PDA

View Full Version : Settingan CI untuk lomba



phi2n
1 March 2007, 03:36 PM
salam Kicau mania, begini rekan2 KM saya punya 2 CI yang satu sumatra dan yang satunya lagi jawa, nah yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana sih perawatan (setting ) burung yang nantinya bisa siap diturunkan ke lomba....
oya untuk perawatan CI saya atau EFnya tiap pagi pisang 1 buah + 5 ekor jangkrik pagi dan sore ( apa ada pengaruhnya bila jangkriknya diperbanyak jadi 10 ekor pagi dan sore ) untuk mandi 2 kali seminggu hari sabtu &minggu karna saya sibuk kerja. Terima kasih sebelumnya dan saya tunggu TIPS2 dari rekan2 semua.......
TKS

NICHO_BBC
2 March 2007, 04:06 PM
Saya coba tolongin ya OM.
OM PHI2N..., saya pingin nanya dulu ya, CI Om yang 2 ekor itu sudah mulai ngacor? Kenapa OM bisa milih CI Sumatera dan CI Jawa, apa ada alasannya?
Hariannya untuk 2 CI itu pake Kroto enggak,OM?.

Mohon anda jawab dulu ya..... karena ini adalah prosesnya , jangan langsung loncat yang tinggi tapi step by step ya... nanti CInya malah rusak OM. Saya akan berusaha untuk jawab dan bukain semuanya soal CI.

Mas_dony
2 March 2007, 05:10 PM
Om Nicho..
Mo nanya nih, apakah kroto baik jg buat CI?
Krn CI saya kl tak kasih kroto malah pada rontok tuh bulu.. Padahal ngasihnya cm sesendok teh. Mohon pencerahannya...

moel_sip
2 March 2007, 05:59 PM
Sebaiknya kroto jangan di berikan pada c.ijo..saya dah pelihara 5 kali c. ijo tak kasih kroto selalu rontok bulu....

mendingan di kasih aja ulat bumbung/jangkrik...dan untuk minumnya coba tambahkan madu sedikit..seminggu 2/3 kali...kadang2 juga c.ijo di alamnya sering minum madu dari sari2 bunga.

mohon koreksinya

NICHO_BBC
2 March 2007, 10:02 PM
Om Nicho..
Mo nanya nih, apakah kroto baik jg buat CI?
Krn CI saya kl tak kasih kroto malah pada rontok tuh bulu.. Padahal ngasihnya cm sesendok teh. Mohon pencerahannya...

Kalau saya sih pake OM,tapi seminggu hanya 2 kali , sedikit aja. yang dominan jangkrik dan UH.

phi2n
5 March 2007, 12:16 PM
Terima kasih Om Nico, kebetulan dulu ada teman yang bawa CI sumatra yang lumayan banyak, kemudian saya coba ambil satu, sekarang sudah mulai gacor, untuk kroto saya berikan 3 hari sekali (kadang ada bulu halus yang jatuh tapi jumlahnya sedikit). kalo untuk jangkiriknya tiap hari saya berikan.
matur nuwun sebelumnya......

NICHO_BBC
5 March 2007, 03:26 PM
OM PHI2N... kita coba mulai simpel dulu, coba EF harian yang sudah ada di tambahkan UB 2 ekor dan UH 5 ekor , ini di kasih pagi aja OM, jangkrik 5 ekor sorenya tetap dulu . lihat apa nyulam atau mabung? tapi kalau bisa terusin aja, biarin nyulam nggak pp entar juga akan terbiasa.

phi2n
6 March 2007, 10:46 AM
Terima kasih OM Nicho, akan saya coba dulu tips dari Om Nicho,
SALAM SEMUA BUAT KICAU MANIA......

phi2n
6 March 2007, 10:50 AM
Terima kasih juga buat OM MOEL SIP atas sarannya......
Moga Tidak sungkan2 untuk memberikan tip-tip nya......
Maklum saya seorang pemula yang belum banyak pengalamanya...
Terima kasih.......

ariej
16 March 2007, 12:31 AM
CI " THOLE "
milik saya rawatan hariannya harus di umbaran dan wajib hukumnya bagi CI lomba, jangkrik 5 ekor pagi dan sore (total 10) kroto usahakan telor yg besar jg sampai lebih dari 10 buah, buah pisang gepok senen sampai jumat, mandi cukup dikasih di tempat air dan dibiarkan di umbaran tapi hari harus ganti.
setelan tersebut mampu membuat CI SAYA moncer meskipun tiap minggu lomba

SARAN BOLEH DITERIMA BISA TIDAK, TERGANTUNG ANDA MENYIKAPINYA

ali hendro
16 March 2007, 02:18 PM
untuk CI..ada yang tahan kroto ada yang tidak.....perawatan rutin adalah penting dimana mandi jemur selalu teratur....dan..burung2 master disekelilingnya....digenjot jangkrik biasanya 3 hari sebelum Lomba..setelah itu normal lagi.....tp tdk selalu begitu lho....saya punya CI..yang klo disiapin malah gembos....tp klo ga disiapin malah moncer.....hehehehehe

NICHO_BBC
16 March 2007, 02:31 PM
untuk CI..ada yang tahan kroto ada yang tidak.....perawatan rutin adalah penting dimana mandi jemur selalu teratur....dan..burung2 master disekelilingnya....digenjot jangkrik biasanya 3 hari sebelum Lomba..setelah itu normal lagi.....tp tdk selalu begitu lho....saya punya CI..yang klo disiapin malah gembos....tp klo ga disiapin malah moncer.....hehehehehe

OM ALI.... Pake UB enggak di CI nya? kalau UHnya berapa ekor OM? saya pingin lihat kebiasaan burung CI per daerah, jadi enggak kaget seandainya saya take Over burung di Malang OM.

mb_y2k
16 March 2007, 02:45 PM
untuk CI..ada yang tahan kroto ada yang tidak.....perawatan rutin adalah penting dimana mandi jemur selalu teratur....dan..burung2 master disekelilingnya....digenjot jangkrik biasanya 3 hari sebelum Lomba..setelah itu normal lagi.....tp tdk selalu begitu lho....saya punya CI..yang klo disiapin malah gembos....tp klo ga disiapin malah moncer.....hehehehehe

kalau lagi di master perlu di krodong gak om? kalau master pake sonic perlu krodong?
sorry neh sebenarnya fungsi dari krodong apa sih? hehhehehe maaf orang uda ampe bulan saya masih ngerangkak.

Mas_dony
16 March 2007, 03:11 PM
CI " THOLE "
milik saya rawatan hariannya harus di umbaran dan wajib hukumnya bagi CI lomba, jangkrik 5 ekor pagi dan sore (total 10) kroto usahakan telor yg besar jg sampai lebih dari 10 buah, buah pisang gepok senen sampai jumat, mandi cukup dikasih di tempat air dan dibiarkan di umbaran tapi hari harus ganti.
setelan tersebut mampu membuat CI SAYA moncer meskipun tiap minggu lomba

SARAN BOLEH DITERIMA BISA TIDAK, TERGANTUNG ANDA MENYIKAPINYA

Kl diumbar dr pagi sp sore didiemin aja pengaruh ga ya om??
Soalnya kita kan kuli jd ga sempet nungguin...

goes
16 March 2007, 05:17 PM
CI " THOLE "
milik saya rawatan hariannya harus di umbaran dan wajib hukumnya bagi CI lomba, jangkrik 5 ekor pagi dan sore (total 10) kroto usahakan telor yg besar jg sampai lebih dari 10 buah, buah pisang gepok senen sampai jumat, mandi cukup dikasih di tempat air dan dibiarkan di umbaran tapi hari harus ganti.
setelan tersebut mampu membuat CI SAYA moncer meskipun tiap minggu lomba

SARAN BOLEH DITERIMA BISA TIDAK, TERGANTUNG ANDA MENYIKAPINYA

Om Ariej, kenapa ngga dikasih ulat bumbung? Ngga doyan yah CI nya?

NICHO_BBC
16 March 2007, 05:39 PM
Husss... UB itu buat tembakan OM, bukan settingan untuk ngacor.ijo saya kayak ijo ente jadinya , di rumah bloon banget, tapi coba stelin music kencengan dikit , nembak terus OM. ketemu di GusDur OK.

ali hendro
16 March 2007, 11:40 PM
klo U-Bambu dulu saya pake supaya CI bisa ngentrok.....tp besoknya malah brodol bulunya....emang ngentrok sih..tp resikonya itu...tp juga ada yang di kasih U-Bambu juga ga ngentrok2..tp ga brodol bulunya.....tergantung burungnya ada yang tahan ada yang ga...mengingat U-Bambu itu bertype X-food dingin.....saya kuatir daya tempurnya jadi turun....jd saya stop aja trus beralih ke UH....ternyata dia tetep ngentrok kok...jd kesimpulan saya ngentrok apa tidak..yang penting dia fight di lapangan....klo dia jambul sudah pasti dia fight.....untuk lomba, setidaknya H-3 udah digenjot jangkrik diatas 10 biji, bila ngga mau makan...disuapin deh....tp pas hari H jangkriknya standart aja (secukupnya) takut klo kekenyangan malah males bunyi......buat Om Nicho...untuk CI dari malang...di Jatim kurang disukai karena terlampau mini ukurannya dan juga cenderung tidak nagen....klo seperti yang Om nicho mau (bodi panjang) cari dari jember/ Banyuwangi....dengan ciri2 klo dari Banyuwangi bila CI udah ber umur bulunya jadi agak kusam...tp klo dr Jember bulunya tetep seperti mudanya (pengamatan saya lho).....bila ada yang ga pas....dikoreksi donk.....

NICHO_BBC
17 March 2007, 12:29 AM
Wah kalau gitu ngambil yang Bayuwangi ya..... OM ALI, UB itu buat ngeluarin suara besetannya, kayak suara lovebird, cililin, gereja tarungnya OM, Dulu saya enggak pernah pake UB. kalau di Latber dan Lomba lokal cukup lah dengan ngacornya, tapi kalau di lomba Nasional CI saya rontok di buat oleh CI CInya yang turun di Nasional......, makanya setelah berguru lagi, di bukain semuanya OM sama rekan saya , makanya bisa tahu tuh.......UB, UH + jangkrik pas -2( saya pakai -2, karena dorongin UHnya segepok OM, takut ambrolnya ke banyakan, jangkrik dorongin terus sampai 30-40 ekor).

NICHO_BBC
18 March 2007, 09:39 PM
Wah Om salah kamar nih ....... Mohon OM Mod di bikinin thread baru, oce...

ali hendro
19 March 2007, 10:47 PM
Sori Om Nicho.....aku klo nanya emang sedikit mendetail......masalah UB tuh....bagaimana kok UB bisa dipake buat keluarin tembakan/besetan....faktor apa yang bisa membuat begitu? terus terang aku tertarik dengan hal tsb....soalnya sih klo pas lomba kita kurang denger dia keluar besetan apa ga (terlalu gaduh)....tolong di jelasin Om....bagi saya biar sedikit rontok tuh bulu.....tp klo gara2 UB trus besetan/tembakan keluar terus sih no problem....sekali lg aku sangat tertarik dan pengen tau.....thank's

NICHO_BBC
20 March 2007, 10:03 PM
Seperti yang OM ALI bilang UB itu bersifat dingin, meredam birahi dan CI yang yang jambul dan ngentrok serta bulu badan berdiri ini yang mantap OM( bukannya mengurui loo ya) justru bulu dada dan punggung itu berdiri yang biasanya di sertai tembakan tembakannya, seperti cililin, lovebird,jenggot, sampai suara ropelnya CR pun bisa keluar semua.
Keluarnya tembakan CI itu akan seperti latah..... jadi CI yang disebelahnya mengeluarkan suara apa , biasanya kan di balas dengan tembakan yang sama.......Nah di sini yang akan terlihat CI siapa yang lebih fit ( CI yang lebih fit dan sering masuk umbaran , akan nembak lebih panjang dan biasanya beruntun )
Gitu lho.... OM ALI yang saya tahu sedikit tentang CI.

ARYA
26 March 2007, 02:10 PM
maaf nimbrung boleh ya ? setahu saya cucak ijo itu bukan burung fihter kaya murai apa pentet, jadi settingan ef untuk lomba biasanya yang panas2 trus ada yang di cas dulu biar kalo digantang langsung jalan. cuma emang burung itu karakternya lain2 jadi yang penting kita berusaha ngerti karakter momongan kita. (andai burung bisa ngomong) maaf kalo ada yang salah.

ariej
30 March 2007, 06:26 PM
Kl diumbar dr pagi sp sore didiemin aja pengaruh ga ya om??
Soalnya kita kan kuli jd ga sempet nungguin...

setingan punya saya itu dan gak ada tambahan sama sekali meskipun tanpa ditambahin UB dan alhamdulillah selalu kerjanya maksimal dan klau mau maen yg kedua cukup di tambah jangkrik secukupnya terserah burungnya makan dan semprot 3x cukup embun tampilnya tambah edan



terima kasih atas perhatian temen KM:congrat:

SARAN BOLEH DITERIMA BOLEH TIDAK TERSERAH ANDA MENYIKAPINYA

NICHO_BBC
30 March 2007, 07:31 PM
Iya OM ARIEJ..... masing masing burung berbeda kebiasaannya dari awal di pelihara, boleh nanya sering lomba di mana aja OM?

Mr_Pik
3 April 2007, 11:20 AM
boleh minta photonya cucak ijo jawa, cucak ijo sumatra dan kalimantan ?

ariej
4 April 2007, 01:58 AM
Iya OM ARIEJ..... masing masing burung berbeda kebiasaannya dari awal di pelihara, boleh nanya sering lomba di mana aja OM?

oh saya lomba lokalan di malang aja om maklum burungnya masih muda baru 3 kali mabung, tapi ya gitu tiap kali dipantau alias mau dibeli orang mesti gak mau tampil maksimal mungkin "THOLE" gak mau dijual kali yah :haha: dan repotnya lagi kalau lomba besar mesti kalah proyek sama korps juri dengan alasan yg macam2. meskipun saya dan bapak saya pemain lama tetep aja kalah sama bos :Jempolke-kubalik: itulah repotnya lomba sekarang meskipun sering dikerjai tetep aja masih lomba :missing maklum udah kecil udah didoktrin ma bokap sayang burung :topbanget:


BURUNG MERUPAKAN TEMEN SEJATI PENGUSIR LELAH DAN STRESS

NICHO_BBC
4 April 2007, 11:56 AM
Sabar ya OM.... justru itu nantinya KM akan berperan penting untuk menghilangkan praktek praktek adanya burung proyek juri OM.......

ariej
6 April 2007, 12:43 AM
Sabar ya OM.... justru itu nantinya KM akan berperan penting untuk menghilangkan praktek praktek adanya burung proyek juri OM.......

"angry2: AYO BERSAMA-SAMA BERANTAS MAFIA LOMBA "angry2:



:topbanget: LOMBA YANG SEHAT IDAMAN SETIAP INSAN KICAUMANIA:topbanget:
:congrat: :congrat: :congrat: :congrat: :congrat::congrat: :congrat:

ali hendro
8 April 2007, 11:00 PM
yup....betul sekali....masa dapet bendera C tapi juara 5....??? masa bendera C dibagi 3 orang....??? masa semua juri (6 org) kasih nilai sempurna (38) tapi juara 6....???? dan banyak masa2 yang laen...

rechten
10 April 2007, 12:50 PM
klo U-Bambu dulu saya pake supaya CI bisa ngentrok.....tp besoknya malah brodol bulunya....emang ngentrok sih..tp resikonya itu...tp juga ada yang di kasih U-Bambu juga ga ngentrok2..tp ga brodol bulunya.....tergantung burungnya ada yang tahan ada yang ga...mengingat U-Bambu itu bertype X-food dingin.....saya kuatir daya tempurnya jadi turun....jd saya stop aja trus beralih ke UH....ternyata dia tetep ngentrok kok...jd kesimpulan saya ngentrok apa tidak..yang penting dia fight di lapangan....klo dia jambul sudah pasti dia fight.....untuk lomba, setidaknya H-3 udah digenjot jangkrik diatas 10 biji, bila ngga mau makan...disuapin deh....tp pas hari H jangkriknya standart aja (secukupnya) takut klo kekenyangan malah males bunyi......buat Om Nicho...untuk CI dari malang...di Jatim kurang disukai karena terlampau mini ukurannya dan juga cenderung tidak nagen....klo seperti yang Om nicho mau (bodi panjang) cari dari jember/ Banyuwangi....dengan ciri2 klo dari Banyuwangi bila CI udah ber umur bulunya jadi agak kusam...tp klo dr Jember bulunya tetep seperti mudanya (pengamatan saya lho).....bila ada yang ga pas....dikoreksi donk.....

Maaf om oot nih:cacing: sebaiknya CI mandinya tiap hari atau gimana cukup pagi aja atau sore/ malem juga
Makasi ya om:topbanget:

Mas_dony
10 April 2007, 03:35 PM
Punyaku yg kemarin juara mandinya seminggu sekali.. Ga ada waktu om..
Habis pernah tiap hari mo dimandiin ga mau tuh burung. Lama nunggunya ga nyemplung2.. he..he..he..
Tp sih sebaiknya mungkin tiap hari dan sehari dua kali.. Itu yg bagus..
Mohon maaf kl ada salah..

ariej
19 April 2007, 11:14 PM
Seperti yang OM ALI bilang UB itu bersifat dingin, meredam birahi dan CI yang yang jambul dan ngentrok serta bulu badan berdiri ini yang mantap OM( bukannya mengurui loo ya) justru bulu dada dan punggung itu berdiri yang biasanya di sertai tembakan tembakannya, seperti cililin, lovebird,jenggot, sampai suara ropelnya CR pun bisa keluar semua.
Keluarnya tembakan CI itu akan seperti latah..... jadi CI yang disebelahnya mengeluarkan suara apa , biasanya kan di balas dengan tembakan yang sama.......Nah di sini yang akan terlihat CI siapa yang lebih fit ( CI yang lebih fit dan sering masuk umbaran , akan nembak lebih panjang dan biasanya beruntun )
Gitu lho.... OM ALI yang saya tahu sedikit tentang CI.


om punya saya kemaren di latberan saya coba kasih UB dan ternyata memang benar tambah edan penampilannya dan langsung dikasih koncer A mutlak tp ada catatannya om terakhir agak gembos and maen yg kedua melorot ke C.
tapi waktu itu hujan deras om di mlg
mungkin msh adaptasi kali yah lha wong gak pernah dikasih UB :)

semoga temen-temen ijo mania burungnya tambah moncer semua

Iwan Dwi
1 May 2007, 01:18 PM
oem Ali Hendro dan oem Nicho....lam kenal sebelumnya

untuk CI yg sedang rontok bulu apa pemberian EF & mandi jemurnya nya sama dengan hari biasanya?
maaf oem krn saya br pertama pelihara CI jd pengin tahu....

mohon maaf bila ada slh kata

ali hendro
1 May 2007, 02:26 PM
rontok bulu akibat mabung/ rontok dikit2..? dimandiin aja udah berhenti tu rontoknya....klo mandi CI ada yang mau tiap hari, ada yang ga mau tiap hari..klo malem jangan donk.....udah waktunya bobo untu CI....kita ikutin aja

jo_qplie
1 May 2007, 02:44 PM
rontok bulu akibat mabung/ rontok dikit2..? dimandiin aja udah berhenti tu rontoknya....klo mandi CI ada yang mau tiap hari, ada yang ga mau tiap hari..klo malem jangan donk.....udah waktunya bobo untu CI....kita ikutin aja

ci ku nggak pernah aku mandiin dia mandi sendiri, cuman di kandang aku tarus wadah pakan besar yg saya kasih air. dan tiap hari hrs. diganti. biasanya ci akan mandi sendiri di bak tsb. "pasalnya ci-ku doyan mandi" kalo aku amati mandinya 3 kali sehari "juragannya adja mandi cuaman 2 kali":missing.

nah kalo menjelang letber/lomba "1hari sebelum lomba" tinggal pindah adja dengan kandang lomba, 1 jam sebelum tampil semprot air dikit biar ngentrok. & tancep gas.

menu cuman jangkrik dan pisang kepok. cuma kalo pas mau di adu porsi aku naikkan yang biasanya 10 sehari aku tingkatkan menjadi 18 per hari dikasih dua kali. ditambah hongkong yang putih 3 ekor. dan hasilnya lumayang.

Iwan Dwi
2 May 2007, 08:13 AM
oem Ali, rontok bulu yg saya maksud adalah krn mabung...jd tetep di mandikan ya oem? terus untuk jemurnya?

ariej
12 May 2007, 12:34 AM
oem Ali, rontok bulu yg saya maksud adalah krn mabung...jd tetep di mandikan ya oem? terus untuk jemurnya?
mandi tidak masalah bagi CI waktu mabung tapi jangan dijemur dulu alias dianginkan saja n klau bulunya sudah lunas semua baru dijemur
EF tetap boleh saja asal seimbang eits jangan lupa kerodongnya tapi yg namanya CI mesti rontok bulu itu dikarenakan karakternya yg memang jarang sekali tdk rontok

NICHO_BBC
12 May 2007, 09:55 PM
Enggak masalah Om, untuk mandi dan jemur, karena patokan burung mabung itu adalah lepas ekor, bukan bulu halus.

adi_p_k
29 May 2007, 11:14 PM
Kalo untuk EF jangkrik apabila diberikan sehari sebanyak - banyaknya apa tidak apa2 ?
Misalkan diberi 10-10 pagi sore gimana? dan apa pengaruhnya untuk CI itu sendiri?
Terima kasih...

ariej
4 June 2007, 04:25 AM
Kalo untuk EF jangkrik apabila diberikan sehari sebanyak - banyaknya apa tidak apa2 ?
Misalkan diberi 10-10 pagi sore gimana? dan apa pengaruhnya untuk CI itu sendiri?
Terima kasih...

pemberian EF tiap burung berbeda-beda om tapi klau memang CI om lebih gencar dengan EF tersebut
kita bisa tahu klau setelah dibawa di latihan burung tersebut kerja atau tidak dan klau kerjanya kurang greget baru ditambahin EF mulai H-2
dari situlah kita bisa tahu setelan yang pas buat lomba

wongkito
4 June 2007, 10:59 AM
om ariej pernah pake ulat pisan buat ci kaga???????

ariej
11 June 2007, 03:26 AM
om ariej pernah pake ulat pisan buat ci kaga???????
yang anda maksud itu ulat apa?
ulat hongkong saya pakai 5 buah mulai h-3 tiap pagi dan 1-2 buah sebelum digantang

NICHO_BBC
2 August 2007, 08:54 AM
Ada beberapa pemain CI nasional yang memakai semua type EF yang ada seperti, Jangkrik, UB, UH, Kroto dll di sertai madu....... ada juga yang tidak pakai semua EF, terutama kroto yang di buang, madu tetap di berikan hanya 2 kali dalam seminggu terutama sehari sesudah lomba, karena madu berpengaruh terhadap daya konsumsinya jangkrik pada CI, jika di berikan madu pada H-1 atau H-2, maka CI enggak bakal doyan terhadap jangkrik, timpalan CI biar doyan jangkrik itu hanya Apel aja......

omat
2 August 2007, 10:49 AM
disamping EF yg kita berikan ada juga CI yg kalo mo digantang harus dijemur dulu sampai mangap itu terjadi pd CI aku punya dan ternyata tembakannya keluar semua n tidak didis

fauzan_zhd
2 August 2007, 11:18 AM
disamping EF yg kita berikan ada juga CI yg kalo mo digantang harus dijemur dulu sampai mangap itu terjadi pd CI aku punya dan ternyata tembakannya keluar semua n tidak didis

Muantabs om, di tunggu lagi sharing tips and trick nya

Mustika Areffa
2 August 2007, 11:24 AM
disamping EF yg kita berikan ada juga CI yg kalo mo digantang harus dijemur dulu sampai mangap itu terjadi pd CI aku punya dan ternyata tembakannya keluar semua n tidak didis
heran juga klo ada CI yg unik seperti itu om, logika saya klo habis dijemur sampai mangap harus istirahat dulu baru mau "ngotot" tp memang tiap burung punya karakter sendiri2.
maaf klo ada kata2 salah, maklum pemula.

iwan
2 August 2007, 11:28 AM
yup....betul sekali....masa dapet bendera C tapi juara 5....??? masa bendera C dibagi 3 orang....??? masa semua juri (6 org) kasih nilai sempurna (38) tapi juara 6....???? dan banyak masa2 yang laen...
Tuh die tuh Om Ali Juri yg Ngeselin....hapalin dan tandain muke2x tuh juri...jadi next time begitu ada lomba lagi dan die pade jadi juri,kita teriakin sindiran biar die pada ngeh....biasanya sih juri yg kayak gini pade tebel mukenye...tapi nggak apa2x...yg penting kita sudah sindir melalui teriakan kita di pinggir lapangan..buat gerakan moral....
Salam KM

IWAN

Peace ON EaRth

ariej
2 August 2007, 04:05 PM
disamping EF yg kita berikan ada juga CI yg kalo mo digantang harus dijemur dulu sampai mangap itu terjadi pd CI aku punya dan ternyata tembakannya keluar semua n tidak didis

memang tiap burung beda2 malah temen saya harus dichas dulu AM sampai melet2 baru jos maennya

joko sutikno
6 August 2007, 11:42 AM
aku mau nanya, CI aku dulunya bagus terus rontok g selesai 2, klu tarung kurang keluar ngerolnya badan tidak ngeper, klu mengkorok OK, tonjolan OK

joko sutikno
6 August 2007, 12:01 PM
salam kenal om ali hendro dan ariej aku di juanda sidoarjo mulai senang bermain boleh kenal ya om aku minta telp klu boleh ya om, butuh banget, soalnya aku punya ijo bahan bagus cuma masih rontok bulu ingin tips 2 nya atau mungkin diberi bahan join gitu lho ! Hp aku 031 71333964

irfan bone
16 August 2007, 11:31 AM
Hallo Friends,

Wah seru juga ni di Forum CI mania, setelah saya baca dan saya simak obrolannya ternyata settingan EF-nya berfariasi juga tergantung kebiasanaan dan karakter burung CI itu sendiri, nah perlu saya ingatkan buat rekan's CI mania Khususnya buat Rekan's Pemula bahwa kita tdk boleh terlalu ambisi utk melombakan CI-nya karena kita harus tahu dulu kapan CI kita selesai mabung dan kapan siap utk dilombakannya, karena akan buang duit sia - sia atau CI kita tdk sesuai dengan yang kita harapkan jadi kita harus tahu Kondisi puncak (Top Form Period).CI kita untuk tampil yang terbaik (The Best).


1. Masa Mabung (Molting Periode)

Masa mabung burung memakan waktu sekitar 3,5 bulan. Kalau ada kelainan pada burung tersebut, masa mabung bisa memakan waktu sampai 4 bulan. Namun dalam kisaran 3 sampai 4 bulan, biasanya mabung sudah beres bila burung yang mabung kita perlakuan dengan baik, dalam hal ini: mandi, jemur, dan makanan porsinya sesuai dengan masa mabung.

2. Masa Siap Tarung (Ready for Contest Period).

Seusai mabung, burung memasuki kondisi fisik yang prima dan siap diturunkan ke arena latihan mapun lomba. Masa ini kurang lebih selama 6 bulan, dimulai sejak usai mabung (atau 3,5 bulan setelah memasuki masa ngurak/rontok bulu). Periode ini adalah waktu paling ideal untuk menurunkan burung ke arena lomba. Tentu saja dengan catatan bila burung kita sehat dan ditangani secara pas dalam hal perawatan hariannya, mulai dari pakan, mandi-jemur dan sebagainya. Dengan perawatan yang pas, tidak mengherankan kalau kita sering melihat ada burung jawara yang begitu selesai masa mabung sudah mampu menyabet lagi predikat jawara.

3. Kondisi puncak (Top Form Period).

Masa ini dimulai pada bulan ke-6 sampe bulan ke-9 dari, dan merupakan the best time untuk mengontestkan burung kita. Jadi selama 3 bulan ini, burung dalam kondisi puncak (top performance).

4. Masa Sebelum Mabung (Out of Form Before Molting Period).

Masa sebelum mabung, setidaknya dimulai bulan ke-10. Sebaiknya burung tidak dilombakan atau distirahatkan. Jadi ada 6 bulan di mana burung kurang vit, 3 bulan persiapan mabung + 3 bulan mabung. Pada periode 3 bulan persiapan mabung, banyak burung yang masih bisa merebut gelaran jawara. Pemilik benar-benar mengistirahatkan burung bila kondisi ngurak sudah nyata.
Selamat mencoba dan Semoga info ini bermanfaat untuk kita semua.

" Maaf bukan bermaksud untuk menggurui "

______________________________
M. IRFAN,SE, QIA.
Flexi : (0281) 7650333
Cell. : 085227033333

Mustika Areffa
16 August 2007, 08:33 PM
nice info om irfan, ada juga jagoan CI dari baturraden, gang sadar piye kabare?
(jgn bahas gang sadar nanti OOT) ::))

ariej
16 August 2007, 10:20 PM
Hallo Friends,

Wah seru juga ni di Forum CI mania, setelah saya baca dan saya simak obrolannya ternyata settingan EF-nya berfariasi juga tergantung kebiasanaan dan karakter burung CI itu sendiri, nah perlu saya ingatkan buat rekan's CI mania Khususnya buat Rekan's Pemula bahwa kita tdk boleh terlalu ambisi utk melombakan CI-nya karena kita harus tahu dulu kapan CI kita selesai mabung dan kapan siap utk dilombakannya, karena akan buang duit sia - sia atau CI kita tdk sesuai dengan yang kita harapkan jadi kita harus tahu Kondisi puncak (Top Form Period).CI kita untuk tampil yang terbaik (The Best).


1. Masa Mabung (Molting Periode)

Masa mabung burung memakan waktu sekitar 3,5 bulan. Kalau ada kelainan pada burung tersebut, masa mabung bisa memakan waktu sampai 4 bulan. Namun dalam kisaran 3 sampai 4 bulan, biasanya mabung sudah beres bila burung yang mabung kita perlakuan dengan baik, dalam hal ini: mandi, jemur, dan makanan porsinya sesuai dengan masa mabung.

2. Masa Siap Tarung (Ready for Contest Period).

Seusai mabung, burung memasuki kondisi fisik yang prima dan siap diturunkan ke arena latihan mapun lomba. Masa ini kurang lebih selama 6 bulan, dimulai sejak usai mabung (atau 3,5 bulan setelah memasuki masa ngurak/rontok bulu). Periode ini adalah waktu paling ideal untuk menurunkan burung ke arena lomba. Tentu saja dengan catatan bila burung kita sehat dan ditangani secara pas dalam hal perawatan hariannya, mulai dari pakan, mandi-jemur dan sebagainya. Dengan perawatan yang pas, tidak mengherankan kalau kita sering melihat ada burung jawara yang begitu selesai masa mabung sudah mampu menyabet lagi predikat jawara.

3. Kondisi puncak (Top Form Period).

Masa ini dimulai pada bulan ke-6 sampe bulan ke-9 dari, dan merupakan the best time untuk mengontestkan burung kita. Jadi selama 3 bulan ini, burung dalam kondisi puncak (top performance).

4. Masa Sebelum Mabung (Out of Form Before Molting Period).

Masa sebelum mabung, setidaknya dimulai bulan ke-10. Sebaiknya burung tidak dilombakan atau distirahatkan. Jadi ada 6 bulan di mana burung kurang vit, 3 bulan persiapan mabung + 3 bulan mabung. Pada periode 3 bulan persiapan mabung, banyak burung yang masih bisa merebut gelaran jawara. Pemilik benar-benar mengistirahatkan burung bila kondisi ngurak sudah nyata.
Selamat mencoba dan Semoga info ini bermanfaat untuk kita semua.

" Maaf bukan bermaksud untuk menggurui "

______________________________
M. IRFAN,SE, QIA.
Flexi : (0281) 7650333
Cell. : 085227033333

sep bener postingnya, tp ada tpnya om tiap burung punya karakter sendiri2 bahkan ada CI yg fighternya besar sekali bahkan gak peduli situasi apapun tetap aja figth meskipun mabung
hal ini pernah menimpa saya meskipun mabung/blum tuntas msh bisa juara

Mustika Areffa
17 August 2007, 07:47 AM
tiap burung punya karakter sendiri2 bahkan ada CI yg fighternya besar sekali bahkan gak peduli situasi apapun tetap aja figth meskipun mabung hal ini pernah menimpa saya meskipun mabung/blum tuntas msh bisa juara
betul sekali om ariej yg disampaikan om irfan tuh informasi utk CI pada umumnya.
CI nya om ariej yg juara dalam keadaan mabung? mabung atau nyulam om? pasti CI hebat klo mabung masih bisa jadi juara.

must parlan
17 August 2007, 09:29 AM
thnks banyk om om sekalian infonya, jd bikin tambah semangat moles CI nya biar tambah OK

ali hendro
17 August 2007, 12:55 PM
wuih.....akhirnya di bongkar juga rahasia perjalanan CI dalam satu tahun.....TOP....OK.....SALUT....SIP.....FANTASTIC .....

rasanya GEF tidak cukup untuk diberikan pada Om Irfan...

harusnya SATYA LENCANA dari Presiden RI.....

shiwakicaumania
17 August 2007, 05:52 PM
Salam kenal sebelumnya Om Irfan,

Oke Om Irfan, thanks berat atas masukannya... top markotob...
salut buat Om Irfan....

phi2n
20 August 2007, 09:54 AM
Wah om areffa kok ngerti juga ya ci baturaden, apalagi yang digang sadar hihi......, moncer2 om..

ariej
5 September 2007, 11:34 AM
betul sekali om ariej yg disampaikan om irfan tuh informasi utk CI pada umumnya.
CI nya om ariej yg juara dalam keadaan mabung? mabung atau nyulam om? pasti CI hebat klo mabung masih bisa jadi juara.

oh itu dulu om tp skrang udah pindah tangan bahkan sempet jd burung legenda di mlg, orang2 di malang pasti kenal yg namanya lembeng
nah itu dulu asalnya dari saya n emang bukan rejeki saya om burung tersebut moncer trus di orang yg beli punya saya

abas anjelo
6 September 2007, 11:22 PM
rumiiiiit juga yah main cucak ijo.... bgitu burungnya top form period ehh yg punya mlh lg bokek ga bisa ngluruk ksana ksini ...

irfan bone
10 September 2007, 10:05 AM
rumiiiiit juga yah main cucak ijo.... bgitu burungnya top form period ehh yg punya mlh lg bokek ga bisa ngluruk ksana ksini ...

Hallo Om ANJELO, gitu aja kok repot, nah saya punya tips untuk mensiasati permasalahan ini, caranya carilah rekans yg bisa di ajak kerja sama untuk mau ngebiayayain pendaftaran dlm lomba (dengan syarat CI-nya sering juara) dan apabila CI-nya juara hadiahnya bagi dua gito lho.........
keuntungan yg didapatkan CI-nya tidak rusak (over birahi), selanjutnya dapat menikmati penampilan CI-nya berlaga di arena lomba dan selanjutnya masih dapat tips dari hadiahnya ya ...he... heee.... heee....

:)>- Kang BONE tea

fl e xi : 02817650333
HP. : 085227033333

ariej
18 October 2007, 10:15 PM
rumiiiiit juga yah main cucak ijo.... bgitu burungnya top form period ehh yg punya mlh lg bokek ga bisa ngluruk ksana ksini ...

memang itu yg jd kendala klau lg ngebet eh gak ada uang
sama om hehehehe[-O<

bayu
31 October 2007, 03:21 PM
permisi... gabung ya om ... kenalan dulu nama saya bayu dari situbondo..
saya pingin nanya tentang CI saya. CI saya dari jember, dengan perawatan
mandi pagi lalu dikasih jangkrik 10 ekor lalu jemur sampai jam 12.
tampilnya udah ngetrok tetapi kenapa hanya sekitar 10 menit setelah itu hanya loncat keatas kebawah dan ngak ngerol.
mungkin Temen2 ada yang tau solusi untuk burungku ini?........terimakasih

bayu
1 November 2007, 07:31 PM
8-> 8-> 8->
permisi... gabung ya om ... kenalan dulu nama saya bayu dari situbondo..
saya pingin nanya tentang CI saya. CI saya dari jember, dengan perawatan
mandi pagi lalu dikasih jangkrik 10 ekor lalu jemur sampai jam 12.
tampilnya udah ngetrok tetapi kenapa hanya sekitar 10 menit setelah itu hanya loncat keatas kebawah dan ngak ngerol.
mungkin Temen2 ada yang tau solusi untuk burungku ini?........terimakasih~X( ~X( ~X(

yoyo2007
29 December 2007, 12:28 PM
saya punya CI masih muda.sekarang baru ngurak 1x, blom pernah ikut lomba, perawatan biasa, jangkrik 3 ekor madu setiap hari, kroto 1 minggu sekali, mandi jemur 1 minggu 2x kalo sempet, suara MB, kacer, trucukan, JS, CR, kucing (soalnya sering saya stelelin mp3 kicau burung. karena saya masih pemula saya ga tau CI saya tu bagaimana?bagus atw enggak?
CI saya kalo ada saya didekatnya kok macet ya?bahkan masih takut je, sering nglabrak2. bagaimana tuh supaya ga nglabrak2 en tetep bunyi? mohon saran kepada para senior sekalian. maturnuwun

iwanradar@yahoo.co.id
29 January 2008, 10:17 PM
salam kicau mania... sebelumnya saya kenalkan nama saya iwan asl kaltim (Kalimantan Timur) saya mau tanya keada teman-teman yang memang udah perpangalam sekali di perburungan, saya baru Beli C.ijo tapi waktu saya beli masih kondisi ganti bulu setelah 2 bulan saya rawat c.ijo saya udah gajor tp didekatkan sama c.ijo lain Suaranya masih kecil trus saat saya tanya rawatannya ke pemilik sebelum saya katanya jangkreknya tidak terbatas pokoknya dikasih 20 s/d 30 pasti habis ternyata emang bener jadi c.ijo saya itu satu hari 50 jangkrek yang saya mau tanyakan apakah dengan berlebihan jangkrek itu tidak merusak kondisi burung? Makasih

NICHO_BBC
29 January 2008, 10:27 PM
salam kicau mania... sebelumnya saya kenalkan nama saya iwan asl kaltim (Kalimantan Timur) saya mau tanya keada teman-teman yang memang udah perpangalam sekali di perburungan, saya baru Beli C.ijo tapi waktu saya beli masih kondisi ganti bulu setelah 2 bulan saya rawat c.ijo saya udah gajor tp didekatkan sama c.ijo lain Suaranya masih kecil trus saat saya tanya rawatannya ke pemilik sebelum saya katanya jangkreknya tidak terbatas pokoknya dikasih 20 s/d 30 pasti habis ternyata emang bener jadi c.ijo saya itu satu hari 50 jangkrek yang saya mau tanyakan apakah dengan berlebihan jangkrek itu tidak merusak kondisi burung? Makasih

Wah mantap sekali Om..... CI nya sudah bisa makan jangkrik sampai 50 ekor, coba kombinasikan dengan UH sebanyak 7-10 ekor OM, pisang atau pepayanya tetap di berikan.......... besoknya di cobain tempur OM, saya yakin powernya mantap...

jun
4 February 2008, 12:12 PM
permisi ikutan om. saya junpatrol bekasi
saya punya ci sekitar 2 tahun, mandi jemur hanya hari libur, EF jangkrik pagi 3 + pisang sore 3, rawatan selain CI ada MB,ciblek,love bird,kenari.
- kanapa CI saya belum jinak
- kenapa kalau makan jangkrik harus dengan tangan kalau di taruh di tempatnya tidak dimakan. UH tidak mau, bagaimana caranya.
- volumenya OK tapi kalau di trek sekitar 3 CI selalu menyerang/nabrak dengan volume agak kecil (tidak seperti kalau bunyi sendiri) mohon saranya, terima kasih. Wassalam

irfan bone
6 March 2008, 12:20 PM
permisi... gabung ya om ... kenalan dulu nama saya bayu dari situbondo..
saya pingin nanya tentang CI saya. CI saya dari jember, dengan perawatan
mandi pagi lalu dikasih jangkrik 10 ekor lalu jemur sampai jam 12.
tampilnya udah ngetrok tetapi kenapa hanya sekitar 10 menit setelah itu hanya loncat keatas kebawah dan ngak ngerol.
mungkin Temen2 ada yang tau solusi untuk burungku ini?........terimakasih

Mas Bayu, sayang anda tidak menyebutkan kira2 usia CI-nya...? kemungkinan CI-nya belum mapan ya.... usahakan dirawat sebaik mungkin supaya CI-nya senang dan kalau CI-nya senang pasti akan rajin moncer. Usahakan CI-nya di umbar pada kandang umbaran supaya powernya mantap.:)>-

husna
20 March 2008, 03:29 PM
salam kenal kpd pakar ci aku mo tanya untuk ci buah yang baik pisang/apel

Bledek
22 March 2008, 09:44 AM
salam kenal kpd pakar ci aku mo tanya untuk ci buah yang baik pisang/apel


Salam kenal juga.
Rata rata penggemar cucak hijau, menggunakan pisang kepok putih sebagai menu harian. Untuk apel biasanya digunakan untuk menjelang lomba atau se Minggu satu kali. ( Disamping itu untuk apel merah yang manis harganya mahal.) .Paling paling diselingi papaya.

husna
22 March 2008, 10:56 PM
ci saya klo dikasih pisang mencret trs dan banyak air,kenapa ya .............om , untuk stamina saya coba kasih madu dicampur air tapi malah minum trus gamau makan pisang gimana ya...om makasih ya nasehatnya .

Bledek
23 March 2008, 12:30 AM
ci saya klo dikasih pisang mencret trs dan banyak air,kenapa ya .............om , untuk stamina saya coba kasih madu dicampur air tapi malah minum trus gamau makan pisang gimana ya...om makasih ya nasehatnya .


Coba dihentikan madunya dulu, karena madu bikin ci nafsu makannya turun.
Bagi hobis kalau memberikan madu biasanya tidak terus menerus.Pada umumnya yang membuat agak mencret, adalah buah apel. Kalau pisang jarang terjadi. Mungkin pisang kepok putih yang Anda berikan terlalu masak.
Coba pilih pisang yang jangan terlalu masak,kulitnya masih agak hijau, tapi kalau pisangnya dipencet pakai cari cari terasa sudah cukup empuk.
Bila dengan cara ini belum berhasil , Bisa Anda tanyakan di forum ini bagian pengobatan. ( Mungkin ci Anda sakit)

husna
23 March 2008, 06:32 PM
trimakasih om saran2nya akan saya coba . oya om satu lagi neh aku ada masalah , ci aku yang satunya lagi bunyi kencang kali sampai2 ortu bilang bisa2 gendang telingaku bolong katanya , itu kalau di krodong om tapi kalau di bawa latian bunyinya kurang ngotot gimana yah om biar ngotot ? perawatan harian pagi uh 5 jrk 5 sore 5 untuk buah pake apel ,jemur jam 08 00-11 00 . trus masalah pake kandang umbaran itu full tiap hari apa gimana tolong di terangkan om . makasih sebelumnya

Bledek
23 March 2008, 07:39 PM
trimakasih om saran2nya akan saya coba . oya om satu lagi neh aku ada masalah , ci aku yang satunya lagi bunyi kencang kali sampai2 ortu bilang bisa2 gendang telingaku bolong katanya , itu kalau di krodong om tapi kalau di bawa latian bunyinya kurang ngotot gimana yah om biar ngotot ? perawatan harian pagi uh 5 jrk 5 sore 5 untuk buah pake apel ,jemur jam 08 00-11 00 . trus masalah pake kandang umbaran itu full tiap hari apa gimana tolong di terangkan om . makasih sebelumnya


Perawatannya sudah bagus sekali, barangkali cinya belum dalam kondisi top form. Usianya masih muda. Kurang latihan dsbnya.

husna
23 March 2008, 10:21 PM
om kalau boleh minta no hpnya doooonk.....

Bledek
23 March 2008, 11:06 PM
om kalau boleh minta no hpnya doooonk.....

Mohon maaf ini sudah kelewat out.
Saya tidak punya HP.ANda bisa pakai PM.

abas anjelo
24 March 2008, 12:11 PM
om husna klo udh puseng ane siap nerima cinya hehehehe serius lo pm aja tp rules km tetep berlaku nih

husna
27 March 2008, 07:44 AM
kayanya ga di lepas sayang mas

husna
27 March 2008, 07:46 AM
emang puyeng tapi itu tantangan saya om

Bledek
27 March 2008, 09:26 AM
emang puyeng tapi itu tantangan saya om


Om Husna, : Sabar telaten teliti ini kuncinya.
Maju terus pantang mundur.

husna
28 March 2008, 02:21 AM
Om Trimakasih Pencerahan Bt Ci Ku , Recep2 Udah Saya Terapkan Alhamdulilah Hasil Memuaskan Ci Yang Tadinya Suara Keras Klo Di Krodong Tapi Sekarang Oke Tanpa Kerodong Pun Suratembus Di Coba Latber Juara Tuuuuh .

Bledek
28 March 2008, 09:04 AM
Selamat atas keberhasilannya menjadi juara Tujuh.
Semoga moncer terus.

husna
1 April 2008, 06:44 PM
om kemaren ci ku latberlagi dapet ke 4 ,tapi suara yang keluar tembakan2 kenceng ga ngerol gimana ya om biar ngerol dan jambul ? padahal yg juara 1 suara kecil tipis tapi ngerol dan jambul .

Bledek
1 April 2008, 08:19 PM
om kemaren ci ku latberlagi dapet ke 4 ,tapi suara yang keluar tembakan2 kenceng ga ngerol gimana ya om biar ngerol dan jambul ? padahal yg juara 1 suara kecil tipis tapi ngerol dan jambul .


Suara ngerol dan jambul adalah pembawaan sudah dari sononya.
Sekali lagi Selamat ya... untuk prestasi nomor 4 nya>

Andy KM
11 April 2008, 12:43 PM
Bro ...mohon pencerahannya :

Saya punya 2 Ci dirumah br sekitar 2 hari (sebelumnya Cuman 1 )...Keduanya CI prestasi (terus terang aja selama hobby burung baru sekitar 2 bln ini Saya Pegang CI )

Untuk Rawatan CI A... (yg lama dirumah Saya) ...tetap Sama seperti Yg Ci Lainnya , Nach Yang menjadi pertanyaan Saya Bro

01, Setinggan Ci B ini lain daripada Lain .... Harus makan Buah Ceri Yang kecil2 manis (........ Kira2 bisa ngak yang digantikan dgn Buah Pisang/Pepaya/Apel)
02. Apakah pelihara CI dalam Satu rumah bisa merusak Ci lainnya. Saat ini penempatan Agak Berjauhan yang Satu Disamping Rumah Yg Satu aku Taruh diRuang Kerja.
03. Apakah Berpengaruh apabila CI (yg baru Sy Beli) setelan utk Jangkrik saat lomba Saya genjot ,,,???? Karena Menurut Yg Punya cukup 3 aja .....Ketika saya Tanya pernah digenjot jangkrik ngak ,,,, Yg punya bilang belum pernah.
04. Untuk Pemberian Air Madu kepada CI baiknya bagaimana ...

Note : CI yang Baru .... saat ini bunyi nya aja Ngeriwik Kasar 2 (antara ngemplong bukan ngerwik ngak ) sedangkan Yg lama Malah ngemplong kenceng.


Mohon pencerahannya

Bledek
12 April 2008, 09:52 AM
Om Bejo Xmen, Saya akan berusaha menjawab pertanyaan Anda yang sulit ini.Mohon maaf sebelumnya, bila tidak benar
1. Sanggupkah Anda untuk menyediakan buah ceri tiap hari? Kalau buah untuk burung ci, kebanyakan menggunakan pisang kepok putih, ada yang diselingi dengan papaya , apel, sawo ,dllnya. Bila akan diganti buahnya, sebaiknya selang seling dulu antara ceri dan pisang. Jika sudah mulai terbiasa dengan pisang , baru coba tanpa ceri bagaimana reasinya. Mungkin untuk burung cinya dengan ganti buah, sementara ada perubahan, dalam adaptasi menuju penyesuaian . Jadi semuanya tergantung dengan kepurusan Anda.
2. Ada sebagian pakar ci yang mengatakan, kalau satu rumah pelihara dua ci, dalam selang beberapa bulan, daya tempurnya ci dilapangan akan berkurang. Tapi sebaiknya kalau pelihara ci lebih dari satu dalam serumah,dipisah yang satu dimuka , yang lain dibelakang. Atau yang satu dilantai atas yang satu dilantai bawah. Bila terpaksa , misal dalam penjemuran sebaiknya disekat pakai triplek , satu sama lain jangan saling melihat.
3.Untuk porsi jangkrik cukup 3 ekor itu, dicoba dulu . Bagaimana hasilnya?
Bila kurang jalan, selanjutnya bisa ditambah . sesuai dengan porsi jangkrik yang dikehendaki oleh cinya sendiri,agar rajin berbunyi.
4.Kebanyakan hobbys ci, memberikan madu pada cinya hari hari menjelang lomba saja. Kalau terlalu sering memberikan madu , takutnya jadi kebiasaan.

Memang sudah menjadi kebiasaan , kalau beli burung baru biasanya pasti ada
penurunan kondisi. Dalam Adaptasi menghadapi segala perubahan, baik dalam bidang perawatan, kebiasaan, lingkungan, suasana.pengenalan dllnya.
Bagi burung yang sudah dipelihara lama, pasti lebih gajor bila kedatangan burung baru, karena merasa sebagai tuan rumah datang lebih dulu , lebih berkuasa , ini adalah wilayah saya. Kira kira begitulah.
Semoga bermanfaat bagi Anda.

J-Ros
12 April 2008, 10:34 AM
Kulo nuwun, ini saya sebenarnya mau masuk ke perkenalan dulu tapi tidak tahu harus posting mana dulu. Mohon penjelasan. Thanks.

Andy KM
12 April 2008, 10:40 AM
Om Bejo Xmen, Saya akan berusaha menjawab pertanyaan Anda yang sulit ini.Mohon maaf sebelumnya, bila tidak benar
1. Sanggupkah Anda untuk menyediakan buah ceri tiap hari? Kalau buah untuk burung ci, kebanyakan menggunakan pisang kepok putih, ada yang diselingi dengan papaya , apel, sawo ,dllnya. Bila akan diganti buahnya, sebaiknya selang seling dulu antara ceri dan pisang. Jika sudah mulai terbiasa dengan pisang , baru coba tanpa ceri bagaimana reasinya. Mungkin untuk burung cinya dengan ganti buah, sementara ada perubahan, dalam adaptasi menuju penyesuaian . Jadi semuanya tergantung dengan kepurusan Anda.
2. Ada sebagian pakar ci yang mengatakan, kalau satu rumah pelihara dua ci, dalam selang beberapa bulan, daya tempurnya ci dilapangan akan berkurang. Tapi sebaiknya kalau pelihara ci lebih dari satu dalam serumah,dipisah yang satu dimuka , yang lain dibelakang. Atau yang satu dilantai atas yang satu dilantai bawah. Bila terpaksa , misal dalam penjemuran sebaiknya disekat pakai triplek , satu sama lain jangan saling melihat.
3.Untuk porsi jangkrik cukup 3 ekor itu, dicoba dulu . Bagaimana hasilnya?
Bila kurang jalan, selanjutnya bisa ditambah . sesuai dengan porsi jangkrik yang dikehendaki oleh cinya sendiri,agar rajin berbunyi.
4.Kebanyakan hobbys ci, memberikan madu pada cinya hari hari menjelang lomba saja. Kalau terlalu sering memberikan madu , takutnya jadi kebiasaan.

Memang sudah menjadi kebiasaan , kalau beli burung baru biasanya pasti ada
penurunan kondisi. Dalam Adaptasi menghadapi segala perubahan, baik dalam bidang perawatan, kebiasaan, lingkungan, suasana.pengenalan dllnya.
Bagi burung yang sudah dipelihara lama, pasti lebih gajor bila kedatangan burung baru, karena merasa sebagai tuan rumah datang lebih dulu , lebih berkuasa , ini adalah wilayah saya. Kira kira begitulah.
Semoga bermanfaat bagi Anda.

Thangk Bro Bledek,,,, Share yang Bermanfaat ,,,, Saat ini CI (baru) Coba aku kasih Pepaya , mau makan Walau hanya sdikit .....dan udah mulai Rajin ngemplong / ngeban2...

Btw Bro..... Saat ini penempatam Berjauhan namun hanya Suara nya yg terdengar

Bledek
12 April 2008, 12:25 PM
Kulo nuwun, ini saya sebenarnya mau masuk ke perkenalan dulu tapi tidak tahu harus posting mana dulu. Mohon penjelasan. Thanks.


Salam kenal juga Om Ros. Anda jangan masuk dulu ke forum burung dulu.
Langsung masuk forum umum bagian perkenalan. Monggo dicoba. Sudah siap bagian penerima tamu baru .
Thx.

Bledek
12 April 2008, 01:46 PM
Om Bejo Xmen, Jangan lupa buah yang pokok adalah :
Pisang Kepok putih yang utama, papaya , apel hanya selingan.
Sukses ya.

J-Ros
16 April 2008, 04:24 PM
Makasih om Bledhek. Udah masuk perkenalan tuh. Aku mau ikutan nimbrung CI ku. Ada yg bisa ngasih settingan standart u/ CI nggak ya? CI ku saat ini settingannya:
- Pagi jangkrik 5
- Sore jangkrik 5
- Mandi 1 hari di cepuk bisa berkali-kali
- Buah apel merah seminggu 2 kali
Yang aku tanyakan: Untuk UH, UB perlu dikasih berapa ya ?
Saat ini kalo pagi bunyinya masih banyak besetan2x, jarang panjang(ngeroLL)
nggak pernah terlihat ngentrok. Begitu dulu om-om. Saran pencerahannya ditunggu ! Matur suwun .

hawks
24 April 2008, 10:41 AM
Om tks banget atas pencerahannya.... aku baru kemarin dapet CI pala kuning... udah gacor... cuma klu mo ngasih madu apa harus dicampur kedalam tempat minumnya?? ato ditempat khusus madu...??

Om-om punya menu harian utk CI gak..?? umpamanya :
- Senin : Pisang
- Selasa : Daun Selada
- Rabu : Kates/Pepaya
- Dstnya...

Tks atas pencerahannya...

Bledek
24 April 2008, 12:13 PM
Om J Ros, Sudah bagus pemberian ef dan rawatan Anda. Biasanya para hobis burung ocean, memberikan uh atau ub menjelang lomba.
Ada yang diadu pakai cermin mau ngentrok, ada yang diadu pakai beberapa ekor ci baru mu ngentrok. Ada yang sama sekali dasarnya memang tidak mau ngentrok.

Bledek
24 April 2008, 12:29 PM
Om Hawks, saya belum tahu ci pala kuning. Mohon penjelasannya.
Untuk pemberian madu ada yang dioleskan di buah, ada yang dicampur air minum, ada yang disuntikan di jangkrik,
Biasanya pemberian selang seling untuk buah, misall:
Senin pisang, selasa papaya atau sawo atau lainnya, rabu kembali pisang, kamis papaya atau sawo dllnya, jumat pisang, sabtu apel dan seterusnya
Atau banyak juga dengan variasi lainnya sesuai dengan seleranya masing masing.
Salam, Semoga berguna..

hawks
25 April 2008, 09:38 AM
Tks Om Bledek atas pencerahannya...

CI pala kuning itu sama aja dg CI Sumatera Om... lumayan lho om gacornya...
cuma aku pengen CIku biar bisa ngentrok gimana caranya ya...
efnya aku kasih cuma jangkrik (itu juga susah buanget karena harus di supply dr Medan), krn ditempatku gak ada UB, UH... :( :(

Bledek
25 April 2008, 11:05 AM
Om Hawks, :
Coba ci Anda dirawat dulu dengan baik, sehingga kondisinya benar benar fit.
Baru coba ditrek dengan beberapa ekor ci, bisa dilihat mau ngentrok atau tidak? Jangkrik memang menu ef yang utama buat ci pada umumnya.
Kalau Uh gampang sekali diternak, asal diberi voer secukupnya dan diatas uh diberi daun daunan ( daun papaya, daun sawi putih, vortel yang diiris tipis tipis), akan hidup terus dan bertambah besar. Tapi pemberian uh bagi ci, biasanya menjelang lomba saja.

hawks
28 April 2008, 08:48 AM
Tks Om Bledek....

Alhamdulillah... kemarin siang setelah aku caring (jemur) kurang lebih 3 jam... abis itu aku kasih apel sambil diangin-anginkan ternyata CI langsung ngeplong...
riwayatnya dulu kata pemilik lamanya sudah gacor trus mandek...

Oh ya... sekarang aku kasih jangkrik pagi 3 plus menu harian dari Om Bledek dan sore mandi di kerambah... cukup gak Om....???

Bledek
28 April 2008, 07:03 PM
Om Hawks.
Sorenya juga diberi jangkrik 3 ekor lagi, jangan hanya pagi saja. Kalau tidak ada jangkrik beri saja uh 5 ekor.

bazic
28 April 2008, 07:09 PM
mau nanya neh.Apa betul kalau CI kepala ijo dianak tirikan waktu lomba di jawa mohon penjelasannya.

Bledek
29 April 2008, 09:01 AM
Om Bazic , sebaiknya Anda buka thread baru saja. Dengan judul pertanyaan yang seperti Anda inginkan. Agar seluruh rekan rekan Km yang pernah punya pengalaman, dan tahu ci jenis tersebut yang akan menjawabnya.
Monggo dipersilahkan. Thx.

kajak
3 May 2008, 01:38 AM
udah dimandiin om, maish didisan juga......puyeng.....

johanespek
3 May 2008, 09:49 AM
udah dimandiin om, maish didisan juga......puyeng.....

om kajak coba masuk ke tread perkenalan dulu.....
biar para pakar lebih enak kasih solusinya.....

tapi coba pada saat gantang jaraknya di deketin om..... biasanya dengan digantang agak dekat ci jadi lupa nyisir hehehe.....

selamat mencoba..... moga berhasil....
kl sdh berhasil... silahkan bayar iuran hehehehe.......:D :D :D

jaja
14 May 2008, 02:38 PM
Slm kicaumania,sy punya CI yang ga mau jangkrik tp kalo kroto dia mau,gimana settingan EF buat lombanya?mohon masukanya

iw_an
15 May 2008, 11:54 AM
permisi... gabung ya om ... kenalan dulu nama saya andre dari madiun..
saya pingin nanya hal CR saya punya 1 ekor nggak tahu jantan / betina ... saya coba ikut lomba lokalan di madiun... awalnya no 5 terus lain bulan no 4 ...terakhir bulan maret ini saya lombakan lagi... la kok terlempar 10 besar. Nah saya minta masukan ke temen temen kok katanya burung saya terlalu birahi ( harian jangkrik 2 pagi dan 2 sore buah selalu & jika mau lomba kamis 10 jangkrik pagi dan sore )... Apa betul ya om , terus nuruninnya bagaimana... ??? burung yang cocok sebagai pendamping apa ya om selain trucuk ???? terima kasih

:)) Wah gawat nich.....salah kamar Om.
Nich kamar Mertua.
dipecat jd mantu=))

agus s
4 September 2008, 07:04 PM
Saya punya ci 11 x main dapat koncer 8x , sedangkan ci nya samasekali tdk mau makan UH dan UB. Jadi menurut saya faktor utama tetap pada ci nya tidak mutlak ditentukan oleh pemberian EF.
Untuk mandi memang bisa mandi 2 sampai 3 kali sehari. Tapi saya amati mandi yang pertama (pagi) lebih puas ( mandinya lama bolak balik nyebur), sore mandi yang ke 2 cuma sebentar saja. Untuk ci saya kalo sore dimandikan maka esok pagi biasanya mandinya jadi malas2an. Akhirnya cuma 1x sehari saya mandikan (pagi).Maaf kalo ada yang keliru krn masih belajar.

Bledek
4 September 2008, 09:46 PM
Saya juga setuju dengan pendapat dari Om Agus. Masalah bisa ssering moncer di lomba, faktor utamanya tergantung dengan kwalitas cinya. Tidak mutlak ditentukan oleh pemberian ef.
Akan tetapi mau tidak mau harus diakui, dengaan adanya penambahan pemberian ef akan mendongkrak kinerja ci ( pada umumnya ). Barangkali jika ci nya mau dengan uh dan ub , akan menambah variasi dari pakan ef, yang mungkin juga memperbaiki kinerja dari cinya.
Bagi ci ci yang berkwalitas, berbakat, dirawat dengan seadanya saja sudah
bagus, anggap saja mencapai nilai 8. Apalagi dirawat dengan intensif, mungkin bisa mencapai angka 9 bahkan 10.

agus s
6 September 2008, 10:06 PM
Terimakasih mas BLEDEK atas sarannya, salam buat kel semuanya. Selamat menunaikan ibadah puasa.

borbi
9 December 2008, 09:43 AM
Salam kenal KM, ane punyo Ci gacor tenan dn isian lengkap tp kl di coba dg CI lain ndak keluar tuk isian bahkan ndak mo bunyi , hellllp para senior

borbi
9 December 2008, 09:51 AM
salam kenal Om-om semua, saya punya Ci gacor sekali dan isian sudah lengkap tp kl di adu dg ci lain kagak mo bunyi tu Ci, tolong saran dan pengalaman teman2 sekalian ,trim

NICHO_BBC
10 December 2008, 01:25 PM
tinggal dopping dengan UH 10 ekor, dan UB 2 ekor .

bazic
14 December 2008, 08:39 PM
dopping ya kapan bung Nicco hari kebrapa mulainya

ds_lubby
20 January 2009, 01:39 PM
:)) Wah gawat nich.....salah kamar Om.
Nich kamar Mertua.
dipecat jd mantu=))

wah mestinya jangan kasih pendamping burung trucukan bos. mending pake jenggot, kenari, gereja, love bird ato rambatan gt!

ds_lubby
20 January 2009, 01:43 PM
kalo maen kroto, hariannya kasih kroto aja bos tp dikit2, hal ini utk menjaga agar bulunya tdk sulam terus. ntar kalo mau lomba (-2) porsinya naikin. mgkn waktu hari H bisa d tambah ulat bumbung ato hongkong.

ar_rui
13 May 2009, 01:06 PM
mo tanya ni buat pakar CI, ciri2 CI layak buat d'trunkan lomba apa ya??? ma persiapannya apa aj?? krn pngen kut lomba ni, ma sebelumnya blm pernah. mohon dg sangat masukannya, trims. :)

bodrek
29 May 2009, 02:48 PM
mohon pencerahannya om
menu buat ci apa aja sih om :
pisang-pepaya-apel?
jangkrik-kroto-uhongkong-ubumbung?
kok kalo baca ditabloid2 itu, sy liat makanannya kok beda2
gimana sih cara mengatur pakan2 tersebut untuk ci kita

bodrek
15 June 2009, 10:06 PM
wah forum ci sepertinya lagi sepi ya?
om, ay ada tambahan pertanyaan nih !!!

kalo jemuran ci ay buat lama (sampai jam 1-2 siang), kok besoknya cinya agak ga doyan makan ya? apa ci ay masuk angin ya?

tolong pencerahannya dong....:)

ar_rui
15 June 2009, 11:46 PM
mohon pencerahannya om
menu buat ci apa aja sih om :
pisang-pepaya-apel?
jangkrik-kroto-uhongkong-ubumbung?
kok kalo baca ditabloid2 itu, sy liat makanannya kok beda2
gimana sih cara mengatur pakan2 tersebut untuk ci kita
om bodrek lo pendapat saya sih mendingan pakan harian CI nya d'seting yang sederhana aj misal pisang kepoknya plus jangkrik, supaya setingan buat lomba gk ribet, yang penting konsisten, klo saya hariannya wajib pisang kep[ok ma jangrik 3/3 pg/sore, nah klo pas mo lombanya bru d'cari setingannya apakah jangriknya d'genjot ma d'tmbah ma UH, nah utk setingan lomba munkin sudh ad d'tred2 sebelumnya,
trus om bodrek lo bisa jemurnya dr jm 8 sampe jm 11 aj krn lebih dr jm segitu akn merusak bulu ma kemunkinan akan membuat suaranya serak.
lo CI msuk angin biasanya memiliki ciri2:
1. CI nya lesu, lemes gk bersemangat
2. nafsu makan menurun
3. bab nya mencret
demikian pendapat saya berdasar pengalaman, maaf klo ad yang salah, monggo para pakar CI lo ad yg perlu d'koreksi. maklum msih belajar. makasih :)

vidot_vid
19 June 2009, 09:31 PM
saya punya ci kenapa tambal sulam bulunya lama sekali ......supaya bulu nya cepat kembali semula dikasih apa om...

ady_mv
29 June 2009, 01:51 AM
d kasih kroto aja br ambrol sekalian....
tp yg wajar sembari diperhatikan
rajin krodong br Ci ny bs istirahat dan jgn mandi dulu...
biasany ci normal,mabung ny cpet

sucito
20 September 2009, 01:15 AM
Mo tanya, saya baru beli CI, kata penjualnya makannya hanya buah (pisang/papaya) dan Jangkrik.....gak boleh ada voooer...bener gak seh pola makan tersebut....(maklum newbie di CI)

Subianto
20 September 2009, 12:24 PM
Kl brg lomba biasanya spt itu jg ditambah UH, UB , apel .

sucito
20 September 2009, 08:50 PM
Kl brg lomba biasanya spt itu jg ditambah UH, UB , apel .

makasih oom atas infonya.......saya juga blomngerti tentang CI, pas kebetulan aja ada yang nawarin sebelum lebaran..langsung saya ambil.....

Donni gultom
11 December 2009, 02:09 PM
Sekedar nambahin aja nih....

menu yang paling penting utk CI tampil prima adalah Umbaran & jemur yang cukup.Banyak Ci yang bagus kerja di awal tapi ditengah ngempos.
ini karena CI kurang latihan fisik.
Untuk menu makanan & EF dapat disesuaikan dgn kebutuhan masing masing CI

Kalau ada kesalahan mohon di maafkan,
tapi kalau CI nya tampil kabari kita2 ya

andri_ambisi
14 December 2009, 09:48 AM
mohon infonya para pakar CI...........CI ane selalu moncer tiap minggu lomba atau latber didaerah ane........tapi yg jd problem CI ane ga mo diturunin 2X (kedua kalinya fighter n tembakan ga mo keluar.......yg ane mo tanyain gmn setingan setelah CI selesai lap pertama,,,,,,masalahnya CI ane nembak terus walaupun dah selesai lomba.........trim's

andri_ambisi
14 December 2009, 09:57 AM
sedikit lagi ane mo tambahain,,,,,,,setingan harian CI ane sebelum lomba mandi tiap pagi dikeramba,,,jemuran sampe jam 10-11 ( 2 - 3 jam ),,,,pisang kepok putih yg mengkel (setengah mateng) tiap pagi diganti,,,,,,jangkrik 5-5 pagi sore,,,,,siang ane kasih kroto 1 sendok teh atau UB 3 ekor tiap hari (tergantung adanya)masalahnya ditempat ane UB agak sulit dicari,,,,,,,H-2 sblm lomba CI ga ane mandiin lagi tp harian fooding n jemuran tetap,,,,,,,sampe di lapangan CI cuma ane tambah jangkrik 3 n UH 3,,,,,hasilnya CI ane selalu moncer,,,,,,


tp ane masih pengen dpt hat-trick di lomba......tp gagal terus......

mohon koreksinya,,

tyo_jogja
14 December 2009, 08:02 PM
Wah,,,, seneng rasanya leat om2 punya CI yang sip-sip..

lha sy ne mau ikut latber/lomba aja gojag-gajeg je om (bhs indonya apa ya ?) hee..

punya CI sebiji kok gk bunyi2 juga ya OM?? cm ngriwik2 aja...

wis lah nasib..nasib.. nek punya CI sing Jos ky Om2 KM pasti wis tak bw lomba..

Bravo CI mania :D

anakmbarep
10 June 2010, 02:31 AM
Wah,,,, seneng rasanya leat om2 punya CI yang sip-sip..

lha sy ne mau ikut latber/lomba aja gojag-gajeg je om (bhs indonya apa ya ?) hee..

punya CI sebiji kok gk bunyi2 juga ya OM?? cm ngriwik2 aja...

wis lah nasib..nasib.. nek punya CI sing Jos ky Om2 KM pasti wis tak bw lomba..

Bravo CI mania :D

Setahu ane gojag-gajeg artinya ragu-ragu
Sory nich OOT ...

radrad
12 June 2010, 01:31 AM
mbok diulas mslh krodong,bingung je ada yg bilang ci non krodong,krodong hnya mlm ada jg yg full krodong.klo ci utk lomba pengaturan krodongnya gmn?pake yg tebel atau transparan mohon bimbingannya..

Bledek
12 June 2010, 08:37 AM
Tiap tiap orang tidak bisa disamakan, satu sama lain punya pendapat masing masing. Disamping itu juga, ci satu dengan yang lain mempunyai karakter berbeda. Dengan dicoba/exprimen
baru diketahui mana yang paling tepat untuk cinya.
Paling bagus pakai krodong yang tidak tembus pandang, dan kainnya tidak terlalu tebal ( agar cinya tidak kepanasan )

ady_mv
13 June 2010, 02:37 AM
klo saya si seting EF ci ngga macam2 harian pake jangkrik,..porsi disesuaikan ketika akan di umbar jangkrik saya up,klo pas lagi ngga sempet jangkrik pagi aja secukupnya,liat birahi nya jg,...yg rutin saya lakukan perawatan mandi jemur dan umbar...dan untuk setingan bru dimulai H-1,..UB,UH, dan pengerodongan mulai dipakai,....

sekedar share dari pemula

budiwahyu
13 June 2010, 11:55 PM
Share rawatan CI om ady kalau mau lomba, siapa tau cocok buat CI ku,
H- berapa ?
berapa UB, UH, jangkrik.????????

makasih sebelumnya.

ady_mv
14 June 2010, 01:03 AM
Share rawatan CI om ady kalau mau lomba, siapa tau cocok buat CI ku,
H- berapa ?
berapa UB, UH, jangkrik.????????

makasih sebelumnya.

saya baru pemula om,..
begini versi saya,..ci saya yg ke 2 yg plg mudah
H-2 ci baru saya masukan kandang lomba paginya ( mandi jemur tetap seperti biasa.)
saya mulai H-2 sore jangkrik up 8 ekor full krodong jauhkan dari brg lain,...jgn mandi jemur bentar saja atau ngga usah ngga apa,...
H-1 pagi ngga mandi dan tanpa jemur ckup di buka kerodong kasih jangkrik 10 - 15 ekor,...
Buah klo perlu diganti apel,cari yg udh benar2 empuk.
siang beri UB 2ekor,sore beri jangkrik lagi sampai ngga dimakan lagi klo ci saya bisa sampai 18 - 25 ekor,..klo cuaca dingin +kroto dikit aja om,..
saat hari H porsi jangkrik dirubah seperti harian max 5 ekor + 2UB mandi jemur sepuasnya,..
krodong dilapangan jauhkan dari brg lain dulu,..klo udh mulai bunyi2 biasa saya tambah UH 5ekor sambil tempat minum dan buah diambil,..ci digodain bentar dari luar kandang pake tangan,siap gantang om,..

dan semoga koncer....

budiwahyu
14 June 2010, 09:10 PM
ok om ady_mv
akan aku coba

ady_mv
16 June 2010, 03:50 PM
ok om ady_mv
akan aku coba

di set sampai benar2 kondisi dulu om,..
jgn buru2 bongkar pasang setingan,...
ambil yg cocoknya saja ya,...selamat mencoba

Wiznu Le-Crooth
16 June 2010, 04:16 PM
numpang ngintiip ajeee ya suhu,....
arep tak catet resep"e,...........^:)^^:)^^:)^

ady_mv
16 June 2010, 04:26 PM
heleh,..bisa aja ni kang wisnu,..
Be de wei .. resepnya ci2 kang wisnu gimana yah,..hehehehe

Wiznu Le-Crooth
16 June 2010, 04:31 PM
heleh,..bisa aja ni kang wisnu,..
Be de wei .. resepnya ci2 kang wisnu gimana yah,..hehehehe

nguyahi segoro,....akuu ommmmm,.....
keep silent waelah,......^:)^^:)^^:)^^:)^^:)^

ady_mv
19 June 2010, 12:24 AM
di share saja om untuk semua member,...
yg setingannya sdh berhasil di terapkan...


lanjut mang

Pandu Prawira
23 June 2010, 08:54 PM
om mau nanya nie,perawatan harian jemur 9-11, jangkrik 3-3-3(pagi-siang sore),senin-sabtu pisang kepok,minggu apel merah.ga pernah masuk umbaran, mandi di cepuk 1x seminggu.nah kalo dijemur antara jam 10 selalu mangap tapi lidah gak sampai melet,kenapa ya kira2 om.just for info CI ini saya beli 1200K.fariasi lagu sangat banyak bgt.minta tolong kalo untuk persiapan lomba bagaimana, apakah seperti perawatan harian atau gmn?
suwuuuuuun

Pandu Prawira
23 June 2010, 08:58 PM
om mau nanya nie,perawatan harian jemur 9-11, jangkrik 3-3-3(pagi-siang sore),senin-sabtu pisang kepok,minggu apel merah.ga pernah masuk umbaran, mandi di cepuk 1x seminggu.nah kalo dijemur antara jam 10 selalu mangap tapi lidah gak sampai melet,kenapa ya kira2 om.just for info CI ini saya beli 1200K.fariasi lagu sangat banyak bgt.minta tolong kalo untuk persiapan lomba bagaimana, apakah seperti perawatan harian atau gmn?
suwuuuuuun

:)>-:-@
sory ada yg ketinggalan.CI ane kalo dikrodong tapi di daerah yg rame tetep gak mau diem,guacor mulu.apakah aktifitasnya bisa menurun pada saat lomba?gimana cara nanganinnya om?

ady_mv
25 June 2010, 02:21 AM
om mau nanya nie,perawatan harian jemur 9-11, jangkrik 3-3-3(pagi-siang sore),senin-sabtu pisang kepok,minggu apel merah.ga pernah masuk umbaran, mandi di cepuk 1x seminggu.nah kalo dijemur antara jam 10 selalu mangap tapi lidah gak sampai melet,kenapa ya kira2 om.just for info CI ini saya beli 1200K.fariasi lagu sangat banyak bgt.minta tolong kalo untuk persiapan lomba bagaimana, apakah seperti perawatan harian atau gmn?
suwuuuuuun

mgkin blm terbiasa kena jemur lama om,..diteruskan saja,..yg penting continue,...
klo mau coba rawat seperti hariannya saja dulu...
ci brg yg mudah meniru,..jadi mmg banyak variasinya ngga harus beli mahal2,...
yg penting keluar atau ngga nya saat diadu,..keluar isian,..njambul,nagen,nembak,ngentrok dsb...

Pandu Prawira
25 June 2010, 08:12 PM
mgkin blm terbiasa kena jemur lama om,..diteruskan saja,..yg penting continue,...
klo mau coba rawat seperti hariannya saja dulu...
ci brg yg mudah meniru,..jadi mmg banyak variasinya ngga harus beli mahal2,...
yg penting keluar atau ngga nya saat diadu,..keluar isian,..njambul,nagen,nembak,ngentrok dsb...

waduh kemahalan brarti blinya ya om[-O<
kalo menurut pengamatan saya CI ini udah gacor tinggal dipoles dikit lagi trus tampil.oia kalo CI seperti spek ini untuk lomba perlu persiapan brapa lama?apakah bagus kalo harian dimasukkan kandang umbaran terus?berapa ukuran standart kandang umbaran?
kalo mau lomba baru di masukkan ke kandang lomba.:D

ady_mv
26 June 2010, 12:00 AM
waduh kemahalan brarti blinya ya om[-O<
kalo menurut pengamatan saya CI ini udah gacor tinggal dipoles dikit lagi trus tampil.oia kalo CI seperti spek ini untuk lomba perlu persiapan brapa lama?apakah bagus kalo harian dimasukkan kandang umbaran terus?berapa ukuran standart kandang umbaran?
kalo mau lomba baru di masukkan ke kandang lomba.:D

ngga juga om,..ente kan duitnya banyak beli segitu mah murah,...hehehe
peace om

gacor blm tentu ngadu loh om,..ada ci yg justru diam saja tapi di adu,..wow
sebaiknya dicoba saja,..untuk persiapan ngga perlu macam2,..
coba setingan minimalis atau hariannya saja,..
dicoba dulu dipantau kerjanya kira2 gimana,..nah itu untuk melatih kedepannya
misal burung diam,.berarti setingan ngga pas / blm mapan,dan kondisi,kaget baru pertama kali diajak jalan jg bisa,..selang 2mggu coba dilatih lagi lama2 pasti ketahuan.

ngga masalah di umbaran bt harian yg penting aman dari gangguan binatang,angin kencang,hujan dan panas berlebihan itu yg perlu diwaspadai.

kandang umbaran,..br ngga repot pake sangkar murai dulu.
iya om masa lombanya pake kandang umbaran,..tiketnya mahal,..makan gantangan banyak,..wkakakak....hehehehe

lanjut mang

Aziez Jogja
26 June 2010, 01:32 PM
Salam KM om ady

om..., pengen belajar setting buat lomba neh buat CI, settingannya ikutin CI om ady, Xpress no 2, besok saya turun lomba di jogja, mudah2an jalan besok pas lomba, kalau belum jalan minta share n saran dr om ady yach....

matur nuwun....

ady_mv
26 June 2010, 04:48 PM
Salam KM om ady

om..., pengen belajar setting buat lomba neh buat CI, settingannya ikutin CI om ady, Xpress no 2, besok saya turun lomba di jogja, mudah2an jalan besok pas lomba, kalau belum jalan minta share n saran dr om ady yach....

matur nuwun....

oke om siap membantu,...
sebisa saya yah om,...set biasa saja,..pantau kerjanya update disini yah
semoga sukses yah om

Aziez Jogja
1 July 2010, 12:01 PM
om ady, up date setting CI

kemarin pas turun lomba CI, bongkar isiannya terakhir, telat panasnya, 30 detik pertama CI masih naik turun tangkringan, sekali nyisir bulu, sambil nembak - nembak, sy pakai kurungan koshan 43,( kebesaran ndak ya?) kemudian setelah itu sudah mau anteng, tapi belum keluar isiannya, hanya njambul, belum ngentrok2, mungkin harus di cash sama CI yg lain dulu ya om?

sekarang posisi EF sy rest kan, jangkrik 3-3, ub 1, mandi jemur tiap hari, pisang 1, masuk umbaran jam 7 s/d 9 ( soalnya harus nguli om...)

mohon sarannya om, harus gimana settingannya, hehehehe....

matur nuwun

ady_mv
1 July 2010, 01:39 PM
UB nya jangan dipake dulu om,..
jangan dikerodong ci nya kecuali H-1 jangan dimandikan jemur 15menit full krodong jangkrik beri 7-8 p/s
H-1 sore hari beri kroto 1sdt
Hari H setingan jadi harian jangkrik 3 - 5,mandikan jemur sampai kering krodong bawa ke lapangan jangan di cas klo bisa om,..sebelum gantang coba cari perlakuan yg pas,boleh diberi jangkrik 1-2ekor,atau UH putih 1-5ekor saja dulu,..
di coba lagi

Aziez Jogja
1 July 2010, 04:53 PM
siap om....

CI ndak di krodong sampe H-1, oh ya untuk H-1 sorenya jangkrik tetap sampai CI ndak mau, sekitar 15 s/d 20?
minggu sy coba lagi turun lomba, moga2 jalan

Donni gultom
1 July 2010, 09:34 PM
Sekedar berbagi dan masukan bagi CI lovers

Yang menjadi syarat mutlak adalah kondisi si CI nya sendiri.
maksud saya disini adalah agar kita tidak sia sia membawa
CI ke lomba atau dengan kata lain " KONDANGAN"
pahami karakter atau ciri ciri CI kita jika dia dalam
kondisi fit dan sanggup menghadapi lawan2 di lapangan.
walaupun CI kita sangat2lah mapan tapi dalm kondisi tertentu
kadang tanpa kita sadari akan membawa efek buruk dari seringnya
kita adu terus menerus.

setahu saya CI mempunyai timing atau waktu2 top formnya.
kalau kita bisa memahami nya maka tidaklah sulit untuk mencari
settingan di lapangannya bahkan terkadang tidak perlu ada settingan
CI nya pasti kerja ( belum tentu juara loh )

Dan yang paling penting dari semua itu adalah perawatan harian yang
konsisten

Standard harian yang menurut saya dan saya lakukan
adalah sbb:

Pakan wajib CI saya : Buah di seling apel,pisang kepok,pepaya
EF wajib harian : jangkrik 3-5 ekor P/S
madu di campur air minum CI 1 minggu sekali
Umbaran 2x seminggu sambil di jemur selama 6-7 jam
tergantung intensitas matahari.
Jemur di kandang harian jika tidak di umbar selama 3-4 jam
tergantung intensitas matahari
sambil memantau perkembangan CI dan mengenali lagu2
yang suka di bawa kalau dia dalam kondisi fit.

Jika sudah ketemu masa top formnya barulah biasanya saya
masuk ke tahap pencarian kesenangan CI

sebagai contoh jumlah jangkrik dari H-2 sampai hari H
buah yang dapat membangkitkan kesenangan CI saya.
dan dalam memaksimalkan kerja di lapangan memang
kadang banyak juga yang bisa berpengaruh
contohnya : masa pengerodongan, EF tambahan di lapangan.
masing masing CI pastilah berbeda perlakuan tapi menurut saya
janganlah terlalu jauh menimpang dari rawatan harian.
jiaka terlalu jauh dari pola rawatan harian malah membut CI kaget
dengan perubahan tersebut. dan akan membuat tingkah
yang aneh2 pula di lapanga semisal didis..main ke jeruji sangkar..mencari makanan ke dasr sangkar. dll.

Seperti yang sudah di jelaskan om om diatas saya sangat setuju
di setting minim aja dulu. jangan terlalu banyak ini itu yang malah
membuat CI jadi kaget.

lihat hasil nya di latihan ( jangan langsung ke lomba buat cari setelan)
kalau hasilnya memuaskan berarti type CI tersebut tergolong Type CI
yang jujur dalam artian di bawa pasti kerja.

jika sebaliknya maka disinilah letak tingkat penasaran mulai muncul...

tapi jangan ragu terus saja di rawat dengan pola harian biasa.
sambil memahami masa masa top form CI kita.
jika sudah memahami barulah explorasi si CI dengan EF yang bisa sesuai
dengan maximalnya tampilan si CI tsb.

yang paling sering saya lakukan yaitu dengan peningkatan jumlah
jangkrik pada H-1 dan di kembalikan normal pada hari H.
yang paling sering saya lakukan di lapangan adalah adaptasi si CI
terhadap lapangan. kalau CI saya biasanya lebih suka jika kerodong
di buka setengah. biarkan si CI bunyi semaunya dan biasanya
2 sesi sebelum di gantang saya masih suka memberi jankrik 2 ekor
di tambah UH 5-7 ekor. setelah itu bersihkan kandang dari kotoran
dan sisa makanan terus full krodong sampai waktu di gantang.
di tengah lapangan sebelum di gantang CI saya tidak pernah di trek..
hanya buka kerodong setengah perlahan smpai terbuka semua teru di gantang. Hasilnya Yaaa kadang memusakan kadang juga tidak memuaskan.
tapi untuk lomba regionalan CI saya sering moncer....

yang satu namanya REMIRO dan yang satunya saya namakan SHARP
bukan berarti tajam tapi karena CI tsb saya barter dengan 1 unit kulkas
2 pintu ber merk sharp...he..he.. buka iklan loh cuma berbagi.

Jadi buat teman teman CI lovers
janganlah sungkan sungkan untuk menerapkan ini itu sebagai
coba2 untuk memaksimalkan kinerja CI nya. terus di explor kemampuan CInya
dan kalau sudah mentok gak nampil2 solusinya pantau ke lapangan
CI2 yang kira 2 punya kemampuan tapi blm kerja maksimal...coba aja
di poles yahhh tuker tambahlah....terus nyari lagi stelan
dan syukur2 ketemu CI yang jujur....

terus explor.....terus penasaran welcome to CI world.....

yang tidak berkenan denga tulisan saya ,mohon maaf....
bukan maksud menggurui tapi hanya berbagi

salam CI lovers

ady_mv
1 July 2010, 10:57 PM
wuih mantap om donny pengalamannya,..
saya lagi tahap belajar di ci,...terima kasih share nya,..
kebetulan x-1 saya blm dapat setingan karena yg lain (x-2,x3,x4) ngga pake madu saya coba pake madu bt x-1 1mggu 1x,..
moga2 ada perubahan deh,...

cendol meluncur yah om bt seger2,...hehehe

Ci world i comi'n,...hehehehe

lanjut mang

Aziez Jogja
2 July 2010, 02:20 PM
wah...
tambah wawasan neh om, tq berat..., buat om - om pencinta CI, terus terang hal yang belum sy pegang adalah CI, dalam artian menampilkan CI dalam kondisi top form, hampir semua jenis momongan sy coba, dan baru kali ini sy penasaran sm CI, mohon sharenya om-om, jangan bosen yach.....

matur nuwun....

budiwahyu
3 July 2010, 12:21 AM
kALAU DI LAPANGAN CI sering didis kira2 pengaruh apa ya om,
CI ku jarang mandi, paling mandi semprot.

thx

Aziez Jogja
26 July 2010, 01:02 PM
Salam KM,

update setting CI, om ady, CI saya kasih nama Green Zone, setting terakhir saya buat kenyang, artinya pada h-1 full krodong,jangkrik p4 s8, apel, pas lomba j 4 uh 5, hasilnya mantap om, latber no 4, lomba masuk no 6, oh ya om kandangnya sy ganti kandang bulat, karena pakai kandang koshan sering turun kebawah, nah om masalahnya sekarang isian yang keluar hanya satu atau dua, tidak komplit, pada saat latber keluar cililin dan kapas tembak, tapi saat lomba hanya ciblek dan kapas tembak, ada saran nggak om agar variasi isiannya bisa keluar semua?

matur nuwun

ady_mv
21 August 2010, 11:37 PM
kALAU DI LAPANGAN CI sering didis kira2 pengaruh apa ya om,
CI ku jarang mandi, paling mandi semprot.

thx

kalah mental,atau blm siap jg bisa om,...
silahkan di search salah satu tip coba di cek barangkali kutuan,coba mandikan pake air rebusan daun sirih

ady_mv
21 August 2010, 11:39 PM
Salam KM,

update setting CI, om ady, CI saya kasih nama Green Zone, setting terakhir saya buat kenyang, artinya pada h-1 full krodong,jangkrik p4 s8, apel, pas lomba j 4 uh 5, hasilnya mantap om, latber no 4, lomba masuk no 6, oh ya om kandangnya sy ganti kandang bulat, karena pakai kandang koshan sering turun kebawah, nah om masalahnya sekarang isian yang keluar hanya satu atau dua, tidak komplit, pada saat latber keluar cililin dan kapas tembak, tapi saat lomba hanya ciblek dan kapas tembak, ada saran nggak om agar variasi isiannya bisa keluar semua?

matur nuwun

ci biasanya saling sahut om,musuh bunyi apa saling sahut2an
ci om mgkin kurang ngotot saja,..
ketika akan diadu coba di sendirikan dari brg lain dahulu

selamat yah om ci nya dah koncer,..semoga bisa makin naik daun

Dimas Mirota
28 March 2011, 10:21 PM
Apa pada hari H biasanya di berikan buah? kalo iya buah apa?
mksh...

ibeng
16 April 2011, 08:36 PM
Klo pny saya. H-1 udah lepas pisang om. Full jangkrik&UH, jangkrik di potong 1/2 dari setelan harian, UH nya di tingkatin sampe CI melet melet&jgn lupa UH hny yg warna putih. Mandi msih tetap kayak biasa nya, 1 jam sebelum main semprot CI, tp kepala nya aja biar seger, tp jgn basah bgt entar malah nggak kering trus jemur, istirahat kasih minum&siap gantang. Tapi balik lagi ke karakter, setelan&perawatan harian CI masing-masing.


Sedikit dari newbie :)

PUJI_CISAUK
29 July 2011, 05:06 PM
Ikut nimbrung om,
CI sy body kecil, pisang kepok tiap hr, jangkrik 2-2 p/s, harian pake kndng murai, jd bebas terbang2 n sering nabrak2, tp setelah dibw latber sy pake kndng uk 40-40, ternyata kerja full dan anteng alias nancep, pertama kl nampil juara 1 di latberan perdana BSD, hal kolam renang, hr sabtu, minggunya sy bw ke lebak wangi 2x naik dapet juara 1 n 2, analisa sy mungkin pake kndng harian gede jd tenaga jd kuat, soalnya saat tampil sama sekali ngga ada jedanya, thx, namanya CInya GREEN DAY

indraz
24 October 2011, 02:40 PM
klo U-Bambu dulu saya pake supaya CI bisa ngentrok.....tp besoknya malah brodol bulunya....emang ngentrok sih..tp resikonya itu...tp juga ada yang di kasih U-Bambu juga ga ngentrok2..tp ga brodol bulunya.....tergantung burungnya ada yang tahan ada yang ga...mengingat U-Bambu itu bertype X-food dingin.....saya kuatir daya tempurnya jadi turun....jd saya stop aja trus beralih ke UH....ternyata dia tetep ngentrok kok...jd kesimpulan saya ngentrok apa tidak..yang penting dia fight di lapangan....klo dia jambul sudah pasti dia fight.....untuk lomba, setidaknya H-3 udah digenjot jangkrik diatas 10 biji, bila ngga mau makan...disuapin deh....tp pas hari H jangkriknya standart aja (secukupnya) takut klo kekenyangan malah males bunyi......buat Om Nicho...untuk CI dari malang...di Jatim kurang disukai karena terlampau mini ukurannya dan juga cenderung tidak nagen....klo seperti yang Om nicho mau (bodi panjang) cari dari jember/ Banyuwangi....dengan ciri2 klo dari Banyuwangi bila CI udah ber umur bulunya jadi agak kusam...tp klo dr Jember bulunya tetep seperti mudanya (pengamatan saya lho).....bila ada yang ga pas....dikoreksi donk.....

Om minta no telponnya dong...pingin minta pencerahannya mengenai cucak ijo...salam kenal dari saya Om..

golex
24 October 2011, 03:47 PM
sharing yeng bermanfaat... terima kasih om :)

ayrus
15 December 2011, 02:43 AM
sharing yeng bermanfaat bagi para pemula seperti sy... terima kasih om2 :D^^

endifa
23 February 2012, 04:23 PM
Karena baru dpt mandat megang CI pnya mertua 2mggu dari yg lalu gara2 yg tukang ngerawat dah mabur n bikin CI drop ane coba settingan sendiri.
Jangkrik 3 P/S, Pepaya ma pisang gantian tiap hari, Hari H 3 sesi sblum turun Jangkrik 2 + 5-10 UH (tergantung cuaca).
Terbukti koncer latberan di MAHOY (Bintara) tgl 18/2/2012 dpt No.4 & terakhir baru kmarin Tgl 22/2/2012 Laberan di Metland Ujung Menteng 2 kali turun dpt No.2 & No.1

Semoga bermanfaat bagi para KM.

boncel99
16 May 2012, 01:41 PM
salam kicau mania...
sekedar sharing setingan lomba CI saya mudah-mudahan bermanfaat:
h-7 sampai h-4 jemur dari jam 7 sampe jam 11 (jangkrik p5:s5)
h-4 sore mandiin sampe puas (jangkrik p5:s5)
h-3 kasi full jangkrik sama air madu 1,5sendok makan campur pada cepuk air (gak pake jemur, gak pake mandi)
h-2 kasi apel merah jemur 20 menit (jangkrik p5:s5) (gak pake mandi)
h-1 full kerodong jangan dikasi makan yg penting air madu jangan sampai habis, siang jam 12 kasi 10 jangkrik, sore nya jam 5 anginkan (gak pake mandi)
malamnya gantang di tempat terang jangan dikerodong jam 8 KASI JANGKRIK SAMPE PUAS. terus kerodong gantang ditempat yg tenang.
hari h 1 jam sebelum di gantang kasi 5 jangkrik 3ekor UH.
CI sudah beberapa kali berprestasi di kejuaraan di Kalbar.
Bisa lihat di
http://www.youtube.com/watch?v=SU1qZDyIDWo
Silakan caci maki nya

saffi
5 June 2012, 02:49 PM
ane numpang nyimak aja nih para master CI !

maklum masih newbie bgtz di dunia perburungan !

mamoney2
1 April 2013, 10:21 AM
Om Bejo Xmen, Jangan lupa buah yang pokok adalah :
Pisang Kepok putih yang utama, papaya , apel hanya selingan.
Sukses ya.

om bledek, pisang kepok putih untuk menjaganya ditaruh dikulkas ya agar tidak cepat matang? harian ci saya kalau pisang mateng (krn lupa saya ambil dari kresek jadinya besoknya langsung matang) dya gk mau makan sampe abis, sukanya yg agak mentah..

mau tanya fungsi pepaya itu sendiri apa ya?yang saya tahu kalau makan pepaya malah jadi mencret, apakah itu berlaku pada ci juga?

---------- Post added at 09:21 AM ---------- Previous post was at 09:04 AM ----------

maaf kalau dopost terkadang memang CI saya pas laber kurang maksimal, mungkin memang karena perawatan harian saya yang kurang maksimal pula, apakah ada pengaruh bilamana pas digantangan ci disamping kanan kiri depan belakang (kerja) dan tidak kerja pengaruh juga kepada CI kita (ikut panas) atau ndak sama sekali? kek merasa ditantang gitu..mohon pencerahannya

iyus_iyas
17 February 2014, 02:07 AM
mf bang mw ksh mskn pengalaman pribadi aja..klo ci ane sih disetting cukup di h-1 aja.. saya genjor full JK.. sblm gi gantang ane obok2 tangan msk kandang biar ci liar.. trus ksh UB hasil lumayan wlw msk 5 besar yongangmor kemayoran.

42d3e78f26a4b20d412==