PDA

View Full Version : kenari megap - megap



ahmadauzi
28 January 2007, 06:39 PM
aku punya kenari tapi kok mulutnya megap2/mangap2 seperti kalo orang habis lari2 nafasnya ngongsro(jawanya) kenapa ya padahal makan doyan apa sakit ya kalo sakit termasuk sakit apa? mohon dong pencerahanya bagi yg pernah ngalami punya kenari kaya saya.
trims.

ojih_oji
29 January 2007, 08:47 AM
Salam kenal....wah kayanya yang kaya gini pernah juga saya alami...waktu itu saya langsung konsul dengan Bung Bing pakar kita... ada obatnya tuh.... tapi sory namanya agak lupa ..... Bung Bing tolooooooong donk nama obatnya...

ahmadauzi
30 January 2007, 02:25 AM
ayo tolong dong mumpung kenariku belum koit tolooooooooooooooooooooooong obatnya apa pak mod/om bing

sh
30 January 2007, 07:45 AM
Om Bing tuh ada KMers yang mau minta tolong mengenai obat kenari megap megap, mohon segera dikasih tahu Om Uzi dan Om Oji tapi via PM saja, nanti promosi kalau via reply langsung. Trims ya Om Bing.

bttioe
30 January 2007, 10:12 AM
Sudah saya PM om Ahmaduzi....
Semoga cepat sembuh kenarinya...

lau
30 January 2007, 10:57 PM
uahh boleh juga nih saya dapat bocoran nya om Bing ,,, hehehe.
punya saya mah klo di deketin aja mangap .. klo di jauhin mah biasa2 aja ..
mungkin kenarinya marah klo di deketin sama saya ...hehehe sory OOT :D

bttioe
31 January 2007, 09:55 AM
Berhubung byk yg PM dan SMS ke saya, lebih baik saya umumkan saja, bukan maksud hati promosi, tapi hanya membantu rekan-2 yg lain, tidak tertutup kemungkinan ada rekan-rekan yg memakai obat lain sembuh, silahkan di share disini.
Saya biasa memakai obat TRYMICYN berbentuk tablet, tiap hari sy kasih 1/2 tablet dan dicekokin ke mulut kenari, saya lakukan tiap hari sampai kenari tersebut juga sembuh. Obat ini byk dijual di toko burung.
Kenari megap-2 nama penyakitnya adalah infeksi saluran pernafasan, kalau tidak ada obat TRYMICYN bisa dicari obat alternatif yg lain, yg mencantumkan dapat menyembuhkan infeksi saluran pernafasan.

Semoga bermanfaat.

cj
31 January 2007, 11:32 AM
Ada sih ... lihat thread nya om Zulham tuh ampuh sekali, saya dah coba dan terbukti!

Emang Trymecin banyak dipakai para penghobiest .. krn obat sejenis antibiotik, pemberian cukup 3-4 hari. Kalo yg dipakai om Zulham, pemakaian lebih efektif, cukup 1 tetes ke dalam air minumnya atau dikasih langsing selama 3-4 hari, maksimal 4 hari.

dennyserang
21 February 2007, 01:06 PM
salam kenal... itu juga pernah saya alami tapi sekarang sykur sudah aga mendingan walau pun tidak sembuh totall. waktu itu saya kasih sejenis antibiotik buat burung kecil yg banyak dijual diarena kontes. dan tetap perawatan seperti biasa sayuran dan extrafoding nya. sesekali masukan ke kandang umbaran tapi jgn sampai nginep di kandang umbaran

paduar
21 February 2007, 05:04 PM
Ada sih ... lihat thread nya om Zulham tuh ampuh sekali, saya dah coba dan terbukti!

Emang Trymecin banyak dipakai para penghobiest .. krn obat sejenis antibiotik, pemberian cukup 3-4 hari. Kalo yg dipakai om Zulham, pemakaian lebih efektif, cukup 1 tetes ke dalam air minumnya atau dikasih langsing selama 3-4 hari, maksimal 4 hari. Apa nama obatnya Om Copjend?, kebetulan kenari saya juga lagi terkena penyakit tsb. trus kalau lebih dari empat hari belum sembuh, pengobatannya harus dihentikan ato trus di lanjutkan ?,kalau trymecin di medan lg kosong.

thx..

hary
21 February 2007, 05:20 PM
ENROMeditril10%
kalo masih sulit cari di sana...
coba cari di poultry (toko kelengkapan ayam petelur/potong) yang besar disana....pasti ada deh...
Baytrill monggo dicobi....

Aries
21 February 2007, 06:43 PM
ikut nimbrung ya om….
Kalo emang yg dikatakan oleh om Bing, penyakitnya adalah penyakit pernapasan.
Maka nama istilah keren nya penyakit Coryza yg disebabkan oleh bakteri Haemophilus gallinarum.

Tanda 2 nya napasnya tersengal sengal, nafsu makan berkurang, lebih sering minum, burung jarang bergerak atau tdk lincah.
Pada tingkat yg membahayakan (kronis) akan keluar cairan dr hidung.

Penyebabnya adalah cuaca buruk, kondisi burung yg tidak fit, sirkulasi tdk baik & lembab, sangkar kotor krn kotoran burung numpuk atau sisa pakan hijau yg sering tdk dibuang, serta virus yg ada/menetap dikandang.

Pencegahan nya hindari hembusan angin yg berlebihan, EF & minum nya dijaga kalo dianggap udah terlalu lama sgr dibuang jangan lewat dr 1 hr, mandikan & jemur scr teratur serta kebersihan kandang dijaga.

Pengobatan : kenari yg terserang penyakit ini agak sulit disembuhkan & memerlukan waktu yg lama, kalo pun sembuh tdk dijamin suaranya dpt sebaik sebelumnya.
Pemberian obat antibiotic bs diberikan pd air minumnya (spt obat TRYMICYN)
Jk penyakit ini sdh kronis diberikan Marvel Aid langsung kemulutnya dgn pipet sby 3-4 tetes cairan dgn frekwensi 4-5 kali sehari.
Jika kenari menunjukan tanda 2 sdh membaik,pemberian obat dlm minumnya diselingi dg vitasol setiap 2 hr sekali sampai benar 2 sembuh.

Kalo dilihat dr kondisi burung kenari Ahmadauzi masih doyan makan , kayak nya masih belum kronis dan masih bisa disembuhkan, demikian informasi mengenai penyakit ini yang saya coba kutip dari buku,semoga bermanfaat.

bambang
22 February 2007, 01:27 PM
aku punya kenari tapi kok mulutnya megap2/mangap2 seperti kalo orang habis lari2 nafasnya ngongsro(jawanya) kenapa ya padahal makan doyan apa sakit ya kalo sakit termasuk sakit apa? mohon dong pencerahanya bagi yg pernah ngalami punya kenari kaya saya.
trims.

Salam kenal, bambang dari lembang bandung..... saya juga persis mengalami hal yang demikian ...saya sudah baca semua saran2 dari senior pendahulu dan saya akan mulai mencobanya . terima kasih banyak untuk semua.
Saya baru mulai belajar ternak 2 bulan yang lalu, melalui forum ini (tadinya saya cuma ngintip saja) banyak manfaat yang saya dapat.... ma kasih sekali lagi

42d3e78f26a4b20d412==