PDA

View Full Version : [h.e.l.p] Fungsi ulat kandang buat Pentet



nubie
6 May 2010, 02:40 PM
Om mod and om2 pakar cendet yg lain,,,...
Ane ada pertanyaan kenapa kalo waktu diadu cendet ane sering ngetem and gesek2 paruh dipangkringan. Juga kalo dirumah sering muter2 ekornya, juga kalo makan jangkrik ga langsung dimakan, tp digesek2 ke ruji.

Nih cendet dipemilik lama sering juara latber, tipe nembak, ngurak terakhir tuntas 2bulan lalu.

Perawatan harian :
Mandi pagi, jangkrik p/s 5/5, ulat kandang 3 sendok teh, jemur dikerodong, itu seting dr pemilik lama.

Mohon pencerahannya om

om2 penteters... fungsi UK untuk pentet ini buat apa ya om?, pentet saya jg masih tet..tet..tet..gt,apa mungkin masih muda ya?
...maaf oot dikit om...

nubie
6 May 2010, 02:56 PM
om2 master yang kami hormat...

saya 2 minggu lalu pinang pentet, dari Kios burung krn belinya pas sore jelang malam jd tidak bisa mantau nih pentet sudah bunyi ato belum, kondisi pentet sudah dalam sangkar sendiri, bilangnya yg dagang pentet titipan.

Kalo dilihat dari cara berdiri dan ekornya wkt di kios nih pentet sudah menyerupai angka 1 dan bodi ramping. 2 minggu dirumah, belum bunyi om...kecuali cuma bunyi Teeet...tett..teet...apa mungkin pentetnya masih muda om?

Rawatan pakai teknik om Goes,
- one touch service, jadi pagi saat buka kerodong lalu mandi semprot dan kasih jangkrik 7 ekor. lalu jemu sampai jam 08.00, terus pindah dibawah genteng plastik yg transparan, jd siang tetap kena jemur. Sore jam 6, kerodong lagi sampai pagi.
-Gantangnya dekat dengan Kenari yang agak bawel.

Tanya:
1.Apakah Ulat Kandang bisa menjadi salah satu EF yg bikin pentet cepat bunyi om? sebenarnya apa fungsi Ulat Kandang utk pentet?,krn wkt beli dikios nih pentet dikasih UK di voer nya.
2.Apakah pentet saya masih muda om,krn cuma bunyi tet..tet..teet...inipun cuma satu ato dua kali?
3.Apakah pola rawatan saya sdh tepat?
4.Biasanya rata2 pentet memerlukan waktu brp lama untuk beradaptasi dengan tempat baru dan pola rawatan baru?
5.Bagimana solusinya om?


Nubie mengucapkan banyak terima kasih

Maaf sedikit ketinggalan, untuk pentet2 jawara milik om2 master... apakah juga dikasih Ulat Kandang?

estubagas
6 May 2010, 03:18 PM
Coba Jawab ya Om...
UK biasanya diberikan pada burung yg belum ngevoer selain kroto tentunya, krn klo di sby, UK lebih mudah didapat drpd Kroto...
Klo pentet Om, divoernya msh ada UK, mungkin pentet belum 100 % ngevoer, ato msh diajarin ngevoer oleh pemilik lama (waktu itu)...
Klo setahu saya, malah kroto yg bikin burung rajin bunyi...

itu saja om yg saya tahu...sambil nunggu pakarnya...

andhi_kapau
6 May 2010, 03:23 PM
biasanya saya juga makai UK untuk membantu burung supaya cepat ngevoer..

kalu biar rajin kicau, pakai kroto..

nubie
6 May 2010, 03:23 PM
Coba Jawab ya Om...
UK biasanya diberikan pada burung yg belum ngevoer selain kroto tentunya, krn klo di sby, UK lebih mudah didapat drpd Kroto...
Klo pentet Om, divoernya msh ada UK, mungkin pentet belum 100 % ngevoer, ato msh diajarin ngevoer oleh pemilik lama (waktu itu)...
Klo setahu saya, malah kroto yg bikin burung rajin bunyi...

itu saja om yg saya tahu...sambil nunggu pakarnya...

tapi nih pentet pernah muntah warna hijau gt om, oya saya juga kasih kroto divoernya om, tp gak tau nih voernya dimakan apa tdk...sementara krotonya selalu ludes om. maklum gak bisa pantau rutin krn mesti nyangkul...

manuk alas
6 May 2010, 03:36 PM
sepertinya pentet nya belum 1005 nge voer yah om,
coba kasih saran deh

pagi: mandi/jemur,jangkrik 3,voer (campur kroto senin,rabu,jumat)
sore: jangkrik 3 (terserah ngasihnya jam berapa/pulang sampean nyangkul)

hal tersebut guna melatih dia makan voer saat hari selasa,kamis,sabtu dan minggu om.

selebihnya dibutuhkan kesabaran :)

Ikhsan_Kenyut
6 May 2010, 03:45 PM
ikut nyimak ah... .:baca:. maklum belom pernah sama sekali kasih UK ke momongan, baik pentet maupun semua burung yg ada di rumah :D

estubagas
6 May 2010, 03:48 PM
tapi nih pentet pernah muntah warna hijau gt om, oya saya juga kasih kroto divoernya om, tp gak tau nih voernya dimakan apa tdk...sementara krotonya selalu ludes om. maklum gak bisa pantau rutin krn mesti nyangkul...

Coba cek kotorannya om, klo memang sewarna dgn voer berarti mmg cendet sdh mulai ngevoer, klo putih berarti yg dimakan hanya krotonya...
Klo sudah ngevoer sebaiknya kroto diletakan ditempat lain dipisah dari voernya, takutnya voernya mudah basi...
Klo belum ngevoer, tuh sdh diajarin Om M.A. ato baca thread2 sebelumnya :D

nubie
6 May 2010, 04:05 PM
sepertinya pentet nya belum 1005 nge voer yah om, coba kasih saran deh

pagi: mandi/jemur,jangkrik 3,voer (campur kroto senin,rabu,jumat)
sore: jangkrik 3 (terserah ngasihnya jam berapa/pulang sampean nyangkul)

hal tersebut guna melatih dia makan voer saat hari selasa,kamis,sabtu dan minggu om. selebihnya dibutuhkan kesabaran :)

brarti full kroto yo cak? cuma selisih 1 hari kroto+voer dan 1hari voer saja yo cak?


ikut nyimak ah... .:baca:. maklum belom pernah sama sekali kasih UK ke momongan, baik pentet maupun semua burung yg ada di rumah :D

gimana om master? fungsi Uk ini untuk apa ya...


Coba cek kotorannya om, klo memang sewarna dgn voer berarti mmg cendet sdh mulai ngevoer, klo putih berarti yg dimakan hanya krotonya...
Klo sudah ngevoer sebaiknya kroto diletakan ditempat lain dipisah dari voernya, takutnya voernya mudah basi...
Klo belum ngevoer, tuh sdh diajarin Om M.A. ato baca thread2 sebelumnya :D

kotorannya sdh ada warna hijau nya om, cuma sedikit gt. apa bener kata om M.A belum 100% ngevoer?, saya ganti voernya tiap hari om, dgn porsi 1 sdm tp gak habis dalam 1 hari.

manuk alas
6 May 2010, 04:10 PM
bener mas, jika di hari selasa,kamis,sabtu dan minggu kotoran sudah berwarna hijau. maka ada baiknya kroto mulai di pisahkan dengan voernya.

di pantau terus perubahan pentet nya mas, mungkin sesekali bisa di bawa ke teman yang punya pentet untuk di sparringkan

UserNickName
10 May 2010, 11:25 PM
ngmng2 om ulat kandang yang kaya gmn yah? trus apa bedanya ma ulat hongkong om? saya masih kurang ngerti kalo ulat2 an..
maaf kl OOT dikit.. bantuin yah omm..

Bledek
11 May 2010, 08:46 AM
ngmng2 om ulat kandang yang kaya gmn yah? trus apa bedanya ma ulat hongkong om? saya masih kurang ngerti kalo ulat2 an..
maaf kl OOT dikit.. bantuin yah omm..


Saya pernah memberikan ulat kandang untuk pentet , tapi tidak begitu terlihat perbedaannya . Seperti menjadi lebih gajor atau lebih fit/sehat.
Ulat kandang itu saya peroleh dari seorang teman. Katanya diambil dari kandang burung dara . ulat kandang ini hidup di kotoran kotoran burung dara.
Berhubung sulit untuk mendapatkannya serta hasilnya biasa biasa saja , maka penggunaan ulat kandang saya hentikan.

nubie
11 May 2010, 09:43 AM
ngmng2 om ulat kandang yang kaya gmn yah? trus apa bedanya ma ulat hongkong om? saya masih kurang ngerti kalo ulat2 an..
maaf kl OOT dikit.. bantuin yah omm..

Ulat Kandang bentuknya kecil ukuran 1-2cm,warna hitam kemerahan seperti cacing kecil gt om. Sementara Ulat Hongkong, warna putih kekuningan, ada juga kuning kecoklatan om,ukuran lebih panjang sekitar 2.3cm-3cm dan badannya lebih gemuk.

Maaf bila salah,mohon koreksinya... maklum pemula juga saya om... b-(

42d3e78f26a4b20d412==