PDA

View Full Version : Tips Memilih Tledekan/Sulingan



rio
5 February 2007, 10:37 AM
aloooo om2 semua..., kebetulan saya kepingin sekali memelihara tledekan
maka dari itu saya mau minta tips memilih burung tledekan yang bagus tuh kayak apa om? :confused:
apakah volume tledekan yg keras bisa dilihat dr bentuk tubuh atau nggak om? dan supaya tledekan bisa ngerol panjang gimana?, selain diumbar apa makanan juga berpengaruh supaya bisa ngerol dan bagaimana biar tledekan bakalan bisa cepet bernyanyi om?
trima kasih sebelumnya buat om2 semua... :)

cj
5 February 2007, 11:16 AM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80% seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.

moel_sip
5 February 2007, 11:50 AM
Tanks om copjen...ciri2 diatas 80% mendekati Tledhekan yg baru saya rayu2.
burung ini asli dari daerah saya/desa saya,dan jarak dari rumah hanya 1 km.

dan pernah jadi rebutan saya dan si pemikat,karena sama2 mikat.waktu itu baru trotol dan sekarang udah bagus cuman kalo di adu kok kadang2 turun dan gak bisa anteng ya om yogi..

mohon sarannya dong om siapa tahu jatuh ke tangan saya..

matursuwun

cj
5 February 2007, 11:56 AM
Masih muda belum stabil bos, kalo kitamasih remaja kan gitu tabrak sana sini, kecuali sdh tua tabrak sana sini ya emang bakat :p :p

moel_sip
5 February 2007, 01:20 PM
Masih muda belum stabil bos, kalo kitamasih remaja kan gitu tabrak sana sini, kecuali sdh tua tabrak sana sini ya emang bakat :p :p


Apa nggak terlalu banyak makan kroto boss,masalahnya yg punya selalu di kasih kroto yg banyak jangkriknya jarang...dan mungkin masih muda kali ya...karena baru setahun kok.

tanks ya boss atas masukannya....

goes
5 February 2007, 01:39 PM
Masih muda belum stabil bos, kalo kitamasih remaja kan gitu tabrak sana sini, kecuali sdh tua tabrak sana sini ya emang bakat :p :p

Iya, emang bener Om COPJEND bilang, masih muda belum bisa stabil. Seperti tledekan saya di rmh. Juragannya bilang tuh burung gayanya bisa nyeklek waktu ngeroll nya. Tapi berhubung msh muda ya gitu deh...angot2xan. Ngeroll nya masih ok, tapi naik turun alias nakal. Yang pasti tledekan prospek.

Perawatan tledekan saya di rmh (SPIDER):
- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah.

SALAM KM
goes

N1L4
5 February 2007, 04:18 PM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80% seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.

Nambahin bos.....
Pilih paruh dengan kontur blimbing..... utk alesannya monggo om COPJEND digoyang..... maklum aku cuman liat tledekan jawaranya om COPJEND blum bisa ngrawat brg macem2 degh entar mati.... mending miara trucukan ama ketilang aja.....

rio
5 February 2007, 05:03 PM
waaah trima kasih banyak neh om copjend..., tipsnya lengkap bgt tuh om!
semoga saya bisa menemukan burung yg spt disebutkan om diatas
sekali lagi trima kasih banyak

trima kasih neh om n1l4..., tapi saya mau tanya om kontur paruh blimbing tuh yang kayak apa sih om?
apa bentuknya memang kayak buah blimbing om? he...he...he...he.. maklum masih pemula om jadi harus belajar lebih banyak lagi dari senior2x.
om punya pictnya nggak? jadikan saya bisa tau lebih jelas yang dimaksud om seperti apa, kalo bisa seh sekalian kasih pict tledekan yang bagus dong om...
ma kasih ya om

cj
5 February 2007, 05:33 PM
Om .. ini contoh pict tledekan bagus, kalo tledekanku kurang bagus krn belum prestasi, saya trek dg punya Om N1l4 saja kalah yg dari Malang.

Tapi saya mau bawa beberapa Tledekan dari Pati yg bagus, disamping MB, Branjangan, saya juga suka Tledekan ...

http://i4.photobucket.com/albums/y113/copral/DSC00009.jpg


Tolong Om Goes, Tledekan Jawaranya yg saya lihat di PB Cipinang kemaren di posting...

MK21
6 February 2007, 09:17 AM
Sy pikir kalau ada KM yang suka MB ada kemungkinan juga suka tledekan karena gaya ngefight nya yang aduhai disertai warna bulu yang menarik. Untuk tledekan bisa nyeklek atau stabil diperlukan umur yang sudah memadai alias mungkin diatas 3 thn. Dan kalau bisa jangan memelihara lebih dari satu karena akan ngefight terus dan bunyi nonstop. Mungkin pengalaman sy begitu. Ada yang mau sharing ?.

cj
6 February 2007, 09:26 AM
Nah nih pakar Tledekan datang, saya malah mau ngumpulin Tledekan bahan nih bos yg dari Pati maklum dari sana asal bini :p :p dah dapet 3 selesai mabung-I ...:p :p

Emang Tledekan burung Fighter ... kalo bisa ya tidak meliat MB juga ... karena sesama fighter.

Pernah Tledekan saya lepas, eh malah berantem sama MB pada hal dipatok saja bisa koit ... karena berantem ya akhirnya ketangkap lagi ...:p :p

Om MK21, bagi dong satu tledekan yg cakep ... yg kaya punya om Goes ... :D

MK21
6 February 2007, 10:17 AM
Wah Copjend silakan sesama KM kita cari teman dan happy. Kapan2 kita ketemu dan latihan kecil kecilan saling ngopi khan jadi asyik hidup ini. Sy masih ada 2 tledekan, satu akan saya keep dan satu lagi kalau cocok silakan aja deh. Kita sesama KM jgn itung2 ngan khan jadi enak.

moel_sip
6 February 2007, 10:48 AM
Nah nih pakar Tledekan datang, saya malah mau ngumpulin Tledekan bahan nih bos yg dari Pati maklum dari sana asal bini :p :p dah dapet 3 selesai mabung-I ...:p :p

Emang Tledekan burung Fighter ... kalo bisa ya tidak meliat MB juga ... karena sesama fighter.

Pernah Tledekan saya lepas, eh malah berantem sama MB pada hal dipatok saja bisa koit ... karena berantem ya akhirnya ketangkap lagi ...:p :p

Om MK21, bagi dong satu tledekan yg cakep ... yg kaya punya om Goes ... :D


lho nggak jadi ambil tledekan-ku boss copjend....
90% dah pasti tuh burung yg saya ceritakan kemarin jatuh ke tangan saya....
asli dari daerah saya...dan untuk indukannya sekarang tinggal yg betina saja...

cj
6 February 2007, 11:12 AM
Tenang bos .... kita kan mata keranjang :p :p :p

Pasti saya ambil kalo tledekan bagus ... denger aje dah ngiler :D

moel_sip
6 February 2007, 11:22 AM
Tenang bos .... kita kan mata keranjang :p :p :p

Pasti saya ambil kalo tledekan bagus ... denger aje dah ngiler :D

MATA KERANJANG (Masih tahan dan keras di ranjang) he he he he ...sorry OOT.
Yang jelas burung tledekan menurut saya burung yg bagus masuk dan termasuk burung terbaik...
di tunjang dengan volume keras dari segi kicauan walaupun berbadan kecil serta warna yg indah,burung ini wajib menjadi predikat salah satu burung terbaik.

goes
6 February 2007, 12:14 PM
Iya Om COPJEND, next time saya posting deh pict.nya.

Indraf
6 February 2007, 01:40 PM
kangen juga saya sama suara burung yang mengalun, kalau nggak salah tledekan itu suaranya mengalun ya ? tdk seperti finch yg cenderung ngeroll dan patah-2... jadi mau coba satu nih tledekan.. kira-2 harga pasaran bahan atau 1/2 jadi berapa ya... he he he ? biar ada variasi suara dirumah.. thanks ya...

LeoN0211
6 February 2007, 02:54 PM
kangen juga saya sama suara burung yang mengalun, kalau nggak salah tledekan itu suaranya mengalun ya ? tdk seperti finch yg cenderung ngeroll dan patah-2... jadi mau coba satu nih tledekan.. kira-2 harga pasaran bahan atau 1/2 jadi berapa ya... he he he ? biar ada variasi suara dirumah.. thanks ya...
begin small bird......and than......big bird:D :D

Indraf
6 February 2007, 03:18 PM
Loh tledekan itu fisiknya kan kecil om yakoeb... he he he sama dengan kenari deh kalau saya nggak salah...

LeoN0211
6 February 2007, 03:21 PM
Loh tledekan itu fisiknya kan kecil om yakoeb... he he he sama dengan kenari deh kalau saya nggak salah...
tledekan lebih besar dari kenari om indraf....:p

Indraf
6 February 2007, 03:50 PM
mungkin sebesar Yorkshire ya atau se Robin.. he he he... maklum udah lama nggak main tledekan, dulu sih pernah punya (Sekitar 92-93 jaman kuliah) tapi pas pagi dimandiin ditinggal kuliah cuaca mendung.... pas pulang kuliah burungnya udah kaku and nungging... he he he... padahal baru 3 hari dirumah dan sudah bunyi... he he he... wah OOT ya... kembali ke laptop... berapa harga u/ bakalan muda tledekan ya sekarang ?

Indraf
6 February 2007, 04:02 PM
tambahan satu lagi pertanyaan.. he he he... kalau di daerah jawa barat, tledekan itu anis bin-bin ya namanya..?

rio
7 February 2007, 09:12 AM
wah..., trima kasih neh om copjend pict nya
walaupun agak burem sih he...he...he...he...he... sorry om, jangan marah ya..
tapi tetp makasih bgt ya om
o ya om sekalian mau tanya neh, gimana sih bentuk kontur paruh blimbing tu?

snow white
21 February 2007, 03:55 PM
Kebeneran nih Oomm
kemarin baru beli 1 tledekan gunung trotol dari Pramuka, apa bener kalau dari purwokerto memang lebih bagus ? ada beberapa pilihan dan yang kupilih yang bener - bener trotol alasan jinak saja.Gimana nih bener nggak cara milih nya ? kalau jantan sudah 100 % buntutnya membiru

yobenbingung
20 March 2007, 02:27 PM
Tips Memilih Tledekan/Sulingan


1.Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Perawatan Tledekan gunung

1. Mandi tiap sore pukul 18:00 - 19:00 stelah itu diangin2 in, pagi menjelang fajar dimandiin lgs diangin2in sampe terkena sinar matahari.

2. Jemur kisaran 1 - 2 jam, klo bisa berikan kroto setiap hari jangan sampe usahakan rutin tiap hari biasanya saat jemur. EF cukup pake kroto tiap hari, ulat kandang sminggu 2 kali, jangkrik 2 ekor yg kecil2 sminggu 2 kali gantian dengan ulat kandang 5 ekor. Ini utk menaikkan birahinya, klo sudah dirasa birahi maka pemberian jangkrik ckp 1 ekor sminggu.

Perawatan tledekan saya di rmh (SPIDER):
- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah.

Perawatan tledekan bagong

Tledekan aku perawatannya gak nyusahin sesuai aja dengan kesibukan aku yang hampir gak ada waktu merawat burung, tapi yang namanya hobby gak bisa aku meninggalkan. Kebanyakan tledekan memang hari2 makan kroto seperti juga bagong tapi bagong tledekan yang gak rewel kalau gak ada kroto mau makan jangkrik dan voerpun dimakan dan gak lemes walau 1 minggu gak makan kroto. Bagong rawatan hariannya voer satu wadah kecil, kroto satu kolak, jangkrik 5 ekor pagi sore. mandi keramba sore atau malam hari kalau mau lomba. Perawatan persiapan lomba agak lain yaitu jangkrik ditingkatkan secara bertahap sampe 15 ekor sampai hari jumat kusus hari sabtu full kroto dan 3 ekor ulat hongkong tanpa jangkrik, hari H full kroto 5 ekor ulat hongkong. Mau digantang dimandikan dulu dan jemur krodong 15 menit dan selalu diasingkan dari suara burung agar gak tempur duluan karena bagong mempunyai fighter yang tinggi begitu dengar suara burung selalu melawan sambil kepala kayang abis.

Step by step perawatan harian tlendekan

Merawat tlendekan tak berbeda jauh dengan merawat jenis burung anis lainnya. Bagi penghobi yang terbiasa memelihara anis barangkali nggak mengalami kesulitan, tapi yang lagi mulai merawatnya mungkin perlu penyesuaian. Berikut perawatan rutin harian step by step yang di sarikan oleh tabloid Agrobur dari beberapa sumber.

1. 06.30-06.45: burung dekeluarkan/ dianginanginkan sambil di buka kerodongnya (jangan langsung terkena sinar matahari).
2. 06.45-09.00 : mandi dilanjutkan penjemuran. Pada saat mandi di bak pemandian, sangkar bisa di bersihkan. Burung bisa di beri x-food, jangkrik, dan ditempat makannya disediakan kroto segar.
3. 09.00-09.30: setelah penjemuran kemudian dimasukkan kembali ke teras rumah/diangin-anginkan dengan keadaan tetap terbuka (tanpa kerodong).
4. 09.30-15.00: burung dikondisikan dalam keadaan istirahat, dikerodong dan ditempatkan di dalam rumah. Pada saat itu dalam sangkar harus tersedia voer dan air minum jangan samapi kosong.
5. 15.00-16.00: Tledekan kembali dikeluarkan dari dalam rumah, kerodong dibuka dan diangin-anginkan di teras untuk beberapa saat lalu dimandikan. Tidak semua tledekan harus dimandikan dua kali sehari, semua tergantung karakter masing-masing burung, tap! bila memang memungkinkan mandi dua kali sehari, maka tidak ada salahnya kalau harus diterapkan seperti itu. Manfaat mandi bagi tledekan, selain menjaga kebersihan burung, juga untuk menjaga agar burung tidak terlalu birahi. Untuk beberapa saat diberikan jangkrik dan cacing dengan porsi lebih sedikit daripada pagi hari.
6. 16.00-17.00: Burung dimasukkan kembali ke dalam rumah dibiarkan terbuka kerodongnya (kondisi santai). Hal ini dimaksudkan agar burung tidak terlalu tegang karena lebih sering dikerodong daripada terbuka. Hal lain dimaksudkan agar karakternya tidak terlalu agresif/liar.
7. 17.00-06.00: burung dikon-disikan dalam keadaan istirahat total dengan cara dikerodojig sam-pai esok pagi.

Recovery Tledekanku Yang Ngedrop
Beberapa cara recovery saya adalah:
1. Burung saya semprot desinfektant secara periodik per 1 mg sekali.
2. Pembasmian kutu dengan penyemrotan obat kutu setiap mau mandi dan saya kasih obat cacing anak yg saya kasihkan sekali saja (pemberian disesuaikan).
3. Pengobatan dari dalam adalah, pemberian vitamin per hari dan trymecin 3 hari berturut-turut.
4. Pemberian kroto per hari dan jangkrik 5 pagi 3 sore.
5. Sekarang saya tambahkan 1 cacing pagi hari.
6. Mengembalikan cara mandi ke kandang keramba, yd sebelumnya disetel mandi di kandangnya.
7. Jemur cukup dan disesuaikan.

Ronny
20 March 2007, 02:58 PM
Good Information........
Terima kasih om Yoben atas partisipasinya untuk memaparkan perawatan Tedekan.
Silahkan rekan2 mau coba resepnya om Yoben ?

LeoN0211
20 March 2007, 04:09 PM
thx atas sharing2 dan inform perkicauan (tledekan).....om yoben

PUTRANTO HARIYONO
22 March 2007, 08:49 AM
Salam Sejahtera,
KAlau bisa dikasih gambarnya , mana tledekan bagong, tledekan gunung
Trims sebelumnya Bung YOBEN

xbo_e
22 March 2007, 11:12 AM
Bnr gak boz klo tledekan laut suara'a tpis bgt...
gak spt tledekan gunung yang suara'a bsa sampe melengking keras...?

yobenbingung
22 March 2007, 12:33 PM
Maap rekan KM .. saya mencoba thread sticky : Tledekan karena saya ingin merangkum jadi satu tread dari rekan KM agar mudah dibaca,dicerna supaya tidak bertele-tele kalau misal ada rekan KM baru yang masuk tinggal baca aja.karena saya juga bukan pakar tledekan.
-kalau pic tledekan saya ada nanti saya coba upload.karena saya masih sibuk nguli.:D .kalo tledekan gunung atau pring memang suaranya lebih keras n banyak macam dibanding tledekan gunung.


makasih.monggo kalau ada yang menambahkan

-------------------------------------------
http://www.eagleservices.ca/

roby
27 March 2007, 04:16 PM
Oke juga nih buat Tledekan dirumah. thanks ya om yoben

H. Rafael
27 March 2007, 08:27 PM
Antara Tledekan Gunung dan Tledekan Laut :
1. Secara fisik perbedaannya apa ?
2. Mana yang lebih sering tampil di loba ?
3. Apakah masih ada jenis lain selain yang disebutkan di atas ?
4. Saya kepengen banget punya Tledeken Bagus, dengan siapa saya bisa dapet ?

Thks banyak Om Yoben

AH
28 March 2007, 12:54 AM
Bantuin aku cariin Tledeken yg bagus dong om Yoben.
Trims sebelumnya....

hari_pondok
28 March 2007, 01:45 PM
salam kicau mania mas ben tolong bantuin donk dah bner blum perawatan tledkn saya:
- Jangkrik saya kasih satu sore satu
- kroto setiap hari satu tempat kroto yang kecil (kira2 seperempat sendok makan)
tapi repotnya tlk nya nggk mau mandi di kramba dan kalo di semprot agak kelabakan walaupun akhirnya mandi di tempat minum baiknya gimana mandinya? saya hanya sempat mandiin malam setelah jam 18.00

pernah di coba latihan jalan nagen sebentar tapi kalo liat orang main tangan langsung galak dan nggk nagen lagi..
minta pendapat donk ada yang kurang bener mungkin dengan perawtan kalo liat karekter seperti itu... makasih ya mas Ben..

yobenbingung
3 April 2007, 12:54 PM
kalo mengenai tledekan yang sering lomba ya tledekan gunung/pring, secara postur beda kalau tledekan laut lebih besar n warnanya biru.mengenai tledekan yang bagus mohon maap om rafael n lainyya monggo silahkan dilihat dilatberan.karena tread stick ini juga hasil statemen rekan KM yang saya rangkum/ringkas jadi satu.kalau om pick, saya mohon maap kalau bisa dicontoh perawatan yang disticky moga moncer.monggo kalau mau menambahkan:muahh: :muahh:

cj
12 April 2007, 04:35 PM
Kemaren ada urusan kantor, pulang sempetin mampir ke PB Pramuka. Jalan sana-sini, ketemu beberapa Tledekan Bambu/Gunung. Pilih beberapa ekor yg ditunjukkan pedagangnya, terus saya adu satu per satu, diputuskan seekor Tledekan yang mantap kepala oke sesuai dg kriteria pemilihan Tledekan yang bagus. Dan yg lebih penting MENTAL, hanya satu yang diadu tenang dan gak takut sama yg lain. Tledekan ini masih muda hutan, belum makan voer. Dg kondisi ini mental sdh bagus .... diharapkan nantinya juga bagus..... TUnggu 1 tahun kembali akan saya update ! Wah lama banget ya .... itulah asyiknya kik kik kik ...

mincu
12 April 2007, 05:20 PM
saya punya om tledekan dgn kriteria seperti itu,
tetapi masalahnya skr dia lagi mabung skr, dan bulu kepalanya skr tidak mau tumbuh padahal udah sebulan lho rontok total bulu yang laennya sih udah tumbuh dan udah sama panjang ?
gimana yah om supaya bulu kepala bisa tumbuh kembali?
minta bantuannya para pakar biar burung saya bisa kembali normal

Salam KM


MINCU

BUD_1
14 July 2007, 12:11 PM
Mohon infonya ya Om ... kalau kita mau beli tledek an dengan kualitas lumayan (belom perna prestasi) ... kira-2 brapa maharnya yaa ?

iCHONk 5,9 SR
14 July 2007, 09:41 PM
wah bisa di tiru tuh cara om copjend milih tledekan....
diadu dulu satu persatu baru di liat katurangganya..
kalo saya setuju car itu friend...lebih dulu milih mental dan suara..untuk lagu bisa menyusul heheh bener ga yah...

Mas_dony
16 July 2007, 09:41 AM
Nih momongan baruku...
Asal aku ga tau tp umur dah 2,5 tahun lebih..
Kayaknya dah mau mabung lg nih..

http://s119.photobucket.com/albums/o136/Mas_dony/?action=view&current=tledekan3.jpg

http://s119.photobucket.com/albums/o136/Mas_dony/?action=view&current=tledekan1.jpg

http://s119.photobucket.com/albums/o136/Mas_dony/?action=view&current=tledekan2.jpg

anton tegal
16 July 2007, 07:01 PM
Berbagi pengalaman memilih tledekan:
Body:
coba pilih burung tledekan yang warna bulu birunya cukup terang, alis mata berwarna biru dongker dan warna biru diatas alis mata biru laut terang...
suara:
relatif, karena ini selera teman KM semua..mau yang cuma nembak, ngerol atau ngerol diselingi dengan tembakan...dan volume juga coba cari yang diatas rata2 sejenisnya...
semoga membantu..maaf kalau ada yg salah...

Indraf
10 August 2007, 10:11 AM
TLEDEKAN

JANTAN
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/rufous_bellied_niltavaNILTAVASUNDAR.jpg
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/niltava_sundaraJANTAN.jpg

BETINA
http://i113.photobucket.com/albums/n227/paklu_yy/NILTAVASUNDARABETINA.jpg


KLASIFIKASI

Kingdom : Animalia
Phylum: Chordata
Class: Aves
Order: Passeriformes
Family: Muscicapidae
Genus: Niltava
Spesies :
Spesies Burung ini meliputi :
• Large Niltava, Niltava grandis
• Small Niltava, Niltava macgrigoriae
• Fujian Niltava, Niltava davidi
• Rufous-bellied Niltava, Niltava sundara
• Rufous-vented Niltava, Niltava sumatrana
• Vivid Niltava, Niltava vivida

KARAKTERISTIK FISIK
Burung Tledekan pada umumnya mempunyai panjang badan berkisar antara 8 s/d 20 cm. Membedakan Jenis kelamin pada burung ini dengan pola warna yang kontras antara tledekan yang berkelamin jantan dibandingkan dengan burung tledekan betina. Contoh pada Species Tledekan Gunung Warna Pejantan pada Jenis Niltava ini belakang biru tua dan satu biru cerah di kepala, terdapat kedok hitam sekitar mata mata, satu jakun hitam, dan terdapat warna jeruk bersinar perutnya, beberapa genus seperti vivid niltava berwarna ungu kebiruan, biru putih (mungkin sering kita kenal sebagai tledekan laut)
Warna pada jenis Betina adalah coklat zaitun dengan coklat muda di perut , dan warna betina muda adalah coklat cerah dengan agak keputih-putihan. (paklu_yy)


DAERAH PENYEBARAN
Mulai dari Himalaya daerah dari Negeri nepal , Bhutan, India , dan meluas melalui pegunungan dari Myanmar , Thailand, Kamboja, dan Cina barat daya dan Tenggara, asia , termasuk semenanjung Malaya dan Sumatera , jawa (paklu_yy)


HABITAT
Pada tempat yang cenderung lembab,hutan lebat berdaun lebar dan hijau, sering dekat satu aliran sungai dan biasanya pada hutan tropis dan sub tropis. Kebanyakan berkembangbiak di ketinggian dari 5,000–9,350 ft (1,525–2,850 m).


PERILAKU
Burung ini termasuk burung yang tidak melakukan migrasi, tapi melakukan perpindahan habitat musiman di antara dataran tinggi dan rendah. Pasangan burung ini berkembang biak pada satu wilayah tertentu. Walaupun aktif bergerak tapi burung sering duduk di atas bertengger untuk waktu yang agak lama. Kicauan burung ini berupa rangkaian sederhana tiga atau empat kombinasi siulan. Tledekan termasuk burung fighter ( seperti burung Murai Batu, Kacer, Ciblek) dsb. Sehingga sangat mudah mendapatkannya. Bila ada Tledekan, ditemukan Tledekan peliharaaan atau suara kaset Tledekan, langsung menyambar ! (copjend)


MAKANAN DAN POLA MAKAN
Makanan Pokok keluarga Niltava adalah serangga seperti capung, kupu-kupu ulat dan buah buahan kecil. Dikenal pula Tledekan Bambu karena hidupnya di bambu, bersarangnya juga banyak di bambu, juga di pohon. Dia suka makan ulat2 di bambu juga di pohon. (Copjend)


POLA REPRODUKSI
Bersarang di hutan. Membuat sarang berbentuk piala dari lumut dan serabut lain pada satu area berlumut antara batuan, pada satu batang pohon, atau pada satu rongga dangkal pada Pohon/kayu busuk. Seperti pada kebanyakan burung Pada musim kawin burung ini lebih aktif berkicau,dan mengepakkan sayap dan ekor untuk menarik pasangan. Dalam membuat sarangnya, tledekan ada yg membuat sarang di atas pohon dan ada yang bersarang diatas tanah mirip branjangan.tentunya yg paling banyak dicari adalah tledekan yg bersarang diatas tanah(andri prabowo)


Burung yang mempunyai kekerabatan paling dekat dan mempunyai habitan yang hampir sama adalah terdapat dalam genus berikut :
1.Genus Cyanoptila
2.Genus Eumyias
3.Genus Cyornis

Misalnya seperti
1. Tledekan Laut
Yang sering kita kenal sebagai tledekan laut ini termasuk dalam genus Cyanoptila dan dikenal dengan nama Blue-and-white Flycatcher, Cyanoptila cyanomelana
Burung ini juga Penangkap Serangga , berwarna biru dan putih, yang mempunyai perbedaan dengan jenis genus niltava yaitu senang berpindah. daerah penyebarannya meliputi Jepang, Korea, sebagian Cina dan Rusia, Asia Tenggara, terutama di Vietnam, Kamboja, Thailand, Sumatera dan Borneo.
(paklu_yy)


Tips memilih tledekan

Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm


Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.


Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut. Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi dan dapat menandakan burung tersebut bermental atau dalam kondisi tidak baik.


Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)


Sorot Mata Tajam
Sorot mata tajam dapat mencirikan bahwa Tledekan tersebut bermental baik, dan sehat. Sebaiknya jangan dipilih burung yang bermata sayu karena dapat mencirikan bahwa mental burung tersebut lemah atau burung tersebut dalam keadaan kurang sehat.


Tidak cacat
Selain tidak sedang dipandang mata, Yang biasa mengalami cacat pada burung ini adalah bagian kaki, dan bagian sayap. Ini terjadi karena banyak dari tledekan yang ditangkap masih menggunakan jerat atau diganggu hama waktu kecil, maka bagian tersebut harus mendapatkan perhatian khusus ketika memilih burung Tledekan yang kita inginkan.
(copjend) (Indraf)

Pilih paruh dengan kontur blimbing, Tledekan yang memiliki kontur paruh belimbing diyakini mempunyai suara yang keras dan mental yang baik. (N1LA)


Berbagi pengalaman memilih tledekan:
Body:
coba pilih burung tledekan yang warna bulu birunya cukup terang, alis mata berwarna biru dongker dan warna biru diatas alis mata biru laut terang...
suara:
relatif, karena ini selera teman KM semua..mau yang cuma nembak, ngerol atau ngerol diselingi dengan tembakan...dan volume juga coba cari yang diatas rata2 sejenisnya... (anton tegal)



Perawatan Tledekan
Burung Tledekan yang sehat dan terawat tentunya akan mempersembahkan kicauan yang indah bagi kita yang merawatnya. Penampilan yang sehat, dengan kicauan merdu dan variatif tentu menambah rasa sayang dan kebanggan kita terhadap klangenan kita. Perlakukan yang salah, pola makan yang tidak tepat dan kondisi tempat yang tidak layak bagi burung ini tentunya berakibat pada turunnya performa burung. Tledekan yang awalnya kita beli memperdengarkan kicauan yang merdu dan keras dengan pola perawatan yang salah tentunya lambat laun akan membuat Tledekan menjadi lemas dan malas, sehingga tidak mau lagi memperdengarkan bunyinya. Kicauan bagi burung khususnya burung jenis petarung seperti tledekan bukan saja menjadi tanda terima kasih bagi burung bagi pemiliknya, namun secara naluriah merupakan cara burung tersebut untuk menandakan kehadirannya, baik untuk menarik pasangannya maupun tanda keberadaan akan daerah kekuasaannya.

- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah. (Goes)


Untuk tledekan bisa nyeklek atau stabil diperlukan umur yang sudah memadai sekitar kisaran diatas 3 thn. Dan kalau bisa jangan memelihara lebih dari satu burung tledekan
karena akan ngefight terus dan bunyi nonstop. (MK21)


Bisa sih di kasih voer setiap hari...apakah kita tega..??? sedangkang burung yg punya nama ilmiah Blue Flycatcher ini termasuk jenis burung pemakan serangga tulen...
Alangkah baiknya di kasih serangga baik jangkrik/kroto 2/3 hari sekali..atau jangkrik tiap hari 2 pagi2 sore.
biasanya burung pemakan serangga yang hanya diberikan voer saja sering mengalami banyak problem...masalah bulu, kesehatan yang cenderung menurun dan menjadi kurang dalam mengeluarkan suara. (Moelsip)


Sangkar
Sangkar yang baik bagi Tledekan minimal mempunyai ukuran P:30x L: 30x T:50 cm, selain mudah dalam menempatkan pakan Tledekan yang cukup beraneka ragam, juga memungkinkan Tledekan untuk leluasa bergerak. Pada kasus burung sedang dalam kondisi mabung mencegah terjadinya kegemukan.
Kebersihan sangkar juga harus diperhatikan. Minimal dalam 2 hari sangkar dibersihkan dari kotoran (tinja) dan bekas makanannya. Kebersihan sangkar juga menghindari burung dari terjangkit penyakit.
Kelengkapan standar bagi sangkar adalah : tenggeran dengan kondisi saat burung bertengger maka antara kuku kaki depan dan belakang tidak saling bertemu (terkena), tempat makan dan minum bisa terbuat dari mika atau porselein dan tempat kroto.


Pemandian dan Penjemuran
Pemandian dan Penjemuran bagi Tledekan merupakan sarat mutlak, Penjemuran selain merupakan sumber vitamin D, penjemuran dan pemandian yang rutin juga dapat mematikan kutu yang terdapat pada burung dan kandang burung juga membunuh bibit penyakit yang ada dalam sangkar. Penjemuran yang baik dilakukan pada rentang waktu pukul 07 sampai 10 pagi dengan waktu berkisar 2-3 jam tergantung dari burung itu sendiri, jika burung telah tampak gelisah dan membuka mulutnya maka penjemuran dapat disudahi.


Mabung
Proses ganti bulu merupakan proses alami yang terjadi pada semua jenis burung yang biasanya terjadi karena perubahan kondisi yang mendadak atau memang burung memasuki masa pergantian bulu. Selain untuk merecovery bulu yang sudah usang dan tua pergantian bulu juga merupakan proses alami burung dalam menghadapi perubahan dan masa umur burung.

Pada saat ganti bulu burung akan mengalami suatu masa yang sangat menyiksa, pada saat seperti itu maka dibutuhkan perawatan yang lebih intensif. Burung akan lebih pasif, ada yang berhenti berkicau dan jika tidak dijaga dari udara jahat maka akan mudah terserang penyakit. Karena proses pergantian bulu maka burung akan lebih sensitif terhadap perubahan cuaca, maka burung harus ditempatkan pada ruangan dengan kondisi yang sejuk dan menghindari dari gangguan lingkungan seperti suara burung lain yang terlalu keras, kucing, *(O)**(O)**(O)**(O)**(O)**(O)*, dan gigitan nyamuk dan suara bising lainnya serta angin jahat dan cuaca extreem.
Saat mabung merupakan saat yang tepat untuk memaster burung, karena pada masa ini burung menjadi pasiv. Mereka menyimak apa yang ada disekelilingnya, penggunaan kerodong juga berfungsi agar burung yang sedang dimaster tidak melihat masternya, karena beberapa burung enggan untuk menirukan suara master jika diketahui bahwa suara tersebut bukan berasal dari jenisnya. (Indraf)


tledekan juga mengalami proses mabung yang normal seperti burung2 lainnya. beberapa tledekan tmn2 mengalami mabung dengan cara nyulam..apa mungkin sebelum mabung, tledekan tsb mengkonsumsi nutrisi yg berlebihan atau dalam melakukan penjemuran terlalu over waktunya.. (anton tegal)


Ada baiknya jika kita memelihara burung ini tidak menempatkan posisi kandang berdekatan dengan burung fighter lainnya. Seperti Murai Batu atau Kacer atau burung jenis tledekan sendiri. Dikarenakan burung Tledekan walaupun bertubuh kecil namun mempunyai jiwa petarung sehingga walaupun pada awalnya burung ini akan saling bunyi bersahutan. (untuk menandakan daerah kekuasaannya). Namun secara jangka panjang akan merugikan karena dapat saja membuat mental burung ini menjadi Lemah karena berhadapan dengan burung dengan fisik yang lebih besar. Selain itu jika burung yang akan di lombakan secara terus menerus bersuara, maka ketika akan dilombakan burung tidak akan maksimal atau dalam istilah perburungan sering disebut Gembos. Jika terpaksa harus memelihara beberapa jenis burung fighter, baik jika dilakukan pengaturan jarak dan sudut pandang. Agar burung tidak saling melihat. (berbagai sumber)


Mohon Share untuk penambahan materi. beberapa kalimat saya edit semoga tidak merubah esensi.

salam

ben
10 August 2007, 10:35 AM
waduuh.. top banget nih.. emang hebat chief yang satu ini..

Indraf
10 August 2007, 10:35 AM
hayooo... jangan dianggurin.. he he he.. tambahin dong materinya... kritik dan sarannya... minimal GEF-nya... hua ha ha

Ryo_Chandra
10 August 2007, 11:16 AM
Jujur aku jadi inget,burungku yg aku cinta...hihihi..
T O P Dah om...
Good info..

tatanka
10 August 2007, 01:23 PM
Kriterianya dah sama..;)) dah tinggal diphoto neeh :D buat minta pendapat..;;)

sarp
10 August 2007, 02:10 PM
mantep banget om, laler ijo meluncur deh
lebih mantep lagi kalo kita-kita di kasih burungnya buat belajar ngerawat hehehe....

ANGGA NAS-GOR
10 August 2007, 02:50 PM
wuuuiiihh...jadi pengen ambil punya temen nich...

kemarin ditawarin barter kenariku vs tledekan...suaranya....tembus tapi
kurang rawatanya.............gimana ya...????

j03n
10 August 2007, 08:22 PM
gimana nich caranya bikin tledekan supaya bisa teler?
soalnya sy pernah 2 kali ngerawat tledekan
dengan komposisi makan jangkrik 10-15 (jumlah total)
kroto 1sdk teh
tapi hasilnya dia waktu dicoba kok ngga bisa teler ya? loncat sana loncat sini???

trus ada yang bilang tledekan supaya powernya keluar harus di kasih jangkrik sebanyak2 nya (bener apa ngga sich??)

thx atas sarannya

MK21
10 August 2007, 09:12 PM
Menurut pendapat saya perawatan tledekan perlu konsistensi yang tinggi dalam menberikan makanan, jemur dan mandi. Kalau pola yang sudah terbentuk dapat diteruskan dalam jangka panjang akan menghasilkan tledekan yang bagus. Tidak ada patokan harus berkonsumsi EF yang jumlahnya tertentu. Yang paling penting : nutrition yang balance.

Imam Setiawan
14 August 2007, 09:37 AM
weh sepp nech CI terbang om, tankap ya!

ARYA
28 August 2007, 11:44 AM
waduh sip tenan, joss......mo nambahin aja kalo tledekan ada yang badannya besar dan kecil, trus ada juga yang dadanya separuh putih, separuh coklat ( kemben ), sepenuhnya coklat ( wulung ). masing-masing punya keunggulan dan kekurangan.
1. Badan besar dan wulung: biasanya volume keras, kasar2, tapi gak ngerol dan jarang yang bisa tarung anteng apalagi sampe nyeklek. mental tergantung bawaan lahir.
2. Badan kecil dan kemben: biasanya volume rata2, ngerol, tapi biasanya bisa tarung anteng bahkan tak jarang yang langsung nyeklek.
3. Ciri tambahan yang kumisnya teges biasanya mentalnya bagus, selain mata yang tajam dan wajah yang garang.
sekian aja moga bermanfaat, mohon maaf kalo ada yang salah .;) ;) ;)

zorro
28 August 2007, 10:24 PM
Nambahin dikit ya Om...
1. Tledekan dengan Body yang agak pendek dan bongkok (punggung membusur) biasanya lebih nyeklik dan stabil tarungnya.biasanya tubuh burung yang seperti ini agak kecil.
2. Tledekan dengan body yang panjang dan punggung yang datar lurus biasanya susah nyekliknya dan kurang stabil tarungnya, banyakan loncat dan ngruji. burung dengan ciri seperti ini biasanya agak besar.

Perawatan Tledekan klo menurut saya cukup mudah...Karena burung ini pada dasarnya burung yg lebih banyak menyukai suasana lembab dan teduh (karena didaerah saya dulu biasanya burung ini banyak terdapat dan bersarang di rerimbunan semak dipinggir jurang ditepian sungai dan di pohon2 bambu yang rimbun dipinggir2 sungai juga) maka untuk penjemuran menurut saya cukup sampai badan burung hangat saja sekitar 30 mnt.dan untuk EF sebagai penunjang agar tledekan rajin bunyi dan menghasilkan suara yang los alangkah baiknya jatah voor dibatasi hanya sekitar 20 butir sehari saja atau bahkan ditiadakan sama sekali dan diganti full kroto sebagai makanan pokoknya.plus jangkrik dan madu pada air minumnya....

Sekian Om dari saya...(hanya berdasarkan pengalaman pribadi)
Mohon maaf dan mohon dikoreksi klo ada yang salah.Maklum hanya mania Kampung...


Salam hangat...untuk KMer's

amild
29 September 2007, 07:29 PM
Ehem numpang lewat, klo ada yg punya tledekan bagus mo dilepas, dgn senang hati saya akan membelinya boleh via pm ato sms 0815-99-59-805.
Soal harga mah gampang asal kualitas ok, harga pasti ngikutin hehehe.
Sorry OOT.

Mr_Pik
9 October 2007, 09:06 AM
komplit deh.......

arkan rusdy
31 October 2007, 01:09 PM
Edan...........pakar Tledekan kumpul semua................. seneng membaca tips yang bervariasi.............

Mantab semua...........
Cojend, mborong terus nich...............
Met kenal om Anton Tegal......

Setahu saya kalo tledekan nagen.........sejak muda sudah nagen lho.......
memang tidak stabil.........tapi nagenya sudah kelihatan jelas..........

Saya sedikit tanya nich............gimana mengembalikan mental tledekan yang drop karena kalah tarung...........

Apes..........tledekan muda nagen banget kaya "killer"..............drop......
Dirumah gacor....kepalanya sampe dongak ke belakang..........eh di lapangan bulunya njabrik kayak kacer mbedesi...........


Sorry OOT..............

rusdy

bintang_libra
25 November 2007, 11:18 PM
lam knal mas...
daku bintang

ku naksir tledekanmu mas ;)
gambarnya keren

infonya lengkap, ntar ku jg mau cari tledekan yg ciri2nya kya di atas...

ku fans bgt ma burung satu ini...suaranya ' classic ' bgt buat di dengerin seharian

viva tledekan dech :x

bintang_libra
25 November 2007, 11:24 PM
bang copj3nd, klo mau dapet tledekan yg masi ngloloh itu dimana??? harganya sekitar brapa yach...

soalnya saya dpt tips klo dirawat dr piyik a.k.a trotol bayi itu pasti bisa nyeklek...bener ga sech...

maap klo ada ksalahan

thanks
:)

fian
26 November 2007, 10:04 AM
lam knal mas...
daku bintang

ku naksir tledekanmu mas ;)
gambarnya keren

infonya lengkap, ntar ku jg mau cari tledekan yg ciri2nya kya di atas...

ku fans bgt ma burung satu ini...suaranya ' classic ' bgt buat di dengerin seharian

viva tledekan dech :x
bang copj3nd, klo mau dapet tledekan yg masi ngloloh itu dimana??? harganya sekitar brapa yach...

soalnya saya dpt tips klo dirawat dr piyik a.k.a trotol bayi itu pasti bisa nyeklek...bener ga sech...

maap klo ada ksalahan

thanks
:)

Nak Bintang sudah berkenalan di forum perkenalan belum ya...., biar sama -sama enak gitu .... ganti... !
BTW lam kenal juga dari saya.
OK kenalan dulu di forum perkenalan, nanti diskusinya dilanjutkan... :D
Salam

anton tegal
27 November 2007, 09:20 PM
salam kenal buat Om Amild, Arkan Rusdy, Bintang Libra n Fian....
Mohon maaf apabila akhir2 ini saya jarang muncul..., tapi kebetulan saya sedang banyak pekerjaan...maklum kuli,jadi harus nunut..., semoga Om2 para penggemar tledekan dapat memakluminya.... saya pribadi senang sekali, sekarang tledekan makin ramai saja baik dilatber, lomba regional maupun nasional... ini juga pasti tidak lepas dari andil Kmers sebagai penggila tledekan dlm turut serta meramaikannya... semoga kelas tledekan dijabodetabek khususnya dan indonesia pada umunya semakin ramai dan bisa dibuka 2 kelas atau bahkan lebih...

anox
29 November 2007, 12:15 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya

ben
29 November 2007, 02:22 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya


Kalo udah masuk forum perkenalan lebih enak lagi dehh. Dijamin...8-> 8-> 8-> 8->

ndoro agung
29 November 2007, 02:37 PM
baru gabung nih.enak juga ya gabung di KM dapet banyak pelajaran...makasih semuanya

Wealahhhh.....kang,Bos,mbah...masuknya jangan lompat jendela dongggggggg..........lewat pintu depannn..ye mnagp ye bosssssss????..eh.ehhhhhhh^:)^ ^:)^ =)) =)) %-( >:D< >:D< >:D< >:D< :-w :-w :-$ :-$

Sugeng WKm
29 November 2007, 02:50 PM
Bro Indraf.. wah jadi pengen punya ngeledekin nih...
Btw.. monggo kalau ada yg mau nambahin...

Indraf
29 November 2007, 03:11 PM
ayooo tambahan materinya... biar komplitttt....

ervin
22 January 2008, 01:05 PM
om saya ditawari TL nagen tp tidak nyeklek.... Gmn ya om???
Ceritanya saya sm temen nyari2 TL di pasar burung. trus ada pedagang bilang punya TL yg bagus dirumahnya.
Terus saya ikut kerumahnya liat tu burung.
Sampenya dirumah tu TL biasa aja, cm tak liat di kakinya memang sudah masuk umur..
trus pedagang tadi ngeluarin satu lg TL buat liat tarungnya burung td.
TL yg berikutnya masih muda terlihat dr kakinya. Trus keduanya tarung..
Nah terliat jelas TL yg muda bunyi sambil loncat2.. Dan yg TL tua bunyi ngeroll bagus!..
selama TL muda bunyi loncat2, lama kelamaan TL tua td ngeroll panjang nagen!
nah saya tunggu agak lama suara TL nagen ngeroll jg oke.. Tapi sayang tidak nyeklek juga padahal sudah lama.. tp tl itu bener2 anteng dan ngisi terus..

Nah menurut om bagaimana ya ttg TL ini? apa baiknya saya beli? bisa kah burung tledekan ngeroll nagen tp tidak nyeklek bisa jadi juara di kontes????

anton tegal
22 January 2008, 08:01 PM
to om ervin:...
TL yang bagus memang harus nyengklek dan mengeluarkan suara ngerol dan sesekali keluar tembakan, tapi untuk penilaian TL di lomba sekarang, para juri lebih selektif & teliti... apabila dlm suatu lomba terdapat 2 burung yg menjadi nominasi juara, burung yg pertama nyengklek tapi irama lagu kurang dan brng yg kedua tidak nyengklek tp irama lagu lbh bagus... menurut sy juri lebih memilih brng yg kedua untuk menjadi juara...

Ryo_Chandra
23 January 2008, 03:04 PM
to om ervin:...
TL yang bagus memang harus nyengklek dan mengeluarkan suara ngerol dan sesekali keluar tembakan, tapi untuk penilaian TL di lomba sekarang, para juri lebih selektif & teliti... apabila dlm suatu lomba terdapat 2 burung yg menjadi nominasi juara, burung yg pertama nyengklek tapi irama lagu kurang dan brng yg kedua tidak nyengklek tp irama lagu lbh bagus... menurut sy juri lebih memilih brng yg kedua untuk menjadi juara...

Harga kisaran berapa bro,burung yg seperti ini..he3x..8-| 8-|
ane dari dulu juga sudah seneng sama burung yg satu ini...cuma belum ada yg jodoh..#-o #-o
Btw dirumah ada banyak nyelip satu dong.:-" :-" ..he3x..pasti jaminan dahsyat...:P

santoso budi
24 January 2008, 10:58 AM
Untuk perawatan harian TL apa harus diberi EF kroto ya om ? gimana klo kroto cuma sekali waktu, tapi jangkrik ditambahi soalnya repot klo pas kroto sulit dipasaran bisa berminggu-minggu gak ada kroto. maaf pertanyaanya maklum masih awam dengan burung yang satu ini, pingin pelihara tapi takut malah nyusahin diri sendiri dan nyiksa burung kesayangan

anton tegal
31 January 2008, 09:13 PM
Harga kisaran berapa bro,burung yg seperti ini..he3x..8-| 8-|
ane dari dulu juga sudah seneng sama burung yg satu ini...cuma belum ada yg jodoh..#-o #-o
Btw dirumah ada banyak nyelip satu dong.:-" :-" ..he3x..pasti jaminan dahsyat...:P

pan biasa main ke rmh om rio, ane ada 9 ekor TL om rio... buat om rio mah aman2 aja... eh..eh..eh

anton tegal
31 January 2008, 09:24 PM
Untuk perawatan harian TL apa harus diberi EF kroto ya om ? gimana klo kroto cuma sekali waktu, tapi jangkrik ditambahi soalnya repot klo pas kroto sulit dipasaran bisa berminggu-minggu gak ada kroto. maaf pertanyaanya maklum masih awam dengan burung yang satu ini, pingin pelihara tapi takut malah nyusahin diri sendiri dan nyiksa burung kesayangan

ndak pa2 om, dalam perawan sehari-hari TL memang harus diberikan EF Kroto minimal sekali dalam sehari...., kalo memang susah mendapatkan EF Kroto, coba om beli krotonya agak dilebihkan.... misal om beli 1 ons..lalu kroto dibersihkan semut & kotorannya sampai putih bersih, setelah bersih kemudian tempatkan dlm besek yg sdh dialasi kertas koran setelah itu bungkus besek dgn plastik kresek... lalu simpan di dlm kulkas, utk 1 ons kroto bisa utk 3-4 hr om (1 ekor TL)...

PC
4 February 2008, 11:26 PM
om... anis binbin kan termasuk jenisnya ya?
Saya punya satu tapi yang satunya lagi toet. Toetnya udah bernyanyi aktiv dan bagus. Apakah ada pengaruhnya buat anis binbin saya om?
jadi harusnya gimana?
Kebetulan anis binbin saya gak mau voer, jadi gak masalah ya? cukup jangkrik dan kroto?

blih_totok
9 February 2008, 01:16 AM
Iya memang punya tledekan itu asyik..bini ane plg sueneng tuh dg burung yg satu ini..maklum dari banyumas yg mmg buanyak banget di sana
Sekitar th 1997an ane msh sk berburu (mikat) jenis ini krn gampang bgt
Pokoknya taruh tledekan yg gacor sekelilingnya kasih perekat dan jaring
Udah tinggalin aja kira2 jarak 100 meter sambil merokok barang 2 batang
Tinggal tengokin, sdh banyak tuh Tledekan yg masuk perangkap he3
Pantesan gampang ilang ini burung ya..

Satu lagi kelebihan burung ini adalah meskipun didpt dari hasil tangkapan hutan tak peduli sdh tua, asal cukup makanannya pasti bunyi tuh burung
Dan yg pasti suaranya yg mengalun di pagi atau sore hari bikin hati ini mak nyosss..belum lagi kalo pas moncer..huenak tenan he3
Tul nggak om Jimi/MK21? he3

Iwan Dwi
9 February 2008, 11:14 AM
tledekan ya......hemm...apalgi yg nyeklek+ngeroll ampe jatuh mantaf tuh Om BT. (he3x)

Ryo_Chandra
11 February 2008, 01:06 PM
wuih mantaf ilmunya...metu kabeh...
ok,klo memang harus kroto..lalu porsi jangkriknya gimana bro,yg bagus..pagi_sore berapa.?
katanya klo EF nya ga bagus bikin bulu jadi kusam ya,caranya bagaimana supaya bulu itu tetap cerah kaya punya om copjen.(gambar di awal)..pernah punya tp bulu ga bisa cerah,,please masukanya om..
btw bro..sejak kapan ente jadi gondrong begitu,maniez bener senyumnya...he3x...sory OOT dah..
Brewoknya baru dicukur ya...he3x..
Peace wae ah..

slam
12 February 2008, 08:56 PM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80% seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.

Waah.... tledekan ane sebagai penghuni baru padepokan, ciri2 nya seperti yg disebutin om CJ neeh..... \:D/ \:D/

cj
12 February 2008, 10:44 PM
Wah sdh go public nih Mr. Kemarimaniak, kapan2 bisa ditemuin Tledekan ane yg saya rawat dr Trotol ....

PC
13 February 2008, 12:51 AM
Good...top pisan ulasannya.
Nambahin yang pak, sebagus-bagusnya tledekan, alangkah lebih bagus yang asli tangkapan alam daripada penangkaran. Di tasikmalaya atau priangan, tledekan banyak, dengan harga mulai 30rb/trotol - 500rb yang siap adu. Dengan catatan usia tledekan tangkapan maksimal trotol, masih piyik-an. kerja kerasnya cuma supaya agak jinak aja gimana?
Aku sendiri, punya tledekan trotol tapi masih giras, sedang dicoba dengan cara dimandiinnya dengan tangan, disuapin dan dtempatkan dikeramaian lalu lalang orang. Tunggu aja hasilnya 2 mingguan lagi, pasti di posting.
Kalo bodi, dll ulasan kang CopJ3nd top markotop pisan.:-? :-?

slam
13 February 2008, 11:16 AM
Wah sdh go public nih Mr. Kemarimaniak, kapan2 bisa ditemuin Tledekan ane yg saya rawat dr Trotol ....

sip my bro... kapan2 kita trek di JJ ato di kukusan yaah...

tledekan ane juga piara dari piyik tuh bro CJ.. skrg aje baru ganti bulu2 nya..masih ada bulu2 trotol dikit... tapi mental udah uedan... volume kenceng, nyeklek nya uenak, dan isian nya komplit...

LeoN0211
13 February 2008, 11:38 AM
sip my bro... kapan2 kita trek di JJ ato di kukusan yaah...

tledekan ane juga piara dari piyik tuh bro CJ.. skrg aje baru ganti bulu2 nya..masih ada bulu2 trotol dikit... tapi mental udah uedan... volume kenceng, nyeklek nya uenak, dan isian nya komplit...

OOoo...punya tledekan jg toch..sejak kpn bro Slam...
perasaan ane ga pernah liat tuch...padhal sdh 2 tkp ane singgah..hehehhe

slam
13 February 2008, 12:54 PM
kekekeke.... iya neh bro kamal...
baru dapet 3hari yg lalu...tadinye punya temen ane, pelihara dari piyik...trus kemarin itu dibarter sama LB mata merah...hehehe...

LeoN0211
13 February 2008, 01:13 PM
kekekeke.... iya neh bro kamal...
baru dapet 3hari yg lalu...tadinye punya temen ane, pelihara dari piyik...trus kemarin itu dibarter sama LB mata merah...hehehe...
boljug...ntar bs di pantau ....

Adhika KP
19 February 2008, 12:43 PM
Salam kenal Mas Indraf'.....
saya Adhika KP penggemar baru/pemula burung tledekan dan baru mencoba memelihara 1 (satu) ekor burung "tledekan gunung" bahan masih berbulu piyik (trotol) untuk tepat berapa umur burung tersebut saya tidak tahu persis, tetapi sudah makan voer sendiri.
Yang ingin saya tanyakan adalah :

1.Perawatan pakan,extrafooding,mandi/jemur untuk bu
rung piyik trotol apa sama dengan cara merawat harian
burung tledekan pada umumnya?
2.Saya juga memelihara burung Kacer yang sudah gacor,
apa boleh sangkar kedua burung ditempatkan bersebe
lahan walaupun menggunakan kerodong (kain penutup)?
3.Jenis burung apa saja untuk dijadikanmaster burung tle
dekan?

Saya ucapkan terima kasih atas kesediaan Mas Indraf untuk berbagi pengalaman serta pengetahuannya perihal memelihara dan merawat burung tledekan kepada kami khususnya saya selaku penggemar burung jenis ini.

wasalam
Adhika KP :D

Ony T
6 March 2008, 09:25 PM
Sama om andhika,Sya juga mau tanya master tledekan yang bgs apa? Klo dikasih jenggot bisa ngangkat gak? Matur nuwun..............

Nugrah_P
10 March 2008, 11:46 AM
Om rio harga tledekan bakalan di smg kisaran brp om?

PC
18 March 2008, 03:51 PM
Om indraf, saya sudah sukses lho punya tledekan bagus. Itu semua saya coba memilih dan merawatnya sesuai dengan Tips om indra. Paling juga ada tambahin dan kurangin dikit om......

farul riski
24 March 2008, 01:24 PM
Nih bos tipsnya:

1. Mental
Mental adalah fakktor utama terutama untuk kategori lomba, ciri-ciri bermental baik:
* Rajin berkicau dan ngriwik
* Penampilan tenang, tegak atau menyerang bila diadu dengan tledekan lain sambil mengeluarkan suara andalannya, cari yg nyeklik !
* Untuk bahan bila didekati manusia, tidak takut tetap ngriwik atau berkicau dg jarak 30-100 cm

2. Suara
Cari suara yg tajam, kencang, bening, ngerol, ngeropel, dengan kecepatan suara rapat dan diakhiri dengan suara tembakan.

3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.

4. Body
Cari yg mempunyai tubuh panjang dan ramping, kepala besar dg bagian atas LEBAR atau GEPENG, leher lebar (besar), mata besar (belok), dan warna bulu cerah yg biasanya mempunyai kesitimewaan:
* rajin berkicau
* napasnya panjang
* suara rapat, cepat, dan kencang
* memiliki fibrasi atau alunan turun naik dan bergema
* cerdas sehingga mudah menirukan suara burung lainnya (master)

Susah kalau menemukan idela diatas, tapi kalau kriteria sdh dimiliki hampir 80&#37; seperti ciri2 diatas Insya Alloh Tledekan tsb TOP.
maaf ohm QJ
saya mo nanya????
Bagusan mana TL yang dadanya merah bata polos sampe pantat apa yang separuh warna putih.
Trims

dharmoe
13 April 2008, 01:16 PM
om... mo nanya nih. aq punya TL cuma warnanya gak sperti pic yg diatas.
warnanya biru tua agak ke unggu bgitu lho om. itu jenis TL dari mana om ?

lee_ali80
21 April 2008, 05:49 PM
ane entar malam coba foto tledekan baru ane ach, mudah2an mau berpose di tangkringan
untuk sementara ane pake kandnag buat burung shanma kandang bulat ukuran diameter 30 tinggi ada 90 cm cocok nggak yach?
kok malah oot sich besok ane buka thread baru aja

anton tegal
30 April 2008, 07:24 PM
maaf ohm QJ
saya mo nanya????
Bagusan mana TL yang dadanya merah bata polos sampe pantat apa yang separuh warna putih.
Trims

sebenarnya klo menurut saya... warna bulu dada TL tdk mempengaruhi bagus tdknya TL.... tapi setelah saya amati di gelaran2 yg melombakan kelas TL, TL yg mempunyai bulu dada merah bata polos yg sedikit unggul drpd TL yg separuh putih warna didada...
mhn maaf bila saya salah om.. tq

anton tegal
30 April 2008, 07:25 PM
om... mo nanya nih. aq punya TL cuma warnanya gak sperti pic yg diatas.
warnanya biru tua agak ke unggu bgitu lho om. itu jenis TL dari mana om ?

Menurut kebanyakan org... TL Om di sebut sebagai TL laut..

Ibnu_hz
23 July 2008, 02:07 PM
Dear all members

Surveynya mohon diisi yach :) Yang ikut ngisi polling saya doakan mudah-mudahan burungnya gacooor cor cor, and monceeer ceer cerrr
(PAKE ECHO :D)

Thanks

Salam



Ibnu Hz

Misterius-BumenBC
23 July 2008, 02:21 PM
tuh udah di bkinin polling...monggo para TL mania...di isi polling nya......

PC
23 July 2008, 02:23 PM
Dear all members

Surveynya mohon diisi yach :) Yang ikut ngisi polling saya doakan mudah-mudahan burungnya gacooor cor cor, and monceeer ceer cerrr
(PAKE ECHO :D)

Thanks

Salam



Ibnu Hz


AmiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiN............. ..
Saya isi yang pertam kali deh. Semoga Hasil pooling om ibnu ini bisa lebih meningkatkan pengetahuan tentang TL terutama buat kmers umumnya penggemar TL. Thanks om Ibnu.... mantap dah. >:D<

dadan express
19 August 2008, 07:00 AM
Dear all members

Surveynya mohon diisi yach :) Yang ikut ngisi polling saya doakan mudah-mudahan burungnya gacooor cor cor, and monceeer ceer cerrr
(PAKE ECHO :D)

Thanks

Salam



Ibnu Hz
wah tak kira yg ngisi poling dapat doorprice
ngak apa apa kok doanya lebih dasyat om.

kyumurai
20 October 2008, 02:41 PM
master untuk tledekan apa ya om

Indraf
12 November 2008, 10:54 AM
master untuk tledekan apa ya om

master untuk tledekan bisa dikatakan hampir sama dengan master untuk MB om.

CJ, Cililin, Parkit, LB, Jangkrik dll

anomhidayat
12 November 2008, 11:42 AM
master untuk tledekan bisa dikatakan hampir sama dengan master untuk MB om.

CJ, Cililin, Parkit, LB, Jangkrik dll

setuju sekaleee om, Tl ane masuk tuh isiannya seperti begono

m.vidiyanto
29 November 2008, 01:28 PM
Cara bikin tledekan bisa duduk dan ngeply gimana?

agusmibu
4 December 2008, 07:14 PM
Salam Kicau Mania,...
maaf sebelumnya,..saya anggota baru dan pemula di dunia perburungan ini,..sudilah kiranya tuk para rekan,senior & pakar kicau mania memberi pencerahan,...
setelah hampir 2 bulan lamanya saya mencari kriteria ciri2 tledekan,(seperti yang di kutip Oleh Om Indraf,.) Akhirnya saya dapat juga,..tapi masih muda, karena masih ada bulu batiknya (bulu berwarna coklat motif seperti batik),.

Dan yang saya tanyakan adalah;
1. apakah benar Jika TL terlalu jinak dapat mengurangi gaya tarungnya pada
saat dilapangan nantinya?
2. apakah TL sama juga dengan MB,saat tarung, usia harus cukup/sisik di kaki
harus tebal?
3. dapatkah TL di master dngan masteran kaset/CD?

pencerahan dari Rekan2,senior & pakar di forum ini,saya harapkan.

Thank's
B & R

Mibu'

Badwolf
11 December 2008, 01:37 AM
Mudah2an dg mengisi polling ini tl ku jadi guacorrrrrrrrrrrrrrrr

ndoro agung
23 February 2009, 08:46 AM
Salam Kicau Mania,...
maaf sebelumnya,..saya anggota baru dan pemula di dunia perburungan ini,..sudilah kiranya tuk para rekan,senior & pakar kicau mania memberi pencerahan,...
setelah hampir 2 bulan lamanya saya mencari kriteria ciri2 tledekan,(seperti yang di kutip Oleh Om Indraf,.) Akhirnya saya dapat juga,..tapi masih muda, karena masih ada bulu batiknya (bulu berwarna coklat motif seperti batik),.

Dan yang saya tanyakan adalah;
1. apakah benar Jika TL terlalu jinak dapat mengurangi gaya tarungnya pada
saat dilapangan nantinya?
2. apakah TL sama juga dengan MB,saat tarung, usia harus cukup/sisik di kaki
harus tebal?
3. dapatkah TL di master dngan masteran kaset/CD?

pencerahan dari Rekan2,senior & pakar di forum ini,saya harapkan.

Thank's
B & R

Mibu'

Sekedar nimbrung
1.Tidak juga ,biar jinak klo dah ngadepin lawan ngotot tetep kok (Tapi usahaken jng jinak2 amir dahhhhhh..baeknye seh jinak2 lalat geto..itu kate Master2 TL yg pernah ane tanya).

2.Kate pakar2 begitu tapi Ane ada pengalaman TL umur 9bl nan belum pernah mabung sekali turun nyabet juara 4 sampai sekarang tetep langsanan juara biarpun sdh pindah ke tangan ,,silahken cek dng Om GOODS(Citut) pemilik TL Joko tarub itu TL ex debutan ane yg 9bln sdh di ajak ngamen.

3.Bisa asal kite kudu pinter2 atur vol yg lembut2 aje jg stereo
Wes sekedar nimbrung ma'af klo ga sesuai maklum PEMULA mohon koreksinye pakar2 semue.
:)>-:)>-:)>-:)>-:D:D:D:D8->8->8->8->

ndoro agung
23 February 2009, 08:52 AM
Cara bikin tledekan bisa duduk dan ngeply gimana?

Perawatan yg optimal dng EF yg memadai jg Perawatan yg terjadwal berkesinambungan.
Pemasteran yg cukup dng master2 handal
Latihan berkala,sesekali di trek untuk meningkatken PD nya syukur2 sekali2 di ajak jalan2 ke latber dng tempaan mental serta rawatan yg optimal setelah TL mencapai dewasanye hal di atas tidaklah sulit untuk di capai .
(jg PEMILIHAN bahan tl itu sendiri usahaken dari katuranggan vol jg sangat2 proposional jadi dng tempaan/didikan yg maksimal hasilnye jg memuasken)'
Mohon koreksinye Master2 TL/Pakar2 TL ane sekedar nyambung obrolan aje ma'af klo ga sesuai ..maklum sekedar pendemen TL anyaran :)>-:)>-:-*:-*:P:P:P:P:P

fordian
26 February 2009, 12:47 PM
tledekan itu sama dengan anis binbin ga?

tadi siang ke pasar burung sukahaji bandung, n ada yang mirip seperti pic di awal2 page...

thanks

ndoro agung
26 February 2009, 01:01 PM
tledekan itu sama dengan anis binbin ga?

tadi siang ke pasar burung sukahaji bandung, n ada yang mirip seperti pic di awal2 page...

thanks

Betullllllllll..kate orang sunda ANIS BINBIN

fordian
26 February 2009, 02:12 PM
Betullllllllll..kate orang sunda ANIS BINBIN


makasih atas infonya mbah NA...

tadi di pasar burung ada beberapa yang jual.. minta di atas 100rb an, n masih belum makan voer....


thanks

ar_rui
10 May 2009, 07:59 PM
iya semoga dg ikut mngisi poling ini tL ku jd gacor n harapannya forum TL akn smakin rame dlm berbagi n shering2 ilmu mslh TL :)

sava sasmito
12 May 2009, 12:39 PM
to om Ervin:
mau nanya, bagaimana ciri-ciri fisik TL yang mau nyeklek. trims atas jawabannnya

Indraf
21 May 2009, 03:44 AM
Salah satu moderator btanggung jawab pd forum yg digawanginya. Top deh.

moel_sip
22 May 2009, 05:05 PM
Salam KM..

Saya mau sedikit menambahkan tentang kehidupan burung TL di alam liar
Menurut hasil pengamatan saya ,ada beberapa jenis TL yang bisa di ketahui dari tempat habitatnya di alam lewat warna bulunya.

1. Hutan lebat.

TL dari daerah ini warna birunya cenderung biru tua/gelap.baik muda maupun tua,dan dari kelenturan bulunya yg cenderung lembut.kaki cenderung basah dan warnanya sedikit keputihan/kehitaman.

2.Hutan lebat dan berair.

TL ini hampir sama dengan yg di hutan lebat,perbedaanya ada di warna coklatnya yg agak pudar.

3. Hutan perdu/semak2

TL dari daerah ini sangat berbeda jauh dari yg ada di no1&2
Dari segi warna bulunya agak pudar dan kering dan kurang mengkilap.
warna kaki agak kering dan kemerahan.dari segi bentuk kelihatan kecil ramping2 dan panjang.karena terbiasa dengan hawa yg sedikit panas.dan terbiasa mencari makan di darat/tanah.

1 hal lagi,kalau ada TL yg paruhnya agak bulat/tebal...dia punya suara keras dan melengking,berbeda dengan yg punya paruh gepeng yg notabene ngebas.


Yang saya tulis diatas semua itu dari hasil pengamatan saya pribadi aja,mungkin dari rekan2 yang lain mau nambahkan yg lebih komplit.

suwun

Sapto_cx
29 May 2009, 11:48 PM
amin...........

risqidio
8 June 2009, 04:42 PM
kletekan Yes, gacor yes dan tetep sharing. hehe

masadi
16 June 2009, 07:41 PM
Amin jg Pak...

hokage-9
18 June 2009, 11:09 PM
Maaf Om....
mau nanya nich kebanyakan yg pelihara orang kok TL Bambu ya ? kok ga TL Laut ?
apa TL Laut itu tidak bisa fighter sprt TL Bambu om..?
sebab saya punya TL Laut udah rajin bunyi/gacor tp belum nyeklek ( masih trotolan ) dan belum pernah saya adu om...
kalo disuruh milih enakan pelihara TL Laut apa TL Bambu ya om ?
makasih atas informasinya

ndoro agung
19 June 2009, 07:50 AM
Maaf Om....
mau nanya nich kebanyakan yg pelihara orang kok TL Bambu ya ? kok ga TL Laut ?
apa TL Laut itu tidak bisa fighter sprt TL Bambu om..?
sebab saya punya TL Laut udah rajin bunyi/gacor tp belum nyeklek ( masih trotolan ) dan belum pernah saya adu om...
kalo disuruh milih enakan pelihara TL Laut apa TL Bambu ya om ?
makasih atas informasinya

Boleh nimbrung ga neh omm..ma'af sekedar pendapat pribadi ane aje.
Yup..Botul kebanyakan kicaumania demen TL bambu kenapa????..dibanding sodaranye yg di laut eh TL laut TL bambu buanyak plus2nye
1.Vol lebih dasyat(kencangggg getoo)
2.Untuk di lapangan saatini TL laut belum pernah ade yg memainken(ape ane aje yg belum lihat yahhh)
3.TL bambu gaya lebih oke dari sodaranye ya entu ngekleknye tadi booo
4.Isian lebih komplit bambunye dari pade lautnye(tingkat kecerdasan lebih ocre..kaya sekolah aje yahhh)
5.Fighternye TL bambu lebih uhuyyyyyy(kaya Mike Tyson aje)
Ya entu satu salahnye eh salah satunye kenafa TL bambu lebih di cinte..krn kadang kite pelihara rumahan macem ane suka iseng2 berhadiah kale aje jalan ke latberan dpt koncer ...getoo..looo..Lik..
Ya ma'ap neh buanyak ngawurnye ..silahken pakar2 TL inporrrrrrrmasinye yg zelas yeeeeee..:P:P:P:P:D:D:D

bedjoe
19 June 2009, 08:29 AM
Boleh nimbrung ga neh omm..ma'af sekedar pendapat pribadi ane aje.
Yup..Botul kebanyakan kicaumania demen TL bambu kenapa????..dibanding sodaranye yg di laut eh TL laut TL bambu buanyak plus2nye
1.Vol lebih dasyat(kencangggg getoo)
2.Untuk di lapangan saatini TL laut belum pernah ade yg memainken(ape ane aje yg belum lihat yahhh)
3.TL bambu gaya lebih oke dari sodaranye ya entu ngekleknye tadi booo
4.Isian lebih komplit bambunye dari pade lautnye(tingkat kecerdasan lebih ocre..kaya sekolah aje yahhh)
5.Fighternye TL bambu lebih uhuyyyyyy(kaya Mike Tyson aje)
Ya entu satu salahnye eh salah satunye kenafa TL bambu lebih di cinte..krn kadang kite pelihara rumahan macem ane suka iseng2 berhadiah kale aje jalan ke latberan dpt koncer ...getoo..looo..Lik..
Ya ma'ap neh buanyak ngawurnye ..silahken pakar2 TL inporrrrrrrmasinye yg zelas yeeeeee..:P:P:P:P:D:D:D


hehe mbah mbahe TL sudah turun gunung........maap Mbah Na emang betul kan :D SIP YESSSSSSSS :D :D :D :D

hokage-9
19 June 2009, 10:10 PM
Ok....
makasih banyak ya Om atas informasinya...kalo gitu TL Laut saya untuk master MB Trotolan saja,sebab saya jug apunya MB Trotolan Silangan ( Jantan=Malaysia + Induk=Medan Super ) masih usia 3 bulan Om jadi masih ngeriwik2 gitu.
Makasih banyak ya Om atas informasinya......semoga sukses selalu !

madream mesem
5 July 2009, 11:11 PM
thanks infonya...

ian1609
27 July 2009, 04:38 PM
Jln2 ke thread ini utk cari info ttg tledekan (anis bin2 sebutan di cimahi) ternyata memang tak salah, bgtu lengkap info yg didpt. Makasih utk semua yg udh sharing ilmunya ^:)^^:)^^:)^
Jd gak sabar pengen cepet2 liat TL dirumah bisa nyeklek, tp kok lama ya hrs nunggu usia 3 thn, jd mesti nunggu 1-2 thn lg nih.... Semoga sabar....<:-P<:-P

tazero
28 July 2009, 09:24 PM
ngk usah lama-lama om, punyaku ya ngk tua-tua amat tp udah mau nyeklek, yang penting setelan EF dan perawatannya di rutinkan

ferysonjaya
7 August 2009, 10:39 AM
Tolong donk kepada pakar2x tledekan saya punya tledekan laut setelah saya beli dan saya rawat beberapa bulan kenapa tledekan saya gak mau juga makan jangkrik cuma mau kroto dan veor aja kenapa ya

ndoro agung
17 October 2009, 02:29 PM
Tolong donk kepada pakar2x tledekan saya punya tledekan laut setelah saya beli dan saya rawat beberapa bulan kenapa tledekan saya gak mau juga makan jangkrik cuma mau kroto dan veor aja kenapa ya

Coba nimbrung ma'af klo ga sesuai
Coba om ukuran jangkriknye yg kuecil2 atau bisa jg di ganti dng UH ga masalah ga doyan jangkrik klo memang terpaksa sekali.
Krn TL tuk ef nya bisa di padukan bermacam2 kroto,UH,Ulat bumbung mana2 sekiranye guampang di cari pentinge cuocok tuk TL kite
Wes entu aje ah ikut nimbrung aje ma'af klo ga sesuai ane only Pemula yg lg gandrung TL

Mustika Areffa
28 October 2009, 05:14 PM
Coba nimbrung ma'af klo ga sesuai
Coba om ukuran jangkriknye yg kuecil2 atau bisa jg di ganti dng UH ga masalah ga doyan jangkrik klo memang terpaksa sekali.
Krn TL tuk ef nya bisa di padukan bermacam2 kroto,UH,Ulat bumbung mana2 sekiranye guampang di cari pentinge cuocok tuk TL kite
Wes entu aje ah ikut nimbrung aje ma'af klo ga sesuai ane only Pemula yg lg gandrung TL

ilmu mantap nian....
pakde selamat yaks sdh bisa biru lagi :D
pakde ada TL ane tiba2 gk mo mandi knapa yaks?

ndoro agung
28 October 2009, 05:33 PM
ilmu mantap nian....
pakde selamat yaks sdh bisa biru lagi :D
pakde ada TL ane tiba2 gk mo mandi knapa yaks?

Weh ITU POSTINGAN MINGGU LALU OM...wes lah Cuex beibeh mau Di HILANGKAN MENUNYE KEK mau di apain kek...yahhhhhhhhhhh...MERASA GA ASIEK aje getoooooooooooooo.....kayeknye makin buanyak ATURAN GA TERTULISSSSSSSS.....~X(~X(~X(~X(~X(...Kaloalah ada masolah di SISTEM seh ocre2 aje TAPI Klo MEMANG sudah BOSEN bi SUEBEL jg SEPET dng kehadiran ane jg gaya ane ,,,MONGGO TINDAK LANJUTI aje ge mane Penggede2 KM semueeeeeeee..:-h:-h:-h:-h:-h:-h:-h:-h:-h:-h:-h

Mustika Areffa
28 October 2009, 05:47 PM
lha kirain postingan sekarang, tiwas ta' tulis di thread yg njenengan buat ntar ta' ganti lagi pakde...
pertanyaan ane dijawab dunks ttg TL

ndoro agung
31 December 2009, 08:10 AM
Sekedar Nimbrung & asal Gobleg aje kale2 aje socok tuk pecinta TL semue
Musim Trotol TL telah tiba saat yg Tepat tuk berburu Jagoan masa depan ane mau berbagi pengalaman pribadi ane neh
Pemilihan dimualai dari Trotol
1.Trotol umur di bawah 1 minggu Pilih yg paling aktif,paling Berisik,yg agresif,sobekam mulu cari yg paling Lebar(istilah Banyumas model Mulut Bawor)
2.Setelah seleksi pertama Tl menginjak umur 1 bulanan Pastikan pilih TL kelamin Jantan dng melihat dari warna bulu yg sdh mulai kebiruan,perhatikan bentuk paruh dilihat dari atas paruh bentuk blimbing Tapi ujungnya lebih pipih tdk lancip model prigantil(lancip)
3.Memasuki bulan kedua pilihlah dari dari body yg tegap,leher yg besar ,dudukan kaki tegap dng kaki besar warna cenderung kecoklatan,sorot mata tajam
4.Memasuki bulan ke 3 cari yg sdh rajin ngeriwik,lebih tenang terhadap lingkungan sekitar cuek dng keadaan TDK blingsatan.
5.Memasuki bln ke 5 pilih warda bulu dada yg kuningnya tdk terlalu pekat tapi merata
(Selama Merawat TROTOLAN dari mulai kita Pelihara USAHAKAN SELALU DIMASTER sesuai ng selera jg usahaken dng masteran yg suara besetannye Tajem2 spt LB,CJ,Cililin,Ciblek,Burger, & menu masteran spesial tuk TL jng Lupaken GLATIK WINGKO,MANYAR,Colibry
Wes entu aje tahap pemilihan Trotol Mumpung lg musim trotol kale aje rekan2 KM mau berburu kali aje jg ini socokk..untuk acuan ..ma'af klo buanyak ngawurnye maklum sekedar bagi pengalaman pribadi aze yah ngeramaiken Forum asal Gobleg yeeeeeeeeeee...:-*:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-^:)^^:)^^:)^

kucica_denis
31 December 2009, 10:49 AM
thanks om NA kebetulan ane juga lagi nyari

kemarin di ps pramuka dikios dul deket soto betawi ada anakan TL tapi ane ragu takut cewekan

besok ane praktekin deh wejangan om TL eh ombah NA

Ari SN
31 December 2009, 11:09 AM
Sekedar Nimbrung & asal Gobleg aje kale2 aje socok tuk pecinta TL semue
Musim Trotol TL telah tiba saat yg Tepat tuk berburu Jagoan masa depan ane mau berbagi pengalaman pribadi ane neh
Pemilihan dimualai dari Trotol
1.Trotol umur di bawah 1 minggu Pilih yg paling aktif,paling Berisik,yg agresif,sobekam mulu cari yg paling Lebar(istilah Banyumas model Mulut Bawor)
2.Setelah seleksi pertama Tl menginjak umur 1 bulanan Pastikan pilih TL kelamin Jantan dng melihat dari warna bulu yg sdh mulai kebiruan,perhatikan bentuk paruh dilihat dari atas paruh bentuk blimbing Tapi ujungnya lebih pipih tdk lancip model prigantil(lancip)
3.Memasuki bulan kedua pilihlah dari dari body yg tegap,leher yg besar ,dudukan kaki tegap dng kaki besar warna cenderung kecoklatan,sorot mata tajam
4.Memasuki bulan ke 3 cari yg sdh rajin ngeriwik,lebih tenang terhadap lingkungan sekitar cuek dng keadaan TDK blingsatan.
5.Memasuki bln ke 5 pilih warda bulu dada yg kuningnya tdk terlalu pekat tapi merata
(Selama Merawat TROTOLAN dari mulai kita Pelihara USAHAKAN SELALU DIMASTER sesuai ng selera jg usahaken dng masteran yg suara besetannye Tajem2 spt LB,CJ,Cililin,Ciblek,Burger, & menu masteran spesial tuk TL jng Lupaken GLATIK WINGKO,MANYAR,Colibry
Wes entu aje tahap pemilihan Trotol Mumpung lg musim trotol kale aje rekan2 KM mau berburu kali aje jg ini socokk..untuk acuan ..ma'af klo buanyak ngawurnye maklum sekedar bagi pengalaman pribadi aze yah ngeramaiken Forum asal Gobleg yeeeeeeeeeee...:-*:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-^:)^^:)^^:)^

Wah jadi pengen hunting TL trotolan nech...
Terima kasih atas infonya Mbah...

wahyuwijaya
31 December 2009, 12:28 PM
Makasih mbah atas "resep" nya....hanya kita yg tinggal di luar Jawa agak susah dapatin burung tledekan mbah apalagi yg berkualitas....harapan saya KM di tahun 2010 ini dapat mengakomodasi keinginan2 rekan KM yg ingin memiliki burung2 berkualitas.Dengan kerjasama dan pengetahuan yg di miliki oleh para moderator semua saya yakin dapat terlaksana.Maaf mbah agak OOT he he he.

ndoro agung
31 December 2009, 02:02 PM
Makasih mbah atas "resep" nya....hanya kita yg tinggal di luar Jawa agak susah dapatin burung tledekan mbah apalagi yg berkualitas....harapan saya KM di tahun 2010 ini dapat mengakomodasi keinginan2 rekan KM yg ingin memiliki burung2 berkualitas.Dengan kerjasama dan pengetahuan yg di miliki oleh para moderator semua saya yakin dapat terlaksana.Maaf mbah agak OOT he he he.

Mudah2an kelak KM mampu memenuhi keinginan rekan2 dari Luar pulau Jawa ,ane secara pribadi siap bantu2 semampu ane ....wes Ke Jakarta aje dahhhh...kapan main2 ke sini ..:-*:-*:-*:-*:D:D:D:D^^^^^^:D:D

Bedu
7 January 2010, 02:58 PM
om mo tanya dikit dunk...
ane punya LG bahan om,usia 2 bulannan ni boleh ga kalau EF( jangkrik , kroto ) nya saya jorr ya , setelan sekarang pagi jangkrik 3 s/d 5 plus kroto sore juga sama 3 s/d 5 plusss kroto , efeknya apa ya om ....,oh ya atu lagi utk mandi saya selalu mandikan malam hari ( maklum kerja nyang kull om...) kecuali ari libur pasti pagi sore..., effeknya apa ya om kl sering dimandikan malam hari ...

matur nuwun om ( maklum pemula ni ):D

ndoro agung
8 January 2010, 03:54 PM
om mo tanya dikit dunk...
ane punya LG bahan om,usia 2 bulannan ni boleh ga kalau EF( jangkrik , kroto ) nya saya jorr ya , setelan sekarang pagi jangkrik 3 s/d 5 plus kroto sore juga sama 3 s/d 5 plusss kroto , efeknya apa ya om ....,oh ya atu lagi utk mandi saya selalu mandikan malam hari ( maklum kerja nyang kull om...) kecuali ari libur pasti pagi sore..., effeknya apa ya om kl sering dimandikan malam hari ...

matur nuwun om ( maklum pemula ni ):D

Ikut nimbrung aje kale aje socokkkk
Tuk perawatan dasar TL trotol dng jor2an EF menurut pribadi ane ga masalah krn saat trotol asupan pakan cenderung tuk pembentukan tubuh tuk menuju dewasa,enjusteru klo saat trotol kekurangan nutrisi malah bahaya bisa2 gedenya idiot =))=))=))=))=))....Untuk perawatan Trotol blm Perlu di seting pentinge asupan pakan mumpuni dng Porsi EF seimbang jangan disuruh diet saat trotol kacian die....bisa2 busung lapar nante..#-o#-o#-o#-o:D:D:D:D
Setingan dimulai sth TL menginjak dewasa kire2 selepas mabung pertama,baru pemberian EF perlu di takar sesuai dng karakter TL tersebut.
Jg tuk mandi msih bayi eh trotol zangan sering2 dimandiian ...ente aje males mandi,,:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:)>-:-*:-*:-*...tuk trotol cukup di semprot embun2 aje seminggu sekali Itupun saat pagi kala cuaca puanas bin cerah getoooooo....
Zadi rawatan Trotol zangan dimodel2 yg aneh2 dulu ...kuncinye asupan Ef mumpuni kebersihan terjamin,perawatan berkesinambungan Baru dah menginjak Dewasa Rawatan Kudu TERJADWAL & BERKESINAMBUNGAN cari setingan yg tepat ...
Wes entu aje sekedar asal Gobleg kale aje socok monggo pakar2 koreksinye ..ane sekedar nimbrung aje yeeeeeeeeeee,,,:-*:-*:-*:-*:-*:D:D:D:)>-:)>-:)>-

Bedu
13 January 2010, 09:31 AM
Ocree mbah NA thanks atas infonye

zeuz 64
13 January 2010, 03:27 PM
kalo miara dari trotol tak kasi pelet lele pripun mbah?????dirumah aku ada trotol cowok cwek...rencana seh mau tak jodokke wae....

Rezki
27 January 2010, 07:32 PM
terima kasih om info nya

ndoro agung
28 January 2010, 07:52 AM
kalo miara dari trotol tak kasi pelet lele pripun mbah?????dirumah aku ada trotol cowok cwek...rencana seh mau tak jodokke wae....

Untuk pakan masing2 sdh ada Porsinye TENTUNYE ga sesuai pakan LELE untuk TK ...Dari pengalaman perawat ane dulu karena keteledoran TERPAKSA burung di kasih pakan ikan akhirnye Mabung kompakan sebelum waktunye itupun ga sempurna mabungnye malah bikin refot kite.
Dari pada pakan LELE masih mending Vor ayam itu kan mirip2 tuk porsi unggas .
Wes entu aje sekedar bagi info aje ...:-*:-*:-*:D:D:)>-:)>-=D>=D>

ndoro agung
19 February 2010, 08:45 AM
Musim TROTOL TL telah Tiba di PB PRAMUKA,Cengkareng pokoknye seputaran Jakarta dah mulai buanyak Trotolan TL,saat nye klo mau nyimpen jagoan
Pilihan awal Pastiken yg Jantan dng semburat kebiruan di punggung dah mulai muncul,Mata belo,Sobekan mulut lebar,Body Gede panjang ,kepala gede,Lincah,nafsu makan bagus,klo ngriwik paling kenceng jg cuek dng sekitar,berdiri tegap ga dlososr,wes mumpung lg banyak pilihan di PB nyok TL mania segera pilih2...

boank12345
3 March 2010, 11:06 AM
pak saya pengen beli yang trotolan dimana ya baiknya di jogja saya posisinya\ada kenal prtrnak jogja ngga pak yang bagusss

ndoro agung
3 March 2010, 11:16 AM
pak saya pengen beli yang trotolan dimana ya baiknya di jogja saya posisinya\ada kenal prtrnak jogja ngga pak yang bagusss

Selama ini Bakalan TL kebanyakan Hasil Tangkapan Hutan masih jarang sekali yg Serius breding TL.
TL yg sdh sip jg info2 dari para pemain besar TL asal PURWOKERTO dansekitarnye yg ciamik TAPI ITU jg BUKAN sebagai PATOKAN BAKU...dari daerah lainpun buanyak yg oke2 hanya mungkin Faktor FANATIK aje..spt MB ya medan,Cendet Madura dll

Ikhsan_Kenyut
3 March 2010, 02:45 PM
MBAH NA.... MBAH BLANGKON...
antara TL jawa (Jateng) & TL kalimantan bagus mana :D

ndoro agung
3 March 2010, 02:54 PM
MBAH NA.... MBAH BLANGKON...
antara TL jawa (Jateng) & TL kalimantan bagus mana :D

Ane Pribadi ..pribadi looooooooo...lebih sueneng yg dari JAWA selain Postur lebih gede vol lebih unggul sekali lg menurut Pribadi ane...ma'af ga tau klo kate pakar2 TL...^:)^^:)^^:)^^:)^

Ikhsan_Kenyut
3 March 2010, 05:27 PM
Ane Pribadi ..pribadi looooooooo...lebih sueneng yg dari JAWA selain Postur lebih gede vol lebih unggul sekali lg menurut Pribadi ane...ma'af ga tau klo kate pakar2 TL...^:)^^:)^^:)^^:)^

bedai TL jawa & kalimantan piye mbah^:)^

ndoro agung
3 March 2010, 05:34 PM
bedai TL jawa & kalimantan piye mbah^:)^

Secara fisik Kalimantan lebih kecil
Warna kaki cenderung hitam legam jawa banyak yg marun
Warna dada Kalimantan kuningnye merata pekat jawa ada yg keputihan kalopun dada kuning full semburat keputihan dekat kloaka jelas
Saat di rendeng Jawa posisi berdirinya lebih tegak
Wes entu aje la wong ane Pemahamannye MASIH CETEK sekedar asal gobleg ma'af klo banyak ngawurnye ..^:)^^:)^^:)^

Ikhsan_Kenyut
3 March 2010, 05:44 PM
Secara fisik Kalimantan lebih kecil
Warna kaki cenderung hitam legam jawa banyak yg marun
Warna dada Kalimantan kuningnye merata pekat jawa ada yg keputihan kalopun dada kuning full semburat keputihan dekat kloaka jelas
Saat di rendeng Jawa posisi berdirinya lebih tegak
Wes entu aje la wong ane Pemahamannye MASIH CETEK sekedar asal gobleg ma'af klo banyak ngawurnye ..^:)^^:)^^:)^

hehehehehe... info yg akurat mbah.... ^:)^^:)^^:)^
suwun mbah atas infonya [-O<[-O<[-O<[-O<

golex
4 March 2010, 03:20 PM
Musim TROTOL TL telah Tiba di PB PRAMUKA,Cengkareng pokoknye seputaran Jakarta dah mulai buanyak Trotolan TL,saat nye klo mau nyimpen jagoan
Pilihan awal Pastiken yg Jantan dng semburat kebiruan di punggung dah mulai muncul,Mata belo,Sobekan mulut lebar,Body Gede panjang ,kepala gede,Lincah,nafsu makan bagus,klo ngriwik paling kenceng jg cuek dng sekitar,berdiri tegap ga dlososr,wes mumpung lg banyak pilihan di PB nyok TL mania segera pilih2...

mantep bener petunjuk mbah NA.. :) harga trotolan TL di PB Pramuka berapa ya mbah? klo pas mau nambah TL ahhh... di rumah dah ada 2 pentet, 1 kacer, 1 ciblek, 1 rio-rio (tapi semua masih bahan.. :( lagi belajar aje mbah.. sejak gabung di KM.. banyak pengetahuan dan yang pasti jadi "mata burungan" wkwkwkwkwk.. maunya beli burung mulu.. wkwkwkwk

ndoro agung
4 March 2010, 03:24 PM
Musim TROTOL TL telah Tiba di PB PRAMUKA,Cengkareng pokoknye seputaran Jakarta dah mulai buanyak Trotolan TL,saat nye klo mau nyimpen jagoan
Pilihan awal Pastiken yg Jantan dng semburat kebiruan di punggung dah mulai muncul,Mata belo,Sobekan mulut lebar,Body Gede panjang ,kepala gede,Lincah,nafsu makan bagus,klo ngriwik paling kenceng jg cuek dng sekitar,berdiri tegap ga dlososr,wes mumpung lg banyak pilihan di PB nyok TL mania segera pilih2...

mantep bener petunjuk mbah NA.. :) harga trotolan TL di PB Pramuka berapa ya mbah? klo pas mau nambah TL ahhh... di rumah dah ada 2 pentet, 1 kacer, 1 ciblek, 1 rio-rio (tapi semua masih bahan.. :( lagi belajar aje mbah.. sejak gabung di KM.. banyak pengetahuan dan yang pasti jadi "mata burungan" wkwkwkwkwk.. maunya beli burung mulu.. wkwkwkwk

Soal harga bisa di cek di forum PS burung dah jelas di jabarken lik Aslih
Klo yg dari Purwokerto ASLI(bukan sekedar pengakuan pedagangnye) Paling murah sdh 500k an

golex
4 March 2010, 03:34 PM
mantep bener.. makasih mbah NA atas info-nye. Semoga para pakar di KM semakin legowo membagikan ilmunya sama kita-kita nyang masih telor. Bravo KM.

edu
18 March 2010, 08:07 PM
[QUOTE=CJ™;26225]Nih bos tipsnya:
. . . .
3. Warna
Cari warna yg cerah, biru dan merah batanya jelas, tidak kusut (tanya Om Goes dia memiliki tledekan yg seperti ini). Bila warna kusam, berarti asupan makanannya kurang bergizi.
. . . .


Om mau tanya, kmren baru ambil momongan dr temen, kq warna merah bata pd bulu dadanya cm separo y om ? itupun g terang, birunya jg kusam, tp gacornya klo pagi, siang ngeriwik . . . trus supaya warnanya lbh ngejreng dikasih nutrisi ( EF ) seperti apa om ? Maklum om baru pertama kali dpt momongan sulingan, he3 . . .

hilariusari_DA
19 March 2010, 12:49 AM
wah jadi pengen punya TL neh..

emg harga TL di pasaran sekarang brapa ya om??

ndoro agung
19 March 2010, 07:42 AM
wah jadi pengen punya TL neh..

emg harga TL di pasaran sekarang brapa ya om??

Lain daerah lain pula Harganye klo fenasaran Langsung aje meluncur ke Ps Burung pilih2 bungkussssssss...:D:D:D:-*:-*:)>-=D>

sinc_onk
26 March 2010, 10:28 PM
wah jadi pengen punya TL neh..

emg harga TL di pasaran sekarang brapa ya om??

cari yang sudah makan voor aja om biarpun agak mahal tapi resiko kematian kecil...paling harganya antara 250k-300k an

ady_mv
10 April 2010, 12:11 PM
Soal harga bisa di cek di forum PS burung dah jelas di jabarken lik Aslih
Klo yg dari Purwokerto ASLI(bukan sekedar pengakuan pedagangnye) Paling murah sdh 500k an

Skrg udh turun mbah,...wkakakakak
Turun ke atas barang nye lageee suseh
Main ke PB ngga semua bakul punya,ada jg beberapa ekor saja

ndoro agung
21 April 2010, 08:14 AM
Skrg udh turun mbah,...wkakakakak
Turun ke atas barang nye lageee suseh
Main ke PB ngga semua bakul punya,ada jg beberapa ekor saja

Botul..sekarang di Sumbernye Purwokerto,Cilacap dst harga TL lagi melambungggggggg...malah klo di rata2 Jauh murah di Jakrta ...beberapa Telik sandi ane dah nyerah nyari TL di ndeso ternyata Harganye uediannnnnnnnnnnnnnn..#-o#-o#-o#-o#-o#-o#-o#-o~X(~X(~X(

Kc
8 May 2010, 12:47 PM
Botul..sekarang di Sumbernye Purwokerto,Cilacap dst harga TL lagi melambungggggggg...malah klo di rata2 Jauh murah di Jakrta ...beberapa Telik sandi ane dah nyerah nyari TL di ndeso ternyata Harganye uediannnnnnnnnnnnnnn..#-o#-o#-o#-o#-o#-o#-o#-o~X(~X(~X(

Harga melambung, beruntung donk bagi Mbah NA yg punya bnyk TL dirumah, hehehe

ari geto
9 May 2010, 03:45 PM
di plbg mulai dari 50k-150k tapi masih mkn kroto om...
ane tadi ambil satu, nebus nya 50k...
kl yang udah ngevoer 250k om...

badroez
25 May 2010, 01:08 AM
Kulonuwun. .

Mau tnya ciri2 tledekan yg bagus tuh gimana om?

purwono123
27 May 2010, 11:03 PM
Salam kenal untuk Om, saya purwono123, mau tanya nih, bagaimana membedakan ciri-ciri fisik tledekan sesuai dengan daerah asalnya? karena yang saya denger ada yang jawa tengah, lampung, kalimantan dll. Terima kasih banyak Om.

ndoro agung
28 May 2010, 09:43 PM
Salam kenal untuk Om, saya purwono123, mau tanya nih, bagaimana membedakan ciri-ciri fisik tledekan sesuai dengan daerah asalnya? karena yang saya denger ada yang jawa tengah, lampung, kalimantan dll. Terima kasih banyak Om.

cOBA NGISekut nimbrung aje kale aje socok
Secara Umum klo ex Jawa Secara Fisik hampir merata jg ga jauh beda.
Tapi Khas ex Purwokerto Cilacap dst Warna Biru punggung lebih ngejreng body panjang2 dada kekuningan TDK TERLALU tua bahkan TL daerah peisir dada sedikit keputihan dari dada kebawah.
Sedang ex Jawa wil Utara body jg mirip dari Atas TAPI KLOdi perhatiken seksama Punggung birunya sepintas ada semburat KEHITAMAN.
Jabar Lebih cenderung mendekati Purwokerto tapi warna dada Lebih PEKATkuningnye kaya AM
Jatim Body sedikit lebih pendek dari Jateng.
Ex Sumatera secara umum Body sedang sampi kecil (untuk ukuran TL secara umum) warna mirip Jabar Tapi KUMIS sedikit lebih banyak dari Jawa
Kalimantan Body kecil warna birunya ga semengkilap Jawa jg ada alis kekuningan / keputihan (ada yg bilang comreng di bag sekitar mata)
Warna biru atu kuning dadanya Jelas beda banget dng Jawa secara umum.
Wes entu aje Hasil Melamun ane kali aje ada yg pas ya ma'af..klo banyak ngawurnye sekedar ngelamun ,,aje eh numpang gobleg getoooo..:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-:)>-..kalo rekan2 wil Jakarta dst klo mau encek2 KEBETULAN saat ini di PB Pramuka TL Kalimantan lg buanyak jg Jabar di kios dekat soto betawi ke kanan pas pojokan

ady_mv
4 June 2010, 11:09 PM
mbah pemula numpang sinau nggih

yg dominan bagus daerah mana yah???,...( bt ngamen )

Mustika Areffa
9 June 2010, 08:37 AM
mbah pemula numpang sinau nggih

yg dominan bagus daerah mana yah???,...( bt ngamen )

daerah mana aja bagus asal nyeklek kayang nagen, volume tembus sambil ngerol nembak dengan lagu yg mewah :D

tp aku seneng sama TL dari banjar patoman kang =))

ady_mv
10 June 2010, 02:58 AM
idem kang FH,....
nah sing begitu kamsudnya dominan TL asl mana,...

ndoro agung
10 June 2010, 08:08 AM
:)>-:)>-
idem kang FH,....
nah sing begitu kamsudnya dominan TL asl mana,...

Dah Lik ADY daripade itu TL bikin mumet tak Jemput aje ge mane...biar KTP jadi BSD??..:D:D:D:D:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-:D:D

ady_mv
10 June 2010, 11:34 AM
:)>-:)>-

Dah Lik ADY daripade itu TL bikin mumet tak Jemput aje ge mane...biar KTP jadi BSD??..:D:D:D:D:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-:D:D

jemput dewe ora ulih anak buah,..wkakakakak se x an pulkam

manuke drg gelem ganti ktp mbah,..hehehehe
mau wis tak takoni.

bawakarta
15 July 2010, 05:56 PM
salam KM,
om2 saya pemula pencinta TL,di rumah punya satu TL-G dan sudah rajin ngriwik yg saya mau tanyakan perbedaan TL jawaa dan non jawa itu bagaimana?sekalian mau minta tolong kalau ada gambar yg bisa memperjelas perbedaan untuk jenis TL jawa dan TL non jawa
NB : perbedaan TL Co dan Co.

sebelumya matur Thx

suparta
16 July 2010, 03:57 PM
salam KM,
om2 saya pemula pencinta TL,di rumah punya satu TL-G dan sudah rajin ngriwik yg saya mau tanyakan perbedaan TL jawaa dan non jawa itu bagaimana?sekalian mau minta tolong kalau ada gambar yg bisa memperjelas perbedaan untuk jenis TL jawa dan TL non jawa
NB : perbedaan TL Co dan Co.

sebelumya matur Thx

Baca Tread2 sebelumnya om...
sudah banyak diulas itu...

maaf sebelum sampean di sempriiiit ama om mod....hehehe

gussuga
19 July 2010, 05:21 AM
Waduh, sebagian nara sumber menggunakan tulisan dan bahasa Indonesia yang agak sulit dipahami. Ada prokem, slank, pemendekan yang belum dikamuskan dsb Memahaminya jadi agak sulit ya? Maaf yang ini OOT pula! (lha apa itu 'oot' ya hahahaha) mohon maaf om.

bawakarta
19 July 2010, 05:29 PM
Baca Tread2 sebelumnya om...
sudah banyak diulas itu...

maaf sebelum sampean di sempriiiit ama om mod....hehehe

banyak di ulas cuma belum ada contoh gambar dan kepastian untuk membedakan TL jawa dan non jawa mohon maaf bila salah

bp
29 August 2010, 02:35 PM
cOBA NGISekut nimbrung aje kale aje socok
Secara Umum klo ex Jawa Secara Fisik hampir merata jg ga jauh beda.
Tapi Khas ex Purwokerto Cilacap dst Warna Biru punggung lebih ngejreng body panjang2 dada kekuningan TDK TERLALU tua bahkan TL daerah peisir dada sedikit keputihan dari dada kebawah.
Sedang ex Jawa wil Utara body jg mirip dari Atas TAPI KLOdi perhatiken seksama Punggung birunya sepintas ada semburat KEHITAMAN.
Jabar Lebih cenderung mendekati Purwokerto tapi warna dada Lebih PEKATkuningnye kaya AM
Jatim Body sedikit lebih pendek dari Jateng.
Ex Sumatera secara umum Body sedang sampi kecil (untuk ukuran TL secara umum) warna mirip Jabar Tapi KUMIS sedikit lebih banyak dari Jawa
Kalimantan Body kecil warna birunya ga semengkilap Jawa jg ada alis kekuningan / keputihan (ada yg bilang comreng di bag sekitar mata)
Warna biru atu kuning dadanya Jelas beda banget dng Jawa secara umum.
Wes entu aje Hasil Melamun ane kali aje ada yg pas ya ma'af..klo banyak ngawurnye sekedar ngelamun ,,aje eh numpang gobleg getoooo..:-*:-*:-*:)>-:)>-:)>-:)>-..kalo rekan2 wil Jakarta dst klo mau encek2 KEBETULAN saat ini di PB Pramuka TL Kalimantan lg buanyak jg Jabar di kios dekat soto betawi ke kanan pas pojokan

Makasih Mbah Pur, ane cendolin ente ye..:)>-

gopinda
6 October 2010, 02:09 PM
Iya, emang bener Om COPJEND bilang, masih muda belum bisa stabil. Seperti tledekan saya di rmh. Juragannya bilang tuh burung gayanya bisa nyeklek waktu ngeroll nya. Tapi berhubung msh muda ya gitu deh...angot2xan. Ngeroll nya masih ok, tapi naik turun alias nakal. Yang pasti tledekan prospek.

Perawatan tledekan saya di rmh (SPIDER):
- Pagi-Sore jangkrik 5 ekor,
- Siang jam 12 kasih kroto 1 sendok teh, kalo ngga ada kroto kasih jangkrik lagi 4 ekor.
- Jemur jam 8 sampe jam 9 pagi.
- Mandinya tiap hari di tempat minum.
- Tiap hari tempelin masteran siri2x.
- Berhubung di rmh ngga tledekan lain, kandang ngga perlu di krodong.
- Hindari tledekan melihat langsung MB. Itu nasihat dari rekan dekat rumah.

SALAM KM
goes


maksud dari " Hindari tledekan melihat langsung MB " itu kenapa om....apa nanti tledek'annya jadi drop..karena saya punya tledek'an dan MB..kadang kadang kandangnya saya dekatkan kalo pas jemur..mohon pencerahannya

ndoro agung
6 October 2010, 02:17 PM
maksud dari " Hindari tledekan melihat langsung MB " itu kenapa om....apa nanti tledek'annya jadi drop..karena saya punya tledek'an dan MB..kadang kadang kandangnya saya dekatkan kalo pas jemur..mohon pencerahannya

Klo mental sdh Mapan dlm satu rumah ada TL & MB ga masalah TAPI saat penggantangan penjemuran jng sering plotot2an krn kedua nya sifat fighter usahaken selalu di sekat.

peterson
16 November 2010, 01:56 PM
mantab....jadi nambah nih ilmunya ...
thx om momod.....

mb_y2k
18 November 2010, 12:37 PM
kamaren abis ambil TL MH di pramuka,,kena 120k(bondol 75-80k) katanya asal JAWA...kl dr kalimatan badannya lebih kecil dikasih 60-80k.
cuma pengen minta foto TL jawa dan non jawa kalau rekan2 ada,,,maklum baru kali ini coba2 miara TL...

santiang
19 November 2010, 12:03 AM
di PB pramuka tepat nya dmn Om? jd pgn miara lagi neh.. ntuk kali ke3 piara Tledekan mudah"an awet

alip99
6 December 2010, 03:30 AM
Muantaf ....
Mumpung awal musim ujan bisa cari TL lokal nich...

mb_y2k
6 December 2010, 12:39 PM
ada yg ke pramuka kemaren? TL ada dikios mana ya? dan harga brp?

amray
6 December 2010, 05:38 PM
ada yg ke pramuka kemaren? TL ada dikios mana ya? dan harga brp?

di Pramuka lantai atas.. ada TL masih trotol tp dah ngevoor dan keliatannya mentalnya berani.. so waktu kenari sbelah nya bunyi dia langsung samperin sambil badannya tegak.. harga pembukaan 250K

Ony T
7 December 2010, 09:16 AM
Madiun belum ada nich..... Padahal pengen banget...

xavierico
7 December 2010, 08:00 PM
Numpang nanya om2 senior.. Kemaren saya dapa TL piyik dari temen di pacitan ( dr hutan ) masih trotol kayak batik. trus mlm harinya pas banyak laron di makan sambil mriwik2. yg saya tanyakan 1. kalo betina apa juga mriwik? 2.sampe skrng msh suka makan laron apa itu ga pa2? 3.saya bli 200 kemahalan gak? mohon di beri arahan. matur nuwun..

dedy_utomo
8 December 2010, 12:15 AM
Numpang nanya om2 senior.. Kemaren saya dapa TL piyik dari temen di pacitan ( dr hutan ) masih trotol kayak batik. trus mlm harinya pas banyak laron di makan sambil mriwik2. yg saya tanyakan 1. kalo betina apa juga mriwik? 2.sampe skrng msh suka makan laron apa itu ga pa2? 3.saya bli 200 kemahalan gak? mohon di beri arahan. matur nuwun..

1. Setahu saya sih ada juga betina yang mriwik tapi jarang....kalau TL trotol dilihat aja bulunya om..kalau udah ada semburat birunya kemungkinan besar jantan...
2. Makan laron menurut saya nggak masalah om...
3. kalau harga burung sih relatif om.......
Maaf kalau salah..^:)^

xavierico
8 December 2010, 07:13 AM
Ok.. Terimakasih om dedy. Jadi nambah ilmu nich.:-j

dedy_utomo
8 December 2010, 09:10 AM
Ok.. Terimakasih om dedy. Jadi nambah ilmu nich.:-j

Om...kalau bisa buka thread sendiri aja om..sekalian up load fotonya dan pola rawatan hariannya, biar nanti bisa dikasih masukan ama senior-senior lainnya......siapa tahu dengan pola rawatan yang benar nantinya TL ini bisa jadi TL Jawara yang bisa membanggakan pemiliknya...

Salam,

Dedy

leondra
6 March 2011, 11:40 PM
Om...kalau bisa buka thread sendiri aja om..sekalian up load fotonya dan pola rawatan hariannya, biar nanti bisa dikasih masukan ama senior-senior lainnya......siapa tahu dengan pola rawatan yang benar nantinya TL ini bisa jadi TL Jawara yang bisa membanggakan pemiliknya...

Salam,

Dedy

ikut simak ya om ??

wen-wen
6 March 2011, 11:42 PM
Ijin nyimak om

agusgofree
14 March 2011, 12:04 PM
numpang nyimak juga ommm

masno
14 March 2011, 12:07 PM
wah inget TL...jadi pengen cerita tentang TL
kmrin minggu 13/03/11 iseng jalan2 ke PB Kupang surabaya dah mantau tiap minggu cari TL, baru parkir sepeda motor e di depan ada orang jualan cma 2 biji burung TL dan Ciblek...TLnya cma 200K +kurungan n krodong burung jinak pol di kasih jangkrik di tangan langsung saut g pake takut, malah sama penjualnya di kitikin g kleper2 sama sekali bagusnya lg sdah makan vor,tp si TL blom ada swaranya, niat bgt pengen ambil aq tawar 175 blom di kasih,,,175 burung tok "katanya"
akirnya g jadi aq ambil bru jalan 10meter e.. g tega n sayank bgt si TL g di ambil....kembalilah nyamperin si penjual...dan btapa sialnya si TL di bayar orang lain 200k kandang beserta Krodongnya.......hihihihhihi duhhh eman bgt sampe sekarang mash kepikirannnnnnnnnnn hadahhhhhhhhhhhhh

ochid.aj
21 March 2011, 06:13 PM
om-om mohon diterawang tledekan ku ini yaa..
http://www.flickr.com/photos/duniasilat/5545883223/
http://www.flickr.com/photos/duniasilat/5545882925/

btw, cara upload foto gmn ya?

ndoro agung
23 March 2011, 09:38 PM
om-om mohon diterawang tledekan ku ini yaa..
http://www.flickr.com/photos/duniasilat/5545883223/
http://www.flickr.com/photos/duniasilat/5545882925/

btw, cara upload foto gmn ya?

TL bara Zunub yeeeeeeeeeeee..:D:D:D:D

andi74
23 March 2011, 11:03 PM
wah inget TL...jadi pengen cerita tentang TL
kmrin minggu 13/03/11 iseng jalan2 ke PB Kupang surabaya dah mantau tiap minggu cari TL, baru parkir sepeda motor e di depan ada orang jualan cma 2 biji burung TL dan Ciblek...TLnya cma 200K +kurungan n krodong burung jinak pol di kasih jangkrik di tangan langsung saut g pake takut, malah sama penjualnya di kitikin g kleper2 sama sekali bagusnya lg sdah makan vor,tp si TL blom ada swaranya, niat bgt pengen ambil aq tawar 175 blom di kasih,,,175 burung tok "katanya"
akirnya g jadi aq ambil bru jalan 10meter e.. g tega n sayank bgt si TL g di ambil....kembalilah nyamperin si penjual...dan btapa sialnya si TL di bayar orang lain 200k kandang beserta Krodongnya.......hihihihhihi duhhh eman bgt sampe sekarang mash kepikirannnnnnnnnnn hadahhhhhhhhhhhhh

200k itu TL lokal jawa atau kalimantan Om??

masno
24 March 2011, 11:01 AM
200k itu TL lokal jawa atau kalimantan Om??

TL g tau dr mna.....tp yg jelas tl Lokal hehehe

andi74
24 March 2011, 02:23 PM
TL g tau dr mna.....tp yg jelas tl Lokal hehehe

kalo yg lokal jawa warna oranye cuma sampai dada, tapi kalo yg kalimantan warna oranye sampai perut mendekati anus....maaf kalo salah

faruk arruki
24 March 2011, 07:15 PM
Ijin nyimak...om...

masno
29 March 2011, 12:33 PM
kalo yg lokal jawa warna oranye cuma sampai dada, tapi kalo yg kalimantan warna oranye sampai perut mendekati anus....maaf kalo salah

kalo yg seperti ini TL man mas kira2....
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=52465

NyongNyong
29 March 2011, 12:42 PM
kalo yg seperti ini TL man mas kira2....
http://www.kicaumania.org/forums/showthread.php?t=52465

Kalimantan tuh om...warna orangenya mpe bawah
maf kalo salah:)>-

ndoro agung
14 April 2011, 12:49 PM
Kalo kate Tetangge ane tuh Dari pada RUEPOTTT milih TL yg bagus pegimaneee PANTAU LOMBA AJE dahhh Klo yg menang KATENYE yg pualing bagus guampang kannnnnnnn hehehehehheeh

ardyanto
14 April 2011, 12:51 PM
Kalo kate Tetangge ane tuh Dari pada RUEPOTTT milih TL yg bagus pegimaneee PANTAU LOMBA AJE dahhh Klo yg menang KATENYE yg pualing bagus guampang kannnnnnnn hehehehehheeh

betul mbah
tapi apa boleh ya juara lomba di beli dengan harga balan ^:)^^:)^^:)^
maklum kantong pas-pasan

ndoro agung
14 April 2011, 12:55 PM
betul mbah
tapi apa boleh ya juara lomba di beli dengan harga balan ^:)^^:)^^:)^
maklum kantong pas-pasan

Bisa ajeee..Belinye sambil Injek Kakinye ape sambil bawa centeng sa Lusin hehehehheheheeh..=))=))=))=))^:)^^:)^^:)^

minplus
14 April 2011, 02:20 PM
Bisa ajeee..Belinye sambil Injek Kakinye ape sambil bawa centeng sa Lusin hehehehheheheeh..=))=))=))=))^:)^^:)^^:)^

=))=))=))=))=))Mbah NA bisa aja...

trinas
1 September 2011, 09:44 PM
Ijin nanya om om skalian Bagus mana TL Lokal jawa n TL Kalimantan

ndoro agung
26 November 2011, 04:49 PM
Ijin nanya om om skalian Bagus mana TL Lokal jawa n TL Kalimantan

Klo Buat OCEHAN Dari mane aje asal GACOR yg okeee
Tapi klo Lomba UMUMNYE ex Jawa

zeniagatha
3 July 2012, 12:59 PM
Klo Buat OCEHAN Dari mane aje asal GACOR yg okeee
Tapi klo Lomba UMUMNYE ex Jawa

Kalau untuk ciri-ciri TL yg dari Jawa sama TL dari Kalimantan gimana Mbah Na ?

tombas
17 July 2012, 11:28 AM
piyih mohon ngriwik dikit nan lirih.. cb om zeniagatha liat di ni thread http://www.kicaumania.or.id/forums/showthread.php?36799-para-master-mohon-diterawang-TL-trotol-MH-ku, ni ciri2 TL Borneo

icky
6 August 2012, 12:24 PM
om maw tanya om.. perbedaan betuk paruh TL yg paruh atasnya bengkok sm yg ngga apa ya om? punya ane bengkok tuh.. decu ane jg bengkok.. soalnya ktnya "jgn memilih bahan yg paruhnya bengkok"

ndoro agung
30 August 2012, 10:23 PM
Kalau untuk ciri-ciri TL yg dari Jawa sama TL dari Kalimantan gimana Mbah Na ?

Kalimantan body lbh imut ciri KHAS ATAS MATA ADA KAYA ALIS BIRU KEPUTIHAn...itu yg faling zelasss

bojongkulur
2 August 2013, 03:10 PM
Kalimantan body lbh imut ciri KHAS ATAS MATA ADA KAYA ALIS BIRU KEPUTIHAn...itu yg faling zelasss
Om minta penampakannya dunk hehehe

42d3e78f26a4b20d412==