PDA

View Full Version : Cucak Biru, Cantik dan Merdu



kakap_dream
3 February 2010, 02:28 PM
http://i45.tinypic.com/akie07.jpg

BANYAK ragam burung di Indonesia. Namun tidak banyak burung yang memiliki warna bulu indah dan ocehan merdu. Cucak biru termasuk dalam kelompok yang sedikit tersebut.

Warna bulu di bagian punggungnya biru beludru, sedangkan sayapnya hitam legam dengan sedikit dihiasi warna biru. Paruhnya juga hitam. Yang menarik, matanya berwarna merah.

Cucak biru juga memiliki ocehan yang merdu dan variatif. Suara dan nadanya hampir sama dengan cucak hijau. Hanya saja variasi suara cucak hijau lebih komplet.

Namun jika dipelihara sejak kecil, apalagi didekatkan dengan burung-burung berkicau lainnya, cucak biru mampu merekam banyak ocehan.

Burung ini dulu banyak dicari kicau mania. Tetapi karena jarang ada upaya penangkaran, sementara permintaan meningkat, populasi cucak biru di alam bebas kini makin menipis. Termasuk di habitat aslinya, yaitu hutan-hutan primer di Sumatera dan Filipina bagian selatan.

Jika datang ke pasar burung, belum tentu ada pedagang yang menjualnya. Kalau pun ada, harganya sudah melambung tinggi. Inilah dampak negatif dari pemanfaatan satwa tanpa dibarengi kesadaran untuk melestarikannya.

Postur tubuhnya sedikit lebih besar daripada cucak hijau. Namun pakannya sama, yaitu pisang dan voer. Di alam bebas, ia terbiasa hidup secara individual di hutan-hutan yang berisi pepohonan tinggi dan lebat.

Dia juga mencari makanannya di atas pohon, berupa semut, kroto, ulat, dan serangga lainnya. Pada saat musim pancaroba, burung jantan akan mencari calon pasangan, kemudian berkembang biak.

Pemeliharaan di dalam sangkar relatif mudah. Sediakan buah setiap hari, terutama pisang dan pepaya, serta serangga. Gunakanlah sangkar berukuran 40 x 50 cm2. Setiap hari dimandikan dan dijemur. Mudah bukan? (Arief Ismeidi-32)

sumber referensi : http://www.suaramerdeka.com/harian/0704/30/ragam02.htm

kucica_denis
3 February 2010, 03:12 PM
mantap om burung yang indah

sarp
3 February 2010, 03:24 PM
Artikelnya mantap om ijo-ijo meluncur deh

Salam

ugeng
3 February 2010, 03:37 PM
Mantap nih. Brgkali ada video atau mp3nya Om mohon diupload biar gak penasaran he3

prabukicau
3 February 2010, 03:39 PM
Betul om dulu aku pernah piara tapi sayang di embat sama maling sialan...sampai sekarang sudah beberapa kali piara ...suara enak di dengar ada juga suara tembakan...walau hanya kadang2. Agak sedikit teler kalau sedang berbunyi goyang kenan dan ke kiri. Warnaya indah

Jadi kepingin piara lagi

Rezki
3 February 2010, 03:51 PM
wah cantik bener,,,,,,,,,,,,

suwarno71
3 February 2010, 05:59 PM
Kalo tidak salah ini jenis thrush atau anis, walaupun mirip kacer. Nama internasional Formosan Whistling Thrush atau Blue Whistling Thrush. Coba lihat & baca-baca situs tetangga, Om.
http://i227.photobucket.com/albums/dd104/suwarno71/Lain-Lain/1082914351_b67828e293_o.jpg
http://i227.photobucket.com/albums/dd104/suwarno71/Lain-Lain/TaiwanWhistlingThrush.jpg
Untuk artikel coba klik tautan link-link berikut:
http://en.wikipedia.org/wiki/Whistling-thrush
Untuk video coba klik tautan link-link berikut:
http://www.youtube.com/watch?v=PgaTPqusPTk
http://www.youtube.com/watch?v=XAKAn5w5g0Y

Maaf kalo ada yang salah.

DC
3 February 2010, 07:39 PM
artikel yg menarik..

Selama ini Cucak Biru yang ane tau adalah yg seperti ini:

http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/cucakbiru2.jpg


kalo yg jenis seperti om TS posting gambarnya, setau ane itu "Malabar Whistling Thrush" dan penyebarannya di India... :D maaf kalo salah..

kakap_dream
3 February 2010, 07:45 PM
Terima kasih Om Pras dan Om semua...
artikel nya cuma COPY PASTE terus sharing aja Om, maklum pemula.

kajak
3 February 2010, 11:21 PM
apa sama ama wayang ya ?

sabtanto
4 February 2010, 07:43 AM
artikel yg menarik..

Selama ini Cucak Biru yang ane tau adalah yg seperti ini:

http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/cucakbiru2.jpg


kalo yg jenis seperti om TS posting gambarnya, setau ane itu "Malabar Whistling Thrush" dan penyebarannya di India... :D maaf kalo salah..

klo di tempatku pic om DC ini namanya cucak gadung.....ngomong2 bagus ga sih om suaranya????trus peliharanya susah gak om???

alfantera
8 March 2010, 01:33 PM
banyak juga rupanya penggemar Cucak Biru.............. di kalbar terutama di kabupaten Kapuas Hulu..... Cucak Biru masih terbilang banyak............ apa lagi pas musim buah.................. dan masih belum bernilai.......... saya beli bulan kemarin cuma Rp.70rb........

kucica_denis
8 March 2010, 02:53 PM
cucak biru/gadung mantap om suaranya

sadsid
8 March 2010, 07:03 PM
cucak biru/gadung mantap om suaranya

Penasaran nich....kalo ada yg punya videonya mohon diposting ....
Terima kasih.

Salam KMers.

cuk
21 March 2010, 02:28 AM
wah td sore baru liat cucak biru tuh. tp td gak nanya harga, abis gak tau klu tuh burung namanya cucak biru.yg jual si abang abang penjual burung keliling tuh....

cuk
21 March 2010, 02:36 AM
ada yg punya video nya cucak biru gak yah.....?
youtube yg di bawah kayaknya gak ada suara burung nya lg bunyi deh....^:)^^:)^

cuomo
23 March 2010, 01:52 PM
Siang Om...Di aku ada burung udah Gacor...suara mirip CI cuman Volume Lebih tebel...dan Juga ROpel ky CR...(berharap sih...)..di daerah Bandun burung ini di namai GOGOMILO,,,di Ps Sukahaji minggu kemarin lagi banjir jeni sini,,,harganya 250rb, tawar aja ...hehehehe

rifqie
15 May 2010, 01:28 AM
artikel yg menarik..

Selama ini Cucak Biru yang ane tau adalah yg seperti ini:

http://i299.photobucket.com/albums/mm313/sofyan73/cucakbiru2.jpg

kalo yg jenis seperti om TS posting gambarnya, setau ane itu "Malabar Whistling Thrush" dan penyebarannya di India... :D maaf kalo salah..

wah klo yg ini banyak d tempat saya, suaranya sangat bagus, bisa d master dan bagus buat master, gaya tarungnya mirip2 kacer ... d tempat saya d sebut ambasan, sering dturunkan lomba dklas camp lokal ... perawatan cukup mudah, pisang kepok, jangkrik p/s, suka mandi, jemur secukupnya ... salam :)>-

SOL-KLW
15 May 2010, 11:15 PM
Waah Cucak Biru ya??? Baru tau ada burung Cakep gitu :D Tapi kok jarang banget ada di Pasar Burung ya??? apa mgkin sdh punah Om?:D

andi74
24 September 2010, 06:19 PM
masih ada om...kemarin jalan2 ke PB ada, mintanya 300k...kira2 mahal ga ya?
waktu saya tunggui cuma bunyi ciap...ciap...doang...
emang bagus om kalo buat pajangan...keliatan galak cocok kalo buat jaga rumah :D

kindef_united
28 September 2010, 04:49 PM
kek cucak keling disemir..:D

42d3e78f26a4b20d412==