PDA

View Full Version : Kicauan MB



jojo
5 March 2007, 08:41 PM
ass,

om-om sekalian yg terhormat,
saya mau tanya, kalau kicauan MB yg bagus/cakep/tembus/ideal yg seperti apa sich om?
mohon infonya, kalau ada rekaman suaranya mungkin kita bisa lebih memahami infonya. saya dapat info di forum ini, katanya punya om-om MBnya bagus-bagus (bahkan ada yg juara latber dan nasional).

terima kasih sebelumnya.
jojo

sh
5 March 2007, 09:16 PM
Suara MB sangat beragam, untuk suara MB yg asli dari hutan relatif lebih keras drpd yg hasil tangkaran, kenapa saya berkesimpulan demikian? Karena MB MB juara didominasi oleh MB non ring. Sebut saja Gondes, Xenia, Suara Sakti, Kenzo dll.
Suara favorite MB adalah tembakan cililin, kapas tembak, sedangkan crecetan adalah crecetan cucak jenggot. Isian prenjak dada merah juga cukup mewah : ciklek...ciklekk..ciiirrrrrrrr.
Wuaah kalau mb sudah bersuara yang seperti saya sebut terasa nyaman mendengarnya. Tapi ada suara MB yg seperti genting2 pecah, saya tidak tahu MB itu meniru suara apa, keras sekali dan memekakkan telinga. Di Kediri bahkan ada MB yag namanya Genting Pecah karena suara andalannya adalah suara seperti genting pecah.
Hmmmmm.....andaikata ada MB yg bisa suara chainsaw, pasti juara deh, karena MB lain pasti takut dikira ada pohon yg mau roboh.

cj
6 March 2007, 01:36 AM
Coba deh om ke toko atau pasar burung ... dan cari CD atau kaset tentang MB.

Saya punya MB suaranya yang bergulung-gulung ... Suara Mb tsb adalah tadinya juara .... yang direcord untuk dikomersialkan. banyak kok suara MB yang dikaset ... dan dijual di pasar bebas.

wibisono
6 March 2007, 10:13 AM
Bener kata om om MB beragam suaranya ..karena saya punya MB suaranya persis seperti tukang sedang gergaji kayu ...mangkanya saya kasih nama "GRAZY"...

salam KM

jojo
6 March 2007, 02:44 PM
makasih om infonya,

maksud saya adalah, rekaman kicauan burung-burung MB juara punya om-om sekalian, kalo di cd/kaset umumnya adalah untuk isian burung (suara macam2 burung kicauan).
maaf kalo salah, sebelumnya terima kasih.

jojo

LeoN0211
6 March 2007, 03:26 PM
ni..smoga membantu..
http://s113.photobucket.com/albums/n230/moch_kmal/?action=view&current=FluteDisplay.flv

sh
6 March 2007, 03:42 PM
Tuh kan,Om Wibisono bahkan punya MB yg isian suara orang gergaji kayu. Maka MB isian suara Chainsaw TIDAK MUSTAHIL.

aquciliq
6 March 2007, 03:56 PM
Tuh kan,Om Wibisono bahkan punya MB yg isian suara orang gergaji kayu. Maka MB isian suara Chainsaw TIDAK MUSTAHIL.

Emang ga mustahil Om...MB manuk cerdas..
Yang aneh-aneh saya pernah tahu..selain grazy...klakson mobil, sepatu anak2 ( yg diijek bunyi ), peluit, suara orang utan,kucing gelut/kawin, ayam,jangkrik, walang,orong-orong, pagar/gerbang yg mendecit, terompet, tokek,air mancur, mesin tik...dll Om akeh pokok e...apalagi yg dipelihara u. rumahan...biasane ga terkontrol, angger sesuai pasti direkamnya...
Cuma untuk penggemar lomba, suara masteran mesti hati2 & di seleksi....

moel_sip
6 March 2007, 03:56 PM
yang jelas tuh MB burung yg cerdas banget...makanya dia di sebut burung tercerdas di dunia....gak sia2 aku meliharanya...

sh
6 March 2007, 04:03 PM
ati2 Om MS, nanti MB sampeyan ada tembakan SUARA RANJANG BERDECIT.

moel_sip
6 March 2007, 04:24 PM
ati2 Om MS, nanti MB sampeyan ada tembakan SUARA RANJANG BERDECIT.


gak laom ..wong MB saya ada di salatiga kok...aku di semarang...

yg jelas sekarang MB saya tak master sama 2 c. jenggot 1 lovebird dan posisi MBnya di tengah2..biar pusing dia....

aquciliq
6 March 2007, 04:39 PM
Tambahin lagi Om masterannya...yg murah meriah, pake kenari/BT/Branjangan/Manyar...+ lebih murah lagi Jangkrik, Orong-orong, Belalang + yang lebih murah lagi....?

moel_sip
6 March 2007, 04:55 PM
gak usah banyak2 om wawan...wong hanya buat rumahan aja kok....

tuh aja dah cukup om...berisiknya itu lho yg gak kuat...

aquciliq
6 March 2007, 05:02 PM
Om..MB njenengan rawatane super insentif koq di bilang rumahan..sy dapat bocoran MB sampean kelar mabung bakalan jadi the bestnya blok tengah..., sekarang lgi bener2 sekolah biar pinter...
Semoga sukses Om...

moel_sip
6 March 2007, 05:23 PM
Om..MB njenengan rawatane super insentif koq di bilang rumahan..sy dapat bocoran MB sampean kelar mabung bakalan jadi the bestnya blok tengah..., sekarang lgi bener2 sekolah biar pinter...
Semoga sukses Om...


Blok tengah.....yang mana om..
kan saya hoby rumahan beneran om...wong burung2 saya pada belum jadi kok..maklum MB bahan yg didapet di pinggiran pasar...sesuai isi kantong...

borneo lagi....pada nggelembung semua kalo bunyi...

sh
6 March 2007, 05:27 PM
Om RAMOELAN I know what you did last summer

aquciliq
6 March 2007, 05:54 PM
Back to Om Jojo...master suara MB banyak OM..., kalo pengin yg punya rekan2 KM mungkin ada yg punya rekaman? ato cobo hub. Om Ali N/Om Indra...

Om SH, sy cm belajar peliara manuk Om..makannya kurang serius & ga gitu ngoyo..soalnya belum tau yg bagus gimana..yg kurang gimana..., di KM lah saya banyak belajar.., term***k dari Om SH yg banyak memberi m***kkan terutama di MB...

sh
6 March 2007, 06:37 PM
I know what you did last summer, Om Wawan, sampeyan summer kemarin cari MB isian suara anak gajah kan?

wahyoe-firstya
6 March 2007, 08:25 PM
Om SH .. ada nggak master suara cillilin dan lovebird di CD..??? aku cari nggak nemu-nemu...:o :o

sh
6 March 2007, 10:00 PM
sampeyan carinya di Pasar Burung dong Om WF, jangan di tempat bilyard.

wahyoe-firstya
6 March 2007, 11:25 PM
:D :D :D ente tau aja Bosss......:D :D :D . ente kok tau seh, kalo aku suka banget ama billyard... hehehe... tak sodok lu,..:p :p

sh
7 March 2007, 02:40 AM
adawww....jangan dong sakit.
huss OOT, CD suara burung banyak sekali di Pasar Burung Pramuka, lengkap tapi mutunya entahlah.
Sayang sampeyan di P***ruan Om WF.

niceguy
8 March 2007, 01:08 AM
pasuruan kok huruf a huruf s sama huruf u nya ilang ???
moga-2 skrg udah bener hehehe.......
sorry OOT.....
tp mau nambahi aja,, kalo saya juga koleksi CD suara burung,, rata-2 10rb /pc
master apa aja sampe burung apa aja yg dinilai kicauannya...

feri
8 March 2007, 01:59 AM
biasanya kalo sd nyari emang susah om.. aq dah sebulan ini nyari cd mp3 suara blackthroat di jogja ndak nemu2..

Om SH .. ada nggak master suara cillilin dan lovebird di CD..??? aku cari nggak nemu-nemu...:o :o

cj
13 March 2007, 11:55 AM
Kalau kita mendengar suara kicauan MB saat fajar menyingsing duh rasanya jadi ingin segera bangun .... apalagi saat pagi terasa udara dingin sekali. Dulu sebelum memelihara burung terutama MB, bangun malas-malasan, apalagi kalau udara pagi terasa sejuk, ingin malah masuk sarung.

Memang sejak memelihara MB hidup terasa dinamis, di pagi hari yang dulu malas-malasan sepulang dari field, sekarang jadi bersemangat .... Biasanya segera saya bikin kopi sambil baca-baca koran atau beberapa majalah perburungan sambil mendengarkan suara MB yang mengalun sesuai dengan tinggi nadanya. Apaladi ada salah satu MB yang saya menggulung-2 duh nkmatnya terasa flay di pagi hari ...

Sengaja saya mengambil beberapa MB yg saya taruh di rumah (yang lainnya saya titipkan), hanya untuk didengarkan saat di rumah. Saat sang surya mulai menampakkan sinarnya, MB saya yang mulai berkurang bunyinya saya kekuarkan untuk menghirup udara fresh pagi hari.