PDA

View Full Version : Waterslager



Kian Sing
24 May 2007, 09:43 AM
WATERSLAGER
Oleh: Kian Sing



Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado. Tiap-tiap jenis tersebut mempunyai lagu yang khas dan jelas berbeda serta dapat dikenal dengan mudah walau oleh penggemar baru. Harzer mempunyai lagu yang menggema dan panjang, suaranya seperti suara dalam. Variasi lagu yang utama adalah nge-roll, dapat dikatakan selalu ada huruf ‘r’ di antara suku kata. Variasi lagu yang utama adalah ‘hollow roll’: rorororororororo… variasi ini dijadikan keharusan bagi Harzer. Variasi lain yang harus dipunyai oleh jenis kenari asli Jerman ini adalah tembakan yang dinamai ‘Pfeiffen’ atau ‘Flute’ yang mana ada spasi di antara suku kata, contohnya: … su-su-su-su.

Walau begitu, variasi lagu ini tidak begitu unik sebelum diketemukan Waterslager dan Timbrado. Harzer sangat terkenal di luar negeri, walaupun perkembangannya tidak secepat waterslager.

Spanish Timbrado diakui sebagai burung penyanyi di era tahun 1970-an. Variasi lagunya bernada lebih tinggi daripada waterslager dan harzer. Jenis ini tidak terlalu populer dan relatif tidak dikenal. Asosiasi Burung Kenari di Amerika telah membuka lomba jenis ini dan tetap masih dinilai yuri dari Spanyol, daerah asal jenis kenari ini.

Marilah kita berkonsentrasi di jenis waterslager yang dijadikan subjek tulisan ini. Jenis ini asli berasal dari Belgia, tepatnya di daerah Fladers, bagian barat negara Belgia. Waterslager mempunyai nama lain ‘Malinois’, hal ini dikarenakan pertama kali diketemukan di daerah tersebut, dekat kota Antwerpen. Hal ini tertulis di dokumen petualang Perancis pada tahun 1713. Pada kenyataannya, jenis ini banyak dikembangbiakkan di Belanda. Jadi sebagian besar peternak dan kecintaan waterslager dapat dikatakan berada di 2 negara tersebut. Bukan hanya di mana burung tersebut diternak tetapi di mana burung itu dididik, dinilai dan diolah dalam kata yang luas. Saya bisa berbicara jenis ini telah hidup lama dan berkembang dalam budaya yang sepadan. Masyarakat Belgia dan Belanda mengembangbiakkan dan mengolahnya dan dikerjakan dengan serius. Ada banyak klub burung di sana dan selalu mengadakan satu atau dua kali pameran antara November dan Februari. Penilaian dilakukan oleh yuri yang benar-benar mengetahui dan berpengalaman dan yuri yang sudah dilatih sepatutnya. Klub-klub tersebut melebur menjadi satu dalam sebuah asosiasi yang, pada waktu yang sama, adalah bagian atau federasi yang disetujui oleh COM, dalam tingkatan dunia. Juga ada cabang yang penting di Italia, Yunani, Luxembourg dan Spanyol di mana turnamen diadakan. Tidak disangsikan lagi mutu burung di negara-negara tersebut sangat tinggi pada kenyataannya, hal ini diakibatkan karena banyak orang Belgia yang menjual burung juaranya ke luar negeri. Lebih-lebih lagi, banyak peternak Italia dan Spanyol mengisi posisi terbaik di kejuaraan dunia. Di bawah akan ditulis beberapa kabar tentang burung-burung juara.

Secara umum, lagu waterslager lebih variatif daripada kenari jenis lain. Lagu harzer sangat lamban dan tingkat nadanya terbatas. Timbrado, di lain pihak, mempunyai tingkat nada yang lebih tinggi dan bernyanyi dengan speed cepat.

Lagu waterslager mempunyai semuanya: dari sangat lamban, lamban, ‘klokkende’ yang dalam atau suara air yang dalam, sampai bunyi bel bernada tinggi dan flute. Beberapa variasi dinyanyikan dengan lelah dan beberapa dinyanyikan dengan cepat. Variasi lagu dan tingkat nada menjanjikan kepuasan dan tidak ada bosan-bosannya.
LAGU

Di negara asalnya, peternak Belgia dan Belanda berusaha untuk mengenalkan dan mengisi lagu kenari yang terbaik, burung Nightingale Eropa (sejenis burung bulbul), dan suara gemericik air. Kemudian mereka mengulang-ulang kembali cara mengisi dan akhirnya mentransfer ke generasi-generasi berikutnya.

Kenyataannya, peternak memerlukan berabad-abad lamanya untuk mendidik waterslager hingga saat ini. Kalimat tersebut akan diperluas sebagai berikut, ada 2 cara mendidik kenari waterslager: A) dididik oleh burung yang sudah ada; B) pengaruh lingkungan. Cara A lebih murah dan berlangsung secara otomatis. Variasi lagu menurun secara genetikal dan burung bernyanyi nyaris tanpa usaha menambah variasi. Cara B membutuhkan kerja yang sangat keras dan hasilnyapun tidak dijamin. Dan akhirnyapun variasi ini tidak menurun secara genetikal. Tetapi Belgia dan Belanda telah sukses setelah berusaha keras beberapa decade. Inilah mengapa waterslager dapat menurunkan variasi lagunya ke anak turunannya. Pada pertama kalinya orang Belgia mendidik waterslager dengan memakai alat-alat buatan seperti corong air, mengalirkan dan/atau meneteskan air ke ember dan lain-lain. Pada kenyataannya, mendidik dengan burung nightingale lebih sulit karena burung ini bernyanyi pada malam hari di waktu anakan waterslager sudah terlelap tidur dan burung ini cuma bernyanyi di musim semi yang mana saat itu adalah musim kawin burung sehingga sudah tidak ada lagi anakan untuk dididik atau anakan sudah terlalu tua untuk dididik.

Secara umum, waterslager bernyanyi nge-roll dan variasi tembakan (catatan: tembakan di sini adalah tetap bunyi air yang dinyanyikan dengan nada tinggi). Waterslager harus mempunyai banyak variasi gemericik air, waterslager tanpa dasar gemericik air bukanlah waterslager. Untuk itu namanyapun identik dengan bunyinya, waterslager dapat dikatakan berarti pukulan air atau gemericik air. Oleh sebab itu bagi orang yang ingin membeli waterslager diharuskan meneliti nilai yang didapat, terutama yang paling terpenting dari variasi adalah ‘klokkende waterslag’ atau bunyi ‘klok’ yang paling sederhana. Variasi ini mempunyai nilai maksimal 12. Secara garis besar, kenari yang mempunyai nilai klokkende waterslag 6 dapat dikatakan bagus, nilai 7 sangat bagus, nilai 8 adalah sempurna dan nilai 9 adalah istimewa. Untuk pecinta dan ahli waterslager, variasi ini sangat penting. Terkadang waterslager yang mempunyai nilai 8 di klokkende dengan nilai total 114 dinilai lebih disukai daripada waterslager bernilai 6 klok dengan total nilai 120. Lebih-lebih, dalam hal penilaian kontes waterslager di sana, pemenangnya pasti mempunyai nilai klok tertinggi. Juga burung tanpa nilai variasi gemericik air tidak dapt memenangkan lomba.

Bagaimana bunyi klokkende waterslag? Secara sederhana, bunyi ini menyerupai tetesan air dalam jumlah besar ke dalam ember yang penuh air, seperti:

wloi-wloi-wloi-wloi
blo-blo-blo-blo
glu-glu-glu-glu
wut-wut-wut-wut

tanda minus di atas sangat penting yang berarti ada spasi di antara suku kata. Semakin dalam cengkokan dan semakin lelah waterslager membawakan variasi lagu ini semakin bagus. Yuri lebih menyukai bunyi ‘i’ di belakang variasi ini, artinya bunyinya akan terasa lebih dalam dan gaungnya sangat enak didengar. Kecepatan atau speed juga penting, klok yang dinyanyikan lamban lebih jelas dibanding klok yang dinyanyikan cepat, yang terkadang akan rancu dengan variasi terpenting ke-2 yaitu ‘bollende waterslag’. Variasi ‘klok’ yang sangat indah boleh digabungkan dengan flute dengan bunyi klok di belakang. Walaupun sangat sulit menyimpulkan bagaimana bunyi klok yang baik, seseorang dapat menilai dengan semakin mirip terhadap bunyi air adalah yang terbaik. Lagu harus sangat jernih, bersifat 3 dimensi, dengan susunan variasi yang sangat jelas.

Perbedaan dengan variasi terpenting ke-2 adalah speed yang dibawa waktu bernyanyi, spasi antara suku kata dan tidak ada huruf ‘l’ atau ‘I’ di belakang suku kata. Variasi lagu yang disebut ‘bollende waterslag’ adalah menyerupai suara air waktu direbus, kira-kira seperti:

bobobobo
bubububu
blublublublu
wutwutwutwut

anda dapat melihat tidak ada tanda minus di antara suku kata yang berarti tidak ada spasi antara suku kata. Variasi ini enak didengar dan juga harus dipunyai seekor waterslager di antara bunyi air lainnya. Di kejuaraan variasi ini mempunyai nilai maksimal 9, walau asosiasi Belanda mempunyai nilai maksimal 6.

Variasi ke-3 seperti suara air yang mengalir atau disebut ‘rollende waterslag’, variasi ini mirip waktu kita meniup sedotan ke dalam gelas. Nilai maksimal 6, di Belanda mempunyai nilai maksimal 9. Variasi ini terdengar seperti:

brubrubru

Selain menirukan suara air, ada beberapa variasi yang dinyanyikan waterslager, yaitu:

Staaltonen atau suara besi, nilai maksimal 9. Terdengar seperti besi yang dipukulkan berulang-ulang:

ting-ting-ting
jing-jing-jing
tong-tong-tong

Belakangan, suku kata yang memakai huruf ‘o’ terdengar lebih dalam dan banyak disukai orang. Bagaimanapun, mana yang lebih berharga tergantung pada selera orang.

Fluiten atau Flute: sangat diperlukan untuk lagu yang lebih indah. Terdengar seperti:

su-su-su
du-du-du
sut-sut-sut

Spasi di antara suku kata harus diperlihatkan untuk menambah nilai variasi ini. Variasi ini mempunyai nilai maksimal 9.

Fluitroll atau bunyi flute yang dinyanyikan dengan speed rapat mempunyai nilai maksimal 6, terdengar seperti:

sursursur

Bellen, ditirukan dari bunyi bel dan terdengar seperti:

lilili
lululu

Hampir tidak ada spasi antara suku kata dan ada variasi lain dari kategori ini yang diadaptasi dari double-bell yang terdengar seperti ‘tilung-tilung-tilung’ atau ‘dingdong-dingdong-dingdong’. Variasi ini akhirnya lebih dicari daripada bunyi single-bell.

Belrol atau seperti alarm jam:

riririri
rurururu

Lebih baik bila dinyanyikan dengan paruh yang terbuka untuk kesan kristal.

Tjokken (roll) atau terkesan seperti seseorang menotok pintu, nilai maksimal 6

toc-toc-toc
tjok-tjok-tjok
to(r)-to(r)-to(r)

Terakhir adalah Knor, terkesan seperti dengkur *(O)**(O)**(O)**(O)*:

knorrrr

Variasi ini dinyanyikan cuma sekali dalam sebuah nyanyian. Nilai maksimal 6 dan semuanya tergantung dari panjang variasi.

Kita akan mendapatkan kartu penilaian yang telah diisi atau ‘indruk’ bila kita membeli waterslager yang telah dilombakan, di lembar penilaian menunjukkan bagaimana waterslager bernyanyi waktu saat penilaian. Contohnya, mungkin kita bisa mendengarkan orkestra kelas teri menyanyikan simponi Beethoven tetapi suaranya akan tidak jernih, kacau dan lain sebagainya. Berbeda bila kita menikmati simponi Beethoven yang dilantunkan orkestra kelas atas, kita akan menikmati kejernihan suara yang sangat detail. Inilah yang akan dijelaskan oleh yuri dalam ‘indruk’. Lembar penilaian ini sangat penting dalam memilih waterslager jantan, tentunya apabila lembar penilaian ini tersedia.

Belanda memberikan nilai maksimal 3 untuk variasi lagu yang menirukan burung nightingale. Haruslah diingat bahwa semakin jelas bagaimana burung menirukan akan mendapatkan nilai yang tinggi. Poin tambahan harus dikalikan 3, alasannya adalah pada waktu pertama kali lomba diadakan cuma diikuti oleh beberapa waterslager, yang bertindak untuk menilai adalah 3 orang yuri. Saat ini, dengan banyaknya waterslager yang ikut, hanya seorang yuri yang menilai. Oleh sebab itu, untuk menjaga perbandingan penilaian sejak saat dimulainya lomba maka point akhir dikalikan 3.

Mustika Areffa
24 May 2007, 09:46 AM
salut buat artikel nya, membuktikan klo om kian sing bener2 pakar kenari. :)

salam kenal.

ben
24 May 2007, 09:48 AM
Siiip....... Ini baru mansstaaaap... Boleh kasih bocoran gak OOm? Kira2 harga WS yg standard berapaan ya sekarang? he..he.he OM KS sih.. manas2in, jadi pengen punya WS lagi...

toni_y
24 May 2007, 09:54 AM
Sip OM Kian Sing terima kasih ilmunya
beruntunglah kita bisa online (biasanya kan cuma baca-baca media cetak doang) bareng para pakar di KM

petik
24 May 2007, 09:59 AM
Tooopppmaaarooookooootooopppp abis deh buat Om Kian Sing...
Gambarnya dong sekalian...

Vian
24 May 2007, 10:07 AM
ini baru artikel ...
buat om kian sing salut deh ...

kita KM mesti bangga punya pakar sekaliber om kian ...

Terimakasih untuk share elmunya om kian ..

LeoN0211
24 May 2007, 10:28 AM
thx for ur sharing om KS......ci sdg meluncur...cur..cur..cur...TOP ARTIKEL

Kian Sing
24 May 2007, 10:34 AM
brp duit yach? th 2005 saya impor waterslager dari belanda dengan nilai di atas 100 tapi nggak laku tuh, gigit jari jadinya. harga mungkin sekitar 600rb - 1jt, mungkin. terakhir saya jual 1,5 jt untuk waterslager juara (termasuk medalinya) dengan nilai 153.

ben
24 May 2007, 10:40 AM
brp duit yach? th 2005 saya impor waterslager dari belanda dengan nilai di atas 100 tapi nggak laku tuh, gigit jari jadinya. harga mungkin sekitar 600rb - 1jt, mungkin. terakhir saya jual 1,5 jt untuk waterslager juara (termasuk medalinya) dengan nilai 153.

Tengkiu ya Om untuk infonya. Setidaknya saya sudah ada patokan. Coba saya cari yang nilainya sekitar 110 - 120 aja deh..

yobenbingung
24 May 2007, 10:48 AM
om terima kasih atas informasinya kalau Waterslagher yang masih muda umur 8 bulan apa bisa kemasukan master kenari biasa,karena saya juga kuatir kalau punya saya kemaster atau suara aslinya tetap,hanya warnanya kuning born n muncul merah dikit-dikit.trus makanan atau extra fooding atau perawatan harian bagaimana.terima kasih.

cj
24 May 2007, 11:23 AM
brp duit yach? th 2005 saya impor waterslager dari belanda dengan nilai di atas 100 tapi nggak laku tuh, gigit jari jadinya. harga mungkin sekitar 600rb - 1jt, mungkin. terakhir saya jual 1,5 jt untuk waterslager juara (termasuk medalinya) dengan nilai 153.

Om Insya Alloh bulan Juli ini saya mau ke Jogja, sekalian mampir, kalo bisa mau ambil sepasang ....

Kian Sing
24 May 2007, 11:23 AM
kok warnanya bont ya? kalau ada hitam sedikit sih ada. waterslager-nya umur 8 bulan, mungkin lokal ya? dan ada merahnya, kemungkinan bukan pure waterslager. apalagi kalau betul ternakan lokal, kalau import biasanya peternak tidak mau mengkawin-silangkan dengan jenis lain.

kalau betul tebakan saya, kemungkinan kemasukan lagu lain tetap bisa. waktu itu punya saya pernah ngurak 3 kali tetap lagunya sama sebelum ngurak, walaupun saya cuma punya 1 ekor waterslager di rumah.

Kian Sing
24 May 2007, 11:26 AM
saat ini saya tidak punya waterslager lagi tapi mampir tetap mampir kan, sambil denger2in kenari di sini plus tambah temen. saya tunggu dan jangan lupa kontak saya terlebih dulu sebab kadang saya tidak di rumah.

cj
26 May 2007, 12:17 AM
The unique and beautiful quality of the Waterslager Canary's song is reflected in its name, the word 'waterslag' literally means 'water beat'!

The popularity of the Waterslager Canary has been ongoing throughout its history and continues to grow as it has many desirable traits. Though it is not particularly social and does not like to be handled, this melodious little bird it can make a wonderful companion (http://animal-world.com/encyclo/birds/canaries/WaterslagerCanary.php#) to be enjoyed for its song.

The Waterslager Canary has a beautiful full song, likened to the sound of bubbling water with a distinctive nightingale accent. Their repertoire also includes bell and flute sounds unlike any other bird. Though not as loud as some canaries, being of a soft to medium strength, they are renowned for having the widest range of all song canaries.

http://i4.photobucket.com/albums/y113/copral/WaterslagerCanaryWBC_Ac182.jpg

The Waters lager Canary is one of several well known "song canaries", those bred solely for song rather than physical appearance or color. Shows for these birds are of a different nature than shows for other canary types. Basically being entered into singing contests (http://animal-world.com/encyclo/birds/canaries/WaterslagerCanary.php#) these canaries are bred with the goal of achieving winners with the best balance between quality and variety of song. Each breed has a distinctive song and a well-defined song standard. Some of the other well know song canaries include: the Roller Canary (http://animal-world.com/encyclo/birds/canaries/RollerCanary.php), the American Singer Canary (http://animal-world.com/encyclo/birds/canaries/AmericanSingerCanary.php), the Russian Singer Canary, and the Spanish Timbrado (http://animal-world.com/encyclo/birds/canaries/SpanishTimbradoCanary.php).

anggoro
26 May 2007, 01:20 AM
tob... tob... aseli tob banget dah ah...^:)^ ^:)^ ^:)^
:angkat-jempol: :topbanget:

Kian Sing
26 May 2007, 06:10 AM
Copj3nd topppp, sipp dehh

MK21
26 May 2007, 08:10 AM
Wow, article yang sangat informatif. Kalau andaikata dirumah ada seekor waterslager yang bagus dan seekor burung kacamata yang gacor. suara gemericik air terasa dimana mana. O ya ditambahkan seekor anis kembang yang sudah ngerol. Waterslager dari Belanda, Kacamata dari China dan Anis kembang dari Indonesia, kombinasi yang luar biasa.

jhanz_1974
26 May 2007, 08:58 AM
ehm.... jadi pingin nih om.

Yokshire
28 May 2007, 09:24 AM
mana dong foto water slanger-nyA

Mas_dony
28 May 2007, 09:51 AM
Mantap deh artikelnya..
Kmrn pas ke Yogya mo mampir ga jd om. Maklum pemula kl datang ke peternak top pasti harga mahal2.. Jd ngeri......
Kpn2 tak mampir kl pas ke Yogya.. Boleh kan om?? (siapa tau dpt hibahan..he..he..he.. hibahan ilmu...). tempat om Kiansing di jl, Ngampilan bukan?

seno
28 May 2007, 10:50 AM
alamat di Jogya dimana ya om Kian? dan nomor telp atau hp

Phantom
28 May 2007, 02:07 PM
Om Kian... saya punya satu di rumah tuh... saya beli kala mabung... udah 5 bulan di rumah... tp kok belom mau panjang2 ya Om bunyina ?... warna kuning polos, ring ada tulisan WS na.... sekarang bunyina masih kaya bemo aja Om :-??
musti diapain ya OM... ? biar bunyina ky air mancur lagi ? :-? kebetulan di rumah gak ada kenari laen :-?? cuma anis aja :">

Kian Sing
28 May 2007, 06:24 PM
kenari impor, termasuk waterslager, tidak ber-ring WS. ring tergantung klub negara asal. bila jerman: dkb & az, belgia: aob, belanda: NB & AB. itu semua klub besar yang menaungi klub2 kecil. bila menemukan burung IMPOR dengan ring selain itu berarti itu dari peternak anggota klub kecil yang dinaunginya.

wahyoe-firstya
28 May 2007, 08:27 PM
kenari impor, termasuk waterslager, tidak ber-ring WS. ring tergantung klub negara asal. bila jerman: dkb & az, belgia: aob, belanda: NB & AB. itu semua klub besar yang menaungi klub2 kecil. bila menemukan burung IMPOR dengan ring selain itu berarti itu dari peternak anggota klub kecil yang dinaunginya.

Om KS, mau nanya dikit boleh kan..?? apakah ring negara asal (bila jerman: dkb & az, belgia: aob, belanda: NB & AB. ) juga berlaku pada kenari & YS ..??
maklum awam soal jenis finch... hehehe...
makasih dan salam hormat dari saya.

Kian Sing
29 May 2007, 11:41 AM
betul, bahkan tidak hanya pada kenari tetapi juga pada jenis burung lainnya seperti cardinal, burung hantu sampai burung gereja. asal burung tersebut diternak oleh peternak anggota klub tsb akan memasangi cincin sesuai klub yg diikuti.

cerita soal burung gereja, saya pernah melihat sendiri burung gereja pakai cincin hasil ternakan waktu lihat pameran di belanda.

cerita soal cincin, pada dasarnya semua burung hasil ternakan akan dipasangi cincin karena burung tanpa cincin berarti burung liar atau hasil tangkapan di alam bebas. hal ini berarti pelanggaran hukum dan akan dihukum.

ohhh indonesia, kapan kamu akan begini???

MK21
29 May 2007, 12:40 PM
Ohhh Indonesia, kapan kamu akan begini???,

Mari kita mulai dari KM terlebih dahulu dengan cara berusaha menbeli jenis burung hanya dari hasil ternakan seperti AK, CR, Kenari, MB dll. You must be the change if you want the change to happen. Gimana kira2 KM lainnya.
Thanks.

iCHONk 5,9 SR
2 June 2007, 09:05 PM
duh duh duh..mataku kok gk ringan yah pengen belajar maen kenari...aku seneng suaranya beniing..
siang tadi saya maen ketempat om kian sing, hebat hebat burungnya (bukan promosi loh) sebenarnya pengen ambil produknya, yah buat invest lah hehehe..di komporin ma om AH, n om Kurniawan jadi tambah pengen ni..

kayanya agak susah tidur ni ntar malem hehehhee...
tunggulah aku om Kian ku kan menjemput demenan baru dari mu hehhehehe..
tapi plus ilmunya loh jangan lupa..

Kurniawan
2 June 2007, 10:43 PM
hayo..awas ga bisa tidur beneran lho om ichonk...bsk tak ksh waterslagger om...sample suaranya dulu ya hi..hi..hi..

Reza
3 June 2007, 11:38 AM
kenari impor, termasuk waterslager, tidak ber-ring WS. ring tergantung klub negara asal. bila jerman: dkb & az, belgia: aob, belanda: NB & AB. itu semua klub besar yang menaungi klub2 kecil. bila menemukan burung IMPOR dengan ring selain itu berarti itu dari peternak anggota klub kecil yang dinaunginya.

Om KS,
YS Ring 06 kemarin ada yang beinisial BPC , apa ini bisa dikategorikan dr komunitas peternak kecil om (kayaknya dari belanda).
Terus mengenai YS dr Jerman dan Belanda. Ada Anggapan YS Jerman lebih mahal dr YS Belanda. Ini apa karena secara kualitas memang YS Jerman lebih baik atau karena harga impornya saja yg lebih mahal sehingga harganyapun lebih mahal .
Sekalian om, pemenang Piala Raja 2007 kelas YS :):

Reza

Kian Sing
3 June 2007, 06:10 PM
duh duh duh..mataku kok gk ringan yah pengen belajar maen kenari...aku seneng suaranya beniing..
siang tadi saya maen ketempat om kian sing, hebat hebat burungnya (bukan promosi loh) sebenarnya pengen ambil produknya, yah buat invest lah hehehe..di komporin ma om AH, n om Kurniawan jadi tambah pengen ni..

kayanya agak susah tidur ni ntar malem hehehhee...
tunggulah aku om Kian ku kan menjemput demenan baru dari mu hehhehehe..
tapi plus ilmunya loh jangan lupa..

pertama2 thanks berat atas kunjungan tim kicaumania.org ke rumah saya sabtu tgl 2/6/07! di lap piala raja juga berkunjung lagi di paddock, wah rasanya seperti pengantin baru hehe..

mr kurniawan bisa aja omong kenari saya hebat hehe. sayang stok kenari saya baru kosong, ntar kalau ada pasti dijadikan souvenir hahaha.

Kian Sing
3 June 2007, 06:21 PM
Om KS,
YS Ring 06 kemarin ada yang beinisial BPC , apa ini bisa dikategorikan dr komunitas peternak kecil om (kayaknya dari belanda).
Terus mengenai YS dr Jerman dan Belanda. Ada Anggapan YS Jerman lebih mahal dr YS Belanda. Ini apa karena secara kualitas memang YS Jerman lebih baik atau karena harga impornya saja yg lebih mahal sehingga harganyapun lebih mahal .
Sekalian om, pemenang Piala Raja 2007 kelas YS :):

Reza

mohon maaf saya tidak hafal semua initial klub kecil, tapi kalau kloter pengiriman dari belanda biasanya ya itu klub kecil di belanda atau omong jeleknya malah made in lokal? :-S coba lihat apa buatan ringnya halus atau agak kasar, biasanya yg buatan luar lebih halus.

sebetulnya semua ys yg diekspor ke indonesia adalah jelek tp jeleknya ini adalah pandangan kacamata peternak sono, belum tentu dari pandangan kacamata indonesia. seharusnya yorkshire yg bagus menurut standar eropa adalah yang bulu tebal, lalu yang dikirim sini yang bulu tipis ... nah ini yang didemenini orang kita ... klop kan.

kebanyakan ys belanda berbulu tebal dan biasanya ys ex jerman berbulu tipis, kesukaan kita, harga sebenarnya seimbang cuma yg jerman dimonopoli orang ... hehehe maafkan daku kalau orangnya itu adalah saya hehehe. ya karena saya menghargai burung, jadinya saya jual mahal dan lagi saya tidak jual kuantitas, sebenarnya juga tidak mudah cari burung di jerman. banyak pesaing yg ingin juga beli dari sana terutama orang timur tengah.

pemenang kelas yorkshire piala raja 2007 adalah saya :D: saya cuma hafal 3 besarnya:
1. kian sing, jayakarta, nama burung: DKB 26.
2. hwa-hwa, solo, nama burung: ...
3. jiang-jiang, yogya, nama burung: mahadewi

demikian sekilas info kelas yorkshire PR 2007

Reza
3 June 2007, 06:54 PM
wealah.. congratulation deh om =D>

reza

Kian Sing
3 June 2007, 07:58 PM
matur tengkyu ya, rekan2!

Kurniawan
3 June 2007, 11:56 PM
seep om selamat atas moncernya DKB 26..(roda gila yah?) nunggu ws aja saya hi..hi..hi..ampun om,pgn jg belajar breeding ama om KS...

Kian Sing
4 June 2007, 06:12 AM
bukan, roda gila juara 1 kenari standar maharaja. saya di kelas yorkshire.

r1za
4 June 2007, 10:57 AM
slamat om Kian atas moncernya DKB 26..........info breedingnya yah om

Mr_Pik
6 June 2007, 09:09 AM
artikelnya bagus om...
lumayan buat tambahan artikel saya....
tapi gambarnya waterslager nya yg ga ada ya ?

Kian Sing
6 June 2007, 12:20 PM
thank you, ini foto seputar waterlager

waktu yuri menilai
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/gesblobew.jpg

dan ini foto bakul kenari jaman doeloe:
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/bakul1.jpg

http://www.picturehosting.com/images/merapi2/bakul2.jpg

h3ndr4
13 June 2007, 10:12 PM
bener2 mumpuni om KS ini, siippp siippp kapan2 kalo ke YK tak mampir, kenalan sambil lirak lirik.
boleh kan om KS, siapa tau momongannya ada yg jodoh dgn aku.. hehehehehehe

Kian Sing
14 June 2007, 08:41 AM
muampuir buae ora puopuo

budiger
16 July 2007, 08:40 PM
Pak Kian Sing yth,sejak akhir 06 saya mengalami kenari jantan yang tadinya gacor saya kawinkan,subur telor dari betinanya netes,tapi habis itu si jantan jadi hilang suaranya tidak ngoceh tapi tetap subur,telor dari betina lain yang saya pasangkan juga tetap netes.Ini kenapa yaaa??, mohon petunjuknya.Terima kasih

puguh_larop
17 July 2007, 12:34 AM
Om suara ws kalau dirasa mirip2 juga dengan roller ya..... cuma agak pelan kayaknya, ini masih punya koleksi suara ws apa roller yang agak panjang variasinya ndak om. Dulu pernah dengar juga kasetnya sayang sekarang ndak nemui lagi....thank you. Kapan nih boleh main kerumah..[-O<

tatanka
17 July 2007, 08:00 AM
om puguh biar lebih afdol berdiskusinya silahkan masuk forum perkenalan dulu..:)

Kian Sing
17 July 2007, 07:40 PM
Pak Kian Sing yth,sejak akhir 06 saya mengalami kenari jantan yang tadinya gacor saya kawinkan,subur telor dari betinanya netes,tapi habis itu si jantan jadi hilang suaranya tidak ngoceh tapi tetap subur,telor dari betina lain yang saya pasangkan juga tetap netes.Ini kenapa yaaa??, mohon petunjuknya.Terima kasih

itu biasa, perawatan kurang optimal dan biasanya si jantan meloloh betina. agar lbh baik bila si jantan sering dijemur sendiri, pagi dipindah sangkar solitaire (sendiri) lalu dijemur, mandi dll. lalu habis jemur diangin2kan, lalu dijadikan satu dengan betina. nanti kalau sore sempat digituin lagi.

Kian Sing
17 July 2007, 07:44 PM
Om suara ws kalau dirasa mirip2 juga dengan roller ya..... cuma agak pelan kayaknya, ini masih punya koleksi suara ws apa roller yang agak panjang variasinya ndak om. Dulu pernah dengar juga kasetnya sayang sekarang ndak nemui lagi....thank you. Kapan nih boleh main kerumah..[-O<

wuah ini pertanyaan buat saya atau siapa? bingung saya tapi tetep akan saya jawab deh.

memang betul kalau roller sepintas sama dengan waterslager, kesamaannya adalah suaranya suara dalam, beda dengan kenari jenis lain yg terkesan suaranya lantang. dan memang betul juga kalau waterlager lebih keras dikit volumenya dibanding dengan roller.

tetapi dalam hal variasi lagu, waterslager kelihatannya lebih menang dalam artian lebih komplit.

cd waterslager saya juga hilang nih, ada kriteria lagu dan untuk latihan jadi yuri waterslager .... tapi ya itu ... hilang.

puguh_larop
19 July 2007, 06:33 PM
wuah ini pertanyaan buat saya atau siapa? bingung saya tapi tetep akan saya jawab deh.

memang betul kalau roller sepintas sama dengan waterslager, kesamaannya adalah suaranya suara dalam, beda dengan kenari jenis lain yg terkesan suaranya lantang. dan memang betul juga kalau waterlager lebih keras dikit volumenya dibanding dengan roller.

tetapi dalam hal variasi lagu, waterslager kelihatannya lebih menang dalam artian lebih komplit.

cd waterslager saya juga hilang nih, ada kriteria lagu dan untuk latihan jadi yuri waterslager .... tapi ya itu ... hilang.

Wah sorry om Kian namanya baru belajar posting.. he he betul nanya sapa lagi kalau ngak pakarnya trim infonya WS and roller kalau ada lagi mau deh jangan lupa infonya.... terimakasih.\:D/ \:D/ \:D/

budikenari
20 July 2007, 09:42 AM
salam km
Om Kian Sing mau tanya nih seandainya saya punya kenari lokal,terus saya isi dengan suara waterslager dan dia mampu menyanyikan suara waterslager apakah kenari tersebut bisa dikatakan kenari waterslager walaupun bukan kenari impor waterslager?

soalnya kalau diliat dari tulisan om ks orng2 eropa melatih kenari waterslager dengan berbagai media mungkin juga waterslager dulu juga kenari biasa(maksud saya punya suara kenari standart belum menurun ke genetik)

sebelumnya terimakasih atas jawabannya

salam
budi

Kian Sing
20 July 2007, 10:08 AM
salam km
Om Kian Sing mau tanya nih seandainya saya punya kenari lokal,terus saya isi dengan suara waterslager dan dia mampu menyanyikan suara waterslager apakah kenari tersebut bisa dikatakan kenari waterslager walaupun bukan kenari impor waterslager?

soalnya kalau diliat dari tulisan om ks orng2 eropa melatih kenari waterslager dengan berbagai media mungkin juga waterslager dulu juga kenari biasa(maksud saya punya suara kenari standart belum menurun ke genetik)

sebelumnya terimakasih atas jawabannya

salam
budi

bila kita menyebut kenari waterslager, berarti kita menyebut jenis kenari dan bukannya suara atau lagu atau nyanyian atau irama kenari. saya rasa kenari tsb tetap bukan kenari waterslager. krn kenari waterslager telah diciptakan beratus-ratus tahun yang lampau dan genetiknya telah terbentuk.

logikanya bila ada kenari yang dari kecil diisi lagu hwamey dan nyata2nya memang berlagu full hwamey, apakah kita akan menyebut burung tersebut berjenis hwamey?

tetapi di samping itu, saya kagum dan menyampaikan selamat karena Anda adalah satu di antara beberapa gelintir orang yang 'gila' akan kenari terutama irama lagu kenari, selamat!

hidayat nurul
4 September 2007, 01:39 PM
Wah huebat banget tuh artikel om Kian Sing, Om klo cari CD dari jenis2 kenari dimana ya? mohon infonya nih. trims

kucica_denis
11 December 2007, 04:14 PM
WATERSLAGER
Oleh: Kian Sing



Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado. Tiap-tiap jenis tersebut mempunyai lagu yang khas dan jelas berbeda serta dapat dikenal dengan mudah walau oleh penggemar baru. Harzer mempunyai lagu yang menggema dan panjang, suaranya seperti suara dalam. Variasi lagu yang utama adalah nge-roll, dapat dikatakan selalu ada huruf ‘r’ di antara suku kata. Variasi lagu yang utama adalah ‘hollow roll’: rorororororororo… variasi ini dijadikan keharusan bagi Harzer. Variasi lain yang harus dipunyai oleh jenis kenari asli Jerman ini adalah tembakan yang dinamai ‘Pfeiffen’ atau ‘Flute’ yang mana ada spasi di antara suku kata, contohnya: … su-su-su-su.

Walau begitu, variasi lagu ini tidak begitu unik sebelum diketemukan Waterslager dan Timbrado. Harzer sangat terkenal di luar negeri, walaupun perkembangannya tidak secepat waterslager.

Spanish Timbrado diakui sebagai burung penyanyi di era tahun 1970-an. Variasi lagunya bernada lebih tinggi daripada waterslager dan harzer. Jenis ini tidak terlalu populer dan relatif tidak dikenal. Asosiasi Burung Kenari di Amerika telah membuka lomba jenis ini dan tetap masih dinilai yuri dari Spanyol, daerah asal jenis kenari ini.

Marilah kita berkonsentrasi di jenis waterslager yang dijadikan subjek tulisan ini. Jenis ini asli berasal dari Belgia, tepatnya di daerah Fladers, bagian barat negara Belgia. Waterslager mempunyai nama lain ‘Malinois’, hal ini dikarenakan pertama kali diketemukan di daerah tersebut, dekat kota Antwerpen. Hal ini tertulis di dokumen petualang Perancis pada tahun 1713. Pada kenyataannya, jenis ini banyak dikembangbiakkan di Belanda. Jadi sebagian besar peternak dan kecintaan waterslager dapat dikatakan berada di 2 negara tersebut. Bukan hanya di mana burung tersebut diternak tetapi di mana burung itu dididik, dinilai dan diolah dalam kata yang luas. Saya bisa berbicara jenis ini telah hidup lama dan berkembang dalam budaya yang sepadan. Masyarakat Belgia dan Belanda mengembangbiakkan dan mengolahnya dan dikerjakan dengan serius. Ada banyak klub burung di sana dan selalu mengadakan satu atau dua kali pameran antara November dan Februari. Penilaian dilakukan oleh yuri yang benar-benar mengetahui dan berpengalaman dan yuri yang sudah dilatih sepatutnya. Klub-klub tersebut melebur menjadi satu dalam sebuah asosiasi yang, pada waktu yang sama, adalah bagian atau federasi yang disetujui oleh COM, dalam tingkatan dunia. Juga ada cabang yang penting di Italia, Yunani, Luxembourg dan Spanyol di mana turnamen diadakan. Tidak disangsikan lagi mutu burung di negara-negara tersebut sangat tinggi pada kenyataannya, hal ini diakibatkan karena banyak orang Belgia yang menjual burung juaranya ke luar negeri. Lebih-lebih lagi, banyak peternak Italia dan Spanyol mengisi posisi terbaik di kejuaraan dunia. Di bawah akan ditulis beberapa kabar tentang burung-burung juara.

Secara umum, lagu waterslager lebih variatif daripada kenari jenis lain. Lagu harzer sangat lamban dan tingkat nadanya terbatas. Timbrado, di lain pihak, mempunyai tingkat nada yang lebih tinggi dan bernyanyi dengan speed cepat.

Lagu waterslager mempunyai semuanya: dari sangat lamban, lamban, ‘klokkende’ yang dalam atau suara air yang dalam, sampai bunyi bel bernada tinggi dan flute. Beberapa variasi dinyanyikan dengan lelah dan beberapa dinyanyikan dengan cepat. Variasi lagu dan tingkat nada menjanjikan kepuasan dan tidak ada bosan-bosannya.
LAGU

Di negara asalnya, peternak Belgia dan Belanda berusaha untuk mengenalkan dan mengisi lagu kenari yang terbaik, burung Nightingale Eropa (sejenis burung bulbul), dan suara gemericik air. Kemudian mereka mengulang-ulang kembali cara mengisi dan akhirnya mentransfer ke generasi-generasi berikutnya.

Kenyataannya, peternak memerlukan berabad-abad lamanya untuk mendidik waterslager hingga saat ini. Kalimat tersebut akan diperluas sebagai berikut, ada 2 cara mendidik kenari waterslager: A) dididik oleh burung yang sudah ada; B) pengaruh lingkungan. Cara A lebih murah dan berlangsung secara otomatis. Variasi lagu menurun secara genetikal dan burung bernyanyi nyaris tanpa usaha menambah variasi. Cara B membutuhkan kerja yang sangat keras dan hasilnyapun tidak dijamin. Dan akhirnyapun variasi ini tidak menurun secara genetikal. Tetapi Belgia dan Belanda telah sukses setelah berusaha keras beberapa decade. Inilah mengapa waterslager dapat menurunkan variasi lagunya ke anak turunannya. Pada pertama kalinya orang Belgia mendidik waterslager dengan memakai alat-alat buatan seperti corong air, mengalirkan dan/atau meneteskan air ke ember dan lain-lain. Pada kenyataannya, mendidik dengan burung nightingale lebih sulit karena burung ini bernyanyi pada malam hari di waktu anakan waterslager sudah terlelap tidur dan burung ini cuma bernyanyi di musim semi yang mana saat itu adalah musim kawin burung sehingga sudah tidak ada lagi anakan untuk dididik atau anakan sudah terlalu tua untuk dididik.

Secara umum, waterslager bernyanyi nge-roll dan variasi tembakan (catatan: tembakan di sini adalah tetap bunyi air yang dinyanyikan dengan nada tinggi). Waterslager harus mempunyai banyak variasi gemericik air, waterslager tanpa dasar gemericik air bukanlah waterslager. Untuk itu namanyapun identik dengan bunyinya, waterslager dapat dikatakan berarti pukulan air atau gemericik air. Oleh sebab itu bagi orang yang ingin membeli waterslager diharuskan meneliti nilai yang didapat, terutama yang paling terpenting dari variasi adalah ‘klokkende waterslag’ atau bunyi ‘klok’ yang paling sederhana. Variasi ini mempunyai nilai maksimal 12. Secara garis besar, kenari yang mempunyai nilai klokkende waterslag 6 dapat dikatakan bagus, nilai 7 sangat bagus, nilai 8 adalah sempurna dan nilai 9 adalah istimewa. Untuk pecinta dan ahli waterslager, variasi ini sangat penting. Terkadang waterslager yang mempunyai nilai 8 di klokkende dengan nilai total 114 dinilai lebih disukai daripada waterslager bernilai 6 klok dengan total nilai 120. Lebih-lebih, dalam hal penilaian kontes waterslager di sana, pemenangnya pasti mempunyai nilai klok tertinggi. Juga burung tanpa nilai variasi gemericik air tidak dapt memenangkan lomba.

Bagaimana bunyi klokkende waterslag? Secara sederhana, bunyi ini menyerupai tetesan air dalam jumlah besar ke dalam ember yang penuh air, seperti:

wloi-wloi-wloi-wloi
blo-blo-blo-blo
glu-glu-glu-glu
wut-wut-wut-wut

tanda minus di atas sangat penting yang berarti ada spasi di antara suku kata. Semakin dalam cengkokan dan semakin lelah waterslager membawakan variasi lagu ini semakin bagus. Yuri lebih menyukai bunyi ‘i’ di belakang variasi ini, artinya bunyinya akan terasa lebih dalam dan gaungnya sangat enak didengar. Kecepatan atau speed juga penting, klok yang dinyanyikan lamban lebih jelas dibanding klok yang dinyanyikan cepat, yang terkadang akan rancu dengan variasi terpenting ke-2 yaitu ‘bollende waterslag’. Variasi ‘klok’ yang sangat indah boleh digabungkan dengan flute dengan bunyi klok di belakang. Walaupun sangat sulit menyimpulkan bagaimana bunyi klok yang baik, seseorang dapat menilai dengan semakin mirip terhadap bunyi air adalah yang terbaik. Lagu harus sangat jernih, bersifat 3 dimensi, dengan susunan variasi yang sangat jelas.

Perbedaan dengan variasi terpenting ke-2 adalah speed yang dibawa waktu bernyanyi, spasi antara suku kata dan tidak ada huruf ‘l’ atau ‘I’ di belakang suku kata. Variasi lagu yang disebut ‘bollende waterslag’ adalah menyerupai suara air waktu direbus, kira-kira seperti:

bobobobo
bubububu
blublublublu
wutwutwutwut

anda dapat melihat tidak ada tanda minus di antara suku kata yang berarti tidak ada spasi antara suku kata. Variasi ini enak didengar dan juga harus dipunyai seekor waterslager di antara bunyi air lainnya. Di kejuaraan variasi ini mempunyai nilai maksimal 9, walau asosiasi Belanda mempunyai nilai maksimal 6.

Variasi ke-3 seperti suara air yang mengalir atau disebut ‘rollende waterslag’, variasi ini mirip waktu kita meniup sedotan ke dalam gelas. Nilai maksimal 6, di Belanda mempunyai nilai maksimal 9. Variasi ini terdengar seperti:

brubrubru

Selain menirukan suara air, ada beberapa variasi yang dinyanyikan waterslager, yaitu:

Staaltonen atau suara besi, nilai maksimal 9. Terdengar seperti besi yang dipukulkan berulang-ulang:

ting-ting-ting
jing-jing-jing
tong-tong-tong

Belakangan, suku kata yang memakai huruf ‘o’ terdengar lebih dalam dan banyak disukai orang. Bagaimanapun, mana yang lebih berharga tergantung pada selera orang.

Fluiten atau Flute: sangat diperlukan untuk lagu yang lebih indah. Terdengar seperti:

su-su-su
du-du-du
sut-sut-sut

Spasi di antara suku kata harus diperlihatkan untuk menambah nilai variasi ini. Variasi ini mempunyai nilai maksimal 9.

Fluitroll atau bunyi flute yang dinyanyikan dengan speed rapat mempunyai nilai maksimal 6, terdengar seperti:

sursursur

Bellen, ditirukan dari bunyi bel dan terdengar seperti:

lilili
lululu

Hampir tidak ada spasi antara suku kata dan ada variasi lain dari kategori ini yang diadaptasi dari double-bell yang terdengar seperti ‘tilung-tilung-tilung’ atau ‘dingdong-dingdong-dingdong’. Variasi ini akhirnya lebih dicari daripada bunyi single-bell.

Belrol atau seperti alarm jam:

riririri
rurururu

Lebih baik bila dinyanyikan dengan paruh yang terbuka untuk kesan kristal.

Tjokken (roll) atau terkesan seperti seseorang menotok pintu, nilai maksimal 6

toc-toc-toc
tjok-tjok-tjok
to(r)-to(r)-to(r)

Terakhir adalah Knor, terkesan seperti dengkur *(O)**(O)**(O)**(O)*:

knorrrr

Variasi ini dinyanyikan cuma sekali dalam sebuah nyanyian. Nilai maksimal 6 dan semuanya tergantung dari panjang variasi.

Kita akan mendapatkan kartu penilaian yang telah diisi atau ‘indruk’ bila kita membeli waterslager yang telah dilombakan, di lembar penilaian menunjukkan bagaimana waterslager bernyanyi waktu saat penilaian. Contohnya, mungkin kita bisa mendengarkan orkestra kelas teri menyanyikan simponi Beethoven tetapi suaranya akan tidak jernih, kacau dan lain sebagainya. Berbeda bila kita menikmati simponi Beethoven yang dilantunkan orkestra kelas atas, kita akan menikmati kejernihan suara yang sangat detail. Inilah yang akan dijelaskan oleh yuri dalam ‘indruk’. Lembar penilaian ini sangat penting dalam memilih waterslager jantan, tentunya apabila lembar penilaian ini tersedia.

Belanda memberikan nilai maksimal 3 untuk variasi lagu yang menirukan burung nightingale. Haruslah diingat bahwa semakin jelas bagaimana burung menirukan akan mendapatkan nilai yang tinggi. Poin tambahan harus dikalikan 3, alasannya adalah pada waktu pertama kali lomba diadakan cuma diikuti oleh beberapa waterslager, yang bertindak untuk menilai adalah 3 orang yuri. Saat ini, dengan banyaknya waterslager yang ikut, hanya seorang yuri yang menilai. Oleh sebab itu, untuk menjaga perbandingan penilaian sejak saat dimulainya lomba maka point akhir dikalikan 3.
om kian sing terima kasih atas informasinya yahud deh n kebenaran saya butuhkan informasi ini tapi saya mau tanya kalau wb ini dengan kenari holand (yg ada diindonesia)itu masih satu jenis gak? trus knapa kalau yang yang dicari orang diindonesia malah lebih suka kenari yg bersuara kencang seperti kenari taiwan padahal setahu saya wb suaranya halus dan topnya kenari.

Kian Sing
11 December 2007, 04:47 PM
maksudnya wb apa? saya pikir waterslager ya. dibanding dengan kenari holland atau istilahnya kenari lokal sini, bodi dan ukuran hampir sama. saat ini sudah beda jenis, kenari lokal di negara asal adalah colourbred canary atau kenari dengan peruntukan untuk warna, sedang waterslager adalah kenari penyanyi.

orang di sini menyenangi yg volume keras karena lomba di sini mengutamakan hal itu. di sini orang pelihara kenari kadang di luar ruangan seperti di teras dll, membutuhkan burung kenari yg suaranya keras agar terdengar. berbeda di negara barat, di sana orang memelihara dalam rumah jadi kalau keras2 malah mengganggu mereka.

waterslager memang paling top di sana sebagai kenari penyanyi tetapi di sini jenis ini terlihat kurang populer atau disuka. hanya orang tertentu dan orang yg fanatik yang menyukai.

keke
10 January 2008, 09:57 AM
Wah om Kian Saya tertarik dengan piara WS. Dan sya sudah dapat informasi kalo di pramuka tanggal 17 datang. Dalam hal ini ada yang saya tanyakan
1. Ciri ciri fisik buat Buat ws yang prospek di suaranya bagus
2. Apa yang harus kita perhatikan di sertifikat ws. itu sendiri
3. Dan ring Dari belanda apa jerman yang punya kwalitas suara bagus.
4. menurut om kian apalagi yang harus kita perhatikan dalam memilih WS.

keke
10 January 2008, 09:58 AM
Wah om Kian Saya tertarik dengan piara WS. Dan sya sudah dapat informasi kalo di pramuka tanggal 17 datang. Dalam hal ini ada yang saya tanyakan
1. Ciri ciri fisik buat Buat ws yang prospek di suaranya bagus
2. Apa yang harus kita perhatikan di sertifikat ws. itu sendiri
3. Dan ring Dari belanda apa jerman yang punya kwalitas suara bagus.
4. menurut om kian apalagi yang harus kita perhatikan dalam memilih WS.


Eh ya Lupa sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas ilmunya om
Salut habis buat om kian.

Kian Sing
10 January 2008, 12:13 PM
Wah om Kian Saya tertarik dengan piara WS. Dan sya sudah dapat informasi kalo di pramuka tanggal 17 datang. Dalam hal ini ada yang saya tanyakan
1. Ciri ciri fisik buat Buat ws yang prospek di suaranya bagus
- ukuran seperti colorbred canary, biasanya warna kuning, bont kuning (flex) dan putih. menurut orang luar negeri, biasanya kalau nilai di songlist tinggi dianggap bagus. semakin tinggi nilainya ya semakin bagus. nilai 140 ke atas sudah dianggap istimewa. tetapi belum tentu nilai songlist tinggi bagus atau cocok dengan selera kita. setahu saya yang saya tanyakan kepada teman2 lama penggemar waterslager, mereka suka yang variasinya double-double. maksudnya misalnya 'ting', dinyanyikan 'ting-tong'; gunanya apa? jaman dulu waterslager dijadikan salah satu master untuk kenari, jadi variasi lagu itu terdengar 'antik' di telinga kita. apa yang terjadi di luar negeri? waktu saya tanyakan langsung ke juri waterslager internasional, variasi lagu itu sudah tidak ngetrend lagi di luar negeri, mereka kembali lagi ke 'selera asal' tetapi pelafalannya sangat jelas. kesimpulannya: yang baik di luar negeri, belum tentu baik menurut telinga kita. akhirnya ya silahkan pilih yang terbaik menurut teling pembeli. minim carilah yang sehat, bernyanyi, volumenya lebih tinggi, panjang nafas bagus, variasi lagu dibawakan tidak monoton/variatif dan iramanya enak.

2. Apa yang harus kita perhatikan di sertifikat ws. itu sendiri
- sedikit telah disinggung di tulisan saya di atas, adanya songlist berarti waterslager tsb sdh pernah diikutkan kontes dan pasti 99,99% tidak juara sebab yg juara pasti untuk ternak mereka selain pembeli (eksporter) kenal baik dengan pemilik dan bisa merayu agar peternak mau melepaskannya. yg tidak punya songlist berarti: belum pernah dikonteskan, songlist hilang, songlist tidak ditemukan oleh importer, jelek menurut peternak shg tdk dikonteskan, peternak tidak mau memberikan songlist, dll. yg pasti, tanpa songlist adalah jelek menurut telinga kita.

- yg perlu diperhatikan bila kita fanatik ber-song list yakni data dalam song list harus sama dengan data burung yang bersangkutan, misalnya ring number, breeder code, tahun kelahiran, dll.

3. Dan ring Dari belanda apa jerman yang punya kwalitas suara bagus.
- memang ada breeder code yang menyediakan waterslager bagus, mohon maaf catatannya tidak ketemu karena disimpan istri saya yg saat ini baru ke luar negeri. ada teman yg lebih mempercayai juri belanda, namanya lupa tetapi yg pasti juri itu wanita. katanya penilaiannya tepat. di setiap negara, semua waterslager ada yang jelek dan ada yang bagus. hanya belanda menang nama karena negara ini termasuk produsen besar jenis kenari ini.

4. menurut om kian apalagi yang harus kita perhatikan dalam memilih WS.
- yang perlu diperhatikan adalah telinga pemilih =))


Eh ya Lupa sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas ilmunya om
Salut habis buat om kian.
-sama sama

Kian Sing
19 January 2008, 01:37 PM
sekedar info bagi mania waterslager bahwa tgl 25 jan 08 pagi di pramuka siap dijual waterslager dari belanda (dan kabarnya ada yg dari belgia). silahkan diborong huabisss.

kucica_denis
21 January 2008, 12:13 PM
wah pak KS saya jadi tertarik dgn artikelnya, jadi mau nih. kpn yah ws import datang dipramuka juga german rolernya serta spanish timbraldonya (ini gara gara tulisan om) thanks.

Kian Sing
21 January 2008, 10:53 PM
wah pak KS saya jadi tertarik dgn artikelnya, jadi mau nih. kpn yah ws import datang dipramuka juga german rolernya serta spanish timbraldonya (ini gara gara tulisan om) thanks.

bukan promosi ...

waterslager, gloster, colorbred (red, yellow, white), lizard (pesanan orang) siap jual tgl 25 jan 08 di pasar pramuka.

mochijai
5 February 2008, 10:18 AM
Pak KS maaf kalau saya sangat telat dan katrok
Saya ingin sekali mendengarkan suara WS, dimana saya bisa download contoh lagu WS atau mungkin Pak KS punya tolong dishare dong.

murdi
5 February 2008, 01:46 PM
Om coba buka disini " kenarimania.multiply.com/video/item/23/waterslager ", mudah2an bisa, ini punya pak sofyan. Maaf kalau ada salah. Tks

Kian Sing
5 February 2008, 02:07 PM
alhasil .... setelah berkutat dengan para pejoang jkt dsk akhirnya saya diberi kesempatan meminang:
- 1 ekor lizard jantan hijau
- 1 ekor lizard betina abu (mau beli lagi sudah disikat pak slam dan pak sofyan :(( :(( :(( )
- 1 ekor red intensive betina
- 1 ekor gloster jantan
- 1 ekor waterslager nilai 147
- 1 ekor waterslager nilai 144

di bawah ini adalah contoh lagu waterslager:

http://www.4shared.com/file/36900694/4988e286/waterslag.html

http://www.4shared.com/file/36901067/eb28b424/Waterslager.html

bennyhs
5 February 2008, 02:17 PM
alhasil .... setelah berkutat dengan para pejoang jkt dsk akhirnya saya diberi kesempatan meminang:
- 1 ekor lizard jantan hijau
- 1 ekor lizard betina abu (mau beli lagi sudah disikat pak slam dan pak sofyan :(( :(( :(( )
- 1 ekor red intensive betina
- 1 ekor gloster jantan
- 1 ekor waterslager nilai 147
- 1 ekor waterslager nilai 144

di bawah ini adalah contoh lagu waterslager:

http://www.4shared.com/file/36900694/4988e286/waterslag.html

http://www.4shared.com/file/36901067/eb28b424/Waterslager.html

betina red intensive di sana harganya berapa om en import atau lokal?

Kian Sing
5 February 2008, 02:33 PM
saya beli di importer di pasar pramuka kok. harganya mungkin bisa ditanyakan ke kmers lain, saya tidak enak tulis harga di sini sebab 'sesama bis kota dilarang saling mendahului' =)) =)) =))

H and I
12 February 2008, 07:22 AM
Kira2 WS masih ada ngak yah...? OM bisa bantu dimana tmpt n no telp yag jual nya di pramuka? Thnx be 4

Kian Sing
12 February 2008, 11:11 AM
harusnya masih banyak di pramuka, tanya aja di sana tempatnya pak hendra.

Reza
12 February 2008, 11:34 AM
saya beli di importer di pasar pramuka kok. harganya mungkin bisa ditanyakan ke kmers lain, saya tidak enak tulis harga di sini sebab 'sesama bis kota dilarang saling mendahului' =)) =)) =))

Kalo "new buyer" biasanya harga suka dibedain, terutama kalo dilayanin sama asistennya. Pas sampe kiosnya bilang aja "temennya Om Faisal" (faisalbachrack, kmers juga), harganya 350 K.
Om satu ini pelanggan tetap kenari impor nih :)). Saya juga biasa nyebut nama beliau, kalo lagi ada duit mau beli kenari =)) =)) =))

faisalbachrak
12 February 2008, 11:58 AM
Kalo "new buyer" biasanya harga suka dibedain, terutama kalo dilayanin sama asistennya. Pas sampe kiosnya bilang aja "temennya Om Faisal" (faisalbachrack, kmers juga), harganya 350 K.
Om satu ini pelanggan tetap kenari impor nih :)). Saya juga biasa nyebut nama beliau, kalo lagi ada duit mau beli kenari =)) =)) =))

Nah lho...kok ane yang disebut2 nih....^^ ^^ ^^
Bisa ajah nih Om Reza, ane khan belajar kenari impor dari om...:D :D :D
Harga 350K-400K itu untuk WS Betina Om..Kalo WS Jantan antara 700-800K...

Sabtu kemarin ane kesana masih ada sekitar 40 ekor kali yah yg jantan...........
coba aja kesana sambil jalan2....Om Handi...:) :)

Kian Sing
12 February 2008, 04:10 PM
sudah ... borong aja ... kali ini adalah impor terakhir, paling cepat nanti akhir tahun baru datang lagi.

Pookie
12 February 2008, 04:31 PM
Nah lho...kok ane yang disebut2 nih....^^ ^^ ^^
Bisa ajah nih Om Reza, ane khan belajar kenari impor dari om...:D :D :D
Harga 350K-400K itu untuk WS Betina Om..Kalo WS Jantan antara 700-800K...

Sabtu kemarin ane kesana masih ada sekitar 40 ekor kali yah yg jantan...........
coba aja kesana sambil jalan2....Om Handi...:) :)

Boleh pinjem nama yak? Dapet burung bagus harga terjangkau... Enak dong!
Boleh dicoba boss!!!^:)^

cools_bird
12 February 2008, 04:43 PM
Nah lho...kok ane yang disebut2 nih....^^ ^^ ^^
Bisa ajah nih Om Reza, ane khan belajar kenari impor dari om...:D :D :D
Harga 350K-400K itu untuk WS Betina Om..Kalo WS Jantan antara 700-800K...

Sabtu kemarin ane kesana masih ada sekitar 40 ekor kali yah yg jantan...........
coba aja kesana sambil jalan2....Om Handi...:) :)

Wah boleh dicoba jg tuh.....
tapi jauh banget see tempatnya...
andaikan tempatnya di Surabaya,dah ngeborong deee....8-> 8->
hehehe.......:D :D

Kian Sing
12 February 2008, 08:16 PM
Kalo "new buyer" biasanya harga suka dibedain, terutama kalo dilayanin sama asistennya. Pas sampe kiosnya bilang aja "temennya Om Faisal" (faisalbachrack, kmers juga), harganya 350 K.
Om satu ini pelanggan tetap kenari impor nih :)). Saya juga biasa nyebut nama beliau, kalo lagi ada duit mau beli kenari =)) =)) =))

sebagai new buyer jangan menyebut nama 'kian sing', masih ngutang :((

ntar nyebut kian sing malah kena tagih :-j :-j :-j

cools_bird
13 February 2008, 12:49 PM
sebagai new buyer jangan menyebut nama 'kian sing', masih ngutang :((

ntar nyebut kian sing malah kena tagih :-j :-j :-j

Tapi boleh dicoba jg tuh....
kali aja boleh ngutang jg........;)) ;))
hehehe.......:D :D

H and I
14 February 2008, 07:37 AM
OK thn'x semua, kalau tempat Pak Hendra saya tau..itu memang bandar dari dulu tapi apakah posisi/tempat nya masih sama? Udah laam banget kgk ke pramuka..lupa2 inget..

slam
14 February 2008, 08:21 AM
OK thn'x semua, kalau tempat Pak Hendra saya tau..itu memang bandar dari dulu tapi apakah posisi/tempat nya masih sama? Udah laam banget kgk ke pramuka..lupa2 inget..

Masih om, blum pindah koq.. tapi klo mau lihat2 WS yg bagus jangan di kios nya.. tapi di rumah/ gudang burung2 nya, gak jauh dari kios...

H and I
14 February 2008, 08:57 AM
Than'x 4 info

keke
18 February 2008, 12:40 PM
Masih om, blum pindah koq.. tapi klo mau lihat2 WS yg bagus jangan di kios nya.. tapi di rumah/ gudang burung2 nya, gak jauh dari kios...

om Slam minta infonya dong. Apa di pak Hendra masih ada ws yang song listnya lebih dari 140 an gitu.
tanks ya

Reza
19 February 2008, 02:10 PM
[QUOTE=Kian Sing;57651]
WATERSLAGER
Oleh: Kian Sing



Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado.

Om KS, kenapa COM cuma mengakui 3 ya om, kenapa AS sama RS enggak diakui

Pookie
20 February 2008, 10:27 PM
Tanya kenapa???

wyanuarc
21 February 2008, 12:28 AM
Permisiiii.....
Oot dikit, kira kira brapa harganya ya WS ?

Tq
Salam, Yanuar

Kian Sing
22 February 2008, 10:43 AM
[QUOTE=Kian Sing;57651]
WATERSLAGER
Oleh: Kian Sing



Kenari waterslager adalah satu di antara tiga jenis kenari yang diakui oleh World Ornithologic Organization/Confederation Ornithologique Mondiale (COM) atau Organisasi Ahli Burung Dunia. Dua jenis lainnya adalah German Harz Roller (di Indonesia dikenal dengan nama Harzer) dan Spanish Timbrado.

Om KS, kenapa COM cuma mengakui 3 ya om, kenapa AS sama RS enggak diakui

utk mendapat pengakuan internasional membutuhkan perjalanan panjang dan syarat2 yang banyak. coba bayangkan aja, stafford canary th 1970 mulai diciptakan dan baru diakui oleh organisasi amerika th 1991, itu pun belu mdiakui oleh organisasi dunia C.O.M.

Pookie
23 February 2008, 10:29 PM
Wah lama juga bboss!!

cools_bird
25 February 2008, 11:21 AM
Emank semua butuh perjuangan dan kerja keras boz...
And klo ada hasilnya pasti jadi sangat berharga tuh.......

KELVIN
25 February 2008, 06:55 PM
sipppppppp deh ......

DFW
6 March 2008, 01:20 PM
Buat Om-om pencinta Waterslager,
Saya mau perkenalkan diri:
Nama saya Ferry dari Dallas,Texas. Saya disini anggota Western Wateslager Club, ini alamat situsnya www.westernwaterslager.com
Salam hangat,
Ferry

Kian Sing
6 March 2008, 02:02 PM
Buat Om-om pencinta Waterslager,
Saya mau perkenalkan diri:
Nama saya Ferry dari Dallas,Texas. Saya disini anggota Western Wateslager Club, ini alamat situsnya www.westernwaterslager.com
Salam hangat,
Ferry

wah, selamat datang pak DFW. semoga bisa memberi informasi yang lebih tepat sehingga member km bisa lebih paham dan bertambah pengetahuannya.

kami semua menunggu informasi lebih lanjut langsung dari sana.

di sini kian sing melaporkan langsung dari indonesia, pak DFW di dallas, texas. (wah kayak televisi aja) :D :D :D

mochijai
6 March 2008, 05:06 PM
Salam kenal Pak DFW semoga bapak mau membagi pengetahuannya kepada kami kenari mania di Indonesia.

Pookie
6 March 2008, 10:35 PM
Buat Om-om pencinta Waterslager,
Saya mau perkenalkan diri:
Nama saya Ferry dari Dallas,Texas. Saya disini anggota Western Wateslager Club, ini alamat situsnya www.westernwaterslager.com
Salam hangat,
Ferry

Wah nambah ilmu neehh!!!

DFW
7 March 2008, 01:42 AM
Buat Om Kian, Om Moch dan Om Pookie,
terima kasih atas sambutan hangatnya, saya juga baru mulai pelihara waterslager jadi Om2 mungkin lebih banyak pengetahuannya dibandingin saya. Saya akan coba untuk cari pengetahuan tentang wateslager jadi kita bisa memajukan waterslager di Indonesia.
Ini situs dari Yunani, kelebihannya ada contoh2 suara :
Klokkende (12p)
Bollende (9p)
Rollende (6p)
Chorr, knorr (6p)
Staaltonen (9p)
Fluiten (9p)
Woeten (6p)
Bellen (6p)
Belrol (6p)
Fluitrol (6p)
Tjokken, Tjoks (6p)
Shokkel (3p)
Selamat menikmati,

Ferry

DFW
7 March 2008, 01:44 AM
Oopps, lupa mengkopi alamatnya www.malinois.gr

Pookie
7 March 2008, 11:06 PM
Thanks ya oom, bener jadi banyak masukan...

Boss_djaka
27 November 2008, 04:46 PM
Muanteb... Makasih om.. nambah ilmu lagi.. Kapan ndatangin kenari impor lagi? kabarnya ekspor kenari dari sono udah dibuka...

toserbagriya
11 February 2009, 01:16 PM
nama situsnya apa ? Bro...

Samid
13 February 2009, 12:54 AM
Buat Om Kian, Om Moch dan Om Pookie,
terima kasih atas sambutan hangatnya, saya juga baru mulai pelihara waterslager jadi Om2 mungkin lebih banyak pengetahuannya dibandingin saya. Saya akan coba untuk cari pengetahuan tentang wateslager jadi kita bisa memajukan waterslager di Indonesia.
Ini situs dari Yunani, kelebihannya ada contoh2 suara :
Klokkende (12p)
Bollende (9p)
Rollende (6p)
Chorr, knorr (6p)
Staaltonen (9p)
Fluiten (9p)
Woeten (6p)
Bellen (6p)
Belrol (6p)
Fluitrol (6p)
Tjokken, Tjoks (6p)
Shokkel (3p)
Selamat menikmati,

Ferry

Halo Sir...Om DFW mo tanya kenari Waterslager ini, jenis kenari silangan apa bukan Om
terimakasih atas penceraannya...

toserbagriya
19 February 2009, 01:11 PM
2 minggu yg lalu saya tanya sekitar 600 ribuan tapi keluaran tahun 2008,
masih muda dan suaranya belum ngunci.

aji_carred
19 February 2009, 04:23 PM
Thx om, nambah elmu lg nih, apalagi buat ane yg sih pemula ..

mayat
15 June 2009, 01:24 PM
dimana ya cari kenari waterslager di bandung...?????

mayat
15 June 2009, 01:45 PM
Wah nambah ilmu neehh!!!

boleh tahu nih kalau di bandung waterlager beli dimana ya..?

Deddy Soka
15 June 2009, 03:48 PM
om Mayat... WS di Bandung ga ada coba ke Pramuka masih ada sisa beberapa ekor di Pa Hendra, minggu yang lalu saya lihat masih ada.

seno
25 June 2009, 04:16 PM
Lebih baik datang ke pb pramuka bulan nov 09 saja supaya banyak pilhan...kalau bulan Juni 09 sudah jauh2 datang dari Bandung...nanti kecewa karena gak banyak pilihan.

Kone
15 August 2009, 06:10 AM
Maaf OM Kian Sing dan KM mania..q mau tanya,pa kah WS da yg djual di Jawa Timur khususnya Surabaya?kalau da harganya brapa?thanks

bunugh96
21 April 2010, 09:42 AM
bagi saya yang pemula jadi penasaran nih? harganya yang bakalan berapa om?

Kc
21 April 2010, 10:04 AM
bagi saya yang pemula jadi penasaran nih? harganya yang bakalan berapa om?

Maaf om...

Om member baru y?
Udah masuk forum perkenalan blm om untuk memperkenalkan diri om?

Jika blm, bisa diterawang link ini dan membuat thread perkenalan dl y...

http://www.kicaumania.org/forums/forumdisplay.php?f=2

Tar mslh om mengenai harga dsb bisa dibuat di forum2 khusus tentang burung yg om pgnkan...

Salam...

cece
9 July 2010, 04:17 PM
dimana ya cari kenari waterslager di bandung...?????

saya tau om.. ada yang punya di bandung.. cuma jantannya doang. udah gacor dan pernah diternakin juga..

tapi takutnya ga boleh dijawab di forum ini..

Elsamu
16 July 2010, 06:35 AM
Bentuk sertifikat WS itu seperti apa sih? apakah seukuran uang kertas yang berisi penilaian suara burung dan kertasnya biasa saja tidak tebal?
rekan KM ada yang punya sertifikat WS yang asli ? bisa tidak ya di posting foto nya sebagai gambaran buat rekan rekan yang lain biar jelas?

karena saya beli WS setifikat nya hanya selembar kertas seukuran uang berisi penilaian suara burung nya? jadi ragu juga saya, itu asli atau tidak?

Elsamu
16 July 2010, 01:42 PM
ini document yang saya peroleh dari penjual burung WS di pramuka.
apakah ini yang di maksud certificate WS ? tolong di kasih comment nya



http://i111.photobucket.com/albums/n136/sgsetiadi/certificate.jpg

Elsamu
17 July 2010, 04:52 PM
ayo dong rekan KM yang punya kenari Waterslager atau yang pernah punya Waterslager kasih jawaban pertanyaan saya di atas mengenai surat Waterslager. contoh di atas adalah punya saya. apakah sama yang pernah rekan KM punya.

budi mulyadi
19 July 2010, 02:23 PM
Mantab artikel ny Om ^^

rang2505
23 July 2010, 06:38 PM
jadi pengen punya neh kenari waterslager..

Penasaran...
BTW...nice artikel,..menambah pengetahuan ane om masalah kenari=P~

iwan suep
23 July 2010, 10:25 PM
5 tahun lalu pernah pelihara WS, benar2 merdu suaranya, jd kangen lagi nih. Tolong bantu info dimana sy bisa dapat waterslager import asli untuk wilayah jakarta? ciri2 kenari waterslager?.apakah ada sertifikatnya? Terima kasih 08164842379
ini document yang saya peroleh dari penjual burung WS di pramuka. apakah ini yang di maksud certificate WS ? tolong di kasih comment nya http://i111.photobucket.com/albums/n136/sgsetiadi/certificate.jpg

whitehouse
1 October 2010, 03:38 PM
thank you, ini foto seputar waterlager

waktu yuri menilai
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/gesblobew.jpg

dan ini foto bakul kenari jaman doeloe:
http://www.picturehosting.com/images/merapi2/bakul1.jpg

http://www.picturehosting.com/images/merapi2/bakul2.jpg


Wah seep ini......Top markotop infonya=D>

benaldo salim
2 October 2010, 03:02 PM
Mumpung pakarnya lagi hadir, ada kesempatan bagus buat bertanya. Apalagi pertanyaan yang mau ditanyakan juga sudah cukup lama mengganjal.

Mengenai waterslager Oom Kian Sing, apakah jika diternakkan dalam satu ruang bercampur dengan jenis kenari lain yang juga sedang diternakkan, akan mempengaruhi kualitas suara dari anakan yang dihasilkannya? Dengan kata lain, apakah suara waterslager yang telah memiliki standar dan ciri khas tertentu, akan mengalami perubahan akibat mendengar suara jenis kenari yang lain.

Ony T
15 April 2011, 11:33 PM
Mantab.... Ilmu lagi tentang kenari...

son69
24 August 2013, 10:19 AM
wokeee

42d3e78f26a4b20d412==