PDA

View Full Version : MURAI BATU KEMBANG



sh
8 December 2006, 05:03 AM
Percakapan mengenai MB memang suatu hal yang mengasyikkan. Memiliki burung Murai Batu adalah hal yang menyenangkan. Menyenangkan karena dari bentuk fisik MB adalah burung yg relatif indah dan enak dipandang (eye catching istilah kerennya). Dengan suara yang nyaring dan sangat banyak variasinya, maka lengkaplah rasanya kesenangan dalam memelihara MB.
Namun dalam pemilihan MB kita musti berhati hati, sebab tidak semua jenis MB mempunyai kesitimewaan. Ada MB Sumatera tertentu yang bukan menjadi pilihan utama. MB ekor hitam /Nias/Pagai/Mentawai sudah lama kita kenal sebagai MB yang bukan menjadi pilihan utama penggemar MB. MB ekor hitam ini terkenal mempunyai mental yang kurang optimal bila diadu dengan MB lain.
Namun ada satu jenis MB lagi yang juga bukan pilihan utama yaitu MB ekor trotol hitam putih atau MB Kembang atau MB Ekor Blorok. Mungkin banyak penggemar MB yang belum pernah melihat MB jenis ini.
MB ini mempunyai ciri fisik : Berbadan besar dan panjang serta ekor yang panjang pula. Namun yang paling menonjol adalah bulu putih di ekor bagian bawah yang berupa bulatan bulatan. Bulu putih ini sebesar kuku jari tangan kita dan menyebar beberapa titik di ekor bawah . Secara sekilas MB enak dilihat karena mempunyai fisik yang besar dan ekor yang panjang yang pada umumnya lemas dibagian ujung, sehingga apabila terkena angin maka ujungnya agak sedikit melambai lambai karena saking panjang dan lemas di bagian ujung.
MB jenis ini kebanyakan bersuara cukup lantang karena memang didukung fisiknya yang besar.
Namun MB jenis ini tidak mempunyai ketahanan yang cukup pada saat dia beraksi mengeluarkan suaranya. Penjelasan logis terhadap hal ini adalah karena ekornya yang demikian panjang yang tentunya sangat banyak menghabiskan energi pada saat MB mengeluarkan bunyi sambil mengangkat ekornya. Mengangkat ekor yang sangat panjang tentu akan menguras energi si MB, bagaimana tidak menguras energinya kalau panjang ekornya mencapai 30 cm bahkan ada beberapa lebih panjang ?
Dari pengamatan saya selama ini juga belum pernah menemui MB Blorok / Kembang ini menjadi juara di lomba besar. Bahkan juga tidak di lomba kecil.
Harga jual juga relatif rendah karena secara fakta memang kurang diminati. Apabila kita membeli MB ini dengan harga tinggi, maka bersiap siaplah untuk merugi banyak pada saat menjualnya kembali.
Jadi kalau masih banyak MB ekor normal, mengapa memilih ekor blorok ?

goes
8 December 2006, 11:22 AM
Jangan2x MB trotol gw nih yg beli di Pramuka. Wah om syukur ada2x aja nih. Tapi asik juga nih ada pakarnya MB. Coba om syukur liatin pict mb trotol saya yah.TQ. http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK4.jpg
http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK3.jpg
Apa ini yah yg dimaksud MB Kembang?

sarp
8 December 2006, 11:54 AM
Dari pengamatan saya selama ini juga belum pernah menemui MB Blorok / Kembang ini menjadi juara di lomba besar. Bahkan juga tidak di lomba kecil.
Harga jual juga relatif rendah karena secara fakta memang kurang diminati. Apabila kita membeli MB ini dengan harga tinggi, maka bersiap siaplah untuk merugi banyak pada saat menjualnya kembali.
Jadi kalau masih banyak MB ekor normal, mengapa memilih ekor blorok ?

hehehe... Om syukur ngamatin burung dari tahun berapa Om?
soalnya temen saya pak Imam (dulu dikenal si barokokok) pemain burung tahun 1990-an pernah punya murai batu blorok dan murai batu kepala putih (kayak pake topi haji) dia dapetnya di bandung, dirawat beberapa lama dan kemudian dilombakan di cibubur pada tingkat nasional (ini lomba besar bukan ya?) dapet juara 2 dan 3 (kalo saya gak salah) dan langsung diboyong orang dengan harga beberapa puluh juta
kalo perlu teleponnya pak Imam/barokokok, hubungi saja saya
kalo saya berusaha miara burung bahan supaya jadi burung jadi dan bukan sebaliknya beli burung jadi malah jadi burung bahan :D

salam
pras
0815 1858864

soponyono
8 December 2006, 11:58 AM
om tolong kasih pict MB kembang yg seperti om syukur blg..
apakah benar seperti MB om goes???

Apabila kita membeli MB ini dengan harga tinggi, maka bersiap siaplah untuk merugi banyak pada saat menjualnya kembali.

ane siap nampung..kl ada yg body super ekor panjang..gpp lah buat koleksi..

ron
8 December 2006, 11:58 AM
om goes itu trotolan lo dari pramuka ato jatayu ??

GILEEE......!!!!
bentuk kpala ama paruhnya PERSIS ama si samsons !!!!!!
paruh tebel n nyambung ama kpala...
kpala ceper...
alis ngangkat....
TOP....!!!!!

gua bayarin deh.....

cj
8 December 2006, 12:16 PM
Kalau saya kagak masalah .. apakah tuh MB kembang kek .. atau MB blorok .. yg penting kalo dilihat sedep ... duh ayem .. nyes .. wes wes bablas angine ...

Kemaren lihat MB trotol di pramuka duh tongkrongannya .... waktu itu banyak yg lihat, dah dipegang calo .. minta 1 juta ....

Eh kena orang LIPPO 650 rb ... GEDE banget tuh ...., NGiler dah

Di Laguna (lapangannya yg telah tiada), waktu itu ada MB ekor item juara !, juga di waktu yg lain MB Blorok juara 2 ...

jadi ya kalo emang MB enak dipandang WHY NOT .... Sory om Syukur ... NO HARD FEELING !

Krn misi saya kolektor MB, dp pada koleksi AM tau AK ...

ron
8 December 2006, 12:32 PM
om syukur posting MB abun yg kemaren dpt donk.....
penasaran neh hehehe......

cj
8 December 2006, 12:34 PM
Om Ron stay on topic MB Kembang except MB nya Kembang ya ...

ron
8 December 2006, 12:40 PM
Om Ron stay on topic MB Kembang except MB nya Kembang ya ...

sori bos...:D
soalnya kl dah ngomong MB ane suka lupa diri....:D

back to topik...
jadi MB nya om goes itu termasuk jenis kembang bukan ??

btw benar kan om copral, tongkrongannya mb om goes persis ama si samsons ??

goes
8 December 2006, 12:51 PM
Terus terang ane g peduli MB ane dr mana, yg pasti emang ane g suka sm MB yg ekornya item semua(g ada variasi warna di ekornya), tp ane punya msh ada warna putihnya khan,hehehe. Ane colok MB itu di Pramuka krn liat bodynya, paruhnya dan lincah. Perkembangan tuh MB skr, bukan ngeriwik lg tp udah ngemplong, n kadang2x ngerol2x. Tiap hari Sounic Master on (24 jam- Gerejaan), tambah CJ disampingnya + 3 Branjangan didepannya.
Kalo emang itu bener MB Kembang, ya gpplah buat koleksi dirumah, sukur2x nantinya bisa tampil dilapangan. Tapi apa bener ini yg dimaksud MB kembang? Biar Rekan2x KM yg lain kali kalo ke psr burung, bisa tau jenis MB yg dipilih.

SALAM KM

sh
8 December 2006, 12:57 PM
hehehe... Om syukur ngamatin burung dari tahun berapa Om?
soalnya temen saya pak Imam (dulu dikenal si barokokok) pemain burung tahun 1990-an pernah punya murai batu blorok dan murai batu kepala putih (kayak pake topi haji) dia dapetnya di bandung, dirawat beberapa lama dan kemudian dilombakan di cibubur pada tingkat nasional (ini lomba besar bukan ya?) dapet juara 2 dan 3 (kalo saya gak salah) dan langsung diboyong orang dengan harga beberapa puluh juta
kalo perlu teleponnya pak Imam/barokokok, hubungi saja saya
kalo saya berusaha miara burung bahan supaya jadi burung jadi dan bukan sebaliknya beli burung jadi malah jadi burung bahan :D

salam
pras
0815 1858864

Om Pras, memang tidak mustahil MB yg dianggap under dog menjadi juara. Saya pernah lihat MB ekor hitam dapat nomor 3 di lomba lokal di Padang. Untuk MB kembang saya baru tahu ada juara dari Om Pras, dan saya percaya, karena memang sekali lagi hal itu tidak mustahil.
Btw, kalau burung2 Pak Rahmat Hermawan itu burung2 bahan yg prospek atau burung2 bagus yg menjadi burung2 bahan Om ?
Om Pras tahu dong kan pernah kesana mau borong burung2 Beliau, tapi nggak jadi eeeeh malah dihibahin TRUCUKAN.

sh
8 December 2006, 01:03 PM
Jangan2x MB trotol gw nih yg beli di Pramuka. Wah om syukur ada2x aja nih. Tapi asik juga nih ada pakarnya MB. Coba om syukur liatin pict mb trotol saya yah.TQ. http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK4.jpg
http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK3.jpg
Apa ini yah yg dimaksud MB Kembang?

MB Om Goes BUKAN TERMASUK MB KEMBANG, karena putihnya masih memanjang. Warna putih berbagi hampir sama dengan warna hitamnya di setiap lembar ekornya. Kalau MB Kembang putihnya blorok blorok.
Kalau Om Goes nggak percaya sini aku beli MB Om Goes dgn harga sepakat. Berani Om Goes.?

ron
8 December 2006, 01:10 PM
om goes cara masang ringnya gmn ??
ato emank dari pramuka udah ada ringnya ??

goes
8 December 2006, 01:16 PM
om goes cara masang ringnya gmn ??
ato emank dari pramuka udah ada ringnya ??

Ane suruh pedangangnya yg masukkin ringnya itu, kalo kita2x yg msh awam bisa pd patah2x tuh jarinya,hahaha. Yang pasti dipakein oil dulu kakinya sebelum dimasukkin ring. Tapi liat2x jg besar kecilnya kaki trotolan itu ada yg bisa ada yg ngga bisa juga loh. Temen ane punya udah g bisa krn kakinya besar.

goes
8 December 2006, 01:18 PM
MB Om Goes BUKAN TERMASUK MB KEMBANG, karena putihnya masih memanjang. Warna putih berbagi hampir sama dengan warna hitamnya di setiap lembar ekornya. Kalau MB Kembang putihnya blorok blorok.
Kalau Om Goes nggak percaya sini aku beli MB Om Goes dgn harga sepakat. Berani Om Goes.?

hua,hahaha, ampun om syukur, ane punya jgn digotong ke G.putri lagi, cukup punyanya om ron aja yah. Thanks attentionnya om.

sh
8 December 2006, 03:32 PM
hua,hahaha, ampun om syukur, ane punya jgn digotong ke G.putri lagi, cukup punyanya om ron aja yah. Thanks attentionnya om.

Tunggu sampai saya ke rumah Om Goes........BEWARE......

Widodo3C
8 December 2006, 04:26 PM
Di Jabodetabek sendiri pernah ada MB ekor Hitam yang juara dilomba besar maupun kecil. Burung itu memang dasyat isiannya. Namanya Black-Jack yang punya seorang teman dari Bogor namanya Dadang. Tapi sekarang dia bersama Faisal-Cipinang lebih suka menjadi organiser lomba burung. Mngk besok minggu dia datang jg ke cibubur. Informasi yg aku dapat MB itu ditransfer 75 jt oleh seseorang dari sumatera. Kalau untuk MB blorok, pernah jg ada yang juara di lomba kecil ataupun latber ( krn tidak pernah di bawa ke lomba besar, nggak kuat beli tiketnya... hee..he.. ). MB ini adalah kepunyaanku sendiri. Tapi sekarang sudah koit. MB ini aku angkat dari H. Sokip ( cipinang ) melalui perawatnya Rokhim ( yg kiosnya di Cipinang terletak di tengah-depan ).
Dan sepengetahuanku memang Mb-2 jenis tsb tidak sebanyak MB medan/lampung yg bisa moncer di lapangan. J

Widodo3C
8 December 2006, 04:26 PM
Di Jabodetabek sendiri pernah ada MB ekor Hitam yang juara dilomba besar maupun kecil. Burung itu memang dasyat isiannya. Namanya Black-Jack yang punya seorang teman dari Bogor namanya Dadang. Tapi sekarang dia bersama Faisal-Cipinang lebih suka menjadi organiser lomba burung. Mngk besok minggu dia datang jg ke cibubur. Informasi yg aku dapat MB itu ditransfer 75 jt oleh seseorang dari sumatera. Kalau untuk MB blorok, pernah jg ada yang juara di lomba kecil ataupun latber ( krn tidak pernah di bawa ke lomba besar, nggak kuat beli tiketnya... hee..he.. ). MB ini adalah kepunyaanku sendiri. Tapi sekarang sudah koit. MB ini aku angkat dari H. Sokip ( cipinang ) melalui perawatnya Rokhim ( yg kiosnya di Cipinang terletak di tengah-depan ).
Dan sepengetahuanku memang Mb-2 jenis tsb tidak sebanyak MB medan/lampung yg bisa moncer di lapangan.

LeoN0211
8 December 2006, 06:29 PM
liatin pict mb trotol saya yah.TQ. http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK4.jpg
http://i143.photobucket.com/albums/r148/murai69/MBPMK3.jpg
Apa ini yah yg dimaksud MB Kembang?

berarti nich jenis MB darimana dong...:confused: :confused:
ayo rekan2 KM yang tau...beri informnya...
klo yang punya,om goes dari mana nich MBnya...:rolleyes:

sh
8 December 2006, 07:31 PM
Meskipun ada beberapa MB Kembang dan MB Ekor Hitam juara, tapi saya tetap yakin bahwa dihati kecil kita tetap lebih suka ekor normal ( untuk kualitas yg seimbang).

niceguy
9 December 2006, 12:18 AM
dalam hati kecilku lebih suka MB hibahan,,,,,,,,,,,,, gak perduli darimana datangnya hehehe

Roels
9 December 2006, 11:39 AM
Kalo ada MB blorok/kembang dengan ciri2 seperti yg Oom Syukur deskripsikan tsb saya mau menampungnya. Harga murah kan Oom??? hehehe...

sh
9 December 2006, 12:06 PM
Kalo ada MB blorok/kembang dengan ciri2 seperti yg Oom Syukur deskripsikan tsb saya mau menampungnya. Harga murah kan Oom??? hehehe...
Om Roels,
Memang kalau MB Kembang jarang yang berani mahal, ini kan berarti apa yg saya tulis diatas adalah benar. Bagaimanapun bagusnya MB Kembang tapi tetap saja ada yg kurang ketika kita melihat ekornya yg blorok. Dan rata2 memang orang nggak berani beli mahal, kecuali yg berprestasi seperti yg diceritakan beberapa rekan di atas.

Roels
9 December 2006, 12:38 PM
Iya Oom.. makanya saya justru minat..
Soalnya saya ga ada orientasi buat lomba, sekedar buat 'rungon-rungon' di rumah aja Oom..

Bayangin deh... tidak perlu beli mahal2, udah dapet MB yang... body gede, buntut panjang, suara keras/tebal, biarpun kalo fight kurang maksimal krn energi cepet habis buat angkat2 ekor gak masalah.. wong buat di rumah aja kok.

Apalagi yg itu.. ujung buntutnya melambai2 klo kena angin.
Wuihh.... pasti sedap sekali tuh buat temen nge-teh plus ngemil gedhang goreng kalo lagi capek sore2 abis pulang nguli :D :D :D

sh
9 December 2006, 01:14 PM
Memang benar Om Roels, kalau sdh punya burung, mau dilombakan kek mau ditonton sendiri kek itu terserah kita. Toh kita kok yang punya burung.
Om Roels, MB KEMBANG itu rata2 diakui oleh pemilik/penjualnya sebagai MB Medan.
Memang MB KEMBANG ini konon rata2 berasal dari Sumatera Utara yg berbatasan dgn Aceh dan juga berasal dari Aceh. Sehingga memang masuk kategori MB MEDAN.
Seperti yang saya sebut diatas, bahwa harga beli pasti tinggi tapi harga jual jauh lebih murah. Contohnya saja Om Roels yang nggak berani beli harga tinggi kan?
Sekali lagi, untuk kualitas dan harga yg relatif sama, maka jika dibandingkan dgn MB Medan ekor biasa maka MB KEMBANG relatif kurang diminati.

Mustika Areffa
9 December 2006, 04:45 PM
dalam hati kecilku lebih suka MB hibahan,,,,,,,,,,,,, gak perduli darimana datangnya hehehe

setuju banget bro :D

ron
11 December 2006, 09:27 AM
kmrn saya dapat masukan dari pakar MB (saya blg pakar krn pialanya udah 2 mobil L300 n dibuang pula), mnrt beliau MB yg mental fighternya kuat adalah MB yang ekor putihnya ada bercak hitamnya kayak yg di trotolannya om goes itu....
rata2 saya liat jagoan dia pasti di ekor putihnya ada bercak hitamnya (bukan MB kembang loh ya)....
CMIIW....

YP Linge
11 December 2006, 12:35 PM
hehehe... Om syukur ngamatin burung dari tahun berapa Om?
soalnya temen saya pak Imam (dulu dikenal si barokokok) pemain burung tahun 1990-an pernah punya murai batu blorok dan murai batu kepala putih (kayak pake topi haji) dia dapetnya di bandung, dirawat beberapa lama dan kemudian dilombakan di cibubur pada tingkat nasional (ini lomba besar bukan ya?) dapet juara 2 dan 3 (kalo saya gak salah) dan langsung diboyong orang dengan harga beberapa puluh juta
kalo perlu teleponnya pak Imam/barokokok, hubungi saja saya
kalo saya berusaha miara burung bahan supaya jadi burung jadi dan bukan sebaliknya beli burung jadi malah jadi burung bahan :D

salam
pras
0815 1858864


Boss,

Om Pras bener. Kualitas MB gak bisa kita nilai dari kelainan fisik semata, apalagi cuma berdasarkan kelainan kosmetik dan bukan dari kelainan fungsional (cacat). jadi janganlah kita lgsg menjudge suatu statement yang bisa membuat opini orang goyah, terutama bagi pemula.
MB blorok, MB kepala putih,MB kepala trotol putih (ubanan) apalagi MB yang ekornya panjang.. dalam sejarah kontes2 burung yang pernah ada..walaupun kecil (latber, dsb), smua MB yang disebut diatas pernah ada yang dapat nomer dulunya. cuma krn quantitas mrk yang terbatas aja. makanya gak smua orang dapat memilikinya. apalagi saat sekarang ini.
Mengenai pendapat bahwa MB ekor panjang akan lebih cepat lelah dibandingkan MB yang ekor sedang, menurut saya itu adalah pendapat yang salah. banyak contoh MB2 yang memiliki ekor panjang (10" - 13") dpat menduduki posisi 3 besar, bahkan ada yang diposisi BOB.
Perlu diingat, pada dasarnya memiliki ekor panjang itu bukan merupakan suatu penghalang bagi si MB, itu merupakan kelebihan yang diberikan tuhan terhadap MB tersebut. apalagi bila dilakukan treatment yang bener.
Maaf Boss klo pandangan saya salah... CMIIW
Sya hanya mencoba mau share....

sonny
11 December 2006, 02:03 PM
Boss,

Om Pras bener. Kualitas MB gak bisa kita nilai dari kelainan fisik semata, apalagi cuma berdasarkan kelainan kosmetik dan bukan dari kelainan fungsional (cacat). jadi janganlah kita lgsg menjudge suatu statement yang bisa membuat opini orang goyah, terutama bagi pemula.
MB blorok, MB kepala putih,MB kepala trotol putih (ubanan) apalagi MB yang ekornya panjang.. dalam sejarah kontes2 burung yang pernah ada..walaupun kecil (latber, dsb), smua MB yang disebut diatas pernah ada yang dapat nomer dulunya. cuma krn quantitas mrk yang terbatas aja. makanya gak smua orang dapat memilikinya. apalagi saat sekarang ini.
Mengenai pendapat bahwa MB ekor panjang akan lebih cepat lelah dibandingkan MB yang ekor sedang, menurut saya itu adalah pendapat yang salah. banyak contoh MB2 yang memiliki ekor panjang (10" - 13") dpat menduduki posisi 3 besar, bahkan ada yang diposisi BOB.
Perlu diingat, pada dasarnya memiliki ekor panjang itu bukan merupakan suatu penghalang bagi si MB, itu merupakan kelebihan yang diberikan tuhan terhadap MB tersebut. apalagi bila dilakukan treatment yang bener.
Maaf Boss klo pandangan saya salah... CMIIW
Sya hanya mencoba mau share....


saya pribadi sependapat dgn om pras dan om linge,
gimana mau menghakimi MB orang itu jelek..kalo kita sendiri gak pernah ngetes MB kita...

salam KM,

goes
11 December 2006, 02:22 PM
Feeling saya, lama-lama thread ini bisa jadi panas. Sebelum kebakaran, mohon om-om cooling down yah. Berbeda pendapat boleh2x saja, tapi.....hati dan pikiran harus tetep damai. PEACE......... kalo ada kata2x saya yg salah mohon dimaafkan.

Thanks
goes.

niceguy
11 December 2006, 04:11 PM
kalo gak keberatan saya akan close topic ini karena sudah nyasar OOT abis sangat jauh dr topic semula,,,,
semoga gak ada yg keberatan. saya akan close nanti sore,, utk memberi kesempatan bagi yg mau back to topic atau meng clearkan masalah (kalo ada) hehehehe,,,,,,,,,,,,,,,,

sh
11 December 2006, 04:16 PM
saya pribadi sependapat dgn om pras dan om linge,
gimana mau menghakimi MB orang itu jelek..kalo kita sendiri gak pernah ngetes MB kita...

salam KM,

Kalau ada opini, dan kita tidak setuju maka seyogyanya disampaikan dengan cara yang cerdas bukan emosional. Saya memang agak menjustifikasi MB KEMBANG tapi saya tidak pernah menyebut MB si A jelek karena MB Kembang.
Saya tidak pernah menyangkal bahwa MB Kembang bisa saja berprestasi, meskipun saya belum pernah melihatnya sendiri. Apa yang disampaikan oleh Om Pras, saya mempercayainya karena sekali lagi hal itu bukanlah mustahil.
Penyangkalan terhadap suatu opini hendaknya disampaikan dengan menyajikan data ataupun cara berpikir yang logis, bukan emosional.
Btw terimakasih saya sampaikan kepada Om Pras dan Om Yp Linge yang telah ikut memperkaya pengetahuan saya dan rekan yang membaca thread MB KEMBANG ini.
Tahun 2003 saat awal tugas di Padang, saya punya teman di Padang yg memiliki MB KEMBANG, pada suatu saat dia bosan dan berniat menjual MB KEMBANGnya ternyata sulit sekali. Waktu itu sudah banyak yg berminat namun ketika melihat ekornya yang blorok mereka berkomentar : aaaaahhhh blorok, aaaahhh Aceh, aaahhhhh Kembang.
Yang pada akhirnya mereka tidak jadi membeli. Ada seorang yang menawar tapi penawarannya rendah sekali dan tidak masuk akal.
MB itu akhirnya dirawat seadanya saja oleh teman saya sampai akhirnya MB itu sakit dan mati.

sarp
11 December 2006, 04:57 PM
Dulu, saya pernah punya pengalaman sebel sama MB yang ekornya hitam semua gak ada putihnya, katanya MB Aceh (?). udah lama dipiara tapi variasi suara gak nambah2 cuma itu-itu aja mana pendek lagi pas dijual lagi pada nolak akhirnya dilepas harga murah. sepertinya para pedagangpun udah tahu kekurangan MB Aceh (?) yang sulit dimaster dan suara putus2
tapi pernah dengar juga ada MB Aceh yang jadi jawara
nah loh?!? tambah bingung kan

intinya sih PERAWATAN

kalo udah diRAWAT sebaik-baiknya masih gak memuaskan JUAL aja terus cari yang baru diRAWAT lagi yang kalo gak cocok dijual lagi dst...., hahaha.... :D
kecuali gak bisa ngerawat kayak saya, ini yang repot :(

salam

sh
11 December 2006, 05:29 PM
Saya setuju sekali bahwa PERAWATAN adalah hal yang sangat penting, tapi saya juga mempercayai MATERI. Sebagus apapun perawatan tapi kalau materi kurang atau biasa2 saja maka hasilnya kurang optimal.
Maka sebagai penggemar kicauan terutama MB, saya selalu mendahulukan materi burung yang akan saya beli.
Soal perawatan terserah nanti, apa mau dirawat sendiri atau dirawat orang lain.

niceguy
11 December 2006, 06:07 PM
kayaknya MB yg gak ada putihnya itu dr NIAS deh om pras,,, tp mungkin jg dr ACEH ada, tp kebanyakan yg dari aceh itu ya yang disebut MB Medan skrg ini.

sonny
11 December 2006, 06:36 PM
Kalau ada opini, dan kita tidak setuju maka seyogyanya disampaikan dengan cara yang cerdas bukan emosional. Saya memang agak menjustifikasi MB KEMBANG tapi saya tidak pernah menyebut MB si A jelek karena MB Kembang.
Saya tidak pernah menyangkal bahwa MB Kembang bisa saja berprestasi, meskipun saya belum pernah melihatnya sendiri. Apa yang disampaikan oleh Om Pras, saya mempercayainya karena sekali lagi hal itu bukanlah mustahil.
Penyangkalan terhadap suatu opini hendaknya disampaikan dengan menyajikan data ataupun cara berpikir yang logis, bukan emosional.
Btw terimakasih saya sampaikan kepada Om Pras dan Om Yp Linge yang telah ikut memperkaya pengetahuan saya dan rekan yang membaca thread MB KEMBANG ini.
Tahun 2003 saat awal tugas di Padang, saya punya teman di Padang yg memiliki MB KEMBANG, pada suatu saat dia bosan dan berniat menjual MB KEMBANGnya ternyata sulit sekali. Waktu itu sudah banyak yg berminat namun ketika melihat ekornya yang blorok mereka berkomentar : aaaaahhhh blorok, aaaahhh Aceh, aaahhhhh Kembang.
Yang pada akhirnya mereka tidak jadi membeli. Ada seorang yang menawar tapi penawarannya rendah sekali dan tidak masuk akal.
MB itu akhirnya dirawat seadanya saja oleh teman saya sampai akhirnya MB itu sakit dan mati.

hahaha..
maksud saya disini...alangkah baiknya apapun yang disampaikan ke publik..itu disertai data yang akurat..(gambar,sumber)
alangkah baiknya juga pembanding yang dianggap paling baik menurut anda disertai data yang akurat pula..(gambar,sumber)
syukur2 memang anda pernah mencoba dilapangan dan berhasil...kita juga pasti ikut bangga sbg warga KM...
sekaligus anda beberkan cara perawatan yang benar..jadi sangat membantu penggemar pemula MB seperti saya...

maaf saya memang kurang cerdas dan terima kasih...

-gobang menanti-

sarp
11 December 2006, 07:19 PM
kayaknya MB yg gak ada putihnya itu dr NIAS deh om pras,,, tp mungkin jg dr ACEH ada, tp kebanyakan yg dari aceh itu ya yang disebut MB Medan skrg ini.

maaf kalo salah dan terimakasih atas koreksinya Om, mungkin juga benar soalnya saya tahu sebutan MB aceh itu dari temen dan pedagang aja


Salam
:)

niceguy
11 December 2006, 07:25 PM
sepertinya suasana mulai kondusif... hehehe

Lanjuuutttttttttttttttttttt

reff
11 December 2006, 07:41 PM
Mau ikut ngomongin MB, tapi dirumah ngga punya MB, ya udah tunggu Mas Syukur bosen aja:D :D :D
lanjut.....

sh
12 December 2006, 10:12 AM
maaf kalo salah dan terimakasih atas koreksinya Om, mungkin juga benar soalnya saya tahu sebutan MB aceh itu dari temen dan pedagang aja


Salam
:)
Om Willy dan Om Pras sama2 benar. Secara umum MB ekor hitam banyak yang menyebut MB Aceh, mungkin hanya untuk memudahkan saja atau MB ini memang banyak di pool dulu di Aceh baru disebarkan ke berbagai daerah. MB ekor hitam ini berasal dari kepulauan Mentawai untuk daerah Sumbar (orang Padang menyebut MB Ekor Hitam ini MB Pagai) dan kepulauan Nias untuk daerah Sumut. Sedangkan MB Kembang sendiri kebanyakan berasal dari Aceh atau Sumut yang berbatasan dengan Aceh.

moel_sip
12 December 2006, 04:53 PM
Dari semua jenis MB yg rekan obrolkan ,menurut saya semua bagus dan oke.
wajar saja jikalau ada MB yg kurang bagus dan yg kurang bagus,karena semua itukan ada kelebihan dan kekurangannya.seperti halnya kita-kan.

yang jelas semua MB bagussssss dan seimbang antara sesama jenis MB yg berasal dari pulau sumatra ,borneo maupun dari daerah lain.
karena masih dalam satu keluarga Turdidae yg menurut para ahli mempunyai kicauan paling merdu tak heran mereka menyebutnya burung terbaik di dunia dalam masalah kicauan .

YP Linge
12 December 2006, 05:52 PM
Ini Aku Setuju boss..hehe

lee_ali80
12 December 2006, 07:08 PM
iya saya juga setuju, semua MB bagus . kalau memang ada MB yang kurang bagus atau burung yang kurang bagus coba di hibahkan di KM, pasti banyak yang mau burung hibahan. hehehehehehe