PDA

View Full Version : PUTER utk menetaskan telor burung lain



STD
31 July 2009, 12:15 PM
All KMers,..
Maaf kalau sdh pernah ada yg bahas.. gak sempat track soalnya :D

Saya sering mendengar burung puter sering difungsikan utk menetaskan telor burung lain, entah itu merpati, derkuku atau burung lainnya.

Yg menjadi pertanyaan,..
1. Syarat-syarat pemilihan calon induk babuan tsb bagaimana, apakah ada ciri2 khusus ?
2. Apakah musti burung yg dipilih itu adalah burung puter yg pernah punya pengalaman mengeram sebelumnya ?
3. Apakah burung puter betina itu gampang bgt dibodohin, mksd saya selagi ada sangkar+sarang+telor dia lsg mau mengeraminya ?
4. Tolong sharing semua yg berhubungan dgn case ini...

Terimakasih sebelumnya...

kungmania
31 July 2009, 01:05 PM
sumbang saran aja ya, terutama di perkutut.
biasanya puter dipake untuk jadi babu/babysitter buat perkutut, untuk burung lain kok blom tau pernah bisa apa tidak(silahkan dicoba hehehe)
Ciri-ciri khususnya ya puternya juga harus dalam kondisi mengerami telor aslinya, jadi telor aslinya diambil untuk diganti telor perkutut.
Tapi kalau dia tidak sedang dalam keadaan mengerami telor aslinya, dikasih telor palsu (bukan telor dia) ya tidak mau, jadi puter harus dalam keadaan mengeram.
Fungsi memakai babu/babysitter puter, yaitu dia mampu meloloh anakan dalam jumlah yang lebih banyak bisa sampai 6 ekor anakan sekaligus, juga jumlah makanan yg dilolohkan bisalebih banyak yang tidak bisa dilakukan oleh induk aslinya.

STD
31 July 2009, 02:22 PM
sumbang saran aja ya, terutama di perkutut.
biasanya puter dipake untuk jadi babu/babysitter buat perkutut, untuk burung lain kok blom tau pernah bisa apa tidak(silahkan dicoba hehehe)
Ciri-ciri khususnya ya puternya juga harus dalam kondisi mengerami telor aslinya, jadi telor aslinya diambil untuk diganti telor perkutut.
Tapi kalau dia tidak sedang dalam keadaan mengerami telor aslinya, dikasih telor palsu (bukan telor dia) ya tidak mau, jadi puter harus dalam keadaan mengeram.
Fungsi memakai babu/babysitter puter, yaitu dia mampu meloloh anakan dalam jumlah yang lebih banyak bisa sampai 6 ekor anakan sekaligus, juga jumlah makanan yg dilolohkan bisalebih banyak yang tidak bisa dilakukan oleh induk aslinya.

Hmm..mmmmm
Nah ini dia... dulu rekan milist sebelah pernah inform ttg telor palsu ini.
Ktnya telor palsu hanya dikenal didunia perkututan yaa... hee..hee..

*berarti jika tdk ada telor palsu bisa diakalin dgn telor burung yg tdk menetas di periode pengeraman sebelumnya.. itupun jika sempat menyimpannya :D

Hasan75
31 July 2009, 02:52 PM
kalo saya waktu miara burung merpati aduan ( burung tinggi ) Om...
apabila merpati indukannya nya bertelur, telur saya taro di kandang burung puter, tujuan dari ini biar merpati bisa giring terus dan dapat di adu atau di tes ( burung tinggi ), sehingga tidak merusak nafas dan body indukan untuk mengerami telurnya sendiri, dan di samping itu juga akan dapat anakan dari indukan yang di andalkan, tanpa indukan harus mengeraminya sendiri.


terima kasih.

kungmania
31 July 2009, 03:05 PM
daku udah lama ndak ngelus perkutut lagi om ... hehehe !

telur palsu bisa jadi telur burung selain puter yg 'disusupkan' atau memang benar-benar telur palsu (telur buatan), biasanya cuman dipakai buat 'pengganjal' dari telur-telur asli biar tidak pecah saat dierami.

yg jadi masalah cuman dr asupan makanannya saat diloloh, khan beda tuh antara puter dan jalak ... kalau puternya cuman sebagai 'mesin penetas' sepertinya ndak jadi masalah.

dicoba aja om, kalau punya puter yg lg mengeram ganti aja telurnya dg telur jalak ... hehehe ... !

STD
31 July 2009, 03:37 PM
daku udah lama ndak ngelus perkutut lagi om ... hehehe !

telur palsu bisa jadi telur burung selain puter yg 'disusupkan' atau memang benar-benar telur palsu (telur buatan), biasanya cuman dipakai buat 'pengganjal' dari telur-telur asli biar tidak pecah saat dierami.

yg jadi masalah cuman dr asupan makanannya saat diloloh, khan beda tuh antara puter dan jalak ... kalau puternya cuman sebagai 'mesin penetas' sepertinya ndak jadi masalah.

dicoba aja om, kalau punya puter yg lg mengeram ganti aja telurnya dg telur jalak ... hehehe ... !

Yup Om,..
Jika difungsikan sbg mesin penetas utk calon anakan yg notabene makanannya adalah sebangsa serangga, mk kita hrs jeli dan pandai2 memperkirakan kapan kira2 waktu penetasan telornya.
Utk burung normal penetasan selama 14 hari, mk mulai hari ke 13 pengeraman kita hrs siap2 utk mempersiapkan inkubator utk perawatan anakan selanjutnya.
Sedikit terlambat maka anak kacer/jalak akan diloloh dengan jagung, otek dan millet :D

Rachmat
31 July 2009, 03:53 PM
All KMers,..
Maaf kalau sdh pernah ada yg bahas.. gak sempat track soalnya :D

Saya sering mendengar burung puter sering difungsikan utk menetaskan telor burung lain, entah itu merpati, derkuku atau burung lainnya.

Yg menjadi pertanyaan,..
1. Syarat-syarat pemilihan calon induk babuan tsb bagaimana, apakah ada ciri2 khusus ? Tidak ada om.... tapi biasanya saya pakai puter putih
2. Apakah musti burung yg dipilih itu adalah burung puter yg pernah punya pengalaman mengeram sebelumnya ? yups betul om.. apalagi yang sudah gila ngeram.... setiap dikasih telor dia ngeram...
3. Apakah burung puter betina itu gampang bgt dibodohin, mksd saya selagi ada sangkar+sarang+telor dia lsg mau mengeraminya ? tidak semuanya demikian om...
4. Tolong sharing semua yg berhubungan dgn case ini...

Terimakasih sebelumnya...




Selamat mencoba ya om.....

STD
1 August 2009, 05:34 PM
Selamat mencoba ya om.....

Mantap juragan....

dekoe
3 August 2009, 05:01 AM
Klo saya biasa pake puter pelung (baik buat babuan derkuku maupun perkutut) karena menurut pengalaman saya piyikan derkuku n perkutut lebih sehat dan besar2 badannya.Lebih baik pake puter yang sudah pernah punya anak om.Menurut pengalaman saya selama ini, selama puter tersebut dalam keadaan mengeram pasti mau2 aja telurnya dituker n tetap mengerami.saya malah sering pake pasangan puter betina keduanya tanpa puter jantan, karena biasanya puter betina naluri mengasuhnya lebih baik dari puter jantan.
Khusus untuk perkutut hati2, karena puter badannya jauh lebih besar dari perkutut sehingga anakan perkutut bisanya mati tergencet.solusinya adalah diberi ganjal telur palsu n ambil salah satu puter.biarkan satu ekor puter saja yang mengasuh (biasanya yang betina). sehingga peluang tergencet lebih kecil. menurut pengalaman saya, 1 ekor puter bisa merawat 2-3 piyik perkutut.Kalau mau lebih aman, biarkan telur purkutut menetas sampai anakan usia 1 minggu baru kemudian titipin ke puter. puter tetep mau merawat anakan ini (walaupun telurnya dituker piyik perkutut), syaratnya puter tersebut sudah mengeram minimal 1 minggu sehingga produksi susu temboloknya sudah lancar. untuk kasus terakhir, sepasang puter bisa merawat hingga 6 ekor anak perkutut.

dekoe
3 August 2009, 05:10 AM
saya pernah nyoba netesin telur LB ke puter (karena indukan LB ga mau ngerami telurnya). tapi puter ini fungsinya cuma sebagai mesin tetas, setelah anakan menetas harus segera dipindahkan dan diloloh oleh peternak. karena bila terlambat, puter akan membuang anakan tersebut dari sarang (mungkin karena tidak mau diloloh, si puter menyadari bahwa anakan LB bukan anakanya).
Saya punya pengalaman lagi membentuk puter jadi babuan yang baik. caranya sejak usia remaja n mulai dijodohkan (tapi belum pernah bertelur), sediakan saja telur palsu di sarang. biasanya naluri keibuan puter akan muncul dan akan mau mengerami telur palsu tersebut.hasilnya saya punya beberapa pasangan puter istimewa, dimana puter tersebut tidak mau bertelur tetapi selalu mengeram n merawat anakan. walalupun kadang kasian juga liat puter saya ini.hehehehe

SAGUNA
15 August 2009, 05:22 PM
apa ada efeknya terhadap suara bila ditetaskan/dibesarkan dg puter?
kok sy pernah dengar ada pengaruhnya karena air liur puter beda dg derkuku
mohon pencerahannya......

dekoe
17 August 2009, 01:46 PM
ga ada efeknya om. selama saya menetaskan pake puter ok2 aja.

STD
18 August 2009, 11:06 AM
saya pernah nyoba netesin telur LB ke puter (karena indukan LB ga mau ngerami telurnya). tapi puter ini fungsinya cuma sebagai mesin tetas, setelah anakan menetas harus segera dipindahkan dan diloloh oleh peternak. karena bila terlambat, puter akan membuang anakan tersebut dari sarang (mungkin karena tidak mau diloloh, si puter menyadari bahwa anakan LB bukan anakanya).
Saya punya pengalaman lagi membentuk puter jadi babuan yang baik. caranya sejak usia remaja n mulai dijodohkan (tapi belum pernah bertelur), sediakan saja telur palsu di sarang. biasanya naluri keibuan puter akan muncul dan akan mau mengerami telur palsu tersebut.hasilnya saya punya beberapa pasangan puter istimewa, dimana puter tersebut tidak mau bertelur tetapi selalu mengeram n merawat anakan. walalupun kadang kasian juga liat puter saya ini.hehehehe

Ini info yg sangat bagus...
Terimakasih Om...

chablax
19 August 2009, 08:33 PM
saya mau ikutan sharing boleh ya om..?
awalnya saya hanya iseng ingin tahu apakah bisa burung puter dikawin silang dengan burung dara/ merpati.. hasilnya puter dan merpati selalu berkelahi dan tidak mau kawin.. sekali waktu saya iseng memasukan telur merpati ke sarang puter yg memang sedang mengeram, tujuan saya cuma sattu yaitu mungkin klo nanti netas itu puter dengan merpati bisa akur dan bisa jodoh dan punya keturunan.. dan ternyata memang puter bisa menetaskan dan membesarkan anak merpati tersebut dan mau kawin dengan puter tapi anakan dari silang puter dan merpati kebanyakan cacat fisik (ada yg tidak memiliki mata, ada yg kalinya lumpuh, ada yg sayapnya mati) yg sehat ada tapi jadi aneh karena badan besar suara tidak seperti puter hanya guuuk..guuuk..
maaf klo OOT itu cuma sharing pengalaman saja :)


intinya memang puter mau saja mengerami telur yg bukan miliknya
bahkan teur palsu pun mau dierami

dekoe
20 August 2009, 12:03 AM
saya mau ikutan sharing boleh ya om..?
awalnya saya hanya iseng ingin tahu apakah bisa burung puter dikawin silang dengan burung dara/ merpati.. hasilnya puter dan merpati selalu berkelahi dan tidak mau kawin.. sekali waktu saya iseng memasukan telur merpati ke sarang puter yg memang sedang mengeram, tujuan saya cuma sattu yaitu mungkin klo nanti netas itu puter dengan merpati bisa akur dan bisa jodoh dan punya keturunan.. dan ternyata memang puter bisa menetaskan dan membesarkan anak merpati tersebut dan mau kawin dengan puter tapi anakan dari silang puter dan merpati kebanyakan cacat fisik (ada yg tidak memiliki mata, ada yg kalinya lumpuh, ada yg sayapnya mati) yg sehat ada tapi jadi aneh karena badan besar suara tidak seperti puter hanya guuuk..guuuk..
maaf klo OOT itu cuma sharing pengalaman saja :)


intinya memang puter mau saja mengerami telur yg bukan miliknya
bahkan teur palsu pun mau dierami

betul sekali kata om chablax. bila lahir sehat pun anakannya selalu mandul.

42d3e78f26a4b20d412==