PDA

View Full Version : Burung cabe-cabe



meot
10 June 2009, 08:02 PM
Para pakar,mohon pencerahan burung cabe-cabe.Suaranya bagus gak untuk di dengar?...saya dapet dari teman masih anak,belum ada buntut..tetapi warnanya agak hijau...apakah benar nanti pada saat dewasa berganti warna menjadi merah? (Cowok).terima kasih sebelumnya....

redsnake
10 June 2009, 08:19 PM
Fotonya dong Om...saya juga pengen tahu

ahmadauzi
10 June 2009, 09:42 PM
wah br dengar burung cabe2 pictnya dong

meot
11 June 2009, 09:25 AM
maaf om-om sekalian kamera lg rusak jadi belum bisa foto nih burung,he,he,he...

meot
11 June 2009, 09:37 AM
kalo gak salah yang cowok kepala dan punggung warna merah cabe,dada warna putih keabuabuan,sayap hitam ada garis putih di luarnya..

wahyuwijaya
11 June 2009, 09:59 AM
Apa sama dengan pipit cabe ya.....

kucica_denis
11 June 2009, 10:16 AM
coba bantu yach

http://orientalbirdimages.org/images/data/sh_flowerpecker14may052.jpg
cabai jawa (Dicaeum trochileum)cowok

kucica_denis
11 June 2009, 10:18 AM
http://orientalbirdimages.org/images/data/scarletheadedflowerpeckerm.jpg
cowok

kucica_denis
11 June 2009, 10:20 AM
http://orientalbirdimages.org/images/data/scarletheadedflowerpecker_ag02.jpg
ini cewek

Ijhoel
11 June 2009, 11:23 AM
http://orientalbirdimages.org/images/data/scarletheadedflowerpecker_ag02.jpg
ini cewek

Maaf numpang tanya Om KD ini sejenis dengan colibri ato kacamata..?
kalo dilihat sekilas postur mirip burung kacamata.

Martinus Lother
11 June 2009, 11:44 AM
Kalau gak salah ini burung masuk ke jenis colibri, sorry kalau salah

xbo_e
11 June 2009, 03:17 PM
Maaf numpang tanya Om KD ini sejenis dengan colibri ato kacamata..?
kalo dilihat sekilas postur mirip burung kacamata.

Bener Om dia masih satu Parvordo dengan kacamata (Sylvioidea)
ini om taksonomi'a :
Dicaeum trochileum

Taxonavigation

Cladus: Eukaryota
Supergroup: Opisthokonta
Regnum: Animalia
Subregnum: Eumetazoa
Cladus: Bilateria
Cladus: Nephrozoa
Cladus: Deuterostomia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclassis: Tetrapoda
Classis: Aves
Subclassis: Carinatae
Infraclassis: Neornithes
Parvclassis: Neognathae
Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamilia: Passeroidea
Familia: Dicaeidae
Genus: Dicaeum
Species: Dicaeum trochileum Subspecies: D. t. stresemanni - D. t. trochileum

Sumber : http://species.wikimedia.org/wiki/Dicaeum_trochileum

izzumaru
11 June 2009, 03:59 PM
oalah... ini to yang namanya burung cabe-cabe.

kebutulan di belakang rumah ada pohon cery, tiap pagi dan menjelang sore burung itu selalu hinggap disitu n makan cery. klo suara sih kurang bagus klo menurut saya lho.. bunyinya klo gak salah cuman ter ter ter.. terrrrrrrrr ter..

mohon maaf klo salah.

Щڸĩ ęڷάţ
11 June 2009, 04:27 PM
oalah... ini to yang namanya burung cabe-cabe.

kebutulan di belakang rumah ada pohon cery, tiap pagi dan menjelang sore burung itu selalu hinggap disitu n makan cery. klo suara sih kurang bagus klo menurut saya lho.. bunyinya klo gak salah cuman ter ter ter.. terrrrrrrrr ter..

mohon maaf klo salah.

Bunyinya bagus, ada siulannya, (bukan ter ter ter.. terrrrrrrrr ter..) tidak cocok di jadikan masteran karena mengalun, sekarang burung ini susah sekali didapatkannya, untuk harga sekitar 25rb untuk cowo-an, makanan kesukaannya pisang.



http://www.geocities.com/RainForest/Vines/6980/dicaeum.jpg
Orange-bellied Flowerpecker (http://en.wikipedia.org/wiki/Orange-bellied_Flowerpecker)

Scientific classification
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Passeriformes
Family: Dicaeidae
Genus: Dicaeum
Species: D. trigonostigma

Binomial name
Dicaeum trigonostigma

kucica_denis
11 June 2009, 04:42 PM
Maaf numpang tanya Om KD ini sejenis dengan colibri ato kacamata..?
kalo dilihat sekilas postur mirip burung kacamata.

betul om masih keluarga dengan colibri
klo bahasa inggrisnya colibri = sunbird sedang cabe cabe = flowerpecker

burung ini suka nyebar benalu dipohon karena suka makan biji benalu

Ijhoel
11 June 2009, 05:19 PM
Bener Om dia masih satu Parvordo dengan kacamata (Sylvioidea)
ini om taksonomi'a :
Dicaeum trochileum

Taxonavigation

Cladus: Eukaryota
Supergroup: Opisthokonta
Regnum: Animalia
Subregnum: Eumetazoa
Cladus: Bilateria
Cladus: Nephrozoa
Cladus: Deuterostomia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Infraphylum: Gnathostomata
Superclassis: Tetrapoda
Classis: Aves
Subclassis: Carinatae
Infraclassis: Neornithes
Parvclassis: Neognathae
Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamilia: Passeroidea
Familia: Dicaeidae
Genus: Dicaeum
Species: Dicaeum trochileum Subspecies: D. t. stresemanni - D. t. trochileum

Sumber : http://species.wikimedia.org/wiki/Dicaeum_trochileum


betul om masih keluarga dengan colibri
klo bahasa inggrisnya colibri = sunbird sedang cabe cabe = flowerpecker

burung ini suka nyebar benalu dipohon karena suka makan biji benalu

Nah bingung saya yang bener yang mana Om Xbo_e bilang sejenis kacamata, sedangkan Om KD colibri bingung aku..:-/:-/:-O

xbo_e
12 June 2009, 03:34 PM
Nah bingung saya yang bener yang mana Om Xbo_e bilang sejenis kacamata, sedangkan Om KD colibri bingung aku..:-/:-/:-O

Klarifikasi :
Burung Cabe2an ( Nama Species: Dicaeum trochileum ; Subspecies: D. t. stresemanni - D. t. trochileum )

Ordo: Passeriformes
Subordo: Passeri
Parvordo: Passerida
Superfamiliae: Certhioidea - Muscicapoidea - Passeroidea - Sylvioidea

Dari Parvordo: Passerida terrdapat 4 superfamilie :
> Certhioidea ( Familia : Certhiidae - Polioptilidae - Sittidae - Troglodytidae )
> Muscicapoidea ( Familia :Bombycillidae - Cinclidae - Muscicapidae - Turdidae - Sturnidae - Mimidae )
> Passeroidea ( Familiae: Alaudidae - Campophagidae - Certhiidae - Cisticolidae - Cracticidae - Dicaeidae - Drepanididae - Fringillidae - Melanocharitidae - Mimidae - Monarchidae - Nectariniidae = Colibri - Paramythiidae - Passeridae - Timaliidae - Troglodytidae - Turdidae )
> Sylvioidea ( Familiae: Aegithalidae - Cisticolidae - Hirundinidae - Hypocoliidae - Paridae - Pnoepygidae - Pycnonotidae - Remizidae - Rhabdornithidae - Sylviidae = Burung Kaca Mata - Timaliidae - Zosteropidae )

Jadi Intinya nie burung masih satu ordo yaitu Passeriformes

Semoga informasi ini dapat membantu dan jangan bingung lagi.. B-)

ahmadauzi
14 June 2009, 09:50 AM
oo ala burung cery/keres to heheheheheheh

cain
14 June 2009, 12:40 PM
he...adakah yang punya burung ini dan mau dilego??? tapi yang jantan, kemarin pulang ke solo adanya yang masih bahan dan takut cewe, makanya ga jadi beli..

soalnya merahnya aneh

Iwan2007
15 June 2009, 08:53 AM
Ini kalau didaerah jogja namanya burung 'thik" .. (di kediri 'cibang' .... jantan berwarna merak menyala di kepala sampai leher)....karena bunyinya thik..thik..thik..keras..pas terbang kejar-kejar'an..bunyi rame..seperti di pic. memang suka sekali dengan buah'keres'..

ivancool198
15 June 2009, 11:27 AM
Di tempatku namanya burung kemlade/kemade...........

dh3l
17 June 2009, 07:44 PM
klo diBogor biasa suka dibilang beurem sepah...

yg cowonya suaranya mengalun..
klo ga salah kya cucak ijo..

xbo_e
20 June 2009, 11:21 AM
klo diBogor biasa suka dibilang beurem sepah...

yg cowonya suaranya mengalun..
klo ga salah kya cucak ijo..

Do bogor ada yg jual gak om...?
nti sore mo meluncur ke bogoe neh..

dh3l
26 June 2009, 09:25 PM
Do bogor ada yg jual gak om...?
nti sore mo meluncur ke bogoe neh..

maaf om baru bisa bales..

di bogor jarang om, biasanya kalo yg ngjebak pda diplihara smua om..
saya jg lagi usaha ngjebak burung cabe2..

dh3l
5 July 2009, 05:57 PM
om xbo_e kmrin saya liat ada burung cabe2 di bogor tmptnya di pasar anyar..
klo ga slah ada sepasang..

meot
5 July 2009, 06:38 PM
kios yang mana om? kalo gak salah kiosnya atas/bawah

dh3l
6 July 2009, 08:29 PM
kios yang mana om? kalo gak salah kiosnya atas/bawah





kiosnya yg atas om. .

meot
7 July 2009, 11:08 AM
ok,thanks om.ntar kalo ada waktu senggang tak cari deh.maklum kuli nih....he,he,he..

Vahis van Jenar
19 December 2009, 08:01 PM
Di tempatku namanya burung kemlade/kemade...........

iya mas sama emang dimalang namanya kemade
ehm... boleh sya bertanya gimana cara merawat kemade warna warni
saya baru beli karena lucu
mohon arahannya

kakap_dream
20 December 2009, 12:30 AM
Kalo orang Sunda bilang manuk mangandeuh (burung benalu) atau cacabean ( cabe-cabean)
makanan utamanya buah kecil seperti buah benalu, cery (kersen) juga buah besar seperti pisang dan buah lain sisa kelelawar/codot atau tupai/bajing....

markus ad
21 December 2009, 02:19 PM
sy ada punya di rumah 1 ek, warnanya kalau sdh di piara bukannya merah tp oranye. makannya pisang, bunyinya yach gak bagus biasa aja cuma antik aja, krn perawatannya yg susah, apalg kalau baru nangkep biasanya cepet matinya. waktu itu sy beli di PB Kupang - surabaya

recordjr
30 October 2010, 07:36 PM
ada yang bilang ini burung CIPRET...

42d3e78f26a4b20d412==