PDA

View Full Version : Mengobati luka pada kaki MB MH



Rahmat Hermawan
10 August 2006, 05:04 PM
Dear Kicaumania,

Saya punya Muray Batu bahan sudah saya pelihara 3 bulan dana sudah bunyi meskipun jarang, sudah sebulan kakinya bengkak seperti bisul, sudah saya coba obati dengan cara cuci dengan air hangat dan dikasih salep Betason B tapi sampai sekarang masih belum sembuh, kandang setiap hari sudah dibersihkan. Mungkin dari rekan-rekan ada saran untuk penanganan kaki bengkak ini.

Terimkasih sebelumnya atas sarannya.


Salam dari
Penghobi Rumahan

CROWER
10 August 2006, 08:06 PM
kakinya bengkak tanpa luka atau ada luka?
kalau di sini saya hanya sapukan minyak gamat utk kaki MB yg bengkak dan luka..

niceguy
10 August 2006, 10:19 PM
- tangkap MB
- Toreh bengkak tsb dengan silet/pisau tajam yg steril.
- pencet keluar nanah atau cairan didalamnya sampai keluar darah bersih.
- Kasih betadine.... terus sampai luka sembuh.
soalnya kalo kotoran di bisul tsb gak keluar gak akan sembuh-2

CMIIW

niceguy
10 August 2006, 10:24 PM
oh ya,, bilas dulu dengan air hangat ya sebelum di seset.....
tolong update hasilnya....

monggo para senior di tambahi.. soalnya cara saya lumayan extrem. barangkali ada cara lain buat acuan.

Rahmat Hermawan
11 August 2006, 03:23 PM
oh ya,, bilas dulu dengan air hangat ya sebelum di seset.....
tolong update hasilnya....

monggo para senior di tambahi.. soalnya cara saya lumayan extrem. barangkali ada cara lain buat acuan.

Terimakasih Bung Willy atas sarannya besok Sabtu akan saya coba, mudah-mudahan berhasil.



Salam

Penghobi Rumahan

Adhitya_syahrul
11 August 2006, 03:47 PM
Sharing aahhh...

Prinsip saya begini Cak Rahmat, ...."Burung bagai Manusia"......, saya dah lebih dari 5 kali ngehadapi masalah burung agak gering / sakit, jadi dia saya terapi bagaikan waktu saya sakit. so..aplikasinya adalah kalo mmg ada tumor atau benjolan keras di kaki (misalnya)yaa...cepet-2 di korek trus betadin (spt ramuan mr niceguy), kalo mmg memar aja yaa...obat oles lah jawabannya dan jangan lupa pengobatan dari dalem dengan menambahkan obat-2 antibiotik (ampicilin, amoxilin, supertetra, dll merk ......). caranya dengan menumbuk obat tsb trus taburi di makanan kesukaan nya (bisa diatas kroto atau di baskom jangkrik). Begitu cara ortodok saya Cak Rahmat...., sepanjang pengalaman sp sekarang saya berhasil Cak...., yaa... mudah-an bisa buat perimbangan..

Salam,

Adhit - Jatim

roby
16 August 2006, 10:30 AM
Salam PKM

Mo tanya dong saya punya MB yg dah tua, saat ini jari tengah kaki kirinya patah tapi belum copot. ( jadi klu berdiri hanya menggunakan satu kaki saja, mungkin klu di gunakan dua2nya kaki kirinya sakit )

Apa yang harus saya lakukan ?

mohon saran2 dari rekan2 ( kasihan khan tuh burung klu enggak segera diambil tindakan )


Wassalam
roby-tangerang

cj
16 August 2006, 11:57 AM
Saya pernah punya AK yang sepeti itu, akhirnya lepas ... kasihan.

Tapi coba lah: Kasih betadine, terus dibungkus ...pake tensoplast yang tpis saja .... dan sementara jangan mandiin, dan krodong dulu .....

Salam semoga lekas sembuh ...

agsal
16 August 2006, 12:06 PM
Salam KM,
Om, emang patahnya gara2 apa? Terus ada pembengkakan gak?
Nih ane copy-in dari sharing di milist KM yahoogroups atas kasus yg hampir sama dengan kasus ente, mudah2an bisa bermanfaat.


Yulpri Handri <yulpri@...> wrote:
Ane pengalaman burung patah Kaki, lumuri serai yang sudah
ditumbuk Om.. Alhamdulillah kembali Normal.. Kebetulan burung ane waktu itu masih muda. COba aja dulu om, kalau bisa posisikan burungnya seenak mungkin dan jangan banyak bergerak. Artinya kandangnya jangan sering digoyang..

Salam
yulpri

berapa kali sehari om...? ada campuran lainya nggak ?
waktu itu butuh berapa lama untuk pulih.....

Handoko

Setiap hari Om kasihnya. Ampe seminggu lah dikasih terus, maunya sih ampe sembuh tapi nggak sempat... Sembuhnya kira-kira 2-3 minggu.
Minggu ke 2 udah berani digerakan kaki yg patah, sempat kesal ane, karen posisi kakinya miring. Udah pasrah aja.. Eh udah minggu ke 3 mulai lurus posisi kakinya. Sekarang udah hampir 1.5 bulan udah lurus dan normal lagi..

Salam
yulpri

biasanya saya pake kunyit dan beras. kunyit dan beras nya dikunyah lalu di balutkan dengan perban ke kaki burung. ini biasanya dipake juga untuk kaki manusia yg keseleo or terkilir. konon kabarnya, air ludah yang nyampur di kunyahan itu juga berkhasiat utk mengobatin sakit tulang.

"kha_kha01"

Salam KM,
Agsal-Jaksel

roby
16 August 2006, 12:47 PM
Terima kasih ..........Terima kasih ..........Terima kasih
Mudah2an MB saya cepat sembuh



Wassalam
roby-tangerang

niceguy
16 August 2006, 06:03 PM
kalo ane pernah dibilangin sama temen pake keprekan daun sereh,, trus dibalut,, sekarang MB ane yg dulu diambil dia murah bener.....(soalnya patah kaki) udah sembuh tuh,, hehehe

sarp
13 September 2006, 10:06 AM
Selamat pagi Om-om KM,

Saya punya MB jambi, tapi jari kaki (jempol) kirinya kaku sehingga tidak bisa mencengkram tangkringan dengan baik, mohon saran dan resepnya untuk mengobati jarinya supaya bisa lentur dan normal lagi
Terimakasih sebelumnya

Salam

Adi_n
20 September 2006, 09:17 AM
Rekan2 KM,

Coba rawatin MB dari temen yg sedang menderita kaki bengkak kemarin Minggu,... abis yg punya sedang keluar kota, jadi gak tega liatnya...akhirnya coba-coba untuk nyembuhin...

Sepertinya lukanya sudah lama dan tidak pernah diobatin, kondisi kandang juga kotor banget,..sampe rumah minggu kemarin, ta tangkep MB nya, kandang bersihin total sesuai saran om Yulpri ama Om Bink dan om Hary, tangkringan juga dicuci bersih, semprot Rodalon, jemur, ... burung juga ta mandiin paksa pake Rodalon dan Total, takut bawa penyakit nular kemana-mana deh....kondisi MB bener2 bandel banget, meskipun cuman berdiri kaki satu, tetep semangat, lincah dan makan lahap.... kondisi bulu juga ancur banget....memang agak tidak terawat...

Step2 yg sudah saya lakukan sampai dengan 3 hari ini:
1. Bersihin total kandang
2. Mandiin MBnya juga
3. Kaki MB dikompres pake air hangat yg sdh dicampur Detol cair (krn sy gak punya alkohol) --> biar lembek dan obat bisa menyerap kedalam
4. Setelah lembek, saya coba pencet2, cuma nanah sedikit yg keluar, pdhl kondisi msh bengkak dan sptnya masih ada nanahnya, tp sudah tdk bisa keluar,..saya coba juga tusuk pake peniti, tetep ga keluar.
5. Diolesin Betason-N pagi dan malam.
6. hari ke-2 sempet sy beri minyak tawon juga
7. untuk antibiotiknya sy kasih amox setengah, campur di kroto
8. minum saya kasih super kicau

Kondisi setelah 3 hari ini kondisi bengkak merah sudah berkurang, tp tetep bengkak sepertinya...dan sudah agak kering dibanding waktu baru dateng yg kondisinya bengkak dan basah... dibawah telapaknya itu seperti ada bekas lubang, mungkin ketusuk apa gitu,... tiap malam stlh saya kompres, selalu saya coba pencet2 dgn maksud biar nanahnya ada yg keluar, tp sepertinya gak ada... kl gak ada, kenapa belum kempes ya bengkaknya? mohon masukannya apa ada yg kurang dr rawatan saya ini... atau ada resep yg lebih jitu...thanks

http://img92.imageshack.us/img92/6630/p1080610fo3.jpg (http://imageshack.us)

http://img95.imageshack.us/img95/606/p1080611pp5.jpg (http://imageshack.us)

N1L4
20 September 2006, 04:10 PM
Coba om raba diposisi bengkaknya, apakah ada tulang yg tergeser ato tidak....? klo mnurut pengamatan saya ada tulang yg tergeser. Biasanya akibat penggunaan tangkringan yg sudah licin dan kebesaran, kaki burung kesleo dan sudah kelamaan. Kbetulan ada luka yg kelamaan, bisa karena tangkringan kotor dan jadi sumber penyakit. Bisa juga karena serat jeruji yang kasar...?

Skalian apakah tidak ada tulang yang patah....?

Mungkin ini dulu sambil menunggu info dari rekan2 yang lain.

ndoro agung
20 September 2006, 04:40 PM
Bagi pengalaman nich om
Klo menurut saya itu namanya bubulan,penanganannya rada sadis sedikit,tapi hasilnya oke,biasanya klo bengkak begitu dalamnya ada nanah,sama cairan bening penanganannya
1.Ambil Alkohol and kapas bersihkan kaki dng alkohol tadi,ambil jarum celup alkohol juga terus pelan2 buat lobang untuk ngeluarkan cairan tadi,tekan pelan2 sampe cairan keluar rada banyak sth itu kasih bhetadine.
biasanya burung rada stres sampe 2 mg,kontrol setiap 2 hr,dikasih salep 88 jg oke.
2.Ganti tangkringan yg pas setiap malam harus full kerodong,kalo dikenari gara2 nyamuk jg bisa spt itu,klo murai klo sama nyamuk rada kuat biasanya murai kandang yg kelewat kotor.
3.Klo ternya di bengkak kaki sdh ada luka bersihin dng alkohol selanjutanya pemberian salep saja,karena klo sdh luka biasanya keras sekali /mengeras kakinya ,salep bisa juga 88/pagoda dll yg mudah di dapat.
Kiranya itu mudah2 han bermanfaat (kebetulan saya pernah nanganin kaya gitu and sukses tapi ya itu tadi selama diobati burung ogah bunyi/stres klo sdh sembuh pasti pasti bunyi lagi) selamat mencoba.

Adi_n
20 September 2006, 05:02 PM
thanks atas masukannya... kaga mikirin bunyi dulu dah sekarang..masih ada MB cadangan kok,... yg penting sembuh dulu aja...gak tega banget liatnya...

Adi_n
20 September 2006, 05:05 PM
kalo saya pencet2,..sepertinya ada tulang yg bunyi gitu,...sama kalo kita mletekin tangan tuh...cuman saya gak ngerti itu bergeser atau tidak,...tangkringan sih standar, jeruji juga gak pa pa sih... nah kalo tulang yg patah saya agak ragu juga, tp sih sepertinya untuk posisi telapak ke atas tidak ada,...nah untuk jari2, juga sy masih agak ragu.... hehe..bung Nila mau bantu saya ngeliatin gak kondisi MBnya..?? ntar saya jemput...



Coba om raba diposisi bengkaknya, apakah ada tulang yg tergeser ato tidak....? klo mnurut pengamatan saya ada tulang yg tergeser. Biasanya akibat penggunaan tangkringan yg sudah licin dan kebesaran, kaki burung kesleo dan sudah kelamaan. Kbetulan ada luka yg kelamaan, bisa karena tangkringan kotor dan jadi sumber penyakit. Bisa juga karena serat jeruji yang kasar...?

Skalian apakah tidak ada tulang yang patah....?

Mungkin ini dulu sambil menunggu info dari rekan2 yang lain.

Adi_n
20 September 2006, 05:08 PM
[QUOTE=ndoro agung;7550]Bagi pengalaman nich om
Klo menurut saya itu namanya bubulan,penanganannya rada sadis sedikit,tapi hasilnya oke,biasanya klo bengkak begitu dalamnya ada nanah,sama cairan bening penanganannya
1.Ambil Alkohol and kapas bersihkan kaki dng alkohol tadi,ambil jarum celup alkohol juga terus pelan2 buat lobang untuk ngeluarkan cairan tadi,tekan QUOTE]

Sudah saya lakukan oom.. saya pake jarum buat ngeluarin nanahnya..tp yg keluar cuman dikit, ky cairan bening gitu....kaga tega kalo dibelek pake silet mah.... nanti saya update lagi perkembangannya....thanks.

niceguy
20 September 2006, 09:36 PM
kalo menurut ane sang pemula sih,,,,,,,,
- kalo nanah ya harus dibedah,,,trus dipencet sampe keluar semua nanah dan cairan,, sampe keluarnya darah bersih,,,, baru dikasih betadine.
- kalo tulang ya harus di bungkus daun sereh yg di lumat, ganti perban tiap hari,,, moga-2 cepet sembuh.. tp gak tau juga nih kasusnya masing-2 burung beda sih,,,,

cmiiw

Mustika Areffa
28 October 2006, 12:12 PM
kalo yg saya tau gak bisa sembuh tuh om,,,
CMIIW

ahmadauzi
15 February 2007, 02:38 AM
kakinya MB ku bengkak pas pergelangan kaki apa bisa sembuh n obatnya apa,kayanya habis digigit nyamuk dan udah dikasih minyak tawon bengkaknya berkurang sedikit tapi aku nggak berani ngasih minyak tawon lagi sebab ada yg bilang kalo kebanyakan ngasih minyak tawon nanti bisa kakinya kering apa betul mohon pencerahan para senior MB.
trims

Ronny
15 February 2007, 08:13 AM
Om Ahmad, untuk semua burung kalau memang kakinya bengkak coba pakai Betason-N untuk cara pakainya lihat di aturan pakai yg tertera disana, atau kalau memang kena kutu, om Ahmad bisa pakai intersep atau zenka, semoga cepat sembuh ya...maaf terpaksa saya sebutin merek habis mepet sih.

cj
15 February 2007, 09:13 AM
Om ...

Saya gabung ya krn hal ini pernah didiskusikan, besok sebelum membuat thread baru buka satu persatu dulu atau lihat search ya

Banyak faktor penyebab MB "Bengkak Kaki", bisa krn benturan dengan sangkar, keseleo atau benda yang tajam sehingga menusuk kaki MB.

Pengobatan dapat dilihat dari advice rekan2 di atas, dan saya tambahkan ya:
* Coba bersihkan dg air panas setiap kemudian bagian yang bengkak ditoreh dg sulet atau pisau untuk mengeluarkan cairan (nanah) yg terkandung di dalamnya, bisa diraba ada cairan gak. Bekas sayatan dicuci dg air hangat dan diberi BETADINE atau obat merah.

Jangan lupa beri Vitamin B Komplek + Vitamin C (bisa beli diapotik untuk bayi/anak2) selama penyembuhan (Atas saran Pakar Satrio).

Bila bengaknya krn keseleo ya janan di sayat lo ... ikuti petunjuk rekan2 di atas.

satrio
15 February 2007, 09:42 AM
Weleh pak COPJEND.., saya bukan pakar MB, lha wong saya aja masih picking tips kok.
Maaf kalo kaki bengkak saya nggak ada pengalaman. Tapi kalo menurut saya sih gara garanya pernah terluka terus terinfeksi oleh kuman (kandang nggak bersih). jadinya ya itu bengkak..

thanks

ahmadauzi
19 February 2007, 08:47 AM
Om ...

Saya gabung ya krn hal ini pernah didiskusikan, besok sebelum membuat thread baru buka satu persatu dulu atau lihat search ya

Banyak faktor penyebab MB "Bengkak Kaki", bisa krn benturan dengan sangkar, keseleo atau benda yang tajam sehingga menusuk kaki MB.

Pengobatan dapat dilihat dari advice rekan2 di atas, dan saya tambahkan ya:
* Coba bersihkan dg air panas setiap kemudian bagian yang bengkak ditoreh dg sulet atau pisau untuk mengeluarkan cairan (nanah) yg terkandung di dalamnya, bisa diraba ada cairan gak. Bekas sayatan dicuci dg air hangat dan diberi BETADINE atau obat merah.

Jangan lupa beri Vitamin B Komplek + Vitamin C (bisa beli diapotik untuk bayi/anak2) selama penyembuhan (Atas saran Pakar Satrio).

Bila bengaknya krn keseleo ya janan di sayat lo ... ikuti petunjuk rekan2 di atas.
sepurane bos kalo emang pernah dibahas & trims atas digabungnya dg terd yg lalu sebab emang aku nggak nyari dulu tread yg membahas kaki MB bengkak trims juga para pakar atas pencerahannya.

Dragon
22 May 2007, 09:57 PM
Saya ada 2 ekor MB MH baru, tapi salah satunya rupanya ada sedikit luka pada kakinya sehingga dia sering angkat satu kaki. MB MH ini belum makan poer dan baru sekitar 1 minggu bersama saya. Makan jangkrik an kroto cukup lahap sih.

Saya cuman ingin bertanya, bagaimana mengobati MB MH tanpa bikin dia stress. Sementara ini saya sudah campurkan air minumnya dengan Super N yang untuk obati luka. Saya ingin obati lukanya dengan obat luar. Mohon pencerahannya.

niceguy
22 May 2007, 10:14 PM
lukanya karena luka atau karena bengkak om ?
kalo ada luka terbuka,, campurin betadine dalam semprotan secukupnya,, lalu disemprot saja kakinya,, pasti kena kan ? pagi sore,, sampe kering.

kalo bengkak,,, boleh dicampur arak gosok atau utk darurat cukup air hangat + garam aja om,,, buat melancarkan peredaran darah,,,

jadi MB MH tsb gak usah ditangkap,,, ngurangin stress nya,,,
moga-2 gak serius om...
(tangkringan harap dijaga kebersihannya)

cmiiw

Dragon
22 May 2007, 10:18 PM
lukanya karena luka atau karena bengkak om ?
kalo ada luka terbuka,, campurin betadine dalam semprotan secukupnya,, lalu disemprot saja kakinya,, pasti kena kan ? pagi sore,, sampe kering.

kalo bengkak,,, boleh dicampur arak gosok atau utk darurat cukup air hangat + garam aja om,,, buat melancarkan peredaran darah,,,

jadi MB MH tsb gak usah ditangkap,,, ngurangin stress nya,,,
moga-2 gak serius om...
(tangkringan harap dijaga kebersihannya)

cmiiw

Kayaknya luka gores, udah tiga harian sih, saya udah semprotin pake kunyit kemaren tapi kayaknya enggak ada effek.

Ada pikiran sih untuk semprotin betadine....cuman mau tanya, kalo si MB jilat/makan betadine....bahaya enggak om willy?

niceguy
22 May 2007, 10:33 PM
gak bakalan jilat lah,,, tp gpp kok,,, bagus malah hehehehe

Dragon
22 May 2007, 10:39 PM
gak bakalan jilat lah,,, tp gpp kok,,, bagus malah hehehehe

ok deh suhu....besok dicoba

ngomong2x gitu dengar kata "jilat" kok senang banget.....sampe tertawa pake hehehehe gitu......:confused: :confused: ........anything special? :confused: :confused: :confused: :confused: %-( :p :p :p :x :x :rolleyes: :rolleyes:

cj
22 May 2007, 11:04 PM
Ya saran om will cukup tuh ! Betadyne diminum dalam jumlah tertentu gak apa2 kok ...

aquciliq
23 May 2007, 11:06 AM
+ dikit Om...
kalo goresnya terlihat, bisa pake kapas di ujung lidi Om dioles ke lukanya...MB di krodong & di tempat yg agak gelap biar ga terlalu nglabrak...
Atau kalo luka di telapak kakinya, oleskan betadine di tangkringannya OM, tangkringan yg satu di angkat dulu..., setelah kena betadine, lgsg ganti tangkringan & dibersihkan....
Kalo di campur air ..?? sy blm pernah coba...

Avatar
23 May 2007, 11:21 AM
Kalo takut kena Bethadine, coba disemprot minyak tawon aja Om kalo tertelan juga gak papa kok.
Mudah-mudahan cepat sembuh ...

goes
23 May 2007, 02:41 PM
bener kata Om will, semprot aja pake betadine, jgn tiap hari, seminggu 2 kali aja cukuplah. Terus liat perkembangannya. Perkembangannya pasti lama koq. BTW pasti sembuh. Diyakini Om.

satrio
23 May 2007, 07:27 PM
Hello pak dragon,
Ada cara yang paling sip daripada dikasih betadine. Kelamaan sembuhnya.
Beli di toko obat china. Bilang beli " yunan baiyo" yang capsul. ambil 1 kapsul terus bubuknya di bobokan ke lukanya. Tiga hari pasti sembuh.

Best regards,
satrio

niceguy
23 May 2007, 07:50 PM
masalahnya om dragon gak mau nangkep MB nya biar gak tambah stresss
tp emang bagus tuh obat, buat manusia aja canggiih apalagi buat burung hehehehe

stanley mahardhika
24 May 2007, 09:21 AM
Boleh kasih saran bung ? Kalo diizinkan saya dah pernah punya pengalaman seperti ini,
kalo bengkak, berikan minyak tawon dengan cara teteskan minyak di piring, usapkan pelan2 pada kaki yang bengkak terus di urut2 deh pelan2 ... lakukan sehari 2 kali insya allah sembuh pagi dan sore ... kalo bengkaknya dah kempes, baru deh tetesin betadine kalo lukanya g mau sembuh kena minyak tawon tadi ...
cuma ada tapinya lho, kalo bengkaknya pada persendian, pada saat diurut, pergelangan digerakkan searah gerak persendian normal untuk menghindari keram pada persendian .. gitu kira2 men ...
moga berhasil ...

Kurniawan
24 May 2007, 09:57 AM
wah lama ga muncul om stanley...pa kbr?uupss OOT..balik maning..ehm untuk pengolesan minyak tawon apa ga bahaya buat burung om..misale kakinya dipatokin gt?kira buat burung lain bisa diaplikasikan ga yah?

satrio
24 May 2007, 07:41 PM
Halo pak Stanley, Gimana kabar MB yang sakit? Sorri OOT habis nggak diberi cerita kelanjutannya sih...

Saya punya MB yang msih muda banget tapi udah gacor. Saya sering pegang itu burung untuk periksa kutu dan gunting kukunya. Setelah saya olesi obat kutu dan diangin anginkan setelah kering itu MB gaocr lagi... JAdi nggak usah takut pegang MB.. kalo emang mental ok pasti bunyi lagi.. gitu.....
Kalo saya.. demi kesehatannya MB itu pasti saya pegang.
Cuma saran aja lho............


warmest regards,
satrio

stanley mahardhika
25 May 2007, 10:45 AM
wah lama ga muncul om stanley...pa kbr?uupss OOT..balik maning..ehm untuk pengolesan minyak tawon apa ga bahaya buat burung om..misale kakinya dipatokin gt?kira buat burung lain bisa diaplikasikan ga yah?

baek masss ... untuk pengolesan gak berhaya kok karena minyak tawon itu terbuat dari ramuan beberapa akar2an yang tidak berbahaya untuk kaki mb, malah dibrosurnya bisa untuk mengeringkan luka, memperlancar peredaran darah karena penyumbatan akibat luka, tetapi apabila luka tersebut terkena inveksi oleh jamur tropis dan kuat panas, maka harus diberi betadine, gitu kira-kira mass ...
hal ini pernah saya lakukan terhadap mb saya yang luka pada pergelangan lutut kaki dan hampir mengalami kelumpuhan ...

stanley mahardhika
25 May 2007, 10:47 AM
Halo pak Stanley, Gimana kabar MB yang sakit? Sorri OOT habis nggak diberi cerita kelanjutannya sih...

Saya punya MB yang msih muda banget tapi udah gacor. Saya sering pegang itu burung untuk periksa kutu dan gunting kukunya. Setelah saya olesi obat kutu dan diangin anginkan setelah kering itu MB gaocr lagi... JAdi nggak usah takut pegang MB.. kalo emang mental ok pasti bunyi lagi.. gitu.....
Kalo saya.. demi kesehatannya MB itu pasti saya pegang.
Cuma saran aja lho............


warmest regards,
satrio

Dah beresss om satrio .. thanks atas sarannya, karena memang dah buntu pake apapun g bisa ... alhamdulillah dah galak lg mb saya ... saya minta maaf baru bisa online lg biasalah namanya kuli .... jadi g karuan waktunya

niceguy
25 May 2007, 05:41 PM
Dah beresss om satrio .. thanks atas sarannya, karena memang dah buntu pake apapun g bisa ... alhamdulillah dah galak lg mb saya ... saya minta maaf baru bisa online lg biasalah namanya kuli .... jadi g karuan waktunya


hayooo,,,, sekarang monggo dishare pengalaman dan treatment nya,,
buat pembelajaran kita semua..

thanks loh sebelumnya,,, silahkan mulai thread baru..

salam

herryaceh
25 May 2007, 09:49 PM
Saya punya pengalaman untuk kasus yang sama seperti Om Dragon.
Ada kecendurungan MB yang masih baru akan mengalami luka pada kaki karena MB tersebut belum dapat beradaptasi dengan lingkungan barunya yaitu sangkar yang terbatas.
Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah "biarkanlah" dan jangan terlalu banyak diganggu.
Kenapa..? karena dengan membiarkannya tanpa diganggu, akan membantu proses penyembuhan dari MB itu sendiri, karena setiap hewan memiliki naluri dan kemampuan untuk meyembuhkan lukanya sendiri.
Jadi biarkanlah terjadi secara alamiah proses penyembuhannya.
MB yang mengangkat dan menyembunyikan sebelah kakinya disebelah dada adalah MB yang sedang melakukan proses penyembuhan secara alamiah terhadap kakinya. Jadi tidak perlu diganggu.
OK hanya itu saja tips dari saya.

Dragon
26 May 2007, 07:53 AM
Thx atas saran2x rekan2x sekalian. Ini MB MH yang tentu prosesnya lebih rumit.

Dari hasil Banjir MB Medan di pramuka kemaren, total saya ambil 5, satu hasil pilihan suhu besar saya om willy yang telah saya operkan pada salah satu rekan bisnis baik saya. Jadi sisa empat lagi. Dari keempat ini, satu yang kakinya luka, makin hari makin parah. Terakhir kemaren terjadi pembengkakan pada ujung kukunya. Dan tadi pagi pas saya cek udah out :(( :(( :(( :((

Betadine udah diberikan....tapi mungkin ajalnya memang udah dekat padahal makan jangkriknya top banget, sehari sekitar 25 s/d 30 ekor jangkrik. Keliatan ketakutan terbesar saya akan terjadi infeksi memang akhirnya terjadi. Luka di dekat kukunya jadi hitam pada saat saya cek jasadnya (weleh). Kalo bukan MH, udah saya tangkap itu burung dan kasih TIEK TA YOK CIN dan PIEN CE WANG (obat tradisional cina untuk luka)

Tapi biar gimanapun saya berterima kasih atas perhatian serta saran rekan2x sekalian. Doakan [-O< [-O< [-O< [-O< aja 3 ekor yang sisa di tempat saya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (2 udah bunyi sih.....tiinggal satu lagi....tapi makannya udah lahap). Total Abis 300k x 5 = 1,5 juta. Out satu, satunya lagi, dibayarin teman 600k karena udah bunyi walau masih voer campur dan makan jangrik kadang mau langsung dari tangan (padahal hal ini bukan hal yang baik kalo burung kelak buat lomba) (jualnya juga terpaksa karena teman). Dua lagi yang udah bunyi udah ditawar lagi 500k dan 600k sama tetangga dan teman2x saya tapi saya ogah jual, memangnya gue tukang jinakin burung apa? 8-} 8-} 8-} 8-}

niceguy
26 May 2007, 12:25 PM
wakakaka,,,, teganya loe MB yg ane pilihin dilepas keorang,, pasti karena jelek ya,, jadi om dragon gak mau simpen ? hiks hiks,,,, sorry ya om..

hehehehhee,,,,

Dragon
26 May 2007, 08:52 PM
wakakaka,,,, teganya loe MB yg ane pilihin dilepas keorang,, pasti karena jelek ya,, jadi om dragon gak mau simpen ? hiks hiks,,,, sorry ya om..

hehehehhee,,,,

Bukan gitu suhu....berhubung satunya keliatan udah parah (waktu belum out) dan ada yang tawar pilihan om Willy 600K, dan kebetulan dia itu customer saya, ya saya jual dengan terpaksa.....hitung2x 600k sama dengan 300k X 2 kan? ya itung2x buat ongkos ganti yang out....biar enggak rugi.....:D: :D: :D: :D:

niceguy
26 May 2007, 11:05 PM
wah.. boleh jg cara dagang om D hehehehe....tanya lagi customer om D, masih mau gak MB bahan 600k,,,, kita hunting lagi yuk ? hehehe

Dragon
26 May 2007, 11:09 PM
wah.. boleh jg cara dagang om D hehehehe....tanya lagi customer om D, masih mau gak MB bahan 600k,,,, kita hunting lagi yuk ? hehehe

Itu mah bukan bahan lagi, wong udah pada bunyi......tinggal ajarin makan voer.....masalah kecillah.....\:D/ \:D/ \:D/ \:D/ \:D/

niceguy
26 May 2007, 11:15 PM
kapan tuh banjir MB lagi ? hehehe info om D akurat juga tuh,, hebat dah,,,

herdi
28 May 2007, 11:39 AM
Nambahin Om... trik diatas cukup bermanfaat dan pernah saya coba bagus juga tinggal liat MB nya, kalau masih liar sekali jangan dipegang om apalagi belajar megang MB sangat riskan kalau dipegang, kalau hanya ragu2 nggak biasa pegang burung sebaiknya jangan dipegang, ntar luka kakinya sembuh bengkak kakinya juga sembuh yang dihawatirkan sayapnya patah (hati2 lho) dan saya pernah ngalami yang seperti ini (MB nya nggak mau pasrah sich berontak terus) yang akhirnya ko'it .... silahkan pilih mana .......

Salam KM..........

fian
16 July 2007, 11:07 AM
KM-ers yg terhormat
Kemarin minggu (15 Juli 2007) saya maen-maen ke kios burung, di situ ada MB yang lagi maenin kertas koran, jadi sangkarnya di kasih alas kertas koran, pertama saya ga tahu maksudnya apa, setelah saya perhatikan ternyata, kaki si MB tersebut seperti agak bengkak, entah patah atau apa, jadi ga bisa nagkring, saya tanya penjualnya, dia juga ga tahu persis penyebabnya, padahal sebelumnya ada yang nawar 1jt, tp ga dilepas karena dia minta 1,2 jt.
pertanyaan saya kira2 bisa disembuhkan ga ya, kali aja sama penjualnya mau diobral yang penting jadi dhuwit, kayaknya sih bagus, MBnya yang jenis ekor panjang (mungkin medan kali ya..?)

Suwun...

niceguy
16 July 2007, 12:00 PM
kalo patah gak bisa sembuh total,, kalo sekedar terkilir/kesleo sih bisa.
intinya bisa banget utk sembuhin burung itu,, yg penting makannya lahap, itu aja,,, dan harganya murah sekali hehehe yg penting cuma utk rumahan gpplah,,,

fian
16 July 2007, 12:15 PM
saya juga ngarepin, tu MB cuman bengkak aja, kalo patah.... wah ga punya spare partnya...
Suwun....

arief
16 July 2007, 01:24 PM
Setuju sama Om Niceguy, biasanya saya kalo terkilir saya pake minyak tawon om, trus kalo bisa tanggkringannya pake satu dulu aja biar anteng di tangkringan bawah
thanks
Mohon koreksi jika ada yg salah

iwan
17 July 2007, 12:07 PM
Salam KIcau mania..

Sahabat saya Punya satu MB yg kalo di liat dari katurangannya sangat OK.untuk suara/vol dan mental pun saya kira ok lah..nah ada satu masalah yg sangat mengganggu untuk mb tsb,yaitu kaki sebalah kanan nya sering terlihat seperti KRAM..sangat jelas terlihat saat si MB bergerak/terbang,nah pada saat kembali menclok di tangkringan,kaki sebelah kanan nya seperti susah untuk mencengkram tangkringan,jadi seperti hendak jatuh.tapi kalo sedang berdiri di tangkringan kondisi kakinya normal.Rekan2x punya nggak solusi untuk kaki MB tsb...?cara pengobatannya,obatnya.karena menurut saya kaki nya tidak patah.mungkin kah bisa di sembuhkan..??
Terima kasih

Salam

IWAN

Ronny
17 July 2007, 12:20 PM
Wah ko bìsa tau kram yah, kalau sy pikir itukan istilah sampean aja om, kan burung ga bs bicara he..he..jalan satu2nya adalah di lihat dan di pegang. Sy yakin pasti ada yg sakit. Perhatikan dgn seksama dan pijit pelan sepanjang kaki. Jika si burung berontak saat di pijit berarti daerah tsb yg skt. Mah perhatikan sktnya seperti apa ? Luka, bengkak, memar atau patah. Kita tdk bs memberikan solusi jika kita tdk tau dgn pasti sakit yg di deritanya.

iwan
17 July 2007, 12:36 PM
OM Ronny,memang itu hanya istilah saya saja...he..he...saya belum pegang sih mb nya ,tapi menurut si empunya dia pernah cek dgn cara di pegang dan di sekitar kaki tsb tidak ada luka,bengkak,hanya apa bila di sentuh atau di pegang bagian paha nya dia sedikit berontak dan warna pada kulit sekitar paha normal saja tdk ada indikasi bengakak ato lebam seperti terkena benturan,apa mungkin hanya keseleo...?mungkin kah rematik seperti manusia...He...he..karena menurut analisa beliau kakinya tidak patah...
Trim`s

fian
17 July 2007, 01:59 PM
maturnuwun sarannya

Ronny
19 July 2007, 03:37 PM
Wah, susah juga yah jika ternyata kakinya tidak luka, bengkak, memar atau patah.
Karena biasanya kalau ada yang cidera apsti ada penampakan om.
Coba aja setiap hari di semprot dengan air hangat kuku, dan coba berikan vitamin seminggu 1x (nutrimin).
Yang jelas, perlu makan waktu tuh om.
Semoga cepat sembuh yah...dan harus di pantau terus om...
Selama makan masih nafsu, saya pikir engga ada masalah ko...tinggal tunggu waktu saja.

cj
19 July 2007, 03:55 PM
Ada kemungkinan:

* Terselip sangkar bagian bawah atau atas, sebagia penghobiest menutup bagian sangkar bawah terutama untuk perjalanan jauh agar tdk terselip.
* Penyakit lain (Mungkin gak ya)

Cara yang mungkin agar supaya sembuh:

* Kasih makan yg fresh: Voer selalu diganti 3 hr sekali, Kroto YG SEGAR, jangkrik ditingkatkan dg menu biasanya.
* Saran om Ronny (semport dg air hangat) bagus sekali, cuma saya sarankan tambah garam laut.
* Jemur dg sinar matahari yg cukup


Nah semua itu agar MB tsb SEHAT dan sistem metabolisme nya di tubuh MB tsb lancar, kalo lancar Insya alloh MB tsb akan sehat.

Saya ada MB yg sayapnya sengkleh, sampai saya titipkan khusus ke teman dengan saya kasih order khusus. Namun sngklhenya karna terjepit sangkar mandi saat memasukan oleh di perawat. Alhamdulilah sekarang dah mulai sembuh kondisi 95 &#37;.

Kalo dipegang dikakasih obat lain, resikonya MB tsb jadi stress ....

Ronny
19 July 2007, 04:08 PM
Garam laut ? om Copjend, apa nantinya engga ngerusak pada kaki om ?
Biasanya jika kaki di semprot air garam, kakinya agak sedikit mel;epuh seperti mau ganti sisik gitu...
Atau garam laut memang lain yah ?

cj
19 July 2007, 04:11 PM
ya jangan banyak2, emang kaki yg kotor krn jamur, bisa dibersihkan dg air garam ini .. cukup 3 hr saja ... supaya metabolisme tubuh lancar saja.

Ronny
19 July 2007, 04:19 PM
Siip deh..semoga bisa membantu om Iwan...
Kasih info perkembangannya yah om Iwan....

iwan
20 July 2007, 10:47 AM
Terima Kasih Om Ronny and Bos Copjend...Saya akan coba sampaikan sarannya ke teman saya tsb...sebenarnya sih pengen tak transfer tapi ragu..apa bisa sembuh yah....??maka nya saya konsultasi ke para pakar MB...

ari
16 August 2007, 02:18 PM
salam semua om2 KMer yang terhormat, maaf baru posting lagi habis ga tau lagi mau ngapain, mau ngasih saran ga bisa abis OOT heeeeeeeeeeee. oh ya kok malah ngobol om2 semua MBku setelah saya perhatiin dia selalu angkat kaki sebelah kenapa ya ? apakah dia sakit atau apalah ?
sudah saya lihat trhead terdahulu ga saya temukan pembahasannya,
sebelumnya saya ucapkan pada om2 semua da.aaaaaaaaaaaaaaaaaaa.
ada yang lupa dia juga sering ngembung kaya bola gitu deh

herryaceh
16 August 2007, 06:24 PM
MB yang selalu mengangkat kakinya sebelah, adalah MB yang sedang bermasalah dgn kakinya.
Coba ganggu dan perhatikan, jika MB tsb dapat berdiri tegak dgn kedua kakinya ditangkringan, berarti permasalahan kakinya tidak terlalu parah.
MB mengangkat kakinya untuk disembunyikan dibawah dada (karena didada terasa lebih hangat) sebagai salah satu cara alamiah untuk menyembuhkan permasalahan pada kakinya.

Jika sudah sembuh, maka kakinya akan normal sendiri. Jadi bersabar saja Om.

ari
20 August 2007, 02:03 PM
om Mod uda saya lakukan saran om tapi itu burung ga ada masalah saaat di tangkringan, tapi gimana om dengan masalah ngebulat badan gitu ommmmmmm? trimasih sebelumnya om dan itu burung udah hampir 3 bulan lebih mabung kok ga selesai2 ya om, saraan om dadang dan yang lainnya uda saya coba yang rontok cuma bulu halusnya tiap hari

Ronny
20 August 2007, 02:26 PM
Om ari, kalau bulu gembung berarti burung sakit om, untuk rawatan burung sakit sdh bnyk di bahas, mungkin itu sebabnya si burung angkat kaki, kalau sy pikir kakinya engga mslh ko, itu krn dia merasa engga enaj badan saja. yg penting burung jgn dimandikan dan jgn dijemur dl. Jauhkan dr suara2 MB yg lain (di asingkan dl).
Kalau bulu msh lama ambrolnya krn burung lg sakit, usahakan pemberian jangkrik/ EF jgn tiap hari..seminggu 2x saja. dan yg penting..
Sabar saja, asal burung di simpan di tempat sunyi dulu/jauh dr suara2 burung.

ari
21 August 2007, 10:26 AM
makasih om ronny atas sarannya, akan saya ikutan saran om ronny.

bombit
19 September 2007, 12:07 AM
aku pny murai tp skrg kakinya ga bisa nekuk. murai saya tinggal kuliah luar kota. jd ga kerawat akhirnya kakinya lurus yag selah kiri. gmn ya caranya biar bisa nekuk. mohon bantuannya? untuk diketahui murai ini cirinya:
1. ekor pendek warnanya byk bintik putih2nya (jawanya:blorok)
2. dikepalanya ada jambulnya seperti jambul burung dara
3. burung sudah lama 5 tahun saya pelihara so jinak bgt.
kpn2 saya posting burungnya.
mohon bantuannya....


salam buat sahabat kicau mania
bombit. abdikpetrukci@yahoo.com:)>-

kangrips
19 September 2007, 10:05 AM
Om Bombit,sebaiknya anda kenalan dulu ya?
coba buka di http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=2685

mohon maaf klo salah.

sh
20 September 2007, 12:27 PM
Om Bombit, fotonya mana nih, biar bisa dilihat dan dianalisa bareng bareng.

bombit
20 September 2007, 02:30 PM
Iya Om saya msh dijember ntar klo Plg Mojokerto. posisi burung diMojokerto.


ralat yg bener emailku: AndikPetrukci@yahoo.com

r_1jal
5 October 2007, 09:20 AM
Om kaki MB punya teman saya kok kayak kena kusta ya... jarinya ada yang bengkok dan ada yang sudah putus... agak serem juga ngeliatnya. tapi tuch MB kelihatannya santai-santai aja seperti gak merasa sakit.:-/

irfan bone
3 January 2008, 10:46 AM
Salam KIcau mania..

Sahabat saya Punya satu MB yg kalo di liat dari katurangannya sangat OK.untuk suara/vol dan mental pun saya kira ok lah..nah ada satu masalah yg sangat mengganggu untuk mb tsb,yaitu kaki sebalah kanan nya sering terlihat seperti KRAM..sangat jelas terlihat saat si MB bergerak/terbang,nah pada saat kembali menclok di tangkringan,kaki sebelah kanan nya seperti susah untuk mencengkram tangkringan,jadi seperti hendak jatuh.tapi kalo sedang berdiri di tangkringan kondisi kakinya normal.Rekan2x punya nggak solusi untuk kaki MB tsb...?cara pengobatannya,obatnya.karena menurut saya kaki nya tidak patah.mungkin kah bisa di sembuhkan..??
Terima kasih

Salam

IWAN

Om Iwan, kebetulan MB saya punya kasus yang sama pada kaki sebelah kanannya apa bila pindah tangkringan dari yg satu ke yang lain kaki sebelah kanan kelihatan kaku dan sulit utk mencengkram tangkringan, saya coba berikan / dioleskan minyak tawon (dapat dibeli di toko obat) pd kaki MB selama 3 (tiga) hari pada pagi dan malam hari dgn cara di pegang badan MBnya baru dioleskan minyak tawon pada kaki MB, walaupun MB tsb stress tapi tidak lama MB tsb sdh rajin berbunyi dan kakinya sembuh total.

selamat mencoba.......

Irf@n

Ricky
18 January 2008, 12:52 PM
Saya juga punya masalah baru, saya sedang mengkawinkan murai batu medan , baru 2 hari saya lepas dikandang besar, kaki jantannya dekat pergelangan kakinya agak bengkak sedikit, jadi saya observasi selama 1 minggu, burungnya segar, lincah tapi jd tdk bunyi, tapi yang pasti tdk bisa kawin, jadi sekarang saya tangkap lagi taruh di kandang soliter, apa ada obat oles buat kaki, apa cukup minyak tawon, thanks

handono
15 February 2008, 08:06 PM
mohon pencerahan ama para master MB.

Apa penyebabnya pergelangan kaki MB bengkak ? dan bagaimana mengatasinya ?
dan cara pengobatannya ?

makasih !!!

ARDea
15 February 2008, 08:21 PM
Bengkak pada kaki MB bisa disebabkan oleh beberapa hal, biasanya kalo
MB bakalan bengkaknya disebabkan karena MB masih giras sehingga kemungkinan terjepit dasar/jeruji sangkar waktu ditangkap. Apabila MB tsb sudah lama dirawat, bengkak pada kaki mungkin disebabkan oleh penyakit (tumor/"bubulèn"/infeksi). Dan juga perlu diperhatikan bengkak pada kakinya terdapat luka/tidak.


Jadi bengkaknya yg gmn om, biar ntar gak salah penanganannya ?

herryaceh
15 February 2008, 10:13 PM
Kebanyakan MB yang pergelangan kakinya bengkak adalah MB yang tertangkap dengan menggunakan jerat berupa benang/tali pancing.

Biasanya lama kelamaan akan hilang dgn sendirinya.

Ronny
16 February 2008, 03:00 PM
Kalau bengkak, biasanya memakai minyak tawon yang rutin saja akan berkurang bengkaknya.

paklu_yy
16 February 2008, 04:05 PM
Bisa juga pake salep betason-N

handono
18 February 2008, 09:25 PM
Bengkak pada kaki MB bisa disebabkan oleh beberapa hal, biasanya kalo
MB bakalan bengkaknya disebabkan karena MB masih giras sehingga kemungkinan terjepit dasar/jeruji sangkar waktu ditangkap. Apabila MB tsb sudah lama dirawat, bengkak pada kaki mungkin disebabkan oleh penyakit (tumor/"bubulèn"/infeksi). Dan juga perlu diperhatikan bengkak pada kakinya terdapat luka/tidak.


Jadi bengkaknya yg gmn om, biar ntar gak salah penanganannya ?

bengkaknya kayak benjolan di pergelangan yang sebelah kiri ?
sebagai informasi bahwa EF nya pagi kroto 1 sdk teh (kroto dari kulkas), 3 jangkrik, 1 sdk teh ulat kandang.

42d3e78f26a4b20d412==