PDA

View Full Version : Seputar penyakit kenari dan cara mengatasinya



AnAn_SoLo
26 March 2010, 03:59 AM
Ini adalah beberapa jenis penyakit yang sering terjadi pada Burung Kenari, diantaranya :

1. GANGGUAN PERNAPASAN
Penyakit gangguan pernapasan sering menyerang burung kenari, baik jantan maupun betina. Penyebab penyakit pernapasan adalah adanya infeksi sekunder pada saluran pernapasan oleh E. coli dan virus sejenis Mycoplasma gallisepticcum yang lebih terkenal dengan nama CRD (Chronic Respiratory Desease). Jika sudah kronis, penyakit ini sangat sukar disembuhkan dan biasanya lama kelamaan burung kenari yang terinfeksi penyakit ini akan mati. Penyakit pernapasan bersifat menular. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui kontak langsung antara kenari yang terinfeksi dari kenari yang sehat. Misalnya, indukan yang terinfeksi penyakit dan menyuapi anaknya, maka anak-anak burung yang disuapi akan tertular oleh penyakit tersebut. Penularan penyakit pernapasan juga dapat terjadi melalui keturunan. Anakan kenari yang berasal dan indukan yang sudah terkena penyakit akan mewarisi penyakit yang dimiliki oleh induknya tersebut. Penularan penyakit pernapasan dapat juga terjadi melalui makanan, minuman, lingkungan kandang yang kurang bersih, dan makanan/minuman yang tercemar kotoran burung yang terinfeksi penyakit.

Gejala-gejala penyakit pernapasan yang tampak adalah burung sering bersin-bersin, pada malam hari yang cuacanya dingin pernapasannya ngorok, hidung lembab/basah berlendir, dan aktivitas atau gerak burung menurun.
Tindakan preventif dan kuratif untuk mengatasi penyakit pernapasan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut. :

Burung kenari yang terinfeksi penyakit pernapasan segera diisolasi di kandang tersendiri dan diobati agar tidak menular kepada burung-burung kenari yang lain.
Sangkar, tempat makan, dan tempat minum selalu dikontrol dan semua kotoran yang terdapat di dalam sangkar ataupun di dalam wadah makanan/minuman selalu dibersihkan.
Makanan yang akan diberikan dicuci bersih dan dikeringkan untuk menghilangkan kemungkinan adanya residu pestisida pertanian yang membahayakan kesehatan burung.
Minuman yang kotor segera diganti dengan air yang bersih, segar, sehat, dan tidak mengandung bahan-bahan beracun yang membahayakan kesehatan burung. Air untuk minum direbus terlebih dahulu hingga mendidih untuk membunuh semua jenis bibit penyakit yang terdapat di dalamnya.


2. BERAK KAPUR
Penyakit berak kapur banyak menyerang beberapa jenis unggas. Penyakit ini dikenal juga dengan nama penyakit Salmonellosis atau Pullorum. Penyebab penyakit ini adalah Salmonella pullorum yang menyerang saluran pencernakan. Penyakit berak kapur bersifat menular. Tanda-tanda atau gejala serangan yang dapat dilihat adalah kotoran burung berbentuk cair dan berwarna putih seperti kapur, nafsu makan menurun, pada stadium tertentu burung mengalami kesulitan membuang kotoran. Jika diperhatikan, banyak kotoran berwarna putih melekat pada bulu di sekitar anus. Tanda lain burung kenari yang terserang penyakit berak kapur adalah muka pucat, bulu tidak teratur, sayap menggantung, dan burung tidak bergairah.

Pencegahan terhadap timbulnya penyakit berak kapur dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan sangkar, makanan, dan minuman. Setiap han sangkar dibersihkan dan segala kotoran, termasuk kotoran burung kenari itu sendiri. Gunakan desinfektan atau bioseptik untuk mencuci sangkar. Setiap dua hari sekali, tempat pakan dan tempat minum dibersihkan. Sisa-sisa makanan dibersihkan dibuang agar tidak berjamur dan diganti dengan makanan yang baru. Demikian juga, air minum harus selalu diganti dengan air baru yang sudah direbus (matang), bersih, dan sehat (tidak mengandung bahan-bahan beracun yang berbahaya).
Jika burung sudah terinfeksi penyakit berak kapur, burung tersebut harus segera dipisahkan dari burung-burung yang lain agar tidak menular. Burung yang sudah terinfeksi penyakit berak kapur diberi obat antibiotik secara intensif sesuai dengan petunjuk yang ada. Penggunaan obat antibiotik tidak boleh sembarangan, sebab jika kita tidak tahu secara pasti justru berakibat fatal.

3. SNOT atau CORYZA
Penyakit snot atau coryza disebabkan oleh virus Hemophillus gallinarum. Penyakit ini menyerang sekitar bagian muka burung sehingga menyebabkan bengkak dan muncul benjolan berwama merah di sekitar hidung, mata, dan telinga. Cara penularannya melalui perantaraan burung lain, udara, debu, makanan, dan minuman. Penularan penyakit ini juga dapat malalui keturunan. Tanda-tanda serangan penyakit snot atau coryza yang dapat dilihat adalah muka bengkak, hidung berlendir, sering bersin-bersin, sesak napas, dan nafsu makan turun. Jika tidak ditangani secara serius, lama kelamaan burung yang terserang penyakit ini akan mati.

Pencegahan terhadap serangan penyakit snot atau coryza dapat dilakukan dengan cara menjauhkan burung kenari yang terserang penyakit dan kelompok burung yang lain agar tidak menular. Di samping itu, sangkar tempat makan, dan minum harus selalu dibersihkan dan segala kotoran. Burung kenari yang terlanjur terserang penyakit snot atau coryza harus segera diberi obat yang sesuai.

4. BUBUL
Penyakit bubul (bumble foot) adalah jenis penyakit yang sering menyerang hampir semua jenis burung. Penyebab penyakit bubul adalah bakteri Staphylo coccus. Bakteri ini menyerang permukaan kulit, terutama kulit telapak kaki. Faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit bubul adalah kebersihan sangkar, khususnya tempat bertengger.
Tanda-tanda serangan penyakit bubul yang dapat dilihat adalah kaki membengkak, kuku memanjang, sisik kaki melebar atau merenggang. Jika serangan penyakit bubul ini dibiarkan, maka lama kelamaan infeksi penyakit tersebut akan melebar dan bertambah besar.
Pencegahan terhadap serangan penyakit bubul dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar dan tempat bertengger burung.

5. CACINGAN
Cacingan adalah jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan hati. Penyebab cacingan adalah cacing, yakni cacing tambang, cacing gilig, cacing pita, dan cacing hati. Tanda-tanda serangan penyakit cacingan yang dapat dilihat adalah burung kurang bergairah, lemah, nafsu makan berkurang, bulu tidak teratur, kotoran berbentuk cair, dan berat badan burung menurun.
Faktor utama yang menyebabkan munculnya penyakit cacingan adalah kondisi sangkar dan tempat makan/minum yang kotor. Pencegahan terhadap serangan penyakit cacingan dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan sangkar, tempat pakan, dan tempat minum. Oleh karena itu, sangkar, tempat pakan, dan tempat minum harus selalu dikontrol dan dibersihkan dari segala macam kotoran agar tidak menjadi sarang cacing.

6. MENCRET
Penyakit mencret yang sering menyerang burung kenari ada dua macam, mencret yang disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran pencernaan dan mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan. Tanda-tanda penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri adalah kotoran berbentuk cair, berwama keruh, berbau busuk, aktivitas (gerak) burung menurun, dan burung tidak memiliki nafsu makan. Sedangkan tanda-tanda mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan adalah kotoran berbentuk cair, berwama bening dan terdapat sedikit gumpalan, tidak begitu berbau busuk, nafsu makan masih tinggi, dan aktivitas burung masih cukup tinggi. Sayuran yang kotor (tidak dicuci) dan masih mengandung residu obat pembasmi serangga (pestisida) dapat meyebabkan keracunan bagi burung.
Penyakit mencret yang disebabkan oleh bakteri bersifat menular, sedangkan penyakit mencret yang disebabkan oleh keracunan makanan tidak menular. Penularan dapat melalui tempat makan, minuman, maupun kotoran burung yang menderita penyakit tersebut. Oleh karena itu, burung yang terserang penyakit mencret harus segera dikarantina agar tidak menular pada burung-burung yang lain.

7. KUTU BURUNG
Burung kenari juga sering diserang oleh kutu burung sehingga proses produksi dan penetasan telur yang dierami terganggu. Kutu burung yang menyerang kenari jantan akan mengakibatkan suara menjadi berkurang. Burung kenari yang terserang kutu burung menunjukkan tanda-tanda gelisah, sering menggigit-gigit bulu (Jw. didis), frekuensi suara berkurang, jika bulu burung disingkap akan tampak kutu-kutu yang bergerak di antara bulu. Jika tidak segera diobati, burung kenari yang terserang kutu burung lama kelamaan berat badan menjadi menurun, nafsu makan akan menurun, dan akhirnya mati.
Penyebab utama serangan kutu burung adalah kondisi sangkar yang kotor, lembab, berbau, dan burung jarang mandi. Pencegahan terhadap kutu burung dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan sangkar, menyediakan air yang cukup untuk mandi, dan burung sering dijemur.

8. VIRUS BURUNG
Beberapa waktu yang lalu muncul beberapa kasus terjadinya kelumpuhan anggota badan dan menurunnya daya tahan tubuh yang menurut para medis salah satu penyebabnya adalah flu burung. Kebetulan, orang yang terserang flu burung tersebut memelihara burung kenari. Dengan demikian, banyak orang beranggapan bahwa burung kenari merupakan pembawa virus flu burung yang membahayakan. Mungkin saja hal itu benar, namun menurut penulis kurang tepat. Sebab, virus yang menyebabkan flu burung dapat menyerang semua orang melalui perantaraan apa saja termasuk ayam, bebek, kucing, ******, segala jenis burung, dan segala jenis hewan berbulu yang dipelihara orang. Berikut mi disajikan cuplikan beberapa artikel yang berhasil direkam penulis.

Beberapa waktu lalu, kira-kira pertengahan tahun 1997, masyarakat Indonesia khususnya dan masyarakat dunia umumnya, dihebohkan dengan munculnya sejenis penyakit flu yang disebabkan oleh virus. Sementara orang beranggapan bahwa virus penyebab penyakit flu tersebut dibawa oleh burung. Penyakit flu yang hebat ini lebih dikenal dengan sebutan Flu Hongkong karena awal munculnya penyakit flu ini dari Hongkong. Serangan penyakit flu ini menelan banyak korban jiwa. Pada kasus yang sama, tahun 1968, flu Hongkong telah membunuh kurang lebih 700.000 jiwa tanpa ada obat yang dapat menyembuhkannya. Sekarang, virus pembawa maut tersebut tampaknya muncul lagi.

Menurut tim peneliti tentang virus dan Australia, virus yang membawa maut bagi manusia ataupun hewan ini sesungguhnya merupakan plasma pembawa sifat yang dibungkus mantel berupa protein sialidase dan hemaglutinin. Pada saat memasuki tubuh manusia dan berada di dalam sel, virus tersebut segera memperbanyak diri dan membentuk jutaan partikel yang disebut virion. Virion-virion inilah yang menyebarkan infeksi dan memasuki sel-sel di sekitarnya sehingga orang yang terserang virus ini merasakan sakit kepala, batuk-batuk, ngilu pada persendian, dan kondisi serta daya tahan tubuh penderita makin lemah. Jika penderita penyakit flu ini tidak segera mendapatkan perawatan dan pengobatan yang memadai, maka daya tahan tubuhnya akan semakin lemah dan menurun.

Penyebaran virus penyebab penyakit flu i, menurut ahli medis, dapat melalui perantaraan unggas, yakni segala jenis ayam, bebek, burung, serta beberapa hewan berbulu yang dipelihara orang (misalnya, kucing, ******, kera/monyet). Jenis unggas termasuk yang memiliki kontribusi paling besar terhadap penyebaran virus tersebut. Untuk mencegah penyebaran virus tersebut, beberapa paramedis menganjurkan sebagai berikut. :

Upayakan kondisi lingkungan sangkar atau kandang hewan piaraan (termasuk sangkar/kandang burung) selalu dalam keadaan bersih. Jika perlu, sangkar atau kandang hewan piaraan secara periodik dilakukan cuci hama (desinfektan).
Upayakan tubuh mendapat pasokan protein tinggi dan berbagai sumber makanan, misalnya daging, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan untuk menolong tubuh membangun sistem kekebalan sebagai penangkal serangan virus.
Jaga temperatur tubuh agar tetap stabil, tidak kepanasan ataupun kedinginan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.
Pastikan ruangan-ruangan rumah memiliki ventilasi yang cukup dan mendapat aliran udara segar.
Makanan dan minuman harus dalam kondisi matang dan bersih, karena virus tidak dapat bertahan pada suhu yang tinggi.
Basuhlah selalu kedua tangan setelah memegang binatang piaraan, baik unggas (termasuk burung) maupun jenis hewan piaraan lainnya.


Sumber : kenariku.tripod.com

LeoN0211
26 March 2010, 09:02 AM
tq 4 share..good info..

dedy_utomo
26 March 2010, 09:20 AM
Terima kasih atas sharing yang bagus dan sangat bermanfaat buat pemula seperti saya ini Om

Subianto
26 March 2010, 09:29 AM
Informasi yg bermanfaat ,tks Om.

amega
26 March 2010, 11:26 AM
trims mas share nya

Kc
26 March 2010, 11:29 AM
Makasih om atas sharingnya...
Semoga bermanfaat...

Boss Babbe
26 March 2010, 11:50 AM
bagus Om Anan untuk masukannya....makasih ya Om...

onedha
26 March 2010, 11:50 AM
Informasi yg bermanfaat , .:baca:.
maTur nuWun..:guesuka:

Andy_ajbf
26 March 2010, 11:52 AM
terus kalo yang nafasnya ngorok tadi pengobatanya giman Om?

Penthol
26 March 2010, 11:23 PM
ulasan yang mantep...
thx mas bagi-2 ilmunya ditunggu lagi ya

Cecep Karawang
27 March 2010, 12:15 AM
Info yang sangat bermanfaat
Terima kasih atas sharingnya
Salam

kriwil
31 March 2010, 02:51 PM
terus kalo yang nafasnya ngorok tadi pengobatanya giman Om?


bawa aja burungnya ketempatku, gak sampe 3 hari udah sembuh, mahar bakalan f1 yorkshire. Wikikiki.......
Becanda boz.........

Kalo aku, tiap ada kenariku yang pilek, ngorok, serak, kuberi obat yang pemakaiannya diteteskan ditengkuk.
Cari aja di pasar burung, dah banyak beredar berbagai merk.

Cara pemberiannya diteteskan ditengkuk burung.
Untuk burung kenari, cukup 2 tetes, diberikan menjelang malam, n paginya jangan dijemur, biasanya pada hari ke3 udah bisa dijemur dan dinikmati suaranya meskipun belum maksimal.

nubie
31 March 2010, 04:14 PM
om kriwil> maksudnya ditetesin ditengkuk ini gimana om?, apa tidak diminumkan gt om?, maaf masih baru belajar om...

AnAn_SoLo
1 April 2010, 05:25 AM
om kriwil> maksudnya ditetesin ditengkuk ini gimana om?, apa tidak diminumkan gt om?, maaf masih baru belajar om...

Coba jawab Om,
diteteskan ditengkuk maksudnya dileher bagian atas, bukan lewat mulut karena obatnya untuk luar. "Keterangan dari kakak ipar saya, kebetulan juga seorang dokter hewan" (maaf tdk bermaksud promosi), maksud dari diteteskan ditengkuk adalah dimana pada bagian itu tempat mengumpulnya kutu karena bagian itu juga sulit dijangkau paruh burung itu sendiri. Hubungannya dengan nafas, apabila burung terjangkit kutu dan dibiarkan terus menerus maka akan berkembang biak, lama-lama kutu akan menyerang kedalam tubuh terutama saluran pernafasan melewati pori-pori kulit yang kemudian disebut penyakit nafas. Bila diobati dengan obat kutu, maka kutu akan mati. Setelah diobati pada bagian ini kulit biasanya terlihat mengering/keriput seperti kulit mengelupas dan akan kelihatan kutunya mati kering dalam jumlah ribuan (pada waktu itu dilihat dengan mikroskop). Setelah diobati burung biasanya akan terlihat fit dan agresif lagi. Jika setelah diteteskan obat ke tengkuk beberapa kali penyakit belum sembuh, biasanya dikasih obat tambahan semacam antibiotik yang diteteskan lewat mulut.

Itu aja Om sedikit keterangan dari saya, mohon maaf kalau kata-katanya sedikit ribet soalnya saya juga sulit kalau menuliskannya.

kriwil
1 April 2010, 08:46 AM
om kriwil> maksudnya ditetesin ditengkuk ini gimana om?, apa tidak diminumkan gt om?, maaf masih baru belajar om...


maksudnya ditetesin dibagian belakang antara leher dengan tubuh (berlawanan arah dengan tembolok).
Coba pegang burungnya dan bagian tersebut ditiup (untuk membuka bulunya), dikanan dan kiri, ada bagian yang cekung. Disitulah obat tersebut diteteskan.


Coba jawab Om,
diteteskan ditengkuk maksudnya dileher bagian atas, bukan lewat mulut karena obatnya untuk luar. "Keterangan dari kakak ipar saya, kebetulan juga seorang dokter hewan" (maaf tdk bermaksud promosi), maksud dari diteteskan ditengkuk adalah dimana pada bagian itu tempat mengumpulnya kutu karena bagian itu juga sulit dijangkau paruh burung itu sendiri. Hubungannya dengan nafas, apabila burung terjangkit kutu dan dibiarkan terus menerus maka akan berkembang biak, lama-lama kutu akan menyerang kedalam tubuh terutama saluran pernafasan melewati pori-pori kulit yang kemudian disebut penyakit nafas. Bila diobati dengan obat kutu, maka kutu akan mati. Setelah diobati pada bagian ini kulit biasanya terlihat mengering/keriput seperti kulit mengelupas dan akan kelihatan kutunya mati kering dalam jumlah ribuan (pada waktu itu dilihat dengan mikroskop). Setelah diobati burung biasanya akan terlihat fit dan agresif lagi. Jika setelah diteteskan obat ke tengkuk beberapa kali penyakit belum sembuh, biasanya dikasih obat tambahan semacam antibiotik yang diteteskan lewat mulut.

Itu aja Om sedikit keterangan dari saya, mohon maaf kalau kata-katanya sedikit ribet soalnya saya juga sulit kalau menuliskannya.


penjelasan secara eksplisit dan teoritis emang aku gak tau.
Aku dapat info tersebut dari seorang yang biasa jadi juri lomba burung didaerahku.

Tapi, menurut pedagangnya, obat itu bersifat panas (mungkin ini yang menyebabkan kulit jadi kering).
Makanya selang antara pemberian pertama dan kedua adalah :
- minimal 5 hari (anjuran pedagangnya)
- minimal 2 minggu (anjuran pada label obat).
Dan biasanya cukup sekali pemberian udah sembuh (udah ku test pada beberapa kenari lokal)

Asumsiku, mungkin obat tersebut cara kerjanya mirip dengan obat gosok untuk batuk pilek bagi manusia.

Mohon maap bila ada kekeliruan.

nubie
1 April 2010, 09:59 AM
om anan solo & om kriwil> terima kasih atas infonya, jadi makin pinter gabung di KM ;D

AnAn_SoLo
1 April 2010, 08:02 PM
penjelasan secara eksplisit dan teoritis emang aku gak tau.
Aku dapat info tersebut dari seorang yang biasa jadi juri lomba burung didaerahku.

Tapi, menurut pedagangnya, obat itu bersifat panas (mungkin ini yang menyebabkan kulit jadi kering).
Makanya selang antara pemberian pertama dan kedua adalah :
- minimal 5 hari (anjuran pedagangnya)
- minimal 2 minggu (anjuran pada label obat).
Dan biasanya cukup sekali pemberian udah sembuh (udah ku test pada beberapa kenari lokal)

Asumsiku, mungkin obat tersebut cara kerjanya mirip dengan obat gosok untuk batuk pilek bagi manusia.

Mohon maap bila ada kekeliruan.

Memang sifat obatnya panas, kalo nafasnya parah biasa saya ulangi 2-3 hari kemudian. Kulit kering itulah kutu yang mati terkena obat (diteliti sendiri oleh kakak saya di Lab.). Kalo burung yang bersih dari kutu saya tetes tiap hari, besoknya tidak nampak kulitnya kering. Malah terlihat bersih sekali. Hal ini sudah saya coba sendiri pada puluhan burung dan tidak cuma pada kenari.

nubie
1 April 2010, 10:12 PM
@om anan_solo> mantab om risetnya!!! jadi dengan mengelupasnya kulit kering tersebut, momongan bisa dinyatakan tlah pulih om... thanks pencerahannya!

nandosianipar
2 April 2010, 06:21 AM
ikut ngintip ah....
ada ilmu yg bisa diserap nih...

kriwil
2 April 2010, 03:33 PM
Memang sifat obatnya panas, kalo nafasnya parah biasa saya ulangi 2-3 hari kemudian. Kulit kering itulah kutu yang mati terkena obat (diteliti sendiri oleh kakak saya di Lab.). Kalo burung yang bersih dari kutu saya tetes tiap hari, besoknya tidak nampak kulitnya kering. Malah terlihat bersih sekali. Hal ini sudah saya coba sendiri pada puluhan burung dan tidak cuma pada kenari.

mantap penjelasannya bos.....
Berarti kutu bukan faktor yang menyebabkan burung sakit pernafasannya seperti yang anda sampaikan pada postingan anda sebelumnya. Tapi ada faktor lain yang jadi penyebab.

Menurut buku yang pernah saya baca (lupa karena udah lama gak sekulah), penyakit pernafasan umumnya disebabkan karena mikroba (hewan mikroskopis seperti virus, bakteri dan kawan2). Ditambah faktor lingkungan yang mendukung pertumbuhan mikroba tersebut, seperti suhu yang tidak sesuai, kebersihan kurang dan lain-lain.

Penyebarannya bisa secara langsung (berdekatan) dan secara tidak langsung dengan bantuan mahluk makroorganisme (yang bisa diliat tanpa bantuan alat pembesar) seperti manusia, hewan piaraan, kutu, insect dan kawan2.

Sehingga menurut asumsi saya, biar kenari tidak terserang penyakit pernafasan, kuncinya adalah perawatan, baik kebersihan kandang dan lingkungan, penjemuran, pengkrodongan biar kenari selalu dalam kondisi prima.

Mohon koreksi kalo ada kesalahan.

AnAn_SoLo
2 April 2010, 11:14 PM
mantap penjelasannya bos.....
Berarti kutu bukan faktor yang menyebabkan burung sakit pernafasannya seperti yang anda sampaikan pada postingan anda sebelumnya. Tapi ada faktor lain yang jadi penyebab.

Menurut buku yang pernah saya baca (lupa karena udah lama gak sekulah), penyakit pernafasan umumnya disebabkan karena mikroba (hewan mikroskopis seperti virus, bakteri dan kawan2). Ditambah faktor lingkungan yang mendukung pertumbuhan mikroba tersebut, seperti suhu yang tidak sesuai, kebersihan kurang dan lain-lain.

Penyebarannya bisa secara langsung (berdekatan) dan secara tidak langsung dengan bantuan mahluk makroorganisme (yang bisa diliat tanpa bantuan alat pembesar) seperti manusia, hewan piaraan, kutu, insect dan kawan2.

Sehingga menurut asumsi saya, biar kenari tidak terserang penyakit pernafasan, kuncinya adalah perawatan, baik kebersihan kandang dan lingkungan, penjemuran, pengkrodongan biar kenari selalu dalam kondisi prima.

Mohon koreksi kalo ada kesalahan.

Gimana sih boss kriwil, saya kan sdh sampaikan dalam bahasan ini penyebab nafas itu ya DIKARENAKAN KUTU. Cuma kutu itu juga bukan satu-satunya faktor penyebab sakit nafas.

kriwil
3 April 2010, 07:24 AM
Gimana sih boss kriwil, saya kan sdh sampaikan dalam bahasan ini penyebab nafas itu ya DIKARENAKAN KUTU. Cuma kutu itu juga bukan satu-satunya faktor penyebab sakit nafas.

maaf boz...To the point aja ya..!
1. Saya sangat setuju dengan ulasan bos anan solo tentang penyakit pernafasan kenari dihalaman 1 (sumber: kenari.Tripod.Com).

2. Obat ngorok yang saya maksudkan sewaktu menjawab bos r3v0lu51k3n4r1 bukanlah obat kutu. Tapi betul-betul obat serak, pilek, ngorok.

Bukan sifat saya ditanya malah slenco.
Saya baru membuktikan pada kenari, karena ditempat saya cuma kenari yang lebih rentan terserang penyakit pernafasan dibanding burung lain.
Dan bagian tengkuk kenari yang telah ditetesi obat tersebut kulitnya mulus, tidak berkeriput.

3. Saya ingin meluruskan aja, kalo kutu bukanlah penyebab sakit pernafasan, tapi kutu bisa berperan sebagai perantara.

Mohon koreksi kesalahan saya.

Andy_ajbf
3 April 2010, 10:28 AM
sante-sante..pada intinya udah nyambung tentang penyebab dan sebab kenari ngorok, cuman kalo lewat tulisan agak susah penyampainya dibanding kalo kopdar mungkin langsung nyambung. hehe..

kriwil
3 April 2010, 12:14 PM
sante-sante..pada intinya udah nyambung tentang penyebab dan sebab kenari ngorok, cuman kalo lewat tulisan agak susah penyampainya dibanding kalo kopdar mungkin langsung nyambung. hehe..


hehehe....
Cuma serius aja koq boz, gak ada maksud lain.

Soalnya aku dulu butuh waktu lama untuk cari obat ngorok, pilek, buat nyembuhin kenari kesayangan istriku (anakan dari holand impor x lokal) tapi gak ada yang tokcer. Kalo dikalkulasi utk beli obatnya dah bisa untuk beli yang lebih bagus.
Tapi gak papa lah, yang penting sekarang gak pernah pilek n ngorok lagi.

Okey... Lanjut....

n454h
3 April 2010, 02:48 PM
Namanya apa bos obatnya ...? B*g*n* ya...? Tp harus yg asli, soalnya banyak yg palsu, bener gitu ya om...., pernah denger sih...., ditetesin di tengkuknya n besoknya ga perlu dijemur n ga perlu dikasih obat2an lain..., 2-3 hari beres...., mohon info lbh lanjut...., trims
maklum masih newbie dalam kenari....

nubie
3 April 2010, 03:15 PM
Namanya apa bos obatnya ...? B*g*n* ya...? Tp harus yg asli, soalnya banyak yg palsu, bener gitu ya om...., pernah denger sih...., ditetesin di tengkuknya n besoknya ga perlu dijemur n ga perlu dikasih obat2an lain..., 2-3 hari beres...., mohon info lbh lanjut...., trims
maklum masih newbie dalam kenari....

hehehe...om n454h masih nubie KN? gak salah om... :D

achmad depok
11 April 2010, 06:14 PM
ok

H5N1
26 April 2010, 09:23 PM
sedikit share ya om.....

Infeksi Mycoplasma gallisepticum, penyakit pernafasan kronis pada ayam, kalkun, burung permainan, merpati dan burung liar lainnya. Bebek dan angsa dapat terinfeksi ketika diadakan dengan ayam yang terinfeksi. Kondisi ini terjadi di seluruh dunia, meskipun di beberapa negara infeksi ini kini jarang ditemukan pada unggas komersial. Di lain itu sebenarnya meningkat karena burung yang lebih luas dalam sistem produksi yang mengekspos mereka lebih ke burung liar.

Pada burung dewasa, meskipun angka infeksi tinggi, mungkin minimal morbiditas dan mortalitas bervariasi.

Rute infeksi melalui konjungtiva atau saluran pernapasan bagian atas dengan masa inkubasi 6-10 hari. Transmisi dapat transovarian, atau melalui kontak langsung dengan unggas, eksudat, aerosol, debu di udara dan bulu, dan untuk fomites tingkat yang lebih rendah. Spread lambat antara rumah dan pena menunjukkan bahwa aerosol biasanya tidak rute utama penularan. Fomites muncul ke faktor signifikan dalam transmisi antara peternakan. dipulihkan burung yang terinfeksi untuk tetap hidup; stres selanjutnya dapat menyebabkan kekambuhan penyakit.

Agen infeksius hanya bertahan beberapa hari meskipun kelangsungan hidup burung outwith berkepanjangan telah dilaporkan dalam kuning telur dan cairan allantoic, dan materi lyophilised. Survival nampaknya ditingkatkan pada rambut dan bulu. Intercurrent infeksi virus pernapasan (IB, ND, ART), virulen E. coli, Pasteurella spp. Haemophilus, dan kondisi lingkungan yang tidak memadai merupakan faktor predisposisi untuk penyakit klinis.
Tanda

* Batuk.
* Hidung dan debit mata.
* Miskin produktivitas.
* Lambat pertumbuhan.
* Leg masalah.
* Stunting.
* Inappetance.
* Mengurangi daya tetas dan kelangsungan hidup anak ayam.
* Sesekali ensefalopati dan bulu abnormal.

Post-mortem lesi

* Airsacculitis.
* Perikarditis.
* Perihepatitis (terutama dengan infeksi E. coli sekunder).
* Catarrhal radang saluran hidung, sinus, tenggorokan dan saluran pernapasan.
* Kadang-kadang arthritis, tenosynovitis dan salpingitis pada ayam.

Diagnosa

Lesi, serologi, isolasi dan identifikasi organisme, demonstrasi DNA spesifik (PCR kit komersial tersedia). Budaya memerlukan inokulasi dalam embrio Mycoplasma bebas atau lebih umum di Mycoplasma broth diikuti dengan pelapisan keluar pada Mycoplasma Agar. Tersangka koloni dapat diidentifikasi dengan immuno-flourescence.

Serologi: aglutinasi serum adalah standar tes, reaksi tersangka diperiksa lebih lanjut oleh inaktivasi panas dan / atau dilusi. Elisa diterima sebagai tes skrining primer di beberapa negara. HI dapat digunakan, umumnya sebagai tes konfirmasi. Tersangka ternak harus kembali sampel setelah 2-3 minggu. Beberapa vaksin dilemahkan untuk penyakit lain mendorong 'positif palsu' dalam pengujian serologi untuk 3-8 minggu. PCR mungkin jika ini sangat mendesak untuk menentukan status kawanan.

Membedakan dari Infeksi coryza, Aspergillosis, virus penyakit pernafasan, kekurangan vitamin A, Mycoplasma infeksi lain seperti synoviae M. dan meleagridis M. (kalkun).
Pengobatan

Tilmicosin, tylosin, spiramisin, tetrasiklin, fluoroquinolones. Upaya harus dilakukan untuk mengurangi debu dan infeksi sekunder.
Pencegahan

Pemberantasan infeksi ini telah menjadi tujuan utama dari program kesehatan unggas resmi di kebanyakan negara, sehingga Mg status infeksi adalah penting untuk perdagangan burung, hatchingeggs dan anak ayam. Program-program ini didasarkan pada pembelian anak ayam yang tidak terinfeksi, produksi all-in/all-out, biosekuriti, dan pemantauan serologis rutin. Dalam beberapa situasi pengobatan pencegahan dari ternak terinfeksi dikenal mungkin bermanfaat.

http://www.thepoultrysite.com/diseaseinfo/94/mycoplasma-gallisepticum-infection-mg-chronic-respiratory-disease-chickens

Faktor predisposisi atau faktor pendukung
- Kondisi kandang yang lembab
- Kepadatan kandang yang terlalu tinggi
- Litter yang kering
- Kadar amonia yang tinggi.

Cara penularan
Penularan penyakit terjadi baik secara vertikal maupun horizontal. Secara vertikal dapat melalui induk yang menularkan penyakit melalui telur dan horizontal disebarkan dari ayam yang sakit ke ayam yang sehat. Penularan penularan tidak langsung dapat melalui kontak dengan tempat peralatan, tempat pakan, hewan liar maupun petugas kandang.

Gejala klinis
Ngorok basah, adanya leleran hidung lengket dan terdapat eksudat berbuih pada mata dan ayam suka menggeleng-gelengkan kepalanya. Pada kasus kronis mengakibatkan kekurusan dan keluarnya cairan bernanah dari hidung.


Pengobatan
Pengobatan CRD pada ayam yang sakit dapat diberikan baytrit 10% peroral, mycomas dengan dosis 0.5 ml/L air minum, tetraclorin secara oral atau bacytracyn yang diberikan pada air minum.

http://www.ayamlaga.com/seputar-penyakit-ayam-laga/penyakit-ngorok-atau-chronic-respiratory-disease-crd.html

ini ada lagi om....
Penyakit Pernafasan Avian Anatomi dan Fungsi

Sistem pernafasan atas (URS) terdiri dari nares eksternal, operkulum, concha hidung, sinus infraorbital, dan celah choanal. Para nares dipasangkan bukaan simetris dengan operkulum dalam masing-masing. The nares setiap berkomunikasi dengan rongga hidung yang mengandung concha. rongga hidung kanan dan kiri dipisahkan oleh septum. Berkomunikasi dengan rongga hidung kiri dan kanan infraorbital sinus. sinus ini memiliki lima divertikula yang memperpanjang ke dalam tengkorak (cranial, perut, dan medial mata) dan mandibula. Margin lateral adalah kulit dan jaringan subkutan (bukan tulang). Sifat berbelit-belit dari sinus URS membuat sulit untuk mengobati infeksi. sinus kanan dan kiri saling berkomunikasi dan kantung-kantung udara, sehingga URS infeksi menyebar ke saluran udara lebih rendah. Celah choanal membentuk bentuk V di atap mulut. choana ini dikelilingi oleh papila di sebagian besar spesies.

Sistem pernafasan rendah (LRS) terdiri dari gundukan laring, trakea, paru-paru dan kantung udara. trakea ini didukung oleh cincin trakea lengkap. The Syrinx, atau organ vokal burung, terletak di bifurkasi trakea. Trakea membagi menjadi dua saluran pernapasan prmary yang selanjutnya dibagi menjadi empat pasang mesobronchi sekunder. Parabronchi berkomunikasi dengan kapiler udara dimana pertukaran gas berlangsung. Saluran udara paru-paru berkomunikasi dengan airsacs. Paru-paru berhubungan dengan rusuk dada 1-8, non-lobed, dan tidak mengubah volume. Secara umum, kantung-kantung udara memungkinkan aliran udara searah melalui paru-paru, sehingga udara melewati paru-paru pada kedua inspirasi dan kedaluwarsa. Sistem ini membuat gas pertukaran burung 20% lebih efisien daripada sistem mamalia. sistem kantung udara yang terbuat dari kantung-kantung udara serviks singleclavicular dan pasangan, kranial, toraks ekor dan perut. Kantung-kantung udara ini berkomunikasi dengan berbagai pneumatik termasuk tulang humerus, tulang dan tulang paha. Fungsi kantung udara ventilasi, humidifikasi dan termoregulasi. Siklus pernafasan membutuhkan dua inspirasi untuk menyelesaikan. Volume udara inspirasi pertama terbagi antara perut dan kantung udara paru-paru, pada berakhirnya gas airsac perut didorong ke dalam paru-paru dan udara ke paru-paru melewati airsacs kranial. Inspirasi berikutnya dan berakhirnya memungkinkan beberapa dari udara paru-paru dan gas airsac kranial harus dikeluarkan ke dalam trakea, menyelesaikan siklus. Gas kantung udara perut mirip dengan udara lingkungan dan ini sering digunakan untuk menjelaskan kejadian penyakit yang lebih tinggi dalam kantung-kantung udara.

Burung tidak memiliki diafragma. gerakan pernafasan tergantung pada pergerakan rusuk dan tulang dada. Akibatnya, teknik penanganan tidak harus membatasi gerakan sternum.
Pemeriksaan klinis pasien dengan ayat-ayat Pernafasan

Burung itu harus diperiksa dalam kandangnya awalnya dan penilaian terbuat dari tingkat keparahan dari penyakit pernapasan. Ditandai upaya perut, pernapasan mulut terbuka dan tanda-tanda cyanosis terkait dengan peningkatan risiko dengan penanganan dan terapi oksigen dan / atau penempatan suatu tabung airsac mungkin diperlukan untuk menstabilkan pasien sebelum pemeriksaan lebih lanjut. Pasien harus diperiksa dalam ruang remang-remang, dan cepat namun lembut menahan untuk meminimalkan stres. Leher, sayap, dan kaki menahan meninggalkan dada tidak dibatasi. Hal ini dapat dicapai dengan satu tangan di budgies namun burung yang lebih besar memerlukan pendekatan dua tangan dengan menggunakan handuk. Handuk itu digunakan untuk menahan sayap dan pada awalnya ditempatkan di atas hewan sementara seluruh leher terletak dan terkendali. Penggunaan sarung tangan tebal harus dihindari karena mendorong penanganan yang buruk - kepala tidak 'perlu' untuk dikendalikan secara memadai untuk mencegah gigitan tebal dan sarung tangan mencegah apresiasi dari thightness dari pegangan. Auskultasi menggunakan kepala (pediatrik) stetoskop kecil harus digunakan untuk menilai posisi dan tingkat keparahan kondisi. The nares harus diperiksa untuk tanda-tanda erosi atau debit. choana harus bebas dari debit. Menumpulkan atau edema dari papila choanal merupakan indikasi perubahan kronis.
Pendekatan Diagnostik
Membedakan penyakit antara pernafasan primer dan penyakit lainnya seperti;

* Malnutrisi, obesitas
* Gondok
* Perut fluida; ascites (hati atau penyakit ginjal, neoplasia), darah (trauma)
* Neoplasia
* Virus penyakit sistemik (herpesviruses, paramyxovirus)
* Penyakit jantung (jarang)

Membedakan antara URS dan penyakit LRS ...

* URS Signs
o rhinorrhoea
o periocular bengkak
o batuk, bersin, perubahan voive, dispnea
* LRS Tanda
o ekor terapung-apung
o batuk, bernapas tanpa suara terbuka
o mudah menekankan tapi lesu
o tertekan

Diagnostik hasil pemeriksaan
Dalam semua kasus untuk memasukkan CBC dan biokimia (Chlamydia tes), seluruh tubuh readiography dan pemeriksaan tinja.

* Sistem Pernafasan Atas
o pemeriksaan, palpasi, transillumination dari URS
budaya choanal o (flora normal adalah Gram positif)
o sinus flush dan budaya
* Sistem Pernafasan Bawah
o auscultaion paru-paru dan daerah kantung udara
o endoskopi, budaya dan biopsi
o trakea / paru-paru untuk mencuci budaya dan sitologi

Diferensial Diagnosis

* Saluran Pernapasan Atas
o rhinitis
o sinusitis
o kekurangan vitamin A
o parasit
o asing tubuh
o (juga reovirus, cacar burung, alergi)
* Saluran Pernapasan Bawah
o udara sacculitis
o pneumonia
o pernafasan abses, granuloma
o parasit, benda asing, alergi

Teknik Diagnostik
Sampling Darah

Dari urat nadi, vena tarsal, atau ulna kutaneus / vena brakialis. Membuat hapusan darah segar dan heparinise sisanya.
PENAFSIRAN ATAS HAEMOGRAM FLU BURUNG
MENEMUKAN NORMAL

Diagnosis
Regeneratif (kehilangan darah) anemia trauma, parasit, koagulopati, organik penyakit
Anemia hemolitik parasit sel darah merah, septicaemia bakteri, keracunan, kekebalan dimediasi
Non-penyakit regeneratif anemia kronis, hipotiroidisme, keracunan, kekurangan gizi, leukemia
Leukositosis infeksi, trauma, keracunan, perdarahan, tumor, leukemia
Heterophilia inflamasi, stres respon
Leukositosis dan chlamydiosis heterophilia, TB burung, aspergillosis
Heterophils belum menghasilkan respon peradangan parah
Toxic Heterophils septicaemia, toxaemia
Leukopaenia dan heteropaenia virus penyakit, penyakit bakteri yang luar biasa
Lymphocytosis infeksi
Monocytosis chlamydiosis, Granuloma (bakteri, jamur), nekrosis jaringan besar
septicaemias Thrombocytopaenia parah, pulih dari kehilangan darah
Radiografi

Ventro-punggung: menahan burung di posisi salib menggunakan pita micropore
Lateral: sikap berbaring lateral, menahan kaki, paralel burung untuk film
Menilai kepadatan rangka, luka (patah tulang misalnya), jantung biasanya terletak di kedua rusuk ke tulang rusuk kelima. Margin lateral jantung normal dan hati pada unggas psittacine menciptakan bentuk jam pasir (mungkin ada kekakuan antara dua macaw). Pada tampilan VD, jantung meliputi banyak bidang paru-paru, kantung-kantung udara perut garis hati. Heart ukuran di pangkalan harus sama sekitar 50% dari lebar rongga selom pada tingkat vertebra toraks kelima. Cardiomegaly adalah langka dan terkait dengan; endokarditis (sering sekunder untuk pododermatitis), anemia kronis yang paling sering. efusi perikardial ditampilkan sebagai jantung bulat besar disebabkan oleh; chamydiosis, virus polyoma, TB dan neoplasia. Microcardia menunjukkan hipovolemia dan darurat. Pada radiograf berkualitas baik, yang parabronchi dapat dilihat sebagai pola sarang lebah ke paru-paru. pneumonic perubahan yang terbaik dihargai di tepi ekor paru-paru pada tampilan VD. dinding kantung udara itu tidak mudah terlihat kecuali mereka meradang ketika garis-garis halus dapat dilihat pada tampilan lateral.
Radiografi PERUBAHAN DENGAN PENYAKIT ASOSIASI
Radiografi PERUBAHAN

Diagnosis
bernoda kotor parabronchial pola infiltrat paru
Parabronchi tidak jelas eksudat, perdarahan, edema
Paru pola abnormal / granuloma jamur tidak teratur, abses, tumor
Air sacculitis bakteri, jamur, hypovitaminosis A
jamur paru massa granuloma, abses
emfisema bawah kulit trauma tulang pneumatik, infeksi sinus infraorbital
barel-berbentuk tengkorak coelom di udara inspirasi penyakit kantung penuh
Nebulisation

01:10 Solusi dari Tylan dalam sprayer tanaman dapat digunakan dalam pengobatan penyakit konjungtivitis atau URS. Penyemprot tanaman umumnya tidak menghasilkan partikel cukup baik untuk mengakses Namun kantung-kantung udara lebih rendah. Sebuah nebuliser eksklusif dapat digunakan dan burung ditempatkan dalam kandang nebuliser tujuan-dibangun, tangki gelas atau kantong plastik dengan lubang di ditempatkan di atas sangkar kecil.
Sinus Flush

Pasien harus dikendalikan tegas atau dibius. Sebuah jarum suntik dari garam hangat (1-2ml per 100g berat badan) ditekan untuk membentuk agaisnt segel nares dan volume perlahan infus. Fluida akan mengalir bebas dari choana dan keluar dari mulut. Apakah gaya nt cairan masuk Flush kedua belah pihak secara bergantian.
Sinus Aspirasi

Mulut adalah menahan dibuka. jarum melewati kulit di commisure dari mulut menuju titik tengah antara nares dan mata. Jarum harus dijaga sejajar dengan kepala dan diarahkan di bawah lengkung zygomatic. Hindari menusuk dunia. Teknik ini Forst harus dilakukan pada mayat.
Trakea / paru-paru Lavage

Sebuah kateter steril dimasukkan melalui celah suara ke dalam trakea ke titik hanya kranial ke Syrinx tersebut. Salin steril diperkenalkan (0,5 - 1.0ml per kg berat badan) dan segera disedot. Sitologi dan kultur (bakteri / jamur) dapat dilakukan pada sampel. The sitologi dari lavage trakea atau airsac normal memiliki konten seluler rendah dengan beberapa paru makrofag atau sel inflamasi. The aspirasi abnormal dapat berisi sejumlah besar heterophils, makrofag paru, sel-sel inflamasi, bakteri, ragi, dll
Endoskopi

membran kantung udara dapat diperiksa untuk vascularity, opasitas, eksudat, bakteri / plak jamur kapas dll untuk budaya mikrobiologis dapat diambil dari ostium, kantung-kantung udara dan jaringan paru-paru. Biopsi paru-paru dan kantung udara dapat bermanfaat.
(Juga lihat catatan Brian Coles 'pada laparoskopi).
Air Sac Cannulation

dispnea akut parah disebabkan oleh penyumbatan trakea adalah darurat unggas. Sebuah burung sangat dyspnoeic juga mungkin distabilkan sebelum perlakuan dengan pengenalan suatu kanul kantung udara jika dispnea disebabkan oleh masalah URS. Burung itu adalah dibius dan ditempatkan dalam sikap berbaring lateral. Daerah ekor ke kosta terakhir adalah pembedahan disiapkan. Sebuah sayatan kulit kecil dibuat hanya ekor ke kosta terakhir dan otot-otot perut dibedah. Sebuah tabung endotrakeal steril atau tubing dengan ukuran yang sesuai dimasukkan ke dalam kantung udara. Jika dibius menggunakan gas anestesi, burung itu bisa meringankan seperti yang bernafas udara ruangan melalui tabung kantung udara. Rangkaian bius sekarang dapat dihubungkan ke tabung ini untuk mempertahankan anestesi. tabung ini tetap di tempat dengan menggunakan jahitan atau lem. Sebuah tabung aseptik mungkin ditempatkan tetap paten selama 10 hari. Pipa tersebut harus sering diperiksa untuk menilai patensi sementara pasien bergantung pada metode ventilasi.
Penyakit Saluran Pernapasan Atas

etiologi umum dan pengobatan (s):

1. asing tubuh dalam lubang hidung
Dx: nasal discharge sepihak, radiografi, transillumination paruh / sinus hidung
Tx: budaya dan pengujian sensitivitas debit dan tepat antibiotik, sinus flush infraorbital
2. rhinitis
Bakteri (Gram negatif, klamidia, mycoplasmas), jamur (aspergillus). antibiotik parenteral berdasarkan kultur dan sensitivitas, flushes hidung dan antibiotik intranasal (menggunakan solusi oftalmik), nebulisation.
3. radang dlm selaput lendir
Karena bakteri atau mycoplasmas (diferensial; klamidia, aspergillosis, kandidiasis). Pengobatan berdasarkan sensitivitas, flush out sinus, infus antibiotik. Terapi vitamin A. Meningkatkan ventilasi dan suhu yang benar / kelembaban lingkungan. Doxycycline, enrofloksasin, tylosin adalah pilihan yang baik baris pertama. Atau oxytetracycline 25mg + 25mg tylosin per kg im BID atau Tylan 50 diencerkan 1:10 dalam garam dan disuntikkan ke dalam sinus yang terinfeksi.
4. rhinoliths
Concretions debu, kotoran, dan lendir hidung memblokir nares eksternal, sekuel dari sinusitis kronis / hypovitaminosis A. Hapus dengan titik jarum, dan mengobati penyebab yang mendasari.
5. abses
bahasa, tulang langit-langit, periocular, submandibular situs. Abses kelenjar ludah submandibular umum pada unggas hanya diberi makan biji, karena mengalami squamous metaplasia terkait dengan penghapusan hypovitaminosis Bedah A. abses encapsulated. Mengobati penyebab yang mendasari (infeksi bakteri, hypovitaminosis A).
6. tracheitis
Jamur, bakteri, parasit, virus (Amazon Tracheitis virus herpes). trakea mencuci dan endoskopi trakea paling berguna. Jika dispnea akut, cannulate kantung udara. menghilangkan obstruksi oleh trachoscopy. Tepat pengobatan, perawatan suportif.
7. parasit
Trakea; Syngamus trakea. Kantung udara; Sternostoma tracheacolum. Ivermectin pengobatan.

Penyakit Saluran Pernapasan Bawah

1. Air Sacculitis
Etiologi bakteri atau klamidia yang paling umum. Juga aspergillosis, mycoplasmas, canarypox, paramyxoviruses 1 dan 5. Dapat asimtomatik. Radiografi dan endoskopi untuk diagnosis. Mencuci kantung udara / biopsi paling berguna untuk hasil budaya akurat. antibiotik parenteral, nebulisation, operasi untuk abses, granuloma penghapusan.
Diagnosis: Radiografi, budaya, serologi, tes feses untuk membedakan penyebab. pemeriksaan Laparoskopi kantung udara berikut lokalisasi radiografi memungkinkan visualisasi lesi ditambah budidaya langsung.
2. Pneumonia
Aspirasi pnemonia pada burung tangan-makan. radang paru-paru granulomatosa yang disebabkan oleh mycoplasmas, jamur, bakteri (Pasteurella). Parenteral dan terapi nebulisation diperlukan.
3. Asma / Alergi
Bersin, mengi, eosinofilia dalam mencuci trakea. Tidak ada diagnosis lain! Jarang dilaporkan. Hindari penyebab alergi, antihistamin digunakan, bronkodilator.

Penyakit Umum

* Hypovitaminosis A
Biasanya sebagai hasil dari benih-diet saja. Afrika sering hadir dengan tanda klinis di 3-5 tahun usia Grey. Bisa berakibat fatal. metaplasia skuamosa dengan peningkatan keratinisation epitel dari saluran pernafasan, git, tubulus ginjal, dll tanda-tanda awal meliputi pembengkakan dan depigmentation dari papilla choanal maju untuk degenerasi dan abscessation dari kelenjar mukosa. Berkompromi saluran pernafasan. diet yang benar, tambahkan suplemen burung (kekurangan beberapa mungkin anyway). Parenteral vitamin A.

* Psittacosis
Infeksi Chlamydia psittaci; menginfeksi burung, kucing, ******, domba. Sulit untuk mendiagnosis - unggas yang terkena mungkin telah ditandai penyakit, ketimpangan hanya atau muncul secara klinis baik. Infeksi laten mungkin - penyakit muncul saat stres. Tanda-tanda meliputi; tanda-tanda lesu, membosankan, pernafasan (gangguan pernapasan, klik pernapasan, auskultasi, infeksi kantung udara), hati dan limpa membesar pada radiografi, jumlah sel darah tinggi putih (di atas 25 x109 per liter), terutama jika konkuren heterophilic shift kiri , konjungtivitis (itik); kalkun dan cockatiels - sinusitis.

Bantuan untuk Diagnosis
Cloacal mengepel, ELISA, PCR, serologi.
Post-mortem temuan pada burung di-hubungi - membran serosa menebal (udara sacculitis, perikarditis), tanda-tanda scepticaemia dalam karkas, limpa membesar, hati (radiografi, endoskopi, post-mortem), tes Pap kesan parenkim (hati, limpa, paru-paru, ginjal), dan serosal (hati dan limpa) permukaan dengan diubah pewarnaan Ziehl-Nielson untuk tubuh elemantary.

Implikasi zoonosis Psittacosis
Peringatkan pemilik risiko zoonosis, dan membuat informasi keputusan tentang perawatan atau eutanasia. Gejala-gejala pada manusia adalah sakit kepala, demam, kebingungan, mialgia, batuk non-produktif, limfadenopati. Status kesehatan pemilik harus diperhitungkan (HIV misalnya, terapi obat imunosupresif). Mengadopsi standar higienis yang ketat (mencuci tangan dengan antiseptik setelah kontak dengan birdd, mengenakan topeng).

Pengobatan
Dianjurkan untuk mencakup pengobatan Psittacosis jika penyakit ini dicurigai, bahkan jika tidak diagnosa; memperlakukan dalam kondisi karantina, dengan celemek plastik, topi, masker, dan sarung tangan untuk staf.
Parenteral: doxycycline 2% (Vibravenos Steraject, Pfizer), 100mg/kg im (Setengah dosis kedua sisi lunas) dan vitamin A suntikan. Perlakukan dengan program 45day dengan suntikan pada hari 1,8,15,22,28,34,40,45. Ulangi ELISA / tes PCR (berikut stress / prednisolone) beberapa minggu setelah perawatan.
Dosis Oral: Crush doxycycline (Ronaxan; RMB) tablet atau siprofloksasin (Ciproxin; Bayer) di laktulosa.

* Aspergillosis
Aspergillus fumigatus adalah spesies yang paling umum. A. flavus dan A. kurang umum. Infeksi pernafasan kronis atau kematian peracute. African Grey parrots, Blue-fornted Amazon burung Beo, dan burung mynah merupakan spesies hewan peliharaan rentan. Goshawks, elang Gyr dan penguin juga rentan. Sebagai organisme ini dimana-mana di lingkungan, burung umumnya menyerah terhadap infeksi hanya bila dikompromikan oleh faktor-faktor tertentu. Ini termasuk stres, kekurangan gizi, usia, terapi antibiotik, iritasi pernafasan, atau penyakit bersamaan. Baik bentuk-bentuk lokal dan sistemik, akut dan kronis terjadi. temuan klinis pada burung yang terkena dampak meliputi; kekurusan, marabahaya repiratory, penyakit neuromuskuler, kotorannya normal, perubahan Fokalisasi. Bentuk akut yang umum pada unggas muda atau diimpor, dispnea berat, anoreksia, dan cyanosis (kematian). Bentuk kronis comon lebih di penangkaran burung yang lebih tua, ditandai dengan hilangnya bobot, dispnea intermiten (SSP ayat-ayat).
bentuk setempat antara lain;
Hidung aspergillosis - granuloma kering dalam satu atau kedua lubang hidung yang menyebabkan erosi. Burung dapat hadir dengan satu nares sangat besar.
Trakea atau syringeal - dispnea parah, bersiul suara sebagai napas
Bentuk kantung udara - diagnosis didasarkan pada endoskopi, radiografi - Granuloma fokal atau jamur menyebar dilihat
Bentuk paru-paru - granulomatosa pneumonia
Sistemik - thromcosis dan infark

Diagnosa
Hematologi (lihat tabel), serologi, radiografi, endoskopi (trakea dan kantung-kantung udara) operasi, eksplorasi. Jamur budaya dan sitologi dari sinus flush, paru-paru itu, kantung udara siram, kantung udara dan biopsi paru-paru. (Hematologi perubahan = leukositosis, heterophilia, monocytosis, lymphopaenia, anemia non-regeneratif, hyperproteinaemia, hypergammaglobulinaemia).

Pengobatan
Bedah debridemen dan penghapusan plak atau Granuloma jika memungkinkan. Pengobatan dengan antijamur topikal, nebulisation, terapi oral. Amphoteracin B dapat diberikan intratracheally. Itrakonazol adalah pilihan terapi oral karena toksisitas rendah dan kemanjuran tinggi (10 mg / kg). Nebulisation dengan clotrimazole ('Canesten' dalam propilen glikol) untuk 15minutes sehari-hari dalam hubungannya dengan itrakonazol oral telah digunakan dengan sukses dalam jumlah beo oleh penulis.

:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-

http://www.redrobe.com/sharon/avian-respiratory-diseases.html

kenari_dewa
14 May 2010, 11:01 AM
sangat2 berguna nihhh.... suwun mas

chenz
15 May 2010, 08:16 AM
Om... Kalau penyakit kenari yg kaki nya sering di angkat2,mcm mrasa kesakitan kalau di buat bertengger apa y om?
Dan gmana cara mengatasi nya y om...
Mohon bantuan nya y om... Msh newbi nich.hehe... Makasi om..

kriwil
27 May 2010, 03:13 PM
Om... Kalau penyakit kenari yg kaki nya sering di angkat2,mcm mrasa kesakitan kalau di buat bertengger apa y om?
Dan gmana cara mengatasi nya y om...
Mohon bantuan nya y om... Msh newbi nich.hehe... Makasi om..

menurutku tergantung kondisinya om.
Kalo kondisinya karena ada luka baru n mengeluarkan darah misal karena kuku terjepit sangkar biasanya dikasih obat merah bs sembuh.

Tapi kalo karena bubulan biasanya dikasih salep 88 (ubat sakit kulit untuk orang) bisa sembuh.

andi74
27 May 2010, 04:18 PM
Tapi kalo karena bubulan biasanya dikasih salep 88 (ubat sakit kulit untuk orang) bisa sembuh.[/QUOTE]

Itu diolesi tiap hari ya om??
Saya baca di ulasan awal bahwa penyebab bubulan adalah masalah kebersihan kandang dan tangkringan...tapi kenapa ya kenari saya tetap aja kena bubulan padahal kondisi sangkar selalu bersih??
Apa faktor makanan juga bisa om?? ... terus terang utk EF sayuran dan buah nggak rutin...malah kalo pas sibuk 1 minggu no EF sama sekali...mandi jadi 2 hari sekali... ^:)^

Mohon pencerahannya om.....dan makasih sebelumnya...

AnAn_SoLo
27 May 2010, 09:28 PM
Itu diolesi tiap hari ya om??
Saya baca di ulasan awal bahwa penyebab bubulan adalah masalah kebersihan kandang dan tangkringan...tapi kenapa ya kenari saya tetap aja kena bubulan padahal kondisi sangkar selalu bersih??
Apa faktor makanan juga bisa om?? ... terus terang utk EF sayuran dan buah nggak rutin...malah kalo pas sibuk 1 minggu no EF sama sekali...mandi jadi 2 hari sekali... ^:)^

Mohon pencerahannya om.....dan makasih sebelumnya...

Obatnya dah bener, pake salep 88. Caranya dioleskan merata dikaki tapi tipis saja. Waktunya kalo bisa sore hari menjelang malam. Setelah diolesi langsung dikrodong biar burung langsung tidur dan gak gigit2 kaki. Biar cepet tidur kasih ditempat gelap kalo bisa. Dilakukan tiap sore hari, dalam 3 hari biasanya dah mulai hilang. Setelah kaki dah normal, usahakan burung kalo dijemur bisa mandi sendiri, kasih tempat agak besar biar semua badannya bisa masuk. Penyebabnya memang karena kurangnya kebersihan kandang & biasanya burung yang susah/jarang mandi atau bila mandi cuma masukin kepalanya aja jadi kaki jarang kena air. Gak ada kaitannya dengan EF

andi74
31 May 2010, 08:20 PM
Obatnya dah bener, pake salep 88. Caranya dioleskan merata dikaki tapi tipis saja. Waktunya kalo bisa sore hari menjelang malam. Setelah diolesi langsung dikrodong biar burung langsung tidur dan gak gigit2 kaki. Biar cepet tidur kasih ditempat gelap kalo bisa. Dilakukan tiap sore hari, dalam 3 hari biasanya dah mulai hilang. Setelah kaki dah normal, usahakan burung kalo dijemur bisa mandi sendiri, kasih tempat agak besar biar semua badannya bisa masuk. Penyebabnya memang karena kurangnya kebersihan kandang & biasanya burung yang susah/jarang mandi atau bila mandi cuma masukin kepalanya aja jadi kaki jarang kena air. Gak ada kaitannya dengan EF

makasih nih om atas sarannya... :)>-

kriwil
2 June 2010, 01:18 PM
makasih nih om atas sarannya... :)>-

Nb alias nambah
sekedar mengingatkan, kebersihan kandang tidak hanya alas kandangnya aja (wadah kotoran) tapi juga tangkringannya.
Usahakan tangkringan selalu bersih dan kering. Karena sebagian besar waktu yang digunakan burung setiap harinya berada pada tangkringan, kecuali burung sakit atau masih kecil.

n454h
5 June 2010, 11:47 AM
Pengalaman saya nih..., klo kasih salep 88 (panas n agak lama bubulnya ilang jd harus telaten), ada yg lebih cepet ambrol pake minyak tanah di rendam ato dioleskan ke kaki yg ada bubulnya, cuman mau tanya buat suhu2 kenari ada efek sampingnya engga? Jangka panjang maksutnya, sebab klo jangka pendek sampe max. 1 tahun kenari saya ok2, aja tuh
trims n mohon info dr senior n suhu2 kenari lainnya, maklum masih newbie....
salam

aripin
5 June 2010, 12:46 PM
Pengalaman saya nih..., klo kasih salep 88 (panas n agak lama bubulnya ilang jd harus telaten), ada yg lebih cepet ambrol pake minyak tanah di rendam ato dioleskan ke kaki yg ada bubulnya, cuman mau tanya buat suhu2 kenari ada efek sampingnya engga? Jangka panjang maksutnya, sebab klo jangka pendek sampe max. 1 tahun kenari saya ok2, aja tuh
trims n mohon info dr senior n suhu2 kenari lainnya, maklum masih newbie....
salam

wah kalau pake minyak tanah terlalu riskan om, bisa mabok tuh burung =))
lebih panas memakai minyak tanah menurut saya. belum lagi baunya yang bisa bikin mabok burung.
bisa-bisa malah rugi gara-gara pengen cepet sembuh.

AnAn_SoLo
6 June 2010, 07:44 PM
Pengalaman saya nih..., klo kasih salep 88 (panas n agak lama bubulnya ilang jd harus telaten), ada yg lebih cepet ambrol pake minyak tanah di rendam ato dioleskan ke kaki yg ada bubulnya, cuman mau tanya buat suhu2 kenari ada efek sampingnya engga? Jangka panjang maksutnya, sebab klo jangka pendek sampe max. 1 tahun kenari saya ok2, aja tuh
trims n mohon info dr senior n suhu2 kenari lainnya, maklum masih newbie....
salam

Salep 88 emang panas, jadi mengoleskannya tipis aja. Asalkan rutin 3-4 hari pasti berkurang banyak, apa waktu tersebut tergolong lama? Kalo minyak tanah saya kira lebih berbahaya dan fungsi sebenarnya kan bukan untuk obat.

hilariusari_DA
7 June 2010, 02:07 AM
Salep 88 emang panas, jadi mengoleskannya tipis aja. Asalkan rutin 3-4 hari pasti berkurang banyak, apa waktu tersebut tergolong lama? Kalo minyak tanah saya kira lebih berbahaya dan fungsi sebenarnya kan bukan untuk obat.

kl salep 88 ga ada efek sampingnya ya om??
takutnya pas dikasih salep, kenarinya gigit2 kakinya gitu..

agus12n6
28 June 2010, 11:18 AM
Tob ilmunya
Ane mo nanya nih
Kalo kenari badannya jadi menggelembung dan bawaannya mau tidur terus itu kenapa ya?
Biasanya ga lama trus mati
Ada pencegahan ato obat khusus?

AnAn_SoLo
1 July 2010, 03:21 AM
kl salep 88 ga ada efek sampingnya ya om??
takutnya pas dikasih salep, kenarinya gigit2 kakinya gitu..

Dikasihnya tipis aja secara merata pada waktu jelang malam, dan setelah dioles langsung dikrodong dan diletakkan ditempat yang gelap biar burung langsung tidur tanpa gigit2 kaki.


Kalo kenari badannya jadi menggelembung dan bawaannya mau tidur terus itu kenapa ya?
Biasanya ga lama trus mati
Ada pencegahan ato obat khusus?

Untuk yang ini saya kurang tau pasti dan biasanya untuk penyakit yang belum jelas jenisnya saya hanya pake antibiotik khusus burung aja yang banyak dijual di pasar burung.

kriwil
2 July 2010, 02:00 PM
Tob ilmunya
Ane mo nanya nih
Kalo kenari badannya jadi menggelembung dan bawaannya mau tidur terus itu kenapa ya?
Biasanya ga lama trus mati
Ada pencegahan ato obat khusus?

sekedar share aja.
Untuk kenari yang kurang sehat, biasanya cuma ku kasih antibiotik, pindahkan ke sangkar bersih, kerodong n diberi lampu bolam 5watt.
Biar gak kepanasan, pake sangkar yang agak besar, n kasih makan telur puyuh.
Setelah burung keliatan sehat dg ditandai lincah n nafsu makan tinggi, baru jemur, n malamnya selama beberapa hari tetap di kasih lampu.
Alhamdulillah selama ini kenari2ku belum pernah mati karena penyakit.

cece
9 July 2010, 04:06 PM
Dikasihnya tipis aja secara merata pada waktu jelang malam, dan setelah dioles langsung dikrodong dan diletakkan ditempat yang gelap biar burung langsung tidur tanpa gigit2 kaki.



nah kalo si burung tetep gigit jarinya apa ga bakalan bahaya yah om..?
soalnya kan blom tentu si burung langsung tidur..

AnAn_SoLo
9 July 2010, 07:38 PM
nah kalo si burung tetep gigit jarinya apa ga bakalan bahaya yah om..?
soalnya kan blom tentu si burung langsung tidur..

Belom dicoba kan?????????? Makanya Dicoba dulu Om.

Dari suatu teori atau saran jangan cuma ditelan mentah, melainkan kita sendiri yang mengembangkan dan harus kreatif.

cece
12 July 2010, 10:50 AM
Belom dicoba kan?????????? Makanya Dicoba dulu Om.

Dari suatu teori atau saran jangan cuma ditelan mentah, melainkan kita sendiri yang mengembangkan dan harus kreatif.

iya.. saya baru beli salepnya om..
tar mau saya cobain kebtulan ada burung yang lagi angkat-angkat kaki..

biasanya saya kasih minyak tawon.. terus di korek-korek.. kadang suka berdarah juga sih .. hehe. .

DEN_OK
21 July 2010, 11:36 PM
waah...ada yg share macam2 trick untuk segala penyakit kenari nih....:-B
kesempatan mau naya2 nih....^^
saya barusan dikasih kakak burung kenarinya yg terlihat kurang sehat (suka gigit2 sayap) sampai berdarah,setelah aku teliti ternyata banyak kutu di seluruh tubuh dan sayapnya.(kandang mang kurang bersih).
setelah itu aku coba mandi keramas tuh burung dengan daun Sirih yg sudah aku blender terlebih dahulu dicampur air.
selang 3 hari burung sudah terlihat sehat. Cuman yg masih menjadi ganjalan hati adalah....kenapa udah 2 minggu ini,itu burung kok nafsu makannya kurang ya.......adakah para suhu sekalian yg mau kasih tau apa yg mesti aku lakukan..?????
catatan: kalau aku kasih kroto dia lumayan doyan. Buah pir lumayan doyan.
tapi biji2an (milet) kok gak doyan ya...???#-o

andi74
22 July 2010, 12:39 AM
Kalo kaki kena gigitan nyamuk, baiknya dikasi salep 88 atau minyak tawon om??
kira2 3 hari yg lalu KN saya digigit nyamuk...terus saya oles pake minyak tawon, tapi kok kayaknya bengkaknya tambah gede ya om ?? mungkin gatal ya...terus digigiti jadi kayak berdarah tapi udah kering.

AnAn_SoLo
22 July 2010, 12:47 AM
waah...ada yg share macam2 trick untuk segala penyakit kenari nih....:-B
kesempatan mau naya2 nih....^^
saya barusan dikasih kakak burung kenarinya yg terlihat kurang sehat (suka gigit2 sayap) sampai berdarah,setelah aku teliti ternyata banyak kutu di seluruh tubuh dan sayapnya.(kandang mang kurang bersih).
setelah itu aku coba mandi keramas tuh burung dengan daun Sirih yg sudah aku blender terlebih dahulu dicampur air.
selang 3 hari burung sudah terlihat sehat. Cuman yg masih menjadi ganjalan hati adalah....kenapa udah 2 minggu ini,itu burung kok nafsu makannya kurang ya.......adakah para suhu sekalian yg mau kasih tau apa yg mesti aku lakukan..?????
catatan: kalau aku kasih kroto dia lumayan doyan. Buah pir lumayan doyan.
tapi biji2an (milet) kok gak doyan ya...???#-o

Coba dikasih vitamin Om yang banyak dijual dipasar mungkin bisa membantu menambah nafsu makan. Krotonya tetep dikasih cuma jangan kebanyakan, selain itu yang disukai diberikan dulu terus.


Kalo kaki kena gigitan nyamuk, baiknya dikasi salep 88 atau minyak tawon om??
kira2 3 hari yg lalu KN saya digigit nyamuk...terus saya oles pake minyak tawon, tapi kok kayaknya bengkaknya tambah gede ya om ?? mungkin gatal ya...terus digigiti jadi kayak berdarah tapi udah kering.

Salep 88 itu untuk jamur Om, lebih baik minyak tawon saja. Coba Om Pake salep Chloramfecort-h Cream yang dijual di Apotik, lumayan manjur harganya pun juga murah.
Mengoleskannya tipis secara merata disaat malam saja.

KR1
22 July 2010, 01:26 AM
mantap ommm...ikut nanya ya ...:D

Saya ada KN f1 bulu tebal. Udah 2 bulan ini mabung gak kelar2. (baru dorong ekor, eh bulu kecil jatuh lg nyulam..) Skrg ini tu KN suka gigit-gigit jeruji sangkar kenapa ya?. seperti ngasah paruhnya gitu.. mohon pencerahan om Anan..

suwun

andi74
22 July 2010, 07:51 AM
Coba dikasih vitamin Om yang banyak dijual dipasar mungkin bisa membantu menambah nafsu makan. Krotonya tetep dikasih cuma jangan kebanyakan, selain itu yang disukai diberikan dulu terus.



Salep 88 itu untuk jamur Om, lebih baik minyak tawon saja. Coba Om Pake salep Chloramfecort-h Cream yang dijual di Apotik, lumayan manjur harganya pun juga murah.
Mengoleskannya tipis secara merata disaat malam saja.

ok, makasih sarannya om AnAn... :)>-

DEN_OK
22 July 2010, 09:41 AM
Coba dikasih vitamin Om yang banyak dijual dipasar mungkin bisa membantu menambah nafsu makan. Krotonya tetep dikasih cuma jangan kebanyakan, selain itu yang disukai diberikan dulu terus.


Matur suwun Om AnAn...*-:)*-:)*-:)

butz
22 July 2010, 10:02 AM
[QUOTE=AnAn_SoLo;622063]Coba dikasih vitamin Om yang banyak dijual dipasar mungkin bisa membantu menambah nafsu makan. Krotonya tetep dikasih cuma jangan kebanyakan, selain itu yang disukai diberikan dulu terus.



om share merk vit untuk kenarinya dong.....kalo di pasaran kan banyak merk n harga.....kalo om aan pake vit apa untuk kenari mabung......paskah mabung....dan vitamin hariaan? atau ada asupan obat2 yang lain untuk perawatan kenari......hnx

DEN_OK
26 July 2010, 04:08 PM
om share merk vit untuk kenarinya dong.....kalo di pasaran kan banyak merk n harga.....kalo om aan pake vit apa untuk kenari mabung......paskah mabung....dan vitamin hariaan? atau ada asupan obat2 yang lain untuk perawatan kenari......hnx

Sekedar berbagi ya om.....
untuk kenari saya yg sakit dikarenakan Sehabis kutuan terus gk doyan makan...
saya kasih Vitamin yg komposisinya "Anti Biotik".
Selang 2 hari kemudian sudah mulai ada perubahan nafsu maknnya.

cece
3 August 2010, 12:37 PM
mantep artikelnya om AnAn..

sekalian mau tanya.. kalo kutu gara-gara anak burung yg netes harus digimanain yah om..? soalnya sempet sampe anakannya mati karena kutunnya banyak sekali..

kalo yg laen ada masukan cerita juga yah..

najiv22
23 August 2010, 03:31 AM
mantap ommm...ikut nanya ya ...:D

Saya ada KN f1 bulu tebal. Udah 2 bulan ini mabung gak kelar2. (baru dorong ekor, eh bulu kecil jatuh lg nyulam..) Skrg ini tu KN suka gigit-gigit jeruji sangkar kenapa ya?. seperti ngasah paruhnya gitu.. mohon pencerahan om Anan..

suwun

kok kasusnya sama persis dengan KN'ku... tolong kami para master semua....

curit
1 September 2010, 12:22 PM
numpang tanya pakar di sini ..
kalo punya saya sakitnya di bagian muka ada benjolan merah besar.. Klo disini mirip sama gejala SNOT atau Coryza, cara perawatannya bagaimana gan?

AnAn_SoLo
1 September 2010, 03:42 PM
sekalian mau tanya.. kalo kutu gara-gara anak burung yg netes harus digimanain yah om..? soalnya sempet sampe anakannya mati karena kutunnya banyak sekali..

kalo yg laen ada masukan cerita juga yah..

Kutu pada anak burung yang baru netas disebabkan karena kutu berasal dari kandang, sarang dan induknya sendiri. Alangkah baiknya jika tiap kali setelah selesai proses meloloh, sarang burung diganti baru, tempatnya dicuci bersih. Kandang & indukan disemprot pake obat kutu.


numpang tanya pakar di sini ..
kalo punya saya sakitnya di bagian muka ada benjolan merah besar.. Klo disini mirip sama gejala SNOT atau Coryza, cara perawatannya bagaimana gan?

Masuk forum perkenalan dulu ya Om.

curit
1 September 2010, 06:03 PM
Masuk forum perkenalan dulu ya Om.

sudah barusan Om, tapi seingat saya dulu sudah pernah posting posting tapi tahun lalu Om :D

gopinda
4 October 2010, 10:44 AM
share yang top markotop om...setelah baca thread ini mengenai pilek, batuk dan ngorok.....tadi pagi kok sepertinya KN-ku kadang kadang bersin bersin cuman nafsu makannya ( sayur dan biji bijian ) rakus banget.....kalo menurut para sesepuh KN, Kenariku itu termasuk flu berat apa tidak ( kalo malem gak sampe ngorok, karena saya ronda tiap 2 jam sekali ), tingkahnya gesit...kalo misal menurut sesepuh KN, kenari saya termasuk sakit flu kira kira obatnya apa ya..kalo bisa nama obatnya jangan di sensor...maklum newbie di dunia KN

terima kasih atas pencerahannya

widagdo_46
9 October 2010, 10:28 AM
om om moderator mohon petunjuk kira2 obat yang mujarab untuk KN yg terkena sakit pernafasan. klo kiranya menyebut merk di forum ini kurang etis. mohon saya di PM aja. terimakasih. musim pancaroba 4 KN saya sakit serupa.

AnAn_SoLo
11 October 2010, 01:56 AM
share yang top markotop om...setelah baca thread ini mengenai pilek, batuk dan ngorok.....tadi pagi kok sepertinya KN-ku kadang kadang bersin bersin cuman nafsu makannya ( sayur dan biji bijian ) rakus banget.....kalo menurut para sesepuh KN, Kenariku itu termasuk flu berat apa tidak ( kalo malem gak sampe ngorok, karena saya ronda tiap 2 jam sekali ), tingkahnya gesit...kalo misal menurut sesepuh KN, kenari saya termasuk sakit flu kira kira obatnya apa ya..kalo bisa nama obatnya jangan di sensor...maklum newbie di dunia KN
terima kasih atas pencerahannya

Coba aja kasih obatnya drh. Edy "Anti Serak" yang diteteskan di tengkuk. Fungsinya untuk penyakit-penyakit seperti yang anda sebutkan diatas.


om om moderator mohon petunjuk kira2 obat yang mujarab untuk KN yg terkena sakit pernafasan. klo kiranya menyebut merk di forum ini kurang etis. mohon saya di PM aja. terimakasih. musim pancaroba 4 KN saya sakit serupa.

Untuk penyakit nafas sebenarnya yang paling manjur menurut saya Bogena "Anti-Windpipe Mite", cuma saat ini dimana-mana lagi kosong. Pake obatnya drh. Edy itu juga ada Nafas 1 & 2.

Maaf kpd semua rekan-rekan KM, saya tidak berniat untuk mempromosikan produk-produk tsb. Dan saya juga tidak menjualnya, saya hanya sekedar membantu saja semoga bisa bermanfaat.

cece
11 October 2010, 10:25 AM
Coba aja kasih obatnya drh. Edy "Anti Serak" yang diteteskan di tengkuk. Fungsinya untuk penyakit-penyakit seperti yang anda sebutkan diatas.



Untuk penyakit nafas sebenarnya yang paling manjur menurut saya Bogena "Anti-Windpipe Mite", cuma saat ini dimana-mana lagi kosong. Pake obatnya drh. Edy itu juga ada Nafas 1 & 2.

Maaf kpd semua rekan-rekan KM, saya tidak berniat untuk mempromosikan produk-produk tsb. Dan saya juga tidak menjualnya, saya hanya sekedar membantu saja semoga bisa bermanfaat.

setujuu om.. lebih baik kasih namannya jadi kita bisa ikutan pake obatnnya.. soalnya kalau namannya ga disebutin jelas bingung juga nyarinnya..
makasih buat masukannya..

phay
12 October 2010, 11:12 AM
Om numpang tanya dunk..

kenari saya lehernya kaya keseleo jd miring kalo makan (agak kena tetelo tp ini masih bisa berdiri tegap hanya saja lehernya yg bermasalah) .. itu bisa disembuhkan gk yaa.. kasihan juga liat dia seperti itu ..

makasih ..

AnAn_SoLo
12 October 2010, 12:57 PM
Om numpang tanya dunk..

kenari saya lehernya kaya keseleo jd miring kalo makan (agak kena tetelo tp ini masih bisa berdiri tegap hanya saja lehernya yg bermasalah) .. itu bisa disembuhkan gk yaa.. kasihan juga liat dia seperti itu ..

makasih ..

Itu kena saraf Om menurut penjelasan di bukunya drh. Edy, ada obatnya dan bisa disembuhkan asalkan telaten.

phay
12 October 2010, 02:02 PM
Itu kena saraf Om menurut penjelasan di bukunya drh. Edy, ada obatnya dan bisa disembuhkan asalkan telaten.

obatnya apa ya om ?? kalo boleh tau.. burung tersebut saya rawat dengan telaten dari ngedrop sampai lincah seperti sekarang .. hanya leher saja yg sekarang menjd permasalahannya ..

makasih om ANAN

AnAn_SoLo
12 October 2010, 06:38 PM
obatnya apa ya om ?? kalo boleh tau.. burung tersebut saya rawat dengan telaten dari ngedrop sampai lincah seperti sekarang .. hanya leher saja yg sekarang menjd permasalahannya ..

makasih om ANAN

Kalo bikinan drh. Edy nama obatnya sesuai dengan nama penyakitnya Om.

widagdo_46
14 October 2010, 05:01 PM
Untuk penyakit nafas sebenarnya yang paling manjur menurut saya Bogena "Anti-Windpipe Mite", cuma saat ini dimana-mana lagi kosong. Pake obatnya drh. Edy itu juga ada Nafas 1 & 2

terima kasih pencerahannya om. btw obat dr drh. Edy bisa didapat dimana? terima kasih

AnAn_SoLo
15 October 2010, 12:54 AM
terima kasih pencerahannya om. btw obat dr drh. Edy bisa didapat dimana? terima kasih

Kalau di Solo banyak Om, kalau di Semarang gak tahu.

andre kristia
3 November 2010, 08:14 AM
ikut nimbrung nich om2 smua.....
kenari saya kena penyakit bubul cara penyembuhannya gmn y om?
maaf masih telor^:)^

AnAn_SoLo
3 November 2010, 06:29 PM
ikut nimbrung nich om2 smua.....
kenari saya kena penyakit bubul cara penyembuhannya gmn y om?
maaf masih telor^:)^

Dioles pakai salep 88 aja tiap hari pada waktu malam, nanti 3-4 hari biasanya dah hilang bubulnya (minimal berkurang).

andre kristia
4 November 2010, 01:34 PM
mksh y om????
q coba dl???
hhe hhe:D

diyamanta
12 November 2010, 10:59 AM
Om boleh nannya tentang kesehatan kenari maklum pemula,
Kenari saya biasanya gacor dari pagi sampe sore bunyi terus, tapi akhir ini dia mulai males bunyi dan sering mengangkat satu kakinya om dan matanya sering tertutup kira2 dia kena penyakit apa ya om, perawatannya saya udah kasih antibiotik om sama obat buat vit burung, kira2 ada rekomendasi obat yg bagus buat kenari saya thanks

dedy_utomo
12 November 2010, 11:45 AM
Dioles pakai salep 88 aja tiap hari pada waktu malam, nanti 3-4 hari biasanya dah hilang bubulnya (minimal berkurang).


ikut nimbrung nich om2 smua.....
kenari saya kena penyakit bubul cara penyembuhannya gmn y om?
maaf masih telor^:)^

Maaf om, sedikit sharing aja, kalau saya sebelum kaki yang bubulen saya kasih salep saya cuci dulu dengan air hangat om, sambil diurut2 dikit pelan-pelan, maaf kalau salah...

Samid
24 January 2011, 04:36 PM
Om mau Tanya,....
Kenari saya AF mulut nya seing berlendir, warna bening...kadang pada belepotan bekas sisilannya di sekitar ruji kandang.
mohon bantuan dan saran dari Rekan Moderator dan rekan semua sharing pengalaman untuk mengatasinya....*-:)

vikar
2 February 2011, 12:07 PM
Om, kenari saya setelah turun latber paruhnya sering ngebuka seperti yg kehausan, dan klo diliat dari deket keliatan bgt napasnya (gerak badan mengembang dan mengempis). klo bagian muka saya lihat normal tidak ada lendir/basah, nafsu mkn seperti biasa, hanya jd kurang rajin aja bunyinya.
knp ya kenari saya dan gmn cara mengatasinya?

mohon pencerahannya om. [-O<[-O<
thx..

AnAn_SoLo
3 February 2011, 12:37 AM
Om mau Tanya,....
Kenari saya AF mulut nya seing berlendir, warna bening...kadang pada belepotan bekas sisilannya di sekitar ruji kandang.
mohon bantuan dan saran dari Rekan Moderator dan rekan semua sharing pengalaman untuk mengatasinya....*-:)

Dikasih antibiotik aja Om


Om, kenari saya setelah turun latber paruhnya sering ngebuka seperti yg kehausan, dan klo diliat dari deket keliatan bgt napasnya (gerak badan mengembang dan mengempis). klo bagian muka saya lihat normal tidak ada lendir/basah, nafsu mkn seperti biasa, hanya jd kurang rajin aja bunyinya.
knp ya kenari saya dan gmn cara mengatasinya?

mohon pencerahannya om. [-O<[-O<
thx..

Kemungkinan terkena Gondok atau nafas, bisa diberikan obat untuk yang diteteskan ke tengkuk (bisa Bog**a, bisa juga buatan dr drh. Edy). Pertama yang khusus untuk nafas dulu, setelah 1-2 minggu kalau belum sembuh berarti terkena gondok, obatnya juga harus disesuaikan. Memang agak susah membedakan antara sakit nafas dan gondok. Coba dilakukan dulu om, semoga bisa cepet sembuh.

vikar
4 February 2011, 02:35 PM
Kemungkinan terkena Gondok atau nafas, bisa diberikan obat untuk yang diteteskan ke tengkuk (bisa Bog**a, bisa juga buatan dr drh. Edy). Pertama yang khusus untuk nafas dulu, setelah 1-2 minggu kalau belum sembuh berarti terkena gondok, obatnya juga harus disesuaikan. Memang agak susah membedakan antara sakit nafas dan gondok. Coba dilakukan dulu om, semoga bisa cepet sembuh.

thx om Anan, nanti saya coba.
Boleh disebutin ga om nama obatnya biar jelas, soalnya blom tau nih..
biar ga salah beli obatnya. :)>-

nawalagama
4 February 2011, 06:44 PM
kalau mata kenari kena katarak, harus diobati dengan metode dan obat apa om ?? kurang lebihnya disampaikan terima kasih

AnAn_SoLo
5 February 2011, 03:25 AM
kalau mata kenari kena katarak, harus diobati dengan metode dan obat apa om ?? kurang lebihnya disampaikan terima kasih

Katarak sampai saat ini gak bisa disembuhkan oleh obat, hanya bisa diperlambat bila nampak gejalanya dengan pemberian vitamin secara teratur.
Salah satu cara menyembukan hanya dengan operasi dengan menyedot cairan putih yang ada dalam mata, dan cara ini baru ada diluar negeri.

dodok12
9 March 2011, 08:49 PM
Katarak sampai saat ini gak bisa disembuhkan oleh obat, hanya bisa diperlambat bila nampak gejalanya dengan pemberian vitamin secara teratur.
Salah satu cara menyembukan hanya dengan operasi dengan menyedot cairan putih yang ada dalam mata, dan cara ini baru ada diluar negeri.

Oooh begitu ok trims infonya;);)

Holis
9 March 2011, 09:13 PM
Makasih om atas ilmunya nie...:D:D

Winto
10 March 2011, 09:52 AM
Muantep Om Anan ulasannya...
Ijin nyimak....

phinoes
21 March 2011, 03:16 PM
ijin menanyakan.
kalau kenari terlihat seoerti batuk2 itu termasuk sakit apa ya?:-?:-?
yang dirumah terlihat seperti itu.~X(

AnAn_SoLo
22 March 2011, 12:49 AM
ijin menanyakan.
kalau kenari terlihat seoerti batuk2 itu termasuk sakit apa ya?:-?:-?
yang dirumah terlihat seperti itu.~X(

Mungkin seperti pilek, coba kasih aja yang mengandung antibiotik.

wawan citra
24 March 2011, 03:49 PM
Piyik Kenariku (F1ys/F2ys) Kena MB Om. Nafsu makan bagus namun tiap hari makin kurus. Sudah mati 4 ekor. Sudah saya obati menggunakan ANTI KURUS tetap aja tidak menunjukkan hasil yang posistif. Mohon Pencerahannya Om :((

nubie
24 March 2011, 04:01 PM
kalo untuk serak yg rekom pakai apa ya om? ,terutama pengobatan alami, apa bisa menggunakan sayuran terntentu?

wawan citra
24 March 2011, 04:15 PM
kalo untuk serak yg rekom pakai apa ya om? ,terutama pengobatan alami, apa bisa menggunakan sayuran terntentu?

Coba pake Gambas/Oyong/Ceme itu lho Om

masno
24 March 2011, 04:19 PM
ijin nyimak aj om....
untuk mencret (kayaknya keracunan makanan om) gmna ya, mohon infonya???

nubie
24 March 2011, 04:31 PM
Coba pake Gambas/Oyong/Ceme itu lho Om

oya om cari menyajikannya gmn om? apakah direbus dulu?, krn oyong keras banget kuatir kenari gak bisa makannya. oyong yg dikasihkan yg matang atau masih mudah ya?

AnAn_SoLo
24 March 2011, 11:12 PM
Piyik Kenariku (F1ys/F2ys) Kena MB Om. Nafsu makan bagus namun tiap hari makin kurus. Sudah mati 4 ekor. Sudah saya obati menggunakan ANTI KURUS tetap aja tidak menunjukkan hasil yang posistif. Mohon Pencerahannya Om :((

Nafsu makan banyak tapi tetap kurus biasanya :
- Cacingan solusinya kasih obat cacing
- Metabolisme tubuhnya terganggu, zat-zat yang terkandung dalam makanan tidak terserat dengan baik. Solusinya diberikan obat metabolisme atau pakan/vitamin yang mengandung asam amino.


Coba pake Gambas/Oyong/Ceme itu lho Om

Makasih Om penjelasannya.


ijin nyimak aj om....
untuk mencret (kayaknya keracunan makanan om) gmna ya, mohon infonya???

Kasih obat aja om sesuaikan dengan penyakitnya. EF sayuran dihentikan dulu terutama sawi hijau juga bisa menyebabkan mencret kalau burung kondisinya sedang tidak baik.


oya om cari menyajikannya gmn om? apakah direbus dulu?, krn oyong keras banget kuatir kenari gak bisa makannya. oyong yg dikasihkan yg matang atau masih mudah ya?

Langsung dibelah dan diberikan, gak perlu direbus.

arekadhitiya
1 August 2011, 05:52 PM
Ommm..baru mau belajar berternak kenari...mohon info dan ulasan singkat berternak kenari yang baik dan benar sih om

Om..Om...yg ada di Kica Mania Indonesia...mhn bantuan dan ke ikhlasannya untuk berbagi artikel tentang berternak kenari yang baik dan benar...trims

rdian.jkt
11 August 2011, 01:50 PM
lagi cari seller BOGENA Anti Winpipe Mite, ada yg tahu infonya gak yah?

Tri Top
11 August 2011, 03:29 PM
oya om cari menyajikannya gmn om? apakah direbus dulu?, krn oyong keras banget kuatir kenari gak bisa makannya. oyong yg dikasihkan yg matang atau masih mudah ya?

kalo saya sih kulit Oyongnya dikupas dulu sampai kulit oyongnya (warna hijau) ilang dan tinggal isi dalam nya aja....kalo ga di kupas,si kenari ga bisa makan....apalagi kalo kenari yang masih muda...cepet bunyi kok kalo dikasih oyong..

Menu harian
- pagi sampe sore ( jam 3an) cuma dikasih Oyong tanpa ada biji2an (soalnya kalo ada biji2an,oyongnya ga akan abis)
- sore sampe Magrib baru ane kasih biji2, ga banyak kok satu sendok ukuran kecil atau yang sekiranya habis sampe dibuka esokan pagi nya..

maaf kalo trik saya ini salah:)

Ronie
15 August 2011, 10:21 PM
Salam Kenari, mau tanya Om2 semua barangkali ada yang mengalami hal yang sama.
Indukan2 kenari ku kenapa pada bagian kakinya terdapat seperti "daging tumbuh" (bukan Bulbulan), terlihat lebih seperti kutilan.
Kalau dikelupas mudah sekali dan berdarah akhirnya saya kasih obat merah tapi nggak lama numbuh lagi, adakah obat yang bagus dan kalau boleh tau itu penyakit apa dan disebabkan oleh apa yah.

Salam dan Terimakasih

AnAn_SoLo
16 August 2011, 03:40 PM
Salam Kenari, mau tanya Om2 semua barangkali ada yang mengalami hal yang sama.
Indukan2 kenari ku kenapa pada bagian kakinya terdapat seperti "daging tumbuh" (bukan Bulbulan), terlihat lebih seperti kutilan.
Kalau dikelupas mudah sekali dan berdarah akhirnya saya kasih obat merah tapi nggak lama numbuh lagi, adakah obat yang bagus dan kalau boleh tau itu penyakit apa dan disebabkan oleh apa yah.

Salam dan Terimakasih

Itu namanya bubulan om, jangan dikelupas. Kasih aja salep 8* ntar bisa bersih sendiri. Bisa juga dikasih salep Chloramfecort.

Ronie
16 August 2011, 09:55 PM
Terimakasih Om An_an tapi dah saya kasih 88 itu tetap saja membesar ya Om, nanti saya foto deh, sementara ini saya kasih blue metil Om.

fikri1000
23 August 2011, 12:25 PM
makasi m banyak mafaatnya

weinaer
24 September 2011, 07:40 AM
kalau kenari bulunya merinding gmn om?

littlebird
24 September 2011, 09:34 AM
mohon bantuan Om2 pakar KN.

ane sempat bahas sebelumnya di thread Mohon bantuannya [KN Mogok Kerja....].
sebelumnya ane haturkan terima kasih atas masukan baik sms maupun reply dr thread diatas. dari hasil pengecekan langsung ternyata KN ane bukan 'masuk angin' karena,

- makan masih lahap
- rajin mandi

tetapi saat dicek kondisi badannya ternyata, seperti yg diperkirakan dokter dan para pakar, KN ane ada kutunya, ini penampakannya :
http://i1120.photobucket.com/albums/l496/70P1/ganasnya_kutu.jpg

cirinya :
- setelah ane rendam/mandi pake rebusan sirih (sebelumnya ane spray saja...) kutunya pada keluar...(lihat lingkaran merah gb.1)
- kutu2 tsb keluar dari sayap yg luka (apa sampe kayak vampire yaah nyedot darah)
- luka tersebut terlihat setelah ane coba pake model mandi dipegang sesuai saran pakar d thread agar smua bulu terendam dan kutu keluar.

pertanyaan utk para pakar KN :
- kutu tsb berwarna kitam dan agak besar dibanding yg pernah ane liat di PC yg warnanya putih, pakah kutu pada KN berbeda dengan kutu pada jenis burung lainnya?
- apakah kutu tsb menghisap darah sehingga kondisi KN kurus spt gambar?

sesuai saran dokter+pakar KN jugam utk saat ini KN ane di treatment utk gemuk lagi (pakan biji banyak+telur puyuh kontinyu) dan utk kutunya selain mandi rebusan sirih..disarankan juga pake obat kimia merk x-worm atau nokutu.

mohon masukan dan pencerahan dari rekan KM pecinta KN..smoga KN ane bisa pulih kembali.

salam KM
Littlebird b-(

masno
24 September 2011, 10:39 AM
mohon bantuan Om2 pakar KN.

ane sempat bahas sebelumnya di thread Mohon bantuannya [KN Mogok Kerja....].
sebelumnya ane haturkan terima kasih atas masukan baik sms maupun reply dr thread diatas. dari hasil pengecekan langsung ternyata KN ane bukan 'masuk angin' karena,

- makan masih lahap
- rajin mandi

tetapi saat dicek kondisi badannya ternyata, seperti yg diperkirakan dokter dan para pakar, KN ane ada kutunya, ini penampakannya :
http://i1120.photobucket.com/albums/l496/70P1/ganasnya_kutu.jpg

cirinya :
- setelah ane rendam/mandi pake rebusan sirih (sebelumnya ane spray saja...) kutunya pada keluar...(lihat lingkaran merah gb.1)
- kutu2 tsb keluar dari sayap yg luka (apa sampe kayak vampire yaah nyedot darah)
- luka tersebut terlihat setelah ane coba pake model mandi dipegang sesuai saran pakar d thread agar smua bulu terendam dan kutu keluar.

pertanyaan utk para pakar KN :
- kutu tsb berwarna kitam dan agak besar dibanding yg pernah ane liat di PC yg warnanya putih, pakah kutu pada KN berbeda dengan kutu pada jenis burung lainnya?
- apakah kutu tsb menghisap darah sehingga kondisi KN kurus spt gambar?

sesuai saran dokter+pakar KN jugam utk saat ini KN ane di treatment utk gemuk lagi (pakan biji banyak+telur puyuh kontinyu) dan utk kutunya selain mandi rebusan sirih..disarankan juga pake obat kimia merk x-worm atau nokutu.

mohon masukan dan pencerahan dari rekan KM pecinta KN..smoga KN ane bisa pulih kembali.

salam KM
Littlebird b-(

ijin sedot n coment jg om,,,,jujur burung ane blom pernah kena kutu, n moga2 jgn sampai...
tp dlu ane pernah piara ayam, nah ayam kasusunya sama sprti itu om, kalo tempatku nyebutnya BOROK, nah luka ni gara2 terlalu banyak kutu, dlu ane pernah pake daun sirih/PEDIT...K (merek), kandang setiap pagi sore di semprot cos kutu cepet bangt bekembang biak, n untuk luka ane kasih betadine...alhmdllh berjalan 1 minggu luamayan hialng n anak2 ayam jdi sembuh,,,

nah ane skrng ni untuk mencegah kutu pada BURUNG/sangkar setiap selesai mandi ane semprot lg pake RODAL...N (merek)..ada kandungan anti kutu n menyehatkan Bulu2, di samping itu kandang jadi wangi....
maap hanya pengalaman aja om....

littlebird
24 September 2011, 10:57 AM
matur nuwun sanget Om Masno....penanganan Om saya implementasikan dengan membersihkan kurung (cuci sabun) dan jemur sampai kering...utk KN-nya selain pake mandi rendam daun sirih...ane coba jg dengan anti kutu sesuai saran dr.Edi, hari ini meluncur ke Pramuka buat nyari obatnya...

emang benar Om...istilahnya jadi 'borokan'...itu kutu pada nyungsep disitu, pada bubar saat ane rendem badan KN di air sirih beberapa detik...~X(

sekali lagi, matur nuwun sanget Om.. :)>-

Monggo rekan KM KNmania...ditunggu share-nya....

SanJuan
24 September 2011, 11:16 AM
share artikelnya luar biasa sekali bermanfaat terima kasih banyak akan tetapi sy masih ada yg kurang
Buat Om anan saya ada beberapa pertanyaan mengenai kenari sbb:
1. kaki kenari dari jari2 sampai atas nyisik cokelat kemerah merahan padahal ini kenari muda apakah itu bubulan juga
2. kenari suka gigit2 kaki sampek kelihatan merah kakinya kayak darahnya kelihatan gitu didlm kaki kenapa ya
3. kalau kenari sehat2 saja terus besoknya atau tiba2 mati itu kenapa apa
4. KN saya umur kira2 3 ato 4 bln kok masih ngeriwik saja. apakah masih bisa dimaster

Mohon maaf pertanyaannya banyak dan atas jawabannya sy ucapkan banyak terima kasih

masno
24 September 2011, 11:23 AM
share artikelnya luar biasa sekali bermanfaat terima kasih banyak akan tetapi sy masih ada yg kurang
Buat Om anan saya ada beberapa pertanyaan mengenai kenari sbb:
1. kaki kenari dari jari2 sampai atas nyisik cokelat kemerah merahan padahal ini kenari muda apakah itu bubulan juga
2. kenari suka gigit2 kaki sampek kelihatan merah kakinya kayak darahnya kelihatan gitu didlm kaki kenapa ya
3. kalau kenari sehat2 saja terus besoknya atau tiba2 mati itu kenapa apa
4. KN saya umur kira2 3 ato 4 bln kok masih ngeriwik saja. apakah masih bisa dimaster

Mohon maaf pertanyaannya banyak dan atas jawabannya sy ucapkan banyak terima kasih

sedikit share om
1. bisa jadi tu karena di gigit nyamuk kang, biasakan kalo malam di krodong...
2. nah biasae gigit2 tu gatal, n sampe berdarah...biasa tenmn2 nyarankan pake salep 88 ato Minyak tawon
3. wah ni perlu di tanyakan ma doketr kang biar di vesum hehehe
4, wajar kang, di master lebih bagus lg.....
maap cam celotehan pemula.....

SanJuan
24 September 2011, 12:27 PM
sedikit share om
1. bisa jadi tu karena di gigit nyamuk kang, biasakan kalo malam di krodong...
2. nah biasae gigit2 tu gatal, n sampe berdarah...biasa tenmn2 nyarankan pake salep 88 ato Minyak tawon
3. wah ni perlu di tanyakan ma doketr kang biar di vesum hehehe
4, wajar kang, di master lebih bagus lg.....
maap cam celotehan pemula.....

Menurutku bukan digigit nyamuk om ini spt nyisik agak tebal gitu. maaf ga bisa kasih pict. nya

AnAn_SoLo
24 September 2011, 07:56 PM
share artikelnya luar biasa sekali bermanfaat terima kasih banyak akan tetapi sy masih ada yg kurang
Buat Om anan saya ada beberapa pertanyaan mengenai kenari sbb:
1. kaki kenari dari jari2 sampai atas nyisik cokelat kemerah merahan padahal ini kenari muda apakah itu bubulan juga
2. kenari suka gigit2 kaki sampek kelihatan merah kakinya kayak darahnya kelihatan gitu didlm kaki kenapa ya
3. kalau kenari sehat2 saja terus besoknya atau tiba2 mati itu kenapa apa
4. KN saya umur kira2 3 ato 4 bln kok masih ngeriwik saja. apakah masih bisa dimaster

Mohon maaf pertanyaannya banyak dan atas jawabannya sy ucapkan banyak terima kasih

Cuma sekedar menambahkan aja selain yang telah dijawab oleh rekan-rekan diatas,
1. Mungkin bisa bubulan atau mungkin juga karena kotor (maaf karena gak ada photonya jadi asal nebak)
2. Bisa karena gatal yang disebabkan karena kenari jarang mandi, kandang jarang dibersihkan, penyakit jamur.
3. Maaf untuk Point yang ini sy tidak bisa menjawabnya om
4. Masih wajar, dimaster juga bisa tapi kemungkinan tidak bisa 100%

Sekedar sharing aja, untuk penyakit pada kaki : bengkak, bubulan, dll menurut sy bukan disebabkan karena nyamuk tapi penyebabnya sejenis bakteri. Biasanya penyakit-penyakit tersebut menyerang pada burung kenari yang jarang di jemur + mandi, seumpama rajin dijemur pun jarang sekali mandi sampai basah kuyup. Alangkah baiknya disediakan tempat mandi yang besarnya seukuran dengan burungnya, sehingga seluruh badannya bisa masuk. Dengan perawatan jemur + mandi yang teratur & selalu menjaga kebersihan kandang sebenarnya sudah bisa menjauhkan/menghindarkan (bukan menyembuhkan) seputar penyakit dikaki. Kalo sudah terkena penyakit ya harus diobati, coba aja pake salep Chloramfecort, bisa untuk penyakit bengkak pada kaki maupun kaki bersisik, lebih aman karena sifatnya tidak panas.

littlebird
25 September 2011, 09:46 AM
hehehe....Say Goodbye yaaaa Kutu JAHAAAAAAT.....:-h

matur nuwun sanget kahatur DR. Edi atas saran dan arahannya....produk anda teruji dan terbukti =D>

salam ilmiah ya pak...:)>-

masno
26 September 2011, 10:42 AM
hehehe....Say Goodbye yaaaa Kutu JAHAAAAAAT.....:-h

matur nuwun sanget kahatur DR. Edi atas saran dan arahannya....produk anda teruji dan terbukti =D>

salam ilmiah ya pak...:)>-

pake apa kang, bsa berhasil?????

SanJuan
26 September 2011, 10:56 AM
Cuma sekedar menambahkan aja selain yang telah dijawab oleh rekan-rekan diatas,
1. Mungkin bisa bubulan atau mungkin juga karena kotor (maaf karena gak ada photonya jadi asal nebak)
2. Bisa karena gatal yang disebabkan karena kenari jarang mandi, kandang jarang dibersihkan, penyakit jamur.
3. Maaf untuk Point yang ini sy tidak bisa menjawabnya om
4. Masih wajar, dimaster juga bisa tapi kemungkinan tidak bisa 100%

Sekedar sharing aja, untuk penyakit pada kaki : bengkak, bubulan, dll menurut sy bukan disebabkan karena nyamuk tapi penyebabnya sejenis bakteri. Biasanya penyakit-penyakit tersebut menyerang pada burung kenari yang jarang di jemur + mandi, seumpama rajin dijemur pun jarang sekali mandi sampai basah kuyup. Alangkah baiknya disediakan tempat mandi yang besarnya seukuran dengan burungnya, sehingga seluruh badannya bisa masuk. Dengan perawatan jemur + mandi yang teratur & selalu menjaga kebersihan kandang sebenarnya sudah bisa menjauhkan/menghindarkan (bukan menyembuhkan) seputar penyakit dikaki. Kalo sudah terkena penyakit ya harus diobati, coba aja pake salep Chloramfecort, bisa untuk penyakit bengkak pada kaki maupun kaki bersisik, lebih aman karena sifatnya tidak panas.

Thanks Om, sorry ngucapinnya telat. habis bisa OL pas siang end hari nguli aja he...he..he..

littlebird
26 September 2011, 08:46 PM
maaf Kang mas Masno baru bisa reply nih.

pake produknya DR. Edi kang mas...merk Nokutu :D sekali tetes diantara pangkal leher dan tekuk KN...lihat pagi2nya degh.
pembantaian kutu akan terjadi....biar kliatan jelas, coba kangmas alasnya kasih kertas putih yah..biar kliatan. :-B

littlebird
29 September 2011, 08:47 AM
mohon bantuan Om2 pakar KN.

ane sempat bahas sebelumnya di thread Mohon bantuannya [KN Mogok Kerja....].
sebelumnya ane haturkan terima kasih atas masukan baik sms maupun reply dr thread diatas. dari hasil pengecekan langsung ternyata KN ane bukan 'masuk angin' karena,

- makan masih lahap
- rajin mandi

tetapi saat dicek kondisi badannya ternyata, seperti yg diperkirakan dokter dan para pakar, KN ane ada kutunya, ini penampakannya :
http://i1120.photobucket.com/albums/l496/70P1/ganasnya_kutu.jpg

cirinya :
- setelah ane rendam/mandi pake rebusan sirih (sebelumnya ane spray saja...) kutunya pada keluar...(lihat lingkaran merah gb.1)
- kutu2 tsb keluar dari sayap yg luka (apa sampe kayak vampire yaah nyedot darah)
- luka tersebut terlihat setelah ane coba pake model mandi dipegang sesuai saran pakar d thread agar smua bulu terendam dan kutu keluar.

pertanyaan utk para pakar KN :
- kutu tsb berwarna kitam dan agak besar dibanding yg pernah ane liat di PC yg warnanya putih, pakah kutu pada KN berbeda dengan kutu pada jenis burung lainnya?
- apakah kutu tsb menghisap darah sehingga kondisi KN kurus spt gambar?

sesuai saran dokter+pakar KN jugam utk saat ini KN ane di treatment utk gemuk lagi (pakan biji banyak+telur puyuh kontinyu) dan utk kutunya selain mandi rebusan sirih..disarankan juga pake obat kimia merk x-worm atau nokutu.

mohon masukan dan pencerahan dari rekan KM pecinta KN..smoga KN ane bisa pulih kembali.

salam KM
Littlebird b-(


ALHAMDULILLAH.......akhirnya KN ane mulai subuh sampai berangkat nguli sudah "bernyanyi ria" nemenin PC+CB+CI ane.
terima kasih buat smua rekan2 KM yg sudah urun motivasi+masukan+arahan baik via sms,thread dll.

special buat dr.Edi yg selalu reply sms+pertanyaan2 ane...thank's dok :)>-

Salam KM...

ujungpensil
15 October 2011, 11:31 AM
Ini dia informasi yang sangat bermanfaat...

Elltoro
1 November 2011, 11:01 PM
Misi om ane numpang tanya..! Kenari bakalan ane kok jari kaki belakangnya sering melipat kedepan (Jari kaki belakang jadi tumpuan, bukan telapak kaki) Itu kenapa yah om? Apa jarinya udah patah? Tp terkadang masih normal dan bisa mencengkram kuat di tangkringan (pernah coba ane pegang dan bisa mencegkram jari kelingking ane.) Apa kenari bakalan memang biasa seperti itu om..?#-o

jauhar
1 November 2011, 11:54 PM
maaf Kang mas Masno baru bisa reply nih.

pake produknya DR. Edi kang mas...merk Nokutu :D sekali tetes diantara pangkal leher dan tekuk KN...lihat pagi2nya degh.
pembantaian kutu akan terjadi....biar kliatan jelas, coba kangmas alasnya kasih kertas putih yah..biar kliatan. :-B

Thk's inpo obat kutu utk KN-nya om...

ahwie80
8 November 2011, 11:54 AM
langsung pada burung saya, Kenari AF betina, rencana mau tak ternak tapi kok sekarang kenarinya banyak diem_nya nggak aktif kaya burung byasanya, gerak2 cuma makan bentar terus kembali lagi diem, bulu agak mengembang, kotoranya kalo kemarin2 putih tapi ada juga yang warnaya hijau.
dah coba tak kasih Super-N selama 4-5 harinan ini tapi belum juga nampak ada perubahan jadi sehat..

jadi bingung sndiri mau tak kasih obat apa lagi...

Mohon saran dan bantuannya pakar KN...

[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<

maturtenkiyusebelumnya..

AnAn_SoLo
10 November 2011, 02:49 AM
langsung pada burung saya, Kenari AF betina, rencana mau tak ternak tapi kok sekarang kenarinya banyak diem_nya nggak aktif kaya burung byasanya, gerak2 cuma makan bentar terus kembali lagi diem, bulu agak mengembang, kotoranya kalo kemarin2 putih tapi ada juga yang warnaya hijau.
dah coba tak kasih Super-N selama 4-5 harinan ini tapi belum juga nampak ada perubahan jadi sehat..

jadi bingung sndiri mau tak kasih obat apa lagi...

maturtenkiyusebelumnya..

Berikan obat yang mengandung antibiotik, dan sebenarnya obat yg sudah dipake itu juga mengandung antibiotik. Mungkin memang perlu waktu penyembuhannya, pastikan dosis pemberiannya sesuai petunjuk. Jika belum sembuh juga, coba berikan Marvel A*d. Namun untuk obat maupun vitamin untuk burung sama juga halnya dengan yang dipake manusia, sama jenis penyakitnya tapi untuk sembuh terkadang lain obatnya.

ahwie80
10 November 2011, 08:55 PM
Berikan obat yang mengandung antibiotik, dan sebenarnya obat yg sudah dipake itu juga mengandung antibiotik. Mungkin memang perlu waktu penyembuhannya, pastikan dosis pemberiannya sesuai petunjuk. Jika belum sembuh juga, coba berikan Marvel A*d. Namun untuk obat maupun vitamin untuk burung sama juga halnya dengan yang dipake manusia, sama jenis penyakitnya tapi untuk sembuh terkadang lain obatnya.




mkasih bnyk om bntuanya,..
ea ni om hrs lbih brsbar x ea tp kalo sbar nunggu smbuh, ea kalo smbuh kalo malah mati lha njur pye Om,... hehehhe....
itu Marvel Aid ato apa Om?
terus ni termasuk spsifik untuk obat apa Om?

AnAn_SoLo
11 November 2011, 06:34 PM
ea ni om hrs lbih brsbar x ea tp kalo sbar nunggu smbuh, ea kalo smbuh kalo malah mati lha njur pye Om,... hehehhe....
itu Marvel Aid ato apa Om?
terus ni termasuk spsifik untuk obat apa Om?

Namanya aja makhluk hidup, kalo gak hidup pasti mati...he...he... dah takdir itu.

ahwie80
11 November 2011, 08:39 PM
Namanya aja makhluk hidup, kalo gak hidup pasti mati...he...he... dah takdir itu.






lha ea tho Om2...
btw, matur tengkiyu solusinya..

kevin_agus
17 February 2012, 02:32 PM
mantap nih info nya, cuma sayang merk obat e masih kaga jelas, kalau yg pakar mungkin dah pada tau obat2nya, kasihan yang masih pemula, bisa2 salah kasih obat tuh... temen2 kan tau kondisi pasar burung tuh spt apa, mereka tidak mau ambil pusing kalau diare yah paling di kasih punya ayam, nah diare sendiri kalau burung kecil2 kan bisa repot, and blm tentu juga manjur buat tuh burung, nah jangan pelit kasih tau jenis obatnya lah, kalau untuk vitamin dll bolehlah kita edit merk produk nya,... kalau obat( jangan deh, memohon dgn sangat ) masa burung dah sakit, terus malah di coba2 berbagai obat kasihan kan, kalau sembuh bisa jadi pengalam buat pemula, kalau ampe mati apa tidak jadi trauma buat pemula, lama2 forum ini bisa2 tinggal para senior... kalau ada salah2 di kata2 aku minta maap loh soalnya aku juga masih pemula... setelah membaca posting di sini, aku hanya menyerap ilmu nya 50%, sisa e masih meraba2... spt yg kita tau obat burung di pasar burung ada ratusan merk, and saya yakin cuma 40 % yang jitu... 60 % abal2 alias tipu2... nah kalau para senior pasti kaga mungkin ketipu kan mereka punya segudang pengalam, kalau para junior apa mereka kaga ketipu mentah2... satu penyakit bisa beli 4- 5 jenis obat.... sungguh tragis.....
menyedihkan sekali... beda kalau mereka niat buat promo suatu produk... sekiranya kita para junior bisa lah membedakan mana yg promo, mana yg bagus.... nah para senior kaga usah takut menyebutkan merk obat buat jenis penyakit... kita pasti e berterima kasih banget buat masukan para senior, memang kadang ada kendala, peternak satu sama peternak lain pasti ada yg ribut2... nah aku kadang bingung tujuan di buat forum ini sebenrnya buat apa yah....????? kan buat pengalaman dari para senior yang di turunkan ilmu mereka ke para junior... so kiranya bisa tah mendidik para junior kalau kita memberi info ala kadarnya. saya yakin 100 persen dulu para senior, awal2nya juga pasti mengalamin hal spt kita2 ( para junior ) and ndak semua punya mental baja spt para senior... sekian deh semoga bisa membantu.... kalau ada kata2 yang salah and menyingung mohon di maapin yah.... makasih loh buat para senior di burung kicau....

AnAn_SoLo
19 February 2012, 05:41 AM
mantap nih info nya, cuma sayang merk obat e masih kaga jelas, kalau yg pakar mungkin dah pada tau obat2nya, kasihan yang masih pemula, bisa2 salah kasih obat tuh... temen2 kan tau kondisi pasar burung tuh spt apa, mereka tidak mau ambil pusing kalau diare yah paling di kasih punya ayam, nah diare sendiri kalau burung kecil2 kan bisa repot, and blm tentu juga manjur buat tuh burung, nah jangan pelit kasih tau jenis obatnya lah, kalau untuk vitamin dll bolehlah kita edit merk produk nya,... kalau obat( jangan deh, memohon dgn sangat ) masa burung dah sakit, terus malah di coba2 berbagai obat kasihan kan, kalau sembuh bisa jadi pengalam buat pemula, kalau ampe mati apa tidak jadi trauma buat pemula, lama2 forum ini bisa2 tinggal para senior... kalau ada salah2 di kata2 aku minta maap loh soalnya aku juga masih pemula... setelah membaca posting di sini, aku hanya menyerap ilmu nya 50%, sisa e masih meraba2... spt yg kita tau obat burung di pasar burung ada ratusan merk, and saya yakin cuma 40 % yang jitu... 60 % abal2 alias tipu2... nah kalau para senior pasti kaga mungkin ketipu kan mereka punya segudang pengalam, kalau para junior apa mereka kaga ketipu mentah2... satu penyakit bisa beli 4- 5 jenis obat.... sungguh tragis.....
menyedihkan sekali... beda kalau mereka niat buat promo suatu produk... sekiranya kita para junior bisa lah membedakan mana yg promo, mana yg bagus.... nah para senior kaga usah takut menyebutkan merk obat buat jenis penyakit... kita pasti e berterima kasih banget buat masukan para senior, memang kadang ada kendala, peternak satu sama peternak lain pasti ada yg ribut2... nah aku kadang bingung tujuan di buat forum ini sebenrnya buat apa yah....????? kan buat pengalaman dari para senior yang di turunkan ilmu mereka ke para junior... so kiranya bisa tah mendidik para junior kalau kita memberi info ala kadarnya. saya yakin 100 persen dulu para senior, awal2nya juga pasti mengalamin hal spt kita2 ( para junior ) and ndak semua punya mental baja spt para senior... sekian deh semoga bisa membantu.... kalau ada kata2 yang salah and menyingung mohon di maapin yah.... makasih loh buat para senior di burung kicau....

Untuk penyebutan merk suatu produk sudah ada dalam peraturan posting di KM, jadi sy juga tidak berhak menyebutkan merk tertentu walaupun kadang sy juga melakukan kesalahan karena menyebutkan suatu merk. Mungkin lebih baik om kevin inbox atau sms aja ke rekan-rekan yang lebih berpengalaman, syukur telp langsung biar lebih jelas.


...nah aku kadang bingung tujuan di buat forum ini sebenrnya buat apa yah....????? kan buat pengalaman dari para senior yang di turunkan ilmu mereka ke para junior

Apa masih kurang om????8->8->8->:-/:-/:-/ yang ada di forum ini tiap-tiap jenis burung ada thread-nya masing-masing, dan tiap thread banyak sekali halamannya yang berisi pengalaman maupun ilmu dari rekan2 KM yang telah sudi bersusah payah menulisnya.

monkeycoolest
19 February 2012, 12:07 PM
Pening jg beli brg Import,namun pengalaman msh cetek...mau nanya ama yg ahli,entah...cocok apa tdkpun pk ilmu Trial and Error.
Kadang bgs jg kayak seb. ....apa aja disebutkan. Tinggal sesuaikan keadaan pasar dg kocek.
Btw thanks Om Anand udah berbagi perawatannya...
Salut dan moga byk pahalanya...

kriwil
19 February 2012, 01:57 PM
mantap nih info nya, cuma sayang merk obat e masih kaga jelas, kalau yg pakar mungkin dah pada tau obat2nya, kasihan yang masih pemula, bisa2 salah kasih obat tuh... temen2 kan tau kondisi pasar burung tuh spt apa, mereka tidak mau ambil pusing kalau diare yah paling di kasih punya ayam, nah diare sendiri kalau burung kecil2 kan bisa repot, and blm tentu juga manjur buat tuh burung, nah jangan pelit kasih tau jenis obatnya lah, kalau untuk vitamin dll bolehlah kita edit merk produk nya,... kalau obat( jangan deh, memohon dgn sangat ) masa burung dah sakit, terus malah di coba2 berbagai obat kasihan kan, kalau sembuh bisa jadi pengalam buat pemula, kalau ampe mati apa tidak jadi trauma buat pemula, lama2 forum ini bisa2 tinggal para senior... kalau ada salah2 di kata2 aku minta maap loh soalnya aku juga masih pemula... setelah membaca posting di sini, aku hanya menyerap ilmu nya 50%, sisa e masih meraba2... spt yg kita tau obat burung di pasar burung ada ratusan merk, and saya yakin cuma 40 % yang jitu... 60 % abal2 alias tipu2... nah kalau para senior pasti kaga mungkin ketipu kan mereka punya segudang pengalam, kalau para junior apa mereka kaga ketipu mentah2... satu penyakit bisa beli 4- 5 jenis obat.... sungguh tragis.....
menyedihkan sekali... beda kalau mereka niat buat promo suatu produk... sekiranya kita para junior bisa lah membedakan mana yg promo, mana yg bagus.... nah para senior kaga usah takut menyebutkan merk obat buat jenis penyakit... kita pasti e berterima kasih banget buat masukan para senior, memang kadang ada kendala, peternak satu sama peternak lain pasti ada yg ribut2... nah aku kadang bingung tujuan di buat forum ini sebenrnya buat apa yah....????? kan buat pengalaman dari para senior yang di turunkan ilmu mereka ke para junior... so kiranya bisa tah mendidik para junior kalau kita memberi info ala kadarnya. saya yakin 100 persen dulu para senior, awal2nya juga pasti mengalamin hal spt kita2 ( para junior ) and ndak semua punya mental baja spt para senior... sekian deh semoga bisa membantu.... kalau ada kata2 yang salah and menyingung mohon di maapin yah.... makasih loh buat para senior di burung kicau....
Coba jawab om.

IMHO, Untuk mengatasi momongan yg sakit, aku tidak buru2 kasih obat.
Tapi selidiki dulu penyebabnya. Dan kondisikan momongan dalam kondisi stabil dulu.

jika ada momongan yg diare, terlebih dulu aku koreksi diri dulu, bagaimana kebersihan kandang n pakan.
Sembari dipikir, kebersihan dibikin ekstra (kalo perlu ganti sangkar), kasih momongan dg makanan yang dia sukai (aku biasa pake telor n sawi).

Jika dia mau makan, berarti kemungkinan hidup masih besar. Kadang, sebelum dikasih ubat, momongan udah sembuh.

Untuk jenis dan nama obat2an, kadang aku sendiripun bingung. Udah dikasih ubat diare buatan dokter hewan terkenal, tapi tetap aja masih sakit (padahal punya teman cepat sembuh).

Disinilah perlu kejelian owener. Karena ada yang disebabkan bakteri, luka saluran pencernaan, atau bisa juga pakan kurang bersih.
Kalo aku biasanya cuma kukasih antibiotik murahan yg banyak beredar dipasar, n ternyata malah manjur.

Seperti halnya kita, kalo kita sakit kepala, ada yang bilang kasih bo*rex sembuh, tapi kalo aku tidak, karena setelah kupikir, penyebab sakit kepalaku adalah krn tidak punya uang.

Jadi kesimpulannya, ubat yang katanya manjur bagi kenari lain, belum tentu manjur bagi momongan kita.
Disini kita perlu try n error.

p2o
20 February 2012, 07:52 PM
jari kaki kn saya yg kanan gak bsa nyngkrem , tdk ada bnjolan , pnanganannya gmana ya om"..

---------- Post added at 06:52 PM ---------- Previous post was at 06:51 PM ----------

jari kaki belakang kn saya yg kanan gak bsa nyngkrem , tdk ada bnjolan , pnanganannya gmana ya om"..

D'Die Creation
18 June 2013, 11:17 AM
mau tanya om,
kenari ane kena bulbul ato ap, saya gk begitu ngerti
jari kaki ad benjolan n smakin besar terasa empuk di sntuh
itu kenapa dan bgmana cara menyembuhkannya??
terima kasih

AnAn_SoLo
19 June 2013, 05:14 AM
jari kaki kn saya yg kanan gak bsa nyngkrem , tdk ada bnjolan , pnanganannya gmana ya om"..

---------- Post added at 06:52 PM ---------- Previous post was at 06:51 PM ----------

jari kaki belakang kn saya yg kanan gak bsa nyngkrem , tdk ada bnjolan , pnanganannya gmana ya om"..


mau tanya om,
kenari ane kena bulbul ato ap, saya gk begitu ngerti
jari kaki ad benjolan n smakin besar terasa empuk di sntuh
itu kenapa dan bgmana cara menyembuhkannya??
terima kasih

Kalo bisa ada photonya om biar lebih jelas lagi

ichsanIBS
24 September 2013, 10:58 AM
Halo, mau tanya seputar bubul nih.

Mungkin ada yang bisa bantu.

Di depan disebutin kalau salah 1 gejala bubul, kukunya kenari menjadi panjang.
Kenari saya kebetulan ada yang lagi ngalamin.

http://img841.imageshack.us/img841/6214/npwn.jpg

itu kalau misalnya, kukunya dipotong boleh nggak ya?
Maksudnya apa kenarinya nggak sakit?
Mohon pencerahannya...

soalnya dia jadi sulit nangkring gitu.

AnAn_SoLo
25 September 2013, 03:55 AM
bubulan tidak berkaitan dengan kuku menjadi panjang.
Kuku panjang harus dipotong (disesuaikan panjangnya)
Sulit nangkring itu karena kakinya sakit (bukan bubulan)

dutcho
23 October 2013, 03:33 PM
MANTAP Infonya Gan.....Kebetulan lagi nyari solusi untuk kenari saya yg sering terdengar seperti yg Sesak/ Ngorok.
saya udah coba obat tsb , sudah 4 hari tidak ada perkembangannya. Ada yang bilang kurang jemur, ada jg yang bilang kalo dijemur ga bakal sembuh2.
Pusing yang bener yg mana gan?
Sebaiknya pada saat pengobatan tsb bagusnya dikerodong Full seharian tanpa jemur atau bagaimana?
Mohon pencerahannya dari para suhu.

Terimakasih

AnAn_SoLo
30 October 2013, 01:49 AM
MANTAP Infonya Gan.....Kebetulan lagi nyari solusi untuk kenari saya yg sering terdengar seperti yg Sesak/ Ngorok.
saya udah coba obat tsb , sudah 4 hari tidak ada perkembangannya. Ada yang bilang kurang jemur, ada jg yang bilang kalo dijemur ga bakal sembuh2.
Pusing yang bener yg mana gan?
Sebaiknya pada saat pengobatan tsb bagusnya dikerodong Full seharian tanpa jemur atau bagaimana?
Mohon pencerahannya dari para suhu.

Terimakasih

Untuk penyakitnya mungkin nafas atau gondok, keduanya memerlukan waktu untuk penyembuhan, apalagi untuk gondok dengan pengobatan yg benar aja memerlukan waktu berminggu-minggu untuk sembuhnya. Kalo penyakitnya parah jangan dijemur dulu, dikrodong sore sampai pagi aja, siangnya gantang ditempat yg tidak banyak angin.

chenz
27 November 2013, 09:09 PM
om" suhu kenari ane mau tnya nich
klw kenari yg da cukup tua skitar 2 thn trus jarang di jemur sewaktu di jemur.
kenari tsb bunyi dr agak kuat mulai pelan trus makin pelan n akhirnya lemas smacam lumpuh gt ( terjatuh dr tangkrengan nya )
perna kejadia kenari ane mati gara" gt.
awal" lumpuh nya cm sesaat tp yg trakhir ampk lama jd mati dah...
itu penyakit or apa mmg gk boleh lansng di jemur y ?

dookienookie
28 November 2013, 02:33 AM
klw kenari yg da cukup tua skitar 2 thn trus jarang di jemur sewaktu di jemur.
kenari tsb bunyi dr agak kuat mulai pelan trus makin pelan n akhirnya lemas smacam lumpuh gt ( terjatuh dr tangkrengan nya )
perna kejadia kenari ane mati gara" gt.
awal" lumpuh nya cm sesaat tp yg trakhir ampk lama jd mati dah...
itu penyakit or apa mmg gk boleh lansng di jemur y ?
Kenari blm dikategorikan tua jika msh 2 tahun, burung yg jarang dijemur memang jadi rentan terhadap suhu yg panas. Jika terlalu berlebihan penjemuran burung biasanya stress, karena panas berlebih burung akan grubukan yg lama kelamaan kehilangan keseimbangan dan cengkraman kaki melemah dan akhirnya jatuh. Ini fase stroke dan biasanya ini finalnya om :D
Kerja jantung berlebih dlm memompa agar panas keluar dari dlm tubuh burung hingga akhirnya darah menggumpal dan otak kekurangan oksigen.

Mungkin pakarnya om Anan lebih jelasnya ntar ksh ilmunya disini, CMIIW
Salam..

oqsafir
10 February 2014, 05:40 PM
Om mau tanya klo kenari keder (bahasa jawa) itu knpa ya om? kenari saya sering keder-keder gitu sayapnya kebetulan bawaan lahir sayap turun dan sering keder itu knpa ya om kayak kedinginan tpi klo kedinginan ya gak mungkin lha tak coba jemur ya sama aja, kasih lampu ya sama saja... intinya keder gitu om kyk kedinginan itu, itu knpa ya om? trs obatnya apa? matur nuwun poro sederek

farid C Gadeng
18 March 2014, 06:19 PM
om mau tanya,kenari saya spertonya memcret dan itu udah berlangsung slama 5 bulan,kira2 cara nyembuhin gmna ya om?
sekitaran anusnya sering lengket kotorannya jg,mhon sarannya om..

AnAn_SoLo
22 March 2014, 03:53 AM
Om mau tanya klo kenari keder (bahasa jawa) itu knpa ya om? kenari saya sering keder-keder gitu sayapnya kebetulan bawaan lahir sayap turun dan sering keder itu knpa ya om kayak kedinginan tpi klo kedinginan ya gak mungkin lha tak coba jemur ya sama aja, kasih lampu ya sama saja... intinya keder gitu om kyk kedinginan itu, itu knpa ya om? trs obatnya apa? matur nuwun poro sederek

Dulu pernah sy punya kenari spt itu om 2x om dan sampe saat ini saya blm menemukan obat yg bisa menyembuhkannya. Tapi jangan takut om, tetap semangat biarpun sesulit apapun saya yakin ada solusinya, cuma belum ketemu aja


om mau tanya,kenari saya spertonya memcret dan itu udah berlangsung slama 5 bulan,kira2 cara nyembuhin gmna ya om?
sekitaran anusnya sering lengket kotorannya jg,mhon sarannya om..

SMS atau telpon aja ya om, gak enak kalo di forum.

nusagamers
29 March 2014, 11:55 PM
misi om..newbie mau nanya nih..
ane kan ada KN taiwan udah rajin bunyi..
tapi 2 minggu yg lalu tuh KNnya bersin"+nafasnya seperti tersengal gitu..
nah ane tangkep KNnya ane cekokin su*er N 2 tetes ke mulutnya langsung..
masalahnya tuh KN ampe skrg jadi macet bunyi mandeg..
masi bersin" jg..
gmn penangannya ya suhu supaya KN ane bs rajin+sembuh lg seperti sedia kala..

AnAn_SoLo
31 March 2014, 05:04 AM
misi om..newbie mau nanya nih..
ane kan ada KN taiwan udah rajin bunyi..
tapi 2 minggu yg lalu tuh KNnya bersin"+nafasnya seperti tersengal gitu..
nah ane tangkep KNnya ane cekokin su*er N 2 tetes ke mulutnya langsung..
masalahnya tuh KN ampe skrg jadi macet bunyi mandeg..
masi bersin" jg..
gmn penangannya ya suhu supaya KN ane bs rajin+sembuh lg seperti sedia kala..

Monggo rekan2 yg ingin berbagi ilmunya bisa share, kalo sy takut menyebutkan merk tertentu.

Tunkjae
31 March 2014, 03:39 PM
Coba kasih nafas 1 boss, pinggirin dl dr yg lainnya, jangan dijemur dl, cek lingkungan apakah ada akses debu atau yg lainnya. Sering kejadian ky gini kl beli brg import. Jk masih berlanjut dan punya kenari yg lainnya jalan terakhir jual aja hehehehe drpada nularin lainnya

42d3e78f26a4b20d412==