PDA

View Full Version : Ask : Cara merawat tledekan trotol



yakuzaaa
26 March 2010, 01:15 PM
om om sekalian, saya beberapa minggu lalu baru beli tledekan, mau tanya,
bagaimana sebaiknya merawat tledekan trotol, apakah seperti tledekan dewasa. apakah perlu treatment khusus.

saat ini saya rawat dengan :
1. pagi buka krodong, jemur, kroto 1 sdm.
2. jangkrik 3
3. mandi di cepuk.
4. masukin kerumah ( tempat teduh )
5. sore jangkrik 3.
6. jam 18.00 - 07.00 di master pake smart M.

tapi ada yang bilang kalau masih trotol, genjot ef dulu semaunya tuh burung...

mohon rekan2 bisa kasih masukan supaya TL trotol ini bisa membanggakan gedenya..

thanks

salam

yakuzaaa
26 March 2010, 01:17 PM
oh ya tambahin dikit supaya jelas..

jemur secukupnya sampe dia udah gak tenang.. biasanya 1/2 - 1 jam.

malam di krodongin.

thanks

uchuk
26 March 2010, 01:58 PM
coba untuk bagi pengalaman om.
ane juga punya TL trotol kebetulan tetangga juga beli bareng, ane beli 2 tetangga beli satu. kalo saya seting dengan kroto sesendok makan di aduk poor halus, jangrik 2/2 p/s, uh 2/hari. manadi keramba, jemur dan malam kerodong. sementara tetangga, kroto campur poor kasar se mangkok, jangkrik dan uh ga pake itung2an (buanyak deh) malem di terangi lampu 40w sambil di master pake CD MB sampe jam 22/23. mandi semprot sampe kuyup. jemur 3 jam. hasilnya, TL ane nyeriwik kenceng kadang rajin kadang sekali2, punya tetangga sekali2 dah ngemplong dan cetat... cetet....turus kaya MB sambil mainin ekornya. ane sih tetap putuskan utuk seting ala ane, apapun hasilnya bisa utuk refrensi masa mendatang. bagi om mudah2an bisa diambil kesimpulan sendiri. selamat dan semoga sukses.

yakuzaaa
26 March 2010, 04:39 PM
coba untuk bagi pengalaman om.
ane juga punya TL trotol kebetulan tetangga juga beli bareng, ane beli 2 tetangga beli satu. kalo saya seting dengan kroto sesendok makan di aduk poor halus, jangrik 2/2 p/s, uh 2/hari. manadi keramba, jemur dan malam kerodong. sementara tetangga, kroto campur poor kasar se mangkok, jangkrik dan uh ga pake itung2an (buanyak deh) malem di terangi lampu 40w sambil di master pake CD MB sampe jam 22/23. mandi semprot sampe kuyup. jemur 3 jam. hasilnya, TL ane nyeriwik kenceng kadang rajin kadang sekali2, punya tetangga sekali2 dah ngemplong dan cetat... cetet....turus kaya MB sambil mainin ekornya. ane sih tetap putuskan utuk seting ala ane, apapun hasilnya bisa utuk refrensi masa mendatang. bagi om mudah2an bisa diambil kesimpulan sendiri. selamat dan semoga sukses.

ok thanks om, tapi masih terlalu sulit untuk ambil kesimpulan dari ini.. karena banyak faktor lain.
tapi yang pasti kata salah satu pakar yaitu Om FH, tledekan paling anti di semprot. n UH yang jor2an. takutnya berpengaruh..

tapi kesimpulan akhir tetep nunggu pakarnya ( Om NA, FH, Ikhsan, PC )

yakuzaaa
28 March 2010, 03:49 PM
wahhh kog gak ada yang kasih masukan lagi ya ?

ndoro agung
29 March 2010, 08:34 AM
om om sekalian, saya beberapa minggu lalu baru beli tledekan, mau tanya,
bagaimana sebaiknya merawat tledekan trotol, apakah seperti tledekan dewasa. apakah perlu treatment khusus.

saat ini saya rawat dengan :
1. pagi buka krodong, jemur, kroto 1 sdm.
2. jangkrik 3
3. mandi di cepuk.
4. masukin kerumah ( tempat teduh )
5. sore jangkrik 3.
6. jam 18.00 - 07.00 di master pake smart M.

tapi ada yang bilang kalau masih trotol, genjot ef dulu semaunya tuh burung...

mohon rekan2 bisa kasih masukan supaya TL trotol ini bisa membanggakan gedenya..

thanks

salam


Rawatan dah SIP Banget ...GA PERLU GENJOT EF jor2an klo sdh spt di atas dah mumpuni .
Klo Jor2an EF malah nanti merepotken sendiri kelak.
Wes lanjutken aje rawatan spt itu dah Mantaf...Untuk mandi Pastiken jadwalnye tetap misal mau sore ye sore aje atau pagi sore jng ngacak.
Memaster makin lama makin bagus asal TERJADWAL ,setiap menu bergantian waktunye jng terlalu cepat minim 2minggu.

yakuzaaa
29 March 2010, 12:08 PM
Rawatan dah SIP Banget ...GA PERLU GENJOT EF jor2an klo sdh spt di atas dah mumpuni .
Klo Jor2an EF malah nanti merepotken sendiri kelak.
Wes lanjutken aje rawatan spt itu dah Mantaf...Untuk mandi Pastiken jadwalnye tetap misal mau sore ye sore aje atau pagi sore jng ngacak.
Memaster makin lama makin bagus asal TERJADWAL ,setiap menu bergantian waktunye jng terlalu cepat minim 2minggu.

nahhh ini dia nie... yang ditunggu2 dateng juga akhirnya... untuk mandinya biasanya dia pagi2 setelah Ef kroto om.

ok om. thanks masukannya om.

Ikhsan_Kenyut
29 March 2010, 12:53 PM
om om sekalian, saya beberapa minggu lalu baru beli tledekan, mau tanya,
bagaimana sebaiknya merawat tledekan trotol, apakah seperti tledekan dewasa. apakah perlu treatment khusus.

saat ini saya rawat dengan :
1. pagi buka krodong, jemur, kroto 1 sdm.
2. jangkrik 3
3. mandi di cepuk.
4. masukin kerumah ( tempat teduh )
5. sore jangkrik 3.
6. jam 18.00 - 07.00 di master pake smart M.
7. jemur secukupnya sampe dia udah gak tenang.. biasanya 1/2 - 1 jam.
8. malam di krodongin.

tapi ada yang bilang kalau masih trotol, genjot ef dulu semaunya tuh burung...

mohon rekan2 bisa kasih masukan supaya TL trotol ini bisa membanggakan gedenya..

thanks

salam
Saya rawa rawatannya udah cukup nih Om:D, gak perlu di genjot EF untuk TL, mengingat tubuh TL yg imut jd presentasi pemberian EF yg terlalu Over akan berpengaruh ke kinerjanya (untuk harian EF Kroto & Jangkrik saya rasa udah cukup).
waktu jemur saya rasa udah okey tuh Om :)>- TL gak perlu jemur lama2 menurut saya ^:)^

mohon koreksi jika salah ^:)^

yakuzaaa
29 March 2010, 03:40 PM
Saya rawa rawatannya udah cukup nih Om:D, gak perlu di genjot EF untuk TL, mengingat tubuh TL yg imut jd presentasi pemberian EF yg terlalu Over akan berpengaruh ke kinerjanya (untuk harian EF Kroto & Jangkrik saya rasa udah cukup).
waktu jemur saya rasa udah okey tuh Om :)>- TL gak perlu jemur lama2 menurut saya ^:)^

mohon koreksi jika salah ^:)^

ok om Ikhsan, thanks atas masukannya..

si wicak
31 March 2010, 09:03 AM
ok thanks om, tapi masih terlalu sulit untuk ambil kesimpulan dari ini.. karena banyak faktor lain.
tapi yang pasti kata salah satu pakar yaitu Om FH, tledekan paling anti di semprot. n UH yang jor2an. takutnya berpengaruh..

tapi kesimpulan akhir tetep nunggu pakarnya ( Om NA, FH, Ikhsan, PC )

yup setuju om, TL emang anti semprot...memang banyak pakar menyebutkan bgtu, punya sy jg sma rawatannya seperti itu, cma dr trotol dah di ajarin mandi di keramba, trus sering2 aja di godain pke tangan....mudah2an jd TL juara ya om....

Ikhsan_Kenyut
31 March 2010, 11:07 AM
yup setuju om, TL emang anti semprot...memang banyak pakar menyebutkan bgtu, punya sy jg sma rawatannya seperti itu, cma dr trotol dah di ajarin mandi di keramba, trus sering2 aja di godain pke tangan....mudah2an jd TL juara ya om....
mau tanya nih Om, maklum Pemula :D ^:)^
apa efek kedepannya jika TL sering di godain pake tangan 8->8->8->8->

yakuzaaa
31 March 2010, 11:45 AM
yup setuju om, TL emang anti semprot...memang banyak pakar menyebutkan bgtu, punya sy jg sma rawatannya seperti itu, cma dr trotol dah di ajarin mandi di keramba, trus sering2 aja di godain pke tangan....mudah2an jd TL juara ya om....
iya om.. sekarang lagi niru ilmunya OM NA yang tepokin burungnya terus... tapi belom saya goda sama tangan.. karena masih sedikit takut sama orang, meskipun udah mau ambil jangkrik dari tangan.


mau tanya nih Om, maklum Pemula :D ^:)^
apa efek kedepannya jika TL sering di godain pake tangan 8->8->8->8->
wahhh kalau ini sih bukan pemula...Bandarnya TL nie... heheheheheh

ayamjadah
31 March 2010, 12:18 PM
info aj om,

rawatan saya untuk TL trotol hingga dewasa, tiap pagi jam 5 sudah di embunkan hingga jam 8, untuk EF saya maen jangkriknya cuma 1 om.. pagi aj, sorenya cacing 1 juga, lebih dari itu TL ga bisa nagen kerjanya walaupun rajin bunyi (seperti yg sudah2), siangnya kroto 1 sdm campur purhalus selalu ada dan selalu di kontrol biar ga di acak2 hee..
Sudah ngepur ta pisah kroto dan pur'e.. mandi juga ta kasih cepuk yang agag besar biar kapan waktu dia mau mandi, kadang 1 hari bisa 4X dia mandi om, resiko sakit kl mandi di semprot (pernah terjadi di awal piara, syukurnya langsung di berimasukan dari teman) alhamdulilah sehat lagi, oh iya, TL saya kl malam tidak pernah di krudungin, paling kl saat ini 2 hari sblm hari H pas mau lomba aj biar dia istirahat..

hal tersebut saya biasain dari awal om (trotol),

Semoga membantu dan bermanfaat,

ayamjadah
31 March 2010, 12:29 PM
mau tanya nih Om, maklum Pemula :D ^:)^
apa efek kedepannya jika TL sering di godain pake tangan 8->8->8->8->

menurut saya kl di godain pake tangan tidak ada efeknya untuk lomba, hanya hari-harinya saja menyenangkan karena tuh TL jadi lebih jinak om..
kebiasaan kita kasih makan dengan membuka pintu sangkat dan menaruh di tempatnya (tidak langsung kasih dari luar sangkar) itu sudah cukup om, dengan rutinitas kita TL jadi jinak..

next time kl sudah biasa di coba saja om dalam kamar tertutup tuh TL di kasih makan bakalan nempel di bahu tangan kita terus bawa keluar sangkat, paling tidak dia lompat2 di bahu tangan om.. kl kabur jangan khawatir.. kan di dalam kamar, ekekekeeeekekeee....

sukses om..

golex
31 March 2010, 01:24 PM
mantep.. nambah ilmu lagi neh.. makasih om

ndoro agung
31 March 2010, 01:31 PM
menurut saya kl di godain pake tangan tidak ada efeknya untuk lomba, hanya hari-harinya saja menyenangkan karena tuh TL jadi lebih jinak om..
kebiasaan kita kasih makan dengan membuka pintu sangkat dan menaruh di tempatnya (tidak langsung kasih dari luar sangkar) itu sudah cukup om, dengan rutinitas kita TL jadi jinak..

next time kl sudah biasa di coba saja om dalam kamar tertutup tuh TL di kasih makan bakalan nempel di bahu tangan kita terus bawa keluar sangkat, paling tidak dia lompat2 di bahu tangan om.. kl kabur jangan khawatir.. kan di dalam kamar, ekekekeeeekekeee....

sukses om..

Mantafffffffffffffffffff..ikut nyontek..^:)^^:)^

yakuzaaa
31 March 2010, 03:03 PM
info aj om,

rawatan saya untuk TL trotol hingga dewasa, tiap pagi jam 5 sudah di embunkan hingga jam 8, untuk EF saya maen jangkriknya cuma 1 om.. pagi aj, sorenya cacing 1 juga, lebih dari itu TL ga bisa nagen kerjanya walaupun rajin bunyi (seperti yg sudah2), siangnya kroto 1 sdm campur purhalus selalu ada dan selalu di kontrol biar ga di acak2 hee..
Sudah ngepur ta pisah kroto dan pur'e.. mandi juga ta kasih cepuk yang agag besar biar kapan waktu dia mau mandi, kadang 1 hari bisa 4X dia mandi om, resiko sakit kl mandi di semprot (pernah terjadi di awal piara, syukurnya langsung di berimasukan dari teman) alhamdulilah sehat lagi, oh iya, TL saya kl malam tidak pernah di krudungin, paling kl saat ini 2 hari sblm hari H pas mau lomba aj biar dia istirahat..

hal tersebut saya biasain dari awal om (trotol),

Semoga membantu dan bermanfaat,

nah di embunkan ini yang susah... karena di luar rumah gak ada tempat gantungan.... gantungannya tertutup pegola.
yang jadi pertanyaan saya, itu jangkrik besar apa kecil ya ? n cacingnya cacing merah ya om ?

Ikhsan_Kenyut
31 March 2010, 04:26 PM
sorenya cacing 1 juga,
efek EF cacing buat TL apa Om, maklum nih kurang paham bener tentang TL :D

menurut saya kl di godain pake tangan tidak ada efeknya untuk lomba, hanya hari-harinya saja menyenangkan karena tuh TL jadi lebih jinak om..
kebiasaan kita kasih makan dengan membuka pintu sangkat dan menaruh di tempatnya (tidak langsung kasih dari luar sangkar) itu sudah cukup om, dengan rutinitas kita TL jadi jinak..

next time kl sudah biasa di coba saja om dalam kamar tertutup tuh TL di kasih makan bakalan nempel di bahu tangan kita terus bawa keluar sangkat, paling tidak dia lompat2 di bahu tangan om.. kl kabur jangan khawatir.. kan di dalam kamar, ekekekeeeekekeee....

sukses om..
ijin nyontek ya om,
menurut saya sih jinak sih memang, tp apa gak ntar jadinya klo liat kita langsung blingsatan seolah2 mau kasih jangkrik??? (padahal gak bawa jangkrik???) soalnya kejadian ini pernah saya alami, tiap liat saya pengennya ngejar & malah gak bunyi, klo saya ngumpet baru bunyi.
maaf ya Om banyak nanya, lha saya jg masih pemula Om :D

yakuzaaa
31 March 2010, 05:17 PM
efek EF cacing buat TL apa Om, maklum nih kurang paham bener tentang TL :D

ijin nyontek ya om,
menurut saya sih jinak sih memang, tp apa gak ntar jadinya klo liat kita langsung blingsatan seolah2 mau kasih jangkrik??? (padahal gak bawa jangkrik???) soalnya kejadian ini pernah saya alami, tiap liat saya pengennya ngejar & malah gak bunyi, klo saya ngumpet baru bunyi.
maaf ya Om banyak nanya, lha saya jg masih pemula Om :D

yuppp ini sama nie kayak kolibri ane.... ngeliat langsung nyamperin kayak mau dikasih makanan.

ndoro agung
31 March 2010, 05:24 PM
yuppp ini sama nie kayak kolibri ane.... ngeliat langsung nyamperin kayak mau dikasih makanan.

Tenang aje Perilaku TL begono ga kebawa sampai ke LAPANGAN kok ga kaya AM yg suka Ngebos ..klo TL saat dah main biar lihat pawangnye tetep anteng Nyeklek ..TL fighter murni tetetp mbaor2 apelage klo lawannye ngotot wuihhhhhhhh..seruuuuuuuuu..:P:P:P:-*:-*:-*:-*:-*

Ikhsan_Kenyut
31 March 2010, 05:32 PM
Tenang aje Perilaku TL begono ga kebawa sampai ke LAPANGAN kok ga kaya AM yg suka Ngebos ..klo TL saat dah main biar lihat pawangnye tetep anteng Nyeklek ..TL fighter murni tetetp mbaor2 apelage klo lawannye ngotot wuihhhhhhhh..seruuuuuuuuu..:P:P:P:-*:-*:-*:-*:-*

gitu yo mbah :D
nah klo tuh TL mau nyekleknya cuma di goda paek tangan aje gimane???? (mungkin karena kebiasaan kali ye... :D) dan setelah itu langsung blingsatan kayak komedi putar walopun sebelahnya pada nyeklek :-":-":-"

ndoro agung
31 March 2010, 05:35 PM
gitu yo mbah :D
nah klo tuh TL mau nyekleknya cuma di goda paek tangan aje gimane???? (mungkin karena kebiasaan kali ye... :D) dan setelah itu langsung blingsatan kayak komedi putar walopun sebelahnya pada nyeklek :-":-":-"

Klo Blingsatan & nyeklek entu Lebih pada asupan EF nye...berarti setingannye Ketinggian blm socokkkkkkkkk,,,:P:P

Ikhsan_Kenyut
31 March 2010, 05:39 PM
Klo Blingsatan & nyeklek entu Lebih pada asupan EF nye...berarti setingannye Ketinggian blm socokkkkkkkkk,,,:P:P
lha klo setingan yg socok ocok ocok ntu gimena mbah.... :-"

Cak Soel
31 March 2010, 09:33 PM
mau tanya nih Om, maklum Pemula :D ^:)^
apa efek kedepannya jika TL sering di godain pake tangan 8->8->8->8->

Pemula??????..... hajiar loh.... =))=))=))=))=))=))
Numpang nibrung ya....
kebetulan ane juga pemula banget di dunia TL
kira2 bulan kemarin ane juga dapet TL dari temen, semula tu TL dikasih makan ma voer, tp setelah ta bawa tu TL, voer ta lepas ta ganti ma UK, semula settingan jangkrik 5/5, kroto 1 sdt, per hari.... sekarang ta ganti UK, 3/3 jangkrik, kroto seenaknya, kadang kasih kadang ga (tergantung sikon) soale TLqu ini makan kroto SISA buat momongan lain (hehehehe)... sebagai ganti kroto, mulai hari ini td ta kasih UH 3/3....
pertanyaannye buat para senior ni...:
1. apakah efek yang akan di timbulkan oleh pemberian UH terhadap ni TL
2. Bolehkah TL dimandikan malem hari.. maklum kuli, subuh da berangkat macul, pulang2 da gelap
3. apakah EF yang ane berikan ini berlebihan ato perlu di genjot lagi...
karena pemberian EF ini adalah notabene adalah makanan sisa anakan momongan yang lain.....

mohon pencerahannya ya om2 yang baik hati dan tidak sombong..:)>-:)>-:)>-


Salam

tok_widi
1 April 2010, 12:20 AM
mohon pencerahan para senior....
saya 1 bln yg lalu dapat tledekan dari sodara
ktnya sih bunyi, cuma kurang perawatan
kayaknya gag sehat, trus saya pegang ternyata kurus banged
tiap hari saya kasi kroto dan jangkrik
maksud saya biar kondisinya agak baik
tapi tetep aja kurus...
bagi informasinya buat para senior/rekan2
buat nyembuhin tledekan saya...
trima kasih banyak sebelumnya...

ndoro agung
1 April 2010, 07:56 AM
mohon pencerahan para senior....
saya 1 bln yg lalu dapat tledekan dari sodara
ktnya sih bunyi, cuma kurang perawatan
kayaknya gag sehat, trus saya pegang ternyata kurus banged
tiap hari saya kasi kroto dan jangkrik
maksud saya biar kondisinya agak baik
tapi tetep aja kurus...
bagi informasinya buat para senior/rekan2
buat nyembuhin tledekan saya...
trima kasih banyak sebelumnya...

Sekedar Nimbrung aje
Klo awalnye kurang terawat Tentunye sekarang makin di intensifken rawatannye,utamanye Genjot EF rutinken Pengembunan,Jemur jg selalu kebersihan ,klo di rasa dah di glontor EF mash kurus aje ada kemungkinan ada hal hal muatahal yg mempengaruhinye Coba kasih Obat METABOLIS sesuai Petunjuk ,klo ga Ksh Vit B dlm dosis yg sesuai moga TL akan Maksimal.

Ikhsan_Kenyut
1 April 2010, 08:51 AM
=))=))=))=))=))=))
Numpang nibrung ya.... maklum pemula, klo salah mohon di koreksi ^:)^

1. apakah efek yang akan di timbulkan oleh pemberian UH terhadap ni TL
mending UH ne di ganti kroto wae cak ;)) orak sering gak masalah kayak :D

2. Bolehkah TL dimandikan malem hari.. maklum kuli, subuh da berangkat macul, pulang2 da gelap
boleh aja cak.... jemur TL cuma sebentar pun gak masalah ;))

3. apakah EF yang ane berikan ini berlebihan ato perlu di genjot lagi...
karena pemberian EF ini adalah notabene adalah makanan sisa anakan momongan yang lain.....
tp klo jangkrik gak sisa kan cak =))
EF udah pas tuh cak :)>-

ndoro agung
1 April 2010, 09:24 AM
lha klo setingan yg socok ocok ocok ntu gimena mbah.... :-"

Untuk Ngepasinye tentunye Kite wajib ain pahami Karakternye
Jg Menemuken setingan klo model ane neh awalnye sedikit coba2 nak pade titik tertentu sekiranye dah socok dng kemauan kite pola kerjanye tu TL nah entu yg menjadi patokan getooo..LIK???...Klo buat burung boleh coba2 Tapi klo Buat ANAK ga boleh la yauuu..coba2 :P:P:P:-*:-*=))=)):D:D

Cak Soel
1 April 2010, 09:31 AM
Mantab ni pencerahan dari Senior TL....
simple, mudah di mengerti, mengenai sasaran.... mantabs bro
thanks

Ikhsan_Kenyut
1 April 2010, 10:47 AM
Untuk Ngepasinye tentunye Kite wajib ain pahami Karakternye
Jg Menemuken setingan klo model ane neh awalnye sedikit coba2 nak pade titik tertentu sekiranye dah socok dng kemauan kite pola kerjanye tu TL nah entu yg menjadi patokan getooo..LIK???...Klo buat burung boleh coba2 Tapi klo Buat ANAK ga boleh la yauuu..coba2 :P:P:P:-*:-*=))=)):D:D
lha ntu mbah... kadang pada pola tertentu (4-4-2 atau 5-3-2) masih sering blingsatan klo maen, padahal pola masih sama, apakah karena faktor cuace dan sikon jg pengaruh mbah...
~O)~O)~O)~O)~O)~O)

Mantab ni pencerahan dari Senior TL....
simple, mudah di mengerti, mengenai sasaran.... mantabs bro
thanks
titis yo... cak =))
senior TL mbah NA tuh :D

ayamjadah
1 April 2010, 02:45 PM
nah di embunkan ini yang susah... karena di luar rumah gak ada tempat gantungan.... gantungannya tertutup pegola.
yang jadi pertanyaan saya, itu jangkrik besar apa kecil ya ? n cacingnya cacing merah ya om ?

repot ya om, kl ga ada gantangan, mungkin bisa di atas genteng om.. kekeekee..

untuk jangkrik, standard aj om (ga terlalu besar ga terlalu kecil) kl bisa yang ga bersayap, sedangkan cacing, pakai cacing tanah biasa.. di jogja tiap toko pangan manuk selalu ada, ;-)

ayamjadah
1 April 2010, 02:47 PM
Untuk Ngepasinye tentunye Kite wajib ain pahami Karakternye
Jg Menemuken setingan klo model ane neh awalnye sedikit coba2 nak pade titik tertentu sekiranye dah socok dng kemauan kite pola kerjanye tu TL nah entu yg menjadi patokan getooo..LIK???...Klo buat burung boleh coba2 Tapi klo Buat ANAK ga boleh la yauuu..coba2 :P:P:P:-*:-*=))=)):D:D

setubuh.. salah ding se7 hee..

ayamjadah
1 April 2010, 03:01 PM
efek EF cacing buat TL apa Om, maklum nih kurang paham bener tentang TL :D

ijin nyontek ya om,
menurut saya sih jinak sih memang, tp apa gak ntar jadinya klo liat kita langsung blingsatan seolah2 mau kasih jangkrik??? (padahal gak bawa jangkrik???) soalnya kejadian ini pernah saya alami, tiap liat saya pengennya ngejar & malah gak bunyi, klo saya ngumpet baru bunyi.
maaf ya Om banyak nanya, lha saya jg masih pemula Om :D

bunyinya masih ngriwik ya om? biasa burung apapun kl griwik palagi msh trotol, ada org. mulut langsung mangap. untuk bunyi kadang masih malu2 om apa lagi kl di perhatikan.. Carmuk dia.. heee.. sabar aj om dengan perawatan yg rutin burung jadi terbisa dan ngerti kapan waktunya makan kapan waktu bobok hhee.. lg,

si wicak
4 April 2010, 02:32 PM
mau tanya nih Om, maklum Pemula :D ^:)^
apa efek kedepannya jika TL sering di godain pake tangan 8->8->8->8->

maaf br OL lg niy......
weaalllllaaahhhh, jgn gitu lah om, bs2 sy nguyahi segoro niy...heuheu
sy jg msh bljar om, itu mah cma pengalaman pribados bin pribadi om, soalnya sy dpt TL selalu yg msh grabakan, jd itu mah biar TLnya lumayan jinak, & jd terbiasa klo di deketin atw di godain org hapunten alias maaf niy klo ngawur....heuheu monggo di koreksi ya...
nah tuh dah banyak pakar yg turun tangan...
mari ah lanjut gan....

42d3e78f26a4b20d412==