PDA

View Full Version : Pycnonotus goiavier - Yellow-Vented Bulbul



ARIEF-SDA
4 May 2007, 03:47 PM
Merbah cerukcuk
Merbah Cerukcuk
Status konservasi: Beresiko rendah (lc)
Merbah cerukcuk dari Bali
Merbah cerukcuk dari Bali
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Familia: Pycnonotidae
Genus: Pycnonotus
Spesies: P. goiavier
Nama binomial
Pycnonotus goiavier

http://i156.photobucket.com/albums/t27/arfpri/63908745.jpg

Kebiasaan dan Penyebaran

Merbah cerukcuk menyukai tempat-tempat terbuka, semak belukar, tepi jalan, kebun, dan hutan sekunder. Burung ini sering berkelompok, baik ketika mencari makanan maupun bertengger, dengan jenisnya sendiri maupun dengan jenis merbah yang lain, atau bahkan dengan jenis burung yang lain. Tidur berkelompok dengan jenisnya, di ranting-ranting perdu atau pohon kecil.

Seperti umumnya merbah, makanan burung ini terutama adalah buah-buahan yang lunak. Di pekarangan, burung ini kerap melubangi buah pepaya dan pisang yang telah masak. Selain itu ia juga memangsa aneka serangga, ulat dan hewan kecil lainnya seperti cacing. Merbah cerukcuk menghabiskan waktu lebih lama untuk mencari makanan di atas tanah daripada jenis merbah lainnya.

Berbunyi nyaring dan berisik, cok, cok, ..cok-cok ! ; siulan pendek cuk-co-li-lek.. berulang, terkadang dengan cepat; atau nyanyian bersuara lemah mirip gumam atau gerutuan burung.

Sarang cerukcuk berbentuk cawan dari anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus, dijalin dengan serat tumbuhan dan menempel pada dahan. Di Jawa Tengah didapati pula sarang yang dibangun di sela-sela buah pisang.

Telur dua atau tiga butir, berwarna keputihan berbintik coklat atau ungu. Tercatat bersarang sepanjang tahun, dengan puncaknya Maret sampai Juni.

Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara, Semenanjung Malaya dan Filipina. Di Indonesia didapati di Sumatra dan pulau-pulau di bagian timurnya, Kalimantan, Jawa dan Bali. Diduga diintroduksi ke Lombok dan Sulawesi Selatan. Umum terdapat sampai ketinggian 1.500 m dpl.

http://i156.photobucket.com/albums/t27/arfpri/66946308.jpg
ttp://i156.photobucket.com/albums/t27/arfpri/64133998.jpg

jhanz_1974
5 May 2007, 10:57 AM
Ciri2 co ato ce nya ya opo cak...
rada bingung aku

phi2n
14 May 2007, 10:39 AM
Sekedar info aja mas, pernah saya tanya pada penjual burung cerucuk ini untuk mengetahui co/ce yaitu : biasanya untuk yang jantan bulu dikepalanya jambul, yang paling sering jambul/njegrak itu cowok mas. sedangkan yang ce/betina tidak...
Mohon koreksinya apabila salah. TKS........

Mr_Pik
6 June 2007, 08:57 AM
yg dibilang om phi2n itu kayanya emang benar kok..........

ndameng
21 August 2007, 07:56 PM
selain di jambulnya tanda tu burung co pa ce bisa dilihat pd warna bulu disekitar pangkal ekor bagian bawah (sekitar anus)
klo warnanya kuning cerah, jelas, tajam berarti co
tp klo warnanya kuning pudar berarti ce

mohon koreksi klo salah maklum belum netas (msh telor) hehehehehe...

budnyut
14 February 2008, 11:31 AM
nih burung kisaran harga brp ya mas ?
maklum masih pemula

Bah Erwin
14 February 2008, 02:19 PM
nih burung kisaran harga brp ya mas ?
maklum masih pemula

Kalau yang sdh jadi lumayan juga bisa ratusan ribu (tergantung kesepakatan si penjual dan pembeli) tapi kalau bakalannya masih murah di sini hanya 2 rb rupiah tapi kalau sudah ke kota ya paling 5- 20 rb saja

budnyut
16 February 2008, 11:39 AM
kalo di perlombaan apa sdh masuk kategori ya mas ???

paklu_yy
16 February 2008, 11:45 AM
Kadang - kadang ada kelas terucukan mas, contohnya bulan lalu di sleman, jogja

pitagoras
16 February 2008, 12:23 PM
trucukan utk master mb bagus tdk ya?

Bah Erwin
16 February 2008, 08:31 PM
trucukan utk master mb bagus tdk ya?

Bagus untuk CR ga tau kalau untuk mb bagus atau tdk...

pitagoras
18 February 2008, 12:45 AM
Bagus untuk CR ga tau kalau untuk mb bagus atau tdk...

kayaknya trucukan kurang uhuiii kalo suaranya masuk ke mb. ngebasss... mirip2 cr. enak kalo dah punya cr bisa tuk pancingan. ternyata beda yach... trucukan sumatra dgn jawa. kalo trucukan jawa body lebih besar suaranya lebih mantap dgn speed rapat cenderung ngerol sedang trucukan sumatra suaranya pendek2, susah cari yg bisa ngerol.

srahutomo
15 August 2008, 04:38 PM
Terucukan Jawa umumnya memang lebih mantap, apalagi kalo dibandingkan dengan terucukan yang sering saya jumpai di perkebunan sekitar Medan. Tapi sebulan yang lalu waktu jalan-jalan ke Pasaman (Sumatera Barat), saya perhatikan terucukannya cukup mantap. Mungkin beda ya...

didy_s
17 January 2009, 12:32 PM
Tolong nih masuk ke forum ini. Soalnya terucukanku tiba2 mengap-mengap kayak sesak nafas, dan keluar suara herk-herk kayak orang susah nafas. Waktu kemarin baik-baik ajah eh sepulang kerja ( jam 9 ) aku temui terucukanku begitu. Tolong dong, kasihan dia. Udah aku obati pake obat(lupa) tapi ada indikasi untuk sesak nafasnya. Aku lumat obatnya lalu dimasuki kemulutnya. Aduh Help dong gimana penangannya. Thanks

chablax
13 July 2009, 08:49 PM
mungkin ga cerucukan kawin silang sama kutilang..?
kemarin (dah 3 hari kuperhatikan) di depan kantor ada sepasang burung lagi buat sarang
pohonnya ga terlalu tinggi sekitar 5meter lah..
eh aku perhatiin kok yg satu kutilang tapi pasangannya cerucukan....
nah jadi bingung... klo bisa nyilang anaknya kaya gimana yah..???

sambil terus mantau sarang yg mulai di tempati.. jd deg degan jg nunggu sampe ada anaknya..
mau saya culik gitu hehehehheh

chablax
21 July 2009, 08:26 AM
udah seminggu lebih dipantau kok belom ada tanda2 telor dalam sarang neh...
waah jgn2 ga bakalan nelor neh...

Amiex'z
6 January 2011, 03:21 PM
kudu sabar om.. he he he

wing2010
15 March 2012, 08:51 PM
sabar dan berdoa om...sp tau dpt dorprize,haehehehehhehehe......................

42d3e78f26a4b20d412==