PDA

View Full Version : Kapan MB piyik/trotolan ganti bulu kehitam/kelabu



hokage-9
19 June 2009, 10:34 PM
Halo Om.......
sekalian numpang naya nich sebab saya juga punya MB Trotolan umur 3 bulan tapi bulu kok masih piyikan ?
kira2 kapan / usia berapa ya Om berganti bulu ke Hitam ( jantan ) / Kelabu ( Betina )...?
Sebab udah ga sabar nich mau memastikan MB saya Jantan apa Betina sebab sampai saat ini saya belum yakin 100 % Om.
Saya dulu beli di Kediri Jawa Timur masih ngeloloh sendiri Om / nyuapin ndiri Om...penangkarnya sih bilang kalo jantan,tapi saya belum yakin 100% kalo belum melihat warna hitam / kelabu di leher sebab ya itu tadi bulu semuanya masih warna piyik Om,kira2 kapan/usia berapa ya Om MB saya ganti bulu yg 1x...????
makasih banyak atas informasinya ya Om....salam Kicau Mania Sukses Selalu !

almira
21 June 2009, 12:35 PM
belinya di kediri mana Om?ak jga di kediri..kmren ambil piyikan dari om koyum,sekitar 2 bulan lalu msh nyuapin,skrg dah pada ambrol dan tumbuh ganti bulu hitam pekat,

zalthie
22 June 2009, 11:00 AM
Biasanya relatif om untuk mabung/ganti bulu dari trotol ke remaja. Semuanya tergantung pada kondisi terakhir MB yang kita rawat, kalau memang masih sangat muda berarti butuh waktu yang agak lama tapi kalau memang sudah ada tanda2 berupa bulu kusam dan sudah mulai ada yang jatuh bulunya menandakan bahwa mabung tidak lama lagi.
Salam KM

irawanmh
22 June 2009, 03:41 PM
Betul pendapatnya Om Zalthie, masalah ganti bulu tergantung kondisi MB, biasanya umur 6 -9 bulan MB hsl breeding mulai menunjukkan gejala mabung dan siap2 utk ganti bulu dewasa. Yg sabar ya Om, tapi biasanya kalo yg punya breeder sdh memprediksi jantan biasanya jrg meleset.

ahmadauzi
22 June 2009, 06:26 PM
coba pict MBnya diposting pasti pr senior bs nebak om

hokage-9
22 June 2009, 10:20 PM
sama om almira....saya juga ambil di Om Koyum
saya ambil tanggal 09-04-2009
sekarang usia 3 bulan pas..saya ambil silangan Om Almira bukan Medan super
silangan ( jantan=Malaysia + induk=medan super )
tapi sampai sekarang masih bulu piyik Om Almira jadi masih belum yakin 100% gitu Om...

almira
23 June 2009, 08:58 AM
aq bukan Om.aq cwek lo....sama brati,aq jga ambil bulan 4 kmren,klo ambil dri koyum bsa dipastikan jantan om,dah beberapa kali aq ambil dri koyum dan g pernah balikin karna betina..yg sabar aja ya....

ASLIH
23 June 2009, 09:19 AM
MO nambahin saja nih Om ... Pemberian pakan dan EF juga mempengaruhi cepatnya pergantian bulu Om. Coba pemberian EF nya di maksimalkan,menjadi Kroto p/s 1/1 cepuk, jangkrik p/s 10/10 ekor, UH p/s 5/5

Salam MB, Arek Pacitan

guarddb
23 June 2009, 10:29 AM
setau saya, kalo trotolnya lewat dari leher sampai dada berarti laki2, kalo cuman di leher aja, kebanyakan cw, tapi ada juga cewe rajin, dulu dapet gitu, kirain laki. ternyata cw, tapi bodi laki,

ASLIH
23 June 2009, 10:33 AM
setau saya, kalo trotolnya lewat dari leher sampai dada berarti laki2, kalo cuman di leher aja, kebanyakan cw, tapi ada juga cewe rajin, dulu dapet gitu, kirain laki. ternyata cw, tapi bodi laki,

Wah yang seperti ini MB Ce Dorce dunk ... hehehehe ...

Salam MB, Arek Pacitan

spurnomo
23 June 2009, 10:57 AM
Wah yang seperti ini MB Ce Dorce dunk ... hehehehe ...

Salam MB, Arek Pacitan

Wakakakakaka!!!Dorceeee mluluuu....Manoharanya mana Om???

anak baru
23 June 2009, 01:12 PM
bukannya bulu trotolan udah bisa kelihatan jantan dan betina?

klo trotolan bintik2 orange denger2 jadi jantan, tapi klo garis2 dan bukan blorok orang betina.

denger2 sih gitu bener nggaknya gak tau juga.:))

didiks-RRBF
23 June 2009, 04:10 PM
Om Om semua...........

Untuk masalah Jantan/betina ,........barusan Mbak Almira juga... pernah buat judul tread itu............tolonk dunk.... kasih info yg jelas... ke...pembuat tread...

Buka ini,..link ini.... he..he...

Si pembuat tread mesthi juga juga coba baca2...tread sebelumnya Om,...
Banyak ulasan yg sudah... di jelasin... biar gak muter2... ditempat aja....he..he..

Manfaatkan kekayaan informasi KM sebaik mungkin....he..he...
Jadilah member yg active-kreatif-smart & sportif...

Monggo dilanjut!

almira
24 June 2009, 08:59 AM
angel tenan....!!!

xatriya
2 July 2009, 02:25 PM
udah pada liat MB cew namanya sandra dewi? lhaaaa ituu yg bikin bingung, ciri2 fisik persis cowok e, kecuali kepala ma pnjang ekornya.... trus pathokan yg pas buat ngenalin trotolan MB cewek or cowok gmn? apa mending langsung beli yg gedhe aja ya?

42d3e78f26a4b20d412==