PDA

View Full Version : Kenari kena kutu ?



lilik
1 July 2006, 07:57 AM
Mohon bantuan dari rekan-rekan pakar kenari,

Saya punya kenari beli bahan dari Pramuka kira-kira 3 bulan yg lalu, yg ingin saya tanyakan :
1. Kira-kira umur berapa kenari mulai "bunyi",krn sampai sekarang baru bunyi
ciet-ciet sama crit-crit doang:mad: :mad: ....(udah gatal pengen denger
nyanyiannya).
2. Beberapa hari ini kok dia suka garuk-garuk badannya:confused: , krn.
mungkin dia kena kutu maka saya coba semprot pakai air rendaman daun
sirih, sudah benarkah cara saya ini ?

Terima kasih atas jawaban yg diberikan:p :p .

Salam kicau mania.

andre
1 July 2006, 10:02 AM
menurut saya benar dan sangat alami

hary
1 July 2006, 10:25 AM
Kalo rebusan air daun sirih gmana? mungkin zat2 yang didalam daun bisa kita manfaatkan maksimal. Jemur rutin dan kebersihan kandang yang utama, bisa dipegang aja tuh burung lalu dibasuh dengan air sirih tadi kalo air sulit meresap ke sela sela bulu krn lapisan minyak pd bulu,basuh dulu dengan air + rodalon sesuai dosis tercantum, biasanya saya kurangi dosisnya dikit.

lilik
5 July 2006, 09:45 PM
Om Hary, yg saya maksudkan memang rebusan air daun sirih.
Pada awalnya saya semprot sampai basah, tetapi saya amati kok tidak semua bulunya basah akhirnya kenarinya saya pegang trus saya ceburin ke dalam ember kecil yg berisi air daun sirih, saya gosok-gosok bulunya sampai kulitnya ikut basah juga. Begitu selesai langsung saya angin-anginkan dulu di tempat adem (maksudnya biar airnya meresap ke sela-sela bulu & permukaan kulit) kurang lebih selama 15 menit baru kemudian saya jemur sampai bulunya kering.

Cara ini sudah saya praktekkan selama tiga hari berturut-turut & alhamdulillah kenarinya jadi berkurang garuk-garuk badannya.

Om Hary kalau "rodalon" itu belinya dimana ? efektif sekali yaa...

LionKing
6 July 2006, 12:49 PM
Kalo rebusan air daun sirih gmana? mungkin zat2 yang didalam daun bisa kita manfaatkan maksimal. Jemur rutin dan kebersihan kandang yang utama, bisa dipegang aja tuh burung lalu dibasuh dengan air sirih tadi kalo air sulit meresap ke sela sela bulu krn lapisan minyak pd bulu,basuh dulu dengan air + rodalon sesuai dosis tercantum, biasanya saya kurangi dosisnya dikit.

Apa rodalon tidak berbahaya kalau langsung dikenakan ke badan burung? Karena kalau baca petunjuknya, Rodalon digunakan untuk semprot kandang
*(O)**(O)**(O)**(O)*, sapi dll. CMIIW
Saya menggunakan Rodalon juga untuk semprot sangkarnya, tetapi saat burungnya tidak berada didalam.

hary
7 July 2006, 09:55 PM
Kalo di tempat saya sih gak pernah ada masalah sih pake Rodalon.
Saya pake untuk semua momongan saya (WS, BT cs, ayam serama, dll).
Karena konsentrasinya emang udah diuji coba jadi aman biarpun ketelan ama BT,cs. Asal jangan main semorot aja ntar masuk hidung kan gawat.
Dan perhatikan betul dosis pemakaian,kalo untuk semprot kandang doang gak papa overdosis dikit.
Menurut info yang saya terima dari temen2 yang emang kompeten untuk ini bahwa, banyak virus dan bakteri di luar dan di badan burung itu sendiri, biarpun rajin mandi, dan tuh penyakit selalu punya lapisan minyak sebagai proteksi diri maka dengan rodalon akan menupas lapisan lemak dari virus dan bakteri, kalo tanpa lapisan lemak maka virus cs akan mati dengan sendirinya.
Hanya sedikit yang saya tahu om, dari para dokter manusia, dokter hewan dan para veterinarian.
Sebagai contoh waktu ada semprotan massal untuk penanggulangan virus AI juga menggunakan Rodalon yang berbasis detergent.
Ada juga virus yang hanya mati dengan kandungan Chlorin, Kalium, Formaline dll.
Rodalon pasti tersedia di pasar burung atau suplier makanan ternak (ayam,burung dll) murah dan kagak habis2. Jangan yang lebih murah dari Rodalon om. Belum coba soalnya hhehe...

Sugeng WKm
8 July 2006, 11:05 AM
Kalo terlalu banyak kutunya, sy sarankan pakai MUSHI saja. Lebih cepat hilang
kutunya. 1 gelas MUSHI dicampur 1 gelas air biasa saja. Semprotkan perlahan
saja sampai basah. Hati-hati jangan sampai kena mata, hidung atau telinganya.
Saya sudah coba ke kenari saya setahun yg lalu. (Tapi jangan tuk AM ya...)

soponyono
20 July 2006, 03:26 PM
Mohon bantuan dari rekan-rekan pakar kenari,

Saya punya kenari beli bahan dari Pramuka kira-kira 3 bulan yg lalu, yg ingin saya tanyakan :
1. Kira-kira umur berapa kenari mulai "bunyi",krn sampai sekarang baru bunyi
ciet-ciet sama crit-crit doang:mad: :mad: ....(udah gatal pengen denger
nyanyiannya).
2. Beberapa hari ini kok dia suka garuk-garuk badannya:confused: , krn.
mungkin dia kena kutu maka saya coba semprot pakai air rendaman daun
sirih, sudah benarkah cara saya ini ?

Terima kasih atas jawaban yg diberikan:p :p .

Salam kicau mania.

1. Kira-kira umur berapa kenari mulai "bunyi",krn sampai sekarang baru bunyi
ciet-ciet sama crit-crit doang:mad: :mad: ....(udah gatal pengen denger
nyanyiannya).
- kalau kenarinya jelas co biasanya usia 2-3 bln udah mulai ngeriwik..jemur cukup 2 jam tiap hari rutin..jgn lupa menu+EF(sayuran,buah,telur puyuh)

2. Beberapa hari ini kok dia suka garuk-garuk badannya:confused: , krn.
mungkin dia kena kutu maka saya coba semprot pakai air rendaman daun
sirih, sudah benarkah cara saya ini ?
- rebusan daun sirih memang manjur buat ngilangin kutu..untuk kenari sebaiknya air rebusan daun sirih tsb ditaruh di tempat khusus buat mandi kenari, biarkan kenari mandi sendiri sesuai dgn kemauannya..kl kita semprot takunya kena hidung dan efeknya hidung bisa tersumbat..

mohon koreksinya,

42d3e78f26a4b20d412==