PDA

View Full Version : Kandang Umbaran: Melatih Stamina/Treatment MB



niceguy
4 July 2006, 01:29 AM
Mohon share rekan-2 karena saya sekarang mau umbar MB saya,,, dan minta pendapat cara umbar yg terbaik...
misalnya : burung di umbar selama tidak mau di lombakan,,,,,, jadi hanya masuk sangkar lomba bila diperlukan ( kandang umbar sebagai harian ).
atau sebaiknya seminggu umbar, seminggu tidak..
atau pagi umbar sore udah masuk sangkar lagi...

lebih baik mandi dan makan di kandang umbaran atau disangkar ?
perlukah di goda agar selalu terbang bolak balik ?
cukup memadaikah kandang umbar dgn panjang 2 m ?

mohon di share pengalaman rekan-2 sekalian....

hidup MB.....

N1L4
4 July 2006, 11:07 AM
Skedar sharring

Untuk umbar MB dulu saya rutin 2 hari skali paling lama 1 minggu skali dengan cara :
1. Disediakan tempat mandi, pakan dan minum termasuk EF nya
2. MB dimasukkan skitar pukul 7 dan dipindah lagi pukul 16.
3. Sering digodain supaya burung sering terbang dan mengpakkan sayap.

Pada dasarnya tujuan umbar burung adalah untuk latihan otot sayap yang merupakan dasar dari stamina burung. Selain berfungsi untuk membuang galak, birahi dan faktor kegemukan.

Hindari menempatkan burung dikandang umbaran namun tidakbanyak gerak (terbang) dan paling mendasar adalah tidak terjangkau dari predator yang berefek pada burung stress. Selain hal tersebut adalah jangan umbar burung yang masih liar sbab sama aja boong hee...he.h.e..

Lebih efektif lagi apabila lokasi kandang umbaran di ruang terbuka dan mendapatkan sinar matahari pagi hingga pukul 11.

Duto Sri Cahyono
4 July 2006, 11:30 AM
........
Lebih efektif lagi apabila lokasi kandang umbaran di ruang terbuka dan mendapatkan sinar matahari pagi hingga pukul 11.

Nggak kepanasen Om? Untuk cari aman (dari sengatan panas yg bisa merusakkan bulu) menurut saya sampai jam 09.30 atau paling lama jam 10.00.

N1L4
4 July 2006, 11:41 AM
terimakasih koreksinya om Duto....

Memang selama ini saya (2 tahun yang lalu:D ) umbar burung sampai pukul 11 dengan perhitungan kondisi lokasi penempatan kandang umbaran berada dibawah pohon palem dan pohon rambutan. Klo langsung terik saya rasa juga loyo :D . Tapi ada 2 MB saya yang saya jemur sampai jam 11 gak mangap dan bulu masih tetap mengkilat karena selain mandi menggunakan beberapa jamu juga menggunakan shampoo bayi. Kroto saya campur dengan minyak ikan dan menggunakan voer buatan sendiri :D . Itu sudah berlalu sih om.... skarang udah gak mampu lagi.....

BTW terima kasih koreksinya om Duto memang kita tidak boleh generalisasi terhadap burung dalam perawatannya....

cj
10 July 2006, 02:07 AM
Wah nimbrung nih ... he he ..

Konsep umbaran adalah meniru simulasi di alam, si MB kalau di alam setiap harinya terbang ke sana kemari untuk cari makan atau lagi musim birahi terbang kejar2an ama ceweknya untuk ML. Seberapa jauhnya tergantung areanya dia, yang jelas gak akan masuk ke hotel he he ... makanya MB tangkapan lebih kuat dan giras saat pertama ditangkap!

Jadi untuk melatih MB dengan simulasi umbaran yg kita buat, tentunya tidak langsung digeber langsung 1000 X tapi bertahap menyesusuaikan kondisi MB tersebut, karena setiap MB punya daya stamina berbeda. Bayangin kita kalau kita jarang lari tentu 5 KM aja sdh mangap-mangap.... Mungkin hari 1 cuma 1KM, terus bertahap 2 KM dst sampe kesekian KM ....

Om Wily he he .......bagi2 ya kandang umbarannya ....


Buat Om hasto,

Semakin panjang semakin bagus, penghobis MB biasanya lebih mengutamakan panjangnya dp tinggi dan lebarnya. Tapi untuk rumah kontrakan yg kecil kaya saya menyesuaikan tempat, gini saja belum jadi maklum nunggu kemenangan Italia atau Perancis he he

niceguy
10 July 2006, 04:37 PM
gara-2 zidane kartu merah,,, gue kagak jadi bikin kandang umbaran baru deh,, yg lama aja di daya gunakan,, walau cuma 2 meter panjngnya,,, yg penting heppy,,, kapan nih bos copral main lagi ke gubuk ane ??? jgn lupa titipan saya MB jagoan hahahaha,.....

AH
31 January 2007, 09:52 PM
Mohon masukan pakar2 MB.
Ane punya MB (sorry photonya gk ada), kl ketemu musuh awal2nya kira2 10-15 menit, kerjanya kesetanan, ngerol dr atas kebawah sampe lewat tangkringan, ngoceh2 spt AM doyong lg teler. Trus kira 5-10 menit, loyo, tp masih bunyi, cmn kerjanya gk sehebat sebelumnya. Setalah itu baru mau kerja kesetanan lg.

Nah loyonya ini yg saya mau perbaiki.
Kira2 apa ya penyebabnya, apakah nafas/staminanya ? Kl bisa di perbaiki kira2 gimana, apakah dng setting :
1. EF nya (skarang pagi 5 jangkrik, sore 5 jangkrik). 3 hari sebelum lomba tambah cacing 2 ekor.
2. Penjemuran. Di jemur hanya 1jam saja. Berapa lama penjemuran yg ideal bwt MB?
3. Vitamin. Jenis2 vitamin apa ya yg cocok bwt MB. Contohnya dulu saya punya kacer juara (Diesel) sehari sblm hari lomba saya kasi kroto di campur dng Ferro Fit (kl gk salah), tambah stamina dan tempur. Bisa gak vit. ini di kasi ke MB juga ?

Tolong di bantu, nt saya analisa, dan yg mana klop dng MB nya, pasti diterapkan dan diceritain lg hasilnya.
Terima kasih sebelumnya .
Come and talk to our world....

aquciliq
31 January 2007, 10:20 PM
Maaf Om, saya anak bawang ikut urun rembug..
Kalo nafas/ stamina mungkin bisa diperbaiki di umbaran & di jemurnya Om..., dilatih secara bertahap bisa 2 hari sekali ( dipaksa terbang mulai 1km, 2mgg kemudian kemudian 1,5 km seterusnya sampai mampu 3 - 5 km sekali latihan ) dengan catatan MB alam kondisi fit, tidak sedang persiapan mabung, dll..
Kemudian jemurnya Om, 1 jam itu di panas jam berapa? kalo mulai jam 11 mungkin kepanasan Om.., di coba bertahap dari jam 7 dst.. 1 jam, 2jam sampai akhirnya mampu sampai jam 11 angkat...bertahap Om jangan dipaksa.., soalnya adakalanya terlalu lama jemur membuat suara pecah/serak & juga merusak bulu...
Yang paling aman di kandang Umbaran.. buat tempat sebagian teduh, jadi MBnya bisa milih sendiri...
Kalo untuk yang lain-lain mungkin Om-Om senior lebih berpengalaman...
Sekali lagi maaf kalo saya salah, saya masih belajar Om..

Dua tangan Sepuluh JAri
Ramoelan Mohon MAaf....

AH
31 January 2007, 10:45 PM
Oya aku lupa tanya ttg kandang umbaran. Thanks om Wawan.
Di latih di kandang umbaran baiknya tiap hari, 2 hari sekali. Dan gmana spy si MB terbang di kandang umbaran. Kira2 berapa hari sebelum lomba ya sdh tdk perlu di umbar lg.

cj
31 January 2007, 11:04 PM
Om Hasan ... maaf sebelumnya ... soalnya the bis bos ha ha ha

Si "Gondes" punya Agus Felix, Solo, saat itu namanya "SADEWA" yang melanglang buana di blok tengah mulai tahun 1999 merupakan saingan berat "METEOR" milik Om Hugeng. Saat legonya dalam kondisi drop dan dah tua, Dia lego 50 jt yg 1/2 harga saat top performannya 100 jt.

Si Gondes sekarang dah jadi jawara lagi pada hal umurnya dah tua ya ... Solusi untuk mengembalikan top performannya adalah pada kandang umbaran sepanjang 4 m, dimana setiap hari harus sprint sepanjang 2 km. Proses pengumbarannya bertahap, sampai akhirnya bisa terbang 500 kali sepanjang 4 m = 2 km.

Menurut Felix, pengumbaran sangat penting terhadap kekuatan otot, dada dan pernafasannya. Perubahan terjadi setelah di umbar pada Gondes adalah volume suaranya dan napas menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Dukungan EF juga sangat penting untuk menunjang top peformannya.

Ef model Gondes:
- Pagi 5 jangkrik
- Penjemuran jam 08:00 - 12:00
- Turun penjemuran dikasih kroto
- Sore jangkrik 5 biji
- Malam krodong
- Cacing 1 per mg saat mau lomba

Begitulah treatment jawara Gondes !

Tapi emang bener sih ... MB bahan saya yg baru saja saya umbar mulai minggu yg lalu dengan panjang umbaran 4 m, suaranya menjadi keras dan tambah gacor.

AH
31 January 2007, 11:09 PM
Supaya tuh MB terbang di kandang umbaran dari ujung yg satu ke ujung yg lain kandang umbarannya di gebuk2 pake sapu lidi ya ?
Kasian jg tuh MB, kl gitu, ada cara lain gak ?

blackmamba
1 February 2007, 02:28 PM
Maaf kalau pertanyaan saya terdengar bodoh sekali ( Masih pemula Banget soalnya ).
setelah Burung selesai diumbar di kandang umbaran, bagaimana cara memasukkan burung ke sangkarnya kembali? apakah harus ditangkap ? atau dipancing dengan EF? Takutnya kalau burung tersebut udah keasyikan di kandang umbar jadi gak mau masuk sangkar. Mohon Pencerahan dari Om2 sekalian. Terima Kasih sebelumnya.


Gandy

aquciliq
1 February 2007, 02:45 PM
Om Gandhi.. biasanya MB yang di umbar tuch MB yang dah jinak..& gampang mindahinnya..Bisa dipancing pake keramba...
Atau kandang umbar kita buat partisi/sekat, disalah atu sisi tempat makan & minumnya dibuat lebih kecil... dipancing masuk kesitu..tutup, terus pancing lagi pake keramba atau langsung ke sangkar...
Mungkin ada cara lain Om... saya juga pengin tau nich yang diterapin gimana baiknya...

niceguy
1 February 2007, 05:15 PM
kalo umbaran jadi kendala.. saya pake jalan JEMUR kuat,, biasa di siksa hehehe
MB dirumah,, dibuka kerodong jam 8-9,, makan jangkrik 5,, sampe bunyi-2 sambil diangin anginkan, lalu mandi,, setelah mandi,, di jemur,, dan diangkatnya jam 1-2 siang hehehehe,, mantap ya,,,,

alhasil stamina lumayan kuat,, hehehe tp kalo ada umbaran,, jadi gabungan langkah yg paling jitu tuh,,,, jemur sambil umbar,,,
kalo aku jarang mau usir-2,, kasian,, biari aja,, nanti juga terbang-2 sendiri,, kalo sempet baru di usir-2,, sampe mulutnya buka ya udah,,, biar istirahat, nanti pelan-2 juga jagoan dia......

ane paling anti yg namanya instan alias cepet jadi,, biasanya cepet rusak jg.
utk kasus mb om AH,, cuma perlu jemur dinaekan aja jadi 3-4 jam... lebih lama lebih bagus,,, sy pernah liat itu MBnya,, dahsyat sekali,, tp seperti terlalu menggebu-gebu waktu turun........
coba juga kalo latber,, cacing jangan dikasih dulu,, kalo mau dikasih,, jadikan 1 minggu sebelum lomba dikasih,, karena cacing berefek dingin, walaupun berprotein tinggi,,, jd waktu jgn terlalu mepet dgn lomba..

ini pendapat saya om,,,, monggo di koreksi kalo salah,,,

AH
1 February 2007, 05:21 PM
Om thanks atas masukannya, mudah2an ada yg lain pada posting lg. Krn forum MB ini khan yg paling banyak penggemarnya (sampe2 saya jg ikut2an suka MB skarang nih).

Om Willy, bener tuh MB dahsyat waktu awal2nya. Saya mau buwat awalnya kalem bgtu di gantang di lomba, pertengahan sampai akhir br aktif.
Bisa gak ya, atau itu sdh karakter si MB.

niceguy
1 February 2007, 07:16 PM
biasanya emang karakter nya om,, seperti MB om goes, malah tipe mulut buka terus,,,,, dan nglabrak sarang kiri kanan,,, kegalakan,, tp yg penting bunyi sambil neken-2... tipe ngegulung itu,, mantap jg,, apalagi diselingi tembakan wah mantap tenan.....

tipe itu tipe cepat panas.....umpetin aja ditempat sepi jgn ada suara burung,, sampe kelas MB mulai langsung dibawa ke arena........ yg diincar ialah stamina yg tetap terjaga sampai siap adu/digantangkan,,,,,,,,,,,, siapa tau gak gembos di tengah-tengah....

cj
20 February 2007, 05:22 AM
Update beberapa MB saya yang telah saya umbar hampir 3 minggu:

* Suaranya jadi keras
* Menjadi sehat dan kuat

Cuma cara mengumbar saya belum optimal krn cuma saya masukin dan terbang kesana kemari sendiri selama sehari penuh, dan krn banyak MB ya gantian.

Tapi sudah ada progress ... gak keburu-buru deh .. baru denger bunyinya sdh senang he he he

Oh Yeach kemaren sempat dilihat pakar MB yaitu om N1l4 dan Om Ramoelan ...thanks for visiting to see my MB Bahan he he ..

Sasha
20 February 2007, 03:50 PM
Update beberapa MB saya yang telah saya umbar hampir 3 minggu:

* Suaranya jadi keras
* Menjadi sehat dan kuat

Cuma cara mengumbar saya belum optimal krn cuma saya masukin dan terbang kesana kemari sendiri selama sehari penuh, dan krn banyak MB ya gantian.

Tapi sudah ada progress ... gak keburu-buru deh .. baru denger bunyinya sdh senang he he he

Oh Yeach kemaren sempat dilihat pakar MB yaitu om N1l4 dan Om Ramoelan ...thanks for visiting to see my MB Bahan he he ..

Wah !
Inilah gunanya website KM
Pantas MB ku koq sering mangap alias buka mulut tidak berapa lama setelah digantang, rupanya kurang banyak "fitness".
Kebetulan lagi booking kandang umbaran doble untuk MB dan lengkap sudah jadi 3 kandang umbaran MB.
Mudah-mudahan bisa tampil di event "GUS DUR"
Makasih ya Om-Om semua..... tanpa terkecuali !

Salam tabe'

niceguy
23 February 2007, 01:06 PM
kalo ada rekans di KM yg bener-2 serius bikin kandang umbaran,,,
aku bisa cek harga yg lumayan bagus,,,, monggo rekans-2 gambar sket sederhana mengenai ukuran yg diinginkan juga letak pintu yg disukai,,,
jangan lupa disesuaikan juga sama tempat/space dirumah,,,
seperti saya sudah cek buat om NA,, tp berhubung beliau sibuk/forced error, pembuatan sangkar ditunda dulu hehehe,,, om Kopjen juga pernah ane cek in tp gak jadi karena kejauhan hahahaha,,padahal harga masuk,

cek aja dulu harga di tempat teman, atau langganan bikin sangkar,,,, semoga saya bisa carikan harga lebih murah...... kebetulan ada kenal dengan om Ahok LARIS ring,,,, ( ternyata om ahok sepupuan sama Abun MB loh ) dan harganya gak mahal kok,,, ok banget lah,,

tp yg bener-2 serius ya hehehehe,,
ada saran dikit, kalo mau murah sih bikin sendiri kalo ada keahlian dengan kaso dan kawat ram....

cj
23 February 2007, 02:46 PM
Kalau saya krn gak punya doku, kemaren membuat habis 800 rb an (kurang lebih :
- Tukang 2 hari = 100 rb
- Bahan (Kayu, paku, kawat ram, karpet plastik, dsb) = 630 rb
- Cover plastik biar gak kehujanan pesen 70 rb

Specifikasi:
- Panjang 4 m
- Tinggi 0.9 m (menyesuaikan ram kawat)
- Lebar 0.9 m (meyesuaikan ram kawat)

Kalau mau pesen model aluminium yg bagus ke temen om willy 1.25 jt kalo gak salah, atao om ali lebih murah kandang umbaran dr Malang.

Itu saja deh ... kapan2 saya posting pictnya

soetikno80
22 April 2008, 03:51 PM
salam kicau : saya mau tanya om tentang kandang umbaran saya buat dari kawat apakah tdk pengaruh untuk MB saya

ben
22 April 2008, 04:30 PM
salam kicau : saya mau tanya om tentang kandang umbaran saya buat dari kawat apakah tdk pengaruh untuk MB saya

Kalau kawat Ram tidak masalah.
Kalau kawat duri jelas bermasalah.

gunawanhalim
13 August 2008, 09:35 AM
Untuk menghindari pertanyaan dan pembahasan masalah yang sama berulang-ulang dalam satu thread maka dianjurkan bagi para members untuk membuka tread2 awal terlebih dahulu, minimal semua thread yang telah menjadi sticky thread.

Apabila ada permasalahan yang dirasa belum pernah dibahas, silahkan membuka thread baru di forum Murai batu ini.

terima kasih

42d3e78f26a4b20d412==