PDA

View Full Version : cendet siap tarung..?????



ryan_cupang
4 March 2009, 06:07 PM
maaf om mu tanya..... apa benar klo cendet yang sudah mengeluarkan ampas makanan berarti cendet tersebut siap tarung??????

Bledek
4 March 2009, 08:11 PM
Soal pentet mengeluarkan ampas makanan, adalah proses yang harus dilaluinya.
Oleh karena sebagian pakan yang tidak bisa dicerna dikeluarkan lagi.
Jadi bukan pertanda untuk pentet siap tarung. Biasanya sebagai ancer ancer waktu untuk siap tarung adalah, 2 bulan setelah selesai notok bulu ekor yang paling panjang dari masa mabung ( jadi kira kira 5 bulan dari awal mabung ).
Jika tidak tahu waktu mulai mabungnya. Banyak rekan rekan hobis pentet melihat dari kesiapan tarungnya. Adalah jika pentetnya sudah terlihat lebih gajor dari biasanya , dengan perawatan rutin yang sama. Setelah beberapa waktu dipeliharanya.

ryan_cupang
5 March 2009, 05:05 PM
Soal pentet mengeluarkan ampas makanan, adalah proses yang harus dilaluinya.
Oleh karena sebagian pakan yang tidak bisa dicerna dikeluarkan lagi.
Jadi bukan pertanda untuk pentet siap tarung. Biasanya sebagai ancer ancer waktu untuk siap tarung adalah, 2 bulan setelah selesai notok bulu ekor yang paling panjang dari masa mabung ( jadi kira kira 5 bulan dari awal mabung ).
Jika tidak tahu waktu mulai mabungnya. Banyak rekan rekan hobis pentet melihat dari kesiapan tarungnya. Adalah jika pentetnya sudah terlihat lebih gajor dari biasanya , dengan perawatan rutin yang sama. Setelah beberapa waktu dipeliharanya.

klo kesiapan dari sisi mental gimana cara menerawangnya om????soalnya saya baru melihara pentet....(jadi nanya lagi, maap ya om:):):):))

arkan rusdy
5 March 2009, 07:12 PM
menurut beberapa cendetmania, ada beberapa perilaku yang bisa dijadikan tanda-tanda cendet siap untuk dilombakan. Jelas akurasinya tidak bisa diabsolutkan tetapi mungkin sebagia cendetmania ini pernah mengamatinya:

1. Cukup umur, cukup "kering" bulunya.
cukup umur disini biasanya cendet siap dilombakan dan stabil kira-kira sudah lebih dari 2 tahun walaupun terkadang ada juga yang lebih muda sudah siap dilombakan. Kalau cukup kering artinya sperti yang disampaikan Om Andi Bledek...sudah lebih dari 2 bulan sejak bulu ekor mentok...

2. Memang ada mitos kalau muntahan dari makanannya sudah sangat kecil butirannya. Sebagian Cendet mania dib;ok tengah mempercayai hal tersebut.

3. Bulu diatas paruh mulai rontok/botak
Sebagian pemain lok tengah juga mempercayai itu.

4. Kalau ini banyak sekali yang percaya: gacor dan bunyi terus siang malam heheheheehehehehehehehehe dan digantang dilatber nagen dan sudah juara... hheheheheheh langsung dibawa saja ke lomba besar.......hhehehehe


monggo dilanjut.........

rusdy

Bledek
5 March 2009, 07:15 PM
klo kesiapan dari sisi mental gimana cara menerawangnya om????soalnya saya baru melihara pentet....(jadi nanya lagi, maap ya om:):):):))



Kalau melihat pentet dari kesiapan mental. Dicoba dulu pentet Anda diadu dengan beberapa burung pentet lain milik kawan. Berani bunyi atau tidak?
Dicoba pula ditempat yang ramai. MIsal pasar burung. Bagaimana reaksi si pentet setelah dibawa dengan kendaraan.

mas_shamer
11 March 2009, 09:52 AM
Kalau melihat pentet dari kesiapan mental. Dicoba dulu pentet Anda diadu dengan beberapa burung pentet lain milik kawan. Berani bunyi atau tidak?
Dicoba pula ditempat yang ramai. MIsal pasar burung. Bagaimana reaksi si pentet setelah dibawa dengan kendaraan.

ohm, pentet ane di rumah siang malam bunyi, t4 rame bunyi, ada lawan bunyi..
tapi dibawa lomba diem....

trs pulang dari lomba, baru sampai rumah ak gantang langsung ngoceh lagi...

jane napa ni??

kurang jalan2 apanya8->8->

Empu Gandring
11 March 2009, 11:11 AM
asyik juga ikuti pencerahan tentang perwatan pentet lanjut lagi om.

atmo
11 March 2009, 12:02 PM
ohm, pentet ane di rumah siang malam bunyi, t4 rame bunyi, ada lawan bunyi..
tapi dibawa lomba diem....

trs pulang dari lomba, baru sampai rumah ak gantang langsung ngoceh lagi...

jane napa ni??

kurang jalan2 apanya

Kalau boleh share ane juga pernah punya kasus kaya njenengan, malah sehari sebelum lomba saya full kerodong dan diasingkan agar joss dilomba eh malah diem seribu bahasa tanpa buka tet..pun.

Seteleh dipelajari ada beberapa yang ane anggap berpengaruh ... Karena burung masih demam panggung ... perlu jam terbang yang agak lama untuk mengkondisikan agar burung terbiasa. Mental burung juga berpengaruh juga walau jam terbang belum ada tapi mental ok maka ya bisa jalan malah bisa koncer.
Settingan yang kurang pas pada burung anda bisa berpengaruh juga , bisa berlebihan atau malah kurang om.

Sering2 dibawa latber atau ngetren om ... moga2 burung mau jalan dilomba ...

112w4nskom
11 March 2009, 12:05 PM
halo para cendet mania..
sekedar info juga nih..
kira2 sebulan yg lalu saya jalan ke kios temen ..iseng saya trek beberapa cendet kalo ngak salah 5 ekor cendet..waktu itu saya lihat ada satu cendet..yg sangat gajor..tonjolan tajam..vulume lumayan keras...ada variasi jalak..sikatan...ciblek..love bird..tapi bagian pangkal paruh udah gundul..umur kira 2 tahunan..cendetnya tidak liar..krn saya kepingin coba juga miara cendet..saya barter cendet tsb dengan anakan CI yg udah sudah bunyi...
sesampai di rumah, saya coba lagi trek dengan cendet tetangga..eh tetap mau main...lalu seminggu dalam pemliharan ada latber saya coba turunkan..eh ngak tahunya dapet no 1...
jadi kesimpulan cendet siap tarung dapat dilihat dari:
1. kegajorannya
2. isian sudah ada beberapa
3. volume lumayan keras dan tajam
4. cukup umur..
5. mau bunyi kalo di trek..
6. tidak takut keramaian..
7. mainnya nagen
8. tulisan warna merah diatas...iya kan Om Arkan..he..he..he..

estubagas
11 March 2009, 01:07 PM
nambahin, kalo saya lihat dari ekor, saya ngetrek cendet klo ekornya numpuk jadi satu dan rapi, tidak "ngebyak" (indonesianya apa ya?)

Bledek
11 March 2009, 02:42 PM
ohm, pentet ane di rumah siang malam bunyi, t4 rame bunyi, ada lawan bunyi..
tapi dibawa lomba diem....

trs pulang dari lomba, baru sampai rumah ak gantang langsung ngoceh lagi...

jane napa ni??

kurang jalan2 apanya8->8->



Biasakan pentet Anda ditempat yang ramai. Sering sering dibawa dengan kendaraan. Sering dilatih dipertemukan dulu dengan beberapa pentet.
Mungkin akan lebih baik, sering diajak jalan jalan ke pasar burung.

ryan_cupang
11 March 2009, 04:46 PM
klo mau coba di ikutkan latber biasanya apa aja om yang harus di siapin selain mentalnya???soalnya saya pengen coba turunin cendetnya???

Ari SN
11 March 2009, 06:23 PM
Nah tuch cendet kalo siap tempur, berarti cendet yang memang bener-bener udah punya mental bagus di hadapan cendet petarung lainnya...

Bledek
11 March 2009, 08:46 PM
Simplenya begini lho. Burung pentet sudaah berani bunyi ditempat ramai.
JUga pernah dicoba dengan beberapa ekor pentet lainnya dan mau bunyi.
Setelah turun dari dibawa dengan kendaraan, tak lama setelahnya dibuka krodong mau bunyi. Serta sampai ditempat tujuan pentetnya paruhnya tidak membuka ( mangap ). Didalam sangkar tidak kelabakan / jadi liar .
Tapi semua ini hanya bisa dicapai dengan jam terbang yang banyak, terus menerus dilatih.

Amiex'z
11 March 2009, 09:01 PM
nambahin dkit, biasanya jika dah siap bulu akan lebih mengkilap dan mulus, dan ekor manjadi rata seperti angka satu.....

mas_shamer
12 March 2009, 09:15 AM
mungkin emang demam panggung ato karena saya bawa jalan2 keluar kali ya..

abis malu kl bawa burung ke pasar burung tapi burunge jelek..:D

caprin sby
17 March 2009, 01:26 AM
Dulu cendet saya,baru dapet juga lumayan ganas,klo liat tangan pengen disantap aja,tp lama kelama-lama'an dia jg jd penyabar,apa karena harian saya taruh deket jalan dan perawatan yg rutin ya. Setelah ngurak dan tumbuh full,di pangkal paruhnya,skrng jg agak botak,nah minggu kemarin latber juga lumayan jalan,mulai pertngahan lomba br mau jalan,tp dia tidak nakal,nangkring di pangkringan atas saja,mungkin telat start karena masih tampil perdana ya. Dan mungkin botak'nta di pangkal paruh,jg yg dibilang kawan2 KM,siap tampil.

ryan_cupang
2 May 2009, 09:49 PM
klo mau brodol bulu ada tanda2 nya ga om?????soalnya punya saya ekornya malah patah sedikit2...mohon sarannya????

Bledek
3 May 2009, 02:48 PM
klo mau brodol bulu ada tanda2 nya ga om?????soalnya punya saya ekornya malah patah sedikit2...mohon sarannya????


Tanda tanda burung pentet mau mabung. Biasanya bulu bulu kecil / lembut pada jatuh dulu , dalam beberapa hari. setelah itu baru bulu sayap pada lepas, akhirnya bulu ekor juga lepas.
Jika bulu ekor patah patah sedikit. Bisa dikarenakan pentet terlalu usil, naik turun dalam sangkar bahkan sering nabrak jeruji.
Untuk mengurangi usil , liar didalam sangkar. Untuk ef harian nya sedang sedang saja.
Bisa dicoba dulu jangkriknya cukup 2/3 ekor pagi/sore atau ef lain secukupnya, jangan terlalu banyak. Usahakan mandi tiap hari. Kalau bisa disendirikan dulu , jauh dari burung burung lain.

ryan_cupang
11 May 2009, 04:25 PM
kemarin saya coba trek sama yg punya tetangga koq malah bengong?????trus kerjaannya cuma ngilatin yg punya.hehheehe....kta tetangga jangan di ksih jangkrik betina soalnya bs bikin pentet telat bunyi, apa benar om???trus katanya terlalu galak, klo dii deketin tangan ke jeruji jd ngembung badannya.mohon saran lgi om????[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<^:)^^:)^^:)^^:)^:((:((:((:((:((

Bledek
11 May 2009, 06:53 PM
kemarin saya coba trek sama yg punya tetangga koq malah bengong?????trus kerjaannya cuma ngilatin yg punya.hehheehe....kta tetangga jangan di ksih jangkrik betina soalnya bs bikin pentet telat bunyi, apa benar om???trus katanya terlalu galak, klo dii deketin tangan ke jeruji jd ngembung badannya.mohon saran lgi om????[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<[-O<^:)^^:)^^:)^^:)^:((:((:((:((:((



Tidak ada masalah walaupun pentetnya diberi jangkrik betina. Masalah telat bunyi , bisa karena pentet kondisinya belum fit atau belum terbiasa ditrek.
Lagi pula untuk mencari setelan yang pas buat pentetnya masing masing, diperlukan waktu yang cukup lama. Baik dari pemberian ef,mempelajari karakter, banyak dilatih di tempat keramaian dllnya.

ryan_cupang
13 May 2009, 06:44 PM
2 hari ini saya perhatikan pentetnya dah bunyi lagi. klo coba di trek lagi apa ga akan ngerusak mental pentetnya om????saya jadi penasaran sama seting efnya, dulu waktu awal dateng ef nya jangkrik 2p/2s voor nya top song, setelah jalan 5 bulan di rumah saya ganti jadi 3p/3s voor fancy rumput laut. cuma klo bunyi bagus setingan yang dulu di banding sekarang, semua keluar.Apa harus dikembalikan lagi setingannya ke yg dulu????mohon sarannya....

ryan_cupang
13 May 2009, 07:37 PM
ini pic cendetnya om....
http://i44.tinypic.com/2itnfdg.jpg

mohon masukannya?????

mas_shamer
14 May 2009, 08:13 PM
spertinya paruh kurang panjang..

ato pas foto dia nengokya, jadi kelihatan pendek paruhnya....

maaf kl salah ..

ryan_cupang
15 May 2009, 03:51 PM
spertinya paruh kurang panjang..

ato pas foto dia nengokya, jadi kelihatan pendek paruhnya....

maaf kl salah ..
memang pendek paruhnya om....:D:D:D:D:D:D:D

suryo
17 May 2009, 09:06 PM
motornya mulus omm........eh pentetnya,agak langsing dikit jga tmbah ok

atmo
18 May 2009, 09:38 AM
jual AK umur kurang lebih 3 bulan, klo berdiri kaki satu, lincah, mudah jinak klo sering di mandiin, klo ada cd master AK di puter ikut bunyi, menyaut, keras lagi saya jual 650rb,

jogja 08980500511 via sms / telp


udah kenalan belum ... dan anda salah kamar post bukan tempatnya jualan.

ryan_cupang
19 May 2009, 03:53 PM
motornya mulus omm........eh pentetnya,agak langsing dikit jga tmbah ok

masalah utama saya di situ om, dari dulu juga pengen ngelangsingin pentet tapi gagal mulu.saya jadi prustasi, sekarang biar aja gimana burungnya....hehehehe8->8->8->

42d3e78f26a4b20d412==