PDA

View Full Version : Sticky Tentang Tledekan



Indraf
10 August 2007, 10:11 AM
TLEDEKAN


http://kicauan.files.wordpress.com/2013/06/sikatan-cacing-jantan-betina.jpg?w=640&h=367
http://kicauan.files.wordpress.com/2013/06/sikatan-bakau-jantan-betina1.jpg?w=640&h=404
http://kicauan.files.wordpress.com/2013/06/tledekan-laut-jantan-betina.jpg?w=640&h=311
http://kicauan.files.wordpress.com/2013/06/sikatan-biru-muda-jantan-betina1.jpg?w=640&h=582
http://www.mountainsbeyond.org/Nature/Birds/Images/Java/Flycatchers/_MG_2524-SundaBlueRobin--041209.jpg
http://kicauan.files.wordpress.com/2013/12/sikatan-hainan.jpg?w=440&h=294
http://www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2013/02/Sikatan-biru-muda-jantan_Cyornis-unicolor-DAP.jpg
http://kicauan.files.wordpress.com/2013/06/sikatan-ninon-jantan.jpg?w=700


JANTAN
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/rufous_bellied_niltavaNILTAVASUNDAR.jpg
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/niltava_sundaraJANTAN.jpg

BETINA
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/NILTAVASUNDARABETINA.jpg



KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Passeriformes
Family: Muscicapidae
Genus: Niltava
Spesies :
Spesies Burung ini meliputi :
• Large Niltava, Niltava grandis
• Small Niltava, Niltava macgrigoriae
• Fujian Niltava, Niltava davidi
• Rufous-bellied Niltava, Niltava sundara
• Rufous-vented Niltava, Niltava sumatrana
• Vivid Niltava, Niltava vivida

KARAKTERISTIK FISIK
Burung Tledekan pada umumnya mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm. Membedakan Jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan dibandingkan dengan burung tledekan betina. Contoh pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Jenis Niltava ini belakang biru tua dan satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam sekitar mata mata, satu jakun hitam, dan terdapat warna jeruk bersinar perutnya, beberapa genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (mungkin sering kita kenal sebagai tledekan laut)
Warna pada jenis Betina adalah coklat zaitun dengan coklat muda di perut , dan warna betina muda adalah coklat cerah dengan agak keputih-putihan. (paklu_yy)


DAERAH PENYEBARAN
Mulai dari Himalaya daerah dari Negeri nepal , Bhutan, India , dan meluas melalui pegunungan dari Myanmar , Thailand, Kamboja, dan Cina barat daya dan Tenggara, asia , termasuk semenanjung Malaya dan Sumatera , jawa (paklu_yy)


HABITAT
Pada tempat yang cenderung lembab,hutan lebat berdaun lebar dan hijau, sering dekat satu aliran sungai dan biasanya pada hutan tropis dan sub tropis. Kebanyakan berkembangbiak di ketinggian dari 5,000–9,350 ft (1,525–2,850 m).


PERILAKU
Burung ini termasuk burung yang tidak melakukan migrasi, tapi melakukan perpindahan habitat musiman di antara dataran tinggi dan rendah. Pasangan burung ini berkembang biak pada satu wilayah tertentu. Walaupun aktif bergerak tapi burung sering duduk di atas bertengger untuk waktu yang agak lama. Kicauan burung ini berupa rangkaian sederhana tiga atau empat kombinasi siulan. Tledekan termasuk burung fighter ( seperti burung Murai Batu, Kacer, Ciblek) dsb. Sehingga sangat mudah mendapatkannya. Bila ada Tledekan, ditemukan Tledekan peliharaaan atau suara kaset Tledekan, langsung menyambar ! (copjend)


MAKANAN DAN POLA MAKAN
Makanan Pokok keluarga Niltava adalah serangga seperti capung, kupu-kupu ulat dan buah buahan kecil. Dikenal pula Tledekan Bambu karena hidupnya di bambu, bersarangnya juga banyak di bambu, juga di pohon. Dia suka makan ulat2 di bambu juga di pohon. (Copjend)


POLA REPRODUKSI
Bersarang di hutan. Membuat sarang berbentuk piala dari lumut dan serabut lain pada satu area berlumut antara batuan, pada satu batang pohon, atau pada satu rongga dangkal pada Pohon/kayu busuk. Seperti pada kebanyakan burung Pada musim kawin burung ini lebih aktif berkicau,dan mengepakkan sayap dan ekor untuk menarik pasangan. Dalam membuat sarangnya, tledekan ada yg membuat sarang di atas pohon dan ada yang bersarang diatas tanah mirip branjangan.tentunya yg paling banyak dicari adalah tledekan yg bersarang diatas tanah(andri prabowo)


Burung yang mempunyai kekerabatan paling dekat dan mempunyai habitan yang hampir sama adalah terdapat dalam genus berikut :
1.Genus Cyanoptila
2.Genus Eumyias
3.Genus Cyornis

Misalnya seperti
1. Tledekan Laut
Yang sering kita kenal sebagai tledekan laut ini termasuk dalam genus Cyanoptila dan dikenal dengan nama Blue-and-white Flycatcher, Cyanoptila cyanomelana
Burung ini juga Penangkap Serangga , berwarna biru dan putih, yang mempunyai perbedaan dengan jenis genus niltava yaitu senang berpindah. daerah penyebarannya meliputi Jepang, Korea, sebagian Cina dan Rusia, Asia Tenggara, terutama di Vietnam, Kamboja, Thailand, Sumatera dan Borneo.
(paklu_yy)


Tips memilih tledekan

Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm


Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.


Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut. Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi dan dapat menandakan burung tersebut bermental atau dalam kondisi tidak baik.


Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)


Sorot Mata Tajam
Sorot mata tajam dapat mencirikan bahwa Tledekan tersebut bermental baik, dan sehat. Sebaiknya jangan dipilih burung yang bermata sayu karena dapat mencirikan bahwa mental burung tersebut lemah atau burung tersebut dalam keadaan kurang sehat.


Tidak cacat
Selain tidak sedang dipandang mata, Yang biasa mengalami cacat pada burung ini adalah bagian kaki, dan bagian sayap. Ini terjadi karena banyak dari tledekan yang ditangkap masih menggunakan jerat atau diganggu hama waktu kecil, maka bagian tersebut harus mendapatkan perhatian khusus ketika memilih burung Tledekan yang kita inginkan.
(copjend) (Indraf)

Pilih paruh dengan kontur blimbing, Tledekan yang memiliki kontur paruh belimbing diyakini mempunyai suara yang keras dan mental yang baik. (N1LA)


Berbagi pengalaman memilih tledekan:
Body:
coba pilih burung tledekan yang warna bulu birunya cukup terang, alis mata berwarna biru dongker dan warna biru diatas alis mata biru laut terang...
suara:
relatif, karena ini selera teman KM semua..mau yang cuma nembak, ngerol atau ngerol diselingi dengan tembakan...dan volume juga coba cari yang diatas rata2 sejenisnya... (anton tegal)



Perawatan Tledekan
Burung Tledekan yang sehat dan terawat tentunya akan mempersembahkan kicauan yang indah bagi kita yang merawatnya. Penampilan yang sehat, dengan kicauan merdu dan variatif tentu menambah rasa sayang dan kebanggan kita terhadap klangenan kita. Perlakukan yang salah, pola makan yang tidak tepat dan kondisi tempat yang tidak layak bagi burung ini tentunya berakibat pada turunnya performa burung. Tledekan yang awalnya kita beli memperdengarkan kicauan yang merdu dan keras dengan pola perawatan yang salah tentunya lambat laun akan membuat Tledekan menjadi lemas dan malas, sehingga tidak mau lagi memperdengarkan bunyinya. Kicauan bagi burung khususnya burung jenis petarung seperti tledekan bukan saja menjadi tanda terima kasih bagi burung bagi pemiliknya, namun secara naluriah merupakan cara burung tersebut untuk menandakan kehadirannya, baik untuk menarik pasangannya maupun tanda keberadaan akan daerah kekuasaannya.

- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah. (Goes)


Untuk tledekan bisa nyeklek atau stabil diperlukan umur yang sudah memadai sekitar kisaran diatas 3 thn. Dan kalau bisa jangan memelihara lebih dari satu burung tledekan
karena akan ngefight terus dan bunyi nonstop. (MK21)


Bisa sih di kasih voer setiap hari...apakah kita tega..??? sedangkang burung yg punya nama ilmiah Blue Flycatcher ini termasuk jenis burung pemakan serangga tulen...
Alangkah baiknya di kasih serangga baik jangkrik/kroto 2/3 hari sekali..atau jangkrik tiap hari 2 pagi2 sore.
biasanya burung pemakan serangga yang hanya diberikan voer saja sering mengalami banyak problem...masalah bulu, kesehatan yang cenderung menurun dan menjadi kurang dalam mengeluarkan suara. (Moelsip)


Sangkar
Sangkar yang baik bagi Tledekan minimal mempunyai ukuran P:30x L: 30x T:50 cm, selain mudah dalam menempatkan pakan Tledekan yang cukup beraneka ragam, juga memungkinkan Tledekan untuk leluasa bergerak. Pada kasus burung sedang dalam kondisi mabung mencegah terjadinya kegemukan.
Kebersihan sangkar juga harus diperhatikan. Minimal dalam 2 hari sangkar dibersihkan dari kotoran (tinja) dan bekas makanannya. Kebersihan sangkar juga menghindari burung dari terjangkit penyakit.
Kelengkapan standar bagi sangkar adalah : tenggeran dengan kondisi saat burung bertengger maka antara kuku kaki depan dan belakang tidak saling bertemu (terkena), tempat makan dan minum bisa terbuat dari mika atau porselein dan tempat kroto.


Pemandian dan Penjemuran
Pemandian dan Penjemuran bagi Tledekan merupakan sarat mutlak, Penjemuran selain merupakan sumber vitamin D, penjemuran dan pemandian yang rutin juga dapat mematikan kutu yang terdapat pada burung dan kandang burung juga membunuh bibit penyakit yang ada dalam sangkar. Penjemuran yang baik dilakukan pada rentang waktu pukul 07 sampai 10 pagi dengan waktu berkisar 2-3 jam tergantung dari burung itu sendiri, jika burung telah tampak gelisah dan membuka mulutnya maka penjemuran dapat disudahi.


Mabung
Proses ganti bulu merupakan proses alami yang terjadi pada semua jenis burung yang biasanya terjadi karena perubahan kondisi yang mendadak atau memang burung memasuki masa pergantian bulu. Selain untuk merecovery bulu yang sudah usang dan tua pergantian bulu juga merupakan proses alami burung dalam menghadapi perubahan dan masa umur burung.

Pada saat ganti bulu burung akan mengalami suatu masa yang sangat menyiksa, pada saat seperti itu maka dibutuhkan perawatan yang lebih intensif. Burung akan lebih pasif, ada yang berhenti berkicau dan jika tidak dijaga dari udara jahat maka akan mudah terserang penyakit. Karena proses pergantian bulu maka burung akan lebih sensitif terhadap perubahan cuaca, maka burung harus ditempatkan pada ruangan dengan kondisi yang sejuk dan menghindari dari gangguan lingkungan seperti suara burung lain yang terlalu keras, kucing, 4NJ1NG, dan gigitan nyamuk dan suara bising lainnya serta angin jahat dan cuaca extreem.
Saat mabung merupakan saat yang tepat untuk memaster burung, karena pada masa ini burung menjadi pasiv. Mereka menyimak apa yang ada disekelilingnya, penggunaan kerodong juga berfungsi agar burung yang sedang dimaster tidak melihat masternya, karena beberapa burung enggan untuk menirukan suara master jika diketahui bahwa suara tersebut bukan berasal dari jenisnya. (Indraf)


tledekan juga mengalami proses mabung yang normal seperti burung2 lainnya. beberapa tledekan tmn2 mengalami mabung dengan cara nyulam..apa mungkin sebelum mabung, tledekan tsb mengkonsumsi nutrisi yg berlebihan atau dalam melakukan penjemuran terlalu over waktunya.. (anton tegal)


Ada baiknya jika kita memelihara burung ini tidak menempatkan posisi kandang berdekatan dengan burung fighter lainnya. Seperti Murai Batu atau Kacer atau burung jenis tledekan sendiri. Dikarenakan burung Tledekan walaupun bertubuh kecil namun mempunyai jiwa petarung sehingga walaupun pada awalnya burung ini akan saling bunyi bersahutan. (untuk menandakan daerah kekuasaannya). Namun secara jangka panjang akan merugikan karena dapat saja membuat mental burung ini menjadi Lemah karena berhadapan dengan burung dengan fisik yang lebih besar. Selain itu jika burung yang akan di lombakan secara terus menerus bersuara, maka ketika akan dilombakan burung tidak akan maksimal atau dalam istilah perburungan sering disebut Gembos. Jika terpaksa harus memelihara beberapa jenis burung fighter, baik jika dilakukan pengaturan jarak dan sudut pandang. Agar burung tidak saling melihat. (berbagai sumber)


Mohon Share untuk penambahan materi. beberapa kalimat saya edit semoga tidak merubah esensi.

salam

ben
10 August 2007, 10:35 AM
waduuh.. top banget nih.. emang hebat chief yang satu ini..

Indraf
10 August 2007, 10:35 AM
hayooo... jangan dianggurin.. he he he.. tambahin dong materinya... kritik dan sarannya... minimal GEF-nya... hua ha ha

Ryo_Chandra
10 August 2007, 11:16 AM
Jujur aku jadi inget,burungku yg aku cinta...hihihi..
T O P Dah om...
Good info..

tatanka
10 August 2007, 01:23 PM
Kriterianya dah sama..;)) dah tinggal diphoto neeh :D buat minta pendapat..;;)

sarp
10 August 2007, 02:10 PM
mantep banget om, laler ijo meluncur deh
lebih mantep lagi kalo kita-kita di kasih burungnya buat belajar ngerawat hehehe....

ANGGA NAS-GOR
10 August 2007, 02:50 PM
wuuuiiihh...jadi pengen ambil punya temen nich...

kemarin ditawarin barter kenariku vs tledekan...suaranya....tembus tapi
kurang rawatanya.............gimana ya...????

j03n
10 August 2007, 08:22 PM
gimana nich caranya bikin tledekan supaya bisa teler?
soalnya sy pernah 2 kali ngerawat tledekan
dengan komposisi makan jangkrik 10-15 (jumlah total)
kroto 1sdk teh
tapi hasilnya dia waktu dicoba kok ngga bisa teler ya? loncat sana loncat sini???

trus ada yang bilang tledekan supaya powernya keluar harus di kasih jangkrik sebanyak2 nya (bener apa ngga sich??)

thx atas sarannya

MK21
10 August 2007, 09:12 PM
Menurut pendapat saya perawatan tledekan perlu konsistensi yang tinggi dalam menberikan makanan, jemur dan mandi. Kalau pola yang sudah terbentuk dapat diteruskan dalam jangka panjang akan menghasilkan tledekan yang bagus. Tidak ada patokan harus berkonsumsi EF yang jumlahnya tertentu. Yang paling penting : nutrition yang balance.

Imam Setiawan
14 August 2007, 09:37 AM
weh sepp nech CI terbang om, tankap ya!

ARYA
28 August 2007, 11:44 AM
waduh sip tenan, joss......mo nambahin aja kalo tledekan ada yang badannya besar dan kecil, trus ada juga yang dadanya separuh putih, separuh coklat ( kemben ), sepenuhnya coklat ( wulung ). masing-masing punya keunggulan dan kekurangan.
1. Badan besar dan wulung: biasanya volume keras, kasar2, tapi gak ngerol dan jarang yang bisa tarung anteng apalagi sampe nyeklek. mental tergantung bawaan lahir.
2. Badan kecil dan kemben: biasanya volume rata2, ngerol, tapi biasanya bisa tarung anteng bahkan tak jarang yang langsung nyeklek.
3. Ciri tambahan yang kumisnya teges biasanya mentalnya bagus, selain mata yang tajam dan wajah yang garang.
sekian aja moga bermanfaat, mohon maaf kalo ada yang salah .;) ;) ;)

zorro
28 August 2007, 10:24 PM
Nambahin dikit ya Om...
1. Tledekan dengan Body yang agak pendek dan bongkok (punggung membusur) biasanya lebih nyeklik dan stabil tarungnya.biasanya tubuh burung yang seperti ini agak kecil.
2. Tledekan dengan body yang panjang dan punggung yang datar lurus biasanya susah nyekliknya dan kurang stabil tarungnya, banyakan loncat dan ngruji. burung dengan ciri seperti ini biasanya agak besar.

Perawatan Tledekan klo menurut saya cukup mudah...Karena burung ini pada dasarnya burung yg lebih banyak menyukai suasana lembab dan teduh (karena didaerah saya dulu biasanya burung ini banyak terdapat dan bersarang di rerimbunan semak dipinggir jurang ditepian sungai dan di pohon2 bambu yang rimbun dipinggir2 sungai juga) maka untuk penjemuran menurut saya cukup sampai badan burung hangat saja sekitar 30 mnt.dan untuk EF sebagai penunjang agar tledekan rajin bunyi dan menghasilkan suara yang los alangkah baiknya jatah voor dibatasi hanya sekitar 20 butir sehari saja atau bahkan ditiadakan sama sekali dan diganti full kroto sebagai makanan pokoknya.plus jangkrik dan madu pada air minumnya....

Sekian Om dari saya...(hanya berdasarkan pengalaman pribadi)
Mohon maaf dan mohon dikoreksi klo ada yang salah.Maklum hanya mania Kampung...


Salam hangat...untuk KMer's

amild
29 September 2007, 07:29 PM
Ehem numpang lewat, klo ada yg punya tledekan bagus mo dilepas, dgn senang hati saya akan membelinya boleh via pm ato sms 0815-99-59-805.
Soal harga mah gampang asal kualitas ok, harga pasti ngikutin hehehe.
Sorry OOT.

Mr_Pik
9 October 2007, 09:06 AM
komplit deh.......

arkan rusdy
31 October 2007, 01:09 PM
Edan...........pakar Tledekan kumpul semua................. seneng membaca tips yang bervariasi.............

Mantab semua...........
Cojend, mborong terus nich...............
Met kenal om Anton Tegal......

Setahu saya kalo tledekan nagen.........sejak muda sudah nagen lho.......
memang tidak stabil.........tapi nagenya sudah kelihatan jelas..........

Saya sedikit tanya nich............gimana mengembalikan mental tledekan yang drop karena kalah tarung...........

Apes..........tledekan muda nagen banget kaya "killer"..............drop......
Dirumah gacor....kepalanya sampe dongak ke belakang..........eh di lapangan bulunya njabrik kayak kacer mbedesi...........


Sorry OOT..............

rusdy

bintang_libra
25 November 2007, 11:18 PM
lam knal mas...
daku bintang

ku naksir tledekanmu mas ;)
gambarnya keren

infonya lengkap, ntar ku jg mau cari tledekan yg ciri2nya kya di atas...

ku fans bgt ma burung satu ini...suaranya ' classic ' bgt buat di dengerin seharian

viva tledekan dech :x

bintang_libra
25 November 2007, 11:24 PM
bang copj3nd, klo mau dapet tledekan yg masi ngloloh itu dimana??? harganya sekitar brapa yach...

soalnya saya dpt tips klo dirawat dr piyik a.k.a trotol bayi itu pasti bisa nyeklek...bener ga sech...

maap klo ada ksalahan

thanks
:)

fian
26 November 2007, 10:04 AM
lam knal mas...
daku bintang

ku naksir tledekanmu mas ;)
gambarnya keren

infonya lengkap, ntar ku jg mau cari tledekan yg ciri2nya kya di atas...

ku fans bgt ma burung satu ini...suaranya ' classic ' bgt buat di dengerin seharian

viva tledekan dech :x
bang copj3nd, klo mau dapet tledekan yg masi ngloloh itu dimana??? harganya sekitar brapa yach...

soalnya saya dpt tips klo dirawat dr piyik a.k.a trotol bayi itu pasti bisa nyeklek...bener ga sech...

maap klo ada ksalahan

thanks
:)

Nak Bintang sudah berkenalan di forum perkenalan belum ya...., biar sama -sama enak gitu .... ganti... !
BTW lam kenal juga dari saya.
OK kenalan dulu di forum perkenalan, nanti diskusinya dilanjutkan... :D
Salam

anton tegal
27 November 2007, 09:20 PM
salam kenal buat Om Amild, Arkan Rusdy, Bintang Libra n Fian....
Mohon maaf apabila akhir2 ini saya jarang muncul..., tapi kebetulan saya sedang banyak pekerjaan...maklum kuli,jadi harus nunut..., semoga Om2 para penggemar tledekan dapat memakluminya.... saya pribadi senang sekali, sekarang tledekan makin ramai saja baik dilatber, lomba regional maupun nasional... ini juga pasti tidak lepas dari andil Kmers sebagai penggila tledekan dlm turut serta meramaikannya... semoga kelas tledekan dijabodetabek khususnya dan indonesia pada umunya semakin ramai dan bisa dibuka 2 kelas atau bahkan lebih...

anox
29 November 2007, 12:15 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya

ben
29 November 2007, 02:22 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya


Kalo udah masuk forum perkenalan lebih enak lagi dehh. Dijamin...8-> 8-> 8-> 8->

ndoro agung
29 November 2007, 02:37 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya

Wealahhhh.....kang,Bos,mbah...masuknya jangan lompat jendela dongggggggg..........lewat pintu depannn..ye mnagp ye bosssssss????..eh.ehhhhhhh^:)^ ^:)^ =)) =)) %-( >:D< >:D< >:D< >:D< :-w :-w :-$ :-$

Sugeng WKm
29 November 2007, 02:50 PM
Bro Indraf.. wah jadi pengen punya ngeledekin nih...
Btw.. monggo kalau ada yg mau nambahin...

Indraf
29 November 2007, 03:11 PM
ayooo tambahan materinya... biar komplitttt....

ervin
22 January 2008, 01:05 PM
om saya ditawari TL nagen tp tidak nyeklek.... Gmn ya om???
Ceritanya saya sm temen nyari2 TL di pasar burung. trus ada pedagang bilang punya TL yg bagus dirumahnya.
Terus saya ikut kerumahnya liat tu burung.
Sampenya dirumah tu TL biasa aja, cm tak liat di kakinya memang sudah masuk umur..
trus pedagang tadi ngeluarin satu lg TL buat liat tarungnya burung td.
TL yg berikutnya masih muda terlihat dr kakinya. Trus keduanya tarung..
Nah terliat jelas TL yg muda bunyi sambil loncat2.. Dan yg TL tua bunyi ngeroll bagus!..
selama TL muda bunyi loncat2, lama kelamaan TL tua td ngeroll panjang nagen!
nah saya tunggu agak lama suara TL nagen ngeroll jg oke.. Tapi sayang tidak nyeklek juga padahal sudah lama.. tp tl itu bener2 anteng dan ngisi terus..

Nah menurut om bagaimana ya ttg TL ini? apa baiknya saya beli? bisa kah burung tledekan ngeroll nagen tp tidak nyeklek bisa jadi juara di kontes????

anton tegal
22 January 2008, 08:01 PM
to om ervin:...
TL yang bagus memang harus nyengklek dan mengeluarkan suara ngerol dan sesekali keluar tembakan, tapi untuk penilaian TL di lomba sekarang, para juri lebih selektif & teliti... apabila dlm suatu lomba terdapat 2 burung yg menjadi nominasi juara, burung yg pertama nyengklek tapi irama lagu kurang dan brng yg kedua tidak nyengklek tp irama lagu lbh bagus... menurut sy juri lebih memilih brng yg kedua untuk menjadi juara...

Ryo_Chandra
23 January 2008, 03:04 PM
to om ervin:...
TL yang bagus memang harus nyengklek dan mengeluarkan suara ngerol dan sesekali keluar tembakan, tapi untuk penilaian TL di lomba sekarang, para juri lebih selektif & teliti... apabila dlm suatu lomba terdapat 2 burung yg menjadi nominasi juara, burung yg pertama nyengklek tapi irama lagu kurang dan brng yg kedua tidak nyengklek tp irama lagu lbh bagus... menurut sy juri lebih memilih brng yg kedua untuk menjadi juara...

Harga kisaran berapa bro,burung yg seperti ini..he3x..8-| 8-|
ane dari dulu juga sudah seneng sama burung yg satu ini...cuma belum ada yg jodoh..#-o #-o
Btw dirumah ada banyak nyelip satu dong.:-" :-" ..he3x..pasti jaminan dahsyat...:P

santoso budi
24 January 2008, 10:58 AM
Untuk perawatan harian TL apa harus diberi EF kroto ya om ? gimana klo kroto cuma sekali waktu, tapi jangkrik ditambahi soalnya repot klo pas kroto sulit dipasaran bisa berminggu-minggu gak ada kroto. maaf pertanyaanya maklum masih awam dengan burung yang satu ini, pingin pelihara tapi takut malah nyusahin diri sendiri dan nyiksa burung kesayangan

anton tegal
31 January 2008, 09:13 PM
Harga kisaran berapa bro,burung yg seperti ini..he3x..8-| 8-|
ane dari dulu juga sudah seneng sama burung yg satu ini...cuma belum ada yg jodoh..#-o #-o
Btw dirumah ada banyak nyelip satu dong.:-" :-" ..he3x..pasti jaminan dahsyat...:P

pan biasa main ke rmh om rio, ane ada 9 ekor TL om rio... buat om rio mah aman2 aja... eh..eh..eh

anton tegal
31 January 2008, 09:24 PM
Untuk perawatan harian TL apa harus diberi EF kroto ya om ? gimana klo kroto cuma sekali waktu, tapi jangkrik ditambahi soalnya repot klo pas kroto sulit dipasaran bisa berminggu-minggu gak ada kroto. maaf pertanyaanya maklum masih awam dengan burung yang satu ini, pingin pelihara tapi takut malah nyusahin diri sendiri dan nyiksa burung kesayangan

ndak pa2 om, dalam perawan sehari-hari TL memang harus diberikan EF Kroto minimal sekali dalam sehari...., kalo memang susah mendapatkan EF Kroto, coba om beli krotonya agak dilebihkan.... misal om beli 1 ons..lalu kroto dibersihkan semut & kotorannya sampai putih bersih, setelah bersih kemudian tempatkan dlm besek yg sdh dialasi kertas koran setelah itu bungkus besek dgn plastik kresek... lalu simpan di dlm kulkas, utk 1 ons kroto bisa utk 3-4 hr om (1 ekor TL)...

PC
4 February 2008, 11:26 PM
om... anis binbin kan termasuk jenisnya ya?
Saya punya satu tapi yang satunya lagi toet. Toetnya udah bernyanyi aktiv dan bagus. Apakah ada pengaruhnya buat anis binbin saya om?
jadi harusnya gimana?
Kebetulan anis binbin saya gak mau voer, jadi gak masalah ya? cukup jangkrik dan kroto?

blih_totok
9 February 2008, 01:16 AM
Iya memang punya tledekan itu asyik..bini ane plg sueneng tuh dg burung yg satu ini..maklum dari banyumas yg mmg buanyak banget di sana
Sekitar th 1997an ane msh sk berburu (mikat) jenis ini krn gampang bgt
Pokoknya taruh tledekan yg gacor sekelilingnya kasih perekat dan jaring
Udah tinggalin aja kira2 jarak 100 meter sambil merokok barang 2 batang
Tinggal tengokin, sdh banyak tuh Tledekan yg masuk perangkap he3
Pantesan gampang ilang ini burung ya..

Satu lagi kelebihan burung ini adalah meskipun didpt dari hasil tangkapan hutan tak peduli sdh tua, asal cukup makanannya pasti bunyi tuh burung
Dan yg pasti suaranya yg mengalun di pagi atau sore hari bikin hati ini mak nyosss..belum lagi kalo pas moncer..huenak tenan he3
Tul nggak om Jimi/MK21? he3

Iwan Dwi
9 February 2008, 11:14 AM
tledekan ya......hemm...apalgi yg nyeklek+ngeroll ampe jatuh mantaf tuh Om BT. (he3x)

Ryo_Chandra
11 February 2008, 01:06 PM
wuih mantaf ilmunya...metu kabeh...
ok,klo memang harus kroto..lalu porsi jangkriknya gimana bro,yg bagus..pagi_sore berapa.?
katanya klo EF nya ga bagus bikin bulu jadi kusam ya,caranya bagaimana supaya bulu itu tetap cerah kaya punya om copjen.(gambar di awal)..pernah punya tp bulu ga bisa cerah,,please masukanya om..
btw bro..sejak kapan ente jadi gondrong begitu,maniez bener senyumnya...he3x...sory OOT dah..
Brewoknya baru dicukur ya...he3x..
Peace wae ah..

slam
12 February 2008, 08:56 PM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80% seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.

Waah.... tledekan ane sebagai penghuni baru padepokan, ciri2 nya seperti yg disebutin om CJ neeh..... \:D/ \:D/

cj
12 February 2008, 10:44 PM
Wah sdh go public nih Mr. Kemarimaniak, kapan2 bisa ditemuin Tledekan ane yg saya rawat dr Trotol ....

PC
13 February 2008, 12:51 AM
Good...top pisan ulasannya.
Nambahin yang pak, sebagus-bagusnya tledekan, alangkah lebih bagus yang asli tangkapan alam daripada penangkaran. Di tasikmalaya atau priangan, tledekan banyak, dengan harga mulai 30rb/trotol - 500rb yang siap adu. Dengan catatan usia tledekan tangkapan maksimal trotol, masih piyik-an. kerja kerasnya cuma supaya agak jinak aja gimana?
Aku sendiri, punya tledekan trotol tapi masih giras, sedang dicoba dengan cara dimandiinnya dengan tangan, disuapin dan dtempatkan dikeramaian lalu lalang orang. Tunggu aja hasilnya 2 mingguan lagi, pasti di posting.
Kalo bodi, dll ulasan kang CopJ3nd top markotop pisan.:-? :-?

slam
13 February 2008, 11:16 AM
Wah sdh go public nih Mr. Kemarimaniak, kapan2 bisa ditemuin Tledekan ane yg saya rawat dr Trotol ....

sip my bro... kapan2 kita trek di JJ ato di kukusan yaah...

tledekan ane juga piara dari piyik tuh bro CJ.. skrg aje baru ganti bulu2 nya..masih ada bulu2 trotol dikit... tapi mental udah uedan... volume kenceng, nyeklek nya uenak, dan isian nya komplit...

LeoN0211
13 February 2008, 11:38 AM
sip my bro... kapan2 kita trek di JJ ato di kukusan yaah...

tledekan ane juga piara dari piyik tuh bro CJ.. skrg aje baru ganti bulu2 nya..masih ada bulu2 trotol dikit... tapi mental udah uedan... volume kenceng, nyeklek nya uenak, dan isian nya komplit...

OOoo...punya tledekan jg toch..sejak kpn bro Slam...
perasaan ane ga pernah liat tuch...padhal sdh 2 tkp ane singgah..hehehhe

slam
13 February 2008, 12:54 PM
kekekeke.... iya neh bro kamal...
baru dapet 3hari yg lalu...tadinye punya temen ane, pelihara dari piyik...trus kemarin itu dibarter sama LB mata merah...hehehe...

LeoN0211
13 February 2008, 01:13 PM
kekekeke.... iya neh bro kamal...
baru dapet 3hari yg lalu...tadinye punya temen ane, pelihara dari piyik...trus kemarin itu dibarter sama LB mata merah...hehehe...
boljug...ntar bs di pantau ....

Adhika KP
19 February 2008, 12:43 PM
Salam kenal Mas Indraf'.....
saya Adhika KP penggemar baru/pemula burung tledekan dan baru mencoba memelihara 1 (satu) ekor burung "tledekan gunung" bahan masih berbulu piyik (trotol) untuk tepat berapa umur burung tersebut saya tidak tahu persis, tetapi sudah makan voer sendiri.
Yang ingin saya tanyakan adalah :

1.Perawatan pakan,extrafooding,mandi/jemur untuk bu
rung piyik trotol apa sama dengan cara merawat harian
burung tledekan pada umumnya?
2.Saya juga memelihara burung Kacer yang sudah gacor,
apa boleh sangkar kedua burung ditempatkan bersebe
lahan walaupun menggunakan kerodong (kain penutup)?
3.Jenis burung apa saja untuk dijadikanmaster burung tle
dekan?

Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Mas Indraf untuk berbagi pengalaman serta pengetahuannya perihal memelihara dan merawat burung tledekan kepada kami khususnya saya selaku penggemar burung jenis ini.

wasalam
Adhika KP :D

Ony T
6 March 2008, 09:25 PM
Sama om andhika,Sya juga mau tanya master tledekan yang bgs apa? Klo dikasih jenggot bisa ngangkat gak? Matur nuwun..............

Nugrah_P
10 March 2008, 11:46 AM
Om rio harga tledekan bakalan di smg kisaran brp om?

PC
18 March 2008, 03:51 PM
Om indraf, saya sudah sukses lho punya tledekan bagus. Itu semua saya coba memilih dan merawatnya sesuai dengan Tips om indra. Paling juga ada tambahin dan kurangin dikit om......

farul riski
24 March 2008, 01:24 PM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80&#37; seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.
maaf ohm QJ
saya mo nanya????
Bagusan mana TL yang dadanya merah bata polos sampe pantat apa yang separuh warna putih.
Trims

dharmoe
13 April 2008, 01:16 PM
om... mo nanya nih. aq punya TL cuma warnanya gak sperti pic yg diatas.
warnanya biru tua agak ke unggu bgitu lho om. itu jenis TL dari mana om ?

lee_ali80
21 April 2008, 05:49 PM
ane entar malam coba foto tledekan baru ane ach, mudah2an mau berpose di tangkringan
untuk sementara ane pake kandnag buat burung shanma kandang bulat ukuran diameter 30 tinggi ada 90 cm cocok nggak yach?
kok malah oot sich besok ane buka thread baru aja

anton tegal
30 April 2008, 07:24 PM
maaf ohm QJ
saya mo nanya????
Bagusan mana TL yang dadanya merah bata polos sampe pantat apa yang separuh warna putih.
Trims

sebenarnya klo menurut saya... warna bulu dada TL tdk mempengaruhi bagus tdknya TL.... tapi setelah saya amati di gelaran2 yg melombakan kelas TL, TL yg mempunyai bulu dada merah bata polos yg sedikit unggul drpd TL yg separuh putih warna didada...
mhn maaf bila saya salah om.. tq

anton tegal
30 April 2008, 07:25 PM
om... mo nanya nih. aq punya TL cuma warnanya gak sperti pic yg diatas.
warnanya biru tua agak ke unggu bgitu lho om. itu jenis TL dari mana om ?

Menurut kebanyakan org... TL Om di sebut sebagai TL laut..

Indraf
12 November 2008, 10:54 AM
master untuk tledekan apa ya om

master untuk tledekan bisa dikatakan hampir sama dengan master untuk MB om.

CJ, Cililin, Parkit, LB, Jangkrik dll

anomhidayat
12 November 2008, 11:42 AM
master untuk tledekan bisa dikatakan hampir sama dengan master untuk MB om.

CJ, Cililin, Parkit, LB, Jangkrik dll

setuju sekaleee om, Tl ane masuk tuh isiannya seperti begono

m.vidiyanto
29 November 2008, 01:28 PM
Cara bikin tledekan bisa duduk dan ngeply gimana?

agusmibu
4 December 2008, 07:14 PM
Salam Kicau Mania,...
maaf sebelumnya,..saya anggota baru dan pemula di dunia perburungan ini,..sudilah kiranya tuk para rekan,senior & pakar kicau mania memberi pencerahan,...
setelah hampir 2 bulan lamanya saya mencari kriteria ciri2 tledekan,(seperti yang di kutip Oleh Om Indraf,.) Akhirnya saya dapat juga,..tapi masih muda, karena masih ada bulu batiknya (bulu berwarna coklat motif seperti batik),.

Dan yang saya tanyakan adalah;
1. apakah benar Jika TL terlalu jinak dapat mengurangi gaya tarungnya pada
saat dilapangan nantinya?
2. apakah TL sama juga dengan MB,saat tarung, usia harus cukup/sisik di kaki
harus tebal?
3. dapatkah TL di master dngan masteran kaset/CD?

pencerahan dari Rekan2,senior & pakar di forum ini,saya harapkan.

Thank's
B & R

Mibu'

Badwolf
11 December 2008, 01:37 AM
Mudah2an dg mengisi polling ini tl ku jadi guacorrrrrrrrrrrrrrrr

ndoro agung
23 February 2009, 08:46 AM
Salam Kicau Mania,...
maaf sebelumnya,..saya anggota baru dan pemula di dunia perburungan ini,..sudilah kiranya tuk para rekan,senior & pakar kicau mania memberi pencerahan,...
setelah hampir 2 bulan lamanya saya mencari kriteria ciri2 tledekan,(seperti yang di kutip Oleh Om Indraf,.) Akhirnya saya dapat juga,..tapi masih muda, karena masih ada bulu batiknya (bulu berwarna coklat motif seperti batik),.

Dan yang saya tanyakan adalah;
1. apakah benar Jika TL terlalu jinak dapat mengurangi gaya tarungnya pada
saat dilapangan nantinya?
2. apakah TL sama juga dengan MB,saat tarung, usia harus cukup/sisik di kaki
harus tebal?
3. dapatkah TL di master dngan masteran kaset/CD?

pencerahan dari Rekan2,senior & pakar di forum ini,saya harapkan.

Thank's
B & R

Mibu'

Sekedar nimbrung
1.Tidak juga ,biar jinak klo dah ngadepin lawan ngotot tetep kok (Tapi usahaken jng jinak2 amir dahhhhhh..baeknye seh jinak2 lalat geto..itu kate Master2 TL yg pernah ane tanya).

2.Kate pakar2 begitu tapi Ane ada pengalaman TL umur 9bl nan belum pernah mabung sekali turun nyabet juara 4 sampai sekarang tetep langsanan juara biarpun sdh pindah ke tangan ,,silahken cek dng Om GOODS(Citut) pemilik TL Joko tarub itu TL ex debutan ane yg 9bln sdh di ajak ngamen.

3.Bisa asal kite kudu pinter2 atur vol yg lembut2 aje jg stereo
Wes sekedar nimbrung ma'af klo ga sesuai maklum PEMULA mohon koreksinye pakar2 semue.
:)>-:)>-:)>-:)>-:D:D:D:D8->8->8->8->

ndoro agung
23 February 2009, 08:52 AM
Cara bikin tledekan bisa duduk dan ngeply gimana?

Perawatan yg optimal dng EF yg memadai jg Perawatan yg terjadwal berkesinambungan.
Pemasteran yg cukup dng master2 handal
Latihan berkala,sesekali di trek untuk meningkatken PD nya syukur2 sekali2 di ajak jalan2 ke latber dng tempaan mental serta rawatan yg optimal setelah TL mencapai dewasanye hal di atas tidaklah sulit untuk di capai .
(jg PEMILIHAN bahan tl itu sendiri usahaken dari katuranggan vol jg sangat2 proposional jadi dng tempaan/didikan yg maksimal hasilnye jg memuasken)'
Mohon koreksinye Master2 TL/Pakar2 TL ane sekedar nyambung obrolan aje ma'af klo ga sesuai ..maklum sekedar pendemen TL anyaran :)>-:)>-:-*:-*:P:P:P:P:P

fordian
26 February 2009, 12:47 PM
tledekan itu sama dengan anis binbin ga?

tadi siang ke pasar burung sukahaji bandung, n ada yang mirip seperti pic di awal2 page...

thanks

ndoro agung
26 February 2009, 01:01 PM
tledekan itu sama dengan anis binbin ga?

tadi siang ke pasar burung sukahaji bandung, n ada yang mirip seperti pic di awal2 page...

thanks

Betullllllllll..kate orang sunda ANIS BINBIN

fordian
26 February 2009, 02:12 PM
Betullllllllll..kate orang sunda ANIS BINBIN


makasih atas infonya mbah NA...

tadi di pasar burung ada beberapa yang jual.. minta di atas 100rb an, n masih belum makan voer....


thanks

ar_rui
10 May 2009, 07:59 PM
iya semoga dg ikut mngisi poling ini tL ku jd gacor n harapannya forum TL akn smakin rame dlm berbagi n shering2 ilmu mslh TL :)

sava sasmito
12 May 2009, 12:39 PM
to om Ervin:
mau nanya, bagaimana ciri-ciri fisik TL yang mau nyeklek. trims atas jawabannnya

Indraf
21 May 2009, 03:44 AM
Salah satu moderator btanggung jawab pd forum yg digawanginya. Top deh.

moel_sip
22 May 2009, 05:05 PM
Salam KM..

Saya mau sedikit menambahkan tentang kehidupan burung TL di alam liar
Menurut hasil pengamatan saya ,ada beberapa jenis TL yang bisa di ketahui dari tempat habitatnya di alam lewat warna bulunya.

1. Hutan lebat.

TL dari daerah ini warna birunya cenderung biru tua/gelap.baik muda maupun tua,dan dari kelenturan bulunya yg cenderung lembut.kaki cenderung basah dan warnanya sedikit keputihan/kehitaman.

2.Hutan lebat dan berair.

TL ini hampir sama dengan yg di hutan lebat,perbedaanya ada di warna coklatnya yg agak pudar.

3. Hutan perdu/semak2

TL dari daerah ini sangat berbeda jauh dari yg ada di no1&2
Dari segi warna bulunya agak pudar dan kering dan kurang mengkilap.
warna kaki agak kering dan kemerahan.dari segi bentuk kelihatan kecil ramping2 dan panjang.karena terbiasa dengan hawa yg sedikit panas.dan terbiasa mencari makan di darat/tanah.

1 hal lagi,kalau ada TL yg paruhnya agak bulat/tebal...dia punya suara keras dan melengking,berbeda dengan yg punya paruh gepeng yg notabene ngebas.


Yang saya tulis diatas semua itu dari hasil pengamatan saya pribadi aja,mungkin dari rekan2 yang lain mau nambahkan yg lebih komplit.

suwun

Sapto_cx
29 May 2009, 11:48 PM
amin...........

risqidio
8 June 2009, 04:42 PM
kletekan Yes, gacor yes dan tetep sharing. hehe

masadi
16 June 2009, 07:41 PM
Amin jg Pak...

hokage-9
18 June 2009, 11:09 PM
Maaf Om....
mau nanya nich kebanyakan yg pelihara orang kok TL Bambu ya ? kok ga TL Laut ?
apa TL Laut itu tidak bisa fighter sprt TL Bambu om..?
sebab saya punya TL Laut udah rajin bunyi/gacor tp belum nyeklek ( masih trotolan ) dan belum pernah saya adu om...
kalo disuruh milih enakan pelihara TL Laut apa TL Bambu ya om ?
makasih atas informasinya

ndoro agung
19 June 2009, 07:50 AM
Maaf Om....
mau nanya nich kebanyakan yg pelihara orang kok TL Bambu ya ? kok ga TL Laut ?
apa TL Laut itu tidak bisa fighter sprt TL Bambu om..?
sebab saya punya TL Laut udah rajin bunyi/gacor tp belum nyeklek ( masih trotolan ) dan belum pernah saya adu om...
kalo disuruh milih enakan pelihara TL Laut apa TL Bambu ya om ?
makasih atas informasinya

Boleh nimbrung ga neh omm..ma'af sekedar pendapat pribadi ane aje.
Yup..Botul kebanyakan kicaumania demen TL bambu kenapa????..dibanding sodaranye yg di laut eh TL laut TL bambu buanyak plus2nye
1.Vol lebih dasyat(kencangggg getoo)
2.Untuk di lapangan saatini TL laut belum pernah ade yg memainken(ape ane aje yg belum lihat yahhh)
3.TL bambu gaya lebih oke dari sodaranye ya entu ngekleknye tadi booo
4.Isian lebih komplit bambunye dari pade lautnye(tingkat kecerdasan lebih ocre..kaya sekolah aje yahhh)
5.Fighternye TL bambu lebih uhuyyyyyy(kaya Mike Tyson aje)
Ya entu satu salahnye eh salah satunye kenafa TL bambu lebih di cinte..krn kadang kite pelihara rumahan macem ane suka iseng2 berhadiah kale aje jalan ke latberan dpt koncer ...getoo..looo..Lik..
Ya ma'ap neh buanyak ngawurnye ..silahken pakar2 TL inporrrrrrrmasinye yg zelas yeeeeee..:P:P:P:P:D:D:D

bedjoe
19 June 2009, 08:29 AM
Boleh nimbrung ga neh omm..ma'af sekedar pendapat pribadi ane aje.
Yup..Botul kebanyakan kicaumania demen TL bambu kenapa????..dibanding sodaranye yg di laut eh TL laut TL bambu buanyak plus2nye
1.Vol lebih dasyat(kencangggg getoo)
2.Untuk di lapangan saatini TL laut belum pernah ade yg memainken(ape ane aje yg belum lihat yahhh)
3.TL bambu gaya lebih oke dari sodaranye ya entu ngekleknye tadi booo
4.Isian lebih komplit bambunye dari pade lautnye(tingkat kecerdasan lebih ocre..kaya sekolah aje yahhh)
5.Fighternye TL bambu lebih uhuyyyyyy(kaya Mike Tyson aje)
Ya entu satu salahnye eh salah satunye kenafa TL bambu lebih di cinte..krn kadang kite pelihara rumahan macem ane suka iseng2 berhadiah kale aje jalan ke latberan dpt koncer ...getoo..looo..Lik..
Ya ma'ap neh buanyak ngawurnye ..silahken pakar2 TL inporrrrrrrmasinye yg zelas yeeeeee..:P:P:P:P:D:D:D


hehe mbah mbahe TL sudah turun gunung........maap Mbah Na emang betul kan :D SIP YESSSSSSSS :D :D :D :D

hokage-9
19 June 2009, 10:10 PM
Ok....
makasih banyak ya Om atas informasinya...kalo gitu TL Laut saya untuk master MB Trotolan saja,sebab saya jug apunya MB Trotolan Silangan ( Jantan=Malaysia + Induk=Medan Super ) masih usia 3 bulan Om jadi masih ngeriwik2 gitu.
Makasih banyak ya Om atas informasinya......semoga sukses selalu !

madream mesem
5 July 2009, 11:11 PM
thanks infonya...

ian1609
27 July 2009, 04:38 PM
Jln2 ke thread ini utk cari info ttg tledekan (anis bin2 sebutan di cimahi) ternyata memang tak salah, bgtu lengkap info yg didpt. Makasih utk semua yg udh sharing ilmunya ^:)^^:)^^:)^
Jd gak sabar pengen cepet2 liat TL dirumah bisa nyeklek, tp kok lama ya hrs nunggu usia 3 thn, jd mesti nunggu 1-2 thn lg nih.... Semoga sabar....<:-P<:-P

tazero
28 July 2009, 09:24 PM
ngk usah lama-lama om, punyaku ya ngk tua-tua amat tp udah mau nyeklek, yang penting setelan EF dan perawatannya di rutinkan

ferysonjaya
7 August 2009, 10:39 AM
Tolong donk kepada pakar2x tledekan saya punya tledekan laut setelah saya beli dan saya rawat beberapa bulan kenapa tledekan saya gak mau juga makan jangkrik cuma mau kroto dan veor aja kenapa ya

ndoro agung
17 October 2009, 02:29 PM
Tolong donk kepada pakar2x tledekan saya punya tledekan laut setelah saya beli dan saya rawat beberapa bulan kenapa tledekan saya gak mau juga makan jangkrik cuma mau kroto dan veor aja kenapa ya

Coba nimbrung ma'af klo ga sesuai
Coba om ukuran jangkriknye yg kuecil2 atau bisa jg di ganti dng UH ga masalah ga doyan jangkrik klo memang terpaksa sekali.
Krn TL tuk ef nya bisa di padukan bermacam2 kroto,UH,Ulat bumbung mana2 sekiranye guampang di cari pentinge cuocok tuk TL kite
Wes entu aje ah ikut nimbrung aje ma'af klo ga sesuai ane only Pemula yg lg gandrung TL

andi kentoenk
24 February 2010, 06:52 PM
om...om....om...ikutan tanya ya....
aku punya TL laut,baru beli sekitar 1mngg
nah ni yang mu aku tanyain....
gimana cara perawatan tiap hari agar TL ku cepat bunyi om

andi74
4 May 2010, 07:17 PM
ikutan nimbrung jg nih....kemarin di PB ada TL bambu, saya tunggu2 cuma ngeriwik aja...yg jual mintanya 250k, mahal ngga??
kondisinya sih ngga mulus2 banget, kayaknya lagi mabung...

dwidanikurnianto
4 May 2010, 08:47 PM
kalo TL lokal sama kalimantan bagusan mana ya? kalo body TL berpengaruh gak, karena waktu saya ke PB karimata ada TL yang badannya kecil (kata penjual dari kalimantan) & body besar(lokal kata penjualnya)?

kitir
6 May 2010, 09:35 PM
mau tanya nii booss TL bambu saya,kalo di dalamm rumah pada wakktu saya memasukkkan kroto tangan saya seringg di patokk,tetapi kalo sudah diluar rumah malhh TL bambu saya mlah takut/giras,mohon pencerahan nya,gimana cara mengatasinya...tuoolongg ya boss soalnya saya seneng banet sama TL saya...

ndoro agung
7 May 2010, 08:14 AM
Coba ikutan nimbrung ngobrol kale aje pas
1.Tuk Lik Andi agar TL cepet Bunyi Tentunye dng Perawatan maksimal dng Asupan Pakan yg Mumpuni Perawatan yg terjadwal rajin embunken,mandiken jaga kebersihan glontor EF Kroto segar jg jangkrik dll secara teratur klo TL dah dewasa Pasti segera mbaor2 klo msh setengah bahan minumannye di tambah dng LARUTAN GACOR SESUAI PETUNJUK KEMASAN.
2.Lik Andi 74 soal Harga Relatif tuk segitu dah termasuk mumer beli krn suka ga ada pagu harganye asala hati sueneng ya beli aje.
3.Secara PRIBADI ane lebih demen TL lokal selain body lebih Bongsor vol lebih guede sekale lage SECARA PRIBADI
4.Lik Kitir entu Tandanye TL lage BT=Birahi Tinggi kurangi Porsi EF nye rajin mandiken & embunken klo buat Jinak Gantangnye jng tinggi2 kire2 sebatas dada orang dewasa tapi HATI2 di disambar TIKUS
Wes entu aje dah jawab Borongan kali aje cocok ya maaf klo banyak ngwurnye yeeeeeeeeeeee

mas_bag's
14 June 2010, 04:41 PM
makasih buat infonya oom2 semua n para pakar tledekan

adera
22 June 2010, 12:49 PM
salam kenal pengghobi TL, 2 hari yang lalu ane bawa plng burung TL laut, waktu mantau brng tsb klhtan berdiri tegap & ngriwik, tadi pagi pas krodong dibuka dan di tempel sm colibri gacor burung bunyi kretekan kayak murai, apa tabiat burung tL juga spt itu trus apa burung TL juga bisa kncang suaranya?
mohon pnjelasannya, maklum bru punya TL & msh oot.
trim,s

ndoro agung
22 June 2010, 05:12 PM
salam kenal pengghobi TL, 2 hari yang lalu ane bawa plng burung TL laut, waktu mantau brng tsb klhtan berdiri tegap & ngriwik, tadi pagi pas krodong dibuka dan di tempel sm colibri gacor burung bunyi kretekan kayak murai, apa tabiat burung tL juga spt itu trus apa burung TL juga bisa kncang suaranya?
mohon pnjelasannya, maklum bru punya TL & msh oot.
trim,s

Yup Botul Lik ADERA ketekan TL mirip dng MB mangkanya TL ada yg bilang MB mini selain sama2 fighter jg vol yg lumayan tajam
TAPI untuk TL laut ga sekencang TL gunung ,sekencang2 nya TL laut msh kalah dng TL GUNUNG,ketekan suara itu memang suara khas TL.
Wes entu aje silahken Pakar per TL lan tuk koreksinye..:D:D

iwan.sn
30 June 2010, 01:15 AM
Salam,
seminggu yg lalu, aku punya momongan TL laut ( waktu pantau dipenjual udah gacor ) tapi skg macet walaupun makannya tetep kenceng & jinak :
1. apakah krn deket dg CI ( kebetulan punya momongan CI bakalan ) ?
2. sangkar pakai punya branjangan dg 2 tangkringan
3. mandi dg disemprot tiap jam 12.00, lanjut jemur ( maklum lagi nguli )
4. makan poer, jangkrik pg/sore 5 ekor.
mohon pencerahan dr om2 pakar TL, gimana rawat yg bener agar TL ngesong lagi. maklum pemula ( nol putul ) lagi kena " racun kicau "

andr328
1 July 2010, 01:56 PM
om ikutan tanya dong, w punya TL sedang mabung, gimana cara biar masa mabung nya cepat selesai?thanks yah om..om sekalian..

nubie
10 August 2010, 10:32 PM
nyeruput ilmunya om...mumpung mau pinang TL gunung, oya om2 pakar apa bener TL diajarin ngevoor? karena beresiko merusak kualitas suaranya apalagi kalo tuh TL dikacangin kenceng dibawah terik matahari.

musafak fany
4 September 2010, 10:35 PM
Sekedar nimbrung
1.Tidak juga ,biar jinak klo dah ngadepin lawan ngotot tetep kok (Tapi usahaken jng jinak2 amir dahhhhhh..baeknye seh jinak2 lalat geto..itu kate Master2 TL yg pernah ane tanya).

2.Kate pakar2 begitu tapi Ane ada pengalaman TL umur 9bl nan belum pernah mabung sekali turun nyabet juara 4 sampai sekarang tetep langsanan juara biarpun sdh pindah ke tangan ,,silahken cek dng Om GOODS(Citut) pemilik TL Joko tarub itu TL ex debutan ane yg 9bln sdh di ajak ngamen.

3.Bisa asal kite kudu pinter2 atur vol yg lembut2 aje jg stereo
Wes sekedar nimbrung ma'af klo ga sesuai maklum PEMULA mohon koreksinye pakar2 semue.
:)>-:)>-:)>-:)>-:D:D:D:D8->8->8->8->


mbah mw nanya dikkit
berapa harga tertingi untuk eli tledekan n harga tertinggi waktu jual tledekan:>

ndoro agung
5 September 2010, 02:06 PM
mbah mw nanya dikkit
berapa harga tertingi untuk eli tledekan n harga tertinggi waktu jual tledekan:>

Wadaww..berapa yahhhhhhhhhh???...laaaaaa...ane seh ga zelas..klo dah ngebet mesti tak sikat daripade ga bisa tidur...
Klo jual tertinggi berapa yahhhhhhhhh??...klo Barteran ame MOTOR MIO SOUL ..seh pernah..:P:P:P:P:P:P:P:P:P:P:D:D:D:D:D:D:D^:)^^:)^ ^:)^^:)^^:)^

bp
5 September 2010, 08:47 PM
izin ikutan ngintip sambil ya belajar om.

musafak fany
7 September 2010, 01:08 AM
Wadaww..berapa yahhhhhhhhhh???...laaaaaa...ane seh ga zelas..klo dah ngebet mesti tak sikat daripade ga bisa tidur...
Klo jual tertinggi berapa yahhhhhhhhh??...klo Barteran ame MOTOR MIO SOUL ..seh pernah..:P:P:P:P:P:P:P:P:P:P:D:D:D:D:D:D:D^:)^^:)^ ^:)^^:)^^:)^



edaaaan

andi74
27 September 2010, 12:48 AM
mau minta pendapatnya om....
berhubung saya masih pemula di TL...ngga bisa bedain mana yg lokal dan mana yg kalimantan... mendingan ambil yg mana ya??
kondisinya :
1. yg trotol lokal saya tungguin lama ngga ngeriwik sedangkan yg kalimantan ngeriwik terus
2. yg lokal dibuka 300k, yg kalimantan 280k
3. ada 1 lagi cuma 150k...tapi masih blingsatan

takutnya hanya akal2an si penjual jadi yg katanya lokal dibuka harga lebih tinggi

ndoro agung
27 September 2010, 07:50 AM
mau minta pendapatnya om....
berhubung saya masih pemula di TL...ngga bisa bedain mana yg lokal dan mana yg kalimantan... mendingan ambil yg mana ya??
kondisinya :
1. yg trotol lokal saya tungguin lama ngga ngeriwik sedangkan yg kalimantan ngeriwik terus
2. yg lokal dibuka 300k, yg kalimantan 280k
3. ada 1 lagi cuma 150k...tapi masih blingsatan

takutnya hanya akal2an si penjual jadi yg katanya lokal dibuka harga lebih tinggi

Sekedar saran klo Ane Pilih yg LOKAL
Apelage klo mau iseng2 berhadiah sekali2 di ajak ngamen yg Kalimantan blm setenar yg Lokal ga tau beberapa thn mendatang bisa jg lokal tergeser...(Lokal=Jawa) biasanye pedagang nyebut TL lokal ya TL asli Jawa ...begono kale yeeeeeeeeeeeeeeee

andi74
27 September 2010, 09:10 AM
Sekedar saran klo Ane Pilih yg LOKAL
Apelage klo mau iseng2 berhadiah sekali2 di ajak ngamen yg Kalimantan blm setenar yg Lokal ga tau beberapa thn mendatang bisa jg lokal tergeser...(Lokal=Jawa) biasanye pedagang nyebut TL lokal ya TL asli Jawa ...begono kale yeeeeeeeeeeeeeeee

oo...gitu ya om Ndoro...
satu lagi om...bisa minta advisenya utk ciri2 lokal dan kalimantan yg paling keliatan selain di body bongsornya diliat darimananya ya om ??
semalam saya udah buka2 thread TL tapi kok ngga ketemu perbedaan ciri2 fisiknya...
yg keliatan dari luar aja om, tanpa harus megang burungnya...ntar penjualnya ngambek

Black Venomixion
27 September 2010, 09:36 PM
meski dah dibaca berkali-kali,thread om Indraf gak ngebosenin .... :D

tazero
28 September 2010, 12:33 AM
wah pak liek jan ampuh wessssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss sss

masno
26 March 2011, 11:46 AM
tips/Triknya TL spya bsa cepet Ngeplong donk....

sinc_onk
29 March 2011, 01:17 PM
tips/Triknya TL spya bsa cepet Ngeplong donk....

pengembunan tiap subuh...

rajul
3 August 2011, 08:56 PM
saya sudah 2kali mencoba memelihara tledekan bahan, namun 2kali juga gagal, pasalnya setelah 3hari TL modar, untuk pakan saya kasih voer halus malau dicampur ulat hongkong, kira kira bagaimana cara perawatan TL bahan agar awet lalu pakan apa yg cocok pada usia muda tsb, dan bagaimana penempatan pakannya ? awalnya TL yg saya beli sehat dan cerewet

rajul
3 August 2011, 09:01 PM
saya sudah 2kali mencoba memelihara tledekan bahan, namun 2kali juga gagal, pasalnya setelah 3hari TL modar, untuk pakan saya kasih voer halus malau dicampur ulat hongkong, kira kira bagaimana cara perawatan TL bahan agar awet lalu pakan apa yg cocok pada usia muda tsb, dan bagaimana penempatan pakannya ? awalnya TL yg saya beli sehat dan cerewet
oh iya saya beli bahan TL di PB pramuka jakarta Rp. 70.ribu, malem saya kerodong pagi s/d sore saya jemur dan angin anginkan.

tazero
3 August 2011, 10:00 PM
saya sudah 2kali mencoba memelihara tledekan bahan, namun 2kali juga gagal, pasalnya setelah 3hari TL modar, untuk pakan saya kasih voer halus malau dicampur ulat hongkong, kira kira bagaimana cara perawatan TL bahan agar awet lalu pakan apa yg cocok pada usia muda tsb, dan bagaimana penempatan pakannya ? awalnya TL yg saya beli sehat dan cerewetJangan pake ulat hongkong buoz, kagak kuat tuh TL, coba voernya campur ama ulat kandang, diselingi jangkrik, kalo dah mau voernya, bisa di lepas ulat kandangnye,moga bermanfaat!

rajul
5 August 2011, 10:34 PM
Jangan pake ulat hongkong buoz, kagak kuat tuh TL, coba voernya campur ama ulat kandang, diselingi jangkrik, kalo dah mau voernya, bisa di lepas ulat kandangnye,moga bermanfaat! oke nanti dicoba tipsnya, skarang saya mencoba bangkit kembali dengan membeli yg agak lebih tua usianya, coz yg kemaren msh piyik bgt

onyenk
19 September 2011, 01:01 AM
maaf ikut nimbrung ya...
ada yang pernah punya TL dr sumatra (lampung) ...? karakter burungnya gmn ya....?

ari_trucuk
20 September 2011, 01:55 AM
oh iya saya beli bahan TL di PB pramuka jakarta Rp. 70.ribu, malem saya kerodong pagi s/d sore saya jemur dan angin anginkan.

Om,,di Pramuka kios sebelah mana ya TL bahan yg harga segitu?? mohon dengan sangat infonya ya.. :(

Buat Om Mod, maaf klo OOT dikit.. Lg ngebet mo bli TL soalnya..:)

yan cilacap
8 November 2011, 01:42 PM
Wadaww..berapa yahhhhhhhhhh???...laaaaaa...ane seh ga zelas..klo dah ngebet mesti tak sikat daripade ga bisa tidur...
Klo jual tertinggi berapa yahhhhhhhhh??...klo Barteran ame MOTOR MIO SOUL ..seh pernah..:P:P:P:P:P:P:P:P:P:P:D:D:D:D:D:D:D^:)^^:)^ ^:)^^:)^^:)^

saya pernah lihat TL dimahar 40 juta cass

safaraz
11 December 2011, 10:40 PM
poro dolor bagi ilmu gmn bedakan TL jantan/betina saat masih trotol

tazero
16 December 2011, 09:23 PM
poro dolor bagi ilmu gmn bedakan TL jantan/betina saat masih trotolKlo betina ngk muncul warna biru2nya di ekor om,dominasi coklat khijau2an,klo jantan mesti yang berubah biru di ekor duluan,kayak siluet gitu..

endifa
2 February 2012, 01:29 PM
Mohon pencerahan Om
d rmh pnya Pentet, Ciblek, Kenari, Tledekan,
gmn letak posisi kandang yg enak biar Tledekan aneh ga down,,??

tazero
11 February 2012, 10:48 PM
[QUOTE=endifa;893810]Mohon pencerahan Om
d rmh pnya Pentet, Ciblek, Kenari, Tledekan,
gmn letak posisi kandang yg enak biar Tledekan aneh ga down,,??[/QUOTEYang pasti jangan deket2 cendetnya bro, klao yang lain sih oke2 aja,bisa ke isi TL nya... .:good:.

ari_trucuk
12 February 2012, 12:31 AM
Mohon pencerahan Om
d rmh pnya Pentet, Ciblek, Kenari, Tledekan,
gmn letak posisi kandang yg enak biar Tledekan aneh ga down,,??

Posisi gantang ngikutin penyebutan Om di atas aja dah bagus kok,,Om.. Pentet, Ciblek, Kenari baru tledekan.. Semoga membantu..

tazero
7 September 2012, 08:00 PM
Wah wah,ajang buat TL sekarang di malang raya udah mulai sepi nih om,jadi bingung mo menampilkan momongan juara di rumah....:mumet:

ario.hidayat
25 October 2012, 11:53 AM
om punten numpang tanya, saya baru mau ngambil ledekan ada 2 pilihan om

ledekan 1
- badan nya panjang ramping tapi paruh pendek tebel
- warna birunya udah hampir rata
- udah ngiriwik dan ngeplong juga,,
ledekan 2
- badan kecil bulet pendek
- paruh lebar tapi gepeng
- masih trotol tapi udah ngriwik kalo kepancing sama ledekan yg 1 suka ikutan juga bunyi

baiknya yg mana ya om? bingung..

tombas
25 October 2012, 06:18 PM
klo saya pribadi,, pilih nomer 1 om

tazero
28 October 2012, 10:16 AM
om punten numpang tanya, saya baru mau ngambil ledekan ada 2 pilihan om

ledekan 1
- badan nya panjang ramping tapi paruh pendek tebel
- warna birunya udah hampir rata
- udah ngiriwik dan ngeplong juga,,
ledekan 2
- badan kecil bulet pendek
- paruh lebar tapi gepeng
- masih trotol tapi udah ngriwik kalo kepancing sama ledekan yg 1 suka ikutan juga bunyi

baiknya yg mana ya om? bingung..

bagus paruh lebar om,suara nya lebih manatap klo udah berani teriak,tinggal settingan nya aja

ario.hidayat
30 October 2012, 12:29 PM
bagus paruh lebar om,suara nya lebih manatap klo udah berani teriak,tinggal settingan nya aja

tq om tazero akhirnya saya bulatkan ngambil ledekan no 2, yang paruh nya lebar kaya bebek, walo badan nya kecil bulet pendek, sekarang doi masih trotol tapi sudah keluar warna biru2nya,,,kadang pagi2 udah mulai triak2 kalo siang-sore cuma ngriwik2 kasar aja,,,

tazero
30 October 2012, 10:59 PM
tq om tazero akhirnya saya bulatkan ngambil ledekan no 2, yang paruh nya lebar kaya bebek, walo badan nya kecil bulet pendek, sekarang doi masih trotol tapi sudah keluar warna biru2nya,,,kadang pagi2 udah mulai triak2 kalo siang-sore cuma ngriwik2 kasar aja,,,

Yang pasti jangan di biasakan ulet kandang om,biar di setting jangkrik ama kroto aja,kroto kosong,jangkrinya di tambah,he he,klo bs usahakan mau voer, biar ngk kawatir klo di tinggal lama :angkat-jempol:

ario.hidayat
31 October 2012, 11:08 AM
Yang pasti jangan di biasakan ulet kandang om,biar di setting jangkrik ama kroto aja,kroto kosong,jangkrinya di tambah,he he,klo bs usahakan mau voer, biar ngk kawatir klo di tinggal lama :angkat-jempol:

voer halus mau om warna hijau, tapi kalo kroto terisi ga mau disentuh voer nya :))

tazero
5 November 2012, 04:10 PM
voer halus mau om warna hijau, tapi kalo kroto terisi ga mau disentuh voer nya :))

Nggak pa2 om,di bisakan aja,lama akn dimakan juga voernya, nggak ngaruh apa2 klo voer daripada si ulet kandang (ekstra fooding instan yang bikin birahi TL jadi kacau)

tombas
10 November 2012, 01:01 PM
Nggak pa2 om,di bisakan aja,lama akn dimakan juga voernya, nggak ngaruh apa2 klo voer daripada si ulet kandang (ekstra fooding instan yang bikin birahi TL jadi kacau)
maksudnya jd kacau gmn gan mohon pnjelasan? suwun,, coz TL ku biasanya ku kasih UK pas hari jumat n sabtu aj,, minggu br kroto party,, hariannya cm UJ 1 p/s, jangkrik 3 p/s itu aj,, tp pas pemberian UK si TL jd mulai keliatan smngat n gumbira..

tazero
13 November 2012, 01:41 PM
maksudnya jd kacau gmn gan mohon pnjelasan? suwun,, coz TL ku biasanya ku kasih UK pas hari jumat n sabtu aj,, minggu br kroto party,, hariannya cm UJ 1 p/s, jangkrik 3 p/s itu aj,, tp pas pemberian UK si TL jd mulai keliatan smngat n gumbira..

Efeknya UK emang bikin ketagihan gan, coba agan tes gantang dengan lebih dari 2 TL, pasti akan kliatan reaksi TL agan yang biasa di kasih UK, klo menurut pengamatan ayas, sebentar mau tarung, sebentar diem, susah nagen, lain ama TL temen yang ngk pake UK di rawatan hariannya, smula ayas ngk percaya n ragu,trus ayas terapin selama seminggu stop UK,TL di rumah maunya bunyi cuma pagi aja, trus badan sering mengembung, setelah lewat seminggu, baru agak lincah lagi,bunyi udah mulai stabil, tes gantang ama rekan2, ternyata ada perubahan gan, TL ayas ngk sering lg diemnya, banyak ke tarungnya, tapi ini pengamatan pribadi ayas lho gan, klo ada dari agan2 yang lain, monggo di koreksi, kali aja ngk cocok, atau ada yang pengalaman sama... .:tq:.

tombas
14 November 2012, 12:41 PM
Efeknya UK emang bikin ketagihan gan, coba agan tes gantang dengan lebih dari 2 TL, pasti akan kliatan reaksi TL agan yang biasa di kasih UK, klo menurut pengamatan ayas, sebentar mau tarung, sebentar diem, susah nagen, lain ama TL temen yang ngk pake UK di rawatan hariannya, smula ayas ngk percaya n ragu,trus ayas terapin selama seminggu stop UK,TL di rumah maunya bunyi cuma pagi aja, trus badan sering mengembung, setelah lewat seminggu, baru agak lincah lagi,bunyi udah mulai stabil, tes gantang ama rekan2, ternyata ada perubahan gan, TL ayas ngk sering lg diemnya, banyak ke tarungnya, tapi ini pengamatan pribadi ayas lho gan, klo ada dari agan2 yang lain, monggo di koreksi, kali aja ngk cocok, atau ada yang pengalaman sama... .:tq:.
iya sam luteb kata agan... bberapa temen jg berpndapat sperti itu,, katanya UK bikin gembos perfoma... ternyata kbnyakan smua brpendapat sama tntang UK,, woke matur nuwun very much atas sharingnya gan,, nuwus nuwus...

cipeuw
24 January 2013, 10:41 PM
mau tanya para master tledekan/sulingan/anis bin-bin/sikatan/longolongo. Dilihat dari buku Burung2 di Sumatra,Jawa,Bali dan Kalimantan. Ada 2 jenis teledekan/sikatan yg mirip dari segi warna tapi mempunyai nama yg beda. Sikatan Cacing (Cyornis banyumas) dan Sikatan Bakau (Cyornis rufigastra). Apa sih perbedaannya??

bojongkulur
4 August 2013, 11:27 PM
Bantu jawab ya Om:
Sikatan cacing (Cyornis banyumas)

Sikatan cacing (Cyornis banyumas) sering disebut sebagai tledekan gunung jawa. Padahal, spesies ini juga dapat ditemukan di Kalimantan.

Pada burung jantan, tubuh bagian atas berwarna biru tua. Sedangkan kekang, daerah sekitar mata, pipi depan serta bercak pada dagu berwarna hitam.

Dahi dan alisnya pendek, yang berwarna biru muda. Sedangkan tenggorokan, dada, dan sisi tubuh berwarna jingga. Bagian perut berwarna putih.

Burung betina memiliki warna yang sama sekali berbeda dari burung jantan, yaitu tubuh atas berwarna kecokelatan, dengan lingkar mata berwarna kuning tua. Sedangkan tubuh bagian bawah mirip burung jantan, namun warnanya lebih pucat.


Perbedaan jantan dan betina pada burung sikatan cacing.
Burung sikatan cacing bukan hanya terdapat di Indonesia. Secara keseluruhan ada delapan subspesies / ras, dengan wilayah persebaran di sejumlah negara Asia. Dari delapan ras tersebut, tiga di antaranya terdapat di Indonesia, yaitu :

Cyornis banyumas*(O)*ligus : banyak ditemukan di Jawa Barat.
Cyornis banyumas*(O)*banyumas : banyak ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Cyornis banyumas*(O)*coeruleatus : ditemukan di Kalimantan.
Bagi para penggemar burung di Indonesia, tledekan jenis ini dikenal memiliki karakter, mental, dan suara yang bagus. Selain itu, burung juga lebih mudah berkicau dengan ngeroll dengan ciri khasnya “nyeklek“.



Sikatan bakau (Cyornis rufigastra)

Burung sikatan bakau (Cyornis rufigastra)*(O)*terkadang disebut sebagai tledekan gunung kalimantan. Padahal, spesies ini bukan hanya terdapat di Kalimantan, tetapi juga di Sumatera, Sulawesi, Kepulauan Karimunjawa di utara Jawa Tengah, dan dan sejumlah kecil di daerah Jawa Barat.

Sekilas mirip sikatan cacing. Perbedaan terletak pada warna dahi yang tidak biru muda, warna dagu yang lebih hitam, serta tubuh bagian bawah yang berwarna merah bata memanjang sampai ke perut.

Satu hal yang patut diperhatikan adalah burung betina. Sebab penampilan burung betina sangat mirip dengan burung jantan, bahkan mirip dengan sikatan cacing jantan. Jadi, jika sexing pada sikatan cacing sangat mudah, tidak demikian dengan sikatan bakau.

Untuk membedakan jenis kelamin sikatan bakau, Anda bisa memperhatikan warna birunya. Burung betina terlihat lebih pucat, dengan ciri khas pada paruh atas terdapat kekang keputihan yang membentuk huruf V serta dagu berwarna kekuningan.


Perbedaan jantan dan betina pada burung sikatan bakau.

Sikatan atau tledekan jenis ini juga memiliki beberapa suspesies / ras, yang beberapa di antaranya menyebar di Indonesia, yaitu:

Cyornis rufigastra*(O)*rufigastra: Semenanjung Malaysia, Sumatera dan Kalimantan.
Cyornis rufigastra*(O)*karimatensis*(O)*: P.Karimata, ujung barat-daya Kalimantan.
Cyornis rufigastrar hizophorae: P. Sebesi, Bangka, Belitung dan Jawa Barat.
Cyornis rufigastralongi pennis*(O)*: Kep. Karimunjawa, utara Jawa bagian tengah.
Cyornis rufigastrao missus*(O)*: Sulawesi.
Cyornis rufigastrape romissus*(O)*: P. Salayar (ujung barat-daya Sulawesi).
Cyornis rufigastra*(O)*djampeanus*(O)*: P. Tanahjampea.
Cyornis rufigastra*(O)*kalaoensis*(O)*: P. Kalao (di selatan Tanahjampea).
Sikatan bakau, menurut beberapa sumber, termasuk burung yang paling susah berkicau. Tetapi jika sudah keluar suaranya, mereka berpotensi menjadi sangat gacor. Dengan perawatan yang telaten, mereka pun bisa bersuara dengan ngeroll.
Selain dua jenis tledekan gunung seperti dijelaskan ditas, masih ada beberapa jenis tledekan yang juga kerap dipelihara sobat kicaumania, yaitu sikatan biru putih /*(O)*blue-and-white flycatcher (Cyanoptila cyanomelana) atau lebih popular dengan sebutan*(O)*tledekan laut, serta dan selendang biru alias*(O)*tledekan biru.

Sikatan biru putih (Cyanoptila cyanomelana)

Burung sikatan biru putih (Cyanoptila cyanomelana) alias tledekan laut atau sulingan laut juga punya banyak penggemar di Indonesia. Suara aslinya merdu, meski umumnya termasuk tipe suara subsong (seperti ngeriwik tetapi kencang).
Burung jantan memiliki tubuh bagian atas berwarna biru mengkilap, sedangkan bagian muka, leher dan dada atas berwarna hitam. Adapun bagian dada bawah, perut, hingga penutup ekor berwarna putih.

Burung betina memiliki tubuh bagian atas berwarna cokelat abu-abu. Sayap dan ekor berwarna kecokelatan, sedangkan tenggorokan tengah dan perut putih.

Tledekan laut sebenarnya bukan merupakan burung yang biasa ditemukan di Indonesia, tetapi termasuk burung migran dengan dua subspesies yaitu:

Cyanoptila cyanomelana*(O)*cumatilis : berkembang biak di China bagian timur, Rusia bagian tenggara dan Korea Utara. Saat musim dingin, mereka bermigrasi ke Laos dan Vietnam, Sunda Besar, dan Filipina.
Cyanoptila cyanomelana*(O)*cyanomelana : berbiak di Kepulauan Kuril, Jepang, dan Korea Selatan. Ketika musim dingin, mereka bermigrasi ke Taiwan, China bagian tenggara (Hainan), Indochina, Filipina, dan Kalimantan.

Selendang biru / *(O)*tledekan biru.

Di pasaran terdapat dua jenis burung sikatan jenis ini, yang sering disebut selendang biru, yaitu :

Sikatan biru muda / pale blue flycatcher (Cyornis unicolor )
Sikatan ninon / indigo flycatcher (Eumyias indigo)
Namun yang paling banyak beredar di pasaran adalah sikatan biru muda.*(O)*Sikatan biru muda jantan memiliki warna*(O)*tubuh bagian atas berwarna biru terang, kekang hitam, tenggorokan dan dada biru muda.*(O)*Bagian perut berwarna putih keabu-abuan, dengan penutup ekor bawah juga berwarna putih.

Burung betina memiliki tubuh bagian atas berwarna cokelat abu-abu, dengan ekor lebih kecokelatan bercampur merah bata. Lingkar mata dan kekang kuning kecokelatan. Tubuh bagian bawah berwarna cokelat keabu-abuan.


Perbedaan jantan dan betina

Sikatan biru muda terdiri atas tiga subspesies, dua di antaranya tersebar di luar Indonesia. Adapun satu-satunya subspesies yang dijumpai di negeri kita hanyalah Cyornis unicolor*(O)*harterti, dengan wilayah persebaran di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Sikatan ninon juga hanya ditemukan di wilayah Sunda Besar (Sumatera, Jawa, Kalimantan). Ada tiga ras dari spesies ini, yaitu :

Eumyias indigo*(O)*ruficrissa*(O)*: ditemukan di Sumatera.
Eumyias indigo*(O)*indigo*(O)*: ditemukan di Jawa, dengan ciri-ciri tungging berwarna putih
Eumyias indigo*(O)*cerviniventris*(O)*: ditemukan di Kalimantan bagian utara (G. Kinabalu ke selatan sampai G. Mulu).
Warna bulu sikatan ninon lebih tua daripada sikatan biru muda, yaitu berwarna biru gelap dengan bagian yang paling gelap berada pada pangkal paruh.

Yang membedakan adalah warna putih di bagian dahi yang melebar hingga alis mata. Warna dada bawah abu-abu yang memudar menjadi putih pada bagian perutnya, dengan tungging berwarna kuning tua.

Itulah beragam jenis burung yang termasuk dalam sikatan biru (bflycatcher), meski sebenarnya masih banyak lagi jenis lainnya. Tetapi yang paling popular dan banyak dipelihara ya seperti yang tertulis dalam artikel ini.

Perawatan berbagai jenis burung tledekan cenderung sama, termasuk pakan utama dan extra fooding (EF). Ada beberapa artikel mengenai perawatan burung sikatan atau tledekan yang bisa Anda buka kembali sebagai referensi, antara lain :

Oplosan apel dan kroto untuk menggacorkan tledekan
Penangkaran burung tledekan
Semoga bermanfaat.
Sumber:http://omkicau.com/2013/06/26/mengenal-burung-tledekan-terpopular/?sa=X&ei=Kmz-UbKRF--yygG5pYCgAQ&ved=0CAcQqwQ

faisal azhari
24 January 2014, 11:09 PM
Gan..saya punya tledekan gunung bakalan masi muda,tapi knapa ya tledekan gunung saya drumah slalu ngluarin suara kacer gt?
Pasti klo ad kacer lg bunyi dia nyaut pake suara kacer..jd bngung ane.
Tlong penjelasan nya

kenari kicau
10 February 2014, 11:04 PM
saya drumah slalu ngluarin suara kacer gt?

Coba di buat gacor......

ada tip dari omkicau

Proses pembuatan :

Potong buah apel menjadi 4 bagian. Anda cukup mengambil 1 bagian saja, kemudian diparut hingga menjadi serpihan / serbuk. Hasil parutan diperas. Kita hanya mengambil daging buah parutan yang sudah agak kering, karena airnya sudah diperas. Air ini tentu bisa Anda nikmati sebagai jus bervitamin tinggi.
Campurkan kroto ke dalam apel hasil parutan tersebut, kemudian diaduk hingga merata. Tidak ada ukuran baku mengenai jumlah kroto, jadi dibuat seimbang dengan parutan apel.




Ramuan siap diberikan kepada burung tledekan.

Untuk hasil yang optimal, oplosan apel dan kroto ini bisa diberikan setiap pagi hari. Berikan selama beberapa hari sampai kondisi burung benar-benar terlihat mulai ada perubahan. Biasanya dalam waktu 2-3 hari, burung sudah menunjukkan performa yang bagus seiring dengan pemberian ramuan ini.

Oplosan ini juga bisa diaplikasikan untuk jenis burung lainnya, seperti anis kembang, anis merah, ciblek gunung, ciblek kebun, prenjak, branjangan, decu, serta burung pemakan serangga lainnya.

hdhax
3 April 2014, 12:07 PM
Saya pnya tledekan seperti ini :
http://i1349.photobucket.com/albums/p752/noxtah/Tledekan1_2_zpsf49027ab.jpg (http://s1349.photobucket.com/user/noxtah/media/Tledekan1_2_zpsf49027ab.jpg.html)
http://i1349.photobucket.com/albums/p752/noxtah/Tledekan1_1_zpsa7c3976b.jpg (http://s1349.photobucket.com/user/noxtah/media/Tledekan1_1_zpsa7c3976b.jpg.html)
http://i1349.photobucket.com/albums/p752/noxtah/Tledekan2_1_zpsbdc3b0eb.jpg (http://s1349.photobucket.com/user/noxtah/media/Tledekan2_1_zpsbdc3b0eb.jpg.html)
http://i1349.photobucket.com/albums/p752/noxtah/Tledekan2_2_zpsf981fa99.jpg (http://s1349.photobucket.com/user/noxtah/media/Tledekan2_2_zpsf981fa99.jpg.html)

sama ga ya dengan yang ini ?
http://i1349.photobucket.com/albums/p752/noxtah/sikatan-cacing-jantan-betina_zps9c5c7d36.jpg (http://s1349.photobucket.com/user/noxtah/media/sikatan-cacing-jantan-betina_zps9c5c7d36.jpg.html)

hdhax
7 May 2014, 09:09 AM
kok sepi..... :sundul

kenari kicau
7 May 2014, 04:40 PM
kok sepi.....

Maaf Om....

baru sibuk kerjaan,....

terimakasih telah meramaikan forum TL

hdhax
7 May 2014, 06:27 PM
.:hehe:. iya neh om....., cman mo mastiin aja sama para ahli pertledekan barang sungai ada yg tahu, soalnya masih ga yakin untuk jenisnya yg betina...

42d3e78f26a4b20d412==