PDA

View Full Version : Cucak jenggot apa jenggot tembak neech...



Jack.D
27 May 2009, 12:16 PM
Om KM saya punya jenggot warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali)
postur agak gede, suara Krak..krak lalu nembak panjang2 kaya' love bird,
jadi bingung kata orang jenggot sumatra. kata orang yg lainnya jenggot tembak... mana yg valid nich om..
mohon pencerahannya


salam kebersamaan KM semua,

jack.d - sby
031-91000979

tjia.lionghay
27 May 2009, 04:57 PM
Om KM saya punya jenggot warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali)
postur agak gede, suara Krak..krak lalu nembak panjang2 kaya' love bird,
jadi bingung kata orang jenggot sumatra. kata orang yg lainnya jenggot tembak... mana yg valid nich om..
mohon pencerahannya


salam kebersamaan KM semua,

jack.d - sby
031-91000979

Kalo menurut spesifikasi yg Om sebutkan itu adalah cucak jenggot.

Untuk lebih jelasnya mungkin sebaiknya ditampilkan fotonya.

Ini foto jenggot tembak atau dikenal juga dgn kapas tembak
http://farm3.static.flickr.com/2465/3540550423_847eceb231.jpg?v=0

berikut foto cucak jenggot:
http://farm3.static.flickr.com/2016/3540544819_5a47aec281.jpg?v=0

semoga membantu...

kucica_denis
27 May 2009, 05:13 PM
setahu saya jenggot tembak beda dengan kapas tembak
kalo kapas tembak bulu dadanya putih dan ada jenggotnya dikit

mohon koreksi klo salah
trims

Щڸĩ ęڷάţ
27 May 2009, 05:21 PM
Om KM saya punya jenggot warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali)
postur agak gede, suara Krak..krak lalu nembak panjang2 kaya' love bird,
jadi bingung kata orang jenggot sumatra. kata orang yg lainnya jenggot tembak... mana yg valid nich om..
mohon pencerahannya


salam kebersamaan KM semua,

jack.d - sby
031-91000979

Karena warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali), posturnya agak gede maka disimpulkan itu CJ Sumatra.

DC
27 May 2009, 07:25 PM
maaf ikut nimbrung ya om....menurut ane ada beberapa versi soal nama...janggot tembak, kapas tembak, jenggot sumatera, kapas kapas, sebetulnya burung yg sama tapi beda penyebutan aja tergantung masing2 daerah dan kebiasaan penyebutan...ini berdasarkan hasil ngobrol ane dengan pemain di Dumai sini yg sudah senior...mari kita jabarkan...

- Jenggot Tembak...disebut begitu karena ada beberapa KT yg suaranya full beset plus nembak,tanpa ada suara "piek piek"

- Kapas Tembak...inilah sebutan umumnya yg sudah biasa kita dengar

- Jenggot Sumatera...karena memang berasal dari daerah sumatera sebagai wilayah penyebarannya...

- Kapas Kapas...ini sebutan lain yg sebetulnya menunjuk burung yg sama saja alias KT...

Kalo soal warna bulu tergantung dari daerah asal penyebarannya, dan ada jg yg bilang pengaruh dari perawatannya,tapi ane sendiri ga nanya lebih lanjut soal ini...

just info, KT ane warnanya jg ga ada kuningnya sama sekali (lebih ke arah abu2 kecoklatan),,,suaranya kadang full nembak dan besetan..kadang keluar jg suara "piek piek"...

satu lagi...suara "piek piek" adalah suara panggilan khas KT yg menandakan birahi....sama seperti Ciblek saat nyicit...

o ya..bahkan CJ pun ada yg menyebutnya dengan istilah Jenggot Jawa...

mungkin itu yg bisa ane share...kalo ada kekeliruan,,,ane minta maaf..ini hanya sekedar hasil obrolan ane aja...

silakan para pakar untuk mengoreksi...



salam

tony music
27 May 2009, 08:17 PM
kalau menurut saya
cucak jenggot = jenggot jawa
cucak jenggot sumatra = mirip jenggot jawa ada warna kuningnya asalnya saja dari sumatra.
jenggot tembak= mirip cucak jenggot tapi tdk ada warna bulu kuningnya.
kapas tembak= warna mirip jenggot tembak ukuran tubuh lebih kecil bunyinya juga mirip tapi lebih pelan.
yang sering dilombakan cucak jenggot jawa dan jenggot tembak.
ini hanya pendapat saya loh, kalau ada salah maaf ya.

Jack.D
29 May 2009, 12:00 PM
Kalo menurut spesifikasi yg Om sebutkan itu adalah cucak jenggot.

Untuk lebih jelasnya mungkin sebaiknya ditampilkan fotonya.

Ini foto jenggot tembak atau dikenal juga dgn kapas tembak
http://farm3.static.flickr.com/2465/3540550423_847eceb231.jpg?v=0

berikut foto cucak jenggot:
http://farm3.static.flickr.com/2016/3540544819_5a47aec281.jpg?v=0

semoga membantu...



Thank's atas advisnya,
coba nanti tak tampilkan fotonya...
salam

Jack.D
29 May 2009, 12:03 PM
kalau menurut saya
cucak jenggot = jenggot jawa
cucak jenggot sumatra = mirip jenggot jawa ada warna kuningnya asalnya saja dari sumatra.
jenggot tembak= mirip cucak jenggot tapi tdk ada warna bulu kuningnya.
kapas tembak= warna mirip jenggot tembak ukuran tubuh lebih kecil bunyinya juga mirip tapi lebih pelan.
yang sering dilombakan cucak jenggot jawa dan jenggot tembak.
ini hanya pendapat saya loh, kalau ada salah maaf ya.


Thanks atas pendapatnya om Tony
jadi bisa ngerti nech....tentang jenis jenggot

salam

Jack.D
29 May 2009, 12:10 PM
Karena warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali), posturnya agak gede maka disimpulkan itu CJ Sumatra.


mungkin om Wijisejati bener nech..
sependapat dgn saya Jenggot Sumatra, karena suaranya gak ada besettannya sm sekali, bunyinya cuman Krak...krak....terus nembak cet..cet..cet panjang2

thanks Om Wiji atas sarannya....

Salam

ojodumeh
29 May 2009, 01:54 PM
Ikutan nimbrung om..
Saya pernah lihat doi fisiknya CJ tp suara mirip banget dg CJ + ada tembakan KT yg panjang2..
Nah kalo gitu doi apa termasuk JT ga yah?

prabukicau
29 May 2009, 03:27 PM
Silahkan para senior...di lanjut

Щڸĩ ęڷάţ
29 May 2009, 04:37 PM
mungkin om Wijisejati bener nech..
sependapat dgn saya Jenggot Sumatra, karena suaranya gak ada besettannya sm sekali, bunyinya cuman Krak...krak....terus nembak cet..cet..cet panjang2

thanks Om Wiji atas sarannya....

Salam

Saudara saya juga punya om..., trus saya bilang.... cari yang CJ aja buat masteran MBnya, biar ada besetan.

Coba aja tanyain sama semua tukang burung apa jawabnya ?
Pasti kebanyakan bilang Jenggot Sumatra.

Щڸĩ ęڷάţ
29 May 2009, 04:40 PM
Ikutan nimbrung om..
Saya pernah lihat doi fisiknya CJ tp suara mirip banget dg CJ + ada tembakan KT yg panjang2..
Nah kalo gitu doi apa termasuk JT ga yah?

Badanya gimana Om ? dan warnanya ada kuningnya tidak ?

Kurang lengkap dan tidak bisa memprediksikan bila tidak disertakan dengan Foto dan Video :D.

ahmadauzi
29 May 2009, 06:33 PM
kl nurut aku CJ beda dg KT sebab emang bunyinya beda n bulunya jg beda cuma sama2 punya jenggot,kl salah mohon maaf.

Щڸĩ ęڷάţ
29 May 2009, 06:57 PM
kl nurut aku CJ beda dg KT sebab emang bunyinya beda n bulunya jg beda cuma sama2 punya jenggot,kl salah mohon maaf.

hehehehehehe... yang punya CJ dan KT baguus, kalo bosen ane mau tuch... 8-}

Godoy
29 May 2009, 07:21 PM
kalau menurut saya
cucak jenggot = jenggot jawa
cucak jenggot sumatra = mirip jenggot jawa ada warna kuningnya asalnya saja dari sumatra.
jenggot tembak= mirip cucak jenggot tapi tdk ada warna bulu kuningnya.
kapas tembak= warna mirip jenggot tembak ukuran tubuh lebih kecil bunyinya juga mirip tapi lebih pelan.
yang sering dilombakan cucak jenggot jawa dan jenggot tembak.
ini hanya pendapat saya loh, kalau ada salah maaf ya.
setuju dengan om TM,,
untuk kapas tembank kalo di sandingin dengan jenggot jawa beda banget loh..
dari segi warna aja udah beda apalagi suara, karna suara kapas tembak dominan ngerol daripada beset..
untuk cucak jenggot sumatra emang ada, seperti yang dikatakan om TM bodi lebih gede bentuk mirip jenggot jawa tapi ga ada warna kuning, & untuk suara kurang sip besetanya ga setajam cucak jenggot jawa,,

DC
29 May 2009, 08:17 PM
waduh...berarti ane dibohongin dunk yah....wah2...mohon maaf rekan2 KM sekalian...masalahnya yg ane posting itu murni hasil obrolan aja...maaf..maaf...

ahmadauzi
29 May 2009, 10:05 PM
hehehehehehe... yang punya CJ dan KT baguus, kalo bosen ane mau tuch... 8-}

wah bs aja om wiji cm buat ngeramein rumah aja kok hehehheehe


waduh...berarti ane dibohongin dunk yah....wah2...mohon maaf rekan2 KM sekalian...masalahnya yg ane posting itu murni hasil obrolan aja...maaf..maaf...

bukan dibohongi om tp emang persepsinya org itu begitu kali tp kl nurut aku emang beda antara CJ & KT,kl salah mohon maaf.

ojodumeh
29 May 2009, 11:55 PM
om Wijisejati..
Doi berbadan sedang, dadanya ada warna kuning, suara ada besetan/suara kain sobek yg menurut saya merupakan khas CJ.
Kalo fotonya mohon maaf masih belom dapat nih om..

ahmadauzi
30 May 2009, 07:37 AM
om Wijisejati..
Doi berbadan sedang, dadanya ada warna kuning, suara ada besetan/suara kain sobek yg menurut saya merupakan khas CJ.
Kalo fotonya mohon maaf masih belom dapat nih om..

wah isok dijemput ki hehehheeh

ojodumeh
30 May 2009, 12:09 PM
Dijemput pripun Om Uzi?? :):):)
Ora mudeng mode on on on on on :D:D:D

DC
30 May 2009, 04:09 PM
bukan dibohongi om tp emang persepsinya org itu begitu kali tp kl nurut aku emang beda antara CJ & KT,kl salah mohon maaf.


ya om..kalo soal CJ dan KT ane pribadi juga memang tahu persis beda..yg soal Jenggot sumatera dan jenggot tembak itu om...

hehe..maklum om ane pemula...

stevenxid
31 May 2009, 09:45 AM
Tampilkan gambarnya saja om, beberapa jenggot jawa kalo sudah umur dan perawatan juga kuningnya pudar
Lho jadi semu putih abu2 jadi susah ngomongnya, yg jelas kalo jenggot sumatera dia punya jambul agaj menyerupai tanduk,
Dan juga ngga ada kuningnya, dmikian juga KT jd mhn untuk ditampilkan pict nya saja

MAAF OOT NEWBIE

mega
2 June 2009, 12:34 PM
kalau itu namanya kapas tembak besar OM
cuma untuk suara kurang bagus tembakan
bodi besa.... suara kayak ayam
tidak untuk lomba
harga 25 /40 ribu

gunawan wibiksono
8 December 2009, 03:49 PM
Om KM saya punya jenggot warnanya agak gelap ( coklat tua gak ada kuningnya sama sekali)
postur agak gede, suara Krak..krak lalu nembak panjang2 kaya' love bird,
jadi bingung kata orang jenggot sumatra. kata orang yg lainnya jenggot tembak... mana yg valid nich om..
mohon pencerahannya


salam kebersamaan KM semua,

jack.d - sby
031-91000979

om kemungkinan tuh burung kalau dimedan namanya jenggot batak ciri2nya badan besar dan gak ada kuningnya (ciri lain mirip jenggot tembak). sebagai info jenggot batak sangat tidak diinginkan oleh pecinta burung murai batu (katanya sih bisa ngerusak suara MB) dan harganya sekitar 30rb aja om... klu salah mhn dikoreksi...

mega
10 December 2009, 11:35 AM
Thank's atas advisnya,
coba nanti tak tampilkan fotonya...
salam

kalau menurut saya gambar
1.jenggot tembak / cucak jenggot sumatera
2. kapas tembak jawa / jenggot jawa

ini kalau panggilan di sumatera mas

42d3e78f26a4b20d412==