sm skali, tp beruntung mb sy ska mandi dlm kndisi apapn..hehe, majikannya mlah gak :)) ..
gpp mas, mngkin krasa dngin klo pgi2 mandinya,, sore klo cerah di cb mandikn sja mas.. biar kinclong nnti bulunya.. :D
ok mas hanafi.. jka dah siap lthan sya kbri, kita ltih breng2,, sukses jg mas hanafi dngan MBnya.. [-O<

myhanafi
14 March 2011, 01:21 PM
hehe,, susahnya klo jam sgtu mlah hjan ya mas.. kdng2 gak kena jemur sm skali, tp beruntung mb sy ska mandi dlm kndisi apapn..hehe, majikannya mlah gak :)) ..
gpp mas, mngkin krasa dngin klo pgi2 mandinya,, sore klo cerah di cb mandikn sja mas.. biar kinclong nnti bulunya.. :D
ok mas hanafi.. jka dah siap lthan sya kbri, kita ltih breng2,, sukses jg mas hanafi dngan MBnya.. [-O<

memang Mb beda2 karakternya ya mas Arief,yg trotolan OLS itu hoby banget mandi, begitu saya kasih mandi cepuk langsung mandi besar, tp yg dewasa lihat2 waktu,yg saya pingin nanya boleh gak ya mandi sewaktu-waktu misal malam hari,saya ngintip di forum2 lain kok ada yg mandikan di malam hari setelah pulang kerja,takutnya kedinginan karena gak ada panas kan, tapi memang katakter Mb trotol hobi mandi ya Mas?kesimpulan sementara dari newbie lho...maaf jika salah..^:)^

42d3e78f26a4b20d412==