PDA

View Full Version : MB Borneo MH VS MB Medan MH



Dragon
25 January 2007, 06:21 AM
Menurut pengalaman saya, membuat MB Medan Muda Hutan bertahan hidup jauh lebih gampang daripada MB Borneo. Saya sudah sejauh ini beli 4 MB medan dan 3 di antara masih hidup dan sudah jinak.....MB Borneo MH (muda Hutan) saya sudah beli 6 kali dan out semuanya. Harga MB Borneo MH memang sangat murah, paling cuman 80 s/d 100k tapi outnya enggak tahan....Ada yang berhasil jinakan MB Borneo? Kasih tip donk. soalnya penasaran nih.

sutoto
25 January 2007, 09:01 AM
Menurut pengalaman saya, membuat MB Medan Muda Hutan bertahan hidup jauh lebih gampang daripada MB Borneo. Saya sudah sejauh ini beli 4 MB medan dan 3 di antara masih hidup dan sudah jinak.....MB Borneo MH (muda Hutan) saya sudah beli 6 kali dan out semuanya. Harga MB Borneo MH memang sangat murah, paling cuman 80 s/d 100k tapi outnya enggak tahan....Ada yang berhasil jinakan MB Borneo? Kasih tip donk. soalnya penasaran nih.

memang bener Boss... MB Borneo lebih sulit hidupnya karena saya lihat di penampungan di B'papan yang ratusan ekor, MB pakan hanya dikasih UH ( Ulat Hongkong ) karena pakan awalnya ini yang salah maka ketika kita piara kondisi si MB sudah drop. Pengalaman pribadi pernah piara MB MH yang ketika nangkep nggak di kasih UH, akan lebih gampang makan vour (konsentrat) dan sehat. Mungkin ini semua pengaruh UH yang berlebihan kaleeee.... Maklum yang namanya "kroto" di Balikpapan cukup mahal ( satu sendok makan peres = rp 1500,-) dan susah pula mendapatkannya.
salam.

satrio
25 January 2007, 09:51 AM
Kalo menurut saya krn MB borneo banyak yang di tangkap pake pancing dan benar sekali kata pak sutoto, mereka memberi makannya dgn ulat HK. Di pasar burung kupang surabaya banyak sekali yang menjual MB borneo murah murah lagi.. tapi ya itu mudah mati. Ada pengalaman teman saya membeli 4 ekor MB borneo sekaligus. hanya satu yang hidup sampai sekarang. yang lein mati semua. salah satu yang mati oleh teman saya di periksa temboloknya ternyata udah membiru dan banyak luka.
Banyak orang bilang kalo beli MB bakalan apalagi dari Borneo, jangan sesekali diberi makan jangkrik samapi waktu tertentu karena akibatnya bisa fatal. harus diberi full kroto yang udah di bersihkan.

thanks

moel_sip
25 January 2007, 10:20 AM
Salam KM:)

Kalau menurut saya pribadi gak jadi masalah MB borneo/dari daerah sumatra.
memang MB borneo mudah sekali mati karena dari awalnya saja salah.
Dan dikarenakan penangkapannya pakai pancing serta di tempat penampungan hanya di beri UH saja.

akan tetapi ada juga sebagian kecil penangkapan dengan tidak menggunakan pancing.

Nah dalam hal pemilihan kita harus benar2 jeli dalam memilih yg gak pakai pancing.
biasanya MB yg tidak ada pancingnya dia kelihatan gesit dalam arti sehat lho...
makannya lahap ,terkadang dia mandi dan sesekali sambil menyisir bulunya.
suara creeknya lumayan keras dan tidak serak.

yang pancingan biasanya banyak diemnya dan terkadang menelan-nelan lendir di ludahnya,seperti menelan sesuatu tapi gak masuk2 ke rongga.

dalam pemilihan kita harus lebih jeli dan perlu waktu lumayan lama.
Tips tadi saya lakukan dalam membeli MB bahan dari daerah borneo maupun sumatra.

2 minggu usahakan selalu di beri makanan yg membuat cepat kenyang seperti kroto terlebih dahulu karena mudah dicerna.
minggu 3 diberi jangkrik pagi 4 sore 4 dan bisa lebih,tergantung kemauan dari kita .
minggu ke 4 baru diberi pengenalan makanan yaitu lewat voer .
Serta jangan lupa diberi cairan anti stress dan multivitamin dalam minumnya.
diusahakan selalu dikrodong serta sering dipantau perkembangannya.

Mungkin rekan2 KM senior mau nambahkan....yg lebih detail

jika ada kurangnya mohon maaf,maklum pemula yg lagi belajar..:D :D :D

jaks purnoma
25 January 2007, 10:52 AM
Menurut pengalaman saya, membuat MB Medan Muda Hutan bertahan hidup jauh lebih gampang daripada MB Borneo. Saya sudah sejauh ini beli 4 MB medan dan 3 di antara masih hidup dan sudah jinak.....MB Borneo MH (muda Hutan) saya sudah beli 6 kali dan out semuanya. Harga MB Borneo MH memang sangat murah, paling cuman 80 s/d 100k tapi outnya enggak tahan....Ada yang berhasil jinakan MB Borneo? Kasih tip donk. soalnya penasaran nih.

Pengalaman saya buat ngejinakin dan bikin MB Borneo bisa makan pur emang gampang2 susah om dragon, kalau saya biar tuh burung bisa jinak dan mau makan pur, kalau masih obyokan pertama kita pilih MB Borneo lihat yg makannya doyan trus burungnya gesit, hari 1 & 2 di sendirikan dulu dlm keadaan dikerodong, hari 3 krodong dibuka separuh jangan dulu ditaruh ditempat yg ramai karena gampang stress, baru klo dah stabil dibuka, kalau saya selama 1 minggu saya kasih kroto saja sama ulat hongkong, baru minggu kedua kroto dicampur sama pur halus, treatmentnya dah pernah di bahas, selama belum makan pur tidak saya mandikan cuman dijemur saja tapi jgn terlalu lama, burung saya taruh dekat kamar mandi 1 minggu dah bunyi malah klo pagi dah saut2tan sama MB ku yg satu lagi, klo dah stabil dan mau makan pur baru ditaruh di tempat yg ramai biar cepat jinak, 3 minggu MB borneo saya dah makan pur, rajin bunyi dan jinak. skrg tuh MB Borneo dah saya tuker sama MB Medan abis, saya ga suka klo liat MB Borneo bunyi sambil menggelumbungkan dadanya, mohon koreksi dan ditambahkan klo ada yg salah.

Salam KM,

Jaks,

moel_sip
25 January 2007, 11:08 AM
trus formula yg pas gimana ya supaya mb borneo mh hidup ???

wah__klo begitu tidak jadi deh___merawat mb borneo mh krn alasan2 diatas itu____tp klo mb medan mh sekarang susah carinya


om byan kalo MB medan kayaknya kita harus tahu asal usulnya dari rekan kita terutama.

kalau yg dipasaran itu kebanyakan MB yg mengarah ke bagian aceh/bisa juga dari aceh dan tidak menutup kemungkinan dari daerah lain.

aku pernah membuktikan pedagang di daerah semarang gembar gembor MB medan.tapi aku bilang saja itu MB yg sampeyan jual dari aceh-kan dan akhirnya ngaku dah....maklum om pedagang biar cepet laku.

om Byan janganlah takut beli MB bahan karena gara2 cepet mati.
nah justru tantangan kita disitu.
kita bisa menjadikan MB bahan bisa hidup dan lebih2 jadi MB prospek , itu yang menjadi kebanggaan kita sebagai perawat/penghobi burung kicauan.

dan dari semua itu kita bisa mengukur/mengetahui kemampuan kita dalam hal merawat burung sehingga menjadikan burung prospek.

Biarpun MB borneo, kalau kita rawat dengan baik tentunya tidak kalah sama MB yg dari sumatra-kan.
wajar jikalau ada kelebihan dan kekurangannya dan kita harus memakluminya.

monggo dilanjut

yoga
25 January 2007, 11:40 AM
Wah rame ni...ikutan ah....
tp ini cerita soal pengalaman pribadi aja...
Beberapa kali saya membeli MB MH dari pasar burung yang harganya mungkin terbilang sangat murah...:)
Dari MB2 yang saya beli, alhamdullilah semuanya tidak ada yang mati bahkan udah saya jual lagi... Sekarang saya tinggal menyisakan 1 MB Borneo yang sangat jinak!!! Soalnya MB Borneo saya akan bunyi kenceng klo melihat saya & klo tangan saya masuk ke dalam sangkar trus saya ledekin dia pake tangan dia juga pasti bunyi...:rolleyes:
Yang bisa saya share disini mungkin untuk perawatan awal setelah saya membeli MB MH yaitu setelah MB MH sampai dirumah langsung saya krodong selama 1 minggu penuh & tidak pernah saya buka kecuali untuk memberi makan dan mengganti minuman. Selama 1 minggu itu, makan yang saya berikan cuma kroto (ditaruh di tempat pakan yang besar & jangan sampai kehabisan) & jangkrik (5 - 10 ekor/hari). Untuk minuman, saya berikan larutan penyegar yang saya ganti 2 hari sekali. Setelah 1 minggu, krodong baru saya buka trus burung langsung saya mandikan & saya taruh ditempat yang sejuk & tenang (dipisahkan dari burung2 yang lain apalagi MB lain:confused: ...)
Untuk pola makan, saya rubah yaitu kroto saya campurkan ke voor yang sudah saya lembutkan (ulet) pake air maksudnya untuk melatih dia makan voor & untuk minumannya bisa diganti dengan air biasa...
Mungkin itu saja yang bisa saya share (maaf klo ada yang salah & harap maklum masih pemula...) mungkin para senior bisa dikoreksi...
Buat saya, yang penting adalah kita merawatnya dengan hati...:D :D :D

Salam....

stanley mahardhika
26 January 2007, 04:52 PM
Menurut pengalaman saya, membuat MB Medan Muda Hutan bertahan hidup jauh lebih gampang daripada MB Borneo. Saya sudah sejauh ini beli 4 MB medan dan 3 di antara masih hidup dan sudah jinak.....MB Borneo MH (muda Hutan) saya sudah beli 6 kali dan out semuanya. Harga MB Borneo MH memang sangat murah, paling cuman 80 s/d 100k tapi outnya enggak tahan....Ada yang berhasil jinakan MB Borneo? Kasih tip donk. soalnya penasaran nih.

sedikit sharing aja ...
memang bener banget ... pola melatih mb medan dengan mb borneo jauh banget bedanya ... saya setuju banget dengan senior yang telah ulas melatih mb nya dengan kroto full, campur, dan kering, setelah itu baru voor kasar. Cuma mungkin bisa ditambahin bahwa pada dasarnya melatih mb makan voor harus jeli melihat kondisi burung tsb. Jika kondisi saat membeli memiliki tubuh yang gemuk, lincah, liar, lidah berwarna puting kekuningan, berdasarkan pengalaman biasanya mudah cepat makan voor.
Tetapi jika lidah telah kehitaman, pertanda burung mungkin telah mabung 2 kali setelah bulu trotol ke bulu dewasa.
Treatment untuk masing2 beda banget ... nah berhubung waktu kerja ku telah usah .. disambung besok aja ya ...
thanks u perhatiannya

Dragon
27 January 2007, 12:14 PM
Gejala MB Borneo menjelang OUT:

1. Keliatan jinak banget (masuk tangan dia diam aja)
2. Mau langsung makan Voer (voer kasar yang ditaruh di samping kroto diembat, kotornnya pun udah sesuai warna voer)
3. Suka tidur di siang hari ataupun pagi hari.
4. Banyak diam di bagian bawah kandang.
5. Enggak banyak gerak.

Bila anda beli MB Borneo dan beberapa hari kemudian ada gejala seperti diatas...maka hati-hatilah......:( :( :(

stanley mahardhika
29 January 2007, 09:26 AM
Gejala MB Borneo menjelang OUT:

1. Keliatan jinak banget (masuk tangan dia diam aja)
2. Mau langsung makan Voer (voer kasar yang ditaruh di samping kroto diembat, kotornnya pun udah sesuai warna voer)
3. Suka tidur di siang hari ataupun pagi hari.
4. Banyak diam di bagian bawah kandang.
5. Enggak banyak gerak.

Bila anda beli MB Borneo dan beberapa hari kemudian ada gejala seperti diatas...maka hati-hatilah......:( :( :(

betul banget ... logikanya, mb muda hutan tuh liar banget .. masak baru seminggu atau dua minggu dah jinak ?, mau makan voor kasar itu karena terpaksa dan perut belum kuat (disinilah petakanya) terjadi luka pada usus, banyak diam di bawah kandang dan suka tidur ? tuh burung puasa lemes men, ...

yoga
29 January 2007, 10:51 AM
Gejala MB Borneo menjelang OUT:

1. Keliatan jinak banget (masuk tangan dia diam aja)
2. Mau langsung makan Voer (voer kasar yang ditaruh di samping kroto diembat, kotornnya pun udah sesuai warna voer)
3. Suka tidur di siang hari ataupun pagi hari.
4. Banyak diam di bagian bawah kandang.
5. Enggak banyak gerak.

Bila anda beli MB Borneo dan beberapa hari kemudian ada gejala seperti diatas...maka hati-hatilah......:( :( :(

Benar Om, saya melihat MB bahan punya temen wkt mo out gejalanya memang seperti itu... tapi gejala spt itu bisa kita atasi dg perawatan yang baik tidak terlalu terburu-buru mengharapkan MB bahan yang kita beli menjadi seperti apa yang kita inginkan... Pada awalnya mungkin biarkan dia mengenal lingkungan sangkar/semua yang ada didalam sangkar... Jangan terlalu sering didekati dulu klo memang masih liar... Memang butuh waktu yang lama MB bahan untuk bisa tenang dan yang pasti butuh ketlatenan dan kesabaran yang tinggi... (Sekitar 2-3 bln untuk mo bunyi dan itu juga akan diem klo ada orang lewat):D :D Yah...semua kembali kpd kita semua bagaimana merawatnya...:confused::D :D :D
Tentang MB Borneo yang saya punya, saya sudah merawatnya kurang lebih sekitar 5 bln dan sekarang sudah rajin bunyi....

Mohon koreksi senior...
Salam...

Mr_Pik
13 November 2007, 12:39 PM
Gejala MB Borneo menjelang OUT:

1. Keliatan jinak banget (masuk tangan dia diam aja)
2. Mau langsung makan Voer (voer kasar yang ditaruh di samping kroto diembat, kotornnya pun udah sesuai warna voer)
3. Suka tidur di siang hari ataupun pagi hari.
4. Banyak diam di bagian bawah kandang.
5. Enggak banyak gerak.

Bila anda beli MB Borneo dan beberapa hari kemudian ada gejala seperti diatas...maka hati-hatilah......:( :( :(

6. berkicau sebentar...
setelah berkicau tewas deh MB borneonya