PDA

View Full Version : Tips Ringan Memilih Kenari Kontes



novian
2 July 2006, 10:19 PM
Tips Ringan Memilih Kenari untuk Kontes
Kadang kita memelihara burung kenari dirumah hanya untuk didengar suara merdunya atau sambil melihat corak warna yang indah. Pernahkah terlintas dibenak kita, pada suatu saat kenari kita tsb dapat diturunkan dalam arena kontes?
Kadang ada pendapat yang mengatakan kalo kita ingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes pula. Itu benar, dan sayapun setuju, tapi yang perlu diingat harga burung dikontes pasti mahal-mahal. Bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan biaya yang mahal, tapi sudah ingin turun kontes? terutama untuk kelas kenari.
Berikut tips2 ringan yang mungkin bisa membantu kita dengan modal yang terbatas tapi bisa mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes:
1. Pilihlah Kenari Jantan (sdh berbunyi). Hal ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.
2. Perhatikan postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah (kalo tidak ada, tidak apa2). Dan yang perlu diingat, kenari tidak boleh kegemukan, jika gemuk ia akan malas berbunyi.
3. Simaklah bunyi kenari tsb. Apakah lagunya bagus? Panjang? Nyaring (tebal)?
Lagu: kalo kita belum terbiasa mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita harus sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes (sebagai perbandingan). Kalo tidak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita merasa terhibur dengan lagu yang didendangkan olh kenari tsb atau tidak .
Panjang: Lagu yang dilantunkan haruslah panjang, bervariasi, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu (harus ada ujung akhiran lagu yang enak)
Nyaring: Agak sulit mendengarkan suara kenari yang nyaring, jika tidak ada pembanding. Jika kenari yang akan dibeli bisa dipinjam/dites terlebih dahulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. Jika tidak bisa, coba perhatikanlah leher kenari yang akan dibeli saat berbunyi, apakah pada bagian lehernya akan menonjol kedepan. Jika ya, biasanya volume suaranya nyaring.
4. Perhatikan gaya kenari tsb saat bernyanyi.
Gaya: gaya yang baik jika saat bernyanyi kenari tsb menurunkan kedua sayapnya, bisa juga direntangkan, dan berjalan kekanan dan kekiri. Kadang ada kenari yang akan mengeluarkan gaya tersebut jika melihat kenari jantan yang lain. Oleh karena itu, kita perlu tes dengan kenari jantan lain.
5. Lihat apakah selama berbunyi kenari tsb ngotot.
Ngotot: Biasanya kenari yang ngotot akan ikut berbunyi jika ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Jadi mereka akan saling bersahut2an/tidak mau kalah dalam berbunyi. Ada tips yang cukup terbukti utk melihat ke-ngotot-an seekor kenari. Coba bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang sudah juara, apabila saat dites kenari kita terlihat ngotot dengan kepunyaan rekan kita tsb, maka kenari kita tsb sdh bisa dibilang ngotot.
6. Harus mempunyai mental lapangan yang bagus.
Ini bagian yang tersulit dalam memilih kenari. Terkadang ada kenari yang sdh memenuhi syarat2 tsb diatas, tetapi tidak mempunyai mental lapangan. Sehingga saat di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan.
Hal inilah yang melatari perkataan saya, mengapa saya setuju dengan anggapan untuk membeli kenari kontes harus diarena kontes, karena kita disana sdh bisa melihat mental lapangan seekor kenari.
Namun mental lapangan bisa dibina al dengan cara:
 Mengantungkan kenari kita ditempat yang sering dilewati orang dan kendaraan serta berisik. Seperti dipinggir jalan depan rumah.
 Sesering mungkin membawanya untuk berjalan-jalan jauh. Bisa saat latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh.
 Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit bagi burung.

Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.
Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……(pga 6/04/06)

hary
2 July 2006, 11:10 PM
Suara kenari yang menjadi favorit juara tuh yang gimana pak?
Yang Air mancurnya panjang macam "cerrrrr...........ting ting ting ting ting ting...teerrrrrrrrr.......ting ting ting ting...ceerrrrrrrrrr...cek cek cek cek teerrrrr.......tuit tuit tuit ciap ciap ciap.....cerrrrr.....(habis)
Atau yang bisa 4-5 saf? macam "cerrrrr.....cuit cuit cuit cuit terrrr...ting ting ting ting ciap ciap ciap ciap cek cek terrrr...ting ting ting ting ciap...dst(nyambung terus sampe 4 rangkaian dalam 1 tarikan nafas).
2 kenari yang sama sama punya napas panjang tp lagu berbeda aliran
Yang mana yang lebih berpotensi sebagai lagu terbaik? hehehe.
Anggaplah kedua burung ini sama2 jalan di lapangan dan bergaya.
Mohon pendapat dari para pemain kenari yang Terhormat.
Terimakasih sebelumnya pak Novian dan rekan2.

novian
3 July 2006, 04:05 PM
Mungkin lebih baik kita bahas dulu tentang shaf/tingkat, misal: nada kenari tsb a, b, c, d , lalu nada tsb diulang sampe 4X dalam satu nafas. Maka kenari tsb bisa dibilang mempunyai 4 tingkat suara.
Selain itu, kalo bisa satu nafas, berkisar 30-50 detik.
Kalo saya pribadi, lebih senang dengan nada yang pertama pak, karena satu variasi agak lama dinyanyikan dan kebetulan burung saya tipe itu.
Kalo yang kedua, menurut saya variasi suara burung tsb terlalu cepat diganti.
Tapi menurut pengalaman saya, semuanya kembali kepada selera para juri.
Ato mungkin ada rekan2 Juri yang bisa membagi ilmunya tentang lagu kenari........,monggo....

hary
4 July 2006, 01:57 AM
Makasih bung Novian atas masukannya.
Kalo gitu maksud saya bukan saf dalam artian tinggi rendah oktaf nada, tp maksudnya ada 4 seri lagu kenari. misalkan: cerrrrr.....cuit cuit cuit cuit terrrr...ting ting ting ting ciap ciap ciap ciap cek cek....(satu rangkaian ini dianggap 1 seri jalan)
Begitu pak maksudnya. Mohon maaf kalo saya salah men-deskripsikan nya.
Oya,saya lupa informasikan kalo jenis yang pertama Volumenya kalah ama yang jenis ke-2. Bagaimana menurut para pakar kenari KM.
VIVA....KM.....

novian
4 July 2006, 02:29 PM
Mas Hary,
saya anggap nada/bunyi a,b,c,d tsb sama dengan terr, ciap, cuit,ceek (biar mudah dalam penulisan/pengertian).
Untuk Volume: kenari saya sering menaik/menurunkan suara-nya saat nyanyi, jadi saat bunyi ciap, ciap volumenya baru dikeraskannya, dan saya perhatikan saat bunyi itulah sering juri yang ada disekitarnya menoleh ke kenari saya. Kesimpulannya: kalo saya pribadi lbh senang yang volume keras dan panjang karena disitulah dia bisa mempunyai nilai lebih saat kontes, apalagi dibarengi suara teriakan suporter.
Tapi banyak pula juri yang lebih menyukai, suara kenari yang menengah, tetapi stabil dalam berbunyi (terus menerus), memang yang lebih baik suara keras dan stabil berbunyi.
Saya lupa memberitahu, bahwa sekarang keliatannya yang lebih disukai adalah kenari yang mempunyai suara standart..., mungkin u/ pilihan kedua sudah banyak variasi.

CoupD'etat
4 July 2006, 03:45 PM
Sekedar tambahan,

1. Kenari Suara keras ( istimewa di volume ), Kenari Bawa lagu enggak putus putus ngeroll terus ( istimewa di panjang lagu ), Kenari bawain lagu nya enak/variasi banyak ( istimewa di lagu ), Kenari Joget joget pas bunyi, Nungging, Ngering, Buka sayap ( istimewa di gaya ), Kenari kerja nya enggak stop stop dari awal sampe akhir ( istimewa di kerja ).

1.1 sub katagori : Burung warna merah!, Orange!, Bon merah ! ( Istimewa di warna ), Burung Jambul,F1, F2, Badan panjang rek !!! ( istimewa di postur )

Nah dari di atas analisa burung masing masing burung di rumah sepert apa ? kelebihan di mana ? Lawan di lomba bagaimana ( mengetahui lawan penting jangan komplain ke juri/korlap/panitia saja sedangkan kita tidak tahu yang menang burung seperti apa) ? apakah pernah dengar musuh lagu nya seperti apa ? panjang lagu seperti apa ?, Kerja bagaimana ?

Bila didapatkan kombinasi dari point 1 Misal burung Suara keras, panjang = Super istimewa, Suara keras lagu enak/variasi banyak = super istimewa, Suara keras lagu enak dan panjangggggg = Sangat istimewa, Suara keras lagu enak gaya buka sayap = sangat istimewa, Suara keras lagu enak, panjang, buka sayap dan kerja non stop = Idaman semua pemilik burung kenari :eek: .

Untuk kenari lomba di kategorikan simple aja dulu istimewa dimana ?? di analisa kurang dimana lebih dimana ? dan di akalin biar mendekati sempurna.

Untuk saya pribadi pemilihan kenari di awali dengan Lagu panjang, volume cukup/krystal ( jangan terlalu keras karena burung keras cenderung ngeroll pendek pendek ) dan kerja baik. Ini sudah sangat ideal sisanya lagu bisa di otak atik .
Untuk variasi semakin banyak semakin baik jangan yang cuma 3 variasi di ulang ulang terus ( kadang ada yang panjang lagu nya cuma monoton di ulang terus) model kenari taiwan gitu.

Crispy
5 July 2006, 12:26 AM
kalo warna pengaruh gak om untuk burung lapangan...
karena denger2 dari teman kalo di jakarta kriteria penilaian kenari lomba berdasarkan warna juga, bukan semata-mata dari kualitas suara,volume,lagu,&gaya aja.
dia bilang kalo warna hijau paling tidak disuka meskipun burung itu kerjanya maksimal
bener gak sih om ?

thanks.

hary
5 July 2006, 01:06 AM
Wah!!!!! makasih makasih bung Novian dan bung Yongkie...
Makin bingung nih bung, pasalnya yang suara type 1 kenari warna putih gaya waktu main yaitu konstan di tangkringan sambil manggut2, usia remaja (10bln-1n).
sedangkan type 2 kenari warna orange gaya main jalan kanan kiri tp untungnya gak mletik ke ruji sangkar, usia dah dewasa.
Gaya mana yang lebih oke?
Mental rasanya lebih mantap yang warna Orange (type suara 02)(dulunya sebagai pemacak/ tukang kawin bergantian) saya simpan di rumah kumpul ama para BT kesayangan, dan Sanger yang baru kudapat kemarin dari hasil blusukan kampung2.
Yang warna putih(type suara 01) lagi saya sekolahkan di pasar burung (kios milik temen pedagang kenari YS) maksudnya biar uji mental disana dan mulai menampakan kemajuan, malah sempat matuk ekor tengah dan langsung blingsatan mletik2 ke jeruji sangkar, ampun dah....(birahi memuncak hehehe).

Yang orange tuh volume lebih keras, kalo yang putih saat lagi keluar cerrrrr....-nya seolah olah dia pake suara dalam jadi kagak los...
Mending saya pilih sebagai gacoan yang mana? Soalnya mau saya lepas salah satu (mau ditukerin ama BT hehehe)
Mohon banget bantuan dari para rekan2, bung Novian dan bung YONGKIE tolong bantuin kasih masukan lagi.
Kalo type 02 saya masukin suara BT dikit2 gimana (buat bukaan pertama)? atau suara cek cek cek? tp bukan murni standart kenari. Apa penilaian justru drop?


Makasih banget atas kesediaan rekan2 berbagi ilmu.

novian
5 July 2006, 08:07 AM
kalo warna pengaruh gak om untuk burung lapangan...
karena denger2 dari teman kalo di jakarta kriteria penilaian kenari lomba berdasarkan warna juga, bukan semata-mata dari kualitas suara,volume,lagu,&gaya aja.
dia bilang kalo warna hijau paling tidak disuka meskipun burung itu kerjanya maksimal
bener gak sih om ?

thanks.
Memang warna jadi nilai plus, setelah volume,lagu & gaya. Percuma warna red/orange/kuning, kalo tidak maksimal dilapangan. Seperti yang dibilang om Yongkie, memang lebih baik kalo punya kenari volume, lagu, gaya dan warna yang bagus, tapi biasanya sulit dapetnya. So, gak usah takut ama warna

novian
5 July 2006, 08:10 AM
Wah!!!!! makasih makasih bung Novian dan bung Yongkie...
Makin bingung nih bung, pasalnya yang suara type 1 kenari warna putih gaya waktu main yaitu konstan di tangkringan sambil manggut2, usia remaja (10bln-1n).
sedangkan type 2 kenari warna orange gaya main jalan kanan kiri tp untungnya gak mletik ke ruji sangkar, usia dah dewasa.
Gaya mana yang lebih oke?
Mental rasanya lebih mantap yang warna Orange (type suara 02)(dulunya sebagai pemacak/ tukang kawin bergantian) saya simpan di rumah kumpul ama para BT kesayangan, dan Sanger yang baru kudapat kemarin dari hasil blusukan kampung2.
Yang warna putih(type suara 01) lagi saya sekolahkan di pasar burung (kios milik temen pedagang kenari YS) maksudnya biar uji mental disana dan mulai menampakan kemajuan, malah sempat matuk ekor tengah dan langsung blingsatan mletik2 ke jeruji sangkar, ampun dah....(birahi memuncak hehehe).

Yang orange tuh volume lebih keras, kalo yang putih saat lagi keluar cerrrrr....-nya seolah olah dia pake suara dalam jadi kagak los...
Mending saya pilih sebagai gacoan yang mana? Soalnya mau saya lepas salah satu (mau ditukerin ama BT hehehe)
Mohon banget bantuan dari para rekan2, bung Novian dan bung YONGKIE tolong bantuin kasih masukan lagi.
Kalo type 02 saya masukin suara BT dikit2 gimana (buat bukaan pertama)? atau suara cek cek cek? tp bukan murni standart kenari. Apa penilaian justru drop?


Makasih banget atas kesediaan rekan2 berbagi ilmu.

Kalo saya pribadi Mas Hary, saya pilih yang orange. Tapi pernah gak ke-2 kenari tsb diturunkan kontes secara bersamaan...? kalo belum coba aja dulu..., yang dapet nilai tinggi , baru itu yang dipilih, biarlah juri yang pilih. (sebabnya saya bukan juri..hehehe)

hary
5 July 2006, 11:04 AM
Siiip....makasih bung novian atas pemantapan dan pencerahan pikiran-nya....
Saya akan lakukan sesuai petunjuk. Mau saya latih tuh si Orange ke Latber terdekat.
Kemasukan suara BT, nilai makin koncer atau malah ancur bung?
Makasih bung.

Salam buat rekan2 dan keluarga disana...

CoupD'etat
5 July 2006, 01:07 PM
Jelas makin bagus dong kemasukan BT saya kan bilang semakin banyak variasi semakin istimewa, tapi patut di ingat kira kira berapa % kemasukan BT nya ? sisanya yang masih kenari berapa % ? ( dari total 100 % lagu ). Jangan kebanyakan pak kalo kebanyakan ke isi nya nanti masuk kelas kenari isian hehehehe. Pokok nya suara burung jenis lain hanya sekedar pemanis variasi yang penting lagu kenari masih mendominasi.

Kadang kenari susah untuk di paksa mengisi di bagian lagu tertentu dia akan mengisi suara burung lain sesuka dia misal lagu BT di depan tengah tetap kenari ya di dengarkan saja pak makin enak atau tidak itu lagu nya hehehe. Kalo saya sih seneng kalo aneh lagu nya antik enggak ada yang punya dan susah di dapat. Makin antik selera saya makin suka enggak tau deh kalo juri ( istilah nya nyeleneh kan pak ? ). Sekali lagi patut di ingat kalau buat lomba di kelas kenari standard yang penting mayoritas lagu nya masih lagu/variasi standard burung kenari.

Pokoknya kalo mabung cari kenari yang ngelagu/bervariasi banyak/WS trus tempel saja sebelah nya pak. Yang biasa di pakai buat kenari tuh : WS, Yorkshire ( cengkok cengkok ngeroll nya jelas ), Ciblek ( biasanya buat tembakan nya ), Burung kacamata ( desisan biasanya masuk ), Jalak suren, Lovebird, Blackthroat family ( Blackthroat, Sanger, Mozambic, Blacksang, Blackmos dll ), bahkan Anis kembang.

Soal warna masih kontroversi tuh pak. Ada yang bilang penting ada yang tidak. Sepemantauan saya contoh burung warna tidak favorite seperti Hijau ada tuh temen saya di surabaya burung nya baru di transfer 35 juta ( bisa di pertanggung jawabkan ) warna nya hijau menang juara 1 nya udah enggak bisa di hitung di berbagai blok, Ingat Rudal milik sin Ronny Surabaya ? warna nya hijau juga pak. Juga warna starblue contoh milik achun owen bernama Kapsul sudah meraja lela di keliling pulau jawa ( pernah menang kapolri cup ).
Kalau mau bilang warna penting jelas itu bertolak blakang. kalau saya sih tadi itu Lagu panjang, Volume cukup kerja bagus sisanya bisa menyusul.

Experiment saja pak pengalaman tidak ada harganya tulisan hanya sebagai referensi.

novian
5 July 2006, 02:02 PM
BTW, Kudeta dan Gpilot om Yongkie warnanya apa sih?

Sugeng WKm
5 July 2006, 02:42 PM
Sebagai tambahan.

Tips memilih Kenari dari Bakalan.

Memiliki kenari yang baik dan dapat dibanggakan merupakan harapan setiap penggemar burung kenari. Rasanya jauh lebih bangga jika burung tersebut merupakan hasil upaya sendiri sejak awal, mulai dari memilih bakalan, merawat dan melatihnya. Untuk itu disini akan dipaparkan ciri-ciri kenari bakalan yang unggul yang mempunyai masa depan yang baik :


1.Perilaku
Kenari bakalan yang dipilih harus mempunyai perilaku yang agresif, yaitu lincah dalam berkicau dan sering bergerak atau tidak mengenal tempat untuk berkicau. Kenari bakalan yang dipilih juga harus rajin bunyi, hal in menandakan bahwa kenari tersebut sehat dan mempunyai mental fighter yang baik.

2.Dasar suara
Bakalan kenari yang dipilih harus mempunyai volume suara yang baik yaitu besar, tajam, tebal dan ngeroll terutama untuk kenari jenis Holland dan Yorkshire. Sebaiknya dihindari membeli bakalan yang sebagian variasi suara yang serak-serak basah.

3.Leher Jenjang
Kenari yang mempunyai leher jenjang biasanya memiliki suara yang ngeroll panjang. Disamping itu dalam memilih kenari, hal yang harus diperhatikan adalah kenari yang selalu menggelembungkan lehernya setiap kali berkicau. Jika lehernya pendek selain kurang menarik saat berkicau juga mempunyai kelemahan suara yang kurang panjang atau terputus-putus.

4.Paruh
Ukuran dan bentuk paruh berkaitan erat dengan type suara yang dimiliki burung kenari. Walaupun cukup sulit untuk membedakannya tetapi diusahakan untuk kenari lapangan dipilih yang mempunyai paruh yang rada panjang. Kenari yang mempunyai paruh rada panjang biasanya mempunyai suara yang keras dan tajam. Tetapi jika untuk didengarkan didalam rumah dipilih kenari yang mempunyai paruh yang pendek saja, karena suaranya pelan atau kurang keras, tetapi suaranya bervariasi.

Mungkin ada tambahan dari rekan2 yg lain neh....
Salam tuk semua....

andre
5 July 2006, 02:44 PM
Om yongkie kalo saya punya kenari yg lagunya panjang volum kanceng gaya ok,tapi variasi kurang apa nanti setelah rontok bisa di master ulang agar punya variasi yg bagus&speed yg rapat

CoupD'etat
5 July 2006, 10:23 PM
Seberapa banyak kurang variasi nya pak andre ? kalo cuma 2 variasi sih sedih juga hehehe. Biar semangat saya sering kok lihat kenari variasi sedikit tapi menang jadi jangan patah semangat.

Burung pak andre masih muda apa sudah tua ? tapi moga moga masih bisa di benerin variasi nya coba saja pak di tempel kalo mabung/ganti bulu pas mabung dan di kerodong coba di taro di tempat yang cukup sepi di kelilingi burung burung isian yang saya tulis di atas. Tapi lihat jarak tempel pak di atur misal nya burung suara keras jangan dekat dekat sekedar bisa mendengar ( kasihan burung nya lagi mabung kan proses nya tidak menyenangkan mental bisa drop nanti ). Soal speed saya rasa susah pak tergantung speed bawaan si burung itu sendiri, alangkah baik nya bapak dengar character suara dari burung bapak dan di sesuaikan dengan burung isian nya . Contoh rada senggang speed nya coba di carikan Blackthroat yang senggang juga yang kira kira menyamai speed si kenari tsb. Untuk kenari lebih mudah untuk kemasukan suara blackthroat yang miji miji istilah nya atau terputus putus di banding yang ngeroll panjang tanpa jeda ( dengan asumsi tidak mengisi dari piyikan )

Sepengalaman saya kalau speed berbeda jauh susah untuk si burung untuk mengikuti nya bisa bisa jadi jelek / terputus putus karena enggak sanggup ngikutin. Juga burung yang biasa main lagu di nada rendah di isi dengan nada yang tinggi kadang tidak bisa menerima lagu nada tinggi tsb. Inti nya seusai kan dengan charc lagu/basic suara si burung yang mau di isi.

Buat pak novian Kudeta saya Kuning, kebetulan saja kuning terus terang saya sih tidak pusing dengan warna burung tergantung yang di depan mata potensi nya gimana, kalau baik dan berpotensi besar/berprospek ya saya ambil saja.

hary
6 July 2006, 12:43 AM
Mantap kali nih.....Mohon doa restunya semoga saya bisa berhasil di kelas kenari meskipun rasanya keder juga kalo liat ilmu rekan2 senior. Apalagi dengan nama nama yang serem2 macam KUDETA, RUDAL dll (cariin kenari saya nama yang serem dong om..) kali aja kalo Godfather-nya kenari saya para jawara ntar ketularan aura jawaranya hehehe...
Untung saya masih piara WS, tinggal cari YS gacor (tp jangan2 ntar saya malah konsen ke YS-nya ketimbang tuh kenari yang mau dibentuk hahaha)buat temen ngobrol.

Kenari gak boleh digandeng saat digantang jemur ama sesama kenari doang ato ama BT cs termasuk?
Sekat triplex cukup efektif ato lebih baik lain ruang?
Saya tunggu nih buat para senior Jawara kenari macam Bung Yongkie, Bung Novian dan Bung Yudhie yang mau nyumbang NAMA buat kenari saya (sori agak OOT) buat intermezzo aja biar gak tegang.

Sukses!!! dan titip salam buat rekan2 dan keluarga disana...
Kapan main ke Surabaya, para rekan2 senior?

CoupD'etat
6 July 2006, 12:30 PM
Pak hary pengalaman adalah guru yang paling baik sekali lagi literature hanya membantu untuk menambah dan mempersingkat proses belajar.

Kalau saya melihat pengalaman dari teman teman dan saya sendiri melalui proses dengan korban waktu dan biaya. Tidak ada istilah langsung menang dalam segala hal kalau ada itu istilah nya Hoki atau beruntung.

Untuk jemur sama BT biasa nya ada BT yang birahi ngeliat kenari kalau bisa sih tidak usah saling liat satu sama lain lebih baik ( untuk mempertahankan mental ). Kan ada krodong, tidak usah pake trikplek. Di tutup saja satu bagian kandang dengan kerodong kandang tsb sehingga tidak saling melihat satu sama lain, saya begitu kok di rumah tidak perlu trikplek trikplekan manfaatkan saja apa yang ada.

Buat nama kenari alangkah baik nya di lihat dan di perhatikan sesuai dengan character si burung jadi lebih meaningful / bermakna. Contoh Kelana cendet nya Pak haji Chiut kenapa nama nya kelana ?? karena sudah kemana mana berkelana antar pulau dari kota satu ke kota yang lain nya dan menang. Kan seru jadi ada arti nya kira kira begitulah pak.

novian
6 July 2006, 04:06 PM
Moga2 cerita ini gak OOT, karena masih dalam topik mencari 'nama kenari kontes'.
Kenari kontes saya tak kasih nama 'Dinamit', ya karena waktu dulu pertama dikonteskan berharap bisa meledak seperti dinamit. Ya karena kalo dinamit meledak, sekelilingnya juga ikut hancur. Itulah harapan saya terhadap kenari tsb, apalagi nama Dinamit, kesannya kita dalam posisi 'underdog', tapi siap melibas bagi mereka yang lengah...he..he..he.
Maka-nya saya kira kalo om Yongkie, kasih nama kenarinya 'Kudeta', mungkin dia berharap pada suatu saat akan mengkudeta para kenari2 yang lagi menjadi raja....hehehe (bener gak om Yongkie..?)
Saran saya, Mas Hary bisa cari nama kenari sesuai dengan pengalaman, harapan yang diinginkan dari kenari tsb. Ya... seperti yang dikata om Yongkie, agar lebih bermakna bagi kita, yang bisa menimbulkan 'satu hati' antar kenari dan si pemilik.

Adi_n
6 July 2006, 04:27 PM
nah kalo buat burung rumahan kaya saya, saya juga selalu kasih nama ke burung2 saya yg diambil dari nama burung itu sendiri, misalnya...

Pentet --> Pepen, Penti, atau Teti...
Murai batu --> Mumu, Rae, atau Ratu
Kenari --> Keken, Nana, Riri, atau Keke...
Poksay --> Oca
Ciblek --> Cici, atau Blebek
Panca Warna --> Caca
Jalak --> Gemblunk... (kaga nyambung nih,...abis emg gemblunk sih burung yg satu ini, makan sebakul, keluarnya juga sebakul...:D )
Dll, dah pada lupa....

hary
7 July 2006, 12:42 AM
Makasih rekan2 atas masukannya.
Kalo gitu saya musti nyepi ke pasar burung ama mall cari pangsit eh...Wangsit buat nama momongan.
Bung....tadi sore saya lagi mampir ke pasar burung beli serat nanas buat BT dan setiba disana tiba2 terdengar suara kenari diantara hiruk pikuknya suara burung yang bikin saya ubek2 dan muter2 nyari asal suaranya....suara kenari standart panjang dengan volume sedang tp yang bikin telinga sakit ama isian clilin sehingga suaranya saat sesi "ceeerrrr....hiiirrr....ting ting ting"nya jadi jauh lebih tajem, volume meningkat tiba2 ama menyayat kuping..." ceerrrr...hirrrr..TIT TIT TIT TIT...dst" speed-nya cukup rapet dan artikulasi jelas.
penutupan juga halus dengan satu napas keluar 3 saf. Langsung saya lari (sampe lupa kalo belum bayar ke bakul serat nanas-nya hehehe...) sambil usaha cari asal suaranya, sambil berharap ini burung bukan dalam sangkar engkel tp masih dalam blok susun...(biar murah maksudnya)
Setelah mupeng akhirnya ketemu juga, udah dalam sangkar engkel dan waktu dipantau eh...jalannya mancep gak mletik warna kuning polos.
Tapi yah...harganya itu........sang bakul langsung bilang 600rb PAS!
Sambil liat2 yang lain ada juga 2 ekor kenari warna Ijo biasa dan kuning bon yang napas panjang dengan suara std tp tak seunik isian yang warna kuning.
Harganya Gopek.
Tapi hati ini dah tertambat ke yang kuning yang rencananya buat lapis kedua dari si Orange (hahaha ...sok pede ya... lomba aja belon pernah udah mikirin lapis kedua hahaha...).
Mohon rekan2 kasih saran...kemahalen gak tuh burung? emang relatif sih kalo dah ngomong masalah hobby tp kan lebih baik ada second opinion daripada masuk jurang.
Makasih rekan2 senior para jawara kenari, mohon maaf kalo ada salah kata.

Salam buat rekan2 dan keluarga disana....

novian
8 July 2006, 06:20 PM
Mas Hary,
Kalo dari semua cerita yang Mas sampaikan, mungkin saya anjurkan coba dulu kenari yang lama. Bagi saya, kenari dan semua burung dirumah (Kenari 2, LB 1, CI 1, Pentet 1) dirawat oleh saya pribadi (kecuali Mas Hary punya perawat burung khusus), itu saja sudah cukup merepotkan dan menyita waktu saya di pagi hari. Kebetulan yang sering dibawa kontes cuma 3 bh (Knri, CI, LB), apalagi sampe harus punya 2 kenari kontes, kita jadi tambah repot, karena burung kontes perawatannya harus teratur dan tidak bisa seenak kita sendiri.
Jadi, harus kita tahan dulu keinginan u/ menambah burung, kalo burung yang lama belum kita coba kontes-kan. Ya, seperti yang saya tulis di awal, saya dulu sering ketipu saat membeli kenari, dimana saat dipasar keliatan gacor dll, ternyata saat kontes belum ada mental tanding ( kecuali boleh kita bawa dahulu u/ dicoba..he.he.he.)
Tapi keputusan semua ditangan Mas Hary, masalah harga memang bukan ukuran u/ hobi. Kita senang, kita bayar.
Kami tunggu, kabar kenari lamanya u/ di kontes/latber kan dulu. Masih banyak rekan2 di KM pecinta kenari yang bisa kasih saran, jadi jangan takut bermain kenari....:cool:

hary
8 July 2006, 07:02 PM
Bener banget ya...ngapain nambah terus kalo yang lama belum terbukti kemampuannya. Makasih banget udah menyadarkan saya yang emang takabur sesaat. Mending punya 1ekor tapi jadi kampiun daripada banyak tapi ancur kan... Bung Novian memang pembawa pencerahan nih... kalo gitu kenari Orange saya kalo sukses di latber akan saya kasih nama bung aja, biar juga menjadi pembawa pencerahan....hahaha...
Terimakasih banget atas saran Bung Novian...
Tunggu saya di kontes Bang Yos tahun depan, kita kopdar di ring kenari...
(hehehe...sok pede-nya kumat lagi...)
Viva Kicau Mania terutama ring kenari dan campuran Import....

novian
12 July 2006, 10:52 PM
Boleh aja, asal kalo kenarinya udah mahal, bayar fee-nya ya...hehehe:D

hary
12 July 2006, 11:57 PM
Pasti saya nanti posting disini juga, nyrita'in sepak terjang si Orange di kancah pertempuran(ce..i..lleee..).
Tp belakangan tuh burung makin diperhatiin (kerodong jam 11 siang) taruh di dalem rumah, tetep aja sulit istirahat kena semprot n caci-maki ama para BTnSanger cs.
EF dah jalan teratur sesuai petunjuk Bung Novian.
Doa'in aja sukses berkuasa di arena biar taon depan kita ketemu, sekaligus kopidarat, guledarat, sotodarat dah kenyang dah...

Salam buat rekan2 dan keluarga di sana....
(putrinya lucu banget bung...)

linduajipbi
17 July 2006, 04:36 PM
Kebanyakan Nih kenari KAlo untuk lomba biasanya warna nya sih biasa2 saja,jarang yang warnanya DANGER(merah,orange dsb).
Burung yang biasanay untuk kontes sih biasa2 saja warnanya cuma Volumenya dahsyat2 sekali plus ngerolnya tajem2.
Pilihlah burung yang berpostur sedang and tdk kegedean and atletis karena biasanya burung jenis itu biasanya ngerol tajam and pintar sekali merekam suara lagu.
JAngan serak nafas and cacat ditubuhnya.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini.

agus110876
20 July 2006, 02:20 PM
Wew... Om Adi N itu photo cenya namanya sapa ya..... dan bukankah dia orang thailand....

Ric Min
10 May 2007, 11:29 AM
Para Om-Om Senior,
Saya baru beli seekor kenari, masih anakan sekitaran 7 bulanan, kenari tsb sudah berani diadu dan ngerol akan tetapi yang saya rasakan masih terputus ato kurang panjang suaranya. Apakah kenari yang masih muda itu masih dapat ditingkatkan panjang suaranya. kalo kualitas suara sih jernih n kristal.

Salam dari yang masih pemula,
Ric

NUG
29 May 2007, 11:00 AM
Wah Om Ric Min senasib ama saya ha........ha.........ha.........
Saya juga punya yg se-umur-an dengan suara tebal, kristal dengan speed yg rapat (nyentak2 bunyinya)

Malah punya ku udah ditreatment umbaran 2 mtr dengan dipaksa terbang pake lidi +- 3 minggu tapi belum menunjukkan hasil yang berarti.
Bahkan skrg saya paksa terbang langsung pake tangan sampe tuh kenari ngos-ngosan sambil mencicit-cicit minta ampun.
Bukannya kejam tapi untuk melatih demi kesehatnnya dia juga kan?
Maklumlah saya udah ngebet penegn punyakenari yang yahud...

Makanan sudah sya ikutin saran2 di thread 2 sblmnya yaitu pakan kenari pakai campuran niger sheet EF-nya apel fuji diselangin sawi putih dan sesekali kuning telor.

Menurut saya ada bbrapa alasan kenapa saya gagal :

1. Saya yang kurang bisa menangkap pencerahan dr para pakar sehingga salah menterjemahkan dan meng implementasikan
2. Burungnya yg masih muda
3. Treatmentnya yang kurang lama (harus sabaran dikit)
4. Masih ada resep dari para pakar yg masih dirahasiakan
5. Atau jangan2 emang tuh burung udah MAX (mudah2an sih belon yah)

Ayo dong Om 2 dan Boss 2 serta para Pakar kasih pencerahan yang lengkap, jelas dan jangan pake rahasia2an.

Kasih tau kita dong !! plz !!!
Semoga Tuhan YME akan membalas kebaikan kalian......Amien....

Mohon ma'af kalo ada salah2 kata yah

Mr_Pik
6 June 2007, 10:02 AM
mantap om artikel bisa diaplikasikan nih untuk cari kenari yg bagus

idin
26 June 2007, 11:24 AM
makasih om novian, tipsnya akan saya coba di muara enim , soalnya kenari saya di latber gak jalan tapi di rmh rajin dan variasinya bnyk..salam buat teman2 di Fajar BC

nugroho2006n
11 July 2007, 02:12 PM
om KM yang baek hati...saya ditawari kenari warrna wortel baru umur 8 bln udah gacor,volume lumayan n kalo sedang kicau udh buka sayap sambil goyang2 badan...kalo harga 500rb mahal g y...makasih

slam
12 July 2007, 05:19 PM
om KM yang baek hati...saya ditawari kenari warrna wortel baru umur 8 bln udah gacor,volume lumayan n kalo sedang kicau udh buka sayap sambil goyang2 badan...kalo harga 500rb mahal g y...makasih

Kalau masalah harga sifat nya relatif om....
Kita lihat kualitas kenarinya dulu...

Menurut hemat saya, kenari umur 8 bln warna wortel, gacor dan volume lumayan, buka sayap, harga nya 500k itu wajar om...

tanya kenapa? :D: :D:

bambang
13 July 2007, 10:40 AM
Kalau masalah harga sifat nya relatif om....
Kita lihat kualitas kenarinya dulu...

Menurut hemat saya, kenari umur 8 bln warna wortel, gacor dan volume lumayan, buka sayap, harga nya 500k itu wajar om...

tanya kenapa? :D: :D:

Betul Om Slam di bandung kayanya nggak dapet deh dengan kriteria diatas

Salam KM

a_evenly
13 July 2007, 06:38 PM
wew...sya masih baru om..om..jadi saya masih belum bs komentar...sementara saya belajar dl ya...maafkan

oom deblonk
15 July 2007, 02:51 PM
om2 dan bapak2 skalian,,
apa smua knari bagus isa slalu tampil kontan n stabil d lapangan??
apa parawatan jg perlu intensif??
krna saya pnah beli d lap latihan burung bagus gak gaya tp vol suara,lagu ok burung kecil bgitu saya lombakan lg slisih 3minggu knapa jd males d lap n 2minggu brkutnya saya intensif ef snin slasa slada,rabukmis apel,jum'at telor,sabtu minggu kroto 5biji+slada malah jd nabrak??
padahal harian udah d umbaran P1.5xL40xT45.
mohon bantuannya..
trimakasih,,

tole gendon
16 July 2007, 12:26 PM
Pak Novian, sekalian nanya dong ...
kenari ku dr ternakan sendiri , jinak kenapa ya kalau tak ikutin latpres bunyi gacor .. tapi dia turun ( bunyi terus tapi didasar kandang ) dia gak nabrak2 kandang seh ... tapi kalau dirumah kalau gak dilihatin orang bunyinya selalu di tangkringannya .. sampe dah tak buat pangkringan bawah 1 atas 2 .. tp ya itu tetep kalau lihat orang langsung turun dan bunyi ... kira-kira ada tip yang bisa bantu gak ya ?
makasih atas responnya.

ariz vdt
24 July 2007, 03:50 PM
mhn..masukan dari pakar...
sy pemula..n mau pilh knari yg bner2 dari anakan,soalnya kebetulan teman sy bw knari bnyak dari malang..
kriteria kenari yg bgs gimana menurut katuranggan? (maklum murah n sy masih pemula) jdi pengen coba dari dasar..
mhn bantuannnya...trims

Reza
24 July 2007, 05:36 PM
kalo di ayam ada tuh om, misalnya kalo paruhnya putih, kukunya juga putih. Kalo paruhnya ada warna hitamnya, kuku yg ada di 2 kakinya juga hrs ada hitamnya. Ini yg saya tau om, jangan terlalu diikutin, krn belum terbukti kebenarannya hehehe

Kalo kata Om Kiang Sing, mengetahui kualitas kenari anakan sama aja kaya menilai siapa yg paling baik diantara anak-anak TK, susah om hehehe

novian
24 July 2007, 09:59 PM
Pak Novian, sekalian nanya dong ...
kenari ku dr ternakan sendiri , jinak kenapa ya kalau tak ikutin latpres bunyi gacor .. tapi dia turun ( bunyi terus tapi didasar kandang ) dia gak nabrak2 kandang seh ... tapi kalau dirumah kalau gak dilihatin orang bunyinya selalu di tangkringannya .. sampe dah tak buat pangkringan bawah 1 atas 2 .. tp ya itu tetep kalau lihat orang langsung turun dan bunyi ... kira-kira ada tip yang bisa bantu gak ya ?
makasih atas responnya.

Mungkin terlalu birahi tuh om..., kasih apel buat redam birahinya..
Punya saya kalo jemur selalu saya taruh di lantai, tidak pernah digantung..., hari2 dia sering turun lantai..., tapi kalo kontes gak pernah turun lantai..
Kalo masih turun juga, coba dikandang umbarannya jangan dikasih karet/ tali nylon, tapi dikandang kontesnya, didasar kandang dikasih karet ato nylon..
Semoga membantu

j03n
7 August 2007, 08:59 PM
om novian tanya nih??
apakah kenari isian mendapat nilai plus dalam lomba/latber an?
trus yang disebut kenari istimewa itu dari mana nya om?
panjang lagu berapa en ada isian ato tidak, gaya yang baik gimana?
apakah gaya dari kenari bisa di latih om? misalnya unt buka sayap??
makasih om

wahyudi
10 August 2007, 11:30 AM
Saya ada kenari gloster corona (ada jambulnya) warna wortel pudar dengan cincin : bdg, mmh, rc, 218, saya pemula dengan kenari mudah2han kenari tersebut bagus karena sudah mulai bunyik cerrr....... Apa maksud tulisan yang ada di cincin tersebut? Mohon bantuan KM semua.
Terimakasih,
Wassalam

Wahyudi

Papa Neo
16 August 2007, 04:04 PM
Waduh puyeng tenan....tritttt....trittt...trittt...ciaw..ciaw.. ciaw.....

irfan bone
6 September 2007, 05:05 PM
om2 dan bapak2 skalian,,
apa smua knari bagus isa slalu tampil kontan n stabil d lapangan??
apa parawatan jg perlu intensif??
krna saya pnah beli d lap latihan burung bagus gak gaya tp vol suara,lagu ok burung kecil bgitu saya lombakan lg slisih 3minggu knapa jd males d lap n 2minggu brkutnya saya intensif ef snin slasa slada,rabukmis apel,jum'at telor,sabtu minggu kroto 5biji+slada malah jd nabrak??
padahal harian udah d umbaran P1.5xL40xT45.
mohon bantuannya..
trimakasih,,

Kang Deden, waktu beli burung kenari tsb sempat ditanya kapan selesai mabungnya...? kemungkinan burung tsb mau mabung / ngurak ((Molting) , dan disaat membelinya burung tersebut dipuncak akhir Top Form. atau stress akibat faktor lingkungan ditempat yang baru dan perlu beradaptasi dulu, atau kemungkinan lain akibat merubah setingan dari sebelumnya.
Kang Bone tea

Flexi : (0281)7650333
Cell. : 085227033333

Anzu
21 September 2007, 01:43 PM
Om Novian mo tanya sekalian nih, mana yang lebih disukai untuk lomba, kenari yang oada ujung bunyinya langsung habis (ada yang menyebutnya "rem cakram") atau yang pada ujung bunyinya berangsur-angsur pelan sampai habis.

widi sulistyo
22 September 2007, 10:37 AM
Om-om pakar kenari gimana nich cara membedakan antara kenari co atau ce ?^:)^

maryanto
10 October 2007, 06:00 AM
Salam kenal dan salam kicamania..
saya new bie yg mulai senang dg kenari. dirumahku ada yorkshire dan aku jodohkan dg 2 betina (berlainan sangkar). betina sering bertelur namun tidak pernah menetas. Yang jadi pertanyaan : harus bagaimana saya melakukan perawatan agar telur bisa menetas? Terima kasih

darma
10 October 2007, 08:28 AM
Salam kenal dan salam kicamania..
saya new bie yg mulai senang dg kenari. dirumahku ada yorkshire dan aku jodohkan dg 2 betina (berlainan sangkar). betina sering bertelur namun tidak pernah menetas. Yang jadi pertanyaan : harus bagaimana saya melakukan perawatan agar telur bisa menetas? Terima kasih

Waduh mas Maryanto, udah masuk ke foruma perkenalan apa belum, nich.
Kalo emang belum ke forum perkenalan, cepetan aja deh ke forum perkenalan dulu....^:)^ .....^:)^ .......^:)^ ...........

jefry maulana
1 November 2007, 03:56 AM
salam kenal mas..saya lg cari kenari untk lomba kalau dapat yang OK..kalau ada mohon di infokan. saya punya sudah mati. pernah 4 x juara 1.
thx berat.......salam

jefry 081375391946

Martinus Lother
7 December 2007, 11:40 AM
thank oom Slam, kalau gitu saya coba cari dan baca dulu, sorry nich ngerepotin oom

kucica_denis
11 December 2007, 03:16 PM
Tips Ringan Memilih Kenari untuk Kontes
Kadang kita memelihara burung kenari dirumah hanya untuk didengar suara merdunya atau sambil melihat corak warna yang indah. Pernahkah terlintas dibenak kita, pada suatu saat kenari kita tsb dapat diturunkan dalam arena kontes?
Kadang ada pendapat yang mengatakan kalo kita ingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes pula. Itu benar, dan sayapun setuju, tapi yang perlu diingat harga burung dikontes pasti mahal-mahal. Bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan biaya yang mahal, tapi sudah ingin turun kontes? terutama untuk kelas kenari.
Berikut tips2 ringan yang mungkin bisa membantu kita dengan modal yang terbatas tapi bisa mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes:
1. Pilihlah Kenari Jantan (sdh berbunyi). Hal ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.
2. Perhatikan postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah (kalo tidak ada, tidak apa2). Dan yang perlu diingat, kenari tidak boleh kegemukan, jika gemuk ia akan malas berbunyi.
3. Simaklah bunyi kenari tsb. Apakah lagunya bagus? Panjang? Nyaring (tebal)?
Lagu: kalo kita belum terbiasa mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita harus sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes (sebagai perbandingan). Kalo tidak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita merasa terhibur dengan lagu yang didendangkan olh kenari tsb atau tidak .
Panjang: Lagu yang dilantunkan haruslah panjang, bervariasi, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu (harus ada ujung akhiran lagu yang enak)
Nyaring: Agak sulit mendengarkan suara kenari yang nyaring, jika tidak ada pembanding. Jika kenari yang akan dibeli bisa dipinjam/dites terlebih dahulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. Jika tidak bisa, coba perhatikanlah leher kenari yang akan dibeli saat berbunyi, apakah pada bagian lehernya akan menonjol kedepan. Jika ya, biasanya volume suaranya nyaring.
4. Perhatikan gaya kenari tsb saat bernyanyi.
Gaya: gaya yang baik jika saat bernyanyi kenari tsb menurunkan kedua sayapnya, bisa juga direntangkan, dan berjalan kekanan dan kekiri. Kadang ada kenari yang akan mengeluarkan gaya tersebut jika melihat kenari jantan yang lain. Oleh karena itu, kita perlu tes dengan kenari jantan lain.
5. Lihat apakah selama berbunyi kenari tsb ngotot.
Ngotot: Biasanya kenari yang ngotot akan ikut berbunyi jika ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Jadi mereka akan saling bersahut2an/tidak mau kalah dalam berbunyi. Ada tips yang cukup terbukti utk melihat ke-ngotot-an seekor kenari. Coba bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang sudah juara, apabila saat dites kenari kita terlihat ngotot dengan kepunyaan rekan kita tsb, maka kenari kita tsb sdh bisa dibilang ngotot.
6. Harus mempunyai mental lapangan yang bagus.
Ini bagian yang tersulit dalam memilih kenari. Terkadang ada kenari yang sdh memenuhi syarat2 tsb diatas, tetapi tidak mempunyai mental lapangan. Sehingga saat di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan.
Hal inilah yang melatari perkataan saya, mengapa saya setuju dengan anggapan untuk membeli kenari kontes harus diarena kontes, karena kita disana sdh bisa melihat mental lapangan seekor kenari.
Namun mental lapangan bisa dibina al dengan cara:
 Mengantungkan kenari kita ditempat yang sering dilewati orang dan kendaraan serta berisik. Seperti dipinggir jalan depan rumah.
 Sesering mungkin membawanya untuk berjalan-jalan jauh. Bisa saat latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh.
 Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit bagi burung.

Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.
Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……(pga 6/04/06)
pak sblmnya trims atas infonya ada yang ingin saya tanyakan sebenarnya kerasnya suara atau kemerduannya dari burung kenari sory saya baru suka kenari.

patulaholic
12 December 2007, 02:04 PM
pak sblmnya trims atas infonya ada yang ingin saya tanyakan sebenarnya kerasnya suara atau kemerduannya dari burung kenari sory saya baru suka kenari.

suara keras burung kenari sebetulnya bisa kita nilai apabila dibandingkan secara langsung dengan burung kenari lain. jadi kita bisa mengkomparasi volume burung2 tsb. Trus klo merdu itu masalah selera saja, tapi klo untuk burung kontes ada kriteria suara tertentu. seperti varian lagu, volume, pjg lagu.
mohon pencerahan dari yang lain....

nugroho2006n
12 December 2007, 02:35 PM
om Novian blh g hibahan kenari hasil dari tips ringan cara memilih kenari untuk kontes...:D@};-@};-@};-@};-@};-...maaf oot tapi kalo ada mksh banget..

teddie46
5 February 2008, 06:31 PM
gmn cara penanganan jamur pada kenari selain pake salep 88, apakah benar pake balsem yang panasnya tidak super hot bisa menyembuhkan jamur pada kenari.trus pake odol juga bisa nggak yach.trus kalo biisa teknis penanganan jamur (langkah2)sampe jamur tidak ada di kaki kenari:-??

mochijai
25 February 2008, 05:19 PM
Pak tedie anda mungkin salah tread, tapi kalau odol dan balsem belum pasti pakai obat jamur seperti salep 88.

joko sutikno
30 March 2008, 09:52 AM
Versi PBI 2008 untuk kenari yang aku tahu ;
Postur bagus gede panjang , suara lumayan, kenari tidak buka sayap, diam di tempat, kepala yang goyang - goyang, suara jelas panjang nada naik turun tidak keluar yang ting-ting-ting, yang paling bagus panjang sering ganti lagu spt di atas a, b, c, d, e, f, g, h, i biasanya kenari panjang bawa lagunya sekali bisa 9 nada atau lebih. Bukan kenari yang panjang tapi lagu di ulang ngeban) atau kenari yang curi nafas di tengah. hayo pasti bingung ya klu anda punya saya yakin bisa juara nasional ok. Karena untuk mencetak ini kepala dibikin pusing di bandingkan kenari suara keras buka sayap ngering wah udah ketinggalan makasih tolong tambahannya dari juri PBI.

joko sutikno
30 March 2008, 09:57 AM
"Penanganan Jamur"
Tips dari saya bisa di coba ;
1. Bisa pakai salep 88 tiap hari.
2. bisa pakai mitan terus di cuci
3. bisa dengan air hangat
4. bisa kombinasi 2 dan 3
5. pakai cabe
6. kandang harus tetap bersih syukur-syukur disemprot pakai obat.

cheepux
13 April 2008, 12:53 AM
'''''bagus neh tipsnya buat pemula sprti aq.....

bravo KM.......'''''

joansevensen
29 May 2008, 02:09 AM
klu saya sih pakai 88 aja, soalnya manjur terus seh

Jayanto
11 June 2008, 11:58 PM
bener juga om,setelah pake salep 3 hari berturut-turut,jadi sembuh,thanks a lot

popular3
10 July 2008, 06:44 PM
salam kenal om,saya ada beberapa pertanyaan
1. apakah memungkinkan lebih dari 1 ekor kenari jantan dijadikan dalam 1 sangkar besar?
2. apakah mereka akan berkelahi?
3. bgm bila dicampur dengan kenari betina?
trima kasih banyak >:D<

HENRY LOMPO
10 August 2008, 04:00 AM
sy mau sharing aja.
1. celupkan kaki kenari dgn air hangat kuku lalu dilap.
2. oleskan minyak gosok cap tawon sambil di urut sehingga jamur lepas.
Apabila msh belum tuntas mk kaki kenari di lap shg sisa minyak hilang.
3. Celupkan lagi kaki kenari dgn air hangat kuku lalu di lap kering.
Ulangi besoknya hingga semua kapalan atau jamur tuntas.
demikian.




"Penanganan Jamur"
Tips dari saya bisa di coba ;
1. Bisa pakai salep 88 tiap hari.
2. bisa pakai mitan terus di cuci
3. bisa dengan air hangat
4. bisa kombinasi 2 dan 3
5. pakai cabe
6. kandang harus tetap bersih syukur-syukur disemprot pakai obat.

dexter
10 August 2008, 09:15 AM
Ilmu baru...sedot ah...sruuuppp

pompye
10 September 2008, 05:48 PM
wuih, keren2 infonya...........

ctex
24 September 2008, 03:38 PM
http://s296.photobucket.com/albums/mm163/ctex_photos/?action=view&current=SonicTheHedgehogWallpaper800acop-1.jpg

manung36
3 October 2008, 10:32 PM
mana gambar kenari lainnya neh?

HENRY LOMPO
3 October 2008, 10:53 PM
mana gambar kenari lainnya neh?

gambar>??

zhaoeth
18 October 2008, 11:18 AM
mang jeme kite ye... ibuk aku wong pagaralam tanjung payang, aku seneng jugo dengan kenari aku tinggal di Tebet dalam IV no 7a. ado 15 kenari di rumah.

adrian 0857 10 33 7 999

agus s
20 October 2008, 06:52 PM
Permisi saya mau tanya apakah kenari yang sebelum rontok bagus ( prestasi ) setelah rontok bisa kembali seperti kondisi sebelum rontok. Karena katanya banyak yang tidak bisa kembali seperti asal seperti suara tdk bisa keras dan panjang. Tolong saran-saran perawatan pada masa rontok sehingga selesai rontok kondisi bisa kembali spt sebelum rontok.tks.

Boss_djaka
25 November 2008, 06:40 AM
Mantap ini ilmunya.... Berburu kenari lagi ah......

khachonk
3 December 2008, 05:10 PM
maap, boleh ikutan ?? saya khachonk, penikmat kenari kelas pemula. om novian, saya bisa copy tips pilih kenari lombanya gak ?

woh_uoh
12 December 2008, 03:23 AM
pda awl2 nya mang kya gtu ko..plng cma 1 bln ja
mklm mkn dah lama g nyanyi jd pda lpa...
asalkan d beri perhatian ekstra ja...

woh_uoh
12 December 2008, 03:25 AM
Permisi saya mau tanya apakah kenari yang sebelum rontok bagus ( prestasi ) setelah rontok bisa kembali seperti kondisi sebelum rontok. Karena katanya banyak yang tidak bisa kembali seperti asal seperti suara tdk bisa keras dan panjang. Tolong saran-saran perawatan pada masa rontok sehingga selesai rontok kondisi bisa kembali spt sebelum rontok.tks.

pada awal2nya aja ky gtu tar jaga ngga ko,,,
mklm mngkn dah pada lpa lagunya lma g nyanyi..
asal d kais perhatian ekstra aj...

Zulfahmi65
12 December 2008, 04:11 AM
Permisi Om, bapak and friend,

Gue mau tanya nih barangkali ada yang bisa share. Kenari yang botak tapi nggak mau mabung kenapa ya?

Makasih atas infonya

pitagoras
12 December 2008, 10:24 AM
Permisi Om, bapak and friend,

Gue mau tanya nih barangkali ada yang bisa share. Kenari yang botak tapi nggak mau mabung kenapa ya?

Makasih atas infonya

kena kutu kali om kenarinya. sering dimandikan saja om, air mandinya dicampur dg obat kutu yg ada di pasaran.

susanto_fatra
24 December 2008, 01:38 AM
om... KM saya mau tanya.. gimana caranya agar vokal kenari bisa nyaring / kencang

Azalea-fr
24 December 2008, 07:36 AM
om... KM saya mau tanya.. gimana caranya agar vokal kenari bisa nyaring / kencang

kasih aja makan daun mengkudu om....bisa bening dan jernih kok suaranya..coba aja semingggu sekali dikasih daun mengkudu muda..langsung aja di berikan seperti kita memberikan sayur....untuk mandi dan jemur yang teratur dan jangan sampai terlalu panas jemurnya..karena ada kenari yg gak kuat dijemur terlalu lama dan panas..cukup di matahari pagi...

woh_uoh
24 December 2008, 09:56 PM
kena kutu kali om kenarinya. sering dimandikan saja om, air mandinya dicampur dg obat kutu yg ada di pasaran.

masalahnya sama kya punya ku,,
klo ak kmrn tu knari d kawinin trus klo btinanya dah btlor bru d pisahin,,rawat sprt biasa.
biasanya dlm 2 mnggu bulu2 halusnya langsung turun
kurangi penjemuran cukup30 mnt aja

smoga bisa membantu
maaf klo sya slah,,

susanto_fatra
29 December 2008, 07:14 PM
Makasih om Azalea...... saya akan coba terapkan tipnya.

wahyuwijaya
9 February 2009, 05:28 PM
wah kebetulan kenari saya juga begitu thanks atas infonya..

zeniagatha
14 February 2009, 01:16 PM
kasih aja makan daun mengkudu om....bisa bening dan jernih kok suaranya..coba aja semingggu sekali dikasih daun mengkudu muda..langsung aja di berikan seperti kita memberikan sayur....untuk mandi dan jemur yang teratur dan jangan sampai terlalu panas jemurnya..karena ada kenari yg gak kuat dijemur terlalu lama dan panas..cukup di matahari pagi...

Boleh juga tu om sarannya.....tp pa ngk ad evek sampingnya omm......daunnya yg muda pa yg tua om...

sucito
26 July 2009, 10:45 PM
kasih aja makan daun mengkudu om....bisa bening dan jernih kok suaranya..coba aja semingggu sekali dikasih daun mengkudu muda..langsung aja di berikan seperti kita memberikan sayur....untuk mandi dan jemur yang teratur dan jangan sampai terlalu panas jemurnya..karena ada kenari yg gak kuat dijemur terlalu lama dan panas..cukup di matahari pagi...

boleh juga infonya......besok saya coba dech.

mamet
27 July 2009, 06:53 PM
kasih aja makan daun mengkudu om....bisa bening dan jernih kok suaranya..coba aja semingggu sekali dikasih daun mengkudu muda..langsung aja di berikan seperti kita memberikan sayur....untuk mandi dan jemur yang teratur dan jangan sampai terlalu panas jemurnya..karena ada kenari yg gak kuat dijemur terlalu lama dan panas..cukup di matahari pagi...

Terima kasih om info-nya.....
Akan saya coba untuk kenari saya niy....

M.

queen
15 February 2010, 12:20 PM
Salam Km....
Mohon pencerahan dari Om Km...Selayaknya berapa kali seminggu kenari kesayangan kita untuk dilatih dengan kenari yang lain, kalau mau lomba berapa kali kita coba untuk training dengan burung kenari lain... terima kasih sebelumnya..:-h

H412ry_SA
25 February 2010, 02:25 AM
sukses bwt KM .......

woh_uoh
2 April 2010, 01:29 PM
om gmna cara memeilih bakalan kenari kontesan...spesikasi suara tebal,kristal,mental tempur yg good,gaya mondar mandir d tangkringan....

rudy cimot
14 April 2010, 11:01 PM
kasih aja makan daun mengkudu om....bisa bening dan jernih kok suaranya..coba aja semingggu sekali dikasih daun mengkudu muda..langsung aja di berikan seperti kita memberikan sayur....untuk mandi dan jemur yang teratur dan jangan sampai terlalu panas jemurnya..karena ada kenari yg gak kuat dijemur terlalu lama dan panas..cukup di matahari pagi...

info yang sangat berguna bwt ane..masalahnya kemarin ane beli kenari.jadi bs ane ksh makan daun mengkudu.sapa tw kenari ane bs tambah nyaring....

Boss Babbe
15 April 2010, 12:22 PM
info yang sangat berguna bwt ane..masalahnya kemarin ane beli kenari.jadi bs ane ksh makan daun mengkudu.sapa tw kenari ane bs tambah nyaring....

semoga ya Om.....ane doain deh.....jangan lupa di update ya perkembangannya...

cobain
15 April 2010, 12:35 PM
Sekedar tambahan,

1. Kenari Suara keras ( istimewa di volume ), Kenari Bawa lagu enggak putus putus ngeroll terus ( istimewa di panjang lagu ), Kenari bawain lagu nya enak/variasi banyak ( istimewa di lagu ), Kenari Joget joget pas bunyi, Nungging, Ngering, Buka sayap ( istimewa di gaya ), Kenari kerja nya enggak stop stop dari awal sampe akhir ( istimewa di kerja ).

1.1 sub katagori : Burung warna merah!, Orange!, Bon merah ! ( Istimewa di warna ), Burung Jambul,F1, F2, Badan panjang rek !!! ( istimewa di postur )

Nah dari di atas analisa burung masing masing burung di rumah sepert apa ? kelebihan di mana ? Lawan di lomba bagaimana ( mengetahui lawan penting jangan komplain ke juri/korlap/panitia saja sedangkan kita tidak tahu yang menang burung seperti apa) ? apakah pernah dengar musuh lagu nya seperti apa ? panjang lagu seperti apa ?, Kerja bagaimana ?

Bila didapatkan kombinasi dari point 1 Misal burung Suara keras, panjang = Super istimewa, Suara keras lagu enak/variasi banyak = super istimewa, Suara keras lagu enak dan panjangggggg = Sangat istimewa, Suara keras lagu enak gaya buka sayap = sangat istimewa, Suara keras lagu enak, panjang, buka sayap dan kerja non stop = Idaman semua pemilik burung kenari :eek: .

Untuk kenari lomba di kategorikan simple aja dulu istimewa dimana ?? di analisa kurang dimana lebih dimana ? dan di akalin biar mendekati sempurna.

Untuk saya pribadi pemilihan kenari di awali dengan Lagu panjang, volume cukup/krystal ( jangan terlalu keras karena burung keras cenderung ngeroll pendek pendek ) dan kerja baik. Ini sudah sangat ideal sisanya lagu bisa di otak atik .
Untuk variasi semakin banyak semakin baik jangan yang cuma 3 variasi di ulang ulang terus ( kadang ada yang panjang lagu nya cuma monoton di ulang terus) model kenari taiwan gitu.

mksh om infonya sip,,,,,,,,

ajun77
15 April 2010, 08:38 PM
wow OM2 km'ers mantap share nya.
jadi bisa belajar banyak sama OM2 sekalian.:D

rudy cimot
17 April 2010, 10:42 PM
om,kmrn dulu kenari saya,saya kasih daun mengkudu,volumenya mw nambah sdkt kira2 msh bs nambah ga om?soalnya kenari saya msh muda,trs saya dptnya hbs mabung,klo variasi lagu & gayanya lmyn baguslah.mhon pencerahannya dr sesepuh neh.

padielah
15 May 2010, 07:05 PM
om
mau naya nui
ane punya kenari tapi ga tau dah dewasa paw masih muda
jenisnya apa juga ga tau
warnayan kuning campur coklat
yang saya heran kpn tuh kenari ga mau ngoceh yah
maaaf masih baru jadi blm begitu tau

butz
16 May 2010, 12:53 AM
om
mau naya nui
ane punya kenari tapi ga tau dah dewasa paw masih muda
jenisnya apa juga ga tau
warnayan kuning campur coklat
yang saya heran kpn tuh kenari ga mau ngoceh yah
maaaf masih baru jadi blm begitu tau
coba aja di share picnya om....pasti akan langsung di coment ma kenarilovers dimari...tp setau saya kalo kenari muda masih belajar ngoceh....cuma bunyi cit..cit aja....dan kalo kenari cwe sampe dewasa juga ane ga pernag denger dia bisa bernyanyi.....maaf kalo salah

padielah
10 June 2010, 06:38 PM
om bits
makasih jawabanya
iyah entar tak uploakan....
ternyata kenarinya bisa ganti warna yang mulanya agak coklat sekaran ganti merah

dj_bounce
22 July 2010, 08:37 PM
Mantabh bneuurrr ni om infonya....
Ane baru maen d kenari nih om...

Alhamdulillah klo ane sih baru beli kenari kemaren dan salah satu keistimewaannya uda tercantum d thread yg ini...
cuma ane masih bingung sama pola perawatan hariannya om truz klo misalkan setingan buat dibawa ke lapang itu gimana om...???

Mohon pencerahannya dari om_om skalian...

alex_koday
26 October 2010, 01:01 PM
mau tanya ni oom, biar kenari bisa berkicau panjang gimana ya?bisa dilatih atau udah bawaan nya?

makasih

sabariman
26 October 2010, 02:44 PM
mau tanya ni oom, biar kenari bisa berkicau panjang gimana ya?bisa dilatih atau udah bawaan nya?

makasih

bisa di latih ko om.... untuk bunyi panjang, coba di masukkan ke kandang umbaran untuk olah raga nafasnya kan KN nya bakal terbang ke kanan dan ke kiri sama seperti olahraga..

alex_koday
31 October 2010, 11:22 PM
bisa di latih ko om.... untuk bunyi panjang, coba di masukkan ke kandang umbaran untuk olah raga nafasnya kan KN nya bakal terbang ke kanan dan ke kiri sama seperti olahraga..

makasih ni info nya oom, kalau besar atau kecil burungnya pengaruh juga di panjang atau pendek kicau nya gak ya?

maaf banyak tanya, maklum pemula oom

sonny_71
7 November 2010, 10:00 PM
knp kenari saya makan mulu ya n bulu nya kadang ga beraturan dan blum bunyi2?tlng pencerahan nya

rusli nba
12 November 2010, 06:02 PM
mantaff pisan artikelnya para master mania saluth =D> ...pemula mau nanya nie klo kenari yang biasa dilombakan biasanya kenari jenis yang mana ya soalnya sy bingung bedain kenari f1,f2 dll,trus cara bedainnya gimana?

padhe.hilal
12 November 2010, 10:08 PM
top markotop infonya....ijin ikut nyimak

huntu90
24 November 2010, 07:12 PM
top infonya ...
tapi ada yg ngasih tau, kalo kenari yg udah dikawinin suaranya bakal turun ... apa bener om ...
mohon pencerahannya

agungkurniawan239
3 December 2010, 10:31 PM
om mau naya masalah kenari holand, kelebihan nya apa sih

ahoeda riyadi
4 December 2010, 10:44 PM
Tips Ringan Memilih Kenari untuk Kontes
Kadang kita memelihara burung kenari dirumah hanya untuk didengar suara merdunya atau sambil melihat corak warna yang indah. Pernahkah terlintas dibenak kita, pada suatu saat kenari kita tsb dapat diturunkan dalam arena kontes?
Kadang ada pendapat yang mengatakan kalo kita ingin main burung dikontes, carilah burung di arena kontes pula. Itu benar, dan sayapun setuju, tapi yang perlu diingat harga burung dikontes pasti mahal-mahal. Bagaimana dengan kita yang belum sanggup untuk mengeluarkan biaya yang mahal, tapi sudah ingin turun kontes? terutama untuk kelas kenari.
Berikut tips2 ringan yang mungkin bisa membantu kita dengan modal yang terbatas tapi bisa mendapatkan kenari yang cukup andal dikontes:
1. Pilihlah Kenari Jantan (sdh berbunyi). Hal ini mutlak, dan tidak bisa diganggu gugat.
2. Perhatikan postur tubuh, tidak cacat, lincah, warna yang indah (kalo tidak ada, tidak apa2). Dan yang perlu diingat, kenari tidak boleh kegemukan, jika gemuk ia akan malas berbunyi.
3. Simaklah bunyi kenari tsb. Apakah lagunya bagus? Panjang? Nyaring (tebal)?
Lagu: kalo kita belum terbiasa mendengarkan lagu kenari yang bagus, kita harus sering2 mendengarkan kenari rekan2 kita yang sdh juara dikontes (sebagai perbandingan). Kalo tidak ada pembanding, kita dengarkan saja dengan perasaan, apakah kita merasa terhibur dengan lagu yang didendangkan olh kenari tsb atau tidak .
Panjang: Lagu yang dilantunkan haruslah panjang, bervariasi, tidak dengan tiba2 putus ditengah lagu (harus ada ujung akhiran lagu yang enak)
Nyaring: Agak sulit mendengarkan suara kenari yang nyaring, jika tidak ada pembanding. Jika kenari yang akan dibeli bisa dipinjam/dites terlebih dahulu, maka sekali lagi bandingkanlah dengan kenari kontes rekan2 kita. Jika tidak bisa, coba perhatikanlah leher kenari yang akan dibeli saat berbunyi, apakah pada bagian lehernya akan menonjol kedepan. Jika ya, biasanya volume suaranya nyaring.
4. Perhatikan gaya kenari tsb saat bernyanyi.
Gaya: gaya yang baik jika saat bernyanyi kenari tsb menurunkan kedua sayapnya, bisa juga direntangkan, dan berjalan kekanan dan kekiri. Kadang ada kenari yang akan mengeluarkan gaya tersebut jika melihat kenari jantan yang lain. Oleh karena itu, kita perlu tes dengan kenari jantan lain.
5. Lihat apakah selama berbunyi kenari tsb ngotot.
Ngotot: Biasanya kenari yang ngotot akan ikut berbunyi jika ada kenari jantan lain yang dilihatnya berbunyi. Jadi mereka akan saling bersahut2an/tidak mau kalah dalam berbunyi. Ada tips yang cukup terbukti utk melihat ke-ngotot-an seekor kenari. Coba bawalah/tes telebih dahulu kenari tsb dengan kenari rekan2 kita yang sudah juara, apabila saat dites kenari kita terlihat ngotot dengan kepunyaan rekan kita tsb, maka kenari kita tsb sdh bisa dibilang ngotot.
6. Harus mempunyai mental lapangan yang bagus.
Ini bagian yang tersulit dalam memilih kenari. Terkadang ada kenari yang sdh memenuhi syarat2 tsb diatas, tetapi tidak mempunyai mental lapangan. Sehingga saat di arena kontes kenari tsb tidak bekerja/berbunyi sesuai harapan.
Hal inilah yang melatari perkataan saya, mengapa saya setuju dengan anggapan untuk membeli kenari kontes harus diarena kontes, karena kita disana sdh bisa melihat mental lapangan seekor kenari.
Namun mental lapangan bisa dibina al dengan cara:
 Mengantungkan kenari kita ditempat yang sering dilewati orang dan kendaraan serta berisik. Seperti dipinggir jalan depan rumah.
 Sesering mungkin membawanya untuk berjalan-jalan jauh. Bisa saat latber atau ngetes dengan temen2 yang rumahnya jauh.
 Buatkanlah kandang umbaran, untuk stamina yang fit bagi burung.

Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.
Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……(pga 6/04/06)

thread yg bagus om terimaksih atas ilmu nya

elang9
13 January 2011, 04:03 PM
good news....good information...
rekan KM ada yang tau breeder kenari "bagus" di Lampung??
mohon infonya dunk.....(sory oot)

armon77
16 February 2011, 07:14 PM
Bagus nieeh Tipsnya..
semoga Saya tidak ketipu kalau mau cari kenari kontes

Thx

mahdinesia
16 February 2011, 07:29 PM
mantap ilmunya.. Ijin nyimak

FREDY TJA
16 February 2011, 08:14 PM
Nice Share

echosanto50
16 February 2011, 10:09 PM
mantapzzzzzz......
sharenya OK.........OM??

deny13
18 February 2011, 11:03 AM
artikel hebat nie.....^:)^

black volltury
18 February 2011, 11:13 AM
thank info ny om.,.
tpi kata ny Kn itu sensitiv y om.,.,??

jasminetea
22 February 2011, 12:33 AM
Mantap nih infonya.....nice inpo om :)>-

cicicuit
4 March 2011, 06:07 PM
muantap, top markotop, share nya sangat bermanfaat om, ijin nyimak :D

Ony T
5 March 2011, 07:56 AM
=D>=D>=D>
Yahud sharenya.=D>=D>

kepodang
5 March 2011, 11:12 AM
http://i1109.photobucket.com/albums/h428/awanmegantoro/Cilukbaa017.jpg

mau tanya ni om.....ni kenari saya kegemukan ga ya om??? bisa kontes ga ya om...

agaspino
25 March 2011, 02:53 PM
manstabbbs, tambah ilmu lg... :D:D:D

kepodang
25 March 2011, 04:36 PM
http://i1109.photobucket.com/albums/h428/awanmegantoro/Cilukbaa017.jpg

mau tanya ni om.....ni kenari saya kegemukan ga ya om??? bisa kontes ga ya om...

ga jadi kontes om...jadi perempuan aja ni kenari....mau jadi ibu2...~X(~X(:((:((

mas dody semarang
26 March 2011, 09:33 PM
trima kasih artikelnya om.sangat menambah wawasan

ABAH ANCHOUK
14 April 2011, 08:24 PM
Trims inpohnya ya om,
Ane lagi bingun nih para suhu dan senior semua, KN ane kalo hobi bunyi kenceng sambil nagkring di jeruji nih om, mohon pencerahan para pakar semua, tenkyu belumnya.....

chonk52
14 April 2011, 11:22 PM
Mantab banget ne infonya....
Menginspirasi buat para pemula KN...
Thanks banget om...

brendy
29 July 2011, 05:27 PM
thanks infonya ya para master, referensi bagus nih buat newbie kaya aq! bener2 diulas tuntas deh...

c@hangonteam
10 August 2011, 06:49 AM
good info

fikri1000
23 August 2011, 12:37 PM
thks atas ilmunya

achmaddinuri79
1 September 2011, 02:05 PM
mantab nich thread
ampe kebelinger bacanya ;)
bisa2 bini dirumah marah lagi aja gara2 kegilaan kenari lg :P

weinaer
9 September 2011, 07:08 PM
Tips Ringan Memilih Kenari untuk Kontes
Mungkin inilah tips2 yang bisa saya berikan kepada rekan2 sesama pecinta kenari, khususnya yang baru ingin bermain kenari. Mengapa saya beranikan menulis ini? Karena…..,saya dulu sering ketipu saat memilih kenari.
Tapi ingat, ini adalah dasar2 dalam memilih burung kenari kontes. Jadi, burung tidak akan langsung menjadi juara walaupun telah mengikuti tips ini. Perlu perawatan yang rutin yang sesuai dengan karakter burung kita.
Saya juga mohon rekan2 kiranya dapat memberikan masukan dan tanggapan atas kekurangan tulisan ini, saya tunggu masukan dan tanggapannya……(pga 6/04/06)

pengalaman emang mahal harganya om, seperti saya baru memulai beli kenari udah ketipu soalnya belum baca trit ini.
makasih om

emang

mikas07
12 September 2011, 10:46 AM
nice info om coz ane mau cari kenari sore ini....

masno
12 September 2011, 11:15 AM
mantab infonya...ijin cap pos

dedd_raw
19 September 2011, 11:24 PM
thx info na om.......
sukses slalu ea......

ujungpensil
15 October 2011, 11:26 AM
nice info

cool ice
24 October 2011, 07:52 PM
newbie :-B:-B:-B:-B:-B:-B:-B:-B:-B
ikut nyimak

ayrus
31 October 2011, 10:21 PM
thks atas ilmunya
thanks infonya ya para master, referensi bagus nih buat newbie kaya aq! bener2 diulas tuntas deh...

Bolodewo
25 November 2011, 02:00 AM
Kalau suatu misal kenari iTu masih muda Dan Kadang suara masih putus d tengah , tpi kalau pas panjang jga bisa d kategorikan panjang, suara lantang (perkiraan suara blom sepenuhnya pecah)... Yg saya tnyakan, apakah suara putus d tengah (kadang2) iTu bisa sembuh? Atau hnya factor kegemukan dri kenari tersebut...??

jauhar
25 November 2011, 03:23 AM
Kalau suatu misal kenari iTu masih muda Dan Kadang suara masih putus d tengah , tpi kalau pas panjang jga bisa d kategorikan panjang, suara lantang (perkiraan suara blom sepenuhnya pecah)... Yg saya tnyakan, apakah suara putus d tengah (kadang2) iTu bisa sembuh? Atau hnya factor kegemukan dri kenari tersebut...??

Bisa jadi penyebab kenari putus2 di tengah karena dua om: faktor masih muda dan/atau kegemukan. Klo faktor masih muda, bisa di-treatment seperti ini om:
1. Dekatkan dengan kenari yg sudah gacor. Namun jangan langsung dipertemukan/jangan saling lihat, tp cukup didengarkan suaranya saja. Klo tidak ada kenari gacor/jadi, setel kaset suara kenari yang bagus melalui perangkat elektronik misalnya, HP (suara kenari bs dicari di thread ini).
2. Pertemkan kedua kenari tadi (dengan saling melihat satu sama lain) setelah beberapa hari (cukup dengan jarak 3 meter), tp keadaan saling melihat itu jangan dilakukan setiap hari, tp cukup 2 kali seminggu saja.
3. Jangan lupa untuk menjemur kenari setiap hari (2 s/d 4 jam) dengan makanan dan minuman yang sedikit saja, sambil disiapkan cepuk besar untuk mandinya). Setelah dijemur, pindah kenari ke tempat teduh. Lalu berikan EF (sayur2an/buah2an) sambil ditambahkan air minum + vitamin/suplemen khusus kenari.
4. Biasakan kenari dikerodong malam hari untuk menghindari gigitan nyamuk/serangga lain. (untuk no. 4 ini, saya tidak praktekkan, tp kenari saya oke2 sj & slalu gacor owor-owor, hehehe .... Tp pernh juga sih kenari saya bengkak-merah kakinya kena gigitan nyamuk/serangga, llu saya olesi minyak tawon selama 3 hari, dan sembuh/sehat kembali setelah itu).

Nah, klo faktor kegemukan, saran saya, jangan kasih telur lebih dahulu selama beberapa minggu/bulan om, tp cukup sayur2an/buah2an saja EFnya. Dan klo mau lebih ekstrim lagi (tp saya belum pernh praktekkan), jangan beri makanan pokok-nya om, terutama kenari seed, tp berikan sayur2an sj selama beberapa minggu.
Mungkin itu aja om share saya.
Maap klo ada yg keliru ...:D

eko teguh
3 August 2012, 04:02 PM
bikin sangkar umbaran aaahhhhh

fandi84
17 July 2013, 01:26 PM
keren bgt ni tipsnya om dalam memiliih kenari kontes semua kenari white saya bisa di jagokan juga tapi sayang sampai sekarang bellum bunyi" juga :(:(

ahends
25 July 2013, 01:57 PM
Waduh bagus banget infonya, adi nambah ilmu lagi, makasih, salam kenal om

opaaaan
25 July 2013, 06:34 PM
Kalau jenisnya adakah yang menjadi favorit para pemain KN ?

Michael1610
30 July 2013, 02:44 PM
Klo kandang umbaran gak ada bisa gak pake kandang ukuran 40 x 40 x 60?

hendroskyline
31 July 2013, 09:17 AM
mantabss om tambah ilmu lagi nih :D

fandi84
4 August 2013, 08:14 PM
tips yg sangat menarik,saya juga sering salah memilih

Bangras
3 October 2013, 06:47 PM
Makasih Gan
kalo beli anakannya gmn gan ?
tapi anakannya udah bisa makan buah2an dan biji2an

kopi
27 October 2013, 09:01 AM
nice info
kepengen nyoba maen dikenari ada trik khusus ga dari mulai cara perawatan yang baik, asupan makan yang bergiji, serta cara masternya gimana yang cocok.

42d3e78f26a4b20d412==