PDA

View Full Version : Benarkah Ekor MB bisa diperpanjang...



aquciliq
23 February 2007, 07:01 PM
Sekali lagi Ramoelan mohon pencerahan Om..., karna setelah mbolak-mbalik thread soal MB, beberapa kali ada replay yang mingisyaratkan kalo pertumbuhan ekor MB bisa dipacu ( untuk panjang ) dengan vitamin/obat2an tertentu...
Bukankan MB itu sendiri mempunyai gen atau garis keturunan yang mengacu ke induknya? terus lek dasare induknya ber ekor pendek apakah juga bisa diperpanjang???
Soalnya di alamnya sana saja yang "mungkin" memiliki variasi makanan & MB nya sendiri bisa memilih asupan gizi atau protein sesuai kebutuhannya...lek dasare buntute pendek yo ra modhooooot.....seperti jenis-jenis dari Lampung atau Borneo..., yang mungkin kalah panjang dari NAD atau SUMUT & sebagian SUMBAR-RIAU...
Nah.. kalo kebetulan di habitatnya tidak tercukupi kebutuhan gizinya apakah terus buntutnya jadi pendek??

Mohon maaf pertanyaan Ramoelan mendasar sekali..soalnya saya juga sedang belajar untuk lebih mengenal MB...

jojo
23 February 2007, 07:34 PM
ass,

saya pribadi, cenderung setuju apa yg pernah diulas oleh bpk satrio (kalo ndak salah) tentang makanan yg dibutuhkan burung MB. dasarnya adalah kebutuhan vitamin yg didapat dari buatan (merek pabrik) cenderung lebih fokus. misalnya kebutuhan akan vitamin yg berhubungan dengan bulu burung, kalau disuplay dari merek tentunya lebih fokus. sehingga kebutuhan bulu akan vitamin tersebut akan terpenuhi.
sedangkan vitamin dari alam, memang lebih banyak variasinya. misal, seekor jangkrik mengandung (mungkin) beberapa vitamin, tp (mungkin vit tsb) tdk dibutuhkan oleh bulu (mungkin).
dengan alasan tsb saya setuju bulu/ekor MB dpt bertambah panjang.

maaf hanya pendapat, kalo salah mohon maaf
thx, jojo

satrio
23 February 2007, 08:39 PM
Pak ramoelan,
Menurut anda benar sekali. Panjang/pendek ekor Mb tergantung dari gin yang dibawanya. kalo dia keturunan panjang ya bisa panajng tapi kalo sebaliknya diapa apakn ya nggak bisa kecuali disambung heheheh
Nah, kita sebagai pemilik mb hanya bisa membatu memproses pertumbuhan ekornya supaya bisa tumbuh lebih maksimal. Bagaimana caranya?
Perawatan sehari harinya berilah multivit dan B complex yang berqualitas dan EF yang bervariasi dan baik. Seperti pak jojo katakan juga benar...
Bulu burung adalah terbuat dari protein pada umumnya dan zat zat mineral lainnya. Nah pada waktu MB mulai mabung, inilah saat yang harus kita betul betul perhatikan. Berilah EF yang banyak dan bervariasi tiap harinya dan juga vitamin vitamin dan mineral dan amino acids. Burung tidak boleh stress dan dimandikan tiap hari tapi kalo tidak mau mandi ya nggak apa apa dan jangan di semprot air. Berilah istirahat yang baik buat MB tersebut. percaya saya.. pada waktu kelar mabung nanti pasti akan lebih panjang banyak dari biasanya (MB tanpa diberi supllement apapun).

thanks
satrio

satrio
23 February 2007, 08:42 PM
Saya lagi berexperimen dgn MB saya yang lagi mabung dgn penambahan supplement tertentu.. dgn berharap ekornya tambah panjang beberapa inch dari sebelumnya. KAlo udah selesai mabung dan berhasil akan saya buat thread baru ttg " merawat MB mabung"..
sabar ya

thanks
satrio

aquciliq
26 February 2007, 08:44 AM
Terimakasih Om Satrio...
Dengan penambahan suplement2 tertentu, apakah ada kemungkinan kita akan membuatnya menjadi kelebihan vitamin?karena kita khan belum tahu takaran yang dibutuhkannya, sementara kebutuhan masing2 MB tentunya berbeda...atau MB itu sendiri memiliki kemampuan u. memilah ( dari tubuhnya sendiri ) kebutuhannya? nah mungkin Om Satrio bisa memberikan takaran MAXimalnya dalam memberikan B.comp atu multivit...( mungkin Om pernah mempraktekan sebelumnya ) mis : u. trotolan, muda hutan, mabung ataupun MB yg sedang ngedrop krn sakit...
Karena kalo kita mengikuti takaran yg tertulis di brosur..bisa jadi kebutuhan MB kan ga sama?! Gimana jadinya Om?
Maaf kalo saya banyak nanya..., tapi asyik nih sharing tentang MB...

satrio
27 February 2007, 08:16 AM
Maaf Ramoelan baru kali ini online.
Begini aja, Seringkali sekali KM-er menanyakan pertanyaan2x spt diatas dan hal hal lain. Lebih baik saya akan menulisnya di thread baru dgn judul yang lain. tunggu aja pak...

thanks
satrio

lani1
27 February 2007, 12:56 PM
bukankah kalaupun kelebihan vitamin maka akan dibuang oleh tubuh melalui kotoran/urine, tapi apakah akan ada dampak lainnya?

cj
27 February 2007, 02:09 PM
MB saya yang dari Lampung susah panjang ekornya ... kelihatannya sudah mentok segitu saja. Pada hal kalau dasar MB ekor panjang biasanya mabung 2 sampai 3 kali sudah panjang.

Kebanyakan MB ekor panjang adalah dr Daerah Sumatra Utara dan seputar Aceh, tapi kalau Sumatra mulai daerah Jambi menuju ke Sumatra Selatan sampai Lampung ekornya cenderung pendek.

Mungkin MB yang pendek disebabkan beberapa hal:
* Genetika
* Makanan (Vitamin dan mineral)

Saya pernah membawa sample MB kecil dari Aceh ... yang ekornya sangat pendek, dan sampai sekarang ekor Mb tsb memang tidak mau panjang biarpun sudah saya treatment dengan berbagai cara.

Pada hal di daerah tsb (Medan/Aceh) terkenal MB ekor panjang.

Pertanyaan lagi:
* Kenapa MB seputar lampung ekor cenderung pendek, apakah di habitatnya emang kurang tersedia makanan (Vitamin dan mineral) yang cukup
* Kenapa MB yg dari seputar Medan menuju Aceh cenderung berekor panjang? Aapakah krn di habitatnya tsb tersedia yang cukup pakan yang kandungan vitamin/mineral bagus?

aquciliq
27 February 2007, 02:45 PM
Pertanyaan lagi:
* Kenapa MB seputar lampung ekor cenderung pendek, apakah di habitatnya emang kurang tersedia makanan (Vitamin dan mineral) yang cukup
* Kenapa MB yg dari seputar Medan menuju Aceh cenderung berekor panjang? Aapakah krn di habitatnya tsb tersedia yang cukup pakan yang kandungan vitamin/mineral bagus?

Nah Lo..., makin bungung aq Om....
mungkin nunggu thread baru hasil investigasi & penelitian Om Satrio wae...
biar makin nambah ilmu... terutama pembentukan MB secara fisik...., lek iso di gawe guede......., dhuowooo... Uaaasssssyiiik.........

cj
27 February 2007, 05:31 PM
Tapi om Davoid telah bisa membuat MB menjadi ekor panjang dengan ternak Mb dan memberi makanan (Vit+mineral) yang cukup. Dan yang diternak Om David dari bibit MB unggul.

sh
27 February 2007, 06:23 PM
Om Copral, MB David de souza itu bukankah bibitnya memang berekor panjang?

soponyono
28 February 2007, 03:02 PM
Tapi om Davoid telah bisa membuat MB menjadi ekor panjang dengan ternak Mb dan memberi makanan (Vit+mineral) yang cukup. Dan yang diternak Om David dari bibit MB unggul.

Bibit unggul maksudnya??
body gede/super..??
setau ane sih david indukannya cenderung yg gede/super+ekor panjang..
makanya smua cenderung ber-ekor panjang..
kl ga salah bukan cm kicauannya yg indah tp jg dr segi postur..